TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

15/01/2023

Bibit Kangkung Yang Bagus Potensi Hasil Tinggi - LMGA AGRO

bibit kangkung yang bagus,bibit,kangkung,bagus,bibit kangkung
Bibit Kangkung Yang Bagus
Bibit Kangkung Yang Bagus Potensi Hasil Tinggi. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual beraneka kebutuhan pertanian lengkap harga terjangkau. 

Bibit kangkung berkualitas bagus tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit kangkung berkualitas bagus dari beraneka produsen dan jaminan original. 

Dapatkan segera bibit kangkung berkualitas bagus hanya dari toko pertanian online LMGA AGRO.

Konsumsi sayuran oleh masyarakat Indonesia telah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dan perlu terpenuhi. Walaupun begitu, jumlah konsumsi sayur oleh masyarakat Indonesia termasuk cukup kecil.

Bayangkan saja, masyarakat Indonesia baru mencapai nilai konsumsi sebesar 180 gram/kapita per hari. Sementara, standar dari WHO nilainya sebesar 400 gram/kapita per hari. Sangat jauh dari standar yang ditetapkan oleh WHO (World Health Organisation).

Dari data BPS sendiri menunjukkan bahwa terjadi penurunan konsumsi sayur dan buah – buahan oleh masyarakat Indonesia. 

Hal itu tentu saja menjadi salah satu tugas Pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi buah – buahan serta sayur – sayuran.

Salah satu sayur yang baik dikonsumsi oleh masyarakat ialah sayur kangkung. Kenapa banyak dikonsumsi ? Lalu, apa saja kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya ??

Baca Juga : Katalog Benih Semangka Tanpa Biji Terlengkap

Kangkung Dan Berbagai Manfaatnya Bagi Tubuh

Kangkung merupakan tanaman sayur hijau yang diperkirakan berasal dari India di sekitar tahun 500 SM. Kemudian, mulai menyebar ke daerah lainnya, seperti Cina Selatan, Malaysia, Afrika, Myanmar, Australia, dan sebagainya.

Sayuran bernama latin Ipomoea reptans ini memiliki berbagai nutrisi penting di dalamnya. Contohnya saja seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, kalsium, kalium, karbohidrat, zat besi, fosfor, dan sebagainya.

Tidaklah mengherankan jika dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut membuat kangkung sangat baik dikonsumsi dalam kehidupan sehari – hari.

Beberapa contoh manfaat mengkonsumsi kangkung bagi tubuh yakni seperti :

·         Membuat mata tetap sehat

Kandungan beta karoten serta vitamin A terbukti mampu melindungi sel – sel mata dan kornea dari kerusakan. Dengan begitu, maka kondisi mata akan selalu dalam kondisi fit.

·         Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin A dan C terbukti mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Kombinasi 2 vitamin ini bisa mengaktivasi sel darah putih. Sel darah putih bertugas untuk melawan penyakit, sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit.

·         Membantu menurunkan tekanan darah

Nutrisi kalium dalam kangkung bisa mengatur tekanan darah agar tetap stabil. Dengan begitu, maka penderita penyakit tekanan darah tinggi.

Prospek Budidaya Tanaman Kangkung

prospek,budidaya,tanaman,tanaman kangkung,budidaya kangkung
Prospek Budidaya Tanaman Kangkung

Kangkung menjadi bahan sayur yang selalu dibutuhkan masyarakat sebagai bahan masakan. Cita rasanya sangat nikmat, terlebih bila ditambah dengan sambal.

Dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi kangkung, maka membudidayakan kangkung memiliki prospek menjanjikan.

Pertama, pilihlah benih atau bibit berkualitas bagus. Dengan menggunakan bibit berkualitas bagus, maka nantinya bisa menghasilkan kualitas tanaman yang juga bagus.

Selanjutnya, siapkan lahan luas lalu cangkul tanahnya agar tanah menjadi gembur. Lahan yang dipakai haruslah sesuai untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan kangkung dengan bagus.

Jika dirasa pH (tingkat keasaman) tanah terlalu asam, maka lakukan proses pengapuran. Persiapkan lahan tanam dengan baik agar pertumbuhan serta perkembangan kangkung sesuai harapan Anda.

Berikutnya, tanam biji kangkung pada lahan yang sudah disediakan. Pertama – tama, buatlah lubang tanam lalu diberi 2 hingga 5 biji kangkung. Anda dapat menanam biji kangkung ini sesuai dengan keinginan, asal rapi serta jaraknya tepat.

