TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/12/2022

Bibit Tomat Mutiara Bibit Terbaik Cocok Untuk Petani - LMGA AGRO

bibit,tomat,mutiara,hibrida,terbaik
Bibit Tomat Mutiara
Bibit Tomat Mutiara Cocok Untuk Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian yang jual berbagai kebutuhan pertanian lengkap harga tetap terjamin murah.

LMGA AGRO jual bibit tomat Mutiara F1 produksi Known You Seed. Bibit tomat Mutiara terjamin original dari Known You Seed

Dapatkan segera bibit tomat Mutiara F1 Known You Seed harga murah di toko pertanian LMGA AGRO.

Tomat merupakan tanaman hortikultura yang punya banyak penggemar di seluruh penjuru Indonesia. Maka tidaklah mengherankan bila jumlah petani pembudidaya tumbuhan ini tergolong sangat besar.

Kenapa tomat punya penggemar banyak? Salah satu alasannya yakni karena punya banyak nutrisi bermanfaat dan pembudidayaannya termasuk cukup mudah.

Toko pertanian Lmga Agro jual bibit tomat Mutiara F1 produksi Known You Seed. Bibit tomat Mutiara terjamin original dari Known You Seed. Olshop kami siap kirim pesanan anda.

Tumbuhan asli dari benua Amerika ini pertama kali ditanam oleh suku Aztec dan Inca sekitar tahun ± 700 SM. Baru di sekitar abad ke 15 lah Christopher Columbus membawa tomat ke Pantai San Salvador serta memperkenalkannya kepada bangsa Eropa.

Awalnya, ukuran buahnya termasuk cukup kecil dan tingkat produktivitasnya tergolong rendah. Sangatlah berbeda dengan zaman sekarang dimana ukuran buah tomat termasuk relatif besar dan tingkat produktivitasnya tinggi.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Tomat punya aneka kandungan nutrisi bermanfaat untuk tubuh. Tubuh bisa terjamin lebih sehat jika mengkonsumsinya secara rutin dalam jumlah cukup.

Beberapa contoh manfaat mengkonsumsi buah tomat untuk tubuh yakni :

·         Mencegah penyakit kanker

Banyaknya radikal bebas dalam kehidupan sehari – hari memberi dampak negatif untuk tubuh. Salah satunya ialah menyebabkan penyakit kanker.

Buah tomat kaya akan antioksidan, contohnya likopen dan beta karoten. Kandungan antioksidan tersebut bisa membantu mencegah penyakit kanker. Dengan begitu, maka resiko tubuh terserang kanker bisa lebih berkurang.

·         Memperlancar sistem pencernaan

Jika Anda sedang mengalami sembelit ataupun susah BAB, mengkonsumsi buah tomat bisa menjadi solusi tepat. Kandungan air dan serat dalam buah itu mampu melancarkan pergerakan usus, sehingga proses BAB menjadi lebih lancar.

·         Menyehatkan kulit

Buah tomat kaya dengan vitamin C. Vitamin C bisa merangsang produksi kolagen dalam tubuh, sehingga kulit pun bisa lebih sehat.

Baca Juga : Jual Bibit Jagung Manis Terlengkap di LMGA AGRO

Prospek Peluang Bisnis Budidaya Tomat Di Indonesia

prospek,peluang bisnis,bisnis,agrobisnis,agribisnis,budidaya tomat
Prospek Peluang Bisnis Budidaya Tomat Di Indonesia

Seperti penjelasan diatas, tomat jadi salah satu sayuran yang mempunyai berbagai manfaat. Buah yang satu ini punya kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi.

Buah dengan ciri khas yang terasa asam ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Selain sebagai bumbu masakan, tomat pun juga bagus untuk kecantikan (biasanya untuk masker wajah).

Permintaan tomat di pasaran pun terbilang cukup tinggi dan cukup banyak dicari. Dalam bisnis kuliner, buah ini kerap menjadi bumbu masakan serta bumbu sambal.

Banyaknya peminat tomat menjadikan peluang bisnis budidaya tomat terbilang sangatlah menjanjikan. Usaha budidaya tomat bukanlah sebuah jenis usaha baru. Keuntungan serta potensi bisnis budidaya tomat bisa dikatakan sangatlah cerah dan menguntungkan.

Peluang agrobisnis budidaya tomat bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Asalkan memiliki kemauan serta minat tinggi untuk berhasil maka bisnis budidaya tomat bisa dijalankan secara mudah.

