TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

30/06/21

Manfaat Labu Air Varietas Benih F1 Ruma Cap Panah Merah

manfaat labu air, labu air ruma, benih cap panah merah, jual benih gambas, toko pertanian, toko online, lmga agro
Labu Air 
Ruma F1

Manfaat Labu Air Varietas Benih F1 Ruma Cap Panah Merah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih labu air hibrida Ruma cap Panah Merah. Ruma F1 memberikan manfaat labu air yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam seperti benih hibrida dan unggul tanaman sayuran dan buah. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra kami jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak pula kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Manfaat labu air rasakan kenikmatan resep labu air varietas Ruma F1 cap Panah Merah. Labu air hibrida Ruma PT Panah Merah cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah. 

Manfaat labu air baik bagi kesehatan karena mengandung banyak kandungan nutrisi penting. Manfaat labu air terdapat dalam labu air Ruma F1 cap Panah Merah. Kadar air labu Ruma F1 tinggi. 

Manfaat labu air Ruma F1 dapat dinikmati setelah umur panen 49 - 52 hari setelah tanam. Bobot buah tinggi sekitar 800 - 1700 gram per buahnya. Dengan bobot buah tinggi maka potensi hasil panennya tinggi pula. 

Manfaat labu air sering dijadikan masakan olahan karena kesegarannya. Labu air memiliki kulit halus, berwarna hijau dan daging buah berwarna putih. Manfaat labu air diantaranya mampu menurunkan kolesterol tubuh.


Labu Air Ruma Hibrida Produk Panah Merah


Manfaat labu air terkandung dalam varietas benih bibit Ruma F1 cap Panah Merah. Benih bibit labu air Ruma F1 direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah hingga dataran menengah. 

Umur panen menanam bibit Ruma F1 setelah 49 - 52 hari setelah tanam. Bobot buah labu air Ruma F1 adalah 800 - 1700 gram per buah. Budidaya labu air Ruma F1 berpotensi menghasilkan panen sebanyak 60 - 75 ton/ha. Budidaya labu air cocok untuk ditanam secara hidroponik, aquaponik, organik dan konvensional.

Labu air hibrida dimanfaatkan sebagai bahan masak sayur dan cukup banyak resep labu air dapat dipraktekkan. Manfaat labu air merupakan sayuran buah memiliki kulit halus dan berwarna hijau. Daging buah labu air berwarna putih. 

Labu air merupakan salah satu sayuran mudah ditemui di pasar. Resep labu air yang sering dibuat oleh masyarakat Indonesia adalah sayur lodeh dan sayur dikukus untuk dijadikan sajian pecel. 

Labu air atau labu sayur memiliki nama ilmiah Lagenaria siceraria yaitu jenis labu diman buah mudanya dapat dijadikan sayur. Buah labu tua dapat dijadikan wadah air, tabung, kantung hias hingga koteka. 

Tanaman labu air merupakan kerabat dekat bligo dan rasanya sangat mirip. Bentuk buah labu air bermacamg-macam, mulai bentuk bulat hingga lonjong memanjang. Sayur labu air dianggap unik karena bentuknya lonjong mirip terong. Berbentuk bulat seperti gentong.

Sebutan lain labu air yaitu " bottle gourd " atau juga disebut labu botol. Tanaman labu air merupakan tanaman yang tumbuh dan berkembang dengan cara merambat. 


Manfaat Labu Air Kaya Kandungan Nutrisi


manfaat labu air, labu air ruma f1, benih cap panah merah, cara menanam labu air, jual benih, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Labu Air
Labu air merupakan tanaman yang berasal dari benua Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Utara. Masyarakat Indonesia menyebut labu air dengan blonceng. Rasa buah labu air adalah tawar seperti timun. Kadar air labu air cukup tinggi. 

Meski cukup tinggi kandungan airnya namun kandungan nutrisi terbanyak labu air adalah karbohidrat. Fungsi karbohidrat adalah sebagai cadangan makanan untuk tubuh kita. 

