BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

12/07/2021

Read

Manfaat Timun Rebus Benih Hibrida Mentimun Legenda F1 Hybrid


manfaat timun rebus, mentimun legenda f1, benih royal seed, pohon timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mentimun Hibrida
Legenda F1
Manfaat Timun Rebus Benih Hibrida Mentimun Legenda F1 Hybrid. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih mentimun Legenda F1 hibrida. Manfaat timun rebus dari buah timun hybrid varietas Legenda berkualitas. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam mulai benih hibrida dan unggulan tanaman sayur dan buah. Juga tersedia pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis perihal cara menanam dan permasalahan di lahan. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak serta menjadi dropship dan reseller pertanian. 

Manfaat timun rebus merupakan salah satu cara menikmati kesegaran mentimun dan merasakan manfaat buah timun bagi tubuh kita. Baik langsung dimakan atau direbus dulu, khasiat timun tetap sama dan tidak berubah. 

Manfaat timun rebus menyegarkan dan megandung air hingga 95% bagi tubuh. Pohon timun benih hibrida Legenda F1 produk Royal seed buah panjang lurus dan tahan penyakit. 

Manfaat timun rebus juga harus diperhatikan cara dan lama merebusnya agar tidak banyak vitamin dan mineral hilang saat dipanaskan. Manfaat timun rebus dapat Anda nikmati dari timun Legenda F1 hibrida jenis timun berkualitas produk dari Royal Seed

Budidaya timun Legenda F1 jenis mentimun hybrid yang tumbuh cepat dan seragam. Buah segar dengan panjang 26 cm, lurus dan berat rata-rata 280 gram. Mentimun hibrida Legenda kuat dan tahan simpan lama. Buah juga tidak mudah rusak selama transportasi jarak jauh. 


Mentimun Hibrida Legenda F1 Hybrid


Timun F1 Legenda tumbuh cepat dan seragam dengan bentuk buah panjang dan lurua. Panjang timun Legenda F1 26 cm dan diameter 4,5 - 5,5 cm. Buah mentimun rasa manis, renyah menyegarkan. 

Umur panen mulai 32 hari setelah pindah tanam. Berat rata-rata buah timun Legenda F1 yaitu 280 gram per buah. Timun Legenda F1 tahan simpan lama dan tidak rusak bila transportasi jarak jauh. 

Buah timun mengandung manfaat timun rebus yang tinggi. Mentimun mengandung 95% air sehingga manfaat timun rebus akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Dan lebih jauh, manfaat timun rebus baik untuk kesehatan. 

Mentimun mengandung vitamin B ( Niasin dan Riboflavin ), vitamin C dan Seng. Kandungan vitamin dan mineralnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan kandungan gizi lengkap, buah timun aman dikonsumsi setiap hari dalam bentuk manfaat timun rebus. 

Manfaat timun di Indonesia memang lebih banyak dikonsumsi mentah sebagai lalap atau pelengkap makanan. Tidak banyak orang mengetahui manfaat timun rebus terutama bagi kesehatan. Manfaat timun rebus merupakan resep olahan sejak jaman dulu dan masih dikenal hingga sekarang,

Kandungan air mentimun tinggi. Selain menyegarkan sebagai minuman, timun juga banyak dimnmfaatkan sebagai bahan alami perawatan wajah. Buah timun juga  kerap dimanfaatkan untuk penghias makanan. 

Rasa timun rebus tak kalah menyegarkan dan renyah seperti timun dimakan langsung. Asalkan saat direbus cukup 10 menit setelah air mendidih, timun dimasukkan. 


Baca Juga : Tips Sukses Budidaya Tanaman Sayuran


Manfaat Timun Rabus Mentimun Legenda F1


manfaat timun rebus, mentimun legenda f1, benih royal seed, pohon timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Timun Rebus
Legenda F1
Manfaat Timun Rebus Mampu Mengeluarkan Racun pada Tubuh. Mengkonsumsi manfaat timun rebus mampu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Racun akan keluar bersama urine dan keringat kita. 

Manfaat timun rebus juga dapat menurunkan berat badan. Sertakan timun rebus dalam menu makanan kita setiap hari. Manfaat timun rebus diyakini rendah kalori meski kaya kandungan air. Agar manfaat timun rebus semakin maksimal, maka lemgkapi dengan mengkonsumsi yogurt rendah lemak.  

Manfaat timun rebus mengobati diare.  Karena saat diare tubuh banyak kehilangan cairan dalam tubuh dan tubuh menjadi lemas. Timun rebus cepat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. 

Gunakan sebagai sayuran dan aman dikonsumsi setiap hari. Serat dan kandungan airnya dapat membuat tubuh kembali segar. Serta memulihkan tubuh dari sakit diare. 

