TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/02/22

Jual Benih Murah Cap Panah Merah Harga Bibit Terong Hitavi

jaul benih murah, benih cap panah merah, hitavi f1, bibit terong, budidaya terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Hitavi F1
Terong Hijau

Jual Benih Murah Cap Panah Merah Harga Bibit Terong Hitavi. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko Pertanian LMGA Agro jual online benih harga bibit terong Hitavi murah. Benih terbaik cap Panah Merah. Rev. 24/06/22.

Dapatkan produk pertanian lengkap berkualitas di kios pertanian terdekat secara online LMGA Agro. Semakin mudah belanja beli secara online kebutuhan bercocok tanam lengkap harga murah. 

Toko pertanian LMGA Agro jual beragam varietas benih hibrida dan unggul. Juga tersedia pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga sarana prasarana pertanian lengkap. 

Promo menarik dan diskon harga tertentu beli kebutuhan untuk budidaya tanaman baik grosir atau eceran. Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan POs Indonesia. 

Jual benih Hitavi murah harga terbaru benih Cap Panah Merah. Harga bibit terong Hitavi murah benih tahan virus. Benih Hitavi hibrida rekomendasi untuk dataran rendah hingga menengah. 

Harga bibit terong Hitavi F1 terbaik untuk rekomendasi tanam pada dataran rendah hingga menengah. Benih Hitavi terong hijau tahan penyakit dan produktivitas panennya tinggi. Daya simpan terong lebih dari 7 hari. 

Harga bibit terong Hitavi terbaik dan benih memiliki ketahanan terhadap penyakit. Budidaya terong hibrida Hitavi F1 menguntungkan dan aman dengan hasil panen tinggi. 

Harga bibit terong Hitavi terbaik dan umur panen 55 HST dan bobot buah 4,6 kg per tanaman. Harga bibit terong Hitavi terbaik dengan potensi hasil panen sebanyak 60 - 70 ton/ha. 

Terong Hitavi F1 cap Panah Merah memiliki daya simpan lama yaitu lebih dari 7 hari. Tanaman tahan penyakit layu bakteri dan penampilan buah terong yang menarik. 

Terong Hijau Hitavi F1 Cap Panah Merah

Toko Pertanian LMGA Agro jual benih Hitavi F1 terong hijau tahan virus Gemini dan penyakit layu bakteri ( Ralstonia solanacearum ). Harga bibit terong Hitavi murah dari jenis terong hijau panjang.

Harga bibit terong Hitavi murah dengan produksi tanaman tinggi yaitu lebih dari 4,6 kg per tanaman. Terong hijau Hitavi masih tetap segar dengan penyimpanan 7 hari lebih setelah panen. 

Harga bibit terong Hitavi terbaik dengan pertumbuhan tanaman yang vigor. Bentuk buahnya silindris dan tekstur buah berwarna hijau mengkilap. 

Tekstur permukaan buah terong hijau Hitavi halus. Ukuran buah terong hijau Hitavi F1 panjang 25 cm dan diameternya 4,4 cm. 

Bobot dari per buahnya sekitar 161 gram dan mulai dapat panen umur 55 hari setelah tanam. Budidaya benih Hitavi F1 terong hijau ini adalah pada dataran rendah hingga menengah. 

Ketahanan penyakit tanaman terong, umur panen, bobot hasil hingga potensi panennya ditentukan oleh kondisi lingkungan dan perlakuan saat pemeliharaannya. 

Harga bibit terong Hitavi F1 terbaik taha virus bulai dan keunggulan benih Hitavi F1 setara dan mampu bersaing dengan bekih varietas tahan virus lainnya. 

Harga bibit terong Hitavi F1 murah dan memiliki produktivitas hasil cukup baik. Tanaman terong hijau Hitavi termasuk genjah atau cepat panen. 

Dengan waktu panen yang cepat ini sesuai menjadi pilihan bila ingin mengejar saat harga terong sedang tinggi. Sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. 

