Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/06/2021

Read

Manfaat Makan Timun Sehat Mentimun F1 TM Glory Tani Murni Indonesia

manfaat makan timun, mentimun, benih tm glory, tani murni, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mentimun TM Glori
Tani Murni 
Manfaat Makan Timun Sehat Mentimun F1 TM Glory Tani Murni Indonesia. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih timun TM Glory produk Tani Murni Indonesia. Manfaat makan timun TM Glory menyegarkan dan menyehatkan.

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap. Mulai benih tanaman sayur dan buah berkualitas, pupuk, pestisida dan ZPT hingga alat-alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis cara budidaya tanaman dan masalah seputar pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak serta Anda untuk menjadi dropship dan reseller pertanian. 

Manfaat makan timun menyehatkan bagi kesehatan karen mengandung nutrisi gizi yang lengkap. Manfaat makan timun kaya akan kandungan air sehingga sangat segar dimakan mentah, langsung sebagai lalapan. Atau mentimun dijadikan jus timun karena bermanfaat mengatasi dehidrasi. 

Manfaat makan timun mengandung 95% kadar air. Dalam kandungan air ersebut mengandung ada vitamin C, vitamin K, magnesium, mangan, kalium dan masih banyak lagi. 

Manfaat makan timun menyegarkan diperoleh dari mentimun TM Glory. Timun TM Glory produk dari Tani Murni Indonesia. Kandungan nutrisi timun lengkap dan bermanfaat penting bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat makan timun hadir dalam kesegaram mentimun TM Glory produk berkualitas dari Tani Murni Indonesia. Mentimun TM Glory jenis timun hibrida bentuk timun besar. Panjang 25 cm dan diameter 6 cm. Berat per buah mencapai 400 gram. 

Mentimun TM Glory buah menyegarkan dan di Indonesia sering dimakan mentah sebagai lalapan. Masakan olahan lain mentimun adalah acar timun. Manfaat mentimun juga baik untuk wajah dan sudah menjadi resep kesegaran untuk kulit wajah sedari dulu. 


Timun Hibrida F1 TM Glory 


Benih berkualitas timun F1 TM Glory produk Tani Murni Indonesia merupakan mentimun tipe buah besar. Ukuran buah panjang 25 cm, diameter 6 cm dan bobot buah 300 - 400 gram per buah. 

Vigor tanaman timun TM Glory sangat kuat dan tumbuh seragam. Warna buah hijau tua dan bentuk buah silindris. Umur panen mentimun TM Glory yaitu umur 40 hari setelah tanah. 

Timun TM Glory tahan dalam penyimpanan selama 7 - 10 hari pada suhu ruangan. Buah timun TM Glory tahan transportasi jarak jauh. 

Nama latin mentimun, timun atau disebut juga ketimun ini adalah Cucumis sativus L. Di Indonesia ketimun buah yang favorit dan terkenal serta banyak disukai. Manfaat makan timun sudah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia pula. 

Masyarakat Indonesia memanfaatkan mentimun sebagai sayuran lalapan, dimasak sebagai acar timun atau minuman jus mentimun. Manfaat makan timun kaya kandungan air sehingga terasa menyegarkan bila dikonsumsi di musim panas. 

Tanaman timun berkembang dari bunga dan mempunyai biji sehingga timun dikatakan sebagai buah. Benih mentimun TM Glory direkomendasikan untuk dataran rendah hingga menengah. Cara menanam timun tidaklah sulit dan tanaman timun mudah tumbuh dimana saja. 

Manfaat makan timun sebagai lalapan atau dimakan mentah banyak sekali. Asalkan dalam mengkonsumsinya tidak belebihan agar tidak timbul efek samping dari manfaat makan timun. 

Ketimun sering diolah menjadi acar timun dan dipakai sebagai pelengkap menu makanan. Tak sedikit pula memanfaatkan mentimun sebagai minuman seperti sorbet atau jus. Manfaat makan timun bbaik pula untuk kecantikan. 


Manfaat Makan Timun Karena Kesegarannya


manfaat makan timun, mentimun, benih tm glory f1, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Timun 

Manfaat makan timun karena mengandung air segar dan cocok dijadikan minuman menyegarkan. Mentimun mengandung 95% kadar air yang mampu membantu mengatasi dehidrasi. 

Manfaat makan timun didalamnya juga terkandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, masih banyak manfaat makan timun untuk kesehatan. Manfaat makan timun juga baik untuk kesehatan kulit dan rambut Anda. 

Vitamin C dalam manfaat makan timun mampu melindungi kulit dari iritasi akibat pancaran sinar matahari. Mentimun juga mengandung sulfur dan silikon yang baik untuk membuat rambut menjadi lebih sehat. Irisan mentimun mampu meringankan bengkak di bawah mata.  

