TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/01/2023

Obat Rumput Prowl Unggulan Petani Terbaik Atasi Gulma - LMGA AGRO

obat rumput prowl,petani,unggulan,herbisida prowl,basf prowl
Obat Rumput Prowl
Obat Rumput Prowl Unggulan Petani Terbaik Atasi Gulma. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual berbagai kebutuhan pertanian terbaik harga terjangkau.

Obat rumput Prowl telah teruji ampuh dan efektif dalam membasmi ancaman gulma. 

Aneka macam kelebihan dari obat rumput Prowl menjadikannya sebagai pestisida jenis herbisida ampuh mengatasi rumput liar.

Dapatkan segera obat rumput Prowl harga murah hanya melalui toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Hingga detik ini, sektor pertanian masih menjadi salah satu sektor dengan peranan vital di Indonesia. Hal itu bisa terlihat dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang mempunyai profesi di bidang pertanian.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (per bulan Agustus 2020), penduduk berumur produktif yang sudah bekerja berjumlah 128,45 juta jiwa.

Dari jumlah tersebut, 29,76 % diantaranya berprofesi di sektor pertanian (38,23 juta jiwa). Walaupun ikut terkena dampak pandemi Corona, namun sektor pertanian masih terus mengalami perkembangan dalam kurun waktu tersebut.

Mulai kurun kuartal pertama sampai awal kuartal ke 3 tahun 2020, sektor pertanian terus bertumbuh secara positif. Bisa dikatakan hal itu menjadi bukti bahwa sektor pertanian menjadi penyelamat perekonomian Indonesia di tengah masa pandemi dimana sektor lain sedang lesu.

Segera dapatkan obat rumput Prowl unggulan produk Basf harga murah lewat olshop Lmga Agro. Team toko pertanian terdekat Lmga Agro siap kirim ke seluruh Indonesia.

Salah satu kegiatan pendukung utama dari sektor pertanian ialah budidaya tanaman. Dari hasil budidaya tanaman itulah aneka macam komoditi pertanian bernilai besar diperoleh.

Untuk menghasilkan komoditas pertanian tersebut, proses budidaya tanaman harus dilakukan secara baik dan benar dari awal hingga akhir. Mulai dari proses penyiapan lahan tanam sampai proses pemanenan, seluruhnya harus dilakukan secara tepat.

Salah satu proses penting yang perlu dilakukan dalam membudidayakan tanaman merupakan pemeliharaan / perawatan. Kenapa proses ini sangat penting ? Karena tahapan pemeliharaan / perawatan memiliki peran sangat vital baik untuk pertumbuhan maupun perkembangan tanaman.

Dalam proses pemeliharaan / perawatan ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, salah satunya merupakan pengendalian gulma. Apa itu gulma sebenarnya ?? Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya ?? Simak selengkapnya tentang penjelasan dari artikel kali ini mulai awal hingga akhir !

Baca Juga : Jual Benih Cabe Ori 212 Aura Seed Murah

Ancaman Gulma Dan Contoh - Contohnya

ancaman,gulma,rumput liar,tanaman liar,tumbuhan liar
Ancaman Gulma Dan Contoh - Contohnya

Di luar sana, petani terus menghadapi permasalahan ketika membudidayakan tanaman. salah satu masalah tersebut ialah adanya gulma pengganggu.

Gulma merupakan tumbuhan liar yang keberadaannya tak dikehendaki. Mengapa tak dikehendaki ? Karena gulma menyebabkan gangguan untuk pertumbuhan maupun perkembangan tanaman. Akibatnya, hal itu membuat tanaman tak bisa berproduksi secara maksimal.

Beberapa contoh gulma – gulma tersebut yakni seperti :

·         Amaranthus spinosus

Amaranthus spinosus (bayam duri) merupakan spesies tanaman berbunga dari genus Amaranthus tergolong ke dalam suku Amaranthaceae.