Apalagi waktu panen tanaman terong dapat berkali-kali dan diulang setiap 5 - 7 hari sekali. Budidaya terong Hitavi F1 dengan menambahkan perlakuan penyemprotan pestisida

Tanaman menjadi semakin toleran penyakit antraknosa yaitu penyebab pembusukan pada buah terong. Karenanya budidaya terong Hitavi rekomendasi penanaman di musim kemarau.

Baca Juga : Tips dan Kiat Sukses Menanam Cabai dan Tomat di Musim Hujan

Budidaya Tanaman Terong

jual benih murah, benih cap panah merah, hitavi f1, bibit terong, budidaya terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman terong atau terung memiliki nama ilmiah Solanum melongena merupakan jenis tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran oleh manusia. 

Kategori tanaman buah karena buahnya memiliki biji dari munculnya bunga. Terung merupakan tanaman asli dari negara India dan Sri lanka. 

Tinggi tanaman terung mencapai 40 - 150 cm tergantung varietasnya. Daun terong besar dan lobus yang kasar. 

Ukuran panjang daun 10 - 20 cm dengan lebar 5 - 10 cm. Warna bunga tanaman terong yaitu mulai putih hingga ungu. Mahkota bunga terong memilki 5 lobus. 

Benang sari bunga terung berwarna kuning. Cara menanam terong hijau dengan melakukan pembibitan terlebih dahulu. Benih disemaikan dalam polybag dan dirawat hingga kuat untuk pindah tanam.  

Syarat tumbuh tanaman terong menyukai suhu udara mulai 22 - 30 derajat Celcius. Jenis tanah paling baik untuk tanaman terong yaitu dari jenis lempung berpasir dan kaya unsur hara organik. 

Tanah gembur dan subur serta memiliki aerasi dan drainase air yang baik. Tingkat nilai pH tanah berkisar antara 6,8 - 7,3. 

Tanah budidaya terong harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak ada naungan dari pohon besar. Atau bila menanam di pekarangan rumah pastikan mendapatkan sinar matahari cukup. 

Sebaiknya menanam tanaman terong pada musim kemarau karena saat kemarau virus mudah menyerang. Sedangkan benih Hitavi sudah tahan virus sehingga mampu mencegah serangan virus. 

Baca Juga : Cara Petani Sukses Budidaya Cabe

Persiapan Budidaya Terong Hijau

jual benih murah, benih cap panah merah, hitavi f1, bibit terong, budidaya terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Pupuk Berkualitas

Persiapan untuk budidaya terong hijau dimulai dengan melakukan pengolahan lahan. Tujuan pengolahan lahan untuk mendapatkan tanah yang gembur. 

Caranya yaitu tanah dibajak menggunakan traktor kemudian tanah disisir hingga tanah menjadi gembur. Selanjutnya buat bedengan sementara dengan lebar 110 cm dan jarak antar bedengan minimal 50 cm. 

Setelah bedengan jadi, taburkan pupuk kandang dan kapur Dolomit pada permukaan tanah 2 minggu sebelum tanam. Kebutuhan pupuk kandang dengan luasan bedengan 25 m2 yaitu : 

- Pupuk kandang = 100 kg

- Kapur pertanian Dolomit = 10 kg

Tambahkan juga pupuk an-organik sebagai pupuk dasar budidaya terong hijau. Yaitu menggunakan pupuk NPK, ZA, Superphos dan KCl dengan perbandingan 5 : 2 : 4 : 5. 

Tambahkan juga fungisida yaitu sebanyak 20 kg Karbofuran untuk 800 kg campuran pupuk dasar tadi. Campuran dari pupuk dasar diberikan 10 hari sebelum tanam. 

Takaran pupuk untuk ukuran luas bedengan 25 m2 atau sebanyak 84 populasi tanaman yaitu sebanyak 10 kg. Setelah pemberian pupuk dasar, tutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak

Pemasangan mulsa plastik hitam perak dimana warna hitam pada lapisan bawah dan warna perak untuk lapisan atas. Sebaiknya memasang mulsa pada siang hari karena panas memudahkan memasang mulsa. 

Mulsa dapat ditarik dan menutup rapat bedengan. Panas terik siang hari dapat mengembangkan plastik mulsa dengan maksimal. 

