BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/09/2023

Read

Cabe Rawita F1 Produk Unggulan Ewindo

Cabe Rawita F1,cabe,cabe rawit,rawita,f1,rawita f1,lmga agro
Cabe Rawita F1

Cabe Rawita F1 Produk Unggulan Ewindo. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online terbaik yang menjual berbagai kebutuhan pertanian terlengkap harga termurah berkualitas terbaik.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO berbasis online dan berlokasi di Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Kami sudah lama berkecimpung di sektor pertanian serta memiliki berbagai konsumen yang tersebar di semua penjuru Indonesia.

LMGA AGRO ialah distributor, agen, supplier, dan reseller dengan jaminan reputasi terpercaya. Kami berani memberikan jaminan bahwa produk pertanian yang dipesan melalui LMGA AGRO terjamin pasti sampai ke alamat tujuan.

Cabe Rawita F1 bisa Anda beli di LMGA AGRO. LMGA AGRO menjual benih Rawita F1 original produksi Panah Merah. Dapatkan segera bibit Rawita F1 Cap Panah Merah harga murah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Cabe rawit. Siapa yang tak tau mengenai tanaman satu ini ? Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) merupakan tumbuhan dari genus Capsicum yang buahnya tumbuh menjulang menghadap ke atas.

Buah tanaman ini saat muda berwarna hijau dan berukuran kecil. Apabila sudah matang, tekstur buahnya akan cenderung keras karena jumlah biji di dalamnya berjumlah sangat banyak.

Biasanya, buah cabe rawit akan mudah ditemui saat kita tengah membeli kudapan, semisal seperti gorengan. Di Indonesia sendiri, cabe rawit juga cukup populer sebagai bahan bagi bumbu masakan.

Masyarakat Indonesia sendiri juga banyak dikenal sebagai penyuka cita rasa pedas, sehingga cabe rawit memiliki hubungan cukup erat dengan masyarakat.

Walaupun ukuran buah cabai rawit lebih kecil ketimbang tipe lainnya, namun rasa buahnya malah lebih pedas ketimbang varietas lainnya. Tingkat kepedasannya sendiri yaitu bisa mencapai ± 50.000 – 100.000 SHU (Scoville Heat Unit).

Sejarah Cabe Rawit Serta Manfaat Mengkonsumsinya

Cabe rawit merupakan tumbuhan asli dari benua Amerika, lebih tepatnya dari Amerika Selatan. Untuk penyebarannya sendiri dilakukan oleh penemu Benua Amerika, siapa lagi kalau bukan Christopher Columbus.

Bersama dengan anak – anak buahnya, Columbus mulai menyebarkannya ke Spanyol. Sesudah itu, pedagang dari Portugis serta Spanyol mulai menyebarkan biji cabai dan masuk ke kawasan Asia yaitu India pada tahun 1542 serta Indonesia di awal abad ke 16.

Cabe rawit merupakan salah satu tanaman sayur yang keberadaannya cukup penting di Indonesia. Kenapa ? Karena banyak kalangan masyarakat bawah sampai atas yang membutuhkan cabai untuk kebutuhan memasak setiap harinya.

Selain bisa menghasilkan cita rasa pedas pada makanan, cabe rawit juga mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Contoh beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika mengkonsumsi cabe ini yakni seperti :

  • Meredakan rasa nyeri

Zat capsaicin mempunyai kemampuan dalam meredakan rasa nyeri jika langsung diaplikasikan pada kulit. Hal tersebut dapat terjadi karena zat capsaicin mampu mengurangi substansi P.

Substansi P merupakan molekul protein kecil yang berguna sebagai pemberi sinyal rasa sakit ke otak . Jika jumlah substansi P yang dikirim ke otak sedikit, maka sinyal rasa sakit tidak akan bisa mencapai ke otak.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan zat capsaicin di dalam cabe ini terbukti mampu mengoptimalkan produksi cairan pencernaan dan membantu dalam mendistribusikan enzim ke perut. Dengan begitu, maka sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar.

  • Menurunkan resiko tubuh terserang kanker

Kandungan zat capsaicin di dalam cabai rawit memiliki berbagai manfaat, dan salah satunya ialah memperlambat tumbuhnya sel kanker. Oleh karena itu, maka penyakit kanker bisa lebih dilawan.

Baca Juga : Jual Bibit Terong Arena Harga Terjamin Murah

Peluang Agribisnis Budidaya Cabe Rawit

peluang,agribisnis,agrobisnis,budidaya,budidaya cabe rawit,lmga agro
Peluang Agribisnis Budidaya Cabe Rawit

Dengan beraneka manfaat yang cabai rawit punyai, maka tentunya peluang usaha budidaya cabe rawit memiliki prospek menjanjikan. Selain bagi industri rumah tangga, beraneka industri pangan juga menjadikannya sebagai bahan produksi.

