BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

17/04/2023

Read

Bibit Cabe Djitu F1 Produk Terbaik Harga Terjamin Murah - LMGA AGRO

bibit cabe djitu f1,bibit,cabe,djitu,f1
Bibit Cabe Djitu F1

Bibit Cabe Djitu F1 Produk Terbaik Harga Terjamin Murah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian terlengkap harga terjangkau.

LMGA AGRO merupakan supplier, distributor, reseller, dropshipper, dan agen konsumen dalam memperoleh berbagai kebutuhan pertanian unggulan. 

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO mempunyai konsumen yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Jadi, konsumen tak perlu meragukan kualitas LMGA AGRO.

Ingin membeli produk pertanian terlengkap dengan harga terjamin murah ? Segera dapatkan produk pertanian lengkap hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Bibit cabe Djitu F1 kini sudah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit cabe Djitu F1 kualitas terbaik dan terjamin original. Dapatkan segera bibit cabe Djitu F1 harga terjangkau hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Di Indonesia, sudah cukup banyak komoditas hortikultura unggul yang beredar. Salah satu contoh komoditas hortikultura tersebut yakni seperti cabe keriting.

Cabe keriting sendiri memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Contoh manfaat cabe keriting bagi kesehatan tubuh yaitu seperti :

  • Memperkuat sistem imun tubuh

Kandungan nutrisi dalam cabai keriting berupa vitamin C merupakan nutrisi bagus untuk tubuh dalam menangkal radikal bebas.

Mengkonsumsi vitamin C secara rutin terbukti bisa memperkuat sistem imun tubuh. Dengan begitu, maka kondisi tubuh akan selalu fit walaupun dalam kondisi cuaca ekstrem.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kandungan nutrisi berupa fosfor serta kalium berperan penting dalam cabai keriting. Nutrisi tersebut bisa menjaga tulang tetap sehat, sehingga bisa terhindar dari penyakit / kelainan tulang (contohnya osteoporosis).

  • Meringankan sakit kepala

Kandungan zat capsaicin dalam cabai bermanfaat pula dalam menghambat sinyal dari rasa nyeri yang berasal dari sistem syaraf menuju otak, Dengan begitu, maka sakit kepala bisa lebih ringan dengan cara mengkonsumsi cabai keriting.

  • Menyehatkan mata

Seiring usia bertambah, kemampuan penglihatan mata akan menurun secara perlahan. Nutrisi berupa vitamin A yang ada dalam cabe keriting terbukti bisa menjaga juga meningkatkan kesehatan mata, sehingga kondisi mata selalu sehat.

Baca Juga : Jual Benih Selada Serta Sawi Harga Terjamin Murah

Potensi Peluang Agribisnis Cabai Keriting

Potensi Peluang Agribisnis Cabai Keriting

Dengan adanya berbagai manfaat yang cabe keriting punyai, maka cabe keriting memiliki potensi agrobisnis ini tergolong cukup menguntungkan.

Cabe keriting biasanya dibudidayakan di lahan luas karena umumnya diproduksi untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan saus sambal. Selain dibutuhkan sebagai bahan dasar produksi saos sambal, cabe keriting juga sering dimanfaatkan saat memasak.

Dibandingkan varietas cabe lainnya, cabai keriting tak membutuhkan waktu lama proses panennya. Proses pemanenannya sendiri dapat dilakukan setiap 1 minggu sekali dengan hasil panen tergolong memuaskan.

Bagi Anda yang memiliki kebun, sawah, atau pekarangan rumah lebih baik ditanami cabai keriting. Tumbuhan cabe keriting  dapat dipanen sesudah berumur 3 bulan dengan proses panen setiap 1 minggu sekali.

Bentuk buah cabe keriting yakni kurus berlekuk dengan ukuran cukup panjang. Tingkat kepedasannya sendiri juga sangat padat, sehingga biasanya lebih berbobot.

Cabai keriting juga bisa dibudidayakan dengan sistem tumpang sari, sehingga bisa lebih menguntungkan.

Proses pembudidayaan cabe keriting yang seringkali petani lakukan adalah dengan menanam benih ataupun bibit lebih dulu dengan menggunakan plastik kecil yang sudah dilubangi bagian bawahnya.