Manfaat timun rebus dalam mengatasi masalah pencernaan. Manfaat timun rebus kaya vitamin antara lain vitamin A, B dan C serta mineral seperti kalium, magnesium, mangan dan silika. Masalah sistem pencernaan ini meliputi asam lambung, maag dapat diatasi dengan makan timun rebus. 

Manfaat timun rebus mengatasi penyakit kanker karena buah timun kaya antioksidan. Antara lain seperti pinoresinol, lariciresinol mampu melawan dan mencegah kanker. Manfaat timun rebus mengandung flavonoid fisetin yang ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Manfaat timun rebus baik bagi penderita hipertensi karena konsumsi rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat timun rebus juga mengatur jumlah garam pada organ ginjal karena umumnya penderita hipertensi memiliki kadar sodium tinggi. 

Kandungan sodium tinggi membuat kadar air tubuh tidak seimbang sehingga memicu meningkatnya tekanan darah. Kondisi ini dapat distabilkan dengan manfaat timun rebus. 

Mentimun sumber vitamin K dan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Serta meningkatkan serapan kalsium pada tulang. Kandungan serat, vitamin juga silikon, kalium, florin dan rendah kalori, membuat manfaat timun rebus baik untuk ginjal. 


Kalori Timun Rendah dan Baik Bagi Kesehatan


Kalori timun diketahui rendah dan aman bagi kesehatan terutama bagi yang sedan menjalani program diet. Setiap berat 300 gram mentimun, kalori timun hanya 45 kalori saja. Artinya konsumsi mentimun dalam jumlah banyak, membuat kalori tubuh tetap aman. 

Sehingga meski makan mentimun cukup banyak, tidak mengurangi energi tubuh dan perut merasakan kenyang lebih lama. Rasa kenyang tersebut berasal dari serat dan air dalam kalori timun. 

Mentimun kupas memiliki 24 kalori timun dan dalam porsi besar. Kalori timun merupakan makanan padat energi dan kalori timun rendah. Saat Anda sedang menurunkan berat badan, pasti membutuhkan reduksi asupan kalori. Manfaat timun rebus mengandung mentimun rendah kalori cocok untuk menurunkan berat badan. 

Secangkir timun diiris-iris hanya memiliki 14 kalori timun. Jumlah tersebut tak sampai 1% dari jumlah kalori harian untuk diet 1500 kalori penurunan berat badan. 

Manfaat timun rebus rendah kalori timun bahkan meski porsi besar, kalori tubuh tetap rendah. Manfaat timun rebus merupakan makanan energi padat dan cocok inyuk menurunkan berat badan. Makan manfaat timun rebus membuat rasa kenyang saat diet dengan tujuan mengontrol kalori. 

Manfaat timun rebus dapat menurunkan berat badan karena kalori timun rendah dan selain itu kaya akan serat. Kandungan serat tinggi membuat perut kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaan.  

Mentimun belum dikupas menyumbangkan sepertiga nilai harian vitamin K. Vitamin K merupakan nutrisi penting membantu pembekuan darah. Selain itu Anda akan mendapatkan sekitar 7% dari nilai harian kebutuhan vitamin C. 

Vitamin C bersifat antioksidan yang mendukung produksi kolagen dan membuat tulang, kulit serta rambut menjadi kuat. Manfaat timun rebus mengandung fitonutrien yaitu antioksidan dengan sifatnya yaitu anti-diabetes. 


Baca Juga : Blewah Aruna, Buah Manis dan Krispy


Pohon Timun Legenda F1 Produk Royal Seed


manfaat timun, mentimun legenda f1, benih royal seed, pohon timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pohon Timun 
Kuat dan Kokoh
Pohon timun atau mentimun juga sering disebut ketimun merupakan jenis buah-buahan dan masuk dalam keluarga Labu-labuan ( Cucurbitaceae ). Mentimun merupakan pohon sayuran dan dikonsumsi sebagai sayur lalapan segar. 

Pohon timun dikategorikan tanaman buah karena buah timun memliki lapisan paling luar yaitu kulit ( Eksocarp ). Buah timun mempunyai daging buah ( Mesokarp ) dan lapisan yang membungkus biji ( Endocarp ). Termasuk biji timun sendiri pastinya. 

Pohon timun diyakini tanaman asli dari Asia Selatan namun sudah tersebar di berbagai negara di dunia ini. Nama ilmiah mentimun adalah Cucumis sativus L. 

Pohon timun tumbuh merambat dan memerlukan rambatan untuk pertumbuhannya. Pohon timun menyukai tumbuh di tempat sesuai syarat tumbuhnya. Pohon timun menyukai lokasi dengan suhu 22 - 30 derajat Celcius. 

