BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/03/2023

Read

Bibit Jagung Terbaik Cocok Petani Tanam - LMGA AGRO

bibit jagung terbaik,bibit,jagung,terbaik,bibit jagung
Bibit Jagung Terbaik

Bibit Jagung Terbaik Cocok Petani Tanam. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual beraneka macam kebutuhan pertanian harga diskon hingga promo.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO merupakan agen, reseller, dropshipper, distributor, dan supplier berbagai kebutuhan pertanian terlengkap. Kami memiliki reputasi terpercaya dan sudah melayani pengiriman ke seluruh Indonesia.

Ingin membeli produk pertanian dari LMGA AGRO ? Segera hubungi kami dan dapatkan kebutuhan pertanian berkualitas terbaik harga murah di LMGA AGRO.

Bibit jagung terbaik bisa Anda beli dari LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit jagung terbaik dari berbagai produsen dengan jaminan original. Dapatkan segera bibit jagung terbaik harga murah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Jagung (Zea mays) sekarang menjelma menjadi salah satu jajaran tanaman pangan penting di Indonesia. Sebagai salah satu komoditi tanaman pangan unggulan, tentu harga jualnya termasuk menjanjikan.

Tanaman pangan ini sendiri sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai macam produk olahan makanan. Olahan makanan tersebut semisal seperti makanan ringan dan makanan berat berbahan dasar dari jagung.

Kementerian Pertanian sebagai lembaga Pemerintah yang bertanggung jawab pada sektor pertanian telah memastikan ketersediaan pangan telah cukup untuk memenuhi kebutuhan Nasional.

Salah satunya ialah dengan cara menggenjot produksi jagung supaya tetap aman serta produksinya bisa surplus. 

Ada pula beberapa daerah di Indonesia yang jadi daerah sentra penghasil jagung. Contohnya saja yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, Sulawesi Selatan, dan sebagainya. 

Hingga sekarang saja sudah banyak beraneka ragam pemanfaatan jagung menjadi berbagai macam bentuk. Bentuk pemanfaatan jagung itu contohnya berupa :

  • Bahan Pangan

Untuk sebagian masyarakat Indonesia, jagung sudah jadi sebagai salah satu makanan pokok sehari – hari. Biasanya jagung diolah menjadi berbagai macam masakan, contohnya seperti bubur, tortilla, bihun, serta mie.

  • Bahan Baku Industri

Di pasaran Indonesia telah banyak sekali beraneka produk industri olahan dengan bahan dasar berupa jagung. Produk olahan berbahan dasar jagung umumnya berasal dari industri berskala kecil hingga berskala besar.

Industri olahan jagung pun secara umum terbagi menjadi 3 jenis. 3 jenis industri itu yakni industri giling kering, giling basah, serta industri destilasi dan fermentasi.

Hasil olahan industri giling kering yakni contohnya berupa tepung. Hasil olahan industri giling basah yaitu berupa gula, sirup, minyak, dextrin, dan sebagainya.

Sementara itu, industri destilasi dan fermentasi bisa menghasilkan berbagai macam produk olahan. Produk olahan itu contohnya seperti gliserol, etil alcohol, bioetanol, asam laktat, asam sitrat, dan lainnya.

  • Pakan Ternak

Bagi sebagian besar peternak, jagung termasuk banyak dimanfaatkan sebagai pakan hewan ternaknya. Justru, peternak di pedesaan (sebagian besar) malah menggunakannya sebagai pakan utama bagi hewan ternaknya.

Biasanya, jagung itu peternak campur bersama dengan bahan makanan lain yang ternak butuhkan. Campuran itu berupa sayur, ikan, sorgum, dedak, dan sebagainya.

Contoh hewan ternak banyak diberikan pakan berupa jagung yakni seperti ayam, itik, serta burung puyuh.