Penanaman bibit juga perlu dipelihara dengan baik agar bisa tumbuh secara subur. Jika bibit sudah siap dipindahkan, maka Anda bisa segera melakukan penanaman pada lahan yang sudah tersedia.

Budidaya tanaman cabe keriting biasanya banyak dilakukan pada lahan persawahan. Buatlah bedengan pada lahan persawahan, kemudian tutupi memakai plastik hitam. Setelah itu, plastik dilubangi lalu bibit dimasukkan ke dalam lubang tanam.

Setelah proses penanaman ada beberapa proses penting untuk diperhatikan. Proses tersebut yakni seperti pemupukan, pengairan, penyiangan gulma, pengendalian hama serta penyakit, dan pemanenan.

Untuk menjalankan usaha agrobisnis ini, tentunya petani membutuhkan banyak peralatan penting untuk penunjang. Contoh peralatan penunjang tersebut yaitu seperti sprayer, gunting, benih, sabit, cangkul, dan lainnya.

Bibit Cabe Djitu F1 Bibit Unggul Banyak Kelebihan

cabe djitu,cabe djitu f1,cabe keriting,cabai keriting,tanaman cabe keriting
Bibit Cabe Djitu F1 Bibit Unggul Banyak Kelebihan

Dengan potensi agribisnis yang dipunyai oleh cabe keriting, maka tidaklah salah apabila petani cocok dalam memanfaatkan peluang bisnis ini.

Tentunya untuk memulai proses pembudidayaan cabe keriting tentunya membutuhkan benih cabe keriting berkualitas terbaik. Agar lebih mudah, LMGA AGRO akan memberikan rekomendasi bibit cabe keriting terbaik yang sesuai petani gunakan.

Salah satu bibit cabe keriting yang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dibudidayakan serta ditanam petani adalah bibit cabe Djitu F1. Bibit cabe Djitu F1 merupakan hasil produksi dari Matahari Seed (Cap Bunga Matahari).

Kenapa Djitu F1 sesuai petani gunakan ? Karena Djitu F1 mempunyai aneka karakteristik serta keunggulan. Beberapa contoh keunggulan dari produk Djitu F1 yaitu seperti :

  1. Bibit cabe Djitu F1 terbaru mempunyai vigor kokoh, ruasnya pendek, tegak, serta percabangannya banyak, sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal
  2. Bibit cabe Djitu F1 direkomendasikan ditanam pada daerah dataran rendah hingga tinggi pada musim kemarau maupun musim penghujan
  3. Bibit cabe Djitu F1 tahan terhadap serangan hama thrips maupun Aphid, serta toleran terhadap penyakit busuk phytophthora
  4. Penanaman cabe menggunakan bibit Djitu F1 Matahari Seed lebih mudah juga aman karena tahan terhadap serangan hama serta penyakit
  5. Daya tumbuh bibit cabe Djitu F1 sangat tinggi, yakni berkisar ± 85 %
  6. Tingkat kemurnian bibit cabe Djitu F1 sangatlah tinggi, yaitu berkisar ± 99 %
  7. Proses pembentukan buah cabai Djitu F1, sehingga cara menanam cabe menggunakan bibit Djitu F1 menjadi favorit petani
  8. Buah cabai Djitu F1 mempunyai berat 10 gram, berdiameter 1,1 centimeter, serta mempunyai panjang ± 24 centimeter
  9. Cabe Djitu F1 kulit buahnya saat masih muda berwarna hijau tua lalu berubah merah mengkilat saat tua
  10. Buah cabe Djitu F1 memiliki tekstur lentur, sehingga bisa mengurangi jumlah buah rusak akibat proses pengepakan serta pengangkutan jarak jauh
  11. Buah cabe Djitu F1 sudah bisa dipanen sesudah berusia 90 hari setelah pindah tanam
  12. Hasil panen cabe Djitu F1 mudah terjual kepada para pedagang, sehingga petani bisa lebih cepat mendapatkan untung
  13. Produk bibit cabe Djitu F1 telah terdaftar resmi di Kementan RI lewat Kepmentan No. 097/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2013 (CK ASA 2015)

Dengan banyaknya kelebihan – kelebihan itu, tentu sudah membuktikan kualitas produk bibit Djitu F1 Matahari Seed ini. Jadi, tertarik membuktikan sendiri kualitas produk bibit Djitu F1 ?