Beraneka bumbu masakan sebagian besar memanfaatkan cabe rawit. Komoditas pertanian yang satu ini adalah bagian terpenting dari beraneka macam masakan.

Rasanya pedas akan membuat selera makan menjadi meningkat, sehingga membuat makanan menjadi lebih nikmat saat dikonsumsi.

Pada umumnya, masyarakat Indonesia menggemari masakan – masakan yang mempunyai cita rasa pedas. Rasa pedas tersebut biasanya berasal dari penggunaan bahan berupa cabai rawit.

Contoh beberapa menu masakan bercita rasa pedas tersebut yakni nasi pecel, soto, nasi goreng, siomay, bakso, dan sebagainya.

Penyebaran dari produk – produk dari cabe rawit sendiri sudah tersebar dimana – mana. Kita bisa memperolehnya di pasar, pertokoan, sampai supermarket terdekat. Hal ini tentunya mempermudah masyarakat sebagai konsumen untuk memperolehnya.

Tak hanya industri pangan, bidang industri lain pun sekarang juga memanfaatkan cabe rawit sebagai bahan produksinya. Contohnya saja seperti bidang industri obat – obatan dan jamu.

Tentunya pemanfaatan cabe rawit yang beraneka ragam tentunya sangat menjanjikan. Terlebih lagi, seiring waktu ke waktu permintaannya juga akan semakin meningkat. Hal itu membuktikan bahwa peluang usaha budidaya cabe ini cukup berprospek menjanjikan.

Jika pemenuhan bahan komoditas cabe rawit tidak terpenuhi, maka perusahaan dalam negeri terpaksa akan mendatangkannya dari luar negeri.

Cabe rawit termasuk memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Pangsa pasarnya pun tergolong cukup luas dan terus mengalami kenaikan baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Rawit

Dengan prospek peluang bisnis yang menjanjikan, maka tentunya budidaya cabe dapat Anda tekuni. Tetapi, sebelum itu Anda harus memenuhi syarat tumbuh tumbuhan cabe rawit. Apabila syarat tumbuhnya sudah terpenuhi, maka tumbuhan ini akan bisa tumbuh secara baik.

Cabe rawit dapat Anda budidayakan pada tanah gembur, mempunyai bahan organik tinggi, suhu 18 - 32° C, serta pH netral (6 – 7). Kelembaban udara yang sesuai untuk pertumbuhan cabai ini berkisar ± 60 hingga 80 %.

Apabila tingkat kelembaban udara tinggi, maka dapat menyebabkan pemanfaatan unsur hara dalam tanah menjadi tidak berimbang. Unsur P dapat diserap, tetapi unsur N akan sulit diserap oleh akar tanaman, sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman cabai.

Intensitas curah hujan yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman cabe rawit adalah 1000 – 1200 mm/tahun. Tumbuhan cabe tidak sesuai dibudidayakan dengan curah hujan tinggi karena tanaman cabe rawit akan mudah terinfeksi penyakit karena serangan jamur ataupun bakteri.

Tanaman cabe rawit membutuhkan cahaya matahari yang cukup sebagai sumber energi dalam proses fotosintesis. Apabila tidak memperoleh cahaya matahari secara cukup, maka tanaman akan terganggu proses pertumbuhannya (baik secara vegetatif maupun generatif).

Tetapi, apabila cahaya matahari terlalu banyak maka dapat menyebabkan daun cabai rawit mengalami klorosis.

Ancaman Gangguan Budidaya Cabe Rawit

Seringkali dalam budidaya cabe rawit akan muncul gangguan yang menghambat petani. Salah satu bentuk gangguan itu adalah serangan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Serangan opt tentu saja akan merusak cabai dan justru merugikan untuk petani. Oleh karena itu, petani harus mewaspadai serangan opt agar tidak menyebabkan kerusakan secara terus – menerus.

Contoh beberapa opt yang harus petani waspadai dalam budidaya cabe rawit yaitu seperti :

  • Layu Bakteri

Penyakit layu bakteri terjadi karena infeksi bakteri bernama Ralstonia solanacearum. Patogen bakteri yang dulunya bernama Pseudomonas solanacearum ini memasuki tanaman melalui luka dalam sistem perakaran selama kemunculan akar lateral.

Peningkatan temperatur, pH tanah alkali, dan tingginya kelembaban tanah dan udara akan semakin mendukung perkembangan penyakit layu bakteri.

