TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

10/02/22

Jual Benih Arena Harga Murah Jenis Terong Lalap Bulat Terbaik

jual benih, terong arena, terong bulat, terong lalap, cara menanam terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Arena
Terong Bulat

Jual Benih Arena Harga Murah Jenis Terong Lalap Bulat Terbaik. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih jenis terong lalap Arena produk Bunga Matahari.

Dapatkan benih Arena cap Bunga Matahari jenis terong lalap bentuk bulat harga murah. Promo menarik terbaru produk pertanian lengkap di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Beli segera kebutuhan untuk bercocok tanam baik untuk lahan berukuran besar maupun pekarangan rumah atau lahan sempit. 

Menyediakan produk terbaik benih hibrida dan unggul, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga sarana prasarana budidaya tanaman. Kami menerima layanan konsultasi gratis. 

Toko Pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Jenis terong lalap benih Arena beradaptasi baik pada dataran rendah hingga menengah. Benih Arena jenis terong lalap dengan daging buah berwarna putih. 

Jenis terong lalap berbentuk bulat benih Arena terbaik dari cap Bunga Matahari. Terong Arena sayuran menyehatkan rasa manis. Terong bulat yang biasa dimakan mentah sebagai lalapan. Umur panen yaitu 70 HST. 

Terong bulat Arena Cap Bunga Matahari jenis terong lalap dengan rasa yang manis. Panjang buah terong Arena bulat yaitu 4 - 7 cm dan diameter 4 - 7 cm. 

Budidaya terong bulat Arena Cap Bunga Matahari memiliki potensi hasil 60 - 80 ton/ha. Tanaman terong bulat Arena Cap Bunga Matahari panen umur 70 - 75 HST. 

Terong bulat merupakan jenis terong lalap yang dimakan mentah atau langsung. Jenis terong ini juga bisa dimasak sebagai tumisan atau sayuran lainnya. 


Terong Bulat Benih Arena Cap Bunga Matahari 


Terong bulat dikonsumsi sebagai sayuran lalapan mentah. Benih Arena terong bulat jenis terong lalap rasa manis dan enak. Renyah bila dimakan langsung. 

Benih Arena cap Bunga Matahari beradaptasi baik pada dataran rendah hingga dataran menengah. Daging buah terong Arena berwarna putih. 

Ukuran buah terong Arena jenis terong lalap ini panjang dan diameternya sama yaitu berukuran 4 - 7 cm. Jadi bentuk buahnya benar-benar bulat sempurna. 

Budidaya jenis terong lalap Arena ini berpotensi hasil sampai 6- - 80 ton/ha. Tanaman dapat mulai panen setelah umur 70 - 75 HST. 

Jenis terong lalap cocok tumbuh di Indonesia dan banyak disukai karena orang Indonesia menyukai sayuran mentah atau lalapan. Iklim di Indonesia juga sangat mendukung pertumbuhan tanaman terong. 

Terong bulat menyukai wilayah tempat yang bersuhu diantara 22 - 30 derajat Celcius. Pertumbuhan tanaman terong akan berhenti bila suhu udara kurang dari 17 derajat Celcius. 

Suhu rendah menyebabkan kemandulan pada tepung sari bunga terong. Waktu yang tepat budidaya jenis terong lalap yaitu awal musim kemarau atau pertengahan musim hujan. 

Jenis tanah yang cocok untuk jenis terong lalap yaitu tanah subur dan berjenis lempung berpasir. Budidaya jenis terong lalap perlu proses pembajakan dulu agar tekstur tanah menjadi gembur. 

Nilai pH tanah yang tepat untuk jenis terong lalap yaitu antara 6,8 - 7,3. Tanah mengandung bahan organik tinggi. 


Baca Juga : Jual Benih Cabe Keriting Laju F1 Terbaru Panah Merah


Terong Lalap Sayuran Favorit 


jual benih, terong arena, terong bulat, terong lalap, cara menanam terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Konsultasi Gratis di LMGAAgro

Banyak jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat namun terong merupakan jenis sayur paling banyak dimakan setiap harinya. 

Setiap hari orang mengkonsumsi terong baik dalam bentuk masakan maupun makan mentah. Sebagai sayuran lalapan, terong ada yang digoreng dulu atau langsung dimakan mentah. 

Jenis terong yang langsung dimakan mentah yaitu kategori jenis terong lalap yang berbentuk bulat. Orang menyebutnya terong bulat atau terong lalap. 

Rasa terong jenis terong lalap memiliki rasa yang lezat dan manis. Meski dimakan mentah, jenis terong lalap tidak ada rasa pahit atau pun sepat pada daging buahnya. 