Baca Juga : Jual Benih Semangka Jamaniku F1 Harga Murah

Budidaya Cabe Memakai Bibit Djitu Agar Hasil Optimal

Setelah memperoleh produk bibit cabe Djitu F1, maka bibit Djitu F1 sudah siap untuk ditanam. Untuk memperoleh hasil maksimal dari budidaya Djitu F1, maka cara menanam cabai Djitu F1 perlu dikuasai dengan baik serta benar.

Bila tidak, tentu petani tak akan mendapatkan hasil panen cabai Djitu F1 secara optimal. Cara menanam cabe memakai bibit Djitu F1 secara baik mulai dari awal sampai akhir yaitu :

  • Pengolahan Lahan Tanam

Tanah yang optimal untuk bisa ditanami memiliki beberapa kriteria, seperti pH tanah sedikit asam (5,5/6 hingga 6,8 – 7), gembur, subur, juga kaya unsur hara.

Setelah itu, cangkul tanah sampai sedalam 20 hingga 40 centimeter. Bersihkan area lahan tanam dari bebatuan, gulma, serta sisa – sisa tanaman sebelumnya.

Jika sudah benar – benar bersih, maka buatlah bedengan berlebar 1 meter, tinggi 50 centimeter, serta panjang menyesuaikan lahan tanam. Berikanlah juga jarak antar bedengan berkisar ± 60 centimeter.

Berikutnya, buat saluran air / drainase pada bedengan. Terakhir, berikan pupuk kompos agar kandungan unsur hara pada lahan tanam menjadi lebih banyak.

  • Penyemaian

Proses penyemaian benih jadi salah satu proses penting untuk dilakukan. Untuk menyemai benih cabai keriting, sebaiknya memakai polybag. Hal itu bertujuan agar lebih mudah diatur juga tak saling berhimpitan antara satu dengan lainnya, sehingga bisa tumbuh dengan baik.

Setelah itu, siapkan tanah, pupuk kompos, dan arang sekam menggunakan perbandingan 1 : 1 : 2. Campurkan 3 bahan tersebut hingga merata semua. Pastikan agar 3 bahan tersebut dihaluskan terlebih dahulu sebelum dicampurkan menjadi satu.

Untuk tempat persemaian, gunakan tempat yang terlindung dari pancaran sinar matahari langsung, air hujan, serangga, dan lainnya.

  • Penanaman

Sebelum melakukan proses penanaman baiknya jangan lupa untuk merendam benih dalam air hangat selama minimal 1 jam sampai 3 jam. Nantinya, benih akan nampak mengambang serta juga tenggelam.

Pilih benih yang tenggelam karena benih yang tenggelam tersebut merupakan benih berkualitas unggulan. Setelah proses penyemaian benih berlangsung selama 21 hingga 24 hari, maka bibit sudah siap dipindahkan ke lahan penanaman.

Di umur tersebut bibit biasanya sudah mempunyai 3 sampai 4 helai daun. Nah, agar lebih memudahkan proses pemindahan bibit ke lahan tanam, sobek polybag, lalu pindahkan bibit ke lahan tanam.

Perhatikan serta juga pastikan media semai agar tak mengalami kerusakan sekalipun. Usahakan agar proses pembudidayaan ini dapat selesai hanya dalam kurun waktu 1 hari. Tutupilah memakai tanah dan juga pupuk kompos.

Setelah proses penanaman selesai, jangan lupa untuk memberikan air agar tingkat kelembaban bisa selalu terjaga. Jangan lupa juga untuk melakukan penyiraman secara teratur saat pagi serta sore hari.

  • Pemeliharaan

Sirami secara rutin agar setiap tanaman mendapatkan kadar air yang sama antara 1 tanaman dengan tanaman lain.

Manfaatkan saluran drainase yang sudah dibuat sebelumnya untuk mengenangkan bedengan. Lakukan penggenangan bedengan ini sebanyak 2 kali dalam kurun waktu satu minggu.

Selalu cek / pantau secara berkala pertumbuhan juga perkembangan tanaman. Jika ada bibit tanaman cabe yang mengalami kerusakan, maka segera buang serta singkirkan.

