TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/08/21

Sayuran Kol Takada KNY-04 Kubis Hibrida Known You Seed Kaya Manfaat

sayuran kol, kubis, manfaat kubis, takada kny-04, benih known you seed, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kubis Takada
KNY-04

Sayuran Kol Takada KNY-04 Kubis Hibrida Known You Seed Kaya Manfaat. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida kubis sayur kol Takada KNY-04 dari Known You Seed. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap mulai benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima konsultasi gratis pertanian dan membuka peluang kesempatan sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Sayuran kol banyak disukai masyarakat karena menyegarkan dan kaya manfaat yang luar biasa. Sayuran kol sering juga disebut kubis dimana setiap lembaran daun kubis mengandung nutrisi baik bagi kesehatan tubuh. 

Known You Seed mengeluarkan benih hibrida sayuran kol atau kubis Takada KNY-04. Bentuk sayur kubis Takada krop gepeng dan berwarna hijau. Kropnya memiliki berat rata-rata 2 kg. 

Sayuran kol mengandung kandungan nutrisi lengkap dan manfaat tinggi bagi tubuh kita. Sayur kol atau kubis dari benih hibrida Takada KNY-04 krop gepeng dengan bobot 2 kg. Krop kubis kuat dan padat. 

Benih kubis Takada KNY-04 tahan akar gada. Sayur kol varietas Takada ini keras dan padat sehingga tidak mudah rusak selama pengangkutan bahkan jarak jauh. 

Kubis sayuran kol kaya akan serat. Kandungan seratnya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu sayur kol juga mengandung polifenol yang mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Lembaran daun kol sering dikonsumsi sebagai sayur lalapan, untuk nasi goreng atau mie hingga sayuran sup. 


Kubis Takada KNY-04 Know You Seed


Kubis Takada KNY-04 hibrida diproduksi Known You Seed merupakan jenis sayuran kol dengan krop gepeng. Warna krop sayuran kol Takada KNY-04 berwarna hijau. Berat rata-rata krop adalah 2 kg. 

Ukuran krop yaitu 14 x 23 cm. Umur panen menanam sayur kol Takada KNY-04 umur 75 hst. Hasil panen tinggi dengan krop padat dan keras sehingga tahan perjalanan jarak jauh. 

Sayuran kol atau kubis memiliki nama ilmiah Brassica oleracea L. Kubis merupakan jenis tanaman semusim atau dua musim. Bentuk daun kubis ada yang bulat telur, lonjong dan lebara seperti kipas. 

Tanaman kubis memiliki sistem perakaran agak dangkal, akar tunggang tumbuh bercabang dan terdapat banyak akar serabut. Kubis jenis sayuran kol yang murah meriah dan ekonomis. Harga sayuran kol stabil di pasaran mudah ditemui. 

Daun kubis mengandung nilai gizi yang besar. Sayuran kol kaya senyawa fitonutrien dan berbagai vitamin yaitu vitamin A, B dan C. Kandungan vitamin sayur kol merupakan antioksidan alami yang berkhasiat mencegah penyakit jantung dan kanker. 

Kandungan vitamin sayuran kol membantu mencegah radikal bebas penyebab penyakit pada tubuh kita. Tanaman kubis berbatang pendek dan beruas-ruas sebagai bekas tempat duduk daun. 

Tanaman kol berakar tunggang dengan beberapa akar serabut sedikit ke tepi dangkal. Bunga tersusun dalam tandan dan mahkotanya berwarna kuning. Buah bulat panjang menyerupai polong. Biji berbentuk bulat kecil berwarna coklat. 

Tanaman kubis menyukai tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian tempat lebih dari 750 m dpl. Namun kini beberapa varietas sayuran kol dapat ditanam di dataran lebih rendah lagi. 

Sayur kol dapat tumbuh di semua jenis tanah asal pH-nya netral. Tanaman kol dapat ditanam selama 2 musim atau semusim saja. Kondisi tanah tumbuhnya harus gembur, kaya bahan organik dan suhu udara lembab dan rendah. 

Dataran rendah dan suhu udara tinggi membuat tanaman kol sulit membentuk krop atau bunga. Beberapa varietas kubis sangat peka terhadap pH rendah. 


Sayuran Kol Kaya Nutrisi


sayuran kol, kubis, takada kny-04, manfaat kubis, known you seed, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kol atau Kubis
Kaya Nutrisi

Sayuran kol mengandung serat tinggi dan berkhasiat melancarkan sistem pencernaan. Lembaran daun kubis mengandung polifenol yang bermanfaat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Kol atau kubis mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. 