Manfaat labu air mengandung protein dimana perannya yaitu sebagai pembentuk sel-sel di dalam tubuh. Kandungan gizi lain dalam manfaat labu air yaitu serat. Fungsi serat manfaat labu air adalah untuk melancarkan pencernaan. 

Cara mengolah manfaat labu air untuk masakan sebaiknya dicuci dengan air mengalir sebelum dikonsumsi. Penyemprotan pestisida saat pemeliharaan tanaman membuat pestisida terserap labu air. Hal ini dapat menbahayakan kesehatan bila labu air langsung dimakan tanpa dicuci terlebih dahulu. 

Semprotan pestisida bisa jadi masih menempel pada pemukaan kulit labu air. Sehingga bila masuk ke dalam tubuh menyebabkan gejala atau penyakit hingga tanaman menjadi mati. 

Karenanya, sebelum diolah menikmati manfaat labu air, sebaiknya dicuci bersih. Meski tampak bersih sebelum dicuci namun sisa-sisa pestisida tidak terlihat dan masih menempel di kulit labu air. 

Manfaat labu air semakin maksimal bila kondisi labu air tetap baik. Agar manfaat labu air tetap segar, maka harus disimpan secara tepat. Pada dasarnya labu air dapat beradaptasi di segala iklim. 

Manfaat labu air tetap nikmat bila labu air disimpan pada suhu 4 derajat Celcius atau di lemari es. Suhu tersebut membuat sayur labu air tahan 2 bulan. Namun sebaiknya disimpan dalam keadaan sudah dipotong-potong, wadah terbuka atau tidak utuh. 

Saat penyimpanan dalam kulkas tidak berdekatan dengan yang berbau tajam. Karena nanti dapat merusak kandungan gizi manfaat labu air dan kesegaranmanfaat labu air dapat berkurang.  


Baca Juga : Jual Benih Cabe Rawit Bara - Panah Merah 


Manfaat Labu Air Aman Dikonsumsi Matang dan Mentah


Manfaat  labu air dapat dikonsumsi mentah sama dengan mengkonsumsi mentimun. Labu air dapat dijadikan pendamping makanan atau sebagai lalapan segar. 

Dikonsumsi sebagai sayur labu air mentah, membuat manfaat labu air dapat langsung dicerna dan tidak berkurang karena pengolahan. Rasa sayur labu air tawar namun cocok juga sebagai sayur lalapan. Labu air cukup dicuci bersih lalu dipotong-potong sesuai selera dan siap disantap sebagai lalapan.  

Manfaat labu air dengan memasak menjadi sayur labu air seperti sup, lodeh dan orak-arik. Namun sayur labu air jarang menjadi bahan masakan resep labu air. Tidak sering, orang menghidangkan sayur labu air sehari-hari. 

Cara mengolah sayur labu air mudah dan memasaknya tidak perlu waktu lama. Karena labu air banyak mengandung air sehingga cepat lunak dan memasaknya jangan terlalu lama.

Manfaat labu air dalam bentuk jus labu air juga disukai oleh beberapa orang. Cara mengolah labu air sebagai jus harus dengan cara yang benar. 

Yaitu, labu air dijadikan ekstrak lalu dipanaskan pada suhu 85 derajat Celcius selama 30 menit. Lalu ekstrak labu air dimasukkan botol dn simpan dalam lemari es pada suhu 2 derajat Celcius. Jus labu air dapat dikonsumsi. 

Mengkonsumsi manfaat labu air meski mentah namun manfaat labu air tetap baik dan aman untuk perut Anda. Karena manfaat labu air terdapat kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan, manfaat labu air tidak mengganggu pencernaan. 


Baca Juga : Pentingnya Pengendalian Gulma Untuk Pertumbuhan Tanaman


Manfaat Labu Air Untuk Kesehatan Tubuh Kita


Manfaat Labu Air Bagi Kesehatan Hati dan Ginjal

Sesuai namanya maka labu air banyak mengandung air. Sehingga secara alami, labu air bersifat diuretik dan anti-inflamasi. Sifat labu air baik untuk organ hati dan ginjal karena membantu melancarkan buang air kecil dan mengurangi peradangan. Sekaligus memudahkan kerja organ hati dan ginjal.


