BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/09/2023

Read

Kubis Grand 22 Produk Unggul Hasil Terjamin

Kubis Grand 22,kubis,grand 22,grand 22 f1,bisi,lmga agro
Kubis Grand 22

Kubis Grand 22 Produk Unggul Hasil Terjamin. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian online dengan jaminan harga murah.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO ialah toko tani unggul berbasis online yang bertempat di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami telah lama berkecimpung dalam sektor pertanian Nasional serta sudah mempunyai berbagai banyak konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

LMGA AGRO merupakan supplier, agen, distributor, serta reseller berbagai produk pertanian terbaik dengan jaminan harga ramah kantong.

Kami memberikan jaminan kepada konsumen apabila semua pesanan konsumen akan segera kami kirim ke alamat tujuan dengan jaminan pasti sampai ke alamat konsumen.

Kubis Grand 22 F1 tersedia di toko pertanian terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO jual benih kubis Grand 22 dengan jaminan harga murah untuk semua kalangan. Segera dapatkan bibit kubis Grand 22 F1 Bisi hanya di toko online LMGA AGRO.

Kubis atau kol ialah tanaman sayur dari keluarga Brassicaceae. Tumbuhan berbatang lunak ini sudah dikenal sedari zaman purbakala (± 2500 – 2000 SM).

Pada awalnya, kol atau kubis dikenal sebagai gulma (tanaman pengganggu) yang hidup secara liar. Tanaman ini hidup di karang pantai Denmark, Inggris, dan pantai Barat Prancis sebelah Utara.

Pembudidayaan kol mulai terjadi di Eropa pada abad ke 9 Masehi. Pada abad ini pula lah imigran Eropa membawa serta menyebarkannya ke Amerika.

Di Indonesia sendiri kubis mulai masuk serta menyebar pada abad ke 16 ataupun ke 17. Bagian biji awalnya ialah bagian yang dimanfaatkan, sebelum bagian lainnya juga dimanfaatkan seperti sekarang.

Di zaman modern seperti sekarang, kubis telah bertransformasi menjadi berbagai olahan kaya ragam dengan cita rasa yang juga beragam. Terlebih lagi, kandungan – kandungan nutrisinya tergolong relatif lengkap.

Contoh beberapa manfaat dan juga nutrisinya yakni seperti :

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Beraneka ragam vitamin terkandung di dalam sayur kol. Salah satu vitamin tersebut ialah vitamin K1. Sayur – sayuran ialah sumber utama darimana nutrisi ini berasal.

Dalam 1 buah sayuran, kebutuhan vitamin K harian dapat tercukupi sebesar ± 85 %. Vitamin K sendiri memiliki peran sangat penting, salah satunya ialah dalam proses pembekuan darah.

Vitamin ini bisa memicu fungsi enzim dalam menutup luka. Dengan begitu, pendarahan bisa Anda cegah.

  • Memperkuat tulang

Kubis kaya dengan berbagai kandungan nutrisi, seperti kalsium, magnesium, serta potasium. Ketiga nutrisi tersebut sangatlah bagus untuk kesehatan tulang, sehingga apabila mengkonsumsi kubis maka bisa menurunkan resiko tulang rapuh.

Peluang Agrobisnis Budidaya Kubis Di Indonesia

peluang,agrobisnis,agribisnis,budidaya,budidaya kubis,lmga agro
Peluang Agrobisnis Budidaya Kubis Di Indonesia

Peningkatan kebutuhan kubis mengakibatkan nilai jualnya mengalami kenaikan. Hal itu menyebabkan potensi peluang usaha budidaya kubis menjadi sangat menjanjikan.

Apabila Anda mempunyai lahan untuk budidaya tanaman kubis, Anda dapat segera memulai melakukan budidaya kubis. Tetapi, apabila Anda tidak memiliki lahan, maka Anda bisa menyewa lahan sebagai tempat pembudidayaan.

Budidaya kubis sebenarnya cukup mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut bertujuan agar hasil panen memiliki kualitas baik dan tidak mudah terkena serangan hama penyakit.

Beberapa contoh hal – hal penting itu yakni seperti :

  • Syarat Tumbuh

Agar tanaman kubis bisa tumbuh secara baik, maka sebaiknya Anda membudidayakannya di dataran berketinggian ± 800 mdpl.