Sayuran kol sering dibuat untuk sayur lalapan. Selain itu juga untuk sayuran sup, tumisan dan nasi goreng atau mie goreng. Sangat banyak olahan sayur kol dapat dibuat sesuai selera dan kreasi kita karena rasanya renyah menyehatkan. 

Sayuran kol mudah ditemui di pasar tradisonal dan swalayan. Harga sayur kol stabil, murah dan tidak pernah mahal ( terjangkau ). 

Sayur kubis sayuran kaya vitamin dan nutrisi. Untuk satu krop sayuran kol mengandung vitamin C, B6 dan K. Sayur kubis juga mengandung folat, kalsium, potassium, mangan dan magnesium. Sebanyak 90 gram sayuran kol mengandung serat sebanyak 3 gram. 

Manfaat serat tinggi dalam sayuran kol membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sayuran kol seringkali diabaikan padahal kandungan nutrisinya juga tinggi. Sayur kubis ini juga mengandung zat besi dan riboflavin. 

Kandungan vitamin B6 dan folat bermanfaat untuk metabolisme energi dan fungsi sistem saraf. Polifenol cukup tinggi di sayuran kol adalah salah satu jenis antioksidan kuat. Manfaat antioksidan yaitu melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. 

Fungsi vitamin C sayuran kol juga sebagai antioksidan kuat berkhasiat sebagai pelindung tubuh dari penyakit jantung, kanker hingga kesehatan mata. 


Baca Juga : Aplikasi Pemupukan pada Budidaya Pertanian


Manfaat Kubis Bagi Kesehatan Tubuh


Daun kubis sering dikonsumsi masyarakat dan setiap lembaran daun kubis bermanfaat tinggi bagi kesehatan tubuh. Daun kubis sayur kol juga dikenal banyak bermanfaat bagi ibu menyusui. 

Daun sayur kol sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi masalah ibu menyusui yaitu mastitis, dimana terjadi pembengkakan pada payudara ibu menyusui. Sayuran kol memiliki efek anti-inflamasi pada jaringan payudara bila dioleskan langsung pada kulit. 

Manfaat sayur kubis mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dan bermanfaat mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Manfaat kubis membantu terbentuknya kolagen sehingga membuat kulit lebih sehat dan kenyal. Kolagen terbentuk karena peran vitamin C dalam sayuran kol. 

Manfaat serat kubis ditambah kalori yang rendah akan membuat rasa kenyang lebih lama. Cocok sebagai menu dalam program diet Anda. 

Manfaat kubis baik untuk kesehatan mata dan mencegah terjadinya katarak. Hal tersebut karena peran beta-karoten pada sayuran kol. 

Sayuran kol mengandung kalsium, magnesium dan potassium bermanfaat untuk kesehatan tulang. Konsumsi sayur kol rutin mampu menurunkan resiko patah tulang atau tulang rapuh ( osteoporosis ) di usia senja. 

Konsumsi kubis rutin untuk mengontrol tekanan darah dan gula darah. Kandungan flavonoid dalam kubis mampu mengontrol tekanan darah. Dan kandungan sulfur pada kubis berperan menghambat penyerapan gula dalam tubuh. Sayuran kol aman bagi penderita diabetes melitus. 

Namun begitu, konsumsi sayur kubis berlebihan dapat menimbulkan efek samping juga. Salah satunya adalah membuat perut penuh gas sehingga perut menjadi kembung.

Hal tersebut karena dalam sayuran kol mengandung raffinose yaitu jenis gula yang tidak dapat dicerna. Raffinose jenis gula karbohidrat kompleks dan tidak dicerna usus. Akibatnya membuat perut kembung bila makan sayur kubis berlebihan. 


Baca Juga : Pupuk Organik, Komponen Pertanian dari Bahan Alami


Sayuran Kol Mudah Menanamnya


sayuran kol, kubis, takada kny-04, pengendalian hama kubis, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Insektisida Raydent
Basmi Hama

Sayuran kol sebaiknya ditanam di awal musim hujan atau awal musim kemarau. Syarat cara menanam sayur kubis adalah pH tidak lebih kurang atau sama dengan 5,5. Bila kurang maka lakukan pengapuran dengan diberikan Dolomit sebanyak kira-kira 2 ton/ha. 

