Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/09/2023

Read

Bayfolan Bayer Untuk Cabe Pupuk Unggulan Petani

Bayfolan Bayer Untuk Cabe,bayfolan,bayer,cabe,lmga agro
Bayfolan Bayer
Untuk Cabe


Bayfolan Bayer Untuk Cabe Pupuk Unggulan Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGROLMGA AGRO merupakan toko pertanian online terbaik yang menjual beragam kebutuhan pertanian dengan jaminan harga terjangkau.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO merupakan toko tani unggul berbasis online yang berlokasi di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami sudah lama berkecimpung di sektor pertanian Nasional dan telah memiliki banyak konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

LMGA AGRO ialah distributor, reseller, supplier, dan agen beraneka produk pertanian terbaik dengan jaminan harga ramah kantong.

Kami memberi jaminan kepada konsumen jika seluruh pesanan konsumen akan segera kami kirimkan ke alamat tujuan dengan jaminan pasti sampai ke tangan konsumen.

Bayfolan Bayer untuk cabe tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual Bayfolan Bayer untuk cabe dengan jaminan harga terjangkau bagi semua kalangan. Segra dapatkan Bayer Bayfolan untuk cabe hanya di toko online LMGA AGRO.

Orang – orang Indonesia terkenal sudah terbiasa mengkonsumsi beraneka jenis makanan, dan salah satunya adalah makanan bercita rasa pedas. Hal tersebut telah menjadi sebuah rahasia umum dan seakan – akan menjadi kebiasaan harian masyarakat Indonesia.

Cita rasa pedas dari makanan umumnya dihasilkan dari cabai. Selain mampu menambah nafsu makan, cita rasa pedasnya mampu membuat makanan saat dikonsumsi menjadi lebih nikmat dan lezat.

Sejak zaman dahulu cabe termasuk sebagai salah satu rempah – rempah yang berlimpah di Nusantara. Tetapi, berdasarkan catatan sejarah Indonesia bukanlah tempat darimana tumbuhan ini berasal.

Catatan para ahli memperlihatkan bahwa cabai berasal dari benua Amerika. Penyebarannya sendiri terjadi di abad ke 16 lewat perantara pelaut berkebangsaan Portugis dan Spanyol ketika masuk ke Asia Tenggara.

Aneka ragam nutrisi terkandung di dalam buah cabe. Beberapa contoh nutrisi itu yaitu seperti protein, capsaicin, vitamin C, vitamin A, lemak, zat besi, kalium, karbohidrat, dan sebagainya.

Selain memiliki beraneka nutrisi bagus untuk tubuh, cabai termasuk memiliki nilai jual bagus di pasaran. Namun, harga jual bagus itu hanya bisa didapatkan dari pembudidayaan secara tepat mulai dari awal hingga akhir.

Baca Juga : Katalog Benih Labu Serta Blewah Terlengkap

Budidaya Cabe Sebagai Peluang Agrobisnis Menjanjikan

budidaya,budidaya cabe,budidaya cabai,agribisnis,agrobisnis,lmga agro
Budidaya Cabe Sebagai Peluang Agrobisnis Menjanjikan

Dari penjelasan sebelumnya, peluang agribisnis cabe tergolong sangat menjanjikan. Jika Anda tertarik, LMGA AGRO sudah siap membantu Anda dalam menjalankan proses budidaya tumbuhan ini.

Kami siap membantu Anda dengan cara memberikan penjelasan mengenai tahapan budidaya cabe sedari awal sampai dengan akhir.

Sebelum memulai proses pembudidayaan, terdapat beberapa persiapan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Contohnya saja yakni semisal jenis benih cabe apa yang akan dibudidayakan.

Apabila semuanya sudah Anda persiapkan, maka tahapan budidaya cabe telah bisa Anda lakukan. Tahapan cara budidaya cabe secara baik juga benar mulai dari awal hingga akhir yakni :

  • Persiapan Lahan Tanam

Bersihkan lahan tanam terlebih dulu dari kerikil, bebatuan, gulma, dan lainnya hingga benar – benar bersih. Apabila telah benar – benar bersih, berikutnya olahlah lahan tanam menggunakan cangkul hingga gembur.

Setelah lahan tanam dibuat dengan tinggi sekitar ± 30 – 40 centimeter, panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam, dan lebar ± 100 centimeter.

Jangan lupa pula untuk memberikan jarak ± 60 centimeter setiap 1 bedengan dengan 1 bedengan lain. Buatkan pula untuk membuat saluran drainase di sekitar bedengan yang Anda buat.