Pada ujung-ujung mulsa ditancapkan ke sisi tepi mulsa dengan menggunakan kayu atau bambu sebagai penjepitnya. Pemasangan mulsa biasanya dilakukan 2 - 4 orang. 

Baca Juga : Peluang dan Cara Budidaya Bawang Daun dari Biji

Persemaian dan Penanaman Bibit Terong Hitavi

jual benih murah, benih cap panah merah, hitavi f1, bibit terong, budidaya terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Tray Semai
Benih Terong

Benih Hitavi F1 harus melalui proses pembibitan lebih dahulu untuk mendapatkan bibit terong hijau yang kuat dan mampu tumbuh di lahan kebun nanti. 

Harga bibit terong Hitavi murah perlu disemaikan dan harus melalui perendaman untuk mempercepat benih tumbuh. Juga hal ini karena benih terong termasuk agak lambat berkecambah. 

Perlakuan benih dengan merendamnya pada air yang dicampur fungisida 1,5 ml/liter dan tambah bakterisida 1 - 1,5 g/liter. Gunakan air hangat kuku yaitu suhu sekitar 35 - 40 derajat Celcius. 

Perendaman benih selama 30 menit. Selesai perendaman, tiriskan benih dan angin-anginkan sebentar. Siapkan wadah persemaian benih, dapat Anda gunakan tray semai atau polybag kecil diameter 5 cm. 

Persemaian benih sederhana dapat menggunakan wadah dari plastik es atau menggunakan daun pisang. Media untuk persemaian harga bibit terong Hitavi yaitu tanah gembur dan pupuk kandang yang sudah halus. 

Perbandingan tanah dan pupuk kandang yaitu 3 : 1. Tanam benih pada media semai dan lakukan perawatan dengan menyiram benih setiap hari. 

Benih akan berkecambah setelah umur 7 - 10 hari setelah semai dan selanjutnya bibit terong hijau siap pindah tanam ke lahan tetap setelah umur 20 - 25 hari. 

Lubang tanam telah dipersiapkan sebelumnya sengan jarak tanam 50 cm dalam baris dan 70 - 80 cm antar barisan. Pembuatan lubang tanam pada permukaan mulsa menggunakan alat pelubang mulsa. 

Alat pelubang mulsa beli di Toko Pertanian LMGA Agro dengan 2 jenis alat berdasarkan ukuran diameter. Saat pemindahan bibit terong hijau, lakukan penyiraman pada polybag dan lubang tanamnya.

Media pada polybag yang basah memudahkan mengeluarkan bibit dan tanahnya tidak pecah. Waktu penanaman yang baik yaitu pada sore hari. Setelah penanaman lakukan penyiraman agar tanah tetap lembab. 

Baca Juga : Jual Benih Bisma Bibit Blewah Madu Unggul Harga Terbaik

Pemeliharaan Budidaya Terong Hijau

Pemupukan sangat penting dalam budidaya terong terutama pupuk susulan yaitu setelah penanaman bibit terong Hitavi. Harga bibit terong Hitavi terbaik dengan pemupukan susulan menggunakan sistem kocor. 

Dosis pemupukan susulan terong yaitu untuk kapasitas 1 ember atau 13 liter dan digunakan untuk 50 tanaman. 

- Pertama pemupukan umur 7 HST menggunakan NPK 16-16-16 sebanyak 205 g/tanaman + KNO3 Merah sebanyak 85 g/tanaman. 

- Kedua pemupukan umur 14 HST menggunakan NPK 16-16-16 sebanyak 230 g/tanaman + KNO3 Merah sebanyak 90 g/tanaman. 

- Ketiga pemupukan umur 21 HST menggunakan NPK 16-16-16 sebanyak 250 g/tanaman + KNO3 Merah 100 g/tanaman. 

- Keempat pemupukan umur 28 HST menggunakan NPK 16-16-16 sebanyak 275 g/tanaman + KNO3 Merah sebanyak 105 g/tanaman. 

- Kelima pemupukan umur 35 HST menggunakan NPK 16-16-16 sebayak 300 g/tanaman + KNO3 Merah 115 g/tanaman. 

