BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/02/2023

Read

Bibit Cabe Rimbun 3 Benih Cabai Terbaik - LMGA AGRO

bibit cabe rimbun 3,bibit,cabe,rimbun 3,bibit cabe
Bibit Cabe Rimbun 3
Bibit Cabe Rimbun 3 Benih Cabai Terbaik. 08125227117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian bereputasi terpercaya yang jual berbagai kebutuhan pertanian terbaik harga terjangkau.

Bibit cabe Rimbun 3 Cap Kapal Terbang tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit cabe keriting Rimbun 3 original produksi Bisi

Dapatkan segera produk bibit cabe Rimbun 3 Cap Kapal Terbang hanya dari LMGA AGRO.

Komoditi hortikultura jadi salah satu komoditi pertanian yang vital untuk Indonesia. Kenapa ? Karena komoditi ini mempunyai prospek masa depan cerah kedepannya.

Dengan melihat besarnya penduduk yang bekerja pada sektor pertanian, maka Pemerintah pun terus berupaya dalam mengembangkan sektor ini.

Salah satu bentuk upayanya adalah dengan melakukan pembudidayaan tanaman hortikultura secara berkelanjutan.

Tanaman hortikultura sendiri terbagi jadi beberapa jenis, yakni seperti tanaman biofarmaka, hias, sayur – sayuran, dan buah – buahan.

Industri berbahan dasar komoditi hortikultura sendiri termasuk cukup menjanjikan. Alasannya yakni karena tingkat konsumsi komoditi hortikultura (terutama sayur dan buah) tergolong cukup besar.

Salah satu komoditi menguntungkan dari komoditi hortikultura yaitu cabai. Sebagai salah satu komoditi berprospek menjanjikan, tentu si penghasil cita rasa pedas dalam makanan ini termasuk sangat menguntungkan.

Segera dapatkan bibit cabe Rimbun 3 Cap Kapal Terbang tersedia di LMGA AGROLMGA AGRO jual bibit cabe keriting Rimbun 3 original produksi Bisi

Tak hanya sebagai bahan baku utama bumbu dapur, cabai juga dapat dimanfaatkan menjadi aneka produk olahan. Olahan – olahan itu contohnya seperti abon, obat farmasi, minyak, pasta, dan sebagainya.

Biasanya, mendekati hari – hari besar keagamaan harga cabai mengalami peningkatan cukup besar. Jika petani menjual hasil panen cabe dalam waktu itu, maka petani bisa mendapatkan keuntungan sampai berkali – kali lipat.

Baca Juga : Manfaat Terong Hijau Ratih Produk Bisi

Potensi Peluang Bisnis Budidaya Cabe Keriting

Supaya mendapatkan hasil panen memuaskan, pemilihan bibit tentunya harus menggunakan bibit berkualitas bagus.

Biasanya, cabe keriting banyak ditanam di lahan luas karena semakin besar lahan maka keuntungannya juga akan bertambah banyak.

Terlebih lagi, permintaan pasar terhadap cabai tergolong sangat besar. Maka hal itu menjadikannya sebagai sebuah peluang bisnis menjanjikan.

Buah cabai keriting biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan saos sambal. Selain itu, juga dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur saat memasak.

Bisnis rumah makan ataupun restoran tentu perlu cabai berjumlah cukup besar. Selain memakai cabe keriting, jenis cabe lain juga dipergunakan untuk bisnis ini.

Jika dibandingkan dengan jenis cabai lainnya, varietas cabai keriting punya waktu panen lebih cepat. Proses pemanenannya dapat Anda lakukan tiap 1 minggu sekali dengan hasil panen memuaskan.

Banyak orang menganggap bahwa membudidayakan cabai keriting tergolong sulit dan punya waktu panen cukup lama.

Faktanya, penanamannya tergolong mudah serta hasil panennya termasuk menjanjikan. Jika Anda punya lahan cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya untuk ditanami cabai keriting.

Sesudah berumur 3 bulan, proses pemanenan biasanya sudah bisa dilakukan dengan proses panen dilakukan tiap seminggu sekali.

Bentuk buahnya kurus disertai pula dengan lekukan. Panjangnya pun juga melebihi panjang rata – rata varietas cabai lainnya.

Rasanya pun lebih pedas daripada cabai biasa, sedangkan tekstur buahnya cenderung lebih padat, sehingga lebih berbobot.