Pasangkan lenjeran atau ajir untuk penopang. Lakukan proses pemasangan ajir atau lenjeran setelah proses pemindahan bibit selagi bibit masih berumur muda untuk menghindari kerusakan pada bagian akar.

Selesai pemasangan ajir, ikatkan ajir pada tanaman yang sudah cukup tinggi menggunakan tali rafia. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan pupuk ke setiap bibit setiap 2 minggu sekali.

Kebersihan area lahan tanam pun perlu selalu dijaga. Bersihkan lahan tanam dari gulma agar bibit tanaman dapat terhindar dari serangan hama dan dapat terus tumbuh juga berkembang sampai sempurna.

  • Pengendalian Hama Dan Penyakit

Hama dan penyakit hampir selalu mengintai dalam budidaya tanaman, tidak terkecuali dengan budidaya cabe keriting. Beberapa contoh hama serta penyakit yang seringkali mengganggu petani ketika menanam cabai keriting yakni :

1. Kutu Kebul

Kutu kebul (Bemisia tabaci) ialah hewan serangga musuh utama petani dalam membudidayakan banyak tanaman. Mereka biasanya banyak dijumpai di bagian bawah daun. Jika mereka merasa terganggu, kutu kebul akan terbang seolah membentuk sebuah awan.

Kutu kebul berkembang biak dalam kondisi hangat dan kering. Telur – telurnya umumnya diletakkan pada bagian bawah daun.

Nimfanya memiliki bentuk oval berwarna kuning hingga putih. Seekor kutu kebul dewasa tidak bisa hidup tanpa memakan tanaman inang selama beberapa hari.

Baik nimfa maupun kutu dewasa menghisap getah tanaman dan mengeluarkan kotoran berupa embun madu pada bagian batang, daun, dan juga buah.

Pada jaringan tanaman yang terserang terbentuk bercak klorotik dan juga jamur berwarna hitam. Selama serangan parah, bercak ini bisa bergabung menyatu, lalu menyebar ke semua daun (terkecuali area sekitar pembuluh daun).

Daun kemudian bisa menjadi mengeriting ataupun berbentuk layaknya mangkok. Beberapa tipe kutu kebul pun bisa menjadi penular virus, sehingga mengakibatkan infeksi tambahan pada tanaman.

2. Kutu Daun (Aphid)

Kutu daun (Aphid) merupakan hewan serangga musuh utama petani berukuran kecil yang hidup berkelompok. Aphid memakan getah tanaman dan memiliki ukuran tubuh sepanjang 1 sampai 2 milimeter.

Warna tubuhnya cukup beragam, yakni seperti hijau, hitam, dan coklat. Selain berperan sebagai hama, Aphid juga menjadi perantara penyebar virus penyebab penyakit cabai keriting.

Wujud Aphid bervariasi, mulai dari varietas tanpa sayap dan juga varietas bersayap. Mereka menggunakan ovipositornya (bagian mulutnya yang panjang) untuk menembus jaringan tanaman lunak dan menghisap cairan.

Kondisi maksimal untuk pertumbuhan Aphid adalah pada iklim hangat dan juga kering. Kerumunan Aphid berjumlah besar bisa menyebabkan pucuk berkerut, layu, ataupun kuning dan tanaman terhambat pertumbuhannya.

Madu yang Aphid hasilkan saat mereka memakan jaringan tanaman menyebabkan infeksi tambahan dengan jamur oportunistik dalam beberapa kasus.

Selain itu, madu itu bisa memikat semut dan mampu mengakibatkan tanaman terinfeksi penyakit karena jamur.

3. Ulat Tanah

Ulat tanah (Agrotis ipsilon) mempunyai tubuh berwarna abu – abu muda, halus, dan juga berminyak. Panjang tubuh ulat tanah berkisar sekitar 5 hingga 10 mm.

Larva dengan umur lebih tua mempunyai warna coklat tua dengan panjang tubuh hingga 40 mm. Mereka makan saat malam hari dan siang hari, dan mereka dapat ditemukan di bawah permukaan tanah.

Ulat tanah menyerang banyak tanaman dalam seluruh tahap pertumbuhan tanaman, tetapi mereka biasanya lebih menggemari bibit muda.

Kerusakan bisa menjadi lebih parah bila kemunculan ulat tanah bersamaan dengan kemunculan bibit serta lingkungan lahan bergulma.