Baca Juga : Jual Benih Cabe Columbus Bisi Cap Kapal Terbang

Ancaman Hama Dan Penyakit Dalam Budidaya Jagung

ancaman,hama,penyakit,budidaya,budidaya jagung
Ancaman Hama Dan Penyakit Dalam Budidaya Jagung

Seringkali saat menanam jagung muncul gangguan yang membuat petani terhambat dalam membudidayakan jagung. Bila tidak segera tertangani, tak jarang gangguan tersebut membuat petani mengalami kerugian lebih besar.

Oleh karena itu, maka petani harus mewaspadai serangan hama serta penyakit ketika menanam tanaman pangan ini.

Beberapa contoh ancaman hama serta penyakit yang perlu diwaspadai dalam budidaya jagung yaitu :

  • Busuk Pelepah

Penyakit busuk pelepah diakibatkan oleh cendawan / jamur Rhizoctonia solani. Jamur ini mampu bertahan hidup pada tanah dalam sisa – sisa tanaman yang terinfeksi ataupun rumput liar.

Pada kelembaban serta suhu yang mendukung (suhu 15 – 35° C) pada awal musim tanam, pertumbuhan cendawan akan berlanjut serta mengincar tanaman inang yang baru dibudidayakan.

Pada tingkat kelembaban relatif ± 70 %, perkembangan penyakit bisa diabaikan ataupun tak ada. Sementara pada kelembaban relatif 90 – 100 % terjadi dalam tingkat penyakit yang paling tinggi.

Cendawan ini menyebar melalui media air irigasi, banjir, serta perpindahan tanah yang terkontaminasi pada alat ataupun pakaian. Penyakit ini lebih banyak terjadi dalam cuaca lembab serta panas di daerah tropis serta subtropis.

Penyakit busuk pelepah muncul pada tahap menjelang berbunga pada tanaman berumur 40 – 50 hari, namun bisa pula terjadi pada tanaman yang lebih muda.

Gejala timbul pada daun, pelepah, serta tangkai, lalu kemudian bisa menyebar ke bagian bonggol. Pada daun serta pelepah, nampak sejumlah bercak serta lingkaran konsentris berair, seringkali berwarna coklat, sawo matang, ataupun abu – abu.

Umumnya, gejala awal muncul pada pelepah daun pertama serta kedua diatas tanah. Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan sejenis kapas berwarna coklat muda dengan bintik kecil, bulat berwarna hitam muncul pada jaringan terinfeksi lalu menyebar ke bonggol.

Bonggol yang sedang berkembang pun dapat rusak seluruhnya serta kering sebelum waktunya karena mengalami keretakan pada kulit jagung.

Parahnya penyakit busuk pelepah tergantung pada tahap perkembangan bonggol saat infeksi. Bila bibit terpengaruh, titik tumbuh akan mati serta semua tanaman dapat rusak dalam waktu 1 minggu saja.

  • Kerdil Fitoplasma

Penyakit kerdil fitoplasma terjadi karena infeksi bakteri Phytoplasma asteris. Patogen bakteri ini umumnya menyebar melalui perantara hama wereng, salah satunya wereng Macrosteles quadrilineatus.

Patogen bakteri juga ditularkan lewat bahan tanaman yang terinfeksi (bibit ataupun cangkokan), namun tak melalui benih. Wereng daun ini juga bisa menularkan patogen bakteri ke sejumlah tanaman inang lainnya.

Suhu tinggi berkontribusi pada memburuknya gejala, sedangkan cuaca dingin umumnya tak berpengaruh. Infeksi dini juga jauh lebih buruk terhadap gejala serta konsekuensinya terhadap hasil panen.

Keparahan gejala penyakit kerdil fitoplasma bergantung pada varietas tanaman jantung serta tahapan infeksi. Umumnya, menguningnya tepian daun yang masih menggulung serta warna merah pada daun lebih tua ialah tanda – tanda pertama infeksi P. Asteris pada jagung.

Gejala – gejala ini meningkat saat penyakit berkembang, serta akhirnya tepian daun seringkali terlihat sobek ataupun tercabik.

Tanaman nampak lebat karena banyak tunas serta anakan tambahan yang muncul. Pemendekan ruas serta kerdilnya ukuran tanaman menjadi jelas.

