TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

22/03/22

Jual Produk Benih Terbaik Bibit Jagung Manis yang Bagus Termurah

jual benih jagung, jagung manis, jagung hibrida, bibit jagung manis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Jagung Manis
Chia Tai seed

Jual Produk Benih Terbaik Bibit Jagung Manis yang Bagus Termurah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual produk benih terbaik bibit jagung manis yang bagus. 

Bibit jagung manis yang bagus termurah berkualitas tahan penyakit dan hasil panen tinggi. Produk benih terbaik hibrida dan unggul lengkap tanaman sayur dan buah. 

Beli produk pertanian lainnya pupuk, pestisida, ZPT dan sarana prasarana alat pertanian harga murah. Dapatkan promo menarik harga diskon terdekat di kios pertanian LMGA Agro

Kami siap kirm pesanan Anda melayani hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra kami jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. 

Beli produk benih bibit jagung manis yang bagus harga murah di kios pertanian LMGA Agro. 

Beli benih bibit jagung manis yang bagus secara online aman, nyaman, terjangkau dan terpercaya melalui Toko Pertanian LMGA Agro. 

Produk pertanian lengkap dan Kami siap menerima konsultasi gratis tentang permasalahan menanam bibit jagung manis. 

Bibit jagung manis yang bagus memegang peranan penting dalam keberhasilan budidaya tanaman jagung. 

Bibit jagung manis yang bagus salah satu upaya meminimalisir serangan hama penyakit penyebab hasil panen rendah. Benih berkualitas ditambah perawatan maksimal hasil panen menguntungkan. 

Penggunaan benih bibit jagung manis yang bagus akan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Hasil panen sesuai harapan. 

Bibit jagung manis yang bagus terbaik bersertifikat resmi dan memiliki vigor tinggi. Benih berkualitas bebas dan terlindungi dari serangan penyakit. 

Benih jagung manis terbaik memiliki daya taumbuh dan produktivitas tinggi. 


Bibit Jagung Manis Benih Berkualitas 

Beli benih berkualitas bibit jagung manis yang bagus di Toko pertanian LMGA Agro. Kami melayani online benih jagung manis terbaik harga murah. 

jual benih jagung, jagung manis, jagung hibrida, bibit jagung manis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Bonanza F1

 1. Jagung Bonanza F1

Produsen PT East West Seed ( Cap Panah Merah ). Jenis jagung hibrida dengan keunggulan tanaman tumbuh seragam dan tinggi sedang. 

Tongkolnya seragam, warna bulir kuning tua, rasa manis dan lembut. Bobot tongkol 270 - 300 gram. Jagung manis dikonsumsi segar dan umur panen 63 hari setelah semai. 

Bibit jagung manis yang bagus Bonanza F1 hasil segar sebanyak 13 - 15 ton/hektar. Daya kecambah 85% untuk ditanam pada dataran rendah - menengah. 

Bibit jagung manis yang bagus untuk penanaman pada bedengan, pot atau polybag berukuran 30 - 40 cm. Jarak tanam jagung manis Bonanza F1 30 - 40 cm.  

2. Bibit Jagung Manis Benih Secada F1

Bentuk tongkol silindris dan terisi penuh, warna bulirnya kuning, rasa manis dan sangat enak. Pertumbuhan sangat vigor dan tinggi tanaman lebih dari 200 cm. 

Warna daun hijau gelap dan warna klobot hijau muda serta tipis. Ukuran tongkol jagung manis Secada F1 lebih besar dan bobot tongkol mencapai 500 gram per buah. 

Bulir berwarna kuning muda dan terisi penuh. Jagung manis Secada F1 tahan penyimpanan selama 4 - 5 hari. Rasa manis dengan tingkat kemanisan lebih dari 12% Brix. 

Jagung manis Secada F1 saat muda ( Baby corn ) berwarna bulat putih dan alur tidak pecah. Penanaman pada ketinggian 600 - 1000 m dpl rentan angin kencang. 

Karena bobot tongkol bisa lebih dari 500 gram per tongkol maka sebaiknya penanaman lebih rapat yaitu 65 x 25 cm. Tanaman cenderung tumbuh tinggi rentan roboh karena angin kencang. 

Baca Juga : Jagung Manis Secada Bebaskan Paetani dari Serangan Bulai

3. Bibit Jagung Manis Prima Chia Tai Seed Produk PT BISI International

Jagung manis Prima jenis jagung manis hibrida memiliki keunggulan : tanaman seragam dan tinggi sedang. Tongkol tumbuh seragam dengan warna bulir kuning tua. 

Bulir rasa manis dan lembut. Bibit jagung manis yang bagus benih Prima F1 juga dapat ditanam secara hidroponik, aquaponik, organik, tradisional dan konvensional. 

