TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

31/01/22

Jual Bibit Sawi Terdekat Murah Benih Tosakan Cap Panah Merah

jual benih, sawi, casim, sawi hijau, benih tosakan, beih cap panah merah, manfaat sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Sawi Caisim 
Tosakan
Jual Bibit Sawi Terdekat Murah Benih Tosakan Cap Panah Merah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual bibit sawi terdekat benih Tosakan Panah Merah. Harga murah jual benih terbaik. 

Toko pertanian LMGA Agro semakin terdekat hanya lewat online siap melayani dan kirim pesanan Anda. Dapatkan produk di kios pertanian kami lengkap. 

Dapatkan promo menarik dan harga diskon mulai dari benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga sarana prasarana menanam. Beli kebutuhan bercocok tanam lengkap dan produk terpercaya. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis. Kami mengajak pula sebagai dropship dan reseller pertanian. JNE, KI8 dan Pos Indonesia terpercaya sebagai jasa pengiriman barang. 

Jual bibit sawi terdekat benih Tosakan Cap Panah Merah rekomendasi untuk tanam di dataran rendah. Umur panen sawi tosakan adalah 25 - 30 hari setelah tanam. 

Jual bibit sawi terdekat di Toko Pertanian LMGA Agro harga murah. Benih Tosakan cap Panah Merah bibit sawi dengan potensi hasil tinggi. Umur panen pendek dan tanaman mudah tumbuh. Caisim Tosakan tahan penyakit akar gada. 

Jual bibit sawi terdekat Tosakan dengan potensi hasil 20 - 25 ton/ha. Sayuran sawi caisim memiliki daun berbentuk lonjong. Jual bibit sawi terdekat untuk tanam dataran menengah. 

Benih Tosakan sawi dengan daun berwarna hijau muda. Benih tahan dari serangan penyakit akar gada. Tanaman memiliki adaptasi yang luas dan tidak mudah berbunga. 

Benih Tosakan sawi hijau caisim yang sering diolah pada masakan. Kandungan gizinya lengkap dan sangat baik bagi kesehatan tubuh. 


Sawi Hijau Tosakan Cap Panah Merah


Benih Tosakan merupakan sawi hijau caisim dengan daun yang lonjong. Jual bibit sawi terdekat benih Tosakan cocok pada dataran rendah hingga menengah. 

Jual bibit sawi terdekat benih Tosakan tahan serangan penyakit akar gada dan memiliki adapatasi luas. Benih sawi caisim Tosakan ini tidak mudah muncul bunga. Umur panennya yaitu 30 hari setelah tanam. 

Sawi hijau caisim dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Baik pada tanah mineral bertekstur ringan dan sarang. Juga menyukai tumbuh pada tanah bertekstur liat yang berat. 

Jual bibit sawi terdekat sayuran daun yang cocok untuk tanam di lahan gambut. Caisim sayuran yang sangat disukai oleh konsumen Indonesia. 

Sawi hijau caisim ini mengandung pro vitamin A dan asam askorbat tinggi. Sawi hijau caisim mempunyai nama ilmiah Brassica sinensis L. dan masuk dalam famili Brassicaceae

Pemeliharaan tanaman sawi caisim mudah hingga banyak yang tertarik menanam sayuran caisim di pekarangan rumah. Kebutuhan pH tanah caisim yaitu 6 - 6,5. 

Tanaman sawi hijau caisim menyukai suhu optimal untuk pertumbuhannya antara 15 - 20 derajat Celcius. Budidaya sawi caisim melalui proses pembibitan terlebih dahulu. 

Saat pembibitan usahakan agar bibit tidak kena pancaran sinar matahari langsung. Selama masa pertumbuhannya, sawi hijau Tosakan membutuhkan sinar matahari selama 10 - 13 jam per hari. 

Tingkat kelembaban budidaya sawi Tosakan cap Panah Merah adalah 80 - 90%. Tanaman sawi harus selalu dalam kondisi basah namun air tidak menggenang. 

Cara menanam sawi caisim Tosakan dapat dilakukan pada lahan maupun tanam dalam pot/polybag. Sehingga menanam sawi caisim dapat lebih hemat tempat. 


Baca Juga : 


Budidaya Caisim Tosakan Jual Bibit Sawi Terdekat


jual benih, sawi, caisim, sawi hijau, benih tosakan, beih cap panah merah, manfaat sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Menanam Sayuran Pertanian Modern 

Budidaya tanaman sawi dimulai dengan persiapan lahan agar aerasi dan drainase tanah berjalan lancar. Persiapan lahan juga bertujuan untuk membunuh siklus hidup organisme pengganggu tanaman dalam tanah. 

