BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

06/02/2023

Read

Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe Efektif Bantu Petani - LMGA AGRO

Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe,pupuk,cabe,cabai,pertumbuhan
Pupuk Untuk Cabe

Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe Efektif Bantu Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual berbagai kebutuhan pertanian lengkap harga terjamin murah.

Toko pertanian LMGA AGRO merupakan toko pertanian online berlokasi di Kediri, Jawa Timur

Kami memiliki reputasi terpercaya juga memiliki konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

LMGA AGRO berani memberikan jaminan bahwa pesanan produk pertanian dari kami terjamin sampai ke alamat tujuan. 

Dapatkan segera kebutuhan pertanian Anda di LMGA AGRO lalu buktikan sendiri kualitasnya.

Pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe kini sudah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual aneka produk pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe jaminan original dari produsen. Dapatkan segera produk pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe dalam harga murah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Masyarakat Indonesia telah terbiasa mengkonsumsi aneka ragam makanan, salah satunya ialah makanan bercita rasa pedas. Hal tersebut sudah jadi rahasia umum dan seolah menjadi kebiasaan rutin untuk penduduk Indonesia.

Cita rasa pedas dari makanan Indonesia umumnya berasal dari cabai. Selain mampu menambah nafsu makan, cita rasa pedas pun mampu membuat makanan jadi lebih lezat serta nikmat ketika dikonsumsi.

Cabai merupakan rempah – rempah berlimpah di Nusantara sejak jaman dulu. Namun, berdasarkan catatan sejarah tanaman ini bukan tanaman asli yang berasal dari Indonesia.

Menurut catatan para ahli, cabai ialah tanaman asli yang asalnya dari benua Amerika. Pelaut dari Portugis juga Spanyol lah yang bertanggung jawab dalam membawanya ke Asia Tenggara (termasuk Indonesia) di abad ke 16.

Berbagai macam kandungan nutrisi ada dalam buah cabe. Contoh nutrisi itu yakni seperti vitamin C, lemak, karbohidrat, kalium, protein, zat besi, kalium, dan sebagainya.

Selain punya berbagai nutrisi baik bagi tubuh, cabai termasuk memiliki nilai jual menguntungkan di pasaran. Tetapi, harga jual menguntungkan tersebut hanya bisa didapatkan dari budidaya secara tepat mulai awal sampai akhir.

Budidaya Cabe Peluang Agribisnis Menjanjikan

budidaya,budidaya cabe,budidaya cabai,agrobisnis,agribisnis
Budidaya Cabe Peluang Agribisnis Menjanjikan

Dari penjelasan sebelumnya, tentu bisa disimpulkan bahwa peluang agribisnis cabe punya prospek menjanjikan. Jika Anda tertarik, LMGA AGRO siap membantu Anda dalam proses budidaya cabai.

Kami siap membantu dengan cara memberikan tahapan budidaya cabe secara baik juga benar mulai awal sampai akhir.

Namun, sebelum memulai proses budidaya ada beberapa persiapan yang harus disiapkan terlebih dulu. Contohnya saja seperti jenis benih cabe apa yang akan Anda tanam nantinya.

Jika semuanya sudah siap, maka Anda telah bisa memulai proses budidaya cabe. Cara budidaya cabe secara baik juga benar mulai awal sampai akhir yaitu :

Persiapan Lahan Tanam

Bersihkan lahan tanam lebih dulu dari gulma, kerikil, batu, dan lainnya sampai bersih. Jika sudah benar – benar bersih, maka selanjutnya Anda perlu mengolah lahan tanam.

Olahlah lahan tanam sampai kondisinya gembur menggunakan cangkul. Jika tanah lahan tanam telah gembur, maka langkah berikutnya ialah membuatkan bedengan diatas lahan tanam.

Bedengan dibuat dengan rincian ukuran lebar ± 100 cm, tinggi ± 30 – 40 cm, serta panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam.

Berikan jarak tiap 1 bedengan dengan bedengan lain ± 60 cm. Jangan lupa pula untuk membuat saluran drainase di sekeliling bedengan.

Hal tersebut mempunyai tujuan untuk memudahkan perawatan serta mencegah timbulnya genangan air pada bedengan. Berikutnya, ukurlah pula tingkat keasaman tanah.

Jika tingkat pH tanah terlalu asam, netralkan dengan mengaplikasikan dolomite / kapur pertanian dengan dosis cukup.