Daerah itu perlu memiliki curah hujan cukup serta memiliki suhu lingkungan yang berkisar antara ± 15 – 20° C. Tekstur tanah juga perlu gembur dengan kisaran pH 6 hingga 6,5.

  • Pengolahan Air Dan Tanah

Cabut gulma serta bersihkan kotoran – kotoran lain yang terdapat pada lahan tanam. Apabila gulma dan sisa tanaman tidak Anda bersihkan, maka tanaman akan lebih rentan terkena hama maupun penyakit.

Sisa – sisa tanaman maupun gulma yang Anda cabut bisa Anda bakar kemudian diolah menjadi pupuk kompos.

Tanaman kubis memang bisa Anda budidayakan sepanjang tahunnya. Namun, sebaiknya jangan menanamnya secara terus menerus serta lakukanlah juga rotasi tanaman. Pakai pupuk organik saat musim kemarau supaya penggunaan air menjadi lebih efisien.

  • Persiapan Lahan Tanam

Lahan tanam harus Anda olah terlebih dulu sebelum digunakan untuk pembudidayaan tanaman kubis. Caranya, bajak ataupun cangkul tanah sedalam ± 20 centimeter. Berikan pula campuran pupuk agar tingkat kesuburan lahan tanam menjadi meningkat.

Itulah dia beberapa catatan – catatan penting ketika akan menanam tanaman kubis. Dengan adanya catatan – catatan penting itu, Anda akan semakin mudah dalam membuat usaha budidaya kol semakin berkembang.

Baca Juga : Katalog Bibit Pepaya Unggul Jaminan Harga Murah

Kubis Grand 22 Produk Unggul Produksi Bisi

kubis grand 22 f1,chia tai seed,kubis grand 22 cap kapal terbang,kubis grand 22 chia tai seed,lmga agro
Kubis Grand 22 Produk Unggul Produksi Bisi

Untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal, tentunya Anda perlu memakai benih kubis yang sudah teruji. Agar lebih mudah, LMGA AGRO akan membantu Anda dalam memilih benih kubis terbaik untuk Anda.

LMGA AGRO memiliki rekomendasi menarik untuk Anda, yakni Grand 22 F1. Grand 22 F1 ialah benih kubis hibrida unggul hasil produksi PT Bisi International, Tbk.

Kubis Grand 22 F1 mempunyai beraneka macam karakteristik unggul serta kelebihan, sehingga sesuai untuk Anda. Contoh beberapa karakteristik unggul serta kelebihan dari benih kubis Grand 22 yakni seperti :

  1. Kubis Grand 22 Cap Kapal Terbang mempunyai vigor kokoh, seragam, dan lapisan lilin tebal
  2. Kubis Grand 22 Chia Tai Seed mempunyai daya adaptasi bagus dari dataran rendah sampai menengah pada musim kemarau maupun penghujan
  3. Kubis Grand 22 tahan terhadap serangan penyakit busuk hitam serta busuk lunak
  4. Krop kubis Grand 22 berbentuk semi bulat, tekturnya keras dan juga besar
  5. Kubis Grand 22 tahan terhadap pengangkutan jarak jauh
  6. Kubis Grand 22 F1 bisa dibudidayakan memanfaatkan metode tanam hidroponik
  7. Kubis Grand 22 sudah bisa dipanen saat berumur ± 65 hari setelah pindah tanam
  8. Potensi hasil panen kubis Grand 22 tergolong cukup besar, yakni mencapai ± 2 kg per krop
  9. Peluang usaha budidaya kubis Grand 22 menjadi favorit petani karena lebih cepat panen, sehingga potensi hasilnya tergolong menjanjikan
  10. Hasil panen kubis Grand 22 mudah terjual ke pedagang pengepul karena kualitasnya telah teruji
  11. Beli benih kubis Grand 22 berkualitas unggul hanya di LMGA AGRO
  12. Benih kubis Grand 22 F1 tersedia dalam kemasan sachet berisi bersih ± 15 gram

Kelebihan – kelebihan tersebut tentu saja sangat sesuai untuk petani budidayakan. So, tertarik untuk bisa membudidayakan kubis Grand 22 Cap Kapal Terbang ??