Banyak jenis terong dapat tumbuh di Indonesia seperti teong hijau, terong ungu, terong Belanda, terong telunjuk, terong bulat hingga leunca. 

Dari banyak jenis terong di Indonesia namun terong favorit dan sering dikonsumsi adalah terong ungu, hijau dan jenis terong lalap. 

Tidak hanya enak karena berasa manis, namun jenis terong lalap juga baik untuk kesehatan. Jenis terong lalap mengandung gizi vitamin dan mineral lengkap. 

Dalam budidaya jenis terong lalap membutuhkan sinar matahari cukup selama hidupnya. Usahakan tidak ada pohon besar yang menaungi kebun terong karena dapat menghambat fotosintesisnya.

Penyinaran yang kurang menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu bahkan sampai menyebabkan gagal panen. 

Intensitas cahaya dan pemberian air yang kurang mengakinatkan kulit buah terong tampak kusam atau pudar dan tidak dapat mengkilap.  

Jenis terong lalap membutuhkan curah hujan antara 85 - 200 mm/bulan. Bila sedang turun hujan cukup tinggi, amati genangan air tanaman terong. 

Karena terong tidak menyukai genangan air sekitar tempat tumbuhnya. Sehingga perhatikan dan kontrol selalu kondisi drainase tanaman terong. 


Baca Juga : Cabe Rawit Hijau Pedas, Mudah Menanamnya


Tanaman Terong Kaya Kandungan Nutrisi


jual benih, terong arena, terong bulat, terong lalap, cara menanam terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Terong Lalap 

Tanaman terong sayuran favorit kaya nutrisi lengkap. Tanaman terong dapat tumbuh mulai dataran rendah, menengah bahkan dataran tinggi pada ketinggian > 1000 m dpl. 

Tanaman terong juga dapat ditemukan tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian tempat lebih dari 1000 m dpl. Meski dianggap sayuran namun kenyataannya terong merupakan jenis buah-buahan. 

Di Indonesia meski buah, cara menghidangkan buah terong yaitu bersama nasi, ikan dan sambal sebagai makanan pokok. Di Indonesia, buah terong dijadikan jenis sayuran lalapan. 

Terong merupakan buah sekaligus sayuran kaya nutrisi. Terong atau terung kaya akan kandungan glikemik dan rendah kalori serta lemak. 

Buah terong memiliki kadar air yang tinggi dan kaya antioksidan, vitamin serta mineral. Berbagai macam vitamin dan mineral dalam buah terong antara lain vitamin A, E, B kompleks dan K. 

Buah terong mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, sodium, fodfor, mangan dan zinc. Kulit buah terong mengandung pigmen antosianin yaitu dari jenis antioksidan tinggi. 

Karena itulah jenis terong lalap cocok sebagai sayuran lalap yang dapat dinikmati khasiatnya langsung oleh tubuh. Asalkan dalam mengkonsumsinya tidak berlebihan karena juga ada efek negatifnya. 

Jenis terong lalap memiliki kandungan asam oksalat yang mampu berubah menjadi oksalat. Dimana dalam tubuh bila berlebihan jumlahnya, oksalat menyebabkan batu ginjal dan tidak baik bagi tubuh. 

Oksalat ini mampu menghambat nutrisi dan jenis mineral lainnya dalam tubuh. Pada beberapa orang juga dapat mengalami nyeri sendi setelah mengkonsumsi terong. 

Berhentilah mengkonsumsi terong meski nyeri sendi terasa ringan. Karena pada beberapa kasus, terong dapat menyebabkan alergi dan ditunjukkan dengan timbulnya rasa nyeri. 


Baca Juga : Tanaman Cabai Santa 32 Andalan Petani


Manfaat Terong Bagi Kesehatan Tubuh


1. Jenis Terong Lalap Mengendalikan Kadar Gula Darah

Terong merupakan salah satu buah dengan kandungan polifenol yaitu sejenis antioksidan untuk membantu mengurangi penyerapan gula dan glukosa.

Polifenol berfungsi meningkatkan sekresi insulin sehingga kadar gula terkendali dengan baik. 

2. Manfaat terong Mengendalikan Kolesterol 

Jenis terong lalap tidak menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Jenis terong lalap aman dikonsumsi tanpa rasa khawatir kolesterol meningkat. 

Kolesterol dalam tubuh meningkat karena tingginya kadar gula darah tubuh kita. Karena terong memiliki polifenol/antioksidan yang dapat mengontrol kadar gula darah. 

Maka otomatis juga berefek ganda yaitu mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. 