Lalu Dolomit diaduk merata dengan tanah dan biarkan selama 2 minggu sebelum penanaman. Tujuan pengapuran adalah mencegah terjadinya penyakit akar bengkak. 

Setelah penggemburan dan pengapuran yaitu sekitar 3 - 4 minggu, mulailah membuat alur tanaman sedalam 10 cm. Jarak antar baris tanaman adalah 70 cm. Lubang tanam dibuat dengan jarak tanam 50 cm. 

Sambil menyiapkan lahan tanam, Anda membuat persemaian tanaman kubis. Persemaian dibuat berbentuk persegi panjang dan menghadap arah timur-barat. Tujuannya agar tanaman mendapatkan sinar matahari pagi cukup banyak. 

Media tumbuh persemaian menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang/kompos halus dan matang ( perbandingan 1 : 1 ). Tanah dan pupuk diayak halus dan dibuang sisa-sisa gulma dan kotorannya. 

Benih kubis lalu disebar rata lalu tutup dengan tanah secukupnya. Tutup persemaian dengan daun pisang atau karung plastik bersih. Biasanya benih kubis dalam 3 - 4 hari sudah berkecambah. Memasuki hari ke-7, penutup dapat dibuka. 

Benih dapat dipindahkan ke wadah semai untuk dibesarkan hingga minggu ke-4 dan siap ditanam di lahan tetap. Selama di persemaian, lakukan pemeliharaan berupa penyiraman menggunakan hand sprayer atau siram tipis-tpis saja. 

Bibit kubis mulai dapat ditanam setelah umur 3 - 4 minggu atau memiliki 4 - 5 daun. Penanaman bibit harus tepat waktu karena bila sampai umur 6 minggu atau lebih menyebabkan kualitas kubis menurun. Ukuran krop tidak bisa besar dan bobotnya kecil. 


Budidaya Sayur Kubis 


Anda bisa menanam sayur kubis baik di lahan maupun di polybag. Di lahan kebun atau tegalan dengan membuat bedengan ukuran lebar 1,2 meter, tinggi 30 cm dan panjang sesuai luas lahan. Pupuk dasar saat pengolahan tanah adalah pupuk kandang 20 ton/ha. 

Bisa juga Anda tambahkan pupuk kimia Urea 50 kg/ha, ZA 125 kg/ha, SP-36 sebanyak 125 kg/ha dan KCl 100 kg/ha. Selanjutnya biarkan lahan selama 1 minggu agar pupuk tercampur pada tanah. 

Setelah bibit siap untuk dipindah maka lakukan penanaman. Sobek polybag dan keluarkan bibit dengan hati-hati lalu masukkan pada lubang tanam yang sudah disiapkan. Waktu penanaman sebaiknya pagi hari sebelum matahari terik.

Masukkan bibit sedalam akar leher sehingga tanaman dapat berdiri kokoh dan kuat. Setelah penanaman lakukan penyiraman secukupnya. 

Perawatan dan pemupukan susulan. Perawatan tanaman kubis dilakukan 2 tahap yaitu sebelum krop terbentuk dan setelah krop terbentuk. Perawatan sebelum krop dimulai mulai hari ke-0 atau sebelum tanam sampai hari ke-49 setelah tanam. Perawatan setelah muncul krop mulai hari ke-50 sampai panen. 

Perawatan mulai hari pertama yaitu penyiraman rutin setiap hari. Penyiraman dilakukan pagi atau sore hari. Pemupukan susulan sayuran kol umur 28 hst. 

Pemeliharaan lainnya tanama kubis adalah perompesan cabang atau tunas-tunas samping dilakukan sedini mungkin. Tujuan perompesan lebih dini adalah untuk mendapatkan bunga yang sempurna. Jangan lupa untuk kontrol tanaman sayuran kol seminggu sekali. 

Pengamatan atau kontrol tanaman untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Populasi hama tinggi di awal musim kemarau. 

Hama yang biasanya menyerag sebelum pembentukan krop yaitu ulat tanah, ulat daun kubis dan ulat krop kubis bergaris. Pengendalian hama sebaiknya terlebih dahulu dilakukan secara manual yaitu mengambil hama lali dimatikan. 

Sanitasi lingkungan harus rutin dilakukan yaitu membersihkan kebun dari gulma dan sampah. Bila ditemui tanaman mati karena penyakit rebah kecambah, harus segera dicabut dan dimatikan. Ganti dengan tanaman baru. 