Berikutnya, gunakan mulsa plastik sebagai penutup bedengan. Bila bedengan telah tertutupi oleh mulsa plastik, berikutnya buatlah lubang tanam pada bedengan. Buatlah sebanyak 2 baris lubang tanam secara zig zag sedalam 10 cm pada tiap bedengan.

Baca Juga : Katalog Benih Terung Lengkap LMGA AGRO

Penyemaian Benih

Agar bisa memperoleh bibit berkualitas bagus, maka Anda perlu melakukan proses penyemaian benih. Selain bisa memperoleh bibit berkualitas bagus, penyemaian juga punya manfaat lainnya.

Contohnya seperti melindungi dari ancaman cuaca, mengurangi tingkat kematian tanaman, menyiapkan bibit dengan kondisi lahan tanam, dan lainnya.

Untuk memulai proses penyemaian, persiapkan media semai benih dulu berupa campuran pupuk kandang / kompos dengan tanah halus.

Lalu, masukkan 2 bahan tersebut ke dalam tray semai. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memasukkan benih ke dalam media semai.

Masukkan sebanyak 1 benih untuk setiap lubang semai serta sirami tiap pagi hari secukupnya. Nah, jika bibit sudah mempunyai 3 – 4 helai daun, maka proses penyemaian sudah bisa Anda akhiri.

Penanaman

Bibit sudah siap tanam umumnya memiliki 3 – 4 helai daun. Ambillah bibit yang sudah siap tanam, lalu masukkan bibit ke dalam lubang tanam kemudian tutupi menggunakan tanah sekitar. Terakhir, sirami air secukupnya.

Perawatan

Pertama, sulami bibit yang mengalami kerusakan ataupun sudah mati. Proses penyulaman bibit ini telah bisa dilakukan ketika bibit sudah berumur ± 2 minggu.

Jangan lupa untuk melakukan penyiraman bibit secara rutin setiap hari. Lakukan secara rutin, terutama saat sedang musim kemarau. Bila sistem perakaran telah kuat serta cukup dalam, maka proses penyiraman bisa dilakukan setiap 3 hari sekali.

Bila mulai muncul gulma di sekitar cabai, maka Anda harus segera melakukan proses penyemaian gulma sampai bebar – benar bersih.

Kemunculan gulma bisa menimbulkan masalah karena mengambil nutrisi pada tanaman cabe serta jadi sarang untuk organisme pengganggu tanaman. Oleh karena itu, Anda harus melakukan penyiangan gulma secara rutin.

Dalam proses pemupukan, pakailah pupuk sesuai kebutuhan Anda. Pastikan Anda mengaplikasikannya memakai prinsip tepat waktu juga dosis. Hal itu bertujuan agar mampu mencukupi kebutuhan nutrisi cabai.

Pengendalian OPT Pengganggu

Serangan OPT selalu saja mengakibatkan kerusakan mulai dalam jumlah kecil hingga jumlah besar. Oleh karena itu, hama serta penyakit harus petani waspadai serangannya untuk meminimalisir dampak kerusakan yang bisa terjadi.

Dengan mengenali contoh OPT pengganggu yang mampu menyerang tanaman cabe, maka kerugian dapat petani cegah serta dampaknya menjadi lebih kecil.

Beberapa contoh OPT pengganggu yang seringkali menyerang tanaman cabe yakni seperti :

1. Bercak Bakteri

Penyakit bercak bakteri terjadi karena infeksi bakteri dari genus Xanthomonas. Patogen bakteri ini jadi salah satu patogen bakteri paling berbahaya bagi banyak tanaman.

Bakteri Xanthomonas mampu bertahan hidup menyatu bersama benih (baik secara internal maupun eksternal) serta pada gulma tertentu. Penyebarannya sendiri terjadi lewat media air hujan maupun irigasi pancur.

Bakteri masuk ke dalam tanaman lewat pori – pori dan juga luka daun. Kisaran suhu terbaik untuk perkembangannya berada dalam kisaran 25 hingga 30° C.

Gejala awal penyakit bercak bakteri yakni ada luka kecil kuning kehijauan pada daun muda (biasanya nampak cacat serta menggulung).

Sementara, pada daun lebih tua gejalanya yaitu luka – lukanya agak membengkak, berminyak, berwarna hijau gelap, serta sering dikelilingi lingkaran bernuansa kuning. Luka – luka ini lebih banyak berkumpul pada ujung maupun pinggiran daun. 

Pada akhirnya, bintik – bintik ini terlihat seperti lubang bekas tembakan karena bagian tengahnya menjadi kering serta hancur.