Baca Juga : Rawita F1 Produk Benih Unggulan Petani

Tahapan Budidaya Kubis Grand 22 Secara Tepat

Apabila Anda ingin membudidayakan Grand 22 F1, LMGA AGRO siap untuk membantu Anda. Untuk bisa berhasil dalam melakukan pembudidayaan kubis Grand 22, tentunya Anda perlu menguasai tahapan pembudidayaannya sedari awal hingga akhir.

Tahapan budidaya kubis Grand 22 sedari awal hingga akhir secara tepat yakni seperti :

  • Penyemaian Benih

Pertama, rendam benih dengan air untuk menyortir benih yang cocok untuk dibudidayakan. Benih yang Anda pergunakan harus utuh, terbebas dari serangan hama penyakit, serta daya kecambahnya tinggi.

Rendam selama ±12 jam, lalu amati kondisi benih dengan cermat. Apabila terdapat benih yang mengambang atau mengapung, segera ambil kemudian buang benih tersebut.

Benih – benih mengapung tersebut kualitasnya tergolong kurang bagus, sehingga saat Anda tanam nantinya tidak akan bisa optimal. Sementara, benih yang tenggelam berkualitas bagus sehingga cocok untuk Anda gunakan untuk budidaya.

Selanjutnya, persiapkan wadah semai berupa tray semai untuk benih. Buatlah campuran antara arang sekam dan tanah dengan perbandingan 1 : 1. Apabila sudah siap, masukkan campuran itu ke dalam tray semai.

Berikutnya, masukkan pula benih Grand 22 F1 ke dalam tray semai. Rawatlah sampai telah berumur ± 25 – 30 hari dari pembibitan. Apabila sudah, maka bibit pun telah siap untuk Anda pindah ke lahan tanam.

  • Pengolahan Lahan Tanam

Bersamaan dengan proses penyemaian benih, lakukan pula proses pengolahan lahan tanam. Dengan melakukan pengolahan lahan tanam, tekstur tanah akan menjadi lebih baik serta strukturnya menjadi lebih gembur.

Pertumbuhan akar pun menjadi lebih optimal serta pertumbuhan tanaman pun menjadi lebih maksimal.

Bersihkan lahan tanam yang akan dipakai dari gulma – gula dan kotoran seperti batu, kerikil, dan sebagainya. Apabila sudah bersih, buat bedengan pada lahan tanam.

Buatlah bedengan dengan ukuran tertentu, yaitu tingginya ± 35 cm serta lebar ± 80 – 100 cm. Serta juga berikan jarak antar bedengan sekitar ± 40 cm lalu cek pula tingkat keasaman ataupun pH tanah.

Tingkat pH yang sesuai yakni 5,5. Apabila pH masih asam, untuk menetralkannya segera aplikasikan dolomite / kapur pertanian. Aplikasikan dengan dosis sebesar ± 1 – 2 ton/ha. 

  • Penanaman

Angkatlah bibit Grand 22, lalu lepaskan dari media semainya dengan hati – hati. Berikutnya, masukkan bibit Grand 22 F1 ke dalam lubang tanam.

Kemudian, tutupi lubang tanam memakai tanah di sekitarnya. Jangan lupa untuk menyiraminya dengan air secukupnya supaya tingkat kelembaban bibit tetap terjaga.

Pastikan supaya Anda melakukan pemindahan bibit saat pagi atau sore hari. Pastikan kondisi lahan tanam tetap lembab agar bisa terhindar dari terik sinar matahari berlebih ketika siang hari.

  • Perawatan / Pemeliharaan

Sama seperti membudidayakan tanaman lainnya, budidaya kubis tentunya juga perlu dirawat secara baik. Dengan perawatan yang baik, maka kubis nantinya bisa tumbuh secara sempurna.

Contoh beberapa proses pemeliharaan tersebut seperti :

1. Penyulaman Bibit

Lakukan penyulaman bibit jika bibit tidak tumbuh dengan sempurna atau mati. Proses ini sudah dapat Anda lakukan hingga tanaman berumur ± 2 minggu setelah pindah tanam.

2. Penyiraman / Pengairan

Setiap pagi dan sore hari ketika musim kemarau, lakukan penyiraman atau pengairan secara rutin & teratur. Namun, jika tengah berada pada musim hujan Anda tidak usah menyiraminya terlalu sering.