Pembudidayaan memakai metode tanam tumpang sari tergolong lebih menguntungkan. Budidaya cabe keriting butuh biaya cukup besar, namun jika harga jualnya tinggi maka keuntungan yang didapatkan akan semakin besar.

Ancaman Gangguan OPT Cabe Keriting

ancaman,gangguan,opt,hama,penyakit,virus
Ancaman Gangguan OPT Cabe Keriting

Di Indonesia, cabe keriting cukup banyak dibudidayakan. Mengingat jumlah konsumsi cabai tergolong tinggi, maka tidaklah salah bila petani banyak menanam varietas cabai ini.

Agar bisa menghasilkan hasil panen berkualitas terbaik dan memiliki nilai jual besar, tentu petani harus menanam cabe keriting secara baik juga benar.

Salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam menanam cabe keriting adalah pengendalian opt. Opt (terutama hama juga penyakit) sangat mengganggu pertumbuhan cabe keriting.

Oleh karena itu petani perlu mewaspadai serangan opt. Beberapa contoh organisme pengganggu tanaman yang perlu diwaspadai serangannya yakni seperti :

Ulat Grayak

Bentuk dewasa dari ulat grayak (Spodoptera litura) yakni ngengat berwarna coklat keabu – abuan serta sayap depan beraneka ragam dengan tanda bergelombang putih pada bagian tepinya.

Sayap belakang berwarna putih transparan bergaris coklat di sepanjang tepian serta vena. Ngengat betinanya mampu menghasilkan ratusan telur dalam kelompok di atas daun, tertutupi oleh sisik coklat keemasan.

Sesudah menetas, larva berwarna hijau muda yang tak berambut menyebar secara cepat serta mulai memakan daun.

Larva yang lebih tua berwarna hijau tua sampai coklat berbintik gelap di panggul serta perut yang agak lebih jernih.

2 pita memanjang berwarna kuning membentang di sepanjang sisi, diselingi oleh bintik segitiga berwarna hitam. Pita oranye nampak di bagian punggung antara titik – titik tersebut.

Larva makan ketika malam hari serta berlindung di tanah ketika siang hari. Ngengat dewasa serta larva berkembang secara pesat pada suhu antara 15 – 35° C (optimal pada suhu 25° C).

Suhu yang lebih tinggi serta tingkat kelembaban rendah mampu memperpanjang siklus hidupnya.

Larva yang baru menetas nantinya memakan daun, lalu mengikis jaringan daun, dan benar – benar melucuti tanaman. Larva berumur lebih tua tersebar serta memakan daun secara rakus ketika malam hari.

Ketika siang hari, mereka umumnya bersembunyi di tanah sekitar pangkal tanaman. Pada tanah lebih ringan, larva nantinya mampu mencapai polong ataupun akar, kemudian akan merusaknya.

Karena bekas gigitan yang luas, tanaman yang terserang hanya menyisakan bagian tangkai serta cabang. Larva serta ngengat dewasa tumbuh subur antara suhu 15 sampai 35° C.

Bercak Bakteri

Infeksi bakteri Xanthomonas spp. menyebabkan penyakit bercak bakteri. Patogen bakteri ini mampu bertahan hidup menyatu dengan benih (baik secara internal maupun eksternal) dan pada gulma tertentu.

Penyebarannya sendiri bisa melalui media air hujan ataupun irigasi pancur. Bakteri ini masuk ke dalam tanaman lewat pori – pori serta luka daun. 

Kisaran suhu optimal untuk perkembangan bakteri Xanthomonas berkisar antara 25 sampai 30° C. Sesudah tanaman terinfeksi, penyakit bercak bakteri akan sulit terkendali serta bisa mengakibatkan kerugian total pada hasil panen.

Gejala pertama nampak berupa luka kecil berwarna kuning kehijauan pada daun muda, yang umumnya nampak berupa cacat serta menggulung.

Pada daun berumur lebih tua, luka – lukanya agak membengkak, berwarna hijau gelap serta berminyak sering dikelilingi oleh lingkaran kuning.

Luka – luka ini lebih banyak berkumpul pada pinggiran ataupun ujung daun. Pada akhirnya, bintik - bintik tersebut terlihat mirip seperti lubang bekas tembakan karena bagian tengah daun mengering dan hancur.