Untuk melakukan bisnis budidaya tomat, tentu membutuhkan berbagai peralatan penting. Peralatan pendukung itu contohnya seperti golok, timbangan, keranjang panen, bibit, pompa air, sprayer, gunting, cangkul, dan sebagainya. Dengan begitu, maka budidaya tomat akan bisa berjalan dengan baik.

Setelah pembudidayaan tomat selesai, maka buah bisa segera dipasarkan ke berbagai tujuan. Anda dapat memasarkannya ke restoran, pasar, rumah makan, swalayan, maupun supermarket.

Bibit Tomat Mutiara Bibit Unggul Kualitas Terjamin

bibit tomat,tomat mutiara,mutiara f1,known you seed,petani
Bibit Tomat Mutiara Bibit Unggul Kualitas Terjamin

Dengan banyaknya manfaat dan prospek budidaya dari tomat, maka tidaklah salah jika banyak petani tertarik membudidayakannya. 

Tentu saja bila ingin menanamnya membutuhkan benih berkualitas unggulan. Dengan menggunakan benih unggul, maka hasil panen pun bisa menjadi lebih optimal.

Di Indonesia sudah cukup banyak produk benih atau bibit berkualitas unggul yang telah beredar. Nah, agar lebih mudah LMGA AGRO siap untuk membantu dalam merekomendasika bibit tomat berkualitas terbaik.

Bibit yang ingin kami rekomendasikan adalah bibit tomat Mutiara F1. Mutiara F1 merupakan bibit tomat sayur hibrida unggul yang telah banyak konsumen kenal.

Produk bibit Mutiara ialah hasil produksi dari PT Known You Seed Indonesia. Bibit tomat Mutiara termasuk sebagai salah satu produk bibit tomat hibrida berkualitas di kelasnya.

Karakteristik dan kelebihan dari bibit Mutiara yakni seperti :

·      Cocok untuk dibudidayakan di daerah dataran rendah sampai dataran menengah bersuhu 15 sampai 30° C

·       Vigor Mutiara F1 kokoh bertipe semi-determinate

·   Tanaman tomat Mutiara toleran terhadap iklim panas dan tahan terhadap penyakit layu bakteri dan fusarium

·        Buah tomat Mutiara tahan cracking serta toleran terhadap busuk ujung buah

·        Pembudidayaan tomat Mutiara tetap mudah meskipun kondisi cuaca sedang buruk

·    Buah tomat Mutiara Known You Seed mempunyai berat 80 – 100 gram dengan bentuk bulat dengan warna pundak hijau serta berubah merah saat sudah matang

·     Tekstur buah tomat Mutiara keras dan padat, sehingga pedagang maupun juragan tomat pasti menyukainya

·       Buah tomat Mutiara sudah bisa panen saat berumur ± 70 hari setelah pindah tanam

·       Potensi hasil panen tomat Mutiara berkisar sekitar ± 3,5 kg per batang ataupun sebanyak 70 ton per ha

·   Pembudidayaan memakai bibit tomat Mutiara bisa memanfaatkan metode tanam secara hidroponik

·        Kebutuhan bibit tomat Mutiara per ha berkisar sekitar ± 70 gram per ha

·    Bibit tomat Mutiara tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO dalam kemasan sachet berisi bersih 5 gram

Dengan beraneka ragam karakteristik unggul dari bibit Mutiara maka menjadikan bibit Mutiara jadi salah satu produk terbaik yang bisa dipilih. Jadi, tertarik untuk membuktikan sendiri kualitas bibit Mutiara ??

Baca Juga : Pupuk Kocor Untuk Tanaman Cabe

Cara Budidaya Tomat Mutiara Secara Baik Dan Benar

Dengan beraneka macam karakteristik dan kelebihan diatas, maka Mutiara menjadikannya sebagai sebuah peluang bisnis berprospek menjanjikan. Tetapi, hasil maksimal dari pembudidayaannya hanya dapat diperoleh dengan cara pembudiayaan secara baik serta benar.

Cara budidaya tomat Mutiara Known You Seed secara baik serta benar yaitu :

·         Penyemaian Benih

Sebelum memulai proses penanaman, pertama Anda perlu melakukan proses penyemaian terlebih dulu. Proses penyemaian ini bertujuan agar pertumbuhan benih nantinya bisa lebih optimal.

Pertama, siapkan tempat dan media semai terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih media semai yang terlindung dari sinar matahari langsung dan curah hujan.

Langkah berikutnya lakukan pembuatan bedengan pada lahan tanam. Untuk menyemai benih, tutupi dengan tanah kemudian sirami memakai air secukupnya.