Jika tanaman telah berumur ± 30 hari, Anda dapat mengairi memanfaatkan sistem leb.

3. Penyiangan Gulma

Lakukan penyiangan secara teratur & rutin. Penyiangan gulma secara teratur & rutin mampu membuat kubis tumbuh secara baik. Selain itu, penyerapan nutrisi serta unsur hara pun bisa menjadi semakin optimal.

4. Pemupukan Susulan

Anda jangan lupa untuk melakukan proses pemupukan susulan. Berikanlah pupuk ZA, urea, serta KCL memakai perbandingan 1 : 1 : 2.

Proses pemupukan susulan pertama bisa Anda lakukan setelah kubis berumur ± 25 hari setelah pindah tanam.

Proses pemupukan kedua serta seterusnya dapat dilakukan setiap 10 sampai 15 hari sekali. Cara pengaplikasian pupuk susulan yakni dengan mengocorkannya ke setiap tanaman.

  • Pengendalian Hama Serta Penyakit

Walaupun telah memiliki ketahanan terhadap hama penyakit, tetapi mewaspadai ancaman serangan hama dan penyakit tetap menjadi sebuah keharusan.

Serangan hama serta penyakit selalu menyebabkan kerugian baik dalam jumlah kecil hingga besar. Dengan mewaspadai serangan hama serta penyakit, maka kerusakan serta kerugian dapat lebih diminimalkan.

Contoh beberapa hama penyakit yang dapat menyerang tumbuhan kubis yakni seperti :

1. Ulat Daun

Inang dari ulat daun tergolong cukup banyak, contohnya seperti brokoli, lobak, dan sebagainya. Ngengat dewasa memiliki ukuran kecil dan ramping, panjangnya ± 6 mm dan memiliki antena yang terlihat jelas.

Tubuh mereka mempunyai warna coklat tua dengan pita berwarna coklat muda khas pada bagian belakang. Mereka dapat terbawa dari jarak jauh oleh angin.

Ngengat betina bisa menghasilkan telur sebanyak 150 butir telur, serta menyimpan telur – telurnya pada bagian bawah daun. Setelah beberapa hari, dari dalam telur akan keluar ulat / larva.

Larva muda mempunyai kebiasaan berupa memamah biak dengan cara menggali daun. Sedangkan, larva yang berumur lebih tua memakan permukaan bawah daun dan menimbulkan bercak tidak beraturan.

Apabila jumlah ngengat tidak terlalu besar, maka ngengat akan membuat masalah untuk tanaman Brassica (kubis – kubisan).

Kerusakan pada tanaman terjadi karena larva yang menggali terowongan pada jaringan daun ataupun menggores bagian bawah permukaan helai daun.

Bercak terlihat tidak beraturan. Meskipun demikian epidermis daun bagian atas terkadang bisa dibiarkan tetap utuh.

Larva yang lebih tua cenderung cukup rakus. Selama serangan parah, semua daun bisa terlahap, kecuali pada tulang daun (mengakibatkan daun terskeletonisasi).

2. Busuk Lunak

Penyakit busuk lunak terjadi karena infeksi bakteri Erwinia carotovora. Bakteri Erwinia berkembang secara maksimal pada suhu ± 27° C.

Apabila tingkat kelembaban serta suhu lingkungan rendah, maka bakteri ini pertumbuhannya akan terganggu.

Untuk penyebarannya sendiri bisa terjadi melalui media tanah, alat pertanian, serta sisa – sisa tanaman. Bakteri Erwinia mempunyai daerah penyebaran dengan luas yang hampir mencapai ke seluruh dunia.

Gejala awal serangan penyakit busuk lunak nampak dengan munculnya bercak – bercak berair. Bercak – bercak tersebut kemudian membesar serta warnanya menjadi berwarna coklat.

Gejala berikutnya, daun yang terinfeksi menjadi lunak berlendir dan mengeluarkan bau cukup khas. Bau itu asalnya dari gas yang dikeluarkan dari hasil fermentasi karbohidrat tumbuhan kubis.

Bibit yang masih di persemaian juga dapat terserang bakteri busuk lunak yang dapat menyebabkan kematian dalam kurun waktu singkat.