Hal itu memiliki tujuan agar mempermudah pemeliharaan dan mencegah kemunculan genangan air pada bedengan.

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengukur tingkat keasaman tanah. Apabila tingkat pH tanah terlalu masam, netralkan dengan cara mengaplikasikan kapur pertanian / dolomite dengan dosis secukupnya.

Kemudian pakai mulsa plastik sebagai penutup bedengan. Jika mulsa plastik sudah menutupi bedengan secara baik, lalu buatlah lubang tanam pada bedengan.

Buatkan lubang tanam dan letakkan secara zig zag sebanyak 2 baris dengan kedalaman berkisar ± 10 cm pada setiap bedengan. 

  • Penyemaian

Agar dapat menghasilkan bibit berkualitas bagus, maka Anda harus melakukan proses penyemaian terlebih dulu. Selain itu, proses penyemaian bisa juga mengurangi tingkat kematian tanaman, siap dengan kondisi lahan tanam serta melindungi tanaman dari ancaman cuaca.

Untuk memulai proses penyemaian, persiapkan terlebih dulu media semai benih berupa campuran antara tanah halus dengan pupuk kandang / kompos.

Lalu, masukkanlah kedua bahan tersebut ke dalam tray semai. Apabila sudah, maka langkah berikutnya adalah memasukkan benih ke dalam media semai.

Masukkan sebanyak 1 benih untuk setiap lubang semai dan selalu sirami setiap pagi hari dalam jumlah cukup. Jika bibit telah memiliki 3 hingga 4 helai daun, maka Anda telah bisa mengakhiri proses penyemaian.

  • Penanaman

Bibit yang telah siap tanam umumnya memiliki 3 sampai 4 helai daun. Ambil bibit siap tanam, kemudian masukkan bibit ke dalam lubang tanam lalu tutupi memakai tanah sekitarnya. Berikutnya, sirami memakai air dalam jumlah yang cukup.

  • Perawatan

Pertama, sulamiah bibit yang tidak tumbuh sempurna atau mengalami kematian. Berikutnya, lakukan proses penyiraman. Lakukanlah proses penyiraman secara rutin, terutama ketika musim kemarau.

Jika sistem perakaran sudah kuat dan cukup dalam, maka proses penyiraman dapat dilakukan setiap 3 hari sekali. Apabila di sekitar tanaman mulai bermunculan gulma, segera lakukan penyiangan gulma hingga benar – benar bersih.

Keberadaan gulma bisa menimbulkan masalah karena nutrisi yang diberikan menjadi terambil serta menjadi sarang untuk organisme pengganggu tanaman. Oleh karena itu, pastikan supaya melakukan penyiangan gulma secara teratur dan berkelanjutan.

Dalam proses pemupukan, gunakan pupuk sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda mengaplikasikannya dengan menggunakan prinsip tepat dosis dan tepat waktu. Hal itu bertujuan supaya kebutuhan suplai nutrisi cabe bisa tercukupi.

  • Pengendalian OPT

Serangan organisme pengganggu tanaman (opt) selalu saja menyebabkan kerusakan, entah dalam jumlah kecil hingga besar.

Oleh karena itu, organisme pengganggu yang bisa menyerang tanaman cabe (seperti hama serta penyakit) perlu petani waspadai serangannya untuk bisa memperkecil kerusakan yang bisa terjadi.

Contoh beberapa opt yang cukup banyak menyerang tanaman cabe biasanya seperti :

1. Ulat Grayak

Tubuh ulat grayak memiliki warna coklat muda ataupun hijau mendekati hitam bergaris memanjang di sepanjang sisi serta garis kekuningan pada bagian punggungnya.

Sayap belakang ngengat berwarna putih dengan sayap depan berwarna coklat berbintik. Setiap sayap depan memiliki titik berwarna putih yang bisa terlihat dekat pada bagian ujung paling atas.

Suhu dan makanan cukup menentukan seberapa lama fase siklus hidupnya. Larva ulat grayak (Spodoptera frugiperda) mengakibatkan kerusakan dengan cara memakan semua tanaman.

Awalnya larva muda hanya memakan daun dari jaringan daun pada 1 sisi saja, dengan sisi lain yang dibiarkan tetap utuh. Bibit dapat dimakan hingga mencapai tunas, bahkan sampai titik tumbuhnya pun akhirnya mengalami kerusakan.

