TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/01/22

Jual Benih Sawi Murah Deskripsi Varietas Pakcoy Nauli F1 Terbaik

jual benih, sawi sendok, pakcoy, pokcoy, Nauli F1, cap panah merah, sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Sawi Pakcoy
Nauli F1

Jual Benih Sawi Murah Deskripsi Varietas Pakcoy Nauli F1 Terbaik. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual online benih sawi murah. Benih Nauli F1 murah merupakan deskripsi varietas pakcoy terbaik Panah Merah.

Beli sekarang benih Nauli F1 deskripsi varietas pakcoy terbaik dari cap Panah Merah. Harga murah dan dapatkan promo menarik harga diskon dari produk lain di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Kami menerima konsultasi gratis seputar pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Tersedia lengkap di Toko Pertanian LMGA Agro kebutuhan bercocok tanam.

Produk pertanian kami meliputi benih hibrida dan unggul, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian sarana prasarani pertanian. Kami mengajak pula sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 terbaik dari cap Panah Merah. Sayuran sawi Nauli F1 jenis sawi pakcoy ini direkomendasi untuk budidaya pada dataran rendah hingga tinggi. 

Benih sawi pakcoy Nauli F1 umur panen 45 - 48 hari setelah tanam dengan potensi hasil menjanjikan yaitu 37 - 40 ton/ha. Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 tinggi tanaman 22 - 25 cm. 

Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 cap Panah Merah daun berwarna hijau segar. Tangkai daun tebal dan besar. Peluang usaha pakcoy menguntungkan dengan potensi hasil hingga 40 ton/ha. 

Sawi pakcoy Nauli F1 Panah Merah batang besar dan warna daun hijau tua dan mengkilap. Penampilan sayuran pocoy atau pak coy ini mirip dengan sawi. 

Perbedaan antara sawi dan pokcoy pada bagian tangkai daunnya. Tangkai daun pokcoy lebih tebal, besar dan berwarna putih. 

Tangkai daun sayur pakcoy mirip sendok. Sehingga pakcoy sering disebut sawi sendok.   


Pakcoy Nauli F1 Benih Terbaik Cap Panah Merah


Deskripsi varietas pakcoy yang bagus Nauli F1 merk terbaik dan berkualitas Cap Panah Merah. Pakcoy rekomendasi untuk budidaya pada dataran rendah hingga tinggi. 

Budidaya sayur pakcoy umur panen 45 - 48 hari setelah tanam. Peluang budidaya pakcoy Nauli f1 menjanjikan dan menguntungkan karena potensi hasilnya tinggi yaitu 37 - 40 ton/ha. 

Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 tinggi tanaman 22 - 25 cm, ukuran batang besar dan warna daun hijau tua mengkilat. Rasa sayuran pakcoy manis dan menyehatkan tubuh. 

Budidaya pakcoy Nauli hibrida dapat Anda tanam pada lahan bedengan, dalam pot atau polybag plastik. Diameter pot/polybag yaitu 30 - 40 cm. 

Jarak tanam sayuran pakcoy yaitu 30 - 40 cm atau Anda bisa menanamnya menggunakan sistem hidroponik. Deskripsi varietas pakcoy benih hibrida Nauli produk PT East West Seed Indonesia ( EWINDO ). 

Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 bentuk tanaman tegak dengan bentuk penampang bulat. Diameter batang 8,0 - 9,7 cm. Bentuk sayur pakcoy bulat telur dan berwarna hijau. 

Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 panjang daun 17 - 20 cm, lebar daun 13 - 16 cm dan bentuk ujung daun bulat. Panjang untuk tangkai daunnya 8 - 9 cm dan lebar tangkai daun adalah 5 - 7 cm. 

Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 warna tangkai daunnya hijau dan kerapatan antara tangkai daunnya rapat. Berat per tanaman yaitu antara 400 - 500 gram dan rasa manis tidak pahit. 

Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 memiliki daya simpan sayuran selama 2 - 3 hari setelah panen pada suhu kamar ( 29 - 31 C siang hari dan 25 - 27 C malam hari ). 

Populasi tanaman untuk luasan satu hektar mencapai 93.000 tanaman dan kebutuhan benih per hektar yaitu 350 - 450 gram. Adaptasi tanaman pakcoy Nauli F1 yaitu pada ketinggian tempat 900 - 1200 m dpl. 


Baca Juga : Semangka Valentino Buah Lonjong Petani Untung Besar


Cara Menanam Pakcoy Nauli F1 


jual benih, sawi sendok, pakcoy, pokcoy, Nauli F1, cap panah merah, sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Kecil-Kecilan Menanam Sayur 

Sayur pakcoy mudah dibudidayakan dan mulai dari persiapan lahannya. Yaitu tanah diolah dengan tujuan agar aerasi dan drainase tanah berjalan baik. 