Persiapan lahan dengan cara mencangkul dan membajak tanah. Kemudian pada permukaan tanah, sebarkan pupuk kandang sebanyak 2 - 4 kg per m2. 

Tambahkan juga pupuk kimia TSP 15 gram/tanaman dan pupuk KCl dengan dosis/takaran sama. Bolak balik pupuk agar tercampur merata pada tanah. Biarkan selama 5 hari agar pupuk bekerja pada tanah. 

Langkah selanjutnya adalah membuat bedengan tinggi 30 cm dan lebarnya 1 meter. Jarak antar bedengan 40 cm sebagai parit saluran air. 

Rapikan bedengan dan kemudian mulai pasang mulsa plastik hitam perak saat siang hari sangat terik. Di atas mulsa buat lubang tanam dengan jarak tanam 60 x 50 cm. 

Langkah setelah persiapan lahan yaitu membuat persemaian benih dan dapat Anda lakukan bersamaan mengolah tanah. 

Jual bibit sawi terdekat dengan membuat persemaian menggunakan media dari tanah dan pupuk kandang. Lakukan pengayakan tanah dan pupuk kandnag dulu sampai halus. 

Perbandingan untuk isi polybag semai antara tanah : pupuk kandang = 1 : 1. Persemaian benih dapat juga Anda lakukan pada tray semai dan bisa lebih efektif dan mudah.

Usahakan media tidak kering saat menanam benih dan benih sudah direndam dulu pada air selama 30 menit. Persemaian benih jual bibit sawi terdekat ini selama 20 - 23 hari. 

Penanaman bibit sebaiknya pada pagi atau sore hari dan gunakan bibit yang sehat dan segar. Bibit juga harus vigor. 

Bila kondisi cuaca panas dan tidak turun hujan, lakukan penyiraman 1 - 2 hari sekali dan tanah harus selalu basah. Penyulaman tanaman yang mati atau layu lakukan segera sampai hari ke-7 setelah tanam. 


Pemupukan dan Pengendalian Hama Penyakit Bibit Sawi 


jual benih, sawi, caisim, sawi hijau, benih tosakan, beih cap panah merah, manfaat sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih Caisim

Pemupukan dengan maksud memberikan unsur hara kepada tanaman selama pertumbuhannya. Hasil panen juga dapat optimal bila diberi pupuk susulan. 

Pemupukan susulan ini sesuai umur tanaman dan kebutuhan tanaman. Pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK. 

Pemupukan susulan sayuran caisim pertama yaitu umur 14 hari setelah tanam sebanyak dosis 5 gram/tanaman. Pemupukan kedua saat umur 30 hari setelah tanam dan dosisnya sama.  

Hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman sawi yaitu :

1. Ulat Daun Tanah ( Agrotis ipsilon )

Cara mengendalikan hama ulat daun Agrotis cukup sulit karena ulat tidak berkeliaran saat siang hari karena bersembunyi dalam tanah. Ulat keluar saat sore sampai malam.

Sebaiknya penyemprotan tidak siang hari dan gunakan insektisida bahan aktif Beta siflutrin dosis 1 - 2 ml/liter. 

2. Ulat grayak ( Spodoptera litura dan Spodoptera exigua )

Pengendaliannya dengan cara menyemprotkan insektisida bahan aktif Sipermetrin dosis 1 - 2 ml/liter. 

3. Penyakit Akar Gada

Penyebabnya adalah jamur Plasmodiophora brassicae dengan tanda-tanda tanman layu pad siang hari. Namun tanaman segar bila pagi dan sore hari. 

Pengendaliannya semprotkan fungisida berbahan aktif flusulfamid sebanyak 200 kg/ha. 

4. BERCAK BAKTERI ( Black Rot 

Tepi daun menguning dan berkembang sampai membnetuk huruf V. Tulang daun menguning sampai berubah warna hitam. Bagian yang terserang mengalami nekrosis dan berwarna coklat. 

Mudah menular lewat cipratan air atau bisa terbawa oleh benih. Pengendaliannya dengan cara mencabut tanaman terinfeksi lalu dibuang/dibakar. 

Juga lakukan pencegahan dengan rotasi tanaman selain tanaman inangnya dan penyemprotan bakterisida bahan aktif Streptomycine, Asam oksolinik, dan Dazomet.