Cara menanam timun sebaiknya di daerah dataran rendah. Pohon timun menyukai tumbuh di tanah kaya akan humus dan subur. Tanah memiliki kadar keasaman atau pH 6 - 7. 

Pohon timun termasuk tanaman sayuran buah daerah sub-tropis dan tropis. Tanaman timun bersifat merambat atau menjalar dan hidup semusim.

Bunga jantan dan bunga betina pohon timun tidak berada di tempat yang sama tetapi masih satu tanaman. Buah timun nikmat diolah sebagai manfaat timun rebus maupun sebagai sayur lalapan. Sebagai manfaat timun rebus juga mampu mencegah dehidrasi sama bila dimakan segar atau sebagai manfaat jus mentimun. 


Baca Juga : Semangka Lonjong Factor Diburu Petani Semangka


Gambar Timun Buah Berwarna Hijau Mudah Dikenali


Gambar timun buah menyegarkan dengan ciri khas berwarna hijau, bentuk panjang dan lurus. Kulit halus dan mengkilap dengan banyak memiliki kandungan air 95%. Buah timun dapat dimakan beserta kulitnya atau dikupas dulu. Bahkan sebagai manfaat timun rebus, buah ini tetap menyegarkan dan enak. 

Buah timun sayuran segar memiliki banyak vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh. Gambar timun ternyata terdapat beberapa jenis dengan perbedaan rasa, tekstur dan bentuk buah. Namun ciri khas gambar timun tetap dominan berwarna hijau.

Jenis timun lokal paling sering dijumpai di Indonesia dan telah berkembang maju menjadi banyak varietas. Diantaranya jenis mentimun hibrida Legenda F1 dengan keunggulan tahan penyakit. 

Gambar timun jenis hybrid Legenda F1 membantu memudahkan Petani dalam budidaya mentimun, terutama dalam perawatannya. Bentuk buah semakin baik seperti bobot, penampilan buah dan panjang buah. 

Jenis timun lokal harga terjangkau dan sudah cukup enak untuk dikonsumsi sebagai sayur lalapan dan direbus. Langsung dimakan, jenis timun lokal digunakan untuk pendamping gado-gado, pecel, ketoprak hingga dimasak acar mentah atau matang. 

Timun lokal paling banyak dikonsumsi masyarakat di Jawa Barat. Masyarakat di Jawa Barat paling suka makan lalapan. Sebagai sayur lalapan, timun dioleskan pada sambal atau dimasak dalam manfaat timun rebus. 

Rasa daging jenis timun lokal cenderung tawar. Warna kulit hijau lurik-lurik putih kekuningan. Daging buah transparan dan bijinya sangat banyak. Bobot buah rata-rata 250- 300 gram per buah. Kandungan nutrisi satu buah timun sebesar 15 kalori timun dan protein 0,7 gram. 


Baca Juga : Butternut Squash Labu Madu, Daging Buah Manis dan Lembut


Cara Menanam Timun Hibrida Legenda F1


Manfaat timun, mentimun legenda f1, benih royal seed, cara menanam timun, jual benih timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Mengukur pH
tanah 
Cara menanam timun sebaiknya sesuai syarat tumbuh tanaman agar tumbuh dan berbuah secara maksimal. Cara menanam timun mengguakan benih mentimun hibrida Legenda F1 dapat dibeli di Toko pertanian online LMGA Agro

Selanjutnya adalah melakukan proses penyemaian bibit timun Legenda F1 untuk diambil manfat timun rebusnya. Tujuan untuk menyemai bibit timun yaitu mendapatkan calon bibit timun sehat. Lewat proses penyemaian, calon bibit mudah dikontrol dan biasanya bibit bisa beradaptasi dengan cepat.  

Sebelum ditanam, benih timun Legenda F1 direndam dalam air biasa selama 15 menit. Perhatikan kondisi benih, bila benih mengapung itu adalah benih berkualitas jelek. Pilih benih yang tenggelam untuk ditanam menjadi bibit timun. 

Lakukan perendaman benih kedua yaitu selama 1 hari semalam. Siapkan handuk atau kain bersih dan basahi. Letakkan benih yang telah direndam semalaman. Benih nanti akan berkecambah. 

Siapkan polybag untuk menyemai benih. Media semai menggunakan tanah dan pupuk kandang dicampur merata. Masukkan benih dan lakukan penyiraman setiap hari. Bibit timun dapat dipindahkan setelah disemai 10 hari. 

Sambil menunggu bibit tumbuh, lakukan persiapan tanam dengan mengolah lahan atau mempersiapkan polybag bila ingin menanam di polybag. Cara menanam timun dapat dilakukan di lahan kebun atau di polybag. 

