BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/03/2023

Read

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe Secara Efektif - LMGA AGRO

cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe,cara,mempercepat,pertumbuhan,tanaman
Mempercepat Pertumbuhan Cabe

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe Secara Efektif. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO ialah toko tani online yang jual berbagai macam kebutuhan tani terlengkap harga terjamin terjangkau.

Toko online LMGA AGRO ialah toko pertanian terdekat yang berlokasi di Kediri, Jawa Timur. Kami mempunyai reputasi terpercaya serta juga konsumen yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

LMGA AGRO berani memberi jaminan jika pesanan produk pertanian yang kami kirimkan terjamin sampai ke alamat tujuan. Dapatkan segera kebutuhan pertanian Anda hanya melalui LMGA AGRO lalu buktikan sendiri kualitasnya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan cabe. Cara mempercepat pertumbuhan cabe bisa LMGA AGRO berikan untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Dapatkan tips serta cara – cara dalam mempercepat pertumbuhan cabe hanya dari LMGA AGRO.

Masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengkonsumsi berbagai macam makanan, salah satunya merupakan makanan dengan cita rasa pedas. Hal itu telah menjadi rahasia umum serta seolah sudah jadi kebiasaan rutin bagi penduduk Indonesia.

Cita rasa pedas dari makanan Indonesia biasanya berasal dari cabai. Selain bisa menambahkan nafsu makan, cita rasa pedas pun juga bisa membuat makanan menjadi nikmat juga lezat saat dikonsumsi.

Cabai ialah salah satu rempah – rempah berlimpah di Nusantara sejak zaman dahulu. Tetapi, berdasarkan catatan sejarah tumbuhan ini bukanlah tanaman asli dari Indonesia.

Berdasarkan catatan para ahli, cabai merupakan tanaman asli benua Amerika, tepatnya dari daerah Amerika Selatan. Pelaut dari Spanyol serta Portugis yang menyebarkannya ke Asia Tenggara di abad ke 16.

Aneka ragam nutrisi ada di dalam buah cabe. Contoh nutrisi tersebut yakni seperti kalium, karbohidrat, protein, zat besi, lemak, vitamin C, dan sebagainya. 

Selain memiliki aneka nutrisi baik untuk tubuh, cabai tergolong punya nilai jual menjanjikan di pasaran. Namun, harga jual menjanjikan itu hanya bisa diperoleh dari budidaya cabai secara tepat mulai awal hingga akhir.

Baca Juga : Zat Pembasmi Jamur Fungisida Bayer Trivia 73 WP

Peluang Agribisnis Menjanjikan Budidaya Cabe

peluang,agribisnis,agrobisnis,cabe,budidaya
Peluang Agribisnis Menjanjikan Budidaya Cabe

Dari penjelasan sebelumnya, tentu dapat disimpulkan jika peluang agribisnis cabe mempunyai prospek menguntungkan. Bila Anda tertarik, LMGA AGRO siap membantu Anda dalam proses pembudidayaan cabai.

Kami siap membantu dengan cara memberi tahapan budidaya cabe secara tepat sejak awal hingga akhir. Tetapi, sebelum memulai proses budidaya ada beberapa persiapan yang harus disiapkan lebih dulu.

Contohnya saja seperti jenis benih apa yang akan Anda budidayakan nantinya. Bila semua sudah siap, maka Anda sudah bisa untuk memulai proses budidaya cabe.

Cara budidaya cabe secara tepat mulai awal hingga akhir yakni seperti :

Persiapan Lahan Tanam

Bersihkanlah lahan tanam lebih dulu dari kerikil, batu, gulma, dan lainnya hingga bersih. Bila kondisi telah benar – benar bersih, maka berikutnya Anda harus mengolah lahan tanam.

Olahlah lahan tanam hingga kondisinya benar – benar gembur dengan memakai cangkul. Bila tanah lahan tanam sudah gembur, maka langkah selanjutnya adalah membuat bedengan pada lahan tanam.

Buatlah bedengan rincian ukuran tinggi ± 30 – 40 cm, lebar ± 100 cm, serta juga panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Beri jarak setiap 1 bedengan dengan bedengan lainnya sekitar ± 60 cm. Jangan lupa juga untuk membuatkan saluran drainase di sekitar bedengan.