2. BUSUK HITAM ( Soft Rot )  

Gejala awal adanya luka seperti tersiram air panas lalu berkembang dengan cepat dan menjadi warna coklat serta berbau  busuk. Penyebabnya adalah bakteri Pectobacterium spp ( Erwinia spp ). 

Bakteri dapat bertahan hidup lama dalam tanah atau sisa bagian tanaman. Bakteri menyebar karena hujan, serangga dan lewat saluran air. Tanaman terinfeksi harus segera dimusnahkan. 

Penyakit cepat berkembang saat curah hujan tinggi dan kondisi lembab. Hindari pelukaan saat penyimpanan dan pengiriman karena luka menjadi jalan masuknya bakteri. 

Jagalah kelembaban sekitar tanaman dan hindari air menggenang atau becek. Lakukan penyemprotan menggunakan bakterisida bahan aktif Streptomycin dan Oksitetrasiklin.


Sayur Caisim Jual Bibit Sawi Terdekat Tosakan Panah Merah


Jual bibit sawi terdekat perkenalkan benih Tosakan sayur caisim sawi dengan daun berbentuk lonjong. Panen sayur caisim umur 30 - 35 hari setelah tanam. 

Cara panen sayuran caisim ini yaitu potong pada pangkal batangnya dan sertakan 2 - 3 daun paling bawah. Buang daun sudah tua dan kering.  

Jual bibit sawi terdekat sayur caisim Tosakan cocok untuk tanaman pada dataran rendah sampai menengah. Warna daun sayur caisim hijau muda. 

Sayur caisim merupakan sayuran sehat karena mengandung pro vitamin A dan asam arkobat tinggi. Jual bibit sawi terdekat mudah tubuh sehingga banyak disukai. Caisim  mudah menanamnya sebagai usaha rumahan. 

Pemeliharaan budidaya sayur caisim mudah sehingga banyak ibu rumah tangga menanam caisim di pekarangan rumahnya. Umur 45 hari atau 1 bulan lebih, sayuran sudah bisa Anda petik. 

Cara memetiknya pun mudah, dengan cara mencabut beserta akarnya atau sayuran dipotong bagian pangkal batangnya.  

Jual bibit sawi terdekat menghasilkan produksi optimal luasan 1 hektar sebesar 1 - 2 ton. Pemetikan yang terlambat menyebabkan tanaman cepat berbunga.  

Jenis sawi ada juga yang berwarna putih dan sangat populer di Korea. Sawi putih diolah menjadi masakan khas Korea yaitu Kimchi. Masakan ini banyak sekali mengandung nutrisi karena terbuat dari sawi. 

Masakan berbahan sayur sawi banyak mengandung vitamin A, C, K dan asam folat. Selain itu sayuran sawi putih juga mengandung kalsium, magnesium, zat besi, mangan dan zinc. 


Sawi Caisim Daun Berwarna Hijau


jual benih, sawi, caisim, sawi hijau, benih tosakan, beih cap panah merah, manfaat sawi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sawi Hijau

Sawi caisim jenis sawi berwarna hijau karena jenis sawi lain ada yang berwarna putih. Sawi caisim daun berwarna hijau namun bagian tulang daun berwarna hijau keputihan. 

Sawi caisim juga biasa disebut sawi bakso karena biasa dipilih penjual bakso sebagai sayurannya. Ada juga jenis sawi hijau lainnya yaitu pakcoy atau disebutnya sawi sendok. 

Pakcoy bentuk daunnya mirip sendok. Bagian batangnya hijau keputihan dan lebar. Bila caisim warna sama namun bentuknya kecil memanjang. 

Jual bibit sawi terdekat caisim memiliki struktur daun yang halus, tidak berbulu dan tidak berbentuk bulat. Tangkai daun sawi caisim panjang dan lansing. Saat pemasakan, batang sayur caisim lebih cepat lunak. 

Sedang daun pakcoy lebih lama melunaknya saat dimasak. Kebanyakan orang memasak pakcoy, pangkal batangnya tidak disertakan. Namun sayur caisim dimasak beserta pangkalnya. 

Walau sekilas nampak sama, cita rasa caisim dan pakcoy berbeda. Sayur caisim tidak ada rasa pahitnya meski sebentar memasaknya. 

Sebaliknya rasa pakcoy sedikit terasa pahit dibandingkan caisim. Sehingga memasak sayur pakcoy membutuhkan waktu lebih lama agar rasa pahitnya hilang. 

Batang sayur caisim lebih panjang dan tegap sedangkan sayur pakcoy mirip sendok melengkung. Meski lebih panjang, batang caisim lebih kecil, tidak tebal dan tidak terlalu keras.