Bibit jagung manis yang bagus benih Prima rekomendasi untuk ditanam pada dataran rendah hingga dataran menengah. Umur panen 70 - 85 HST. 

Bobot per tongkolnya 300 - 400 gram dengan potensi hasil mencapai 14 - 18 ton/hektar. Benih bibit jagung manis yang bagus Prima F1 memiliki daya tumbuh 85%.  

4. Bibit Jagung Manis Talenta Benih Pertiwi

Benih jagung manis Talenta tahan serangan penyakit bulai. Penyakit ini sekarang banyak menyerang tanaman jagung manis. 

Daunnya tahan penyakit jamur karat dan hawar daun. Penyakit ini seringkali menyerang tanaman jagung manis pada dataran menengah dan memiliki kelembaban cukup tinggi. 

Tinggi tanaman pendek yaitu 160 cm. Letak tongkolnya seragam dan pendek sehingga memudahkan dipetik saat panen. Tanaman tahan roboh atau rebah bila angin kencang. 

Jagung manis benih Talenta produk Pertiwi panjang tongkol 22 cm dan diameter 6 cm. Bobot jagung mencapai 400 gram dan saat panen warna bulir kuning  dengan tingkat kemanisan 15% Brix. 

Bulir jagung manis Talenta sangat enak rasanya dan tidak menempel pada gigi. Potensi hasil panen tinggi yaitu 18 ton/ha dan mulai petik umur 70 HST. 

5. Bibit Jagung Manis Paragon Benih Pertiwi

Tanaman tinggi mencapai 180 - 215 cm. Bulir jagung berwarna kuning dengan jumlah baris bulir sebanyak 14 -1 6. Rasa manis dengan tingkat kemanisan 12% Brix. 

Tongkol silindris dengan ujung tumpul. Panjang tongkol 17 - 21 cm dan berdiameter 5 cm. Berat tongkol jagung manis Paragon rata-rata 430 gram. 

Potensi hasil panen tinggi yaitu sekitar 25 ton/ha. Umur panen yaitu mulai 70 - 75 HST. Hasil jagung manis tahan penyimpanan 4 hari setelah panen. 


Jagung Manis Banyak Disukai Masyarakat


jual benih jagung, jagung manis, jagung hibrida, bibit jagung manis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Secada F1

Salah satu jenis jagung yang banyak dikonsumsi di Indonesia adalah jagung manis. Jenis jagung ini memiliki warna kuning pucat dan rasa paling manis dibandingkan jenis jagung lainnya. 

Memakan jagung manis mentah pun rasanya manis dan empuk. Jagung manis memiliki kandungan gula dalam jumlah yang tinggi. 

Meski banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia karena rasanya manis namun pengolahan jagung manis masih sangat terbatas. 

Umumnya jagung manis dikonsumsi segar atau dengan cara bentuk kaleng. Keberadaan jagung manis mudah ditemui seperti di pasar tradisional, swalayan atau pasar modern. 

Saat panen, pemasaran jagung manis harus pada hari yang sama dengan panen. Para tengkulak juga mendistribusikan jagung manis segera dan tidak lama-lama di jalan. 

Proses distribusi ini harus berlangsung cepat karena agar tingkat kemanisan jagung manis masih bagus. Distribusi terlalu lama menyebabkan kadar gula dalam jagung manis akan berkurang banyak. 

Tingkat kemanisan jagung manis akan berkurang dalam hitungan hari setelah dipanen. Tiga hari merupakan waktu paling lama untuk memasarkan jagung manis. 

Meski sudah tidak segar dan kurang manis namun jagung tetap aman dikonsumsi. Tidak semua jenis jagung manis memiliki tingkat kemanisan sama. 

Hal ini tergantung dari penggunaan benih tanam bibit jagung manis yang bagus ini kurang tepat atau sesuai. 

Tanaman jagung manis umumnya hasil persilangan dan semakin turunan semakin banyak maka rasa manisnya akan berkurang atau tidak manis sama sekali.   


Baca Juga : Budidaya Jagung Manis Hasilkan Panen Berkualitas Menguntungkan 


Syarat Benih Bibit Jagung Manis yang Bagus


jual benih jagung, jagung manis, jagung hibrida, bibit jagung manis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Prima 
Jagung Manis

Memilih bibit jagung manis yang bagus berasal dari toko pertanian terpercaya. Benih memiliki sertifikat resmi dan vigor tanaman tinggi. 

Benih bersertifikat telah melewati seed treatment dengan aplikasi fungisida pada benih dan quality control yang ketat. Benih bersertifikat terlindungi dari serangan penyakit. 

Sumber benih jagung berasal dari plasma nutfah jagung unggul dan memiliki daya tumbuh dan produktivitas tinggi. Benih dalam kemasan terjamin kebersihannya. 