Malai (perbungaan jantan) seringkali tak terbentuk ataupun mandul. Tanaman tak memiliki tongkol ataupun malah terjadi pertumbuhan tongkol yang abnormal serta sangat banyak yang menghasilkan biji sedikit ataupun tak ada sama sekali.

  • Ulat Grayak

Ulat grayak (Mythimna separata) bentuk dewasanya berupa ngengat dewasa berwarna coklat muda sampai kemerahan dengan lebar sayap 4 hingga 5 cm serta mempunyai rambut di dadanya.

Sayap depannya berwarna kuning keabu – abuan serta dengan bercak hitam terpencar, dan mempunyai tepian tak jelas pada bagian tengah. Sayap belakangnya memiliki warna kelabu kebiruan berurat gelap dan tepian luar yang juga berwarna gelap.

Ngengat dewasa akan aktif ketika malam hari serta sangat tertarik pada cahaya. Sang betina bertelur di bawah daun, dengan warna telur berwarna krem pucat.

Mereka bisa bertahan lebih baik serta menghasilkan lebih banyak telur saat suhunya > 15° C. Ulat grayak ini punya tubuh kekar serta umumnya berwarna hijau pucat sampai kecoklatan.

Di sepanjang tubuhnya mereka memiliki garis memanjang dan pada sisi tubuhnya terdapat garis yang terpecah menjadi bercak berwarna hitam.

Mereka aktif ketika malam hari serta tumbuh subur di lahan yang dipupuk secara baik. Ulat grayak memakan bibit muda maupun daun. Pada tahap berikutnya, mereka akan menyerang tongkol muda.

Namun, ulat grayak umumnya lebih suka memakan ujung serta tepian daun, serta memamah biak ke arah pelepah, membuat daun nampak seperti gergaji.

Kotoran bekas galian yang basah serta bergaris – garis coklat bisa terlihat di dekat kerusakan bekas gigitan. Penggundulan tanaman bisa terjadi ketika populasi ulat grayak sangat tinggi.

Sesudah menggunduli 1 tanaman, mereka bermigrasi dalam kelompok besar ke lahan lainnya. Inang alternatif seperti rumput juga bisa mendukung penyebaran hama ulat grayak.

  • Ulat Tongkol

Ulat tongkol melewati musim dingin sebagai kepompong di dalam tanah berkedalaman 5 sampai 10 cm. Ngengat dewasa yang kuat mulai muncul dan aktif ketika sore dan malam hari, terutama bila terjadi peningkatan suhu.

Sayap depan mereka berwarna coklat muda, kadang bernuansa seperti kuning langsat. Betina meletakkan telur berwarna putih berbentuk kubah secara sendiri – sendiri pada rambut jagung ataupun dedaunan.

Larva mempunyai warna beragam, berbulu, serta mempunyai panjang ± 3,7 mm. Mereka mempunyai kepala berwarna coklat ataupun oranye serta tubuhnya tertutupi bercak – bercak hitam kecil yang hampir sama dengan duri.

Pada bagian sayapnya, ketika mereka dewasa akan terbentuk 2 garis kekuningan. Ulat tongkol lebih menggemari tahap berbuah inang namun juga dapat menyerang bagian daun.

Larva memakan rambutan jagung lalu menggali ke dalam tongkol, dimana mereka mulai memakan biji. Mereka bisa terlihat memamah biak di sekitar ataupun di bawah tongkol, meninggalkan jejak biji yang rusak serta menyisakan garis panjang kotoran bekas galian berwarna coklat.

Ulat tongkol bersifat kanibal, sehingga umumnya hanya ada 1 per tongkol. Banyak muncul lubang tak beraturan pada ujung tongkol dan bilah daun yang sedang berkembang.

Oleh karena mereka menggerogoti struktur bunga serta biji serta mengganggu penyerbukan serta pembentukan biji, hasil panen bisa sangat berpengaruh. Kerusakan yang dihasilkan menciptakan lingkungan ideal untuk infeksi penyakit lainnya.