Tumbuhan liar ini tumbuh secara liar di kebun – kebun, tepian jalan, hingga tanah kosong dari dataran rendah hingga dataran berketinggian ± 1400 mdpl. Tinggi bayam duri bisa mencapai ± 1 meter.

Tanaman ini bisa dikembangbiakkan melalui bijinya yang bulat, kecil, serta hitam. Sebagai tanda khas dari tanaman bayam duri yakni pada pohon batang, tepatnya di pangkal tangkai daun terdapat duri, sehingga orang mengenalnya sebagai bayam duri.

Bayam duri bisa tumbuh baik di tempat yang cukup cahaya matahari dengan suhu udara antara 25 – 35° C.

Akar tanaman bayam duri umumnya sama seperti akar tanaman bayam lainnya, yakni mempunyai sistem perakaran tunggang. Batang tanaman bayam duri ukurannya kecil dengan bentuk bulat, lunak, serta berair.

Batang tumbuh tegak dapat mencapai tinggi sekitar 1 meter serta percabangannya monopodial. Bagian batangnya berwarna merah kecoklatan. Ciri khas dari tanaman ini ialah adanya duri pada pangkal batangnya.

Tanaman bayam duri mempunyai daun tunggal berwarna kehijauan dengan bentuk bundar telur memanjang (ovalis). Panjang daunnya sekitar 1,5 cm hingga 6 cm dan lebarnya sekitar 0,5 hingga 3,2 cm.

Bunga terdapat di bagian axilaar batang. Bunga tersebut merupakan bunga berkelamin tunggal dengan warna hijau. Setiap bunga mempunyai 5 mahkota dengan panjang 1,5 hingga 2,5 mm.

Kumpulan bunganya berbentuk bulir untuk bunga jantannya. Sementara, bunga betina bentuknya bulat yang terdapat pada ketiak batang. Bunga ini termasuk sebagai bunga inflorencia.

Buahnya berbentuk lonjong dengan warna hijau dan panjang ± 1,5 mm. Bijinya berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 hingga 1 mm.

·         Fimbristylis littoralis

Gulma Fimbristylis littoralis merupakan gulma yang banyak hidup pada ekosistem padi sawah. Rumput liar F. littoralis termasuk ke dalam golongan teki yang terdapat di pertanaman padi sawah.

Rumput liar ini berasal dari pantai tropis Asia, namun sejak itu sudah menyebar ke kebanyakan benua sebagai suatu jenis baru. Ini merupakan suatu gulma yang tersebar luas dalam beberapa area serta terkadang dikhawatirkan pada padi.

Puncak batang masing – masing diduduki oleh suatu spikelets, masing – masing berhubungan dengan suatu eduncle.

Spikelet bola lonjong serta warna coklat kemerah – merahan di dalam. Spikelets berbunga serta lalu berkembang menjadi buah kecil dengan warna coklat.

Bagian batang F. littoralis umumnya berbentuk segitiga, terkadang juga bulat dan umumnya tak berongga. Daun tersusun dalam 3 deretan, tak mempunyai ligula (lidah – lidah daun).

Ibu tangkai karangan bunga tak berbuku – buku. Bunga sering dalam bulir (spica) ataupun anak bulir, umumnya dilindungi oleh semacam daun pelindung.

Beberapa karakteristik dari F. littoralis yakni seperti :

1.       Titik tumbuh Fimbristylis littoralis tersembunyi

2.       Tidak mempunyai ligula (lidah – lidah daun)

3.       Penampang lintang batang berbentuk segitiga membulat serta tak berongga

4.       Mempunyai daun berurutan di sepanjang batang dalam 3 baris

·         Cynodon dactylon

Rumput grinting (Cynodon dactylon) merupakan jenis rumput yang mempunyai kemampuan agak berlebihan dalam hal bertahan hidup dibandingkan rerumputan jenis lain.