Hal itu bertujuan agar memudahkan dalam proses pemeliharaan juga mencegah timbulnya genangan air pada bedengan.

Selanjutnya, ukurlah tingkat keasaman tanah lahan tanam. Bila tingkat pH tanah terlalu asam, netralkan dengan mengaplikasikan kapur pertanian / dolomite dalam dosis cukup.

Selanjutnya, pakailah mulsa plastik untuk menutupi bedengan. Jika bedengan sudah tertutupi oleh mulsa plastik, kemudian buat lubang tanam pada bedengan. Buat sebanyak 2 baris lubang tanam secara zig zag sedalam ± 10 cm di setiap bedengan.

Penyemaian Benih

Supaya bisa mendapatkan bibit berkualitas unggul, maka Anda harus melakukan tahapan penyemaian benih. Selain dapat mendapatkan bibit berkualitas unggul, penyemaian juga dapat memiiki manfaat lainnya.

Contohnya saja seperti mengurangi tingkat kematian tanaman, mempersiapkan bibit dengan kondisi lahan tanam, melindungi dari cuaca, dan lainnya.

Untuk memulai proses penyemaian, siapkan terlebih dulu media semai berupa campuran tanah halus dengan pupuk kompos / kandang.

Kemudian, masukkan sebanyak 1 benih untuk setiap lubang semai serta siramilah setiap pagi hari secukupnya. Nah, bila bibit telah memiliki 3 hingga 4 helai daun, maka proses penyemaian telah bisa Anda akhiri.

Penanaman

Bibit yang telah siap tanam biasanya mempunyai 3 hingga 4 helai daun. Ambil bibit yang telah siap tanam, kemudian masukkan bibit ke dalam lubang tanam lalu tutupi memakai tanah sekitarnya.  Terakhir, siramilah dengan air secukupnya.

Pemeliharaan

Pertama, sulami bibit yang mengalami kerusakan ataupun telah mengalami kematian. Proses penyulaman bibit ini sudah dapat dilakukan saat telah berumur ± 2 minggu.

Jangan lupa juga untuk melakukan penyiraman bibit setiap hari secara rutin. Lakukanlah secara rutin, terlebih ketika musim kemarau. Jika sistem perakaran sudah kuat juga cukup dalam, maka proses penyiraman dapat dilakukan tiap 3 hari sekali.

Nah, jika mulai muncul gulma di sekeliling tanaman cabai, maka Anda perlu menyiangi gulma secara rutin. Selanjutnya adalah proses pemupukan. Dalam proses ini, gunakan pupuk sesuai kebutuhan Anda.

Pastikan Anda mengaplikasikannya menggunakan prinsip tepat dosis juga waktu. Hal tersebut bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi cabai.

Pengendalian OPT Terganggu

Serangan OPT tentu saja menyebabkan berbagai kerusakan, entah kerusakan kecil hingga kerusakan besar. Karena itu OPT (organisme pengganggu tanaman) harus diwaspadai serangannya serta perlu dikendalikan agar tak menyebabkan kerusakan lebih parah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan serangan opt. Contohnya saja seperti dengan merotasi tanaman, melakukan penyiangan gulma secara teratur, mengaplikasikan pestisida, dan lainnya.

Beberapa contoh opt yang harus diwaspadai ketika membudidayakan tanaman cabe yaitu :

1. Busuk Batang

Infeksi cendawan Sclerotinia sclerotiorum merupakan penyebab terjadinya penyakit busuk batang. Jamur ini mampu bertahan hidup dalam waktu lama dalam sisa – sisa tanaman ataupun dalam tanah sebagai sclerotia yang sedang tidur.

Siklus hidupnya sebagian besar terjadi di dalam tanah. Saat kondisi lingkungan mendukung, ia akan melanjutkan pertumbuhannya pada bahan organik serta terkadang menyerang jaringan tumbuhan.

Saat jamur menyerang semua bagian tanaman, benih juga akan mengandung patogen (baik pada kulit biji maupun secara internal).

Kumpulan baru spora yang diproduksi pada tanaman pun akan beterbangan ke udara. Iklim mikro yang lembab pada bagian bawah kanopi makin mendukung tersebarnya spora ke bagian batang.

Perkembangan awal membutuhkan basahnya daun selama beberapa jam serta suhu berkisar 15 sampai 24° C. Hadirnya unsur hara eksogen juga makin mendukung tumbuhnya cendawan.