Pengolahan tanah juga bermaksud untuk membunuh organisme pengganggu tanaman. Cangkul atau bajak tanah tempat menanam sayur pakcoy. Selanjutnya pemupukan dasar.  

Pada permukaan bedengan, sebarkan pupuk kandang sebanyak 2 - 4 kg/m2, pupuk SP-36 sebanyak 15 gram/tanaman dan KCl 15 gram/tanaman. Sebarkan ke permukaan tanah dan balik-balik tanah.

Buat bedengan untuk menanam sayur pakcoy dengan ukuran lebar 1 meter dan tinggi 30 cm. Lebar untuk drainase dari jarak antar bedengan yaitu 40 cm. Rapikan bedengan.

Setelah rapi, saat siang hari sangat panas, pasang mulsa plastik hitam perak menutup permukaan bedengan. Biarkan selama 1 minggu. 

Setelah itu, buat luang tanam dengan menggunakan alat pelubang mulsa. Alat dapat Anda beli di Toko Pertanian LMGA Agro. Buat lubang dengan jarak tanam 60 x 50 cm. 

Sebelum penanaman di lahan, sebaiknya benih disemaikan dulu. Media semai menggunakan tanah dan pupuk organik, lalu ayak hingga halus. Perbandingan tanah : pupuk = 1 : 1.

Masukkan media dalam polybag atau bisa Anda gunakan tray semai untuk membuat bibit sayur pakcoy. Usahakan media semai dalam kondisi basah. Rendam juga benih pakcoy Nauli F1 dalam air. 

Perendaman benih selama 30 menit dan siap untuk disemaikan. Persemaian benih deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 selama 20 - 23 hari. 

Penanaman bibit sebaiknya pada pagi atau sore hari dan selama 1 hari selesai. Saat tanam benih deskripsi varietas pakcoy Nauli ini, pilih bibit yang sehat dan vigor terlebih dahulu. 

Bila budidaya dilakukan saat musim panas dan tanpa ada hujan selama 1 minggu maka lakukan penyiraman 2 hari sekali. 

Bila ada bibit mati segera lakukan penyulaman dan sampai umur 7 hari setelah tanam. 


Baca Juga : Pertanian Indonesia di Masa Depan dan Tantangannya


Pemeliharaan Sawi Pakcoy 


jual benih, sawi sendok, pakcoy, pokcoy, Nauli F1, cap panah merah, sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Mulsa Plastik Hitam Perak
Budidaya Pakcoy

Agar hasil panen menanam sawi pakcoy optimal maka berikan pupuk susulan sesuai umur deskripsi varietas pakcoy dan kebutuhan tanaman. Jenis pupuk deskripsi varietas pakcoy adalah pupuk NPK. 

Pemupukan sawi pakcoy diberikan umur 14 hari setelah tanam sebanyak 5 gram per tanaman pupuk NPK. Dan berikutnya saat umur 30 hari setelah tanam dengan dosis dan takaran yang sama. 

Pemberian pupuk dapat berupa sistem kocor atau sistem tugal tergantung kondisi cuaca saat penanaman.  

Pengendalian hama dan penyakit sawi pakcoy, antara lain : 

1. Ulat Daun Tanah ( Agrotis ipsilon )

Pengendalian ulat daun tanah ini cukup sulit dilakukan siang hari karena biasanya hama bersembunyi dalam tanah. Lakukan penyemprotan sore hari menggunakan insektisida berbahan aktif betasiflutrin. 

2. Ulat Grayak ( Spodoptera litura dan Spodoptera exigua ). 

Basmi hama ulat grayak menggunakan insektsida berbahan aktif Sipemetrin dosis takarannya 1 - 2 ml per liter air. 

3. Penyakit Akar Gada

Penyebabnya adalah jamur Plasmodiophora brassicae dimana tanaman saat siang hari tampak layu. Kemudian tanaman kembali tampak segar pagi dan sore hari. 

Bila dibiarkan beberapa hari tanaman akan mati. Pengendaliannya menggunakan fungisida berbahan aktif flusulfamid 200 kg per hektar. 

4. Bercak Bakteri ( Black rot )

Gejala pada tanaman yaitu tepi daun layu dan menguning ( klorosis). Kemudian akan berkembang hingga ada bercak membentuk huruf " V ". 

Tulang daun pada bagian yang mengalami klorosis berangsur-angsur berubah warna menjadi hitam. Semakin parah, bagian terserang mengalami nekrosis dan berwarna coklat. 

Bakteri penyebab bercak ini mudah menyebar oleh cipratan air. Penyakit juga dapat terbawa oleh benih. Pengendalian penyakit yaitu mencabut dan membuang tanaman yang terinfeksi. 

