TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/03/22

Harga Bibit Jagung Manis Panah Merah Murah Terbaik Produk Pilihan

jual benih jagung, jagung mans, jagung hibrida,benih Panah Merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Jagung Manis
Bonanza F1

Harga Bibit Jagung Manis Panah Merah Murah Terbaik Produk Pilihan. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih harga bibit jagung manis Panah Merah. 

Harga bibit jagung manis Panah Merah murah promo menarik di kios pertanian LMGA Agro. Harga termurah terdekat menyediakan benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan Konsultasi gratis pertanian. Dapatkan produk pertanian lengkap harga diskon termurah di Toko pertanian LMGA Agro. 

Kami mengajak pula sebagai dropship dan reseller Pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh alamat di wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Harga bibit jagung manis Panah Merah terbaik benih hibrida yang bebas penyakit. Benih Bonanza F1 Panah Merah jagung manis dengan pertumbuhan sangat vigor. 

Tinggi tanaman 200 cm dan tongkol berukuran besar. Bulir sangat manis 12% Brix dengan ketahanan simpan sampai 5 - 6 hari. Benih hibrida jagung manis tahan penyakit kresek. 

Harga bibit jagung manis Panah Merah murah berkualitas benih tahan penyakit karat dan hawar daun. Tongkol panjang, biji jagung seragam dan terisi penuh. Daya yahan tongkol 4 - 6 hari rasa manis. 

Harga bibit jagung manis Panah Merah termurah benih Secada F1. Benih untuk rekomendasi pada dataran rendah sampai menengah. Tongkol silindris dan terisi penuh. 

Rasa bulir jagung manis. Panjang tongkol 17 cm dengan diameter 4,3 cm. Bobot tongkol 280 gram dan umur panennya mulai 70 HST. 

Jagung manis menjadi jenis jagung favorit karena rasa manisnya. Dikonsumsi mentah pun, bulir jagung manis empuk dan manis. Jagung manis kaya vitamin dan mineral. 


Jagung Manis Komoditas Utama Pertanian


Jagung manis merupakan tanaman pangan favorit selain padi. Tanaman ini untuk dikonsumsi manusia berbeda dengan jagung biasa yang banyak diolah sebagai makanan ternak. 

Di Indonesia, jagung tanaman komoditas utama setelah padi. Masyarakat Indonesia telah mengenal tanaman jagung sejak 400 tahun yang lalu dan dibawa oleh orang Portugis dan Spanyol dahulu. 

Jenis tanaman jagung bermacam-macam dan cocok dengan kondisi iklim dan tanah Indonesia. Jagung manis merupakan jenis jagung paling disukai dan digemari di Indonesia. 

Budidaya jagung manis mulai pada awal tahun 1980-an. Secara fisik dan fisologi, jagung manis tidak berbeda dengan jagung biasa. 

Perbedaan keduanya pada malai yang merupakan bunga jantan dari tanaman jagung. Malai jagung manis berwarna putih sedangkan malai jagung biasa berwarna kuning kecoklatan. 

Rambut yang merupakan bunga betina jagung bila jagung manis rambut berwarna putih sampai kekuningan. Untuk rambut jagung biasa berwarna kemerahan. 

Keberadaan jagung manis semakin populer karena rasanya, aroma lebih harum dan kandungan gizi lebih tinggi dibandingkan jagung biasa. Olahan jagung manis juga kini semakin beragam. 

Keistimewaan jagung manis yaitu bulir bijinya tidak lembek. Bahkan biji jagung manis tidak mengandung serat yang terlalu liat. 

Bulir biji jagung manis mengandung karbohidrat cukup tinggi yaitu 80% dari total kandungan gizi jagung manis. Vitamin A mencapai 400 SI. Kandungan air mencapai 72,7 gram. 

Kandungan airnya tinggi dan inilah yang menjadikan jagung manis sangat terasa menyegarkan. Olahan jagun manis juga semakin beragam dan cocok sebagai cemilan ringan namun bergizi. 


Baca Juga : Terong Pertiwi Umur Genjah


Tanaman Jagung Adaptasi Tinggi


jual benih jagung, jagung mans, jagung hibrida,benih Panah Merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Secada F1

Perakaran tanaman jagung terdiri dari akar primer, sekunder dan adventif. Akar primernya bersifat sementara. Akar yang tetap bertahan yaitu akar adventif atau akar seratnya. 

Fungsi dari akar primer dan sekunder akan berubah dan diganti secara permanen. Akar adventif merupakan bentuk lain dari akar yang tumbuh pada pangkal batang di atas tanah. 