Larva juga dapat melukai pangkal tanaman, menyerang struktur reproduktif, dan juga menyerang buah muda. Dalam tingkat serangan yang parah, larva ulat grayak akan menyebabkan kerontokan yang meluas.

2. Busuk Batang

Infeki jamur Sclerotinia sclerotiorum mengakibatkan terjadinya penyakit busuk batang pada tanaman. Patogen jamur ini mampu bertahan hidup dalam kurun waktu lama dalam sisa – sisa tanaman maupun dalam tanah sebagai sclerotia yang tidur.

Sebagian besar siklus hidupnya berlangsung di dalam tanah. Saat kondisi lingkungan mendukung, pertumbuhannya akan ia lanjutkan pada bahan organik serta terkadang menginfeksi jaringan tanaman.

Saat jamur menjajah semua bagian tanaman, benih juga akan mengandung patogen, baik pada kulit benih ataupun secara internal.

Kumpulan spora jamur baru yang dihasilkan pada tumbuhan akan terbang ke udara. Penyebaran spora ke bagian batang akan semakin terdukung dengan adanya iklim mikro yang cenderung lembab.

Perkembangan awal memerlukan basahnya daun sampai beberapa jam serta suhu berkisar antara ± 15 sampai 24° C. Kehadiran unsur hara eksogen juga semakin mendukung pertumbuhan jamur.

Gejala awal penyakit busuk batang yaitu muncul bercak basah berbentuk tidak beraturan pada bagian daun, tangkai daun, serta pelepah daun. Saat bercak itu membesar, daerah yang terinfeksi akan tertutupi oleh jamur berkapas putih yang banyak.

Pada tahap berikutnya tersebar menjadi struktur reproduksi seperti kutil berwarna keabu – abuan maupun hitam yang bisa terlihat (sclerotia). Lesi kering bisa berkembang pada bagian pangkal batang serta cabang, terbatasi secara jelas dari jaringan tanaman yang sehat.

Pada beberapa spesies, lesi kering akan nampak cukup mencolok pada bagian mahkota dasar. Selama tahapan selanjutnya, jamur akan mengelilingi batang serta bagian atas tanaman cenderung layu, kemudian berubah kecoklatan serta mati.

Sclerotia terbentuk di dalam bagian batang tanaman dan juga menggantikan jaringan tanaman. Hal ini bisa mengakibatkan tanaman roboh dan mati.

Polong dan benih yang sudah terinfeksi bisa menyusut ataupun terganti oleh tumbuhnya cendawan berwarna hitam.

3. Bercak Bakteri

Infeksi bakteri Xanthomonas menjadi penyebab utama terjadinya penyakit bercak bakteri. Patogen bakteri ini menjadi salah satu penyebab penyakit paling merusak pada berbagai tumbuhan.

Bakteri Xanthomonas bisa bertahan hidup menyatu bersama benih ataupun jenis gulma tertentu. Penyebarannya sendiri terjadi lewat perantara air hujan ataupun air irigasi pancur.

Patogen bakteri Xanthomonas masuk menginfeksi ke dalam tanaman melalui pori – pori serta luka daun. Kisaran suhu paling cocok untuk perkembangannya yakni dalam kisaran ± 25 sampai 30° C.

Gejala awal penyakit bercak bakteri terlihat dengan kemunculan luka kecil berwarna kuning kehijauan pada daun muda (umumnya juga terlihat cacat dan menggulung).

Pada dedaunan lebih tua, luka – lukanya nampak agak membengkak, berwarna hijau gelap, berminyak, dan cukup sering dikelilingi oleh lingkaran berwarna kuning. Luka – luka itu biasanya lebih banyak berkumpul pada bagian ujung atau pinggir dedaunan.

Pada akhirnya, bintik – bintik itu nampak seperti sebuah lubang bekas tembakan karena bagian tengahnya menjadi kering lalu hancur.

Kemunculan bintik – bintik itu pada buah berawal dengan keberadaan warna hijau pucat pada buah, area berair, lalu akhirnya berwujud kasar berwarna coklat serta juga berkeropeng.

  • Pemanenan

Proses pemanenan ialah tahapan akhir dari proses pembudidayaan tanaman. Proses pemanenan cabe telah bisa dilakukan apabila pada buah cabe telah muncul beberapa ciri – ciri.

Ciri – ciri itu misalnya seperti buahnya berubah warna menjadi kuning kemerahan, tekstur buahnya utuh serta padat, dan sebagainya.