Manfaat makan timun baik untuk penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah tubuhnya. Jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang dibutuhkan sel-sel pankreas dalam memproduksi insulin. 

Mentimun diyakini mempunyai kandungan antibiotik yang mampu menangkal radikal bebas di udara. Dimana radikal tersebut merupakan penyebab penyakit kanker. 

Manfaat makan timun juga dapat mengurangi nyeri sakit kepala atau pening saat bangun pagi hari. Mentimun mengandung vitamin B, gula dan elektrolit yang dapat segera mengisi beberapa nutrisi untuk tubuh bila dikonsumsi pagi hari.  

Manfaat makan timun mengandung sterol dimana senyawa ini membantu mengurangi kadar kolesterol kita. Kadar kolestrol stabil maka berimbas pada kesehatan jantung, mencegah serangan jantung, stroke hingga menstabilkan tekanan darah.

Serat mentimun cukup tinggi dan membuat perut kenyang lebih lama hingga mengurangi kebiasaan mengemil Anda. Timun rendah kalori sehingga baik untuk dijadikan menu makanan diet Anda. Secara perlahan dapat menurunkan berat badan Anda yang berlebihan menuju berat ideal. 


Baca Juga : Timun F1 Komando Tahan Virus dan Buah Tidak Pahit


Acar Timun Olahan Mentimun Favorit


Acar timun merupakan cara mengolah timun TM Glory yang banyak disukai masyarakat. Karena acar timun sering dijadikan pendamping makan nasi goreng, mie dan masakan lainnya. 

Acar timun dibuat dari timun segar lalu direndam air garam. Terkadang juga ditambahkan cuka, gula, bawang merah dan cabai agar lebih kaya rasa. 

Cara membuat acar timun yaitu mentimun dipotong, bisa disertakan kulitnya atau dikupas. Karena kulit mentimun juga kaya serat. Buang bijinya lalu timun dipotong-potong sesuai selera. Tambahkan bahan lain seperti cabe, wortel dan bawang merah. 

Beri gula, cuka, air hangat dan garam lalu aduk rata. Acar timun siap disajikan sebagai makanan pendamping. Acar timun masih mengandung nutrisi tinggi sama dengan mentimun segar. Manfaat makan timun sama dengan acar timun yang masih tinggi serat, vitamin dan mineral. 

Manfaat makan acar timun dipercaya dapat mencegah kram, diabetes hingga baik untuk menurunkan berat badan. Acar timun meski mengandung garam namun masih aman dikonsumsi orang yang menjalani diet ketogenik. Karena kandungan sodium ( garam )-nya dapat menyeimbangkan elektrolit tubuh. 

Acar timun mentah dan diolah tanpa dipanaskan, dipastikan masih mengandung antioksidan baik bagi tubuh. Manfaat makan timun mengandung antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis seperti kanker dan jantung. 

Karena pembuatan acar timun menggunakan garam maka sebaiknya tidak berlebihan makan acar timun atau kurangi pemberian garamnya. Namun konsumsi garam dari acar timun bukan utama pencetus tekanan darah Anda tinggi. 

Dari faktor usia, gaya hidup kurang sehat juga bisa menyebabkan hipertensi. Bila tekanan darah tinggi hindari makan acar timun. Namun mentimun segar baik untuk mengontrol tekan darah tinggi. 


Baca Juga : Timun Pesona 20 Tahan Gemini Virus dan Buah Manis


Nutrisi pada Timun TM Glory Tani Murni


manfaat makan timun, mentimun, benih tm glory, acar timun, cara menanam timun, jual benih timun, lmga agro
Nutrisi Timun Mnyehatkan

Nutrisi pada timun sangat baik bagi kesehatan begitu pula bila mengkonsumsi mentimun TM Glory Tani Murni. Nutrisi manfaat makan timun diketahui mengandung kalori sedikit namun kaya serat dan kaya air bergizi. 

Kandungan air nutrisi pada timun sering dimanfaatkan sebagai masker. Selain itu kini mutrisi pada timun sering dipilih sebagai salah satu resep infused water. 

Manfaat makan timun mengandung nutrisi antara lain magnesium, kalium dan serat yang bersama-sama sebagai pengontrol tekanan darah dalam tubuh. Setiap 300 gram timun belum dikupas mengandung : 

- Karbohidrat 11 gram

- Protein 2 gram

- Serat 2 gram

- Vitamin C, vitamin K, magnesium, mangan dan Kalium.

Nutrisi pada timun mengandung silika untuk memperkuat jaringan sendi. Manfaat makan timun dalam jus mentimun kaya akan kalsium, folat, potassium, magnesium, vitamin ( A, B1, B6, C dan D ). Bila dimakan setiap hari dapat mengurangi persendian nyeri, encok dan menurunkan kadar asam urat. 

Nutrisi pada timun mengandung antioksidan tinggi berguna untuk mencegah penyakit kronis seperti kanker dan gangguan jantung. Kandungan air manfaat makan timun kaya serat yang baik untuk sistem pencernaan. 

Manfaat makan timun melancarkan pencernaan karena nutrisi pada timun mengandung pektin. Yaitu jenis serat larut pada mentimun yang dapat membantu melancarkan buang air besar. 

Manfaat makan timun mendukung pergerakan usus secara teratur dan dapat mengubah keseimbangan air dalam pencernaan kita. Air sangat penting bagi tubuh dan gangguan dehidrasi dapat mempebgaruhi mulai kinerja kerja fisik dan metabolisme.  


Baca Juga : Timun Harmony Tahan Virus Sumber Sukses Petani


Manfaat Timun Memiliki Efek Samping yang Harus Diwaspadai 


Buah timun aman dimakan mentah sebagai camilan karena rendah kalori. Buah timun memang menyegarkan dan lezat. Namun Anda tetap tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya. Beberapa penelitian membuktikan manfaat makan timun terlalu banyak menyebabkan efek samping buruk bagi tubuh. 

Manfaat makan timun aman dikonsumsi setiap hari asalkan tidak dalam jumlah berlebihan. Efek samping manfaat makan timun dapat mengganggu proses pembekuan darah. 

Buah timun mengandung vitamin K cukup tinggi. Proses pembekuan darah tidak stabil bila kadar vitamin K tinggi dalam tubuh. 

Beberapa orang ternyata juga dapat mengalami alergi terhadap mentimun. Tanda bahwa Anda alergi mentimun adalah mengalami ruam kulit, pembengkakan atau sesak napas setelah mengkonsumsi mentimun. Sebaiknya hindari memakan mentimun bila Anda alergi. 

Efek samping mentimun dapat menimbulkan anafilaksis atau reaksi alergi bagi beberapa orang. Yaitu merasakan sesak napas setelah memakan mentimun. Kandungan timun seperti cucurbitacin dan tetracylic triterpenoid menimbulkan rasa pahit bagi tubuh sensitif dan bersifat racun. 

Manfaat makan timun memang dapat mengatasi dehidrasi. Namun kandungan Cucurbitacin didalamnya bila dikonsumsi berlebihan justru menyebabkan tubuh kehilangan cairan. 

Cucurbitacin bersifat diuretik yaitu meningkatkan intensitas buang air kecil. Karenanya bila makan timun berlebihan menyebabkan terganggunya keseimbangan elektrolit. 

Cucurbitacin juga menyebabkan terganggunya sistem pencernaan terutama bila pencernaan Anda sensitif. Bila senyawa tersebut berlebihan dalam perut kita maka dapat menimbulkan perut kembung/sebah. 

Gangguan perut kembung ini dapat ditandai dengan rasa kembung bila mengkonsumsi bawang, kubis hingga brokoli. Maka dipastikan rasa kembung pula bila Anda mengkonsumsi mentimun. 


Baca Juga : Cari Benih Cabe Lado Panah Merah Susah, Hubungi LMGA Agro


Masa Panen Timun 


manfaat makan timun, mentimun, benih tm glory, budidaya timun, jual benih timun, toko pertanian online, lmga agro
Panen Timun 
Masa panen timun dilakukan setelah mentimun umur lebih 75 - 85 hari setelah tanam. Masa panen timun berlangsung selama 1 - 1,5 bulan dan dipanen setiap hari. Dalam setiap panen diperoleh 1 - 2 buah sekali petik. 

Manfaat makan timun berasal dari mentimun yang masak penuh dan tepat umur panennya. Buah timun masak penuh memiliki warna seragam mulai pangkal hingga ujung buahnya. Panjang optimal sudah terpenuhi sesuai varietasnya. 

Manfaat makan timun tidak maksimal bila buah dipanen belum waktunya. Buah akan mudah keriput karena kadar air belum maksimal. Bila buah terlambat dipetik maka buah terasa pahit. 

Cara pemetikan mentimun yaitu menggunting di sebagian tangkai buah. Alat pemotongan menggunakan gunting pangkas atau pisau tajam. Pemetikan timun sebaiknya di pagi hari dan kondisi cerah. Buah timun di pagi hari masih kondisi segar dan tidak banyak terjadi penguapan. 

Manfaat makan timun buah dipilih berwarna hijau gelap. Buah timun warna hijau muda menandakan umur buah sudah tua dan tidak segar lagi. 