Akar adventif lalu menembus dan masuk dalam tanah. Fungsinya adalah memperkuat pembentukan batang jagung lalu menambah organ untuk menghisap air dan garam tanah. 

Bunga tanaman jagung letaknya terpisah jantan dan betinanya. Bunga betina terletak pada tongkol jagung. Biji jagung tersusun karena tongkol yang terbentuk pada bunga betina setelah pemberian pupuk

Suhu ideal tanaman jagung berkisar antara 21 - 30 derajat Celcius. Untuk pertumbuhan jagung hibrida terbaik suhu optimal yaitu 23 - 27 derajat Celcius. 

Suhu sekitar 25 derajat Celcius menyebabkan perkecambahan benih jagung lebih cepat. Suhu tinggi 40 derajat celcius mengakibatkan kerusakan embrio sehingga benih tidak berkecambah. 

Nilai pH tanah ideal berkisar antara 5,5 - 7 dan pH optimal 6,8 terutama waktu pembungaan dan pengisian benih. 

Curah hujan ideal jagung manis yaitu sekitar 250 mm/tahun sampai 2000 mm/tahun. Harga bibit jagung manis Panah Merah termurah tumbuh baik pada daerah ketinggian > 500 m dpl. 

Jagung manis tinggi karbohidrat merupakam makanan alternatif pengganti beras. Beberapa orang mengkonsumsi jagung pengganti beras sebaga gaya hidup sehat. 


Baca Juga : Timun Tahan Virus Zatavy F1 Panah Merah


Harga Bibit Jagung Manis Panah Merah Terbaik  


Benih Hibrida Bonanza

Vigor tanaman berskala 8 aitu sangat vigor. Tinggi tanaman mencapai antara 175 - 200 cm. Warna daun hijau pada skala 7. Klobot tongkolnya warna hijau muda pada skala 5 dan tipis. 

Ukuran tongkol bibit jagung manis Panah Merah Bonanza F1 besar dengan nilai skala 8. Bobot tongkol sekitar 475 gram/buah. Kernel atau biji jagung berukuran kecil dan warna kuning. 

Biji tersusun penuk pada tongkol. Ketahanan day simpan tongkol jagung manis Bonanza 4 - 6 hari. Rasa manis 12% Brix dan tahan penyakit kresek. 

Saat tongkol berukuran kecil ( baby corn ) warna biji bulat-putih dan tidak pecah. Sebaiknya pemanenan pada umur 70 - 75 HST. Dan umur panen baby corn sebaiknya umur 35 - 40 HST. 

Bibit Jagung Manis Panah Merah Benih Secada F1

Harga bibit jagung manis Panah Merah benih Secada F1 terbaik jenis jagung hibrida. Benih rekomendasi untuk dataran rendah sampai menengah. 

Ukuran tongkol tanpa klobot yaitu panjang 17 cm dan diameter 4,3 cm. Bentuk tongkol silindris dan bulir terisi penuh dan rapat. 

Warna bulir biji jagung yaitu kuning, rasa manis dan enak. Bobot tongkol dan klobot yaitu 280 gram. Pemanenan mulai umur 70 - 76 hari setelah semai. 

Tanaman sangat vigor dengan tinggi tanaman mencapai lebih dari 200 cm. Warna daun hijau gelap dan warna klobot jagung manis hijau muda. Klobot tipis. 

Ukuran tongkol jagung manis Secada F1 lebih besar dengan bobot tongkol 500 gram. Biji bulir jagung berukuran besar ( skala 8 ) berwarna kuning muda dan tersusun rapat. 

Daya simpan tongkol selama 4 - 5 hari dan rasa manis dengan tingkat kemanisan lebih dari 12% Brix. Benih tahan penyakit kresek. Tongkol muda ( baby corn ) biji berbentuk bulat berwarna putih. 

Bibit jagung manis Secada F1 penanaman pada ketinggian 600 - 1000 m dpl hendaknya antisipasi kecepatan dan arah angin. Tanaman cenderung tumbuh tinggi dan bobot tongkol besar. 

Dinjurkan untuk penanaman dengan jarak tanam lebih rapat yaitu 65 x 25 cm. 


Bibit Jagung Manis Bonanza F1


jual benih jagung, jagung mans, jagung hibrida,benih Panah Merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Jagung
Menguntungkan

Budidaya jagung manis telah banyak menggunakan bergam varietas bibit jagung manis sesuai syarat tumbuh bibitnya. Bibit jagung manis Panah Merah Bonanza F1 dirasa paling cocok dibudidayakan.  