Bibit jagung manis yang bagus tidak tercampur oleh benih hampa. Bibit jagung manis yang bagus tidak tercampur kotoran seperti tanah, sisa kulit, gulma atau biji tanaman lain. 

Sehingga benih akan memiliki daya tumbuh yang baik dan terhindar dari hama penyakit. Ciri bibit jagung manis yang bagus permukaan benih bersih dan mengkilap. Tidak kotor atau keriput dan kering. 

Bila benih keriput berarti pemanenan saat jagung belum cukup umur dan persiapan pembenihan kurang maksimal. Lembaga benih utuh dan besar menandakan bahwa benih memiliki cadangan makanan yang cukup. 

Benih tidak kopong. Benih harus berisi padat dan lambaga masih utuh dan besar. Benih bibit jagung manis yang bagus berbentuk, ukuran dan warna yang seragam dan sama. 

Benih berkualitas akan memiliki deskripsi varietas yang jelas terkait potensi produktivitas dan ketahanan terhadap hama penyakit. Bibit jagung manis yang bagus tumbuh kuat dan seragam. 

Bila penanaman bersamaan maka pertumbuhan seluruh bibit akan serempak. Bibit jagung manis yang bagus akan tahan saat pindah tanam, tahan perubahan iklim dan toleran kondisi tanah. 

Bibit jagung manis yang bagus kuat terhadap serangan hama penyakit. Dan bibit seperti demikian dapat menghemat biaya perawatan. Untuk hasil panen lebih baik, bibit jagung manis sesuaikan kondisi endemisnya. 


Baca Juga : Jagung Manis Secada Handal di dataran Menengah dari Panah Merah


Jarak Tanam Jagung Mempengaruhi Hasil 


Tanaman jagung manis ( Zea mays saccarata sturt L. ) memiliki produktivitas yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan varietas tanaman. 

Jarak tanam jagung berhubungan erat dengan jumlah populasi tanaman. Jika jarak tanam antar barisan tetap namun jarak dalam baris semakin sempit maka jumlah populasi bertambah. 

Begitu pula sebaliknya jarak tanam dalam barisan lebar maka populasinya rendah. Jarak tanam jagung berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil tanaman. 

Berpengaruh terhadap luas daun, berat kering tanaman, sistem perakaran hingga banyak sinar dan unsur hara yang diterima tanaman. 

Jarak tanam jagung tepat akan menaikkan hasil begitu pula sebaliknya bila jarak tanam jagung tidak tepat akan menurunkan hasil. 

Cara menanam jagung manis dengan pengolahan tanah yang maksimal yaitu 2 kali pengolahan dan jarak tanam jagung 60 x 20 cm populasi sebanyak 67.000 tanaman/ha. 

Jarak tanam jagung terlalu sempit mengakibatkan terjadi persaingan dan merugikan hasil tanaman. Bila jarak tanam jagung lebar, persaingan tanaman juga rendah sehingga menaikkan hasil panen. 

Jarak tanam sempit mengakibatkan jumlah populasi banyak sehingga tanaman berkompetisi satu sama lain memperebutkan cahaya, air dan unsur hara. 

Jarak tanam jagung lebar menunjang pertumbuhan tinggi tanaman dengan baik. unsur hara dan cahaya terpenuhi dengan baik. 

Semakin bertambah intensitas cahaya maka bertambah juga pertumbuhan tanaman. Jarak tanam jagung terlalu rapat dapat menghambat peningkatan hasil tanaman. 

Jarak rapat menyebabkan intensitas cahaya ke tanaman tidak merata. Proses fotosintesis tidak maksimal sedangkan hasil fotosintesis merupakan energi untuk pertumbuhan dan hasil tanaman. 


Baca Juga : Cabe Kecil Manu Andalan Petani 


Cara Menanam Jagung Manis


Pengolahan Tanah

jual benih jagung, jagung manis, jagung hibrida, bibit jagung manis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH-meter

Cangkul tanah tidak terlalu dalam yaitu kedalaman tidak lebih dari 30 cm. Hancurkan tanah yang masih berbentuk gumpalan. Bersihkan rumput dan gulma. 

Diamkan selama sekitar 5 - 7 hari. Cek pH tanah menggunakan alat pH meter. Bila pH <5 maka tambahkan kapur Dolomit sampai pH netral. 

Berikan pupuk kandang untuk meningkatkan kesuburan tanah. Bila lahan Anda lahan bekas sawah maka tanam langsung benih. Pastikan drainase dalam kondisi baik dan tidak ada genangan air.

Bedengan lebar 1 meter dan tinggi 20 - 30 cm. Buat jarak tanam 50 - 70 cm dan lubang sedalam 5 cm. Untuk luasan 1 hektar mendaptkan 34.000 - 36.000 populasi tanaman. 

