TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/07/21

Pohon Timun Berbuah Lebat Tanam Benih F1 Sembada Royal Seed

pohon timun, mentimun sembada f1, benih royal seed, manfaat timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Timun Sembada F1
Pohon Timun Berbuah Lebat Tanam Benih F1 Sembada Royal Seed. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih mentimun Sembada F1 dari Royal Seed. Pohon timun dari benih Sembada F1 tahan penyakit dan pertumbuhan seragam. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan untuk bercocok tanam termasuk menanam pohon timun. Tersedia ada benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. 

Toko pertanian online LMGA Agro melayani konsultasi pertanian gratis. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa ekspedisi pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak pula kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Pohon timun berbuah lebat menguntungkan sebagai peluang usaha pertanian dan usaha sampingan rumahan. Pohon timun dapat diusahakan di pekarangan rumah dan hasil buahnya dapat dikonsumsi sendiri. 

Kandungan nutrisi mentimun sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat mentimun juga banyak baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat timun untuk wajah juga sudah sangat dikenal masyarakat. 

Pohon timun tumbuh sehat dan berbuah lebat dari benih F1 Sembada. Pohon timun bebas penyakit kresek dan hasil panen tinggi. Buah panjang lurus, rasa manis dan renyah menyegarkan. 

Mentimun hibrida Sembada adalah benih berkualitas dari Royal Seed. Pertumbuhan pohon timun Sembada F1 cepat dan seragam. Pohon timun Sembada F1 tahan di segala cuaca dan tahan penyakit kresek. 

Cara menanam timun mudah karena timun mudah tumbuh dan perawatannya tidak sulit. Pohon timun dirawat dengan baik dan benar akan bisa berbuah lebat dan buah berukuran besar. 


Mentimun Hibrida Sembada Royal Seed 


Mentimun atau timun atau ketimun memiliki nama latin Cucumis sativus. Jenis sayuran yang masuk keluarga labu-labuan atau Cucurbitaceae. Mentimun satu keluarga dengan tanaman melon dan semangka. 

Mentimun kaya kandungan air dan rasanya netral. Mentimun Sembada F1 tumbuh cepat dan seragam. Pohon timun Sembada tahan di segala cuaca baik hujan maupun kemarau. Pohon timun Sembada F1 juga tahan penyakit terutama penyakit kresek atau Downy Mildew

Timun Sembada F1 bentuk buah panjang lurus. Rasa manis dan renyah serta banyak mengandung air. Panjang buah mencapai 24 cm dan diameter 4,7 cm. Berat rata-rata buah timun Sembada F1 adalah 275 gram. 

Umur panen mentimun dimulai 30 hari setelah pindah tanam. Atau umur 42 hari setelah tanam untuk mentimun hibrida. Timun lokal biasanya umur panen lebih lama yaitu panen mulai 2 - 3 bulan setelah tanam. 

Mentimun biasanya dimakan langsung sebagai sayur lalapan. Namun juga banyak disukai asinan dan acar dengan bahan bakunya mentimun. Selain sebagai syur lalap, timun digunakan untuk rujak, gado-gado dan masih banyak lagi. 

Waktu tepat untuk menanam pohon timun sebaiknya saat tanah untuk menanam terasa hangat yaitu terjadi di musim kemarau. Tanah terasa hangat terjadi di Bulan April atau Mei, tergantung dari iklim daerah masing-masing. 

Waktu mulai tanam timun terbaik saat cuaca mulai menghangat. Suhu tanah optimal yaitu 18,2 derajat Celcius. 


Manfaat Timun Kaya Nutrisi Lengkap


pohon timun, mentimun sembada f1, benih cap royal seed, manfaat timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Timun
Mentimun mengandung banyak air yang didalamnya banyak vitamin dan mineral. Tentu saja vitamin dan mineral ini baik sekali bagi kesehatan tubuh. Buah timun rasanya segar dan nikmat untuk dikonsumsi. 

Manfaat timun mengandung kalori rendah sehingga cocok dikonsumsi mereka yang sedang diet. Kandungan air mentimun bermanfaat sebagai elektrolit.   