3. Manfaat Terong Lalap Bagi Kesehatan Jantung

Agar kesehatan jantung aman maka perlu menjaga tingkat kolesterol juga dalam darah kita. Kolesterol tinggi menimbulkan terbentuknya plak dan menyumbat aliran darah. 

Disinilah peran antioksidan dalan jenis terong lalap mampu mengendalikan tingkat kolesterol. Sekaligus mencegah resiko serangan jantung dan mampu meningkatkan fungsi jantung semakin baik. 

4. Jenis Terong Lalap Mampu Mencegah Kanker 

Terong mengandung antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas di udara penyebab penyakit kanker. Terong mengandung sejumlah zat yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker baru. 

Zat dalam terong tersebut juga dipercaya mampu melawan kanker kulit. 

5.  Manfaat terong Baik Untuk Kesehatan Otak

Antioksidan lainnya dalam manfaat terong adalah adanya kandungan antosianin dam nasunin. Perannya yaitu menangkal radikal bebas. Namun juga mampu melindungi lipid pada membran sel otak.  

Antoosianin berfungsi melancarkan peredaran darah ke otak sehingga kerja dan fungsi otak menjadi optimal. 

Rutin mengkonsumsi jenis terong lalap membantu mencegah menurunnya kemampuan kognitif otak. 


Budidaya Terong


jual benih, terong arena, terong bulat, terong lalap, cara menanam terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Pelubang
Mulsa

Jenis terong lalap memiliki nama latin Solanum melongena L. Cara budidayanya tidak jauh berbeda dengan jenis terong ungu atau hijau. Pertama yang Anda lakukan adalah persiapan lahannya. 

Bersihkan lahan dari gulma dan rumput liar juga sisa-sisa tanaman sebelumnya. Bajak atau cangkul tanah hingga teksturnya gembur. 

Selanjutnya buat bedengan-bedengan dengan lebar 90 - 100 cm dan tinggi  antara 20 - 25 cm. Panjang bedengan sesuaikan luas lahan. 

Setelah selesai membuat bedengan, taburkan kapur pertanian Dolomit agar pH tanah netral. Gunakan sebanyak 1 - 2 ton/ha kapur Dolomit jika pH < 6,5. 

Biarkan selama 10 hari agar kapur Dolomit tercampur merata dalam tanah. Selanjutnya adalah pemberian pupuk kandang atau kompos. 

Taburkan merata pupuk dasar merata pada permukaan bedengan. Biarkan kembali selama 7 hari. Selanjutnya lakukan penyiraman pada permukaan bedengan bila tidak turun hujan. 

Setelah 7 hari kemudian, tutup permukaan bedengan dengan mulsa plastik hitam perak. Buat lubang tanam pada mulsa menggunakan alat pelubang mulsa. Alat dapat beli di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Jarak tanam budidaya terong yaitu 70 x 60 cm atau 80 x 90 cm. Pilih jarak tanam lebar untuk budidaya terong di musim penghujan. 

Sambil melakukan persiapan lahan, Anda dapat melakukan pembibitan menyemai benih terong Arena. Jenis terong lalap benih Arena berkualitas dan memiliki daya tumbuh lebih dari 80%. 

Kebutuhan benih budidaya terong untuk luasan 1 hektar yaitu 300 - 500 gram. Budidaya terong harus melewati proses menyemai benih untuk mendapatkan bibit yang kuat.  


Baca Juga : Jual Benih Jagung BISI Terbaik 18 Super Harga Murah


Cara Menanam Terong 


jual benih, terong arena, terong bulat, terong lalap, cara menanam terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai
Pembibitan 
Cara menanam terong harus melewati proses penyemaian benih. Persiapkan tempat persemaian terlebih dahulu yaitu bentuk bedeng semai lebat 1 meter dan tinggi 20 cm. 

Media untuk semai benih Arena di bedengan yaitu campuran tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Tanamlah benih jenis terong lalap Arena pada alur semai. 

Sebelumnya, rendam dahulu benih dalam air hangat kuku cukup lama yaitu selama 4 - 5 jam karena benih terong jenis benih yang sulit berkecambah. Setelah selesai, tiriskan benih lalu siap disemai. 

Pembibitan tanaman terong siap pindah tanam ke lahan tetap setelah umur 25 - 30 hari. Lakukan penanaman bibit pada sore hari dan selesaikan selama satu hari agar pertumbuhannya seragam. 

Pilih bibit yang bagus dan sehat dengan ciri-ciri vigor tanaman kuat dan daun terong berwarna hijau cerah. Keluarkan bibit dari bedengnya dengan hati-hati. 

Tanam pada lubang tanam yang sudah siap sebelumnya dan satu bibit untuk satu lubang tanam. Selesaikan penanaman dalam satu hari dan setelah selesai maka lakukan penyiraman.  