Manfaat Labu Air Untuk Menjaga Kelembaban Kulit Tubuh

Sayuran atau buah dengan kandungan air tinggi bermanfaat baik untuk kesehatan kulit karena mampu melembabkan kulit. Labu air mengandung vitamin A dan C berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah kulit kering dan masalah kulit lainya. Labu air baik untuk masker wajah untuk kulit berminyak. 


Manfaat Labu Air Membantu Melancarkan Pencernaan

Semua jenis sayur dan buah mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan, begitu juga dengan manfaat labu air. Serat dalam sayur labu air membantu kerja usus dalam mencerna makanan. Sehingga mencegah atau mengurangi gangguna perut seperti sembelit atau perut kembung. 


Manfaat Labu Air Dalam Menurunkan Hipertensi

Labu air mengandung Kalium yang berkhasiat menurunkan tekanan darah menuju ke angka normal. Kalium dapat mengurangi tegangan pada pembuluh darah. Sehingga peredaran darah dalam arteri menjadi lancar. 

Labu air juga mengandung Natrium dan mineral penting lainnya untuk tubuh. Fungsinya sama yaitu menurunkan tekanan darah tinggi menuju normal. Fungsi ini berkaitan dalam kemampuan mencegah serangan jantung atau stroke. 


Manfaat Labu Air Untuk Kesehatan Tulang

Labu air mengandung juga Kalsium, Fosfor dan Magnesium yang berkhasiat untuk kesehatan tulang. Ketiga zat tersebut bersama membantu kepadatan tulang. Manfaat labu air bila dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi resiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. 

Sama seperti anggota keluarga Cucurbitaceae lain, manfaat labu air mengandung cucurbitacins. Zat dalam labu air ini diketahui memiliki sifat sitotoksik, yaitu memicu kerusakan sel bila konsentrasi tinggi. 

Maka konsumsilah sayur labu air dalam jumlah wajar, tidak berlebihan dan jumlah banyak. Menngingat dalam jumlah besar, kandungan labu air bisa bersifat racun. 


Jenis Labu Di Indonesia dan Sudah Populer di Masyarakat


1. Labu Siam

Labu siam merupakan jenis labu yang kerap dijadikan masakan oleh orang Indonesia. Labu siam sering diolah dijadikan sayur lodeh, lontong sayur atau lalapan pendamping sambal. Labu siam mengandung nutrisi terutama antioksidan yang penting bagi tubuh kita. 

Manfaat labu menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengatasi anemia, memelihara kesehatan jantung dan mencegah kanker.


manfaat labu air, jenis labu, benih labu, cara menanam labu, jual benih, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Labu Kuning
Labu Madu F1
2. Labu Kuning

Labu kuning oleh masyarakat lebih banyak diolah menjadi kolak, bahan campuran membuat kue atau dikukus sebagai makanan diet. Labu kuning lebih manis dan selalu ada terutama di bulan puasa sebagai menu takjil.  

Labu kuning merupakan sumber Kalium yang baik dan merupakan zat gizi penting untuk tubuh. Kalium berfungsi mengontrol otot, menjaga keseimbangan cairan dan funsi saraf kita. 


3. Pare

Tidak banyak diketahui orang bahwa tanaman pare merupakan keluarga labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah pare memang tidak mirip labu pada umumnya, kulitnya bergelombang dan rasanya pahit. 

Namun pare dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan gizi didalamnya. Meski pahit, olahan tumisan pare sangat lezat bila paham cara mengolahnya. Pare sumber zat besi, magnesium hingga vitamin C untuk mencegah radikal bebas. 


4. Oyong

Oyong merupakan sayuran dan masuk dalam keluarga labu-labuan atau Cucurbitaceae. Bentuk fisik sayuran oyong ini tidak sama dengan jenis labu lainnya. Oyong lebih lonjong dan tekstur kulit lebih kasar. 