Selanjutnya, sirami tanaman ini secara rutin serta lakukan pencabutan rumput di sekitarnya. Pastikan kangkung agar tak terserang penyakit ataupun hama. Lakukan penyemprotan pestisida agar opt tanaman tak menyerang sehingga kangkung bisa tumbuh lebat tanpa gangguan.

Biasanya kangkung bisa dipanen saat usianya sudah ≥ 30 hari sesudah maa tanam. Proses pemanenannya sangat mudah, yakni dengan cara mencabutnya sampai ke akar ataupun dengan memotong bagian pangkal tanaman.

Kangkung yang sudah bisa dipanen ini dapat langsung dicuci ataupun dibilas dengan air agar menghilangkan tanah yang masih menempel. Berikutnya, kangkung yang sudah bersih dapat diikat lalu mulai dipasarkan.

Untuk tujuan pemasarannya sendiri sangat luas. Bisa ke warung makan, ibu rumah tangga, toko sayur, pedagang sayur keliling, pasar, dan sebagainya.

OPT Tanaman Kangkung Yang Perlu Diwaspadai

Seperti disinggung sebelumnya, salah satu contoh gangguan yang bisa mengganggu perkembangan tanaman kangkung adalah ancaman serangan opt. OPT (organisme pengganggu tanaman) merupakan organisme yang memiliki potensi menimbulkan kerusakan ekonomis.

Opt itu melingkupi hama, penyakit, serta gulma. Beberapa contoh opt tanaman kangkung yang perlu diwaspadai yaitu seperti :

·         Aphid

Aphid (Aphis gossypii) ialah hewan serangga kecil yang biasanya bergerombol di daun muda untuk menghisap cairan di dalam tanaman.

Serangga Aphid mempunyai tubuh berukuran 1 – 6 mm, bertubuh lunak, serta berbentuk seperti buah pear. Pergerakannya tergolong lambat serta hidup secara berkoloni.

Telur – telur Aphid diletakkan di dalam perisai yang terletak di bawah badannya. Periode telur hingga dewasa berkisar selama ± 1,5 hingga 2 bulan. Umumnya, puncak dari hama kutu daun ini terjadi ketika musim kemarau.

Kutu daun menyerang dengan cara menghisap cairan tanaman, sehingga tanaman akan kehilangan serta kehabisan cairan. Daun yang terserang akan mengeriput, keriting, serta menggulung sehingga menghambat pertumbuhan tanaman.

Gejala serangan Aphid ini nampak dengan hadirnya semut – semut karena keduanya memiliki hubungan simbiosis mutualisme.

Aphid mengeluarkan cairan manis yang digemari semut, lalu semut mengangkut Aphid ke bagian lainnya yang belum dihisap sehingga bisa menghambat fotosintesis serta pertumbuhan tanaman.

Hama Aphid mampu menurunkan kuantitas serta kualitas produksi sayuran. Aphid memakan segala jenis tanaman / polifag.

Serangan Aphid bisa menyebabkan daun menjadi menguning dan pucuk berkerut, sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terganggu.

Serangan berat ini menimbulkan noda – noda pada daun, serta daun berwarna coklat kemerahan seperti terbakar, tepian daun menggulung ke bawah lalu mengering.

Aphid bersembunyi di bawah permukaan daun karena cara penginfeksian dari hama ini yakni dengan cara menghisap cairan pada daun muda. Hal itu berakibat pada menguningnya daun kemudian mengering karena kekurangan cairan.

·         Kutu Daun

Kutu daun (Myzus persicae) merupakan hewan serangga yang menjadi salah satu hama berbahaya bagi banyak tanaman. Hewan ini terbagi menjadi 2 tipe, yakni tipe bersayap (alatae) serta tak bersayap (apterae).

Serangga ini memiliki antena sepanjang tubuh, baik nimfa maupun imagonya. Sementara, perkembangbiakannya yakni dengan cara partenogenesis. Periode nimfa berlangsung selama 6 hari serta merusak tanaman cabai ketika musim kemarau.

Hama kutu daun menyerang daun tanaman dengan cara menghisap cairan daun. Akibatnya, daun terserang akan nampak bercak berwarna kehitaman, keriting, kering, lalu pada akhirnya mati.