Bintik – bintik pada buah (berukuran sampai 0,5 cm) berawal dengan warna hijau pucat dan area yang terlihat berair.

Pada akhirnya, bintik – bintik tersebut berwujud kasar, berubah warna menjadi coklat, serta berkeropeng.

Layu Fusarium

Jamur penyebab penyakit layu fusarium ialah Fusarium oxysporum. Cendawan ini tumbuh dan berkembang dalam jaringan transportasi pada tanaman.

Akibatnya, pasokan air dan unsur hara pada tanaman menjadi terganggu. Tanaman bisa terinfeksi secara langsung lewat ujung akar ataupun lewat luka pada bagian akar.

Sesudah berhasil masuk ke dalam suatu area, jamur F. oxysporum akan terus aktif hingga beberapa tahun. Cendawan ini menunjukkan pola kerusakan spesifik pada tanaman.

Dalam beberapa kasus, tanaman memperlihatkan tanda kelayuan bahkan ketika masih tahap remaja dengan daun yang menguning.

Pada tanaman dewasa, sedikit tanda – tanda layu sering nampak pada bagian – bagian tanaman. Hal ini seringkali terjadi selama siang hari.

Daun lalu akan menguning, meskipun sering terjadi pada 1 sisi saja. Bagian membujur dari batang memperlihatkan perubahan warna menjadi merah kecoklatan pada jaringan internal.

Hal itu biasanya berawal pada bagian pangkal, namun berlanjut pada bagian batang.

Mosaik

Penyakit mosaik terjadi karena serangan virus bernama Cucumber Mosaic Virus (CMV). Virus ini bisa dibawa serta ditularkan oleh 60 – 80 spesies kutu daun berbeda.

Cara penularan lainnya yakni melalui benih serta cangkokan yang terinfeksi, serta pemindahan mekanis lewat tangan ataupun peralatan kerja.

Virus CMV bisa melewati musim dingin pada gulma dan juga pada tanaman yang terinfeksi, di akar, biji, ataupun bunga.

Pada infeksi primer, virus tumbuh secara sistemik di dalam bibit yang baru muncul serta berakhir pada daun atas.

Kutu daun yang memakan tanaman tersebut bisa menularkan dan membawa virus CMV ke inang lainnya (infeksi sekunder).

Virus ini memakai jaringan pembuluh inang untuk penularan jarak jauh antar organ tanaman lainnya. Gejala penyakit mosaik tergantung pada varietas yang terinfeksi serta kondisi lingkungan sekitar.

Dalam beberapa kasus, virus mungkin tetap ada namun gejalanya tertutupi atau tersembunyi. Pada tanaman yang rentan, pada daun serta buah bisa terlihat bercak kekuningan ataupun bintik hijau muda.

Pada beberapa varietas, pola bercak cincin yang jelas ataupun garis nekrotik kuning bisa terlihat.

Daun muda nampak kurus serta berkerut, serta daun yang berwarna hijau muda terlihat kusam dengan tampilan kasar.

Seluruh pertumbuhan tanaman sangat terhambat serta mengalami cacat, nampak rimbun tetap tidak produktif.

Bila berkembang, buah mempunyai banyak luka melingkar berwarna coklat, terkadang dikelilingi oleh lingkaran cahaya berwarna kuning.

Baca Juga : Benih Cabai Horison 97 F1 Bisi Cap Kapal Terbang

Bibit Cabe Rimbun 3 Produk Benih Unggul

f1,rimbun f1,bisi,cap kapal terbang,rimbun cap kapal terbang
Bibit Cabe Rimbun 3 Produk Benih Unggul

Dengan banyaknya ancaman – ancaman opt diatas, maka tentunya petani harus mewaspadai serangannya. Selain itu, petani juga membutuhkan tindakan pengendalian secara tepat.

Ada beberapa cara yang bisa petani lakukan untuk menangani ancaman opt. Beberapa contohnya yakni seperti merotasi tanaman, memakai bibit berkualitas unggul, menyirami gulma secara teratur, mengaplikasikan pestisida, dan lainnya.

Dari cara itu, salah satu cara praktis yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan adalah memakai bibit berkualitas unggul. Berbagai macam bibit sudah banyak beredar, namun kualitasnya belum benar – benar teruji.