Munculnya bintik – bintik pada buah berawal dengan adanya warna hijau pucat serta area berair. Kemudian akhirnya menjadi berwujud kasar, berkeropeng, dan juga berwarna coklat.

2. Ulat Grayak

Ulat grayak memiliki warna coklat muda atau hijau mendekati hitam bergaris memanjang di sepanjang sisinya.

Bentuk dewasanya berupa ngengat bersayap belakang putih transparan serta sayap depan coklat berbintik. Setiap sayap depan punya titik berwarna keputihan yang dapat terlihat dekat ujung paling atas.

Makanan juga suhu menentukan berapa lama fase siklus hidup berbeda – beda. Larva ulat grayak (Spodoptera frugiperda) menyebabkan kerusakan dengan memakan seluruh bagian tanaman.

Sementara itu, larva muda awalnya memakan jaringan daun dari 1 sisi saja serta menyisakan sisi lain tetap utuh (window feeding). Bibit bisa dimakan sampai mencapai tunas serta titik tumbuhnya menjadi rusak.

Larva berukuran lebih besar meninggalkan barisan lubang kecil khas, tepian kasar pada daun, serta juga kotoran larva.

Larva pun juga bisa melukai pangkal tanaman maupun penyerang struktur reproduktif serta buah muda. Dalam tingkat serangan parah, larva ulat grayak mampu menyebabkan kerontokan yang meluas.

3. Busuk Batang

Penyakit busuk batang terjadi karena infeksi cendawan bernama Sclerotinia sclerotiorum. Cendawan ini bisa bertahan hidup dalam waktu lama dalam sisa – sisa tanaman maupun dalam tanah sebagai sclerotia yang tengah tidur.

Sebagian besar siklus hidupnya terjadi di dalam tanah. Ketika kondisi lingkungan mendukung, ia melanjutkan pertumbuhannya pada bahan organik dan kadang menyerang jaringan tumbuhan.

Ketika cendawan menjajah seluruh bagian tanaman, benih juga mengandung patogen baik pada kulit biji maupun secara internal.

Kumpulan baru spora yang diproduksi pada tanaman pun akan terbang ke udara. Iklim mikro yang lembab pada bagian bawah kanopi semakin mendukung penyebaran spora ke bagian batang.

Perkembangan awal membutuhkan basahnya daun selama beberapa jam dan suhu berkisar 15 hingga 24° C. Kehadiran unsur hara eksogen juga makin mendukung tumbuhnya cendawan.

Gejala awal muncul berupa bercak basah dengan bentuk tidak beraturan pada bagian daun, tangkai daun, serta buah.

Ketika mereka membesar, daerah yang terkena tertutupi oleh cendawan berkapas putih yang banyak. Pada tahap berikutnya tersebar menjadi struktur reproduksi seperti kutil kelabu ataupun hitam yang dapat terlihat (sclerotia).

Lesi kering dapat berkembang pada bagian pangkal dan cabang, terbatasi secara jelas dengan jaringan sehat. Pada beberapa spesies, lesi kering terlihat sangat mencolok pada mahkota dasar.

Selama tahapan berikutnya, cendawan akan mengelilingi batang serta bagian atas tanaman cenderung layu, lalu berubah kecoklatan dan mati.

Sclerotia terbentuk di dalam batang lalu menggantikan jaringan tanaman. Hal itu dapat menyebabkan tanaman roboh lalu mati.

Polong serta benih yang telah terinfeksi mampu menyusut atau tergantikan oleh tumbuhnya cendawan hitam.

Baca Juga : Toko Pertanian Terdekat Usaha Menjanjikan Bisnis Mandiri

Pemanenan

Proses pemanenan merupakan tahapan akhir dari proses pembudidayaan tanaman. Proses pemanenan cabai telah bisa dilakukan jika telah muncul ciri – ciri tertentu.

Ciri – ciri tersebut yakni seperti bentuk buah utuh serta padat, warnanya berubah kuning kemerahan, dan lainnya.

Cara pemanenannya yakni dengan dipetik. Petiklah buah yang sudah siap panen secara hati – hati, yakni memetik buah cabai beserta tangkainya.

Proses pemetikan tersebut memiliki tujuan supaya buah tak membusuk. Pastikan Anda memetiknya dengan hati – hati agar ranting / cabang tak patah.

Pentingnya Fase Pemupukan Untuk Cabe

Fase pemupukan menjadi salah satu fase sangat penting untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman cabai. 