Persamaannya dengan jenis labu yaitu kandungan gizi yang baik. Oyong kaya serat dan tinggi kandungan magnesium. Khasiat oyong membantu mencegah jerawat, menjaga kehalusan kulit sampai mampu mengatasi masalah infeksi. Oyong lezat dibuat sayur bening, sop dan tumisan. 


5. Mentimun

Mentimun juga ternyata satu famili dengan tanaman labu air dan labu siam. Timun masuk dalam famili Cucurbitaceae atau labu-labuan. Manfaat timun banyak sekali selain dimakan juga dijadikan masker wajah untuk kecantikan dan kesegaran kulit. 

Manfaat timun sangat baik karena mengandung kadar air tinggi, protein, serat dan vitamin C serta vitamin K. Kadar air tinggi dan nutrisi lainnya membuat timun sering dikonsumsi sebagai anti-dehidrasi dan mencegah kolesterol tinggi. 


6. Bligo

Bligo juga sering disebut blonceng atau kundur. Nama ilmiahnya bligo adalah Benincasa hispida. Bligo tidak begitu populer di Indonesia dan tidak banyak dikonsumsi masyarakat. 

Bila di negara Filipina dan Malaysia, bligo diolah menjadi manisan buah dan minuman segar. Di Tiongkok, bligo diolah menjadi manisan dan cocok dinikmati di musim dingin. 


7. Labu Air

Manfaat labu air sama dengan sayur labu siam yang sama diolah sebagai sayuran. Namun manfaat labu air muda lebih banyak disukai karena labu air tua, kulit buahnya mengeras. Dan oleh orang-orang, labu air tua digunakan untuk wadah air minum. 

Penampilan labu air dan bligo hampir sama karena memang masih berkerabat dekat. Penampilan labu air bervariasi seperti sedikit bulat dan ada labu air berbentuk lonjong memanjang. Manfaat labu air dapat menurunkan demam tinggi, mengatasi flu dan penyakit serius seperti tipes, asma dan paru-paru. 


8. Labu Ular atau Pare Belut

Pemberian nama jenis labu ini memang agak unik dan ekstrim karena menyangkutkan dengan nama hewan. Jemis labu ular ini disebut karena bentuk fisiknya yang panjang mencapai 60 cm. Jenis labu ular atau pare belut ini kulit warna hijau dan sedikit bercorak belang memanjang berwarna putih. 

Meski disebut pare namun rasa sayuran ini tidak pahit seperti pare pada umumnya. Karena tidak pahit, labu ular ini biasa diolah sebagai sayur bening atau kuah santan. 


9. Semangka

Buah semangka ternyata juga masuk dalam keluarga Cucurbitaceae atau labu-labuan. Persamaan semangka dan jenis labu pada umumnya adalah sifat tanaman yang merambat. Semangka kaya kandungan air dan buah lezat dan nikmat. 

Tak ada yang tidak suka buah semangka karena memang sangat menyegarkan. Kandungan gizinya lengkap dan manfaat semangka baik untuk kesehatan. Meski rasanya manis namun aman dikonsumsi penderita dianetes asalkan tidak berlebihan. 


Baca Juga : Benih Melon Stella Produk Premium Tahan Virus


Cara menanam Labu Air Ruma F1 Tidak Sulit


manfaat labu air, labu air ruma f1, cara menanam labu, jual benih, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor Tanaman
Cara menanam labu air dapat di pekarangan rumah atau di kebun. Tanaman ini mudah tumbuh dan perawatannya tidak begitu sulit. Bersihkan kebun Anda dari rumput-rumput liar. Tanaman labu air dapat tumbuh dimana saja baik dataran rendah maupun tinggi. 

Asalkan lahannya subur dan tanah tidak berbatu. Jika ada pohon besar menghalangi, pastikan dahan-dahannya dikurangi karena dapat menghalangi sinar matahari ke tanaman labu air. 

Tanaman labu air membutuhkan sinar matahari minimal 6 jam sehingga bila ditanam di halaman rumah pastikan mendapat cukup sinar matahari. Bila lahan telah siap, buat lubang tanam dengan jarak 3 m x 2 m atau 5 m x 3 m. 