Jika sudah siap dipindahkan ke lahan tanam, pastikan Anda melakukannya secara hati – hati. Cara pemindahannya bisa memakai 2 cara.

Cara pertama, lakukan dengan cara mencabut bibit lalu memindahkan bibit ke lahan tanam. Namun, sirami terlebih dulu untuk melunakkan media tanam sehingga mempermudah pemindahan dan mencegah putusnya akar saat ditarik.

Sementara, untuk cara kedua yakni dengan mengambil bibit bersamaan dengan tanah sekitar bibit.

·         Pengolahan Lahan Tanam

Proses pengolahan lahan tanam harus dilakukan terlebih dahulu sebelum proses penanaman bibit. Proses pengolahan lahan tanam ini bertujuan agar gulma dapat terbasmi dan kondisi lahan tanam jadi lebih subur.

Berikutnya, pada lahan tanam buatlah bedengan dengan rincian ukuran tertentu. Rincian ukutan itu yaitu tinggi ± 30 cm, lebar 1 meter, dan panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Jangan lupa pula untuk memberikan jarak antar bedengan ± 30 sampai 40 cm, lalu biarkan selama 1 minggu. Setelah 1 minggu, aplikasikan pupuk dasar pada bedengan.

Pupuk dasar yang Anda aplikasikan bisa memanfaatkan pupuk kandang atau kompos dengan dosis sebanyak ± 20 ton per ha. Aduklah sampai merata diatas bedengan.

Tambahkan pula pupuk TSP. Dosisnya yakni sebanyak 5 gram/tanaman. Hal tersebut bertujuan agar kandungan fosfor pada bedengan menjadi lebih kaya.

Selanjutnya, tutupi bedengan dengan menggunakan mulsa plastik. Biarkan lagi selama 1 minggu sebelum proses penanaman dimulai.

·         Penanaman

Buatlah lubang tanam lebih dulu pada mulsa plastik berdiameter 5 sampai 7 cm. Buat sebanyak 2 lajur lubang tanam tiap bedengan dengan kedalam berkisar 5 – 7 cm.

Berikan pula jarak antar lajur sekitar ± 70 – 80 cm, sedangkan jarak antar lubang tanam dalam 1 lajur ± 40 – 50 centimeter.

Persiapkan bibit yang ingin Anda pindahkan ke lubang tanam. Lalu, masukkan bibit ke dalam lubang tanam secara hati – hati.

Pastikan dengan benar agar posisi akar tegak lurus dan tidak berlipat. Tutupi kembali dengan tanah sekitarnya. Berikutnya lalu ratakan, kemudian sirami air secukupnya.

·         Pemeliharaan

Proses pemeliharaan dan perawatan tanaman tomat Mutiara harus dilakukan secara baik dan benar. Dengan begitu, maka tumbuhan akan bisa tumbuh dengan baik dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Tahapan – tahapan proses pemeliharaan tersebut seperti :

1.       Penyulaman Bibit

Bila terdapat bibit yang tumbuh secara tidak sempurna, segera lakukan proses penyulaman bibit. Dengan begitu, maka nantinya pertumbuhan tanaman jadi lebih seragam dan hasil panen bisa dipanen secara bersamaan.

2.       Penyiangan Gulma

Siangi gulma secara rutin. Gulma bisa terus tumbuh dan mengganggu tumbuhnya tomat Mutiara Known You Seed.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan penyiangan gulma supaya gulma tidak mengganggu pertumbuhan maupun perkembangan tomat Mutiara.

3.       Pemasangan Ajir

Lakukan pemasangan ajir / lenjeran / para – para untuk membuat bibit tidak mudah roboh. Proses pemasangan lanjaran sebaiknya Anda lakukan saat bibit masih muda, sehingga tidak menyebabkan luka pada perakaran tanaman.

Ajir punya fungsi sebagai penopang tanaman, serta memperbaiki fungsi tumbuh tanaman menjadi lebih maksimal.

4.       Pemupukan Susulan

Aplikasikan pemupukan susulan pada tanaman. Anda dapat memanfaatkan pupuk kompos berdosis sebanyak ± 1 genggam per bibit sesudah bibit berumur 1 minggu.

Jika dirasa masih kurang subur, perbanyak dosis aplikasi pupuk yang Anda aplikasikan setiap bulannya. Tambahkan juga pupuk organik jika tumbuhan akan bebuah.