Tanah berat yang kelembaban tanahnya bisa bertahan dalam kurun waktu lama cenderung lebih rentan terinfeksi. Gejala penyakit layu bakteri nampak dengan layunya daun termuda saat siang hari serta sebagian akan kembali pulih saat malam hari.

Dalam kondisi yang menguntungkan, gejala kelayuan dapat mempengaruhi seluruh tanaman serta tetap permanen. Daun layu pun juga masih menempel pada daun dan warnanya tetap hijau.

Selain itu, akar dan bagian bawah batang menunjukkan perubahan warna menjadi coklat gelap. Akar terinfeksi dapat membusuk karena infeksi dari bakteri sekunder. Ketika dipotong, bagian batang dapat mengeluarkan sekresi berwarna putih hingga kuning.

Baca Juga : Jual Pupuk Bayer Bayfolan Bagi Petani

  • Antraknosa

Antraknosa atau patek ialah salah satu penyakit umum yang banyak terjadi dalam budidaya cabai. Serangan jamur dari genus Colletotrichum (Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides) menjadi penyebab terjadinya penyakit antraknosa.

Patogen jamur ini mampu menginfeksi tanaman cabai dalam semua tahap pertumbuhan tanaman, baik pada tanaman dewasa sampai pasca panen.

Mereka bisa bertahan hidup di sekitar dan di dalam biji, sisa tumbuhan, hingga inang alternatif. Selain itu, mereka bisa membuat lahirnya perkembangan baru pada transplantasi yang terinfeksi.

Cendawan bisa tumbuh subur dalam periode hangat dan basah, dan bisa menyebar melalui media air hujan atau air irigasi. Infeksi pada buah dapat terjadi pada suhu 10 hingga 30° C dengan suhu optimal berkisar ± 23 hingga 27° C.

Luka melingkar ataupun bersudut basah pada buah lalu menjadi lunak dan juga sedikit cekung. Bagian tengah luka berwarna oranye atau coklat, lalu berubah menjadi hitam dengan jaringan sekitar yang menjadi berwarna terang.

Luka dapat menutupi sebagian besar permukaan buah. Cincin konsentris seringkali ditemui pada bagian bintik buah. Buah yang masih mentah dapat terinfeksi secara tersembunyi serta tidak memperlihatkan gejala apapun hingga matang.

Gejala pada daun serta batang ditandai dengan kemunculan bintik kecil berwarna abu – abu kecoklatan dengan tepian berwarna coklat tua. Saat akhir musim, buah yang telah matang akan membusuk dan cabang mengalami mati pucuk.

  • Lalat Buah

Lalat buah (Bactrocera dorsalis) ialah salah satu hama serangga yang harus petani waspadai. Tubuhnya memiliki warna bervariasi, tetapi sebagian besar berwarna kuning dan coklat tua.

Perkembangan dari telur hingga lalat dewasa dalam kondisi musim kemarau memerlukan waktu sekitar ± 16 hari. Tetapi, periode waktu tersebut akan semakin lama apabila kondisi cuaca tengah dingin.

Lalat buah betina bisa menghasilkan telur sebanyak 1200 sampai 1500 butir telur ke dalam buah matang selama masa hidupnya. Hal tersebut tentu saja menyebabkan kerusakan cukup besar jika dibiarkan tidak terkendali.

Setelah memakan daging buah, dari dalam buah akan muncul larva dewasa, kemudian mereka akan menjatuhkan diri ke tanah. Setelah itu, larva akan membentuk kepompong berwarna coklat hingga coklat tua.

Butuh waktu sekitar 9 hari untuk lalat buah dewasa untuk mencapai tingkat kematangan secara seksual. Pada buah matang, kerusakan biasanya terdiri atas kerusakan jaringan dan pembusukan internal yang terkait dengan infestasi belatung.

Setelah oviposisi, mungkin terdapat nekrosis di sekitar tanda tusukan (sengatan). Kerusakan secara mekanis pada buah – buahan (ataupun cara lainnya) membahayakan kekuatan kulit dan dapat mendukung oviposisi ke dalam daging buah.

Cabe Rawita F1 Produk Terbaik Unggulan Petani

cabai,cabai rawit,cabai rawita f1,panah merah,cap panah merah,ewindo,lmga agro
Cabe Rawita F1 Produk Terbaik Unggulan Petani

Tentunya dengan ancaman – ancaman diatas maka harus melakukan tindakan penanganan dengan tepat. Ada cukup banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan benih cabe tahan serangan opt.

Di pasaran sendiri, ada beraneka produk benih cabe rawit yang cocok petani pergunakan. Nah untuk mempermudah Anda, LMGA AGRO akan membantu pembaca dalam memilih produk benih cabe tahan serangan opt.