Bahkan, Cynodon dactylon mampu bertahan hidup di lahan tandus dalam musim kemarau sekalipun minim pertumbuhan daunnya.

Saat terkena mata bajak serta garu pun rumput grinting ini akan terus hidup selama bagian akarnya bersinggungan dengan tanah.

Daya ekspansi Cynodon dactylon tergolong sangat besar. Pada awalnya tumbuhan ini dulunya merupakan tumbuhan pantai, namun kini telah merambah di areal pertanian sebagai gulma pembuat petani jengkel.

Rumput grinting bisa bertahan serta menyebar secara cepat di pinggiran sungai, pinggiran irigasi, serta pematang sawah. Hal itu membuatnya bisa mengalahkan tumbuhan lainnya.

Rumput grinting ialah tumbuhan yang diduga berasal dari bagian timur dan utara Afrika, Australia, Asia, serta Eropa bagian selatan.

Selain dikenal sebagai rumput grinting, Cynodon dactylon juga dikenal sebagai suket grintingan (jawa), kakawatan (sunda), dan sebagainya.

Cynodon dactylon mempunyai terna bertahunan yang berstolon, merumput dengan rimpang bawah tanah menembus tanah hingga kedalaman 1 meter atau lebih. Bahkan ada literatur menjelaskan bahwa Cynodon dactylon bisa menembus hingga 2 meter.

Lamina melancip – memita, berlapis lilin putih keabu – abuan tipis di permukaan bawah, gundul, ataupun berambut pada permukaan atas.

Pelepah daun panjang, halus, berambut ataupun gundul. Ligula terlihat jelas berupa cincin rambut berwarna putih. Bunga tegak, mirip seperti tandan. Bijinya membulat telur, dengan warna kuning hingga kemerahan.

Habitat Cynodon dactylon tumbuh paling bagus pada suhu diatas 24° C. Jenis ini toleran terhadap kekeringan. Suket grintingan tumbuh paling baik pada tanah berdrainase baik, namun toleran terhadap banjir berkepanjangan.

Cynodon dactylon toleran terhadap kisaran pH tanah yang luas, namun pH optimal ialah diatas 5,5. Selain itu, juga toleran terhadap kesuburan tanah yang rendah namun tak toleran terhadap naungan.

Penyebarannya selain dari akar yang bisa membuat rimpang dengan cepat juga bisa melalui buah. Penyebaran lewat buah ini yang bisa meluas.

Jika suket grintingan tumbuh pada lahan kritis serta berpotensi erosi akan memberikan manfaat cukup besar. Akan tetapi, bila tumbuh pada lahan pertanian maka akan jadi gulma cukup merepotkan dalam pengendaliannya.

Bijinya berukuran kecil serta mudah menyebar, bila jatuh pada kawasan pariwisata, ataupun pada taman pekarangan maka dalam waktu dekat akan menggantikan rerumputan yang berada disana.

Baca Juga : Vitamin B1 Green World Hormon Akar Berkualitas Unggulan

·         Alternanthera philoxeroides

Alternanthera philoxeroides memiliki nama lain, yakni kremah air. Jenis gulma kremah air tergolong dalam famili suku Amaranthaceae (bayam – bayaman).

Kremah air merupakan tanaman tahunan. Sistem perakarannya sendiri merupakan akar serabut. Bagian pangkalnya tumbuh menjalar, sementara bagian ujung pangkal tumbuh tegak dengan panjang berkisar ± 50 hingga 100 cm.

Bagian batangnya mempunyai tekstur agak lunak serta memiliki rongga dengan warna batang hijau kemerahan. Sedangkan, untuk bagian daun memiliki panjang ± 10 cm dengan bagian tepi rata serta umumnya muncul bulu – bulu halus.

Pada bagian bunga mempunyai bentuk bongkol. Panjang tangkainya sendiri berkisar ± 1 hingga 5 cm.