Varietas harga bibit jagung manis Panah Merah Bonanza ini memiliki cita rasa sangat manis serta ketahanan daya simpan cukup tinggi. Hasil tongkol dan panen juga lebih baik dibandingkan jenis lain. 

Petani jagung di Indonesia lebih menyukai menanam jagung manis Bonanza dan merasa cocok. Hal ini karena ukuran tongkol jagung manis Bonanza besar yaitu antara 300 - 500 gram per tongkol. 

Potensi panen juga tinggi yaitu antara 14 - 18 ton/ha. Umur panen jagung manis singkat yaitu 70 - 85 HST. Jagung manis banyak disukai karena olahan jagung manis bermacam-macam. 

Jagung manis menjadi bahan dasar pembuatan sirup, gula jagung. pati tepung maizena, minuman sari jagung, susu dan lain-lain. Olahan masakan berbahan dasar jagung manis juga cukup banyak.  

Olahan jagung manis banyak dikonsumsi juga sebagai jagung rebus atau kukus. Permintaan akan jagung manis juga kini semakin meningkat. 

Menjadikan petani banyak yang tertarik untuk budidaya jagung manis untuk memenuhi kebutuhan pasar. Persiapan lahan menanam jagung manis diawali dengan membersihkan gulma 

Membajak tanah sebanyak satu kali dan penggaruan sebanyak 2 kali. Selanjutnya setelah gembur, buatlah bedengan. Lebar 100 cm dan tinggi sekitar 20 cm. 

Panjang bedengan tergantung luas lahan dan ukuran jarak antar bedengan yaitu 60 cm. 


Baca Juga : Cabai Panex 100 F1


Cara Menanam Jagung Manis 


Tujuan pengolahan tanah untuk menyediakan media tumbuh ideal bagi tanaman agar akar tanaman dapat menyerap hara secara optimal. 

Untuk tanah berat, pengolahan tanah dilakukan agak intensif namun bila tanah relatif ringan maka pengolahan secukupnya. Cara pengolahan tanah dilakukan sebanyak 2 tahapan.  

Tahap pertama, bolak balik tanah dan bajak lalu biar 1 minggu agar aerasi dan drainase lancar juga untuk membunuh organisme pengganggu dalam tanah. 

Tahap kedua, pengolahan dengan meratakan tanah lalu bentuk petakan/bedengan. Bila tanah kurang subur, sebarkan pupuk kandang sebanyak 2,5 ton/ha lalu aduk tanah merata. 

Cara menanam jagung manis langsung pada lahan kebun dengan membuat lubang tanam terlebih dahulu. Lubang tanam pada bedengan sedalam 2 - 3 cm dan jarak tanam 65 x 25 cm. 

Lubang tanam dibuat menggunakan cara tugal. Masukkan benih pada masing-masing lubang sebanyak 1 - 2 benih lalu tutup lubang menggunakan pupuk kandang matang. 

Sebelum tanam benih, siram dahulu bedengan hingga basah namun tidak becek. Bila musim hujan, kedalaman lubang tanam 2 cm dan bila musim kemarau, lubang tanam sedalam 4 cm. 

Pemupukan 

Pemupukan 
jual benih jagung, jagung mans, jagung hibrida,benih Panah Merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 16-16-16
mulai tanaman jagung manis umur 15 HST. Pemupukan susulan pertama ini menggunakan Urea sebanyak 10 gram/tanaman dan TSP 5 gram/tanaman. Berikan menggunakan cara tugal. 

Pemupukan kedua umur tanaman 35 HST menggunakan pupuk NPK 15 gram/tanaman. Berikan dengan cara tugal. Pupuk sebanyak 10 gram sama dengan 1 sendok makan. 

Penyulaman  

Yaitu bibit jagung manis Panah Merah yang tidak tumbuh atau mati harus segera dicabut. Penyulaman bibit mati mulai umur 7 - 10 HST. 

Pembumbunan yaitu menimbunkan tanah pada pangkal batang tanaman menggunakan tanah sekitar tanaman. Sehingga posisi tanaman bisa kokoh, tidak mudah rebah dan akar tertutupi oleh tanah. 

Akar dapat muncul ke permukaan tanah karena terkikis oleh air hujan sehingga akar ini harus ditimbun tanah agar tanaman semakin kokoh berdiri. Pembumbunan dilakukan bersamaan pemupukan. 

Lakukan penjarangan tanaman saat tanaman umur 2 - 3 minggu setelah tanam. Selalu cabut dan bersihkan gulma liar sekitar tanaman. Gulma dapat mengganggu tanaman dan menimbulkan persaingan. 