Salah satu produk yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan adalah benih cabe Rawita F1. Rawita F1 ialah benih cabe rawit hibrida terbaru keluaran produsen PT East West Seed Indonesia bermerek dagang Cap Panah Merah.

Benih cabai Rawita F1 Cap Panah Merah kini mulai banyak dipergunakan petani serta menjadi trending. Dengan begitu, maka kabar mengenai produk Rawita F1 Panah Merah ini semakin banyak didengar.

Kenapa produk Rawita F1 banyak petani bicarakan ? Karena benih cabai Rawita F1 Cap Panah Merah memiliki berbagai karakteristik serta kelebihan yang membuatnya sangat petani gemari.

Contoh beberapa karakteristik serta kelebihan dari benih cabe Rawita F1 yaitu seperti :

  1. Rawita F1 cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi
  2. Budidaya cabai memanfaatkan benih Rawita F1 sudah tahan terhadap serangan hama Aphid dan thrips
  3. Benih Rawita F1 toleran terhadap ancaman penyakit patek / antraknosa
  4. Daya tumbuh Rawita F1 termasuk sangat besar, yaitu mencapai ± 85 %
  5. Tingkat kemurnian Rawita F1 tergolong besar, yaitu mencapai ± 99,5 %
  6. Pembudidayaan cabai Rawita F1 termasuk mudah, sehingga petani tidak perlu ragi untuk melakukan pembudidayaan cabe rawit menggunakan benih Rawita F1
  7. Buah cabai Rawita F1 berbentuk mengerucut tajam, berdiameter ± 0,4 cm, panjang ± 4 cm, dengan berat berkisar ± 2,5 hingga 3 gram
  8. Proses pembentukan buah cabai Rawita F1 tetap mudah meskipun kondisi cuaca buruk
  9. Buah cabai Rawita F1 termasuk lebat, sehingga sangat petani sukai serta mudah terjual ke pedagang
  10. Proses pemanenan cabai Rawita F1 bisa dilakukan setelah berumur ± 95 sampai 105 hari setelah tanam
  11. Potensi hasil panen cabai Rawita F1 termasuk besar, yaitu mencapai ± 7 sampai 10 ton per ha
  12. Produk benih cabe Rawita F1 telah berizin resmi dari Kementan RI melalui Kepmentan No. 120/Kpts/SR.120/D.2.7/4/2017 (CR 8873)

Dengan beraneka macam kelebihan – kelebihan diatas, maka benih cabe Rawita F1 sudah terbukti kualitasnya. So, tertarik memakai produk benih cabe Rawita F1 Cap Panah Merah ?

Baca Juga : Katalog Bibit Mentimun Terlengkap Harga Ramah Kantong

Jual Benih Cabe Rawita F1 Cap Panah Merah Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabe Rawita F1 Cap Panah Merah Harga Terjangkau

Jika pembaca sedang mencari produk cabe Rawita F1, maka jawaban paling tepat ialah LMGA AGRO. LMGA AGRO jual benih cabe Rawita F1 Cap Panah Merah berkualitas unggul.

Selain itu, LMGA AGRO juga memiliki beraneka tips serta trik dalam memaksimalkan budidaya cabe rawit menggunakan benih Rawita F1. Dengan begitu, maka hasil pembudidayaan cabe Rawita F1 bisa diperoleh secara optimal.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO pun juga menjual berbagai macam produk pertanian selain benih cabai Rawita F1. Contoh produk pertanian lain yang kami jual yakni seperti zpt, pupuk, pestisida, alat pertanian & spare part, dan sebagainya.

Untuk mengirimkan pesanan benih cabe Rawita F1 Panah Merah maupun produk lainnya, LMGA AGRO melakukan kerjasama dengan rekanan pengiriman terpercaya.

KI8, JNE, Pos Indonesia, serta J&T merupakan beberapa nama – nama rekanan pengiriman LMGA AGRO. Nama – nama mitra pengiriman tersebut telah memiliki reputasi terpercaya di Indonesia, sehingga pesanan Rawita F1 maupun pesanan lainnya nantinya pasti akan sampai hingga ke tangan konsumen.

Ingin membeli benih cabe Rawita F1 harga terjangkau ? Hubungi segera LMGA AGRO dan beli bibit cabe Rawita F1 sebelum Anda kehabisan produk Rawita F1 !!

Nah, itulah dia artikel bertemakan cabe Rawita F1 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga pembaca semuanya bisa mengambil manfaat dari artikel kali ini.

Jika masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Cabe Rawita F1 Produk Unggulan Ewindo ini, segera hubungi LMGA AGRO lewat no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses terus dan sampai berjumpa dengan artikel terbaru LMGA AGRO berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.