Musnahkan bagian tanaman yang terserang, lakukan rotasi tanaman dengan tanaman selain inangnya. Penyemprotan menggunakan bakterisida bahan aktif dazomet, asam oksolinik dan streptomycin.


Tanaman Pakcoy Nauli F1 Rasa Manis


Budidaya deskripsi varietas pakcoy mulai panen umur 45 - 48 hari setelah tanam. Cara memetik deskripsi varietas pakcoy yaitu potong sayuran pada pangkal batangnya. 

Saat memotong, sertakan juga 2 - 3 daun paling bawah. Daun tua dan kering harus dibuang. Deskripsi varietas pakcoy merupakan jenis sayuran yang sangat cocok ditanam pada dataran rendah. 

Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 dapat Anda budidayakan hingga dataran tinggi. Deskripsi varietas pakcoy Nauli F1 mempunyai batang bear dan berwarna hijau tua yang mengkilap. 

Rasa sayuran pakcoy Nauli F1 tidak pahit. Nama latin pakcoy adalah Brassica rapa L. dan masuk dalam keluarga Brassicaceae. Tanaman pakcoy secara penampakan morfologis mirip dengan sawi. 

Perbedaan antara sawi dan pakcoy adalah pada bagian tangkai daunnya. Pakcoy memiliki tangkai daun berwarna putih, lebih besar dan tebal dibandingkan dengan tanaman sawi. 

Tangkai daun deskripsi varietas pakcoy menyerupai bentuk sendok. Daunnya berbentuk agak oval dan berwarna hijau tua. Warnanya mengkilap dan tidak membentuk kepala. 

Tanaman pakcoy memiliki tinggi rata-rata berkisar antara 15 - 30 cm. Budidaya tanaman pakcoy cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 45 hari sudah panen. 

Deskripsi varietas pakcoy kurang begitu peka terhadap perbedaan suhu sehingga mudah saja tumbuh mulai dataran rendah hingga dataran tinggi. 

Waktu penanaman tanaman pakcoy ini dapat Anda lakukan sepanjang tahun baik musim hujan maupun musim kemarau. Deskripsi varietas pakcoy ini memiliki adaptasi lingkungan yang luas. 

Sehingga keunggulannya tersebut berpotensi menghasilkan produksi tinggi. Cara merawat tanaman pakcoy juga tidak terlalu sulit dibandingkan tanaman sayur lainnya. 

Sehingga banyak petani menyukai untuk membudidayakan tanaman sayuran pakcoy ini. 


Baca Juga : Online Shop Pertanian Penuhi Kebutuhan Budidaya Pertanian


Deskripsi Varietas Pakcoy Nauli F1 Terbaik Cap Panah Merah


jual benih, sawi sendok, pakcoy, pokcoy, Nauli F1, cap panah merah, sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih Pakcoy

Jarak tanam untuk pakcoy adalah 25 x 25 cm disesuaikan dari lebar tanaman saat dewasa. Untuk tanaman hanya 1 benih setiap lubang tanamnya. Pembibitan berguna saat penyulaman tanaman nanti. 

Penyulaman tanaman pakcoy yaitu mengganti tanaman yang layu dan mati dan menyemai benih untuk mengantisipasi kondisi bibit tersebut. 

Cara menanam bibit susulan sama seperti cara pertama agar pertumbuhan bisa seragam. Tanaman pakcoy dapat dimakan segar atau langsung dan sayuran dilayukan dulu menggunakan air panas. 

Sayur pakcoy biasanya dibuat asinan. Karena sama-sama berwarna hijau, pakcoy sering disebut sawi hijau. Meski bila lebih teliti bahwa daun pakcoy lebih kaku dari tanaman sawi. 

Ukuran deskripsi varietas pakcoy sendiri juga cenderung lebih kecil dan meroset. Tanaman pakcoy bila Anda tanam pada suhu iklim sejuk akan cepat berbunga dan ini kurang disukai oleh konsumen. 

Karena biasanya panen tanaman pakcoy adalah bagian tanaman secara keseluruhan kecuali akarnya. Dan pemuliaan pakcoy ditujuakan untuk mengurangi kepekaan terhadap suhu. 

Pakcoy biasanya diolah menjadi sayuran sup atau bisa juga sebagai hiasan makanan. Awalnya sayur pakcoy ini sangat populer di negara Tiongkok dan kemudian menyebar ke berbagai negara. 

Di Indonesia  sendiri, sayuran pakcoy sangat populer sebagai bahan membuat masakan lezat. Sekarang pun, pakcoy tidak hanya didominasi oleh orang Tiongkok namun juga di Indonesia dan negara lain. 

Karena selain lezat, manfaatnya juga banyak. Pakcoy rebus sering dipakai sebagai menu diet karena kaya serat yang cepat membuat kenyang dan tidak cepat lapar. 