Selain itu, hama kutu daun juga menjadi penular paling efisien daripada hama lainnya. Tanda – tanda awal nampak banyak semut yang berada pada tanaman. Bisa dipastikan bahwa tanaman tersebut ada hama kutu daun.

Kenapa demikian ? Karena hama kutu daun menghisap cairan daun serta mengeluarkan semacam zat gula yang bisa mengundang semut serta jamur dimana mengakibatkan timbulnya bulatan hitam pada permukaan daun.

·         Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura) merupakan hewan serangga yang memiliki serangan berbahaya pada berbagai tanaman.

Bentuk dewasa ulat grayak yaitu ngengat dewasa dengan tubuh berwarna coklat keabu – abuan serta sayap depan beraneka ragam dengan tanda bergelombang putih di bagian tepinya.

Sayap belakangnya berwarna putih transparan dengan garis coklat di sepanjang tepi serta vena. Ngengat betina menghasilkan telur berjumlah ratusan dalam kelompok di atas daun, ditutupi oleh sisik berwarna coklat keemasan.

Sesudah menetas, larva berwarna hijau muda menyebar secara cepat serta mulai memakan daun. Sementara, larva lebih tua memiliki warna hijau tua sampai coklat dengan bintik gelap di panggul serta perut yang agak lebih jernih.

2 pita memanjang kuning membentang di sepanjang sisi, diselingi oleh bintik segitiga berwarna hitam. Pita berwarna oranye nampak di bagian punggung antara titik – titik ini.

Larva makan ketika malam hari serta berlindung di tanah ketika siang hari. Baik larva serta ngengat dewasa berkembang secara pesat pada suhu antara 15 serta 35° C, optimal pada suhu 25° C.

Larva yang baru saja menetas memakan daun, mengikis jaringan daun, serta tanaman benar – benar terlucuti. Sementara, larva yang lebih tua tersebar serta memakan dedaunan secara rakus ketika malam hari.

Ketika siang hari, mereka umumnya bersembunyi di tanah sekitar bagian pangkal tanaman. Pada tanah lebih ringan, larva bisa mencapai polong ataupun akar kacang tanah serta merusaknya. Karena bekas gigitan yang meluas, pada akhirnya hanya menyisakan tangkai serta cabang.

Baca Juga : Umur Panen Semangka Inul Secara Tepat

Bibit Kangkung Yang Bagus Cocok Petani Tanam

petani,bercocok tanam,menanam kangkung,bertani,pembudidayaan
Bibit Kangkung Yang Bagus Cocok Petani Tanam

Untuk bisa terhindar dari ancaman serangan opt diatas, maka Anda perlu melakukan tindakan penanganan secara tepat. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah melakukan penanaman dengan menggunakan bibit kangkung yang bagus.

Dengan menggunakan bibit kangkung yang bagus, maka Anda bisa memperoleh hasil panen tanaman kangkung secara optimal.

Beberapa contoh bibit kangkung yang bagus rekomendasi LMGA AGRO yakni seperti :

·         Bamboo Leaf

Bamboo Leaf merupakan bibit kangkung yang bagus kualitas unggul produksi dari PT Sentra Tani bermerek dagang Ta Fung Seed. Bibit Bamboo Leaf telah terdaftar resmi dalam sistem Kementan RI lewat nomor SK Mentan 671/Kpts/SR.120/2/2010.

Bibit Bamboo Leaf mempunyai berbagai macam kelebihan, seperti tekstur batangnya lentur, bisa ditanam memakai sistem hidroponik, tahan serangan hama penyakit, dan sebagainya.

Produk bibit yang bagus Bamboo Leaf tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk bibit bagus Bamboo Leaf harga murah kualitas original.

·         Bika

Bika merupakan bibit kangkung yang bagus kualitas unggul produksi dari PT Agri Makmur Pertiwi bermerek dagang Benih Pertiwi. Bibit Bika telah terdaftar resmi dalam sistem Kementan RI lewat nomor SK Mentan No. 666/Kpts/SR.120/2/2010.

Bibit Bika mempunyai berbagai macam kelebihan, seperti vigor tanaman tegak dan kokoh, bisa beradaptasi baik di dataran rendah, potensi hasil panen tinggi, dan sebagainya.

Produk bibit yang bagus Bika tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk bibit bagus Bika harga murah kualitas original.

·         Super

Super merupakan bibit kangkung yang bagus kualitas unggul hasil produksi dari PT Sari Benih Unggul bermerek dagang Ta Fung Seed. Bibit Super telah terdaftar resmi dalam sistem Kementan RI lewat nomor SK Mentan 2292/Kpts/SR.120/5/2011.