- Keenam pemupukan umur 42 HST menggunakan NPK 16-16-16 sebanyak 200 g/tanaman + KNO3 Putih sebanyak 200 g/tanaman. 

- Ketujuh pemupukan umur 49 HST menggunakan NPK 16-16-16 sebanyak 215 g/tanaman + KNO3 Putih sebanyak 215 g/tanaman. 

Cara pemberian pupuk yaitu kocorkan ke tanaman sebanyak 1 gelas atau sekitar 240 ml. Siramkan ke pangkal batang dan jangan ke permukaan daunnya. 

Pemeliharaan selanjutnya yaitu perempelan bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bunga dan melebatkan buah terong. Perempelan tanaman terong yaitu menghilangkan tunas bakal cabang. 

Bakal cabang yang tumbuh pada ketiak daun merupakan tnas atau cabang air yang tidak produktif menghasilkan buah. Cabang tersebut letajknya pada bawah cabang V. 

Pangkal cabang tersebut menggunakan tangan bersih dan lakukan pada pagi hari. Karena pada pagi hari cabang atau tunas mudah untuk dipatahkan. Sisakan sebanyak 2 - 3 tunas secara selektif yang paling sehat. 

Pemasangan Lanjaran dan Usaha Pengendalian Hama dan Penyakit Terong

jual benih murah, benih cap panah merah, hitavi f1, bibit terong, budidaya terong, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tali Salaran

Pemasangan ajir atau lanjaran tidak perlu butuh lama yaitu waktunya begitu selesai penanaman di bedengan. Panjang lanjaran yang dibutuhkan yaitu 1,5 - 2 meter. 

Sepanjang 25 cm khusus untuk penancapan di tanah. Posisi lanjaran yaitu miring ke luar membentuk model huruf V. 

Pasanglah ajir atau lanjaran untuk tiap tanaman dan berjarak 10 cm dari pangkal batang tanaman. Pemasangan ajir juga harus hati-hati untuk tidak merusak perakaran tanaman. 

Saat tanaman mulai tinggi, ikatlah batang tanaman ke ajir dan pengikatannya menggunakan tali salaran. Tali salaran khusus untuk tanaman beli di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Cara pengikatan batang ke lanjaran yaitu bentuk model simpul dan diikat membnetuk angka 8. Pengikatan paling bawah/pertama yaitu pada batang tanaman. Setelah makin tinggi, pengikatan pada cabangnya. 

Usaha pengendalian terhadap serangan hama dan penyakit lebih bersifat pencegahan atau preventif. Pengendalian menggunakan pestisida yang tepat sesuai hama dan penyakit yang menyerangnya. 

Penyemprotan dilakukan secara teratur, dosis yang tepat, cara dan waktu yang benar. Untuk tanaman terong, penyemprotan sebagai langkah preventif mulai umur sekitar 1 minggu setelah tanam. 

Interval penyemprotan yang aman yaitu 4 hari sekali menggunakan pestisida yang tepat. Dosis dan takaran pestisida sesuai anjuran pada kemasan produk. Penyemprotan lebih intensif lagi di musim hujan. 

Nama Penyakit Tanaman Terong

1. Penyakit Mosaik ( Cucumber Mosaic Virus ) 

Gejala serangan tanaman kena CMV cukup beragam. Umumnya gejala serangan yaitu tanaman menjadi tumbuh kerdil dan bunga berguguran. 

Muncul kemudian activ mosaic yaitu adanya gradasi warna hijau muda kekuningan hingga hijau tua. Pengendalian penyakit CMV yaitu sanitasi kebun, membersihkan gulma hingga mencabut tanaman sakit. 

Setelah mencabut tanaman, tangan kita harus segera dicuci untuk mencegah penularan ke tanaman lain yang masih sehat. Penyemprotan terhadap hama inangnya yaitu Aphid menggunakan insektisida. 

2. Penyakit Bulai atau Virus Kuning ( Gemini )

Nama lain virusnya yaitu Tomato Yellow Leaf Curl Khancanaburi Virus. Gejala serangannya pada daun menjadi kuning dan ukuran daun mengecil. 