Setelah penanaman, amati perkembangan tanaman selama 7 hari awal setelah pindah tanam. Lakukan penyulaman bibit bila terdapat tanaman yang sakit, layu, tumbuh abnormal atau tanaman mati. 

Bersihkan gulma dan rumput liar yang tumbuh sekitar tanaman. Pertumbuhan gulma bila dibiarkan akan merugikan tanaman utama. Gulma juga sering menjadi tanaman inang hama dan penyakit. 

Lakukan penyiraman rutin agar tanaman tidak kekeringan. Interval penyiraman tergantung kondisi cuaca. Bila cuaca panas, siramkan air 2 kali sehari pagi dan sore. 


Pupuk untuk Terong agar Berbuah Lebat


Pupuk organik dapat membuat pohon terong berbuah lebat. Pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos biasanya digunakan sebagai pupuk dasar. 

Pupuk kandang yang bagus berasal dari kotoran ayam atau kambing. Berikan pupuk kandang sekitar 1 bulan mulai awal menanam tanaman terong. Bila perlu tambahkan juga pupuk kimia/anorganik. 

Pupuk kimia atau an-organik yang direkomendasikan untuk tanaman terong yaitu pupuk NPK Mutiara, KCl, TSP atau SP-36. 

Waktu yang tepat pemberian pupuk anorganik adalah bergantian antara organik dan anorganik. Jadi misal disini umur tanaman 1 - 30 HST maka gunakan pupuk organik lebih dulu. 

Yaitu berikan pupuk kandang dari kotoran ayam yang sudah difermentasi. Selanjutnya umur 31 - 46 HST lanjutkan pemupukan menggunakan NPK Mutiara. 

Memasuki umur 47 - 62 HST berikan pupuk KCl dan seterusnya pemberian pupuk TSP atau SP-36. Memasuki fase pembungaan, pemupukan lebih intensif waktunya. Pemupukan menjadi lebih rutin. 

Memasuki fase pembungaan merupakan masa perkembangan tanaman dan membutuhkan tambahan nutrisi dari tanah. Pupuk memberikan unsur hara untuk proses pembungaan dan pembentukan buah. 

Agar tanah sekitar tanaman gembur, lakukan pendaringan bersamaan melakukan penyiangan. Pendaringan memudahkan proses penyerapan unsur hara mineral dalam tanah. 

Penyerapan air menuju akar juga menjadi lebih efisien. Tanaman terong perlu dipasangkan lanjaran untuk menopang tegaknya tanaman. 

Penancapan lanjaran mulai tanaman terong umur 3 minggu dan ajir ditancapkan dengan jarak 5 - 7 cm dari pangkal batang. Hati-hati dalam memasang lanjaran, jangan melukai akar tanaman. 

Selanjutnya batang tanaman diikatkan ke lanjaran hingga tanaman semakin tinggi. Selanjutnya cabang tanaman juga diikat menggunakan tali salaran khusus tanaman. 


Jenis Terong Lalap Benih Arena 


Pencegahan hama untuk tanaman jenis terong lalap yaitu tetap jaga lingkungan tanaman untuk selalu bersih dari gulma dan daun-daun yang berguguran.

Gulma harus rajin dibersihkan karena sering menjadi tempat hama bertelur dan berkembang. Gunakan pestisida yang sesuai dan tepat untuk membasmi hama dan penyakit yang menyerang tanaman Anda. 

Proses panen jenis terong lalap yaitu sekitar umur 70 - 80 hari setelah tanam bibit. Panen tanaman jenis terong lalap interval 3 - 7 hari dalam satu kali musim tanam. 

Pemanenan buah jenis terong lalap berlangsung hingga 13 - 15 kali panen. Waktu panen sebaiknya pagi dan sore hari. Pemetikan buah terong bersamaan tangkainya. 

Buah terong tidak dapat disimpan lama sehingga sebaiknya segera dipasarkan begitu selesai panen. Kelompokkan buah terong berdasarkan warna dan ukuran buah. 

Demikain artikel Kami judul :  Jual Benih Arena Harga Murah Jenis Terong Lalap Bulat Terbaik. Hubungi kontak kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Dapatkan berbagai kebutuhan bercocok tanam lengkap harga murah di Toko Pertanian LMGA Agro. Beli secara online mulai dari benih hibrida dan unggul, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan sarana prasarana. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis seputar permasalahan di lahan. Silahkan beli benih Arena jenis terong lalap cap Bunga Matahari murah. 

Semoga artikel Kami menambah wawasan tentang jenis terong lalap dan cara menanam terong sebagai peluang usaha menguntungkan. Salam sukses...


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.