BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/02/2014

Read

Peluang dan Cara Budidaya Bawang Daun Dari Biji.

BUDIDAYA BAWANG DAUN, BAWANG DAUN, FREDA, LMGA AGRO
BENIH BAWANG DAUN
Peluang dan Cara Budidaya Bawang Daun Dari  Biji. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih bawang daun. 

Daun Bumbu yang satu ini sering di jumpai di masakan Indonesia mulai dari Soto, Cap Jai, Mie Ayam, Martabak, Bakso, Sop DLL, itulah bumbu bawang daun. 

Bahkan saat ini trend pemakaian dan penyerapan bawang daun semakin banyak. Benih bawang daun dahulu banyak dibudidayakan oleh petani di dataran tinggi sebagai tanaman sela. 

Seiring dengan tingginya minat dan konsumsi Masyarakat di Indonesia tanaman bawang daun sekarang sudah dibudidayakan secara produktif. Walaupun tanaman bawang daun yang dibudidayakan di Petani / masyarakat saat ini banyak yang masih menggunakan bahan benih dari Umbi.

Namun seiring dengan pengetahuan, kesadaran dan hasil petani akan keunggulan Benih Bawang Daun yang dari Biji lebih tinggi, tahan penyakit dan mudah dalam perawatannya maka sudah mulai terjadi pergeseran yang semula menggunakan Benih dengan bahan dari Umbi sekarang bergeser ke benih dari Biji


Peluang Budidaya Bawang Daun


Kebutuhan akan sayur Bawang Daun dari tahun ke tahun semakin meningkat tajam dan ini akan memacu petani untuk menanam benih Bawang Daun dan berusaha agar produksi yang dihasilkan berkualitas dan Hasil persatuan luas tinggi. 

Dengan dasar seperti itu maka penulis berkeyakinan kalau permintaan akan Benih Bawang Daun unggul dari Biji akan meningkat tajam karena kedepannya Bawang Daun akan menjadi komoditi andalan petani  di tahun-tahun berikutnya. 


Sebagai Contoh   apabila saya  melakukan survei   di pasar Induk Sayur di  Kabupaten  Kediri ( Pasar Induk Sayur Ngronggo ) sayur bawang daun yang ada dalam sehari bisa 5- 6 Truk Mistsubisi itu belum termasuk yang dibawa oleh mobil kecil seperti L 300 yang jumlahnya lebih banyak lagi.

Sebelum saya tulis tentang cara Budidaya Daun dari Biji maka kita harus terlebih dahulu mengetahui tanam Bawang Daun itu sendiri, sehingga dengan mengenalnya kita akan bisa menjiwai dalam Budidaya Tanaman Bawang Daun

Bawang Daun atau sering secara umum di masyarakat di sebut Daun Bawang. Jenis Bawang Daun yang banyak di jumpai di Indonesia adalah jenis Allium fistulosum, sedangkan jenis lain yang adalah Allium ascalonicum yang masih satu jenis dengan Bawang Merah.

Budidaya benih Bawang Daun unggul dari biji sebenarnya adalah gampang - gampang susah, namun apabila sudah merasakan hasilnya, susah akan terobati dengan hasil tanaman yang lebih tinggi di banding dari Bawang Daun yang berasal dari Umbi. 

Sebagai bandingan saja Bawang Daun yang berasal dari Biji per tanaman dalam satu siklus penamanan bisa menghasilkan 300 - 450 Gram / Tanaman, sedangkan Bawang Daun yang berasal dari Umbi cuma bisa menghasilkan 100 - 150 Gram / Tanaman

Kalau dilihat dari itu saja seharusnya sudah bisa memacu petani untuk tanam Bawang Daun dari Biji yang sifatnya unggul. Dimana dalam satu rumpun tanaman perbandingan hasilnya Umbi   dibandingkan Biji adalah 1 : 3 ( Bawang Daun dari Biji 300 % lebih banyak hasil )

Belum lagi dengan cara pemeliharaannya yang lebih mudah karena tanaman lebih seragam dan tanaman lebih tahan terhadap penyakit. 




Benih Bawang Daun


Penulis dalam hal ini merekomendasikan Benih Bawang Daun Varietas FREDA untuk dataran menengah sampai tinggi, sedangkan untuk dataran rendah penulis menganjurkan agar menanam Bawang Daun Varietas FRAGRANT. 