Periode kritis persaingan tanaman dan gulma mulai terjadi sejak tanam sampai 1/3 atau 1/4 daur hidup tanaman. Sehingga cabut gulma terutama saat tanaman muda dan tergantung kondisi lahan. 


Baca Juga : Benih Melon Stella Produk Premium Tahan Virus


Harga Bibit Jagung Manis Panah Merah Terbaik Tahan Penyakit


1. Penyakit Bulai ( Downy Mildew )

Tanda serangan yaitu ada garis kuning atau putih sejajar tulang daun jagung manis. Tepat titik tumbuhnya terdapat tanda klorosis. Tanaman tidak tumbuh normal karena akar tidak tumbuh normal.

Bila menyerang saat tanaman dewasa maka bulir biji jagung tidak tumbuh maksimal. Pengendaliannya : semprotkan fungisida berbahan aktif Metalaksil, Dimetomorf dan lain-lain. 

2. Karat Daun ( Leaf Rust

Tanda serangan yaitu bintil-bintil kecil dan sekelilingnya halo kuning. Gejala dapat muncul pada daun, tangkai daun dan batang. 

Karat daun merupakan uredium jamur yang tumbuh di bawah jaringan epidermis dan menonjol. Dapat dicegah dengan membersihkan lahan dari gulma dan sisa tanaman sebelumnya. 

Pengendalian kimia yaitu semprotkan fungisida berbahan aktif Benomil, Azoksistrobin, Heksakonazol, Difenokonazol  dan lain-lain. 

3. Penyakit Gosong Bengkak

Penyebabnya adalah jamur Ustilago sp yang menyerang biji/bulir sehingga bulir membengkak dan pembungkusnya menjadi rusak. Pengendalian gunakan fungisida Saromyl. 

4. Penyakit Busuk Tongkol dan Biji

Penyebabnya adalah jamur Fusarium sp. atau Giberella zeae. Pengendalian jamur dengan menyemprotkan fungisida berbahan aktif Mankozeb, Klorotalonil, dan Propineb

Panen jagung muda atau janten ( baby corn ) saat umur 45 HST dan untuk mendapatkan hasil terbaik, harus panen satu janten per tanaman. 

Pemanenan bibit jagung manis Panah Merah yaitu saat rambut tongkol jagung mulai tampak kering. Umur waktu pemanenan tergantung dari ketinggian tempat, iklim dan cuaca saat menanam. 

Panen untuk bibit jagung manis Panah Merah benih Bonanza F1 panen umur 83 HST untuk tujuan konsumsi segar. Cek kesegaran bulir dengan cara tekan menggunakan ibu jari pada 1/3 biji jagung. 


Manfaat Jagung Manis Masak Rebus


Jagung manis memang lebih nikmat penyajiannya dengan cara merebus. Manfaat jagung manis masak rebus baik untuk kesehatan jantung. 

Manfaat jagung manis rebus banyak mengandung niacin yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Niacin dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Manfaat jagung rebus menyediakan banyak energi. Kandungan karbihidrat jagug rebus kaya energi. Karbohirat jangu memberikan energi penting dan salah satu alternatif pengganti nasi. 

Jagung manis rebus baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena jagung manis mengandung beta-karoten yang baik untuk meningkatkan penglihatan kita. 

Beta-karoten senyawa yang mendukung terbentuknya vitamin A. Jagung juga mengandung pigmen zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Bagi ibu hamil, jagung manis rebus bagus untuk camilan setiap hari karena jagung manis mengandung asam folat, zat penting bagi kesehatan janin. 

Asam folat nutrisi penting untuk perkembangan janin yaitu sebagai pembentuk sistem sel dan saraf serta tulang belakang bayi. Kekurangan asam folat menyebabkan janin lahir cacat dan anemia pada ibu. 

Jagung manis mengandung cryptoxanthin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. 

Demikian artikel Kami judul : Harga Bibit Jagung Manis Panah Merah Murah Terbaik Produk Pilihan. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Beli kebutuhan bercocok tanam harga murah diskon menarik produk pertanian terbaik di kios pertanian LMGA Agro. Dapatkan promo menarik produk berkualitas untuk budidaya tanaman. 

Jual benih hibrida dan unggulan, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian sarana prasarana bercocok tanam. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.   

Harga bibit jagung manis Panah Merah murah berkualitas benih hibrida tahan penyakit. Hasil tongkol terbaik dengan panjang 17 - 22 cm dan bulir seragam terisi penuh. 

Semoga artikel Kami dapat membantu tentang harga bibit jagung manis Panah Merah dan keistimewaan jagung manis. peluang usaha menanam jagung manis menguntungkan. Salam sukses...


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.