Buah timun mengandung asam folat, karbohidrat, vitamin C, vitamin K, kalium dan magnesium yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh. Kandungan lemak buah timun rendah sehingga dapat meminimalisir kolesterol tubuh. 

Dalam timun mengandung serat dan air tinggi. Berkhasiat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Akibatnya pencernaan menjadi lancar dan bekerja dengan baik. Bila sistem pencernaan lancar maka dapat mengurangi masalah perut seperti sembelit, konstipasi, mulas dan mual.

Buah timun mengandung antioksidan seperti lignin, lariciresinol, pinoresinol yang berfungsi sebagai zat anti kanker. Mengkonsumsi secara rutin, menghindarkan kita dari resiko terkena penyakit kanker. 

Vitamin C sebagai antioksidan dalam buah timun bermanfaat menjaga sistem kekebalan tubuh. Bila tubuh memiliki kekebalan maka tidak mudah terserang penyakit flu dan penyakit lainnya. 

Manfaat timun untuk wajah terutama untuk menghilangkan bengkak pada mata. Selain itu, mentimun juga banyak digunakan sebagai masker wajah karena sifatnya yang mendinginkan. 

Kandungan sterol dalam manfaat timun berkhasiat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan magnesium, serat dan kalium bermanfaat menjaga tekanan darah. Baik juga dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung zat yang bisa memproduksi insulin pada sel pankreas. 

Mentimun mengandung zat Omega 3 yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Hal terkait dengan  dengan kesehatan dan perkembangan otak janin dalam kandungan. 


Baca Juga : Melon Apollo Peluang Emas Petani Melon


Pohon Timun Sembada F1 Tumbuh Di Segala Cuaca


Pohon timun mampu tumbuh di segala iklim, namun iklim kering paling disukai. Suhu optimal antara 21 - 27 derajat Celcius. Ketinggian ideal pohon timun tumbuh adalah antara 1000 - 1200 m dpl. Namun dapat juga tumbuh di dataran rendah < 1000 m dpl. 

Pohon timun Sembada F1 menyukai tanah mengandung banyak unsur hara organik. Jenis tanah bertekstur liat rendah dan pH 6 - 7. Pertumbuhannya membutuhkan perawatan ekstra karena tanaman mentimun rentan terhadap serangan hama. 

Pohon timun dapat tumbuh optimal bila bibit timun ditnam pada tanah gembur dan kaya unsur hara organik. Agar tanah dapat gembur, cangkul atau bajaklah tanah sampai kedalaman 20 - 30 cm. 

Setelah tanah gembur, buatlah bedeng-bedeng tanaman timun. Bedengan lebar 1 meter dan tinggi 20 - 30 cm. Panjang bedeng disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedeng adalah sekitar 20 cm digunakan sebagai parit/drainase.  

Setelah bedengan telah jadi, tutup dengan mulsa plastik hitam perak. Sebaiknya pemasangan mulsa dilakukan siang hari agar lebih mudah dan mulsa tetap bagus. Di permukaan mulsa dibuat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa yang dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro. 

Jarak tanam timun antar baris 40 cm dan dalam baris 50 cm. Setelah usai membuat lubang tanam, beri pupuk kandang satu genggam tangan per lubang tanam. Lalu biarkan lubang tanam 1 - 2 minggu hingga pupuk meresap ke tanah. 


Baca Juga : Cabe Besar F1 Pilar Raja Cabai Dataran Tinggi


Cara Agar Pohon Timun Berbuah Lebat


pohon timun, mentimun sembada f1, benih royal seed, lmga agro
Alat Semprot 
Untuk Bibit
Sambil menunggu lahan 1 - 2 minggu, kita siapkan bibit mentimun dengan melakukan penyemaian mentimun. Benih disemaikan pada tray semai atau polybag kecil. Media semai dari tanah dan pupuk kandang. 

Penyemaian bibit mentimun sampai muncul 3 - 4 daun sejati bibit atau sekitar 10 - 11 hari. Setelah bibit sudah cukup kuat dipindahkan maka ambil bibit mentimun dan masukkan ke lubang tanam. Tutup lubang tanam menggunakan tanah dan lakukan penyiraman pagi dan sore hari. 