Nah, supaya tidak salah pilih LMGA AGRO akan merekomendasikan bibit cabe keriting berkualitas unggul. Salah satu bibit cabe keriting yang cocok petani pilih serta pakai adalah Rimbun 3 F1.

Rimbun 3 F1 merupakan bibit cabe keriting hibrida berkualitas unggulan hasil produksi PT Bisi International, Tbk. Cabe keriting Rimbun 3 kualitasnya sudah teruji untuk konsumen.

Apalagi reputasi Bisi sebagai salah satu penghasil bibit unggul pun jadi jaminannya. Contoh lain dari kelebihan Rimbun 3 yakni seperti :

Rimbun 3 memiliki fisik kokoh, ruas pendek, tegak, serta punya cabang produktif

Cabe Rimbun 3 Cap Kapal Terbang beradaptasi baik pada dataran menengah ketika musim kemarau maupun musim hujan

Rimbun 3 produksi Bisi tahan terhadap penyakit layu bakteri, fusarium, dan tahan serangan hama Mite, Aphid, dan Thrips

Bibit cabe Rimbun 3 memiliki medium resistant terhadap serangan virus Gemini

Penanaman cabe Rimbun 3 lebih mudah dan aman karena sudah tahan terhadap hama serta penyakit

Daya tumbuh Rimbun 3 cukup tinggi, yakni mencapai ± 85 %

Pembentukan buah cabe Rimbun 3 tergolong mudah, sehingga buahnya lebih mudah jadi

Cabe keriting Rimbun 3 memiliki buah dengan panjang ± 16 cm berdiameter ± 0,7 cm

Tekstur buah cabai Rimbun 3 lentur, sehingga jumlah buah rusak karena proses pengemasan dan pengangkutan jarak jauh bisa berkurang

Hasil panen cabai Rimbun 3 Bisi mudah terjual ke pedagang besar sampai kaki lima

Buah cabai Rimbun 3 sudah bisa panen ketika berumur 83 sampai 85 hari sesudah pindah tanam

Potensi hasil panen Rimbun 3 cukup tinggi, yakni berkisar ± 23 ton /ha

Produk bibit cabe Rimbun 3 sudah terdaftar resmi di Kementan melalui Kepmentan No. 1095/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2013 (HP 102)

Dengan banyaknya kelebihan dari produk Rimbun 3, maka tidak salah jika produk Bisi ini sangat cocok petani manfaatkan. So, tertarik dan ingin membuktikan sendiri kualitas dari Rimbun 3 F1 ??

Baca Juga : Katalog Produk Utama LMGA AGRO

Jual Bibit Cabe Rimbun 3 Cap Kapal Terbang Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Cabe Rimbun 3 Cap Kapal Terbang Harga Murah

Bila pembaca tengah mencari produk bibit cabe Rimbun 3, maka jawabannya ialah LMGA AGRO. LMGA AGRO toko pertanian terdekat dari konsumen untuk memperoleh bibit cabe Rimbun 3 berkualitas terbaik.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO juga menyediakan aneka tips maupun trik dalam memaksimalkan budidaya cabe Rimbun 3.

Kelebihan dari varietas cabe Rimbun 3 tentu menjadikan petani tidak usah merasa ragu dengan Rimbun 3. Jadi, tak usah ragu memilih dan menanam bibit cabe Rimbun 3 Cap Kapal Terbang.

LMGA AGRO jual bibit cabe keriting Rimbun 3 kemasan sachet original Bisi netto 10 gram. Harganya terjamin murah tetapi kualitas terjamin menjanjikan.

Untuk mengirimkan pesanan bibit cabe Rimbun 3, LMGA AGRO menjalin relasi kerjasama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya.

Dengan memanfaatkan jasa mitra pengiriman tersebut, maka pesanan bibit cabe Rimbun 3 akan sampai ke konsumen.

Beberapa contoh rekanan mitra pengiriman LMGA AGRO yakni seperti JNE, JNT, KI8, serta Pos Indonesia. Nama – nama mitra pengiriman kami telah terbukti kualitasnya, jadi konsumen tak perlu khawatir pesanan tidak akan sampai.

Nah, itulah dia artikel bertema bibit cabe Rimbun 3 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa memberikan berbagai manfaat serta berdampak bagus untuk seluruh pembaca.

Bila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Cabe Rimbun 3 Benih Cabai Terbaik ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS).

Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dalam artikel artikel LMGA AGRO berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.