Pakcoy merupakan herba semusim yang mudah tumbuh. Memiliki perkecambahan epigeal dan saat muda tumbuh lemah. Namun setelah daun ketiga dan seterusnya akan membentuk setengah roset. 

Batangnya pun cukup tebal meski tidak berkayu namun begitu dimasak cepat lunak. Daun berbentuk elips dengan bagian ujungnya tumpul. Daun tidak berbulu dan berwarna hijau segar. 


Baca Juga : Dropship Peluang Usaha Menguntungkan Untuk Pertanian


Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan


1. Manfaat Pakcoy Dapat Mencegah Kanker

Sayuran ini mengandung antioksidan flavonoid dan isothiocynate yang dikenal mampu mencegah penyakit kanker. Mampu melindungi sel tubuh dari terpaan radikal bebas dan zat karsinogen. 

Beberapa jenis penyakit kanker prostat, paru-paru hingga payudara dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi pakcoy.  

2. Manfaat Pakcoy Mampu Menurunkan Darah Tinggi

Banyak orang memiliki gangguan hipertensi atau darah tinggi. Penyakit ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat terutama sayur-sayuran. Terutama sayur yang mengandung gizi tinggi. 

Pakcoy kaya kandungan kalsium dan kalium juga mengandung vitamin B6 dan asam folat mampu mengurangi senyawa berbahaya penyebab kerusakan pembuluh darah. 

3. Mampu Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Pakcoy sayuran rendah kalori dan kolesterol mampu mencegah resiko yang berbahaya akibat penyakit jantung. Kandungan gizi pakcoy dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. 

Mengkonsumsi pakcoy mampu mencegah produksi homosistein. Karena bila homosistein dalam jumlah banyak menyebabkan pembuluh darah rusak dan resiko serangan jantung akan meningkat.  

4. Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan Mata

Mengkonsumsi pakcoy bermanfaat mencegah terjadinya masalah kesehatan mata seperti mata kering, degenerasi makula hingga katarak. Pakcoy mengandung vitamin A dan betakaroten naik untuk mata. 

5. Pakcoy Sebagai Penguat Tulang

Pakcoy mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium bersama vitamin mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sayuran pakcoy merupakan sumber kalsium nabati baik bagi yang alergi susu. 

6. Manfaat Pakcoy Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pakcoy mengandung serat tinggi dimana serat ini sangat baik menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan nutrisnya lengkap sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh. 

7. Baik Juga Untuk Kesehatan Kulit

Pakcoy mengandung vitamin C yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit sehingga kulit tampak segar dan sehat alami. Vitamin C berperan mencegah penuaan dini dan kerutan halus pada wajah. 


Sayur Pakcoy Umur Panen Pendek


Umur panen pakcoy adalah 40 - 50 hari setelah tanam. Namun biasanya untuk tanam secara hidroponik, bila perawatan benar maka panen mulai 4 minggu atau 30 hari. 

Ciri-ciri deskripsi varietas pakcoy panen yaitu daun tumbuh subur dan sehat serta berwarna hijau segar. Pangkal daun tampak sehat dan ketinggian merata dan seragam. 

Cara panen pakcoy dengan cara memetik menggunakan gunting pada bagian pangkal daunnya. Anda juga bisa mencabut langsung tanaman beserta akarnya. 

Lakukan pemanenan dengan hati-hati dan jaga agar pangkal dan daun pakcoy tidak rusak atau sobek. Kerusakan saat panen dapat menurunkan nilai ekonomis sayuran dan membuat cepat busuk pakcoy. 

Selama proses pemetikan, lindungi sayur pakcoy dari paparan sinar matahari langsung. Hal ini untuk mencegah sayuran cepat layu.

Setelah pemetikan, sayuran pakcoy langsung dicuci dibersihkan dari sisa-sisa tanah yang menempel. Lakukan juga sortasi dan pisahkan sayuran berdasarkan penampilannya. 

Pisahkan sayuran yang rusak dari yang bagus. Masukkan pada wadah yang aman dan tidak merusak sayuran. Biasanya panen pakcoy, pembeli atau pedagang sayur sudah datang langsung ke kebun.

Tengkulak atau pedagang besar langsung membeli di kebun dan petani dapat segera merasakan keuntungannya. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Sawi Murah Deskripsi Varietas Pakcoy Nauli F1 Terbaik. Hubungi kontak kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Toko pertanian LMGA Agro jual benih pakcoy Nauli F1 cap Panah Merah harga murah. Dapatkan promo menarik dan harga diskon produk di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami juga siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Beli produk pertanian terbaik harga murah di Toko Pertanian LMGA Agro. Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan tentang deskripsi varietas Pakcoy terbaik Cap Panah Merah. Salam sukses....


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.