Ulat muda mencari makan di dekat tanah pada gulma serta meninggalkan bekas berupa lubang kecil tidak beraturan pada dedaunan lembut.

Sementara itu, ulat berumur lebih tua lebih memilih mengubur diri dalam tanah agar terhindar dari terik sinar matahari. Lalu, mereka akan muncul di waktu malam hari untuk mencari makan di dasar tanaman.

Tanaman muda bisa mereka seret ke bawah tanah. Bagian batang bisa diputus (dipotong) pada permukaan tanah, sehingga menyebabkan jaringan yang tumbuh mengalami kerusakan, serta gangguan pertumbuhan bahkan matinya tanaman.

Ulat pun juga dapat menggali ke dalam batang, yang bisa menyebabkan kelayuan tanaman dan juga tumbangnya tanaman tua.

4. Hawar Daun

Penyakit hawar daun terjadi karena infeksi jamur Phytophthora capsici. Penyakit ini biasanya menginfeksi bagian bunga dan juga daun.

Serangan penyakit ini diawali dengan layunya sebagian besar jaringan tanaman (terutama bagian daun), sehingga klorosis semakin cepat terjadi.

Terbentuknya klorosis ini bisa terjadi hanya beberapa hari saja setelah bagian tanaman yang terserang berubah warna menjadi coklat dan jaringan di bawah permukaan menjadi mati.

Gejala penyakit hawar daun yaitu terdapat bercak bulat melingkar dan cepat membesar, serta terjadinya penyempitan pada batang dengan warna hitam.

Kerugian karena penyakit hawar daun akan membesar bila terus dibiarkan serta menyebar pada bagian lain yang masih belum terserang. Serangannya akan lebih intens terjadi saat musim hujan dan juga tingkat kelembaban tinggi.

  • Pemanenan

Proses pemanenan bisa dilakukan setelah tanaman cabe Djitu F1 berumur sekitar ± 90 hari setelah pindah tanam. Di waktu tersebut biasanya buah cabe Djitu F1 telah berwarna merah dan sudah masak, sehingga bisa dipanen secara langsung.

Cara panennya yakni dengan cara dipetik bersamaan dengan bagian tangkai agar buahnya lebih awet. Potensi hasil panen cabai Djitu F1 sendiri mampu mencapai ± 25 hingga 30 ton/ha.

Baca Juga : Benih Kembang Kol Berkualitas Unggulan Cocok Petani Budidayakan

Jual Bibit Cabe Djitu F1 Matahari Seed Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Cabe Djitu F1 Matahari Seed Harga Terjangkau

Bila pembaca tengah mencari produk bibit cabe Djitu F1, maka LMGA AGRO merupakan jawabannya. Mengapa ? Karena LMGA AGRO menyediakan aneka promo serta diskon.

LMGA AGRO merupakan distributor, supplier, agen, reseller, dan dropshipper yang jual kebutuhan bercocok tanam terlengkap. Semua tersedia lengkap di toko pertanian terdekat sahabat konsumen LMGA AGRO.

Untuk mengirimkan pesanan bibit cabe Djitu F1, maka LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan jasa pengiriman Nasional. Beberapa contoh mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan yakni seperti JNT, KI8, Pos Indonesia, dan JNE.

Mitra pengiriman kami sudah memiliki reputasi terjamin terpercaya, sehingga pesanan konsumen terjamin pasti sampai ke alamat tujuan. Konsumen pun hanya perlu menunggu pesanannya sampai ke alamat tujuan.

Layanan konsultasi seputar masalah pertanian pun LMGA AGRO berikan agar kepuasan konsumen semakin bertambah.

Untuk konsumen yang tertarik dengan produk LMGA AGRO atau ingin berkonsultasi seputar masalah pertanian bisa menghubungi toko pertanian terdekat LMGA AGRO melalui nomor telepon 08125222117 (Khusus Layanan SMS/WA) dan 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Ingin membeli produk bibit cabe Djitu F1 Matahari Seed ? Segera order sekarang juga dan hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon diatas !!

Nah, itulah dia artikel bertema bibit cabe Djitu F1 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat untuk seluruh pembaca.

Jika masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Cabe Djitu F1 Produk Terbaik Harga Terjamin Murah ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.