Cara menanam timun di lahan kebun, tanah harus digemburkan dulu dengan cara dicangkul atau dibajak menggunakan hewan ternak. Lahan dibersihkan dari gulma, sampah dan bebatuan. Tanah dicangkul sedalam 40 cm. Tambahkan pupuk kandang kering untuk menambah kesuburan tanah. 

Setelah gembur, lahan dibuat bedeng-bedeng berukuran lebar 140 cm, tinggi 50 cm dan panjang sesuai kondisi lahan. Drainase dari jarak antar bedengan yaitu 40 cm. 

Bila pH <6 dan >7 maka lakukan pengapuran menggunakan Dolomit lalu biarkan selama 2 minggu. Setelah 2 minggu, Bisa dipasangkan mulsa plastik hitam perak. Lalu buat lubang tanam dengan jarak tanam timun 40 x 60 cm. 


Cara Merawat Timun Hibrida Legenda F1


Setelah lahan siap dan bibit telah cukup umur dipindahkan, maka segera pindahkan ke lahan. Penanaman bibit sebaiknya sore hari. Sebelum mulai menanam bibit, tancapkan lanjaran di kanan dan kiri lubang tanam. Lanjaran digunakan untuk media rambatan pohon timun. 

Setelah bibit selesai ditanam, harus disiram air secukupnya untuk mempertahankan kelembaban tanah. Sebaiknya budaya mentimun di musim hujan agar air tersedia selalu untuk tanaman. Bila penanaman di musim kemarau maka kebutuhan air harus diperhatikan. Penyiraman di musim kemarau dilakukan pagi dan sore hari. 

Pemupukan menggunakan pupuk organik sebagai pupuk dasar. Pupuk susulan menggunakan pupuk kimia dan diberikan dengan cara ditabur mengelilingi tanaman berjarak 5 - 7 cm.  Pupuk KCl diberikan umur 2 bulan setelah tanam.  

Pupuk untuk tanaman timun juga bisa menggunakan pupuk NPK. Sebab NPK mengandung unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman timun. 

Pupuk KCl diberikan tunggal dengan cara disebar disekitar akar sebanyak 5 gram per lubang tanam. Diberikan saat tanaman mulai berbunga. Pupuk akan mampu mencegah bunga rontok atau busuk sebelum muncul buah. 

Penyiangan dan penggemburan dilakukan dalam satu waktu. Sehingga kebun bisa tampak bersih tanpa gulma dan akar dapat leluasa mendapatkan udara setelah tanah didangir. 

Pemangkasan terhadap tunas-tunas yang muncul cukup banyak. Dan sisakan sedikit batang tunas pada pohon timun. Terlalu banyak tunas pada pohon timun dapat menghambat pertumbuhan buah timun.  


Panen Timun Legenda F1


Panen timun berkualitas hibrida Legenda F1 adalah 32 hari setelah pindah tanam bibit timun ke lahan tetap. Panen timun langsung memetik buah timun dari batangnya. Panen timun dapat dilakukan hingga 5 - 6 kali panen tergantung produksi tanaman. 

Panen timun yaitu buah mentimun muda yaitu berwarna hijau muda. Masa panen berlangsung sampai 1 - 1,5 bulan. Buah timun yang layak dipetik yaitu buah telah masak penuh dan warna seragam. 

Buah dipilih dengan warna seragam mulai pangkal buah hingga ujung buah dan panjang telah mencapai maksimal sesuai varietasnya. Cara panen timun yaitu memotong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting. 

Pasca panen timun meliputi sortasi yaitu upaya mengelompokkan keseragaman buah berdasarkan ukuran, bentuk, warna dan kualitas buah. 

Setelah buah timun digunting, lalu dicuci air bersih dan buah timun direndam dalam larutan 2 cc natural cleaner per 10 liter air selama 30 menit. Setelah itu buah dijemur angin. Setelah kering, mentimun diletakkan di tempat teduh sebelum di bawa ke pasar. 

Bila dijual ke supermarket, mentimun akan dikemas untuk menjaga mutu dan penampilan produk. Bila dijual ke pasar tradisional bisa langsung dijual dan ditawarkan ke pembeli. 

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Timun Rebus Benih Hibrida Mentimun Legenda F1 Hybrid. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan mulai benih hibrida dan unggul tanaman buah dan sayur, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi gratis seputar budidaya tanaman. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak pula sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang manfaat timun rebus bagi kesehatan. Manfaat timun rebus dengan budidaya timun hibrida Legenda F1 mentimun hybrid dari Royal Seed. Selamat mencoba salam sukses....

 

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.