Dalam fase pemupukan ini, tentu saja petani harus menyesuaikan umur juga kondisi tanaman agar terhindar dari dampak negatif.

Dengan mengaplikasikan pupuk, maka cabai akan memperoleh nutrisi yang mereka perlukan. Dengan begitu, maka tanaman bisa tumbuh juga berkembang secara baik.

Dalam masa awal pertumbuhan, cabe termasuk cukup rentan terserang OPT pengganggu. Kenapa seperti itu ? Karena bagian akarnya masih belum terbentuk sempurna, sehingga daya hidupnya masih tergolong kurang baik.

Agar bisa berbuah lebat, bila cabai telah berumur ± 10 – 30 hari direkomendasikan diberikan pupuk sesuai kebutuhan. Hal itu bertujuan untuk merangsang tumbuhnya tunas baru.

Bila cabai sudah memunculkan bunga, cabe sudah bisa diaplikasikan pupuk supaya membuat cabai berbuah lebat. Pemupukan bisa merangsang pembentukan bunga pada cabe, sehingga dapat bermanfaat. 

Baca Juga : Rahasia Resep Pupuk Tanaman Terbaik Yang Wajib Anda Tahu

Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe Kualitas Unggul

pupuk cabe,pupuk cabai,tanaman,pemupukan,tanaman cabe,tanaman cabai
Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe Kualitas Unggul

Dengan begitu pentingnya peran pupuk untuk cabe, maka petani perlu menjaga tersedianya pupuk sebagai skala prioritas. Dengan begitu, petani perlu membelinya agar stok pupuk harus selalu tersedia.

LMGA AGRO sebagai rekan petani mempunyai rekomendasi menarik tentang produk pupuk yang bisa petani gunakan.

Produk rekomendasi LMGA AGRO itu sangatlah beragam. Fungsi pemupukan sendiri bagi cabe juga banyak, seperti mempercepat pertumbuhannya, mempercepat perkembangan berbagai bagiannya, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh produk pupuk rekomendasi LMGA AGRO yakni seperti :

Ultradap

Pupuk Ultradap merupakan pupuk majemuk yang bisa berguna untuk mempercepat pertumbuhan cabe. Kandungan pupuk Ultradap yaitu seperti fosfat (P2O5) 60 % dan nitrogen (N) 12 %.

Kombinasi antara 2 bahan tersebut terbukti mampu memberikan banyak dampak positif untuk cabe. Produk Ultradap punya banyak keunggulan, seperti mempercepat pertumbuhan cabe, mudah diaplikasikan, dan sebagainya.

Ultradap punya kandungan bahan aktif yang seimbang. Dengan begitu, maka pertumbuhan cabe akan semakin cepat dan hasil panen semakin bagus.

Ultradap ialah pupuk lengkap dengan berbagai unsur hara. Unsur hara tersebut dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan cabe.

Pengaplikasian Ultradap pada tanaman cabe juga punya banyak manfaat untuk mempercepat perkembangannya.

Magnesium Sulfat

Pupuk Magnesium Sulfat merupakan pupuk mikro yang bisa berguna untuk mempercepat pertumbuhan cabe. Kandungan pupuk Magnesium Sulfat yaitu seperti sulfur (S) 21 % serta magnesium oksida (MgO) 26 %.

Kombinasi antara 2 bahan tersebut terbukti mampu memberikan banyak dampak positif untuk cabe. Produk Magnesium Sulfat punya banyak keunggulan, seperti mempercepat pertumbuhan cabe, mudah diaplikasikan, dan sebagainya.

Magnesium Sulfat punya kandungan bahan aktif yang seimbang. Dengan begitu, maka pertumbuhan cabe akan semakin cepat dan hasil panen semakin bagus.

Magnesium Sulfate ialah pupuk lengkap dengan berbagai unsur hara. Unsur hara tersebut dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan cabe.

Pengaplikasian Magnesium Sulfat pada tanaman cabe juga punya banyak manfaat untuk mempercepat perkembangannya.

NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara 16 – 16 – 16 merupakan produk pupuk kombinasi terbaik hasil produksi PT Meroke Tetap Jaya. Pupuk ini punya 2 kandungan bahan aktif utama, yakni amonium nitrogen (NH4) serta nitrat nitrogen (NO3).

Kombinasi antara 2 bahan tersebut terbukti mampu memberikan banyak dampak positif untuk cabe. Produk NPK Mutiara punya banyak keunggulan, seperti mempercepat pertumbuhan cabe, mudah diaplikasikan, dan sebagainya.