Batang sayuran pakcoy tebal dan lebar serta daunnya lebih lebar dari daun caisim. Masyarakat lebih dulu mengenal dan memanfaatkan sawi caisim dibandingkan mengenal pakcoy. 


Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan


1. Manfaat Sawi Hijau Sumber Vitamin A

Sebagai sumber vitamin A, mengkonsumsi sawi hijau termasuk caisim mampu mengurangi degenerasi makula mata. Sawi hijau meningkatkan kesehatan mata dan mencegah katarak serta glaukoma. 

Selin untuk kesehatan mata, vitamin A baik untuk kesehatan saluran pernapasan, saluran kemih dan kesehatan usus. 

2. Sawi Hijau Mencegah Kanker

Sawi hijau masuk dalam kategori cruciferous vegetables yaitu jenis sayur silangan berasal dari keluarga Brasiicaceae yang mempunyai banyak species dan kultivar. Keluarga sayuran ini ditanam untuk produksi pangan. 

Sawi hijau mengandung glukosinolat membantu mencegah kanker yaitu bekerja dalam melindungi sel dari kerusakan DNA. Selain itu juga bekerja menon-aktifkan karsinogen dan memiliki efek anti virus. 

3. Sawi Hijau Mengandung Asam Folat Tinggi

Asam folat sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena untuk kesehatan janin. Asam folat merupakan jenis vitamin B dan berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. 

Vitamin B juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi sel yang sehat. Asam folat dalam sawi hijau mampu mencegah bayi lahir cacat dan terjadinya keguguran janin. 

Kekurangan vitamin B menyebabkan anemia defisiensi folat akibatnya tubuh mudah lelah. 

4. Manfaat Sawi Hijau Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan folat sawi hijau bermanfaat menurunkan resiko penyakit jantung. Kebutuhan folat harian sebesar 20% mampu mencegah stroke dan penyakit jantung. 

Asam folat mampu menurunkan kadar asam amino dalam darah ( disebut homosistein ). Tingkat homosistein tinggi meningkatkan resiko penyakit jantung, pembekuan darah hingga pengerasan arteri. 

5. Manfaat Sawi Hijau Meredakan Peradangan Kronis

Diet konsumsi sayuran hijau mampu mengurangi penyakit akibat dari peradangan kronis. Dan berkontribusi menyebabkan penyakit seperti diabetes, arthritis hingga kanker. 

Peradangan kronis juga menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung dan berhenti detak jantung. 


Jual Bibit Sawi Terdekat Benih Tosakan Murah


Toko pertanian LMGA Agro jual bibit sawi terdekat benih Tosakan cap Panah Merah murah. Dapatkan dengan beli secara online terdekat dan lebih mudah cara belinya. 

Beli belanja online keperluan pertanian semakin mudah dengan adanya kiso pertanian online. Begitu juga dengan kebutuhan untuk menanam sawi caisim. 

Sawi caisim Tosakan terbaik dari Panah Merah produk PT East West Seed Indonesia. Caisim sawi hijau banyak mengandung gizi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. 

Caisim sayuran hijau kaya vitamin antara lain A, C, E dan K serta kaya kandungan karotenoid-antioksidan. Fungsinya sebagai pelindung sel dan mencegah tahap awal serangan kanker. 

Kerja antioksidan yaitu menetralkan radikal bebas dengan melepaskan beberapa elektronya sendiri. Dalam proses tersebut, antioksidan memutuskan reaksi berantai molekul dalam sel juga sel lain. 

Sawi hijau mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga sangat baik sayuran caisim sebagai menu makanan setiap hari.  

Saat sayuran caisim dipetik harus segera letakkan di tempat teduh. Karena daun sayuran hijau mudah layu bila kena sinar matahari langsung terlalu lama. 

Pemanenan yang terlambat juga menyebabkan tanaman sawi cepat berbunga dan konsumen kurang menyukai kualitas sayuran sawi hijau yang muncul bunganya. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Bibit Sawi Terdekat Murah Benih Tosakan Cap Panah Merah. Hubungi kontak kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Dapatkan benih Tosakan jual bibit sawi terdekat untuk budidaya tanaman dan menanam di pekarangan rumah Anda. Jual bibit sawi terdekat untuk usaha rumahan menanam bibit sayuran murah. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis seputar pertanian. 

Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan tentang sayur caisim. Jual bibit sawi terdekat dapatkan harga promo menarik dari Toko Pertanian LMGA Agro. Salam sukses....


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.