Cara panennya dilakukan dengan cara memetik buah cabe. Petiklah buah cabe yang telah siap panen dengan hati – hati, dengan memetik buah bersama dengan bagian tangkainya.

Proses pemetikan dilakukan dengan cara itu agar buah tidak membusuk. Pastikan Anda memetiknya secara hati – hati supaya ranting atau cabang tidak patah.

Pentingnya Fase Pemupukan Cabe Dalam Pemenuhan Kebutuhan Nutrisinya

Fase pemupukan menjadi salah satu fase sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan tanaman cabai. Dalam fase pemupukan ini, petani tentu saja perlu menyesuaikan usia serta kondisi tanaman untuk bisa terhindar dari efek negatif.

Dengan mengaplikasikan pupuk, maka cabai akan bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan begitu, nantinya cabai bisa tumbuh serta berkembang secara baik.

Dalam masa awal – awal masa pertumbuhan, cabe tergolong sangat rentan terserang opt (organisme pengganggu tanaman). Mengapa seperti itu ? Karena bagian akar belum terbentuk secara sempurna, sehingga daya hidupnya masih tergolong belum maksimal.

Agar cabe bisa berbuah lebat, jika sudah berusia ± 10 – 30 hari direkomendasikan supaya diberikan pupuk sesuai dengan kebutuhannya, contohnya yakni pupuk Bayfolan Bayer. Hal itu mempunyai tujuan untuk bisa merangsang tumbuhnya tunas – tunas baru.

Jika cabai telah memunculkan bunga, maka cabe telah bisa diaplikasikan pupuk untuk membuat buah cabai bisa berbuah lebat. Pemupukan bisa merangsang pembentukan bunga pada cabai, sehingga tentunya sangat bermanfaat.

Baca Juga : Bibit Semangka Inul Redin F1 Hasil Terjamin Memuaskan

Bayfolan Bayer Untuk Cabe Kaya Manfaat Cocok Petani Pergunakan

bayer bayfolan,cabai,tanaman,tanaman cabe,tanaman cabai,lmga agro
Bayfolan Bayer Untuk Cabe Kaya Manfaat Cocok Petani Pergunakan

Mengingat begitu vitalnya peranan pupuk untuk cabe, tentunya petani harus menjaga ketersediaan pupuk sebagai prioritas utama. Dengan begitu, maka petani perlu membeli pupuk supaya petani selalu memiliki stok yang aman.

LMGA AGRO sebagai rekan petani memiliki rekomendasi menarik mengenai produk pupuk yang dapat petani pergunakan. Produk rekomendasi dari LMGA AGRO tersebut ialah Bayfolan.

Bayfolan merupakan pupuk hasil produksi PT Bayer Indonesia. Bayer Bayfolan sendiri tergolong ke dalam kategori pupuk daun yang bermanfaat dalam pertumbuhan vegetatif dan pemulihan setelah fase generatif tanaman.

Bayfolan Bayer memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk cabe. Beberapa contoh kandungan nutrisi tersebut yakni seperti K2O 6 %, P2O5 8 %, N 11 %, dan unsur mikro (Co, Bo, Mn, Zn,Cu, Fe, dan Mo).

Bentuk formulasi Bayer Bayfolan yaitu berupa cairan pekat berwarna hijau yang dapat dilarutkan. Selain untuk tanaman cabe, pupuk daun produksi Bayer ini juga bagus jika diaplikasikan pada tanaman buah, tanaman sayur, tanaman perkebunan, dan tanaman hias.

Kenapa produk Bayfolan Bayer sangat cocok diaplikasikan pada tanaman cabe ? Alasannya karena produk Bayfolan Bayer mempunyai beragan keunggulan daripada produk – produk pesaingnya. 

Secara umum, beberapa contoh kelebihan dari produk Bayfolan Bayer yakni seperti :

  1. Bayfolan Bayer mudah larut bersama air serta tidak menimbulkan endapan sekalipun
  2. Penggunaan Bayer Bayfolan bisa memperbaiki kualitas buah, meningkatkan hasil panen, mencukupi unsur hara melalui daun, serta merangsang tumbuhnya akar supaya menyerap unsur hara yang bagus untuk kondisi tanah yang kurang bagus
  3. Penggunaan Bayfolan Bayer dapat diaplikasikan dengan pestisida (insektisida, fungisida), terkecuali campuran alkalis (belerang, kapur)
  4. Pengaplikasian Bayfolan Bayer bisa dengan cara disemprotkan menggunakan semua jenis alat semprot tanaman
  5. Pengaplikasian Magnesium sulfat sebagai campuran untuk tanaman yang kurang unsur magnesium dengan beraneka rekomendasi

Dengan berbagai macam keunggulan dari Bayer Bayfolan, maka tidak salah jika menganggap bahwa kualitas Bayer Bayfolan sangatlah bagus. Jadi, apakah Anda mulai tertarik membeli serta membuktikan sendiri kualitas dari Bayfolan Bayer ??

