SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Rabu, 29 Januari 2014

TANAMAN CABAI HIBRIDA LADO ANDALAN PETANI PRODUK CAP PANAH MERAH

Benih, Bibit, Tanama, Budidaya, Cabai, Keriting, Cap Panah Merah
PANEN CABAI LADO
Cabai merah keriting di benak kita pasti membayangkan cabai yang kecil, panjang dan buah bergelombang dan berwarna merah saat tua. Hal  ini memang sepenuhnya benar. Dari sekian banyak jenis tanaman cabai di Indonesia cabai jenis Keriting ini termasuk yang paling baru dan di adopsi di petani, setelah sebelumnya masyarakat petani banyak menanam dan membudidayakan cabai merah rawit dan cabai merah  besar.
      Cabai Merah keriting  ini penyebaran tanamannya di daerah Pulau Sumatera (Sepanjang Sumatera) dan begitu dominan petaninya tanam dengan menggunakan cabai Lokal di daerah tersebut. Populasi cabai merah keriting ini bahkan mencapai 95 % di pulau Sumatera di era tahun 1995 dan mulai lah masuk cabai merah keriting jenis Hibrida yang pertama saat itu yaitu Cabai Hibrida TM 999 yang  masih di Produksi Hungnong Seed Korea. Sehingga sebagai pelopor benih cabai keriting hibrida cabai ini begitu melegenda karena beberapa sebab di antaranya adalah : Varietas F1 TM 999 ini mempunyai adaptasi yang luas mulai dataran rendah sampai tinggi, mulai dari tanah yang subur sampai marginal memberikan hasil yang tinggi, dan yang tidak kalah pentingnya adalah sangat tahan terhadap Hama dan Penyakit. Sehingga di tahun - tahun itu cabai TM 999 begitu Favorit dan namanya bisa melegenda dan bertahan sampai sekarang. Seiring dengan permintaan dan penggemar dari cabai merah jenis keriting di pasaran, sekarang ini sudah banyak Varietas jenis cabai merah keriting hibrida yang di produksi oleh pabrikan benih dan beredar di pasaran.
        Diantara beberapa benih cabai merah keriting Hibrida (F1) yang banyak di budidayakan petani di indonesia saat ini  antara lain : F1 Kiyo, F1 MB 333, F1 Flash 750, F1 Rimbun, F1 IGGO, F1 Helix, F1 Princess, F1 Lado, F1 Kastilo, F1 Taro, F1 PM 999, F1 Jenggo dll.
       Pada kesempatan ini saya  akan membahas benih cabai merah keriting hibrida ( F1 ) Lado yang  diproduksi oleh perusahaan benih PT. East West Seed Indonesia dengan merk dagangnya Cap Panah Merah. Cabai F1 Lado cukup populer di Indonesia. Cabai merah keriting F1 Lado sampai dengan saat ini penanamanya sudah rata di seluruh Indonesia  dan mempunyai ciri sifat unggul tersendiri sehingga petani mulai dari dataran rendah ( tepi pantai ) sampai dataran  tinggi  yang  di gunung pun  berani  pakai  dan menanam cabai merah keriting Hibrida ( F1 ) Lado ini. Beberapa sifat unggul yang di miliki oleh cabai F1 Lado ini sehingga petani berani menanam secara masal adalah  sebagai berikut :
  1. Cabai Merah keriting F1 Lado mempuyai vigor tanaman yang kuat dan mempuyai pertumbuhan yang seragam sehingga di lahan tanaman kelihatan normal pertumbuhannya
  2. Mempunyai ukuran dan diameter yang cukup besar sehingga berat per buah lebih besar dan biaya petiknya menjadi lebih cepat dalam satuan waktu
  3. Tanaman Cabai F1 Lado ini tahan terhadap lahan kering dan sedikit Marginal dan tepi pantai, dalam lokasi yang seperti ini tanaman masih bisa menghasilkan produksi cabai 1 Kg per tanaman dalam satu siklus hidup
  4. Kalau di lihat dan di uji di lahan tanaman Cabai F1 Lado ini mempunyai ketahanan terhadap penyakit akibat layu Bakteri dan Jamur, dimana kedua penyakit cabai ini menjadi penyakit utama dalam Budidaya cabai setelah penyakit Antracnose
  5. Buah Hibrida Cabai Lado cukup tahan terhadap kekurangan Calcium yang biasanya sering di jumpai di cabai keriting lain yang di tandai dengan bunga rontok kuning dan ujung buah menguning dan akhirnya gugur.
  6. Ketahanan buah terhadap cacar buah / Patek / Antracnose juga sudah teruji
  7. Daun tanaman cabai F1 Lado cukup tahan terhadap daun kuning dan keriting yang saat ini menjadi trend penggaggu baru dan apabila di biarkan akan menjadi serangan Virus pada Cabai.
        Itulah sekilas data dan pengalaman penulis, yang di dapatkan selama Budidaya Cabai F1 Lado dan mendapatkan data dari rangkuman nara sumber lain di Petani sekitar yang sudah sering membudidayakan cabai Hibrida F1 Lado Cap Panah Merah ini. Apabila ada yang kurang jelas dan ada yang mau konsultasi serta membutuhkan Benih  cabai F1 Lado silakan memghubungi toko Online LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117, dimana pun anda berada kami siap membantu dan mengirim sampai tujuan.


12 komentar:

  1. cabe kriting f1 lado tidak cocok untuk daerah kami bos khususnya daerah kabupaten indramayu kecamatan kroya buahnya kecil-kecil seperti cabe rawit

    BalasHapus
  2. Terima kasih bapak pengelola Toko Naga yang sudah menghubungi Kami. Untuk cabai Keriting di Daerah Indramayu bapak bisa menggunakan benih Cabai F1 HELIX bapak. Kalau bapak mau kami Ready Stock bapak. Salam LMGA AGRO.

    BalasHapus
  3. Bagaimana dengan pemupukan cabai hibrida....salam

    BalasHapus
  4. Terima kasih Bapak Aneuk yang sudah berkunjung ke Blog kami. Untuk pemupukan cabai silakan bapak buka dan baca semua tentang materi pemupukan yang baik di tanaman cabai yang sudah saya tulis. Silakan bapak buka secara lengka di www.lmgaagro.web.id dan www.lmgaagro.wordpress.com. Apabila ada yang kurang jelas bapak bisa menghubungi kami di Hp: 082 141 747 141. terimakasih.

    BalasHapus
  5. Bagai mana cara pembelian bibit cabe dan pestisida secara online?..

    BalasHapus
  6. Terimakasih bapak Putra Abimanyu, untuk pembelian silahkan hubungi kami di HP 082 141 747 141, terimakasih

    BalasHapus
  7. mas gimana cara ordernya benihnya saya telpon nomornya nga aktif

    BalasHapus
  8. nomor hp sy mas 085341368757

    BalasHapus
  9. nomor hp sy mas 085341368757

    BalasHapus
  10. bos merek benih cabe princes ada apa ngga...?

    BalasHapus
  11. Mas, kalau benih cabe cap nagaa merah ada nggak....

    BalasHapus
  12. Mas, kalau benih cabe cap nagaa merah ada nggak....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...