Apabila berminat benih bisa di dapatkan di Toko Online LMGA AGRO. Tersedia juga benih bawang daun Cap Panah Merah.

Kedua produk benih Bawang Daun dari Biji tersebut adalah Produk dari Known You Seed Taiwan. Keduanya tersedia dalam kemasan 10 Gram atau berisi sekitar 4.500 Biji / Sachet sedangkan kebutuhan benih per Ha adalah 1.200 Gram. 

Nanti akan kita bahas lagi lebih dalam tentang perbedaan antara Bawang Daun dari Biji dengan Bawang Daun dari Umbi.

Selanjutnya kita akan menginjak ke permasalahan utama Cara Budidaya benih Bawang Daun cap Panah Merah dari Biji, Langkah pertama yang harus kita siapkan adalah :


PEMBIBITAN BIJI BAWANG DAUN

LMGA AGRO, Bibit, Biji, Bawang Daun, Freda, Frgagrant
Pembibitan Bawang Daun dari Biji
( Foto Waras Farm )

Pembibitan Biji Bawang Daun selama ini menjadi permasalahan dan kendala dalam proses adopsi ke petani. Dari Bawang Daun Umbi ke pemakaian Bawang Daun Biji. Proses Adopsi ini terasa sulit karena untuk proses persemaian sendiri membutuhkan waktu yang lumayan lama yaitu sekitar 2 bulan baru bisa di pindah tanam. 

Mari kita bahas bersama-sama cara persemaian  Bawang Daun yang berasal dari Biji, Sebagai contoh kita ambil benih Bawang Daun Varietas FREDA dan Varietas FRAGRANT masing-masing 1 Sachet 10 Gram. 

Adapun tahap - tahap dalam pembibitan Bawang Daun Varietas FREDA / FRAGRANT adalah sebagai berikut :
  • Siapkan lokasi persemaian ( bedengan dengan lebar 100 - 120 cm ) dengan panjang sekitar 10 meter. Sebaiknya jangan terlalu panjang agar kita mudah dalam pengontrolan dan perawatan
  • Tanah Bedengan digemburkan terlebih dahulu dengan kedalaman lapisan olah 30 cm. Masukkan pupuk kandang yang sudah masak ( dalam setiap bedengan )  sebanyak 10 Kg. Kapur Pertanian ( Dolomit ) 3 kg dan pupuk NPK 16 : 16 :16 sebanyak 0.5 kg. Ketiganya sebar dan aduk secara merata. Setelah itu bendengan di bentuk dan diratakan serta dijemur sekitar 7 Hari.
  • Bedengan yang sudah rata kemudian ditutup dengan plastik transparan ( bisa juga plastik UV kalau ada ). Ketinggian 100 - 150 cm di sebelah Timur. Sedangkan sisi sebelah barat dengan ketinggian 80 cm. Atap Plastik ini juga berfungsi untuk mencegah agar nantinya bibit tanaman tidak terkena hujan langsung ( yang bikin biji Bawang Daun Hilang ). Juga melindungi Bibit Bawang Daun terkena serangan Embun Tepung. 
  • Terlebih dahulu kita membuat larikan - larikan untuk benih dengan jarak  10 cm dengan kedalaman 1 cm ( jangan terlalu dalam agar benihnya tumbuh normal ). Setelah itu benih bisa ditaburkan secara merata. Apabila susah karena benih yang terlalu kecil sebelum sebar benih bisa dicampur dengan Pasir atau Abu. Sehingga akan rata dalam penyebarannya.
  • Sambil menunggu benih berkecambah bedengan bisa ditutup sementara dengan karung goni yang sudah dibasahi air. Atau bisa menggunakan daun pisang. Apabila sudah kelihatan benihnya pecah dan berkecambah, karung/daun pisang segera diangkat agar tidak mengganggu proses kecambah benih
  • Dalam perawatannya dianjurkan untuk melakukan penyiraman setiap hari. Setelah tanaman berumur 1 Bulan disarankan agar disemprot dengan pupuk daun 0.5 gram/ liter. Dan pemberian obat Fungisida Arashi 0.5 gram/ liter air dengan cara disemprotkan. 
  • Jika Tanaman sudah berumur 2 Bulan atau ditandai dengan ketinggian bibit tanaman 10 - 15 cm, bibit bawang daun dari biji tadi siap dipindah tanam di lahan yang sudah disiapkan.
      2. PERSIAPAN LAHAN TANAM BAWANG DAUN
      
      BERSAMBUNG........

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.