Cara Penggunaan Bayfolan Bayer Untuk Tanaman Cabe

Untuk bisa menggunakan Bayfolan Bayer untuk tanaman cabe dengan baik dan benar, LMGA AGRO akan membagikan cara pengaplikasian Bayfolan Bayer untuk cabe secara tepat.

Langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam mengaplikasikan Bayfolan Bayer untuk cabe yakni seperti :

  1. Dosis yang diaplikasikan dari penggunaan Bayfolan Bayer untuk cabe yaitu dengan cara mencampurkan 2 ml cairan Bayfolan Bayer dalam 1 liter air
  2. Untuk 1 hektar lahan cabe memerlukan pupuk Bayer Bayfolan sekitar ± 2 hingga 4 liter
  3. Pemupukan memanfaatkan Bayfolan Bayer untuk cabe sebaiknya dilakukan saat pagi dan juga sore hari. Hal ini bertujuan karena pada waktu itu stomata sedang terbuka, sehingga membuat pemupukan menjadi lebih efektif
  4. Penyemprotan campuran Bayfolan Bayer untuk cabe sebaiknya dilakukan pada bagian bawah daun. Kenapa ? Karena bagian tersebut ialah bagian yang paling banyak terdapat stomatanya.
  5. Penyemprotan Bayfolan Bayer sebaiknya tidak Anda lakukan saat kondisi cuaca tengah hujan. Paling tidak Anda lakukan yakni 2 jam setelah penyemprotan Bayfolan Bayer jangan sampai terkena air hujan karena hal ini bisa mengurangi tingkat keefektifan penyerapan Bayfolan Bayer untuk tanaman cabe
  6. Pengaplikasian Bayfolan Bayer untuk cabe sebaiknya juga tidak Anda lakukan saat suhu udara terlalu panas karena membuat konsentrasi larutan pupuk Bayfolan Bayer yang sampai ke daun menjadi meningkat. Hal ini dapat menyebabkan daun tanaman jadi terbakar karena suhu udara terlalu panas.

Baca Juga : Katalog Benih Pare Panah Merah Kualitas Terbaik

Jual Pupuk Bayfolan Bayer Untuk Cabe Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Pupuk Bayfolan Bayer Untuk Cabe Harga Terjangkau

Toko online LMGA AGRO juga mempunyai beraneka solusi terbaru dalam mengoptimalkan pemakaian Bayfolan Bayer supaya cabe dapat tumbuh secara sempurna.

Selain itu, tips dan trik dari LMGA AGRO bisa membuat petani makin terbantu dengan membudidayakan cabe secara tepat.

LMGA AGRO jual Bayfolan untuk cabe produksi Bayer dengan jaminan kualitas original. Produk Bayfolan produksi Bayer yang LMGA AGRO jual tersedia dalam kemasan botol 3 varian, yakni berisi bersih 250 ml, 500 ml, dan 1 liter.

Harga pupuk Bayfolan Bayer di LMGA AGRO relatif murah dan terjangkau untuk semua kalangan konsumen. Sangat cocok untuk petani aplikasikan untuk beraneka jenis tanaman.

Supaya pesanan Bayfolan Bayer untuk cabe sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan mitra pengiriman bereputasi terjamin terpercaya.

JNE, KI8, Pos Indonesia, dan J&T merupakan beberapa nama rekanan LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan. Reputasi mitra pengiriman kami sudah terbukti, sehingga pesanan Bayfolan Bayer untuk cabe pastinya akan sampai hingga ke tangan konsumen.

Ingin membuktikan sendiri kualitas dari Bayfolan Bayer untuk cabe ?? Segera pesan sekarang juga Bayfolan Bayer untuk cabe dan aplikasikan sendiri untuk melihat sendiri hasilnya !!

Nah, itulah dia artikel bertema bahasan Bayfolan Bayer ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga seluruh pembaca setia LMGA AGRO bisa mengambil manfaat dari artikel kami kali ini.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bayfolan Bayer Untuk Cabe Pupuk Unggulan Petani ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dengan LMGA AGRO berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.