Pemeliharaan Tanaman Sayuran Kol


Pemeliharaan tanaman kubis kedua yaitu setelah krop kubis terbentuk, yaitu umur 50 - 90 hst. Pemeliharaan antara lain penyiangan manual menggunakan tangan dan terus dilakukan sampai 1 minggu sebelum panen. 

Kontrol tanaman dilakukan lebih spesifik dan teliti pada satu per satu tanaman. Terutama saat krop sayuran kol sudah cukup besar, maka pengamatan lebih detail untuk mengetahui adanya hama. 

Bila ditemui hama menjelang panen maka sebaiknya dikendalikan secara manual. Menjelang panen, krop sayuran kol harus bebas dari bahan kimia pestisida untuk mencegah keracunan. 

Pertumbuhan cara menanam sayur kol cukup cepat sehingga harus diimbangi dengan asupan nutrisi dan kelembaban tanah yang baik. Dianjurkan menanam sayuran kol awal musim hujan atau awal musim kemarau. Waktu-waktu tanam tersebut, ketersediaan suplai air masih cukup untuk tanaman.

Namun bila Anda menanam di green house atau menggunakan irigasi tetes maka budidaya kubis dapat Anda lakukan sepanjang tahun. 

Pemupukan susulan setelah minggu ke-4 penanaman. Pemupukan susulan menggunakan Urea 50 kg/ha, ZA 125 kg/ha, SP-36 sebanyak 125 kg dan pupuk KCl 100 kg/ha. Pemberian pupuk diberikan di sekitar tanaman dengan jarak 10 - 15 cm dari batang tanaman. 

Sayuran kol biasanya diserang oleh hama ulat. Bila Anda bisa melakukan lebih baik dikendalikan menggunakan tangan. Bila serangan parah dapat dilakukan penyemprotan insektisida. 

Penyakit sayuran kol adalah bengkak akar. Penyebabnya adalah jamur Plasmodiophora brassicae ditandai daun kubis menglami kelayuan. Bila tanaman dicabut tampak ada pembengkakan. Pencegahan dengan cara benih direndam dalam pestisida.  

Pengendalian hama dan penyakit sayuran kol, petani juga melakukan penanaman tanaman refugia. Yaitu jenis tanaman bunga yang membantu mengendalikan hama dan penyakit. Pada tanaman kubis, biasanya memanfaatkan tanaman refugia antara lain tanaman bunga matahari, kenikir dan aster.  


Baca Juga : Waluh Suprema F1 Benih Labu Terbaik dan Termurah Cap Panah Merah


Cara Panen Tanaman Kubis Takada KNY-04


Kubis Takada KNY-04 panen umur 75 hst. Bila perawatan baik maka potensi panen sayuran kol sebesar 20 - 40 ton. Sebaiknya cara panen kubis Takada KNY-04 dilakukan pagi hari dan cuaca sedang cerah. 

Cara panen sayuran kol menggunakan pisau tajam. Buang 4 helai daun paling tua dan daun kubis yang rusak. Setelah sayur kol dipetik, dikumpulkan di tempat teduh dan dimasukkan karung jaring sayur. Biasanya kubis akan dibawa ke pasar sayur grosir bila jumlahnya banyak. 

Bila Anda menanam sayuran kol di rumah sebagai usaha rumahan, dapat dijual di pasar terdekat atau dijual di depan rumah. Sayuran kol dapat ditanam dalam polybag besar untuk penanaman di rumah. 

Cara menanam kubis dapat ditumpang sari dengan tanaman cabai dan tomat. Penanaman tumpang sari dengan tomat yaitu kubis ditanam setelah umur tomat 1 bulan. Pasanglah ajir pada tomat sedini mungkin agar tidak merusak akar tomat. 

Cara panen kubis yaitu pilih kubis sudah tua dan siap dipetik. Potong bagian pangkal batang kubis menggunakan pisau tajam dan bersih. Dahulukan sayuran kubis yang sehat dulu dipanen sampai habis baru dipanen kubis agak rusak.

Demikian artikel Kami judul : Sayuran Kol Takada KNY-04 Kubis Hibrida Known You Seed Kaya Manfaat. Hubungi nomer kontak Kami 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih sayuran kol hibrida Takada KNY-04. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. Semoga artikel Kami bisa bermanfaat dan mengenal lebih banyak tentang sayuran kol. Juga manfaat sayur kol dan cara menanam kol. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.