BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

31/01/2014

Read

Strategi Jitu Mencegah Rontok Bunga Dan Buah Tanaman Cabe, Tomat

 
Benih, Bibit, Tanaman, Hibrida, Unggul, Cabai, Bunga, Rontok, Pupuk, LMGA AGRO
Bunga Cabai Yang Sehat
Strategi jitu mencegah rontok bunga dan buah tanaman cabe serta tomat. Hubungi Agronomi toko pertanian Lmga Agro Sms / Wa : 0812 - 2522 - 117.

Budidaya tanaman cabai dan Tomat membutuhkan proses waktu dan latihan berulang agar bisa berhasil dengan baik. 

Pada kesempatan ini team agronomi Lmga Agro akan berbagai pengalaman tentang budidaya cabe serta tomat. 

Materi akan kami batasi pada masalah cara mencegah sejak dini kerontokan bunga hingga buah cabe serta tomat.

Hal ini disebabkan karena permasalahan yang ada di lapang sangat komplek dan beraneka macam dan penyakit yang dihadapi setiap saat selalu berkembang dan bervariasi.

Itu baru kendala yang berasal dari Hama dan Penyakit, belum lagi permasalahan yang diakibatkan oleh lingkungan dan musim yang kurang mendukung bagi perkembangan cabai itu sendiri. 

Salah satu kendala yang sering dihadapi dalam Budidaya cabai dan Tomat seperti saat ini ( Musim penghujan ) adalah sering terjadinya kerontokan pada Bunga dan Buah padahal fisik tanaman cabai kalau kita lihat begitu bagus tampilannya. 

Dengan dasar itu penulis merasa tergelitik untuk membahas bagaimana cara dan strategi Budidaya cabai agar terhindarkan dari kerontokan Bunga dan Buah. 

Ide ini berawal ketika penulis menemui petani dan ternyata permasalahan kerontokan Bunga dan Buah tersebut sudah besar dan membikin gundah dan gusar rata-rata petani. 

Hal ini tidak mengherankan karena betapapun bagusnya fisik tanaman cabai dan tomat kalau bunga dan buahnya sedikit yang tentu petani akan rugi.

Sebelum membahas inti permasalahan utama maka kita harus tahu terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang membuat Bunga dan Buah tanaman cabai dan tomat rontok saat musim penghujan. Rev. 05/04/23.

Faktor Penyebab Rontok Bunga Dan Buah Tanaman Cabe Serta Tomat


Pada dasarnya ada beberapa faktor dan penyebab kenapa Bunga dan Buah Cabai  dan Tomat rontok, antara lain adalah :
  • Kelembabab udara pada sekitar tanama yang sangat rendah
  • Cabai ternaungi tanaman sekitar ( Kurang Panas )
  • Tanah yang kering ( Kurang Air )
  • Suhu Udara sekitar tanaman yang terlalu panas
  • Serangan Hama ( Kutu-kutuan ) dan penyakit pada tanaman, terutama Virus
  • Defisiensi atau justru kelebihan Nitrogen
  • Kekurangan unsur Mikro tanaman
Kerontokan bunga dan buah pada tanaman cabai dan tomat akan direspon oleh masing-masing individu petani dengan cara yang berbeda beda pula. 

Hal ini akan menyebabkan perlakuan yang berbeda pula dalam aplikasi pupuk, obat dan pestisida tanaman cabai dan tomatnya. 

Bahkan aplikasi yang kita berikan terkadang tidak tepat dan over dosis sehingga yang terjadi justru tanaman mengalami keracunan, selain itu juga akan membuang banyak biaya dan tenaga.

Cekaman tanaman cabai dan tomat yang berasal dari lingkungan sering kali lebih parah dan dominan dibanding serangan Hama dan Penyakit itu sendiri. 

Hal ini yang tidak banyak dimengerti dan disadari oleh petani terutama yang masih awal tanam dan awam. 

Cekaman lingkungan seperti suhu yang terlalu tinggi, kelembaban udara rendah, kurangnya sinar matahari serta pemberian Nutrisi ( Pupuk ) lebih sering menjadi penyebab faktor rontoknya bunga dan buah. 

Ulasan Lengkap Penyebab Kerontokan Bunga Dan Buah Cabe Dan Tomat


Cabe, Tomat, Tanaman Cabe, Budidaya Cabe, Hama Cabe, penyakit Cabe, Bunga Rontok, Mencegah Rontok, Lmga Agro
Cabe Terserang Virus

Mari kita bahas sedikit tentang cekaman lingkungan yang sudah kita bahas tadi :
  1. Kelembaban udara sekitar tanaman
Kelembaban udara yang rendah pada sekitar tanaman cabai dan tomat akan menyebabkan penurunan tekanan pada bagian Xylem tanaman. 

Hal ini alan mengganggu dalam penyerapan pupuk tanaman, tekanan pada Xylem yang terlalu extrem akan menyebakan kerontokan pada bunga dan buah pada tanaman cabai dan tomat mencapai 50 %. 

Peningkatan kelembaban pada sekitar tanaman bisa anda lakukan dengan penggenangan 5 - 6 jam. Jaga agar perlakuan ini secara rutin dan jaga agar anda lokasi tanam anda jangan kekurangan air. 

Penggenangan yang mencapai 35 jam bisa menyebabkan tanaman cabai hingga tomat yang kita Budidaya kan terserang penyakit layu. Serangan layu fusarium hingga bakteri akan mengancam tanaman anda.

   2. Tekanan Suhu pada sekitar tanaman

Suhu siang dan malam yang baik untuk pembentukan  bunga menjadi buah setelah diserbuki adalah 21 - 27 derajat celcius. Naiknya suhu menjadi  32 - 38 derajat celcius menyebabkan bunga yang keluar rontok sehingga proses pembentukan buah pun menjadi gagal

   3. Naungan sekitar tanaman

Pada dasarnya tanaman cabai dan tomat menghendaki sinar yang luar dan tidak terhalang langsung. Jumlah naungan cahanya yang mencapai 50 persen menyebabkan hasil berbeda. 

Peningkatan naungan sampai 70 persen akan menyebabkan bunga menjadi rontok dan pembentukan buahnya terganggu.
 
   4. Jumlah aplikasi pupuk Nitrogen

Pemakaian pupuk Nitrogen pada tingkatan tertentu akan menyebabkan terbentuknya bunga dan buah menjadi banyak.

Apabila aplikasi pupuk Nitrogen ini berlebihan akan mengganggu proses pembentukan bunga dan buah yang ditandai dengan kerontokan.

Penurunan hasil bunga dan buah pada cabai dan tomat ini akan menyebabkan tanaman terjadi keracunan garam yang ada pada pupuk Nitrogen.

     5. Penyakit Tanaman ( Virus )

Tanaman cabai dan tomat termasuk tanaman sayur yang sangat respon terhadap serangan Cucumber Mosaic Virus ( CMV ) dan Potato Virus Yellow ( PVY ).

Serangan ini biasanya ditandai dengan daun berwarna kuning, terlihat urat dengan disertai fisik dari tanaman menjadi kerdil dan pembentukan bunga dan buah menjadi terhambat. 

Bahkan untuk periode tahaun 2011 sampai sekarang serangan kedua virus jenis ini menjadi ancaman utama dalam Budidaya Cabai dan Tomat karena kerugiