TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/07/21

Hari yang Bagus Untuk Menanam Cabe Benih Farux F1 Mutiara Bumi

hari yang bagus untuk menanam cabe, benih farux, cabe keriting, benih mutiara bumi, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Keriting Farux F1
Hari yang Bagus Untuk Menanam Cabe Benih Farux F1 Mutiara Bumi. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih cabe keriting Farux F1 cap Mutiara Bumi. Hasil panen optimal bila memilih hari yang bagus untuk menanam cabe.

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan pertanian untuk hari yang bagus menanam cabe. Antara lain benih cabe hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis. 

Kami siap kirim pesanan ke alamat tujuan Anda di seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa pengiriman barang terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami juga mengajak dalam usaha dropship dan reseller toko pertanian LMGA Agro. 

Waktu tanam yang tepat sebaiknya menentukan hari yang bagus untuk menanam cabe. Tanaman cabe dapat ditanam baik di musim kemarau maupun musim hujan. Namun antara kedua musim tersebut memiliki tantangannya masing-masing. 

Hari yang bagus untuk menanam cabe dengan tanam cabeai keriting benih Farux F1. Tanaman kuat dan toleran ujung buah kuning. Potensi hasil panen tinggi dan tahan lama selama penyimpanan. 

Budidaya cabe benih Farux F1 cap Mutiara Bumi merupakan jenis cabe keriting. Cabai keriting Farux F1 cocok utuk dataran rendah sampai tinggi. Benih Farux F1 juga cocok ditanam hari yang bagus untuk menanam cabe di musim hujan dan musim kemarau. 

Pengolahan pasca panen cabai keriting paling diminati masyarakat adalah bentuk cabe kering dan bubuk cabe. Rasa pedas cabe keriting cukup terasa pedas meski tidak sepedas cabe rawit. Warna merah cabai keriting juga menarik sebagai pewarna alami masakan. 


Budidaya Cabe Keriting Farux F1 Cap Mutiara Bumi


Cabe keriting benih berkualitas Farux F1 cap Mutiara Bumi cocok ditanam pada hari yang bagus untuk menanam cabe. Tujuan waktu yang tepat tanam cabe adalah agar mendapatkan hasil panen optimal. 

Cabe keriting Farux F1 pertumbuhan tanaman kuat dan seragam. Benih direkomendasikan untuk hari yang bagus untuk menanam cabe di dataran rendah sampai tinggi. Juga dapat ditanam di segala musim. 

Jenis cabe benih Farux F1 buah berwarna merah menyala. Bentuk buah cabe keriting Farux F1 berukuran sangat menarik. Permukaan buah cabe keriting dan lurus. Benih Farux F1 toleran serangan ujung buah menguning. 

Buah cabe keriting Farux F1 panjang 15 - 17 cm dan berdiameter 0,9 cm. Cabe Farux F1 setelah panen tahan lama selama penyimpanan. Produksi panen mencapai 1,2 - 1,5 kg/tanaman. 

Waktu umur panen 100 - 120 hari setelah semai pada hari yang bagus untuk menanam cabe. Budidaya cabe Farux F1 berpotensi hasil 15 - 20 ton/ha. Kebutuhan benih sebanyak 200 - 250 gram per hektar.  

Hari yang bagus untuk menanam cabe disesuaikan syarat tumbuh tanaman cabai. Syarat tumbuh tanaman cabe ditentukan oleh 2 hal penting, yaitu cuaca dan tanah. 

Cuaca meliputi curah hujan dan kelembaban. Curah hujan tinggi pada hari yang bagus untuk menanam cabe akan berakibat kelembaban lingkungan tinggi. Curah hujan dan kelembaban tinggi menyebabkan tanaman mudah kena serangan penyakit. 

Curah hujan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan produsi buah cabai. Hari yang bagus untuk menanam cabe mempengaruhi juga waktu panennya. 

Faktor kedua yaitu tanah, meliputi jenis tanah, pH tanah dan ketinggian lahan. Hari yang bagus untuk menanam cabe sudah tepat namun faktor tanah diabaikan, maka hasil panen tidak dapat optimal. 


Hari yang Bagus Untuk Menanam Cabe Sesuai Syarat Tumbuh Cabai 


hari yang bagus untuk menanam cabe, benih farux f1m cabai keriting, tanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe
Peluang usaha budidaya cabai memang menggiurkan. Apalagi bila waktu panen cabai, harga cabe di pasaran sedang tinggi. Maka dipastikan Petani cabe akan untung besar apalagi panen cabe dilakukan berkali-kali. 

Hingga kini komoditas cabai tetap menjadi favorit dan konsumen cabai sangat banyak. Baik masyarakat biasa sampai pabrik besar menginginkan cabai untuk dimanfaatkan banyak hal. 

Bila untuk ibu rumah tangga digunakan sebagai bumbu masakan. Pengusaha depot untuk bumbu menu masakan di depotnya. Dan bagi pabrik makanan, cabai adalah bahan utamanya. 

Cara menanam cabe sesungguhnya tergolong susah-susah gampang. Hampir semua petani meski telah sukses namun pasti pernah merasakan kegagalan budidaya cabe. Salah satu faktor kegagalan adalah kurang memperhatikan syarat tumbuh tanaman cabai. 

- Curah Hujan dan Kelembaban

Syarat tumbuh tentang hari yang bagus untuk menanam yaitu curah hujan ideal cabai sekitar 1000 mm/tahun. Curah hujan rendah menyebabkan kekeringan bila tidak rutin disiram. Sebaliknya, bila curah hujan tinggi menyebabkan tanah selalu basah akibatnya akar mudah busuk.  

Untuk faktor kelembaban ideal hari yang bagus untuk menanam cabai berkisar 70 - 80%. Kelembaban ideal dibutuhkan saat fase pembentukan bunga dan buah. Kelembaban lebih dari 80% memacu pertumbuhan cendawan dan berpotensi merusak tanaman. 

Sedangkan kelembaban kurang dari 70% dapat membuat cabe menjadi kering. Selain itu dapat mengganggu pertumbuhan generatif tanaman seperti pembentukan bunga, penyerbukan dan munculnya buah.   

- Jenis dan pH Tanah serta Ketinggian Lahan

Hari yang bagus untuk menanam cabe tergantung dari jenis tanahnya. Hari yang bagus untuk menanam cabe kondisi tanah harus dalam keadaan gembur dan mengandung unsur hara tinggi. Jenis tanah ideal adalah regosol dan andosol. 

Untuk memperbaiki sifat-sifat tanah, pemberian pupuk kandang dan kompos di hari yang baik untuk menanam cabe adalah pilihan terbaik. Pemupukan organik dilakukan saat pengolahan tanah atau sebelum penanaman. Pupuk organik dapat mengatasi tanah kurang subur atau miskin unsur hara. 

Untuk pemilihan lokasi, lahan sebaiknya pilih yang agak miring untuk menghindari genangan air. Kemiringan lahan tidak lebih 25%. Bila lahan terlalu miring menyebabkan erosi dan hilangnya pupuk karena tercuci air hujan. Bila tanahnya datar maka sebaiknya dibuatkan drainase yang baik.  

Hari yang baik untuk menanam cabe menyukai pH tanah antara 6 - 7. Bila pH rendah atau bersifat asam maka harus dinetralkan hingga pH 6 - 7. Caranya yaitu menaburkan kapur pertanian Dolomit sampai pH-nya netral. 

Bila pH tanah tinggi yaitu > 7 dan tanahnya terlalu basa maka harus diturunkan hingga angka netral. Yaitu dengan menaburkan belerang ke lahan penanaman pada hari yang baik untuk menanam cabe. 

Ketinggian lahan ideal, dimana budidaya cabai bisa ditanam mulai ketinggian 1 - 2000 m dpl. Ketinggian tempat menentukan jenis hama dan penyakit yang menyerangnya. Di dataran tinggi, biasanya tanaman lebih sering diserang jamur atau cendawan penyebab penyakit cabai. 

Di dataran rendah, hari yang bagus untuk menanam cabe sering mendapat serangan penyakit diakibatkan bakteri. 


Baca Juga : Tips Sukses Budidaya Sayuran


Tanam Cabe Sesuai Waktu yang Tepat


hari yang bagus untuk menanam cabe, benih farux, cabai keriting, cara tanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Panen Saat Harga Tinggi
Waktu yang tepat untuk menanam cabai yaitu lebih bagus di musim kemarau karena minim serangan dan gangguan jamur. Tepatnya hari yang bagus untuk menanam cabe adalah diakhir musim hujan dan memasuki musim kemarau.  

Biasanya bila hari yang bagus untuk menanam cabe diluar musim banyak tantangan akan dihadapi seperti banyaknya serangan penyakit tanaman. Waktu tanam cabe di tengah musim hujan, pertumbuhan tanaman kurang bagus dan rentan kematian. 

Namun sebenarnya harga cabe bila panen tepat musim hujan, bisa sangat tinggi dan ini yang sangat menggiurkan bagi petani cabe. Oleh karena itu, hari yang bagus untuk menanam cabe diluar musimnya diperlukan teknologi yang tepat. 

Teknologi ini pastinya tidak sama bila dengan hari yang bagus untuk menanam cabe di musim-musim tanam cabe biasanya. Karena umumnya tanaman cabe bagus tumbuh di hari yang bagus untuk menanam cabe di musim kemarau. Lebih tepatnya di akhir musim hujan. 

Bila tanam cabe di musim penghujan yaitu antara bulan Oktober hingga Desember. Kemungkinan petani mendapatkan harga cabe tinggi di awal tanam hingga akhir usia panen, harga cabe sudah rendah. 

Tanam cabe di hari yang bagus untuk menanam cabe musim hujan rawan terserang penyakit. Saat harga cabe tinggi, petani akan mendapatkan keuntungan sangat besar. Namun bila harga cabai menurun drastis, petani akan kebingungan hingga enggan merawat tanamannya. 

Begitulah fenomena harga cabe di Indonesia yang fluktuatif. Di kalangan petani juga ada perilaku ikut-ikutan menanam saat harga tinggi sehingga stok cabe meningkat dan harga cabe menjadi turun. 

Hari yang bagus untuk menanam cabe harus tetap diperhitungkan meski ada perilaku ikut-ikutan. Lebih baik tetap konsisten tanam cabe dan tidak tergantung harga cabe yang tinggi. Karena perilaku alam juga tidak bisa diduga dan ditebak karena cuaca bisa tiba-tiba berubah. 


Baca Juga : Timun F1 Komando Tahan Virus dan Buah Tidak Pahit


Hari yang Bagus Untuk Menanam Cabe Tepat Harga Cabe Tinggi 


Terdapat panduan sederhana tentang hari yang bagus umtuk menanam cabe agar mendapatkan harga cabe yang bagus. Karena budidaya cabe lebih tepat keinginan untuk mendapatkan harga cabe yang bagus saat panen. 

Harga cabe di Indonesia memang sangat fluktuatif dan sulit ditebak. Biasanya secara umum bila musim hujan, harga cabe tinggi karena pasokan berkurang. Banyak cabe rusak karena curah hujan yang tinggi. 

Hari yang tepat untuk menanam cabe di bulan Pebruari hingga April, petani akan memperoleh harga rendah. Karena bulan-bulan tersebut menyongsong musim kemarau dan stok cabe melimpah sehingga harga cabe rendah. 

Harga cabe akan sedikit naik saat mulai memasuki musim penghujan. Karena saat hari yang bagus untuk menanam cabe memasuki musim hujan, pasokan cabai di pasar melai berkurang. 

Bila waktu tanam cabe saat kemarau sekitar bulan Juni hingga Agustus, kemungkinan petani mendapatkan harga rendah awal panen pertama. Selanjutnya panen berikutnya mendapatkan harga sedang dan tinggi memasuki musim hujan. 

Namun dengan syarat kondisi nmasih sehat terawat dan produktif berbuah sampai tanaman tidak berproduksi lagi. Agar hasil tetap bagus maka guludan dibuat tinggi 40 cm meskipun di musim kemarau. 

Tinggi bedengan demikian juga untuk mengantisipasi memasuki musim penghujan. Perawatan tanaman juga harus maksimal seperti kontrol tanaman agar dapat diketahui kondisi tanaman sehari-harinya.  

Hari yang bagus untuk menanam cabe di musim penghujan, yaitu sekitar bulan Oktober hingga Desember. Kemungkinan akan mendapatkan harga tinggi di awal tanam, hingga harga sedang dan harga rendah di akhir usia panen.  

Harga cabe di Indonesia juga dipengaruhi tradisi masyarakat di memasuki bulan Puasa berlanjut dengan hari Raya Idul Fitri. Situasi tersebut biasanya cabe banyak dibutuhkan sehingga bila pasokan cabe sedikit di pasaran, dipastikan harga akan naik. 


Baca Juga : Cabai Inko 99, Tumbuh Baik di Dataran Rendah dan Tinggi


Cara Tanam Cabe dengan Bibit Cabe Keriting Farux F1


Penyemaian Bibit Cabe 

hari yang bagus untuk menanam cabe, penyemaian bibit cabe,benih farux f1, cabai keriting, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Bibit Cabe
Tahap pertama cara tanam cabe bibit cabai Farux F1 adalah penyemaian bibit cabe pada hari yang bagus untuk menanam cabe. Penyemaian merupakan salah satu proses budidaya cabai menggunakan benih cabai menjadi bibit siap tanam. 

Proses penyemaian bibit cabe dimulai dengan mempersiapkan media tanamnya yaitu tanah dan pupuk kandang. Perbandingan tanah dan pupuk kandnag adalah 3 : 1. Tanah dan pupuk kandang diayak halus dulu. Lalu dicampurkan merata. 

Letakkan media tanam tadi di tempat gelap dan terlindung dari cuaca dan sinar matahari selama 1 minggu. Sebelum ditanam, benih cabe Farux F1 ini direndam dalam air hangat selama 3 jam. 

Penyemaian bibit cabe menggunakan wadah polybag, bedeng semai, gelas air mineral dan tray semai ( baki semai ). Selesai direndam, benih ditiriskan lalu masukkan pada media semai sedalam 1 cm. Dan tunggu hingga benih berkecambah. 

Setelah bibit berkecambah, mulai pelan-pelan perkenalkan dengan sinar matahari. Sampai umur bibit cabe Farux F1 kurang lebih 4 minggu, bibit sudah mampu tumbuh di lahan tetap Saat dipindahkan ke lahan tetap, lahan juga sudah digemburkan dan diberi pupuk dasar. 

Tanah siap ditanami memiliki ciri-ciri : gembur, tidak terlalu berpasir juga tidak terlalu padat. Tanah berwarna gelap yang pertanda bahwa tanah kaya unsur hara. Terdapat kehidupan dalam tanah seperti ada cacing tanah. 

Untuk cara tanam cabe di polybag biasanya dilakukan bila usaha menanam cabe dilakukan di pekarangan rumah. Polybag yang dipakai berdiameter 30 cm. Selain polybag bisa Anda menggunakan ember bekas atau pot tanaman. 

Untuk media tanamnya menggunakan tanah, pupuk kandang dan sekam baik mentah maupun sekam bakar perbandingan 3 : 2 : 1. 


Pemupukan Cabe Hari yang Bagus Untuk Menanam Cabe


Pemupukan cabe pada hari yang bagus untuk menanam cabe diberikan 2 minggu sekali. Jadi pemupukan cabe diberikan mulai umur 2 minggu setelah tanam cabe. Pupuk bisa menggunakan kompos, pupuk kandang dan pupuk kimia.

Jika cara tanam cabe di pot, letakkan pupuk di permukaan tanah dan lakukan penyiraman. Siraman air dapat mempercepat pupuk melarut sehingga pupuk segera diserap tanaman. Penyiraman setiap harinya dilakukan 1 kali sehari tergantung kondisi tanah. 

Dua jenis pupuk untuk cabe agar berbuah lebat adalah pupuk urea dan NPK 16-16-16. Saat tanaman umur 10 - 30 hari setelah tanam, pemupukan cabe menggunakan pupuk Urea. Pupuk Urea dapat merangsang tunas-tunas baru tanaman. 

Siapkan 1 liter air dan satu sendok makan Urea lalu larutkan dalam air dan aduk sampai larut. Kemudian siramkan sebanyak 1 gelas aqua per tanaman. Penyiraman di bagian bawah tanaman dan usahakan tidak kena batangnya. 

Takaran 1 liter air larutan Urea untuk 7 tanaman dan pemupukan cabe dilakukan 2 minggu sekali. Setelah tanaman mulai berbunga, pemupukan cabe menggunakan pupuk NPK Mutiara 16-16-16. 

Pupuk NPK merangsang pertumbuhan buah atau calon buah tanaman. Disarankan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 untuk cabai umur 30 - 50 hari setelah tanaman. 

Cara membuat larutan pupuk NPK yaitu siapkan 1 liter air dan 1 sendok makan NPK lalu masukkan ke air dan aduk sampai larut. Seperti cara pemupukan Urea, berikan senayak 1 gelas aqua per tanaman. 

Hindari pupuk kena batang tanaman karena mengakibatkan tanaman stress dan mudah layu. Larutan pupuk NPK per 1 liter air untuk 6 - 7 tanaman setelah hari yang bagus untuk menanam. Pemberian pupuk organik dapat menambah kesuburan tanah. Kompos dan pupuk kandang banyak mengandung Nitrogen.


Baca Juga : Pesona Cabai Rawit Menggantung Madun


Hasil Panen Ditentukan Hari yang Bagus Untuk Menanam Cabe


Hari yang bagus untuk menanam cabe sudah tepat dan penanaman berjalan baik. Selanjutnya proses perawatan tanaman juga dilakukan dengan sebaik-baikya dan disiplin. 

Meski tanaman kita tampak sudah subur namun perawatan tetap diperhatikan. Pemupukan sebaiknya dilakukan saat cuaca cerah begitu juga dengan pemeliharaan tanaman lainnya seperti pemangkasan. 

Hari yang bagus untuk menanam cabe saat panen setelah umur 2,4 - 3 bulan setelah tanam. Periode panen tanaman cabe terjadi selama 6 bulan dan panen berlangsung 15 - 18 kali. 

Hari yang bagus untuk menanam cabe untuk mendapatkan hasil optimal. Panen cabe kering dapat diolah sebagai salah satunya adala cabe kering. Cabe keriting Farux F1 dapat diolah sebagai cabe kering. 

Cabe kering di pasar tradisonal juga cukup laris karena rasanya yang pedas dan harga cabe kering juga terjangkau. Kandungan nutrisi cabe kering sama dengan cabe keriting segarnya. 

Demikian artikel Kami judul : Hari yang Bagus Untuk Menanam Cabe Benih Farux F1 Mutiara Bumi. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam. 

Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul sayur dan buahm pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima konsultasi pertanian gratis. Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan dapat berbagi mengenai hari yang bagus untuk menanam cabe untuk keuntungan optimal. Budidaya benih F1 Faraux jenis cabe keriting banyak diminati Petani karena sangat laris di pasaran. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.