Gejala awal berupa munculnya bercak basah berbentuk tak beraturan pada tangkai daun, daun, serta buah. Saat bercak membesar, daerah yang terkena tertutupi jamur berkapas putih dalam jumlah banyak.

Pada tahap berikutnya, tersebar menjadi struktur reproduksi seperti kutil kelabu atau hitam yang bisa terlihat (sclerotia).

Lesi kering bisa berkembang pada bagian pangkal serta cabang, terbatasi jelas dengan jaringan sehat. Pada beberapa spesies, lesi kering nampak cukup mencolok pada bagian mahkota dasar.

Selama tahapan berikutnya, jamur akan mengelilingi batang juga bagian atas tanaman cenderung layu, kemudian berubah kecoklatan serta mati.

Sclerotia terbentuk di dalam batang kemudian menggantikan jaringan tanaman. Hal itu mampu mengakibatkan tanaman roboh kemudian mati.

Polong juga benih yang telah terinfeksi mampu menyusut maupun tergantikan oleh tumbuhnya cendawan hitam.

2. Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera frugiperda) mempunyai tubuh berwarna coklat muda ataupun hijau mendekati hitam bergaris memanjang di sepanjang sisi tubuhnya.

Bentuk dewasanya yakni berupa ngengat bersayap depan coklat berbintik serta bersayap belakang putih transparan. Tiap sayap depan memiliki titik keputihan yang bisa terlihat dekat ujung paling atas.

Makanan serta suhu menjadi penentu berapa lama fase siklus hidup berbeda – beda. Larva ulat grayak mengakibatkan berbagai kerusakan dengan cara memakan seluruh bagian tanaman.

Sedangkan, larva muda awalnya memakan jaringan daun dari 1 sisi saja, namun membiarkan sisi lainnya tetap utuh (window feeding).

Bibit mampu dimakan hingga mencapai tunas serta titik tumbuhnya mengalami kerusakan. Larva berukuran lebih besar meninggalkan rentetan lubang kecil khas, tepian kasar pada daun, serta kotorannya.

Larva pun juga dapat melukai pangkal tanaman maupun menyerang struktur reproduktif serta juga buah muda. Dalam tingkat serangan parah, larva ulat grayak bisa mengakibatkan kerontokan meluas.

3. Bercak Bakteri

Infeksi bakteri dari genus Xanthomonas merupakan penyebab terjadinya penyakit bercak bakteri. Patogen bakteri ini menjadi salah satu bakteri paling berbahaya untuk berbagai tanaman.

Bakteri Xanthomonas bertahan hidup pada gulma tertentu dan menyatu bersama benih (baik secara internal maupun eksternal). Penyebarannya sendiri terjadi lewat media seperti air hujan atau irigasi pancur.

Bakteri menginfeksi dengan cara masuk ke dalam tanaman melalui pori – pori serta luka daun. Suhu terbaik untuk perkembangannya yakni berkisar pada suhu 25 sampai 30° C.

Gejala awal penyakit bercak bakteri yakni pada daun muda terdapat luka kecil kuning kehijauan (umumnya terlihat cacat juga menggulung).

Sementara, pada daun lebih tua gejalanya yakni lukanya agak membengkak, berminyak, warnanya hijau gelap, juga sering dikelilingi lingkaran kuning. Luka – luka tersebut bisa banyak berkumpul pada ujung maupun pinggiran daun.

Pada akhirnya, bintik – bintik itu nampak seperti lubang bekas tembakan karena bagian tengahnya jadi kering lalu hancur.

Kemunculan bintik – bintik pada buah berawal dengan adanya warna hijau pucat juga area yang nampak berair. Lalu, akhirnya menjadi kasar, berkeropeng, serta memiliki warna coklat.

Pemanenan

Tahapan pemanenan merupakan tahapan terakhir dari proses budidaya tanaman cabe. Proses ini sudah bisa dilakukan bila sudah muncul ciri – ciri tertentu.

Ciri – ciri itu yaitu seperti bentuk buah padat dan utuh, warnanya berubah kuning kemerahan, dan sebagainya.

Cara pemanenannya yaitu dengan cara dipetik bersama dengan bagian tangkai buahnya. Petiklah buah cabai yang siap panen secara hati – hati.