Tanaman terserang menjadi kerdil dan ruas-ruas percabangan memendek. Virus biasanya menyerang pada fase generatif ( pembungaan ) dengan banyak bunga yang gugur. 

Pengendalian dengan melakukan monitoring perkembangan hama inangnya yaitu kutu kebul muali awal tanam. Pengendalian hama, mencabut tanaman terinfeksi hingga sanitasi membersihkan gulma. 

Penyemprotan insektisida berbahan akif abamektin, tiametoksam, metidation dan diafenturion

3. Layu Bakteri ( Bacterial Wilt )

Gejala tanaman yang mendadak mengalami kelayuan tanpa ada tanda daun menguning terlebih dahulu. Batang utama tampak hijau dan tegak, namun tangkai daun dan helai daun layu terutama di siang hari. 

Sore hari, tanaman tampak segar dan gejal ini terus terjadi sampai tanaman mati. Gejala lainnya, bagian dalam batang ( pembuluh angkut ) berwarna coklat. 

Bila pangkal batang diiris lalu celupkan pada air jernih maka akan muncul aliran bakteri menyerupai asap rokok. 

Pengendaliannya yaitu melakukan pergiliran tanam dengan tanaman tidak satu famili. Pencegahan yaitu aplikasi belerang saat persiapan tanam. 

Lakukan pemupukan berimbang agar tanaman tidak mengalami sukulen sehingga mudah terserang penyakit. Cabut tanaman yang sudah terinfeksi. Semprotkan bakterisida streptomycine dan asam oksolinik. 

4. Penyakit Busuk Batang ( Phomopsis Blight

Gejala adanya pembusukan pada buah dan batang tanaman. Gejala khususnya yaitu ada bintik-bintik hitam pada bagian terserang. Bintik membentuk pola konsentris atau melingkar. 

Bila penyakit menyerang pada bagian pangkal batang makan tanaman akan menjadi layu. Pengendaliannya yaitu jaga agar kelembaban sekitar tanaman tidak tinggi dan cabutlah tanaman yang sakit. 

Lakukan penyemprotan fungisida  tebukonazol, mankozeb, difekonazol, heksakonazol.

Hama Utama Tanaman Terong

1. Kumbang Daun

Tanda serangan kumbang yaitu asa bekas gigitan pada daun sebelah bawah. Bila serangan parah menyebabkan kerusakan semua jaringan daun hingga tersisa tulang daunnya. 

2. Kutu Daun

Kutu menghisap cairan sel daun terutama bagian pucuk daun dan daun-daun muda. Akibatnya daun menjadi mengeriput, keriting dan tidak normal. 

Kutu daun adalah Aphis yang juga hama inang perantara virus. Pencegahan yaitu dengan mengatur waktu tanam dan rotasi tanaman. Semprotkan insektisida jenis racun kontak dan sistemik. 

3. Tungau

Tungau banyak menyerang di musim kemarau. Cara menyerang dengan menghisap cairan sel daun hingga menimbulkan bintik-bintik merah sampai kecoklatan dan menghitam pada daun. 

4. Ulat Tanah 

Ulat tanah bersifat polifag dan aktif pada sore dan malam hari. Menyerang pada titik tumbuh tanaman muda hingga tanaman layu dan roboh. 

Siang hari, ulat tanah bersembunyi dalam tanah sehingga sulit dilakukan pengendalian. Matikan langsung ulat dan lakukan penyemprotan insektisida pada sore hari.  

Jual Benih Terong Hitavi Marah Cap Panah Merah

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Murah Cap Panah Merah Harga Bibit Terong Hitavi. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Toko pertanian terdekat LMGA Agro jual keperluan bercocok tanam harga murah dan ada promo menarik nagi produk tertentu. 

Segera beli produk pertanian lengkap kebutuhan budidaya tanaman meliputi benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Beli sarana prasarana pertanian lengkap terbaik. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami menerima juga layanan konsultasi gratis. 

Semoga artikel Kami menambah wawasan tentang harga bibit terong Hitavi terbaik. Dapatkan harga bibit terong Hitavi murah harga terbaru. Salam sukses....


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.