Alternanthera philoxeroides merupakan gulma yang berkembang biak secara generatif. Habitatnya berada pada lingkungan berair, seperti air berarus tenang sampai persawahan.

·         Digitaria sp.

Digitaria sp. merupakan spesies gulma yang merupakan tumbuhan asli dari wilayah beriklim tropis serta hangat. Tumbuhan ini ialah rumput ramping monokotil tahunan serta hijau sepanjang tahun, padang rumput, serta tumbuhan makanan ternak.

Spesies Digitaria banyak terdapat di wilayah tropis, subtropis, serta sedang di kedua belahan Bumi.

·         Echinochloa sp.

Echinochloa sp. (jajagoan) merupakan rumput gulma tinggi yang mampu tumbuh cepat. Habitatnya meliputi tempat basah di ladang, lahan pertanian, serta pinggiran jalan.

Jajagoan merupakan gulma yang merusak berbagai tanaman, mengurangi hasil, serta menyebabkan gagal panen tanaman dengan menghilangkan sebagian besar nitrogen dari dalam tanah.

Tingginya kandungan nitrat dalam rumput Echinochloa mampu meracuni hewan ternak yang memakannya. Karena itu, jajagoan perlu untuk diwaspadai.

Obat Rumput Prowl 330 EC Solusi Ampuh Atasi Gulma

obat rumput,prowl 330 ec,basf,herbisida,prowl herbisida
Obat Rumput Prowl 330 EC Solusi Ampuh Atasi Gulma

Supaya serangan gulma bisa teratasi, maka petani harus mencari solusi efektif dalam menghadapinya. Solusi efektif tersebut salah satunya yakni dengan mengaplikasikan produk herbisida unggul berkualitas terbaik.

Di pasaran Indonesia, sudah cukup banyak produk herbisida yang bisa petani dapatkan. Agar lebih mudah, LMGA AGRO kali ini akan merekomendasikan herbisida yang bisa petani gunakan.

Produk herbisida yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan ialah Prowl 330 EC. Mengapa kami merekomendasikan produk obat herbisida Prowl ?? Karena sudah pasti obat rumput Prowl 330 EC sudah terbukti kualitasnya.

Prowl 330 EC merupakan produk herbisida / obat rumput produk terbaik hasil produksi PT BASF Indonesia. Prowl 330 EC ialah obat rumput pra-tumbuh dengan bentuk formulasi berupa pekatan kuning yang bisa diemulsikan. Sementara, bahan aktif utamanya sendiri berupa pendimetalin 330 g/l.

Obat rumput Prowl sudah punya ijin resmi dari Kementan RI. Ijin resmi dari obat herbisida Prowl dari Kementerian Pertanian lewat nomor pendaftaran RI. 0103011991990. Dengan nomor pendaftaran tersebut, obat rumput Prowl bisa beredar secara legal.

Obat rumput Prowl punya beberapa kelebihan, yakni seperti :

·         Pemakaian obat rumput Prowl sangat praktis dan efektif membasmi berbagai jenis gulma

·   Penggunaan obat rumput Prowl terbukti mampu mengendalikan biji gulma, sehingga pemberian pupuk bisa dimanfaatkan tanaman seoptimal mungkin

·     Pengaplikasian obat rumput Prowl pada bawang merah membuat warna bawang merah menjadi lebih merah serta mengkilap, sehingga memperoleh harga jual lebih tinggi

·        Obat rumput Prowl bisa diaplikasikan bersamaan dengan pupuk dasar (dicampurkan urea serta ZA)

Dengan berbagai kelebihan tersebut, maka kualitas obat rumput Prowl telah terbukti. Jadi, tertarik membuktikan sendiri kualitas obat rumput produksi BASF ini ??

Cara Aplikasi Obat Rumput Prowl 330 EC Secara Tepat

Untuk bisa mengatasi gulma secara optimal menggunakan Prowl 330 EC, maka obat Prowl 330 EC harus diaplikasikan dengan dosis dan cara aplikasi secara tepat.