Manfaat makan timun TM Glory bobot buah 300 - 400 gram. Dari 100 gram timun mengandung : 

kalori 8 gram

air 97,9 gr

karbohidrat 1,4 gr

serat 0,3 gr

kalsium 29 mg

kalium 55,1 mg

vitamin C 1 mg


Cara Menanam Timun TM Glory


Cara menanam timun diawali dengan mempersiapkan lahan yaitu tanah digemburkan dengan cara dicangkul. Persiapan lahan juga mempersiapkan bedengan cara menanam timun. 

Ukuran bedengan yaitu 1 x 5 meter dan tinggi bedengan 30 cm. Jarak antar bedengan dibuat berjarak 50 cm. Bedengan dibuat sebaik mungkin termasuk paritnya agar air dapat mengalir lancar. Kemudian beri tanah dengan pupuk kandang secara merata. 

Bedengan dibiarkan selama 1 minggu agar pupuk meresap dengan baik. Sambil menunggu, kita mempersiapkan bibit timun. Yaitu benih disemaikan dulu dalam polybag. Polybag diisi media tanah dan pupuk kompos/kandang dosis seimbang. 

Tanam benih dengan hati-hati dan basahi media secukupnya. Bibit dipelihara sampai cukup kuat ditanam di lahan kebun. Bibit disemaikan sampai umur 14 hari lalu siap untuk dipindah ke lahan tetap. Penanaman dilakukan sore hari agar dapat cukup waktu beradaptasi di tempat baru sepanjang malam yang tidak panas. 

Penanaman harus segera dilakukan karena bila bibit terlalu lama di media semai akan mudah terserang hama dan penyakit. Untuk memindahkan bibit, kantong polybag disobek dan bibit dikeluarkan dengan hati-hati. 

Agar mudah memindahkan bibit, sebelumnya media bibit disiram secukupnya. Bila lahan sudah siap dan lubang tanam sudah dibuat maka bibit bisa segera ditanm dalam lubang tanam. Jarak tanam budidaya timun adalah 50 x 60 cm. 

Pertumbuhan vegetatif tanaman timun sebaiknya harus dikendalikan agar cepat berbuah dan lebat. Yaitu melakukan pemangkasan tunas dengan cara tuas disisakan sebanyak 3 tunas. Bila tunas dibiarkan tumbuh banyak maka tanaman akan lama muncul buahnya. 

Semakin banyak tuas juga mneybabkan buah tidak dapat besar dan optimal. Pemangkasan timun sangat penting yaitu dimulai umur 1 - 1,5 bulan setelah tanam. Pemangkasan sebaiknya saat tanaman tidak berbunga. 


Pemupukan Timun Budidaya TM Glory


Pemupukan timun diberikan sejak persiapan lahan dan setelah bibit ditanam di lahan kebun. Pemupukan lanjutan dilakukan sampai memasuki masa panen. 

Pemupukan susulan diberikan mulai 7 hari setelah tanam dengan interval 2 - 3 kali seminggu. Menggunakan pupuk NPK dan dikocorkan ke tanaman dalam bentuk larutan. Dosis awal 5 gram per 1 liter air dan diberikan bertahap sesuai umur hingga 20 gram per 1 liter air. 

Pemupukan tanaman timun diberikan sampai menjelang tanaman berbunga. Pupuk KCl diberikan cara ditabur di sekitar akar dosis 5 gram per tanaman. Pupuk KCl diberikan bila tanaman mulai berbunga. Pupuk KCl mencegah kerontokan bunga atau bunga busuk sebelum buah keluar. 

Pemupukan timun diberikan juga saat buah masih kecil. Yaitu pupuk diberikan dengan cara disemprotkan. Tujuannya agar buah tidak rontok atau bunga tidak membusuk. Pemupukan saat buah muncul juga dimaksudkan agar batang tanaman kuat menyangga buah timun. 

Jadi selain tanaman timun perlu ajir untuk menyangga tanaman, juga perlu ditambahkan dari dalam tanaman. Yaitu penyemprotan pupuk di fase generatif tanaman. 

Pilih buah yang sehat, tidak cacat, tidak bengkok dan mulus. Manfaat makan timun bisa maksimal dari buah yang tumbuh baik dan bagus. Saat dipasarkan nanti juga harga mentimun bisa tinggi bila buahnya sehat dan mulus. 

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Makan Timun Sehat Mentimun F1 TM Glory Tani Murni Indonesia. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam mulai benih berkualitas hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima konsultasi gratis seputar pertanian dan permasalahannya. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan tentang manfaat makan timun. Kesegaran timun TM Glory benih berkualitas dari Tani Murni Indonesia mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Rasakan manfaat makan timun varietas TM Glory. Salam sukses....


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.