Lubang tanam cara menanam labu air dibuat menggunakan cangkul berukuran 40 x 40 x 40 cm. Semakin besar ukuran lubang akan semakin bagus. Karena akar tanaman akan mudah bergerak mencari dan menyerap nutrisi. 

Untuk menambah kesuburan, setiap lubang tanam diberi 5 kg pupuk kandang dan biarkan selama 1 minggu sebelum penanaman. Persiapkan benih labu air Ruma F1 yaitu direndam dalam air hangat minimal 6 jam dan pilihlah benih yang tenggelam untuk dijadikan bibit labu air. 

Cara menanam labu air tidak perlu melakukan penyemaian benih karena benih cepat beradaptasi di lahan luas dan di bawah sinar matahari langsung. Benih langsung ditanam ke tanah sedalam 3 - 4 cm lalu tutup dengan tanah gembur. 

Siram dengan air secukupnya. Setiap lubang tanam, masukkan 2 - 3 benih per lubang. Namun jangan saling berdekatan agar dapat disulam nantinya. Biasanya benih akan tumbuh setelah 4 - 7 hari dan setiap harinya harus selalu diamati pertumbuhannya.   


Baca Juga : Cara Belanja di Toko Pertanian LMGA Agro


Perawatan Cara Menanam Labu Air Ruma F1


Penyiraman

Tanaman labu air tidak boleh kekeringan terutama masa awal pertumbuhan. Kelembaban budidaya labu air harus selalu dijaga dengan melakukan rutin penyiraman yaitu cukup 2 - 3 hari sekali. 

Bila tanaman labu air sudah besar, penyiraman sesuai cuaca dan kelembaban sekitar tanaman. Biasanya setelah tanaman umur 1 bulan, penyiraman 1 minggu sekali.


Lanjaran/Ajir dan Para-Para

Pemasangan lanjaran atau ajir dan para-para tanaman labu air. Karena sifat tanaman yang tumbuh merambat dan menjalar. Ajir ditancapkan sebagai jalan tanaman merambat ke atas.

Para-para diatas tanaman untuk tempat merambatnya tanaman dan buah labu air bisa bergantungan. Lanjaran dan para-para terbuat dari kayu atau bambu asalkan kuat menahan beratnya buah labu air nanti. 


Pemupukan

Pemupukan bertujuan memberi nutrisi untuk tanaman agar buah tumbuh lebat dan berisi padat. Pemupukan harus rutin dilakukan mulai umur 15 hari setelah tanam dan menggunakan pupuk NPK dan pupuk kandang. 


Pemangkasan Pucuk

Pemangkasan pucuk dilakukan saat tanaman sudah besar dan menjalar. Bila tanaman sudah sangat rimbun harus dipangkas pucuk-pucuknya agar tumbuh banyak cabang. 

Pemangkasan beberapa bagian pucuk tanaman memudahkan sinar matahari dapat merata ke seluruh tanaman. Pemangkasan pucuk dapat mempercepat tanaman muncul buah.  

Panen labu air dimulai umur 49 - 52 hari setelah tanam yaitu labu air masih muda. Setelah dipetik, labu air dikas dalam wadah dan siap dijual ke pasar. 

Cara memetik labu air tidak boleh sembarangan seperti memutar atau menarik labu air. Karena dapat merusak tanaman dan mengganggu pertumbuhan labu air. 

Pemetikan harus menggunakan pisau untuk memotong tangkai labu air. Pemotongan disisakan tangkainya panjang 5 cm. Agar labu air tidak jatuh saat dipotong, labu air harus dipegang saat dipotong tangkainya.  

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Labu Air Varietas Benih F1 Ruma Cap Panah Merah. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam. 

Kami menyediakan benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi gratis seputar bercocok tanam dan permasalahannya.

Semoga artikel kami bermanfaat dan Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Selamat menikmati manfaat labu air dan mencoba menanam labu air Ruma F1 cap Panah Merah. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.