Setelah bibit mentimun selesai dipindahkan, tanaman harus diberi air agar tanaman tidak mengalami stres. Penyiraman pohon timun dilakukan 2 kali setiap minggu menggunakan selang atau alat siram tanaman. 

Penyiraman cukup sampai tanah sudah tampak basah dan jangan sampai tergenang karena bisa merusak perakaran tanaman. Usahakan juga bahwa tanah tidak pernah kekeringan dan tanah selalu dalam keadaan lembab. 


Pengaturan Jarak Tanam Timun

Jarak tanam timun penting diperhatikan karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman. Jarak tanam mentimun 40 x 60 cm merupakan jarak tanam ideal karena hasil panen tertinggi. Jarak tanam timun tersebut mempengaruhi tinggi tanaman, jumlah daun, panjang buah dan berat buah.  

Pengaturan jarak tanam timun membuat tanaman dapat berbuah lebat. Pengaturan jarak tanam timun merupakan pengaturan jumlah populasi tanaman. 

Pengaturan jarak tanam timun bertujuan untuk meminimalisir persaingan antar tanaman. Persaingan tersebut meliputi memperebutkan unsur hara, air dan cahaya matahari. Jarak tanam timun rapat, tentu antar tanaman saling menutupi dan kelembaban juga tinggi.

Jarak tanam timun yang tepat maka hasi panen mentimun juga baik. Tanaman tumbuh bagus dan berbuah lebat.  

Cara tanam mentimun menggunakan rambatan antara lain jarak tanam 30 x 40 cm menggunakan rambatan tunggal dan lubang tanam berupa alur atau 1 baris. Jarak tanam 90 x 60 cm adalah cara tanam persegi panjang dan rambatan berupa piramida. 

Cara tanam persegi panjang menggunakan jarak tanam 80 x 50 cm dan bentuk rambatan adalah para-para. Penberian air tanaman mentimun diatur saat umur 1 - 4 hari setelah berkecambah. Dan penyiraman kembali umur 15 - 20 hari setelah muncul batang. Pemberian air sebaiknya tidak terlalu lembab. 


Baca Juga : Terong Pertiwi Umur Genjah 


Pupuk Timun Agar Pohon Berbuah Lebat


pohon timun, mentimun sembada f1, benih royal seed, manfaat timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk Timun Buah Lebat

Pemupukan untuk pohon timun dilakukan 2 kali yaitu pupuk dasar dan pupuk susulan atau lanjutan. Pupuk organik biasanya diberikan saat pengolahan tanah. 

Pupuk untuk pohon timun yaitu pupuk Urea dengan dosis sebanyak 75 kg/ha. Pupuk Urea diberikan sebanyak 25 - 35 kg waktu menanam dan sisanya setelah umur 15 - 20 hari. Pemberian pupuk ini bersama dengan melakukan penyiangan atau membersihkan rumput-rumput/gulma. 

Pupuk TSP dan KCl disebarkan merata ke pohon timun saat menanam. Takaran pupuk KCl 20 kg/ha dan pupuk TSP 40 kg/ha. 

Dosis pupuk kocor untuk pohon timun tergantung dari masing-masing Petani. Biasanya untuk pupuk pohon timun, petani mengocorkan pupuk Urea 100 gram + TSP 100 gram + Phonska 100 gram. 

Pupuk-pupuk tadi dilarutkan atau dikocorkan dengan 5 liter air. Lalu aduk sampai larut pupuk Urea, TSP, Phonska dan air. Pupuk KCl untuk pohon timun diberikan dengan cara disebarkan di sekitar akar. Dosis 5 gram per lubang tanam dan diberikan saat pohon timun mulai muncul bunga. 

Pupuk KCl diberikan saat mulai muncul bunga. Pupuk akan membantu bunga pohon timun tidak rontok atau bunga busuk sebelum buah keluar. 

Seringkali ditemui, bunga atau buah tanaman timun yang rontok. Hal ini bisa karena penyerbukan bunga tidak sempurna atau tanaman kekurangan beberapa unsur hara. Bunga rontok atau buah busuk disebabkan pohon timun kekurangan unsur hara makro dan mikro. 

Pemberian pupuk harus diberikan secara seimbang baik unsur makro seperti N, P dan K dan unsur mirom yaitu Mg, Ca, Bo dan lain-lain. Bila perlu Anda bisa menambahkan pemberian pupuk daun untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan unsur hara makro. 