5.       Penyiraman / Pengairan

Agar kondisi media tanam tidak terlalu kering, kondisi lahan tanam harus selalu terjaga. Caranya yakni dengan menyiraminya memakai air secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

Namun, jangan lakukan penyiraman terlalu sering ketika musim hujan karena kebutuhan air tanaman sudah tercukupi oleh air hujan.

·         Pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman)

Walaupun sudah memiliki ketahanan terhadap opt tertentu, namun mewaspadai serangan opt tetap harus dilakukan. Dengan begitu, maka tomat Mutiara tetap bisa tumbuh dengan baik.

Beberapa contoh opt yang serangannya harus diwaspadai yakni seperti :

1.       Busuk Bakteri

Penyakit busuk bakteri bisa bertahan hidup pada biji, dalam sisa – sisa tanaman ataupun di tanah. Penularan terjadi lewat biji yang terinfeksi, patogen dalam tanah, ataupun ketika penjepitan.

Bakteri Clavibacter michiganensis merupakan penyebab terjadinya penyakit busuk bakteri. Patogen bakteri ini berkembang biak di pembuluh daun serta menghambat transportasi air serta nutrisi. Akibatnya, tanaman menjadi layu lalu mengering.

Tingginya kondisi kelembaban tanah ataupun kelembaban relatif serta suhu hangat (24 – 32° C) makin mendukung penyakit berkembang.

Bibit yang terinfeksi menghasilkan tanaman yang lebih serta kerdil dengan bintik kecil keputihan pada urat daun serta tangkai daun.

Gejala pada tanaman dewasa bisa diakibatkan oleh penyebaran infeksi primer ke jaringan baru (sistemik) ataupun akibat infeksi sekunder.

Daun yang menguning (mengalami klorosis) diantara tulang daun, keriting, seta layu pada daun lebih tua (terkadang hanya 1 sisi saja) jadi ciri penyebaran sistemik.

Berikutnya, daun akhirnya berubah warna menjadi berwarna coklat serta gugur. Tangkai daun umumnya tetap hijau serta melekat kuat pada bagian batang.

Infeksi baru ditandai dengan adanya luka coklat di tepian daun serta bintik bulat dengan lingkaran cahaya kuning pada bilah daun.

Dasar tangkai membusuk dan bergaris vertikal coklat juga coklat tua muncul pada bagian atas. Batang berikutnya terbelah memanjang membentuk bagian busuk.

Pada bagian buah, terdapat bintik coklat berlingkaran sinar kuning terang. Seiring perkembangan penyakit, seluruh tanaman perlahan – lahan akan mati.

2.       Pengerek Daun

Pengerek daun tomat (Tuta absoluta) merupakan hama yang tergolong merusak. Tingkat reproduksinya sangat tinggi hingga mencapai 12 generasi per tahun.

Betina bisa bertelur sampai 300 telur berwarna krem pada bagian bawah daun. Penetasan telur terjadi pada kelembaban 60 – 75 % dan suhu 26 – 30° C.

Larva berwarna hijau pucat dengan pita hitam khas di belakang kepalanya. Dalam kondisi suhu serta kelembaban yang nyaman, siklus perkembangannya tuntas dalam waktu ± 20 hari.

Kutu dewasa mempunyai warna coklat keperakan, panjang 5 – 7 mm serta bersembunyi diantara daun ketika siang hari.

Hama Tuta absoluta bisa bertahan melewati musim dingin sebagai telur, larva, ataupun kutu dewasa di daun ataupun di tanah. Serangan terjadi sepanjang siklus panen serta bisa mempengaruhi bagian tanaman mana saja.

Pada bagian daun, larva membentuk lubang galian tak beraturan berwarna abu – abu sampai putih yang kemudian jadi sel mati (nekrotik). Larva bisa mengebor jalan lintas ke dalam batang yang mampu mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Pada bagian buah, tanda hitam bisa dijumpai di titik masuk ataupun keluarnya larva. Lubang terbuka ini bisa jadi titik masuk patogen sekunder yang mengarah ke membusuknya buah.

3.       Busuk Akar Fusarium

Busuk akar fusarium terjadi karena infeksi jamur, yakni jamur bernama Fusarium solani. Jamur Fusarium solani tumbuh di jaringan transportasi tanaman, sehingga menyebabkan pasokan air dan unsur hara menjadi tersendat.

Tanaman bisa terinfeksi secara langsung melalui ujung akarnya ataupun melalui luka di akarnya. Sesudah patogen terbentuk di suatu area, patogen akan terus aktif selama beberapa tahun.