Baca Juga : Benih Melon Unggul Cocok Petani Tanam

Bibit Jagung Terbaik Berkualitas Unggulan

tanaman,tanaman jagung,budidaya tanaman jagung,petani,bertani
Bibit Jagung Terbaik Berkualitas Unggulan

Supaya bisa terhindar dari ancaman gangguan diatas dan bisa menghasilkan hasil panen menjadi lebih banyak, petani membutuhkan bibit berkualitas terbaik. Dengan cara tersebut, maka petani dapat memperoleh keuntungan secara maksimal.

Ada cukup banyak produk bibit jagung terbaik yang bisa menjadi referensi pilihan untuk petani. Produsennya pun beragam dan kualitasnya pun juga cukup beragam.

Oleh karena itu, LMGA AGRO akan membantu dengan merekomendasikan produk bibit berkualitas terbaik.

Beberapa contoh produk bibit terbaik rekomendasi LMGA AGRO yakni seperti :

  • Bisi 79 F1

Bisi 79 F1 merupakan produk bibit jagung hibrida terbaik hasil keluaran dari PT Bisi International, Tbk. Bibit jagung Bisi 79 cocok petani manfaatkan karena kualitasnya terbukti terbaik.

Produk bibit terbaik Bisi 79 F1 sudah mempunyai perijinan resmi yang berasal dari Kementerian Pertanian RI. Dengan adanya perijinan resmi tersebut, maka Bisi 79 Cap Kapal Terbang sudah bisa beredar secara legal.

Bibit jagung Bisi 79 mempunyai aneka ragam kelebihan. Kelebihan tersebut contohnya seperti hasil rendemen termasuk tinggi dan kualitasnya tergolong terbaik.

Aneka ragam kelebihan tersebut membuat produk Bisi 79 F1 sangat cocok petani pergunakan. Bibit jagung terbaik Bisi 79 sangat mudah konsumen dapatkan, sehingga tidak sulit saat mencarinya.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual produk bibit jagung terbaik unggulan Bisi ini. Kami menjualnya dalam kemasan sachet berisi bersih 1 kg jaminan original dari produsennya.

Segera order bibit terbaik Bisi 79 Cap Kapal Terbang berkualitas unggul hanya di LMGA AGRO.

  • Bisi 18 F1

Bisi 18 F1 merupakan produk bibit jagung hibrida terbaik hasil keluaran dari PT Bisi International, Tbk. Bibit jagung Bisi 18 cocok petani manfaatkan karena kualitasnya terbukti terbaik.

Produk bibit terbaik Bisi 18 F1 sudah mempunyai perijinan resmi yang berasal dari Kementerian Pertanian RI. Dengan adanya perijinan resmi tersebut, maka Bisi 18 Cap Kapal Terbang sudah bisa beredar secara legal.

Bibit jagung Bisi 18 mempunyai aneka ragam kelebihan. Kelebihan tersebut contohnya seperti potensi hasil panennya tinggi dan kualitasnya tergolong terbaik.

Aneka ragam kelebihan tersebut membuat produk Bisi 18 F1 sangat cocok petani pergunakan. Bibit jagung terbaik Bisi 18 sangat mudah konsumen dapatkan, sehingga tidak sulit saat mencarinya.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual produk bibit jagung terbaik unggulan Bisi ini. Kami menjualnya dalam kemasan sachet berisi bersih 1 kg jaminan original dari produsennya.

Segera order bibit terbaik Bisi 18 Cap Kapal Terbang berkualitas unggul hanya di LMGA AGRO.

  • NK 6172 F1

NK 6172 F1 atau lebih dikenal sebagai NK Perkasa merupakan produk bibit jagung hibrida terbaik hasil keluaran dari PT Syngenta Seed. Bibit jagung NK Perkasa cocok petani manfaatkan karena kualitasnya terbukti terbaik.

Produk bibit terbaik NK 6172 F1 sudah mempunyai perijinan resmi yang berasal dari Kementerian Pertanian RI. Dengan adanya perijinan resmi tersebut, maka NK Perkasa Syngenta sudah bisa beredar secara legal.