Infeksi bakteri lebih banyak dijumpai pada tempat penyimpanan atau ketika pengangkutan pasca panen.

Luka akibat gigitan serangga atau karena alat pertanian ketika memanen kubis menjadi jalan masuk bakteri dalam menginfeksi.

3. Busuk Hitam

Penyakit busuk hitam terjadi karena infeksi patogen bakteri Xanthomonas campestris. Patogen bakteri ini mampu bertahan hidup pada benih, sisa – sisa tanaman yang terinfeksi, dan juga gulma.

Percikan air menjadi media penyebar bakteri ini ketika menginfeksi tanaman. Sesudah berhasil menginfeksi, penyakit layu bakteri bisa dengan cepat menyebar ke tanaman lain.

Jika benih ataupun tanah terkontaminasi, gejala pertama yang dapat teramati telah berada pada tempat pembiakan.

Tingginya suhu (± 25 hingga 30° C) dan tingkat kelembaban menjadi kondisi lingkungan yang mendukung perkembangan bakteri.

Apabila jarak tanam tanaman satu sama lain terlalu rapat, kondisi itu akan semakin membuat penyebaran bakteri semakin parah.

Dalam kondisi tersebut, hasil panen bisa mengalami penurunan sampai sebesar ± 75 – 90 %. Dalam kebanyakan kasus, kerusakan pada daun kubis hanya akan muncul ketika akhir musim kemarau.

Gejala utamanya yakni berupa kemunculan bercak kuning berbentuk baji pada tepian daun. Kemudian bercak itu akan bergerak ke arah dalam daun dan turun ke arah batang.

Saat penyakit busuk hitam berkembang, bagian daun yang menguning menjadi lebih besar dan berubah menjadi kecoklatan ketika jaringan mati.

Saat memasuki tahap akhir penyakit, warna pembuluh daun akan berubah menjadi hitam. Pada akhirnya, dedaunan pun akan mengalami kerontokan.

  • Pemanenan

Apabila kubis Grand 22 Cap Kapal Terbang telah berumur ± 65 hari setelah pindah tanam, proses pemanenan telah bisa Anda jalankan.

Sebaiknya Anda melakukan proses pemanenan ketika pagi hari ataupun sore hari untuk menghindari terik sinar matahari.

Itulah dia tahapan pembudidayaan kubis Grand 22 F1 dari awal hingga akhir secara baik dan benar. So, tertarik untuk membudidayakan kubis Grand 22 F1 ??

Baca Juga : Gambas Anggun Tavi Cap Panah Merah Harga Murah

Jual Kubis Grand 22 Cap Kapal Terbang Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Kubis Grand 22 Cap Kapal Terbang Harga Terjangkau

Apabila Anda tertarik menggunakan benih Grand 22 F1, LMGA AGRO ialah tempat paling tepat. LMGA AGRO jual benih Grand 22 F1 Chia Tai Seed Cap Kapal Terbang dengan kualitas original.

Toko LMGA AGRO juga menyediakan beraneka macam sarana pertanian lengkap, unggul, serta terbaik. Kami juga memiliki banyak tips maupun trik dalam mengoptimalkan budidaya kubis Grand 22 F1.

Kelebihan dari varietas kubis Grand 22 F1 yang LMGA AGRO jual tidak perlu Anda ragukan. Sehingga, Anda bisa langsung segera membeli benih kubis Grand 22 F1 dari toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Untuk memastikan pesanan kol Grand 22 F1 sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya.

KI8, JNE, Pos Indonesia, serta J&T merupakan beberapa nama - nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO. Dengan memanfaatkan jasa mitra pengiriman tersebut, tentunya pesanan benih kol Grand 22 F1 maupun pesanan lainnya pastinya akan sampai ke konsumen.

Tunggu apalagi, sekarang ? Hubungi segera LMGA AGRO dan dapatkan produk kol Grand 22 F1 Cap Kapal Terbang harga murah lalu buktikan sendiri kualitasnya !!

Nah, itulah dia artikel bertema kubis Grand 22 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga pembaca semua bisa mengambil manfaat dari artikel LMGA AGRO kali ini.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Kubis Grand 22 Produk Unggul Hasil Terjamin ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu untuk Anda semua dan sampai berjumpa kembali dalam artikel terbaru LMGA AGRO berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.