Cendawan Fusarium solani bertahan hidup di tanah serta menyebar melalui tanah, benih, bibit, angin, air irigasi, manusia, dan sebagainya.

Bila serangan jamur Fusarium solani terjadi ketika proses berbunga, maka kerugian panen yang cukup serius bisa terjadi.

Kanker batang membatasi aliran air ke atas, sehingga mengakibatkan layu serta akhirnya tanaman menjadi mati. Secara aktif spora akan mengeluarkan spora setiap malam.

Kondisi yang mendukung jamur berkembang yakni suhu tanah serta kelembaban tanah yang relatif tinggi. Buruknya drainase air ataupun penyiraman secara berlebihan semakin mendukung penyebaran penyakit.

Gejala awal penyakit busuk akar fusarium nampak dengan pembuluh yang terbuka dan daun mengalami klorosis. Pada tanaman muda, terdiri dari terbukanya pembuluh, lalu diikuti dengan terkulainya tangkai daun.

Penguningan pertama kali nampak pada daun bagian bawah. Daun – daun tersebut akhirnya layu lalu mati, kemudian menyebarkan gejala ke daun lainnya.

Pada tahap berikutnya, sistem vaskuler menjadi berwarna kecoklatan. Daun menjadi lebih rendah lalu seluruh daun tanaman akan mengalami kerontokan. Tanaman lalu menjadi kerdil serta mati.

Di bagian batang muncul kanker lunak berwarna coklat tua ataupun hitam yang mengelilingi batang. Lesi – lesi ini mengembangkan struktur cendawan berukuran sangat kecil, berwarna oranye, dan berbentuk seperti labu (perithecia).

Pertumbuhan jamur kapas putih bisa terjadi pada tanaman terinfeksi. Ketika terinfeksi, bagian akar menjadi berwarna coklat gelap, lembut, serta berair.

·         Pemanenan

Proses pemanenan bisa dilanjutkan ketika tanaman tomat Mutiara berumur ± 70 hari setelah tanam. Potensi hasil panennya sendiri berkisar sekitar ± 70 ton per hektar.

Lakukan proses pemanenan sampai beberapa kali. Pastikan proses pemanenannya Anda lakukan ketika pagi ataupun sore hari saat sinar matahari tidak terlalu terik.

Baca Juga : Harga Bibit Timun Zatavy F1 Murah

Jual Bibit Tomat Mutiara Known You Seed Harga Terjangkau

jual,murah,lmga agro,mutiara known you seed,terjangkau
Jual Bibit Tomat Mutiara Known You Seed Harga Terjangkau

Jika Anda sedang mencari produk bibit tomat Mutiara Known You Seed, maka tempatnya ialah LMGA AGRO. Beli produk bibit tomat Mutiara dari Known You Seed jadi lebih mudah dan praktis karena hanya harus membuka lmgaagro.web.id.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO menjual bibit tomat Mutiara produk Known You Seed jaminan original dan harga murah.

Selain itu, LMGA AGRO juga mempunyai berbagai tips dan trik dalam menanam bibit tomat Mutiara. Sehingga, hasil budidaya tomat Mutiara nantinya bisa didapatkan secara optimal.

LMGA AGRO pun juga menjual beraneka ragam produk tani terlengkap. Produk – produk yang dapat Anda beli selain bibit tomat Mutiara seperti zpt, sprayer, pupuk, pestisida, alat pertanian dan spare part, dan sebagainya.

Dapatkan seluruh kebutuhan pertanian terlengkap sesuai keinginan Anda hanya melalui LMGA AGRO. Pastikan hanya toko pertanian Lmga Agro untuk belanja online anda.

Untuk menjamin pesanan Anda terjamin sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan mitra pengiriman terbaik. KI8, Pos Indonesia, JNE, dan JNT merupakan beberapa rekanan pengiriman terbaik yang bermitra dengan LMGA AGRO.

Reputasi mitra kami yang sudah teruji menjadikan pesanan konsumen terjamin akan sampai ke alamat tujuan. Jadi, tak usah menunggu lebih lama lagi. Segera beli produk bibit tomat Mutiara maupun produk lainnya lewat laman www.lmgaagro.web.id.

Nah, itulah dia artikel bertema bibit tomat Mutiara ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga seluruh pembaca bisa mengambil manfaat dari artikel kali ini.

Bila masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Tomat Mutiara Cocok Untuk Petani ini, hubungi segera toko pertanian terdekat LMGA AGRO melalui nomor telepon yang tertera diatas. Salam sukses selalu untuk Anda semua.

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.