Dosis pemupukan anjuran yaitu Urea 200 kg/ha ( 190,4 gram per plot ), TSP 150 kg/ha ( 142,8/plot ) dan KCl 50 kg/ha ( 47,6 gram/plot ). 

Pemupukan dasar : berikan pupuk saat tanam dengan dosis 1/3 gram/plot bagian Urea dan TSP dan KCl seluruhnya. 

Cara aplikasi tebar pupuk pada permukaan bedengan dengan cara alur sedalam 10 cm. 

Pemupukan susulan umur 30 HST dosis 2/3 gram Urea per plot. Cara aplikasi taburkan pupuk secara alur samping tanaman berjarak 15 cm dari baris tanaman. 

Penanaman yaitu tanam 1 - 2 benih jagung per lubang tanam. Jarak tanam jagung menggunakan 20 x 60 cm atau 20 x 80 cm. Menggunakan alat tugal sedalam 3 cm. 

Penyulaman Anda lakukan dengan mengamati langsung kondisi tanaman selama sekitar 1 minggu setelah tanam. Bila ada benih yang tidak tumbuh dengan baik maka cabut segera dan ganti bibit baru. 

Penyiangan dapat Anda lakukan setelah tanaman berumur 2 minggu setelah tanam. Bersihkan gulma yang tumbuh sekitar tanaman menggunakan tangan. Sebaiknya tidak membasminya dengan herbisida. 

Pembumbunan 

Selain membersihkan gulma, Anda juga bisa lakukan pembumbunan. Yaitu gundukan tanah Anda tambahkan ke pangkal batang tanaman atau dekat akar. 

Tujuan pembumbunan agar batang dan akar pohon jagung lebih kokoh dan tidak mudah roboh. Biasanya pembumbunan mulai saat umur pohon jagung satu bulan. 

Penyiraman bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah dan mencegah tanaman kekeringan. Tidak setiap hari menyiram tanaman jagung, cukup sekali untuk bebeberapa hari. 

Bila penanaman di musim kemarau, maka penyiraman hal yang sangat vital dan harus. Agar tanaman jagung tidak kekurangan air dandapat tumbuh maksimal. 

Pengendalian hama dan penyakit mulai dari sebelum tanam yaitu antara lain perlakuan rotasi/pergiliran tanaman dan menjaga kebersihan merupakan upaya pencegahan. 

Bersihkan selalu gulma, menjaga kelembaban lahan dan pemupukan seimbang dapat menekan serangan hama dan penyakit. Karena hama vektor pembawa penyakit juga suka bersembunyi pada rumput liar. 

Beberapa hama dan penyakit tanaman jagung antara lain : 

- Hama Ulat penyerang tongkol jagung dapat Anda cegah dengan pengolahan tanah yang baik dan benar. Usaha ini dapat menekan populasi ulat untuk masa tanam berikutnya. 

- Kutu Daun menyerang daun dan mengeluarkan semacam embun pada daun sehingga daun berubah warna menjadi hitam. 

- Hama Penggerek Batang dalam bentuk larva menyerang dan memakan batang jagung. Usaha untuk pergiliran tanaman dapat meminimalisir serangan hama.

- Belalang dan tikus sering muncul pada lahan tanaman jagung di area persawahan atau padang rumput. Tikus dapat dibertanas dengan pemburuan pada sarangnya agar tidak berkembang biak lebih banyak. 

Penyakit Tanaman Jagung 

- Penyakit Bulai menyerang daun jagung dan tandanya yaitu muncul garis-garis dan daun berubah warna menjadi kuning. Semakain parah, daun jagung menjadi berwarna coklat. 

- Penyakit karat bergejala adanya bisul berwarna jingga atau kecoklatan pada permukaan daun. Berkembang cepat pada suhu dingin dan kelembaban tinggi. 

Penggunaan bibit jagung manis yang bagus dan berkualitas menjadi salah satu upaya mencegah dan meminimalisir serangan penyakit. Bibit jagung manis yang bagus produksi perusahaan benih terpercaya. 

Bibit jagung manis yang bagus telah mendapat perlakuan sedemikian rupa sehingga benih bebas penyakit dan mampu menekan serangan penyakit semakin parah. 

Cara pencegahan lainnya yaitu menerapkan pergiliran tanaman, rutin membersihkan lahan, membuang daun-daun yang rontok dan memperbaiki drainase agar tidak longsor. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Produk Benih Terbaik Bibit Jagung Manis yang Bagus Termurah. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. 

Beli produk pertanian kebutuhan bercocok tanam harga murah. Produk lengkap berkualitas mulai benih, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian saran prasarana budidaya tanaman. 

Dapatkan promo menarik produk pertanian baik grosis atu eceran. Harga murah jual produk pertanian lengkap. Salam sukses...


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.