Proses pemetikan dengan cara tersebut punya tujuan agar buah tidak membusuk. Pastikan agar Anda memetik secara hati – hati supaya ranting / cabang tidak patah karena pemetikan.

Baca Juga : Bibit Cabai Rimbun 3 Cap Kapal Terbang Produksi Bisi

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe

budidaya cabe,cabai,budidaya cabai,agrobisnis cabe,agribisnis cabe
Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe

Tentu Anda ataupun banyak petani mengharapkan agar pertumbuhan tanaman cabe yang Anda tanam bisa lebih cepat. Jika pertumbuhan cabe lebih cepat, tentunya petani bisa pula memperoleh hasil panen lebih cepat.

Tentu untuk bisa melakukan hal tersebut maka perlu cara – cara tepat untuk bisa mempercepat pertumbuhan cabai. Beberapa cara – cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan cabe yakni seperti :

Mempercepat pertumbuhan cabai dengan melakukan pemupukan secara teratur

Cara pertama yakni dengan melakukan pemupukan secara teratur bisa membantu dalam mempercepat pertumbuhan tanaman cabe. Terlebih lagi, cara ini juga lebih praktis dan mudah serta mempunyai banyak manfaat lainnya.

Dengan begitu, maka nantinya petani bisa mendapatkan berbagai manfaat dari cara pemupukan secara teratur. Beberapa contoh pupuk yang bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan cabe yakni seperti :

1. NPK Mutiara

NPK Mutiara merupakan produk pupuk berkualitas terbaik dan mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe.

Produk pupuk unggul NPK Mutiara bentuknya berupa butiran dengan 2 macam bahan aktif. 2 macam bahan aktif tersebut yakni berupa nitrat nitrogen (NO3) dan amonium nitrogen (NH4).

Produk pupuk unggul NPK Mutiara 16 – 16 – 16 merupakan keluaran dari PT Meroke Tetap Jaya. NPK Mutiara 16 – 16 – 16 sudah terdaftar resmi dan tercatat dalam data Kementan RI.

NPK Mutiara 16 – 16 – 16 cocok petani cabe gunakan karena mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe, sehingga petani tak perlu ragu menggunakannya.

Bila pembaca merasa tertarik membeli pupuk NPK Mutiara, toko online kami menjualnya. Pupuk NPK Mutiara LMGA AGRO jual dalam kemasan sachet berisi bersih 1 kg.

2. Ultradap

Ultradap merupakan produk pupuk berkualitas terbaik dan mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe.

Produk pupuk unggul Ultradap bentuknya berupa butiran kristal dengan 2 macam bahan aktif. 2 macam bahan aktif tersebut yakni berupa phosphate (P2O5) 60 % dan nitrogen (N) 12 %.

Produk pupuk unggulan Ultradap Pak Tani ialah produk impor yang didistribusikan oleh CV Saprotan Utama. Ultradap Pak Tani pun sudah terdaftar resmi dan tercatat dalam data Kementan RI.

Ultradap cocok petani cabe gunakan karena mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe, sehingga petani tak perlu ragu menggunakannya.

Bila pembaca merasa tertarik membeli pupuk Ultradap, toko online kami menjualnya. Pupuk Ultradap LMGA AGRO jual dalam kemasan sachet berisi bersih 1 kg.

Mempercepat pertumbuhan cabai dengan menggunakan ZPT

Pengaplikasian zpt (zat pengatur tumbuh) juga bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk mempercepat pertumbuhan tanaman cabe. Cara ini bisa Anda manfaatkan dan produknya sendiri juga mudah diperoleh dari toko pertanian terdekat (seperti LMGA AGRO).

Beberapa contoh zpt yang bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan cabe yakni seperti :

1. Atonik 6.5 L

Atonik 6.5 L merupakan produk zat pengatur tumbuh berkualitas terbaik dan mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe.

Produk zpt unggul Atonik 6.5 L bentuknya berupa larutan dalam air berwarna coklat tua berbau khas dengan 4 macam bahan aktif.

4 macam bahan aktif tersebut yakni berupa natrium 2,4 dinitrofenol 0,5 g/l, natrium para-nitrofenol 3.0 g/l, natrium orto-nitrofenol, dan natrium 5-nitroguaiakol 1.0 g/l.