Bibit jagung NK Perkasa mempunyai aneka ragam kelebihan. Kelebihan tersebut contohnya seperti besar tongkolnya seragam dan kualitasnya tergolong terbaik.

Aneka ragam kelebihan tersebut membuat produk NK Perkasa F1 sangat cocok petani pergunakan. Bibit jagung terbaik NK 6172 F1 sangat mudah konsumen dapatkan, sehingga tidak sulit saat mencarinya.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual produk bibit jagung terbaik unggulan Syngenta Seed ini. Kami menjualnya dalam kemasan sachet berisi bersih 1 kg jaminan original dari produsennya.

Segera order bibit terbaik NK 6172 Syngenta Seed berkualitas unggul hanya di LMGA AGRO.

  • Pertiwi 3 F1

Pertiwi 3 F1 merupakan produk bibit jagung hibrida terbaik hasil keluaran dari PT Agri Makmur Pertiwi. Bibit jagung Pertiwi 3 cocok petani manfaatkan karena kualitasnya terbukti terbaik.

Produk bibit terbaik Pertiwi 3 F1 sudah mempunyai perijinan resmi yang berasal dari Kementerian Pertanian RI. Dengan adanya perijinan resmi tersebut, maka Pertiwi 3 Cap Benih Pertiwi sudah bisa beredar secara legal.

Bibit jagung Pertiwi 3 mempunyai aneka ragam kelebihan. Kelebihan tersebut contohnya seperti tahan penyakit busuk tongkol dan kualitasnya tergolong terbaik.

Aneka ragam kelebihan tersebut membuat produk Pertiwi 3 F1 sangat cocok petani pergunakan. Bibit jagung terbaik Pertiwi 3 F1 sangat mudah konsumen dapatkan, sehingga tidak sulit saat mencarinya.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual produk bibit jagung terbaik unggulan Benih Pertiwi ini. Kami menjualnya dalam kemasan sachet berisi bersih 1 kg jaminan original dari produsennya.

Segera order bibit terbaik Pertiwi 3 Cap Benih Pertiwi berkualitas unggul hanya di LMGA AGRO.

Baca Juga : Katalog Benih Pare Dan Gambas LMGA AGRO

Jual Bibit Jagung Terbaik Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Jagung Terbaik Harga Murah

Bila pembaca sedang mencari produk bibit jagung terbaik, LMGA AGRO merupakan jawabannya. LMGA AGRO merupakan tempat terbaik yang menjual bibit jagung berkualitas terbaik di pasaran.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO menjamin bibit jagung terbaik yang dijual terjamin original dari produsen. 

Selain itu, LMGA AGRO juga memiliki tips dan trik terbaik dalam memaksimalkan budidaya jagung. Dengan begitu, maka nantinya tanaman dapat membuahkan hasil panen dengan kualitas terbaik.

Produk – produk bibit jagung terbaik rekomendasi LMGA AGRO sudah lama beredar dan kualitasnya sudah teruji di lapangan. Sehingga, dengan hal tersebut petani tak usah meragukan kualitas bibit terbaik yang LMGA AGRO jual.

Untuk memastikan pesanan bibit jagung terbaik sampai ke tangan konsumen, maka LMGA AGRO bekerjasama dengan mitra pengiriman terpercaya.

Beberapa contoh mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan yakni seperti KI8, JNE, Pos Indonesia, dan juga JNT. Dengan menggunakan jasa mitra pengiriman tersebut, maka pesanan bibit jagung terbaik maupun pesanan produk pertanian lainnya terjamin sampai ke konsumen.

Ingin membeli produk bibit jagung terbaik maupun produk pertanian lainnya ? Segera hubungi LMGA AGRO dan pesan bibit jagung terbaik ataupun produk lainnya lalu buktikan sendiri kualitasnya !!

Nah, itulah dia artikel bertema bibit jagung terbaik ini kami tulis dan sampaikan kepada seluruh pembaca. Semoga bisa bermanfaat untuk seluruh pembaca.

Bila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Jagung Terbaik Cocok Petani Tanam ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses terus dan sampai bertemu kembali dalam artikel – artikel baru kami selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.