Baca Juga : Summer Autumn Kubis Dataran Rendah Known You Seed


Pengendalian Hama dam Penyakit Pohon Timun


Gulma di kebun dapat dibersihkan sendiri tanpa menggunakan obat herbisida pembasmi gulma. Petani sering menggunakan Round Up untuk membasmi gulma karena lebih praktis. Disemprotkan saat pengolahan tanah atau ketika bunga mulai tumbuh. 

Hama pada tanaman timun biasanya adalah kepik, thrips, kutu, ulat grayak dan oteng-oteng. Ciri-ciri serangan hama thrips yaitu daun keriting, menggulung dan pohon timun tidak normal. Telur hama thrips bisa dimatikan langsung bila Anda mengetahuinya. 

Pengendalian hama Thrips menggunakan insektisida yang sesuai. Toko pertanian online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai hama dan penyakit tanaman Anda.  

Kutu daun atau Aphids yang menyerang pohon timun berwarna hijua, kuning, hitam dan merah tergantung jenisnya. Kutu aphids akan berproduksi 2 - 3 hari sehingga perkembangannya sangat cepat. Pengendalian menggunakan insektisida yang sesuai. 

Ulat grayak menyerang daun dan buah timun pada stadium larvanya. Ulat grayak dapat dibasmi dengan mengambil ulat langsung. Karena itu penting sekali melakukan kontrol tanaman setiap hari. Sehingga pemakaian insektisida saat serangan sudah tinggi. 

Ulat pengorok daun merusak daun dengan cara mengorok daun dan meninggalkan bekas korokan berupa alur tak beraturan. Daun kemudian menjadi kering dan mati sehingga proses fotosintesis terganggu. 

Penyakit yang menyerang pohon timun antara lain seperti rebah semai, layu Fusarium, layu bakteri dan penyakit kresek. Pohon timun benih Sembada F1 memiliki ketahanan dari penyakit kresek. Namun pencegahan juga tetap dilakukan seperti menjaga kebersihan kebun dari gulma. 

Tanda-tanda pohon timun kena penyakit layu fusarium adalah layu pohon timun mulai dari bawah, diikuti daun dan batang layu, lalu kering dan mati. Untuk serangan layu akibat bakteri, tanaman akan layu mendadak lalu mati. 


Hasil Panen Timun per Pohon


Pohon timun akan mulai berbunga umur 20 hari setelah tanam dan akan menjadi buah 20 hari kemudian atau umur 40 hari setelah tanam. Pohon timun akan panen pertama umur 75 hari setelah tanam bahkan untuk timun hibrida bisa lebih cepat. 

Hasil panen timun dilakukan bertahap sampai selama 1 - 1,5 bulan. Hasil panen timun dilakukan setiap hari sebelum jam 09.00 pagi. Petiklah buah yang matang dan hasil panen timun per pohon bisa 1 - 2 buah per hari per pohon. Hasil panen timun per pohon mencapai 30 ton/ha. 

Setelah dipetik, buah timun dibawa ke tempat penyimpanan. Tempat menyimpan hasil panen pohon timun yaitu di tempat sejuk untuk menjaga kadar air tidak banyak hilang. Kulit mentimun mudah rusak, sehingga perlu hati-hati saat mengemasnya. 

Untuk dijual atau distribusi jarak jauh, mentimun dimasukkan ke karung yang berlubang atau tempat bersirkulasi udara bagus. Satu pohon timun mulai awal panen sampai selesai akan menghasilkan panen sebanyak 1,5 kg. 

Demikian artikel Kami judul : Pohon Timun Berbuah Lebat Tanam Benih F1 Sembada Royal Seed. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam. 

Kami jual benih timun F1 Sembada dari Royal Seed. Tersedia juga benih lain tanaman sayur dan buah hibrida dan unggul. Ada juga pupuk, pestisida, ZPT hingga alat-alat pertanian. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. 

Bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia, Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami mengajak pula kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat tentang pohon timun berbuah lebat dari benih F1 Sembada. Perawatan pohon timun mudah dilakukan dan hasil menguntungkan. Salam sukses....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.