Produk zpt terbaik Atonik 6.5 L merupakan keluaran dari PT Kalatham. Atonik 6.5 L sudah terdaftar lewat no. pendaftaran RI. 0104011982561 melalui data Kementan RI.

Atonik 6.5 L cocok petani cabe gunakan karena mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe, sehingga petani tak perlu ragu menggunakannya.

Bila pembaca merasa tertarik membeli zpt Atonik 6.5 L, toko online kami menjualnya. Zat pengatur tumbuh Atonik 6.5 L LMGA AGRO jual dalam kemasan botol berisi bersih 100 ml dan 500 ml.

2. Dekamon 22,43 L

Dekamon 22,43 L merupakan produk zat pengatur tumbuh berkualitas terbaik dan mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe.

Produk zpt unggul Dekamon 22,43 L bentuknya berupa larutan dengan 4 macam bahan aktif.  4 macam bahan aktif tersebut yakni berupa natrium 5 nitroguaiakol 3,45 g/l, natrium 2,4 dinitrofenol 1,73 g/l, natrium orto nitrofenol 6,90 g/l, dan natrium para nitrofenol 10,35 g/l.

Produk zpt terbaik Dekamon 22,43 L merupakan keluaran dari PT Kalatham. Dekamon 22,43 L sudah terdaftar lewat no. pendaftaran RI. 0104011982532 melalui data Kementan RI.

Dekamon 22,43 L cocok petani cabe gunakan karena mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe, sehingga petani tak perlu ragu menggunakannya.

Bila pembaca merasa tertarik membeli zpt Dekamon 22,43 L, toko online kami menjualnya. Zat pengatur tumbuh Dekamon 22,43 L LMGA AGRO jual dalam kemasan botol berisi bersih 500 ml.

3. Super Gib GA3 Tablet

Super Gib GA3 Tablet merupakan produk zat pengatur tumbuh berkualitas terbaik dan mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe.

Produk zpt unggul Super Gib GA3 Tablet bentuknya berupa padatan / tablet berbahan aktif gibberelic acid (GA3) 20 %.

Produk zpt terbaik Super Gib GA3 Tablet merupakan keluaran dari CV Sarana Agrotama Persada. Super Gib GA3 Tablet sudah terdaftar resmi dan tercatat dalam data Kementan RI.

Super Gib GA3 Tablet cocok petani cabe gunakan karena mampu mempercepat pertumbuhan tanaman cabe, sehingga petani tak perlu ragu menggunakannya.

Bila pembaca merasa tertarik membeli zpt Super Gib GA3 Tablet, toko online kami menjualnya. Zat pengatur tumbuh Super Gib GA3 Tablet LMGA AGRO jual dalam kemasan sachet berisi bersih 5 gram.

Baca Juga : Jual Benih Mentimun Terlengkap Di LMGA AGRO

Kesimpulan Tentang Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe

toko pertanian terdekat,lmga agro,tips,trik,lmga
Kesimpulan Tentang Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe

Jika pembaca sedang mencari cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe, maka LMGA AGRO merupakan jawabannya. LMGA AGRO punya cara – cara untuk mempercepat pertumbuhan tanaman cabe.

Selain itu, LMGA AGRO juga menjual beraneka macam produk pertanian. Produk pertanian tersebut seperti zpt, pupuk, benih, pestisida, alat pertanian dan spare part, dan sebagainya.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan produk kepada konsumen. Kami berani memberikan jaminan jika pesanan pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Jaminan tersebut berani kami berikan karena LMGA AGRO menggunakan jasa mitra pengiriman terpercaya. Mitra pengiriman LMGA AGRO contohnya seperti JNE, JNT, Pos Indonesia, serta KI8.

Mitra pengiriman kami sudah terbukti kualitasnya, so konsumen tak perlu ragu membeli produk dari LMGA AGRO.

Ingin tau lebih banyak tentang cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe ? Ingin tau juga info terbaru mengenai pertanian ? Segera hubungi LMGA AGRO dan dapatkan pula berbagai kebutuhan pertanian yang Anda butuhkan !

Nah, itulah dia artikel bertema cara – cara untuk mempercepat pertumbuhan tanaman cabe ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat dan memberi dampak positif untuk seluruh pembaca.

Bila masih ada hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe Secara Efektif ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dalam artikel baru kami berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.