Bibit Super mempunyai berbagai macam kelebihan, seperti bisa dibudidayakan secara hidroponik, vigor kokoh, potensi hasil panen tinggi, dan sebagainya.

Produk bibit yang bagus Super tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk bibit bagus Super harga murah kualitas original.

·         Bangkok LP 1

Bangkok LP 1 merupakan bibit kangkung yang bagus kualitas unggul produksi dari PT East West Seed Indonesia bermerek dagang Cap Panah Merah. Bibit Bangkok telah terdaftar resmi dalam sistem Kementan RI lewat nomor SK Kementan 252/Kpts/TP.240/5/2000 (LP-1).

Bibit Bangkok LP 1 mempunyai berbagai macam kelebihan, seperti tahan penyakit layu bakteri, tekstur batang lentur, potensi hasil panen tinggi, dan sebagainya.

Produk bibit yang bagus Bangkok LP-1 tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk bibit bagus Bangkok LP-1 harga murah kualitas original.

·         Serimpi

Serimpi merupakan bibit kangkung yang bagus kualitas unggul produksi dari PT East West Seed Indonesia bermerek dagang Cap Panah Merah. Bibit Serimpi telah terdaftar resmi dalam sistem Kementan RI lewat nomor SK Kementan 268/Kpts/TP.240/4/2002.

Bibit Serimpi mempunyai berbagai macam kelebihan, seperti vigor tanaman kokoh, daya adaptasi bagus, dapat dibudidayakan menggunakan sistem tanam hidroponik, dan sebagainya.

Produk bibit yang bagus Serimpi tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk bibit bagus Serimpi harga murah kualitas original.

·         Tornado

Tornado merupakan bibit kangkung yang bagus kualitas unggul produksi dari PT Agri Makmur Pertiwi bermerek dagang Benih Pertiwi. Bibit Tornado telah terdaftar resmi dalam sistem Kementan RI lewat nomor SK Kementan No. 665/Kpts/SR.120/2/2010.

Bibit Tornado mempuyai berbagai macam kelebihan, seperti kemampuan adaptasinya bagus, vigor tanaman kokoh, nilai jual tinggi, dan sebagainya.

Produk bibit yang bagus Tornado tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk bibit bagus Tornado harga murah kualitas original.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Bara Cap Panah Merah

Jual Bibit Kangkung Yang Bagus Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Kangkung Yang Bagus Harga Terjangkau

Bila pembaca sedang mencari produk bibit kangkung berkualitas bagus, maka jawaban paling tepat adalah LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit kangkung bagus dengan kualitas unggulan.

Selain itu, LMGA AGRO juga mempunyai tips maupun trik dalam memaksimalkan budidaya kangkung menggunakan bibit berkualitas bagus. Dengan begitu, maka pertumbuhan serta perkembangan tanaman sayur ini tak akan terganggu.

LMGA AGRO jual bibit kangkung bagus kualitas terbaik untuk konsumen dari berbagai produsen. Kami berani memberikan seluruh produk bibit berkualitas bagus itu terjamin asli dari produsen pembuatnya.

Harga bibit kangkung bagus yang LMGA AGRO jual terjamin terjangkau dan murah untuk semua kalangan konsumen. Sangat cocok sekali untuk petani manfaatkan untuk petani tanam.

Ingin merasakan sendiri kualitas bibit kangkung bagus ? Pesan sekarang juga bibit kangkung bagus dan aplikasikan sendiri untuk melihat kualitasnya !!

Untuk memastikan pesanan bibit kangkung berkualitas bagus, LMGA AGRO menjalin relasi kerjasama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya.

Mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO yakni seperti KI8, JNE, JNT, serta Pos Indonesia. Seluruh pesanan bibit kangkung berkualitas bagus pun pasti terjamin sampai hingga ke alamat konsumen.

Nah, itulah dia artikel bertema bibit kangkung bagus ini kami tulis serta sampaikan kepada Anda semua. Semoga Anda semua bisa memperoleh banyak manfaat dari artikel kali ini.

Bila masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Kangkung Yang Bagus Potensi HasilTinggi ini hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon yang tertera diatas. Sampai jumpa dan sukses selalu untuk seluruh pembaca.

RELATED POSTS

Related Posts

There is no other posts in this category.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.