Bila dosis serta cara aplikasi obat herbisida Prowl tidak tepat, maka hasil panen tanaman budidaya menjadi tak maksimal. Cara aplikasi obat rumput Prowl 330 EC secara benar yaitu :

·         Bawang Merah : untuk mengatasi gulma Amaranthus spinosus, Cynodon dactylon, Digitaria sp., dan Alternanthera philoxeroides.

Dosis / konsentrasi formulasi obat herbisida Prowl yakni sebanyak 1,5 – 3 liter/ha. Aplikasikan dengan cara penyemprotan volume tinggi setelah proses pengolahan tanah.

Penyemprotan dilakukan ketika pagi hari saat saat tak ada hujan sampai 1 jam sesudah waktu aplikasi.

·         Kedelai : untuk mengatasi gulma Alternanthera philoxeroides, Cynodon dactylon, dan Amaranthus spinosus. Dosis / konsentrasi formulasi obat herbisida Prowl yakni sebanyak 1,5 – 3 liter/ha.

Aplikasikan dengan cara penyemprotan volume tinggi setelah proses pengolahan tanah. Penyemprotan dilakukan ketika pagi hari saat saat tak ada hujan sampai 1 jam sesudah waktu aplikasi.

·         Padi Sawah : untuk mengatasi gulma Echinochloa sp., teki, dan Fimbristylis littoralis. Dosis / konsentrasi formulasi obat herbisida Prowl yakni sebanyak 1 – 1,5 liter/ha.

  Aplikasikan dengan cara penyemprotan volume tinggi setelah proses pengolahan tanah. Penyemprotan dilakukan ketika pagi hari saat saat tak ada hujan sampai 1 jam sesudah waktu aplikasi.

Baca Juga : Umur Panen Semangka Inul Terbaik

Jual Obat Rumput Prowl 330 EC Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,lmga agro,toko pertanian terdekat
Jual Obat Rumput Prowl 330 EC Harga Terjangkau

Bila pembaca sedang mencari produk obat rumput Prowl 330 EC, maka LMGA AGRO merupakan jawabannya. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO tempat terbaik karena menjual obat herbisida Prowl 330 EC unggul dengan harga cukup terjangkau.

Kualitas obat pestisida Prowl yang LMGA AGRO jual telah terbukti memberikan hasil nyata untuk konsumen. Sehingga, konsumen tak usah lagi meragukan kualitas obat herbisida Prowl 330 EC.

LMGA AGRO jual obat rumput Prowl 330 EC dalam 2 varian, yakni kemasan botol berisi bersih 250 ml serta 500 ml. Prowl obat rumput produk BASF yang LMGA AGRO jual telah terjamin keasliannya serta sudah memperlihatkan hasil nyata pada konsumen.

Toko online LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan obat pestisida Prowl 330 EC hingga sampai ke tangan konsumen. Kami bekerja sama dengan mitra pengiriman terpercaya supaya pesanan obat pestisida Prowl 330 EC sampai ke alamat tujuan.

Mitra pengiriman dari LMGA AGRO contohnya yakni Pos Indonesia, KI8, JNE, serta JNT. Nama – nama rekanan pengiriman kami telah teruji kualitasnya, sehingga semua pesanan obat rumput Prowl maupun pesanan lainnya pasti sampai ke tujuan.

Jadi, tunggu apalagi sekarang ? Meluncur saja segera ke laman produk obat herbisida Prowl 330 EC dan order segera sebelum Anda tak kebagian !!

Nah, itulah dia artikel bertema obat rumput Prowl ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat dan memberikan berbagai dampak positif untuk seluruh pembaca.

Bila masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Obat Rumput Prowl Unggulan Petani Terbaik Atasi Gulma ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon yang sudah tertera diatas. Salam sukses selalu.

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.