NPK Mutiara 16 – 16 – 16 punya kandungan unsur N, P, dan K dalam jumlah seimbang yang mampu menjamin keseragaman penyebaran unsur hara. Dengan begitu, maka pertumbuhan cabe akan semakin cepat dan hasil panen semakin bagus.

NPK Mutiara ialah pupuk lengkap dengan kandungan kalium yang seimbang. Zat hara kalium dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan cabe, mengatur dalam proses pembentukan protein, dan sebagainya.

Pengaplikasian NPK Mutiara pada tanaman cabe juga punya banyak manfaat untuk mempercepat perkembangannya.

KNO3 Merah

Pupuk KNO3 Merah merupakan pupuk majemuk yang bisa berguna untuk mempercepat pertumbuhan cabe. Kandungan pupuk KNO3 Merah yaitu seperti potasium oksida (K2O) 14,94 %, boron (B) 0,05 %, natrium (Na) 18 %, dan nitrat nitrogen (N) 15,30 %.

Kombinasi antara bahan – bahan tersebut terbukti mampu memberikan banyak dampak positif untuk cabe. Produk KNO3 Merah punya banyak keunggulan, seperti mempercepat pertumbuhan cabe, mudah diaplikasikan, dan sebagainya.

KNO3 Merah punya kandungan bahan aktif yang seimbang. Dengan begitu, maka pertumbuhan cabe akan semakin cepat dan hasil panen semakin bagus.

KNO3 Merah ialah pupuk lengkap dengan berbagai unsur hara. Unsur hara tersebut dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan cabe.

Pengaplikasian KNO3 Merah pada tanaman cabe juga punya banyak manfaat untuk mempercepat perkembangannya.

Gandasil D

Pupuk Gandasil D merupakan pupuk majemuk yang bisa berguna untuk mempercepat pertumbuhan cabe. Kandungan pupuk Gandasil D yaitu seperti magnesium (MgSO4) 1 %, kalium (K2O) 15 %, fosfor (P2O5) 15 %, dan nitrogen (N) 20 %.

Kombinasi antara bahan – bahan tersebut terbukti mampu memberikan banyak dampak positif untuk cabe. Produk Gandasil D punya banyak keunggulan, seperti mempercepat pertumbuhan cabe, mudah diaplikasikan, dan sebagainya.

Gandasil D punya kandungan bahan aktif yang seimbang. Dengan begitu, maka pertumbuhan cabe akan semakin cepat dan hasil panen semakin bagus.

Gandasil D ialah pupuk lengkap dengan berbagai unsur hara. Unsur hara tersebut dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan cabe.

Pengaplikasian Gandasil D pada tanaman cabe juga punya banyak manfaat untuk mempercepat perkembangannya.

Baca Juga : Jual Zat Pembasmi Jamur Fungisida Trivia 73 WP

Jual Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe

Bila pembaca sedang mencari produk pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe, maka LMGA AGRO merupakan jawabannya. LMGA AGRO jual pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe jaminan kualitas terbaik.

Selain itu, LMGA AGRO juga memiliki tips dan trik dalam menggunakan pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe. Dengan begitu, maka pertumbuhan cabai akan semakin cepat dan mempercepat petani dalam memperoleh keuntungan besar.

LMGA AGRO jual aneka produk pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe dari berbagai produsen. 

Pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe yang LMGA AGRO jual tersedia dalam kemasan dan isi bersih yang beragam.

Harga pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe di LMGA AGRO tergolong murah serta terjangkau untuk seluruh kalangan konsumen. Sangat sesuai terutama untuk petani aplikasikan dalam usaha untuk mempercepat pertumbuhan cabe.

Agar pesanan pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe sampai ke tujuan, LMGA AGRO bekerja sama dengan mitra pengiriman terpercaya.

Mitra rekanan pengiriman LMGA AGRO yakni seperti Pos Indonesia, JNT, JNE, serta Pos Indonesia

Tentu nama – nama tersebut sudah terbukti kualitasnya, sehingga konsumen tak perlu ragu jika pesanannya tak sampai ke alamat tujuan.

Ingin membeli dan membuktikan sendiri kualitas pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe dari LMGA AGRO ? Segera pesan dan hubungi LMGA AGRO sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema pupuk untuk mempercepat pertumbuhan cabe ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat juga memberi banyak dampak positif untuk seluruh pembaca.

Jika masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe Efektif Bantu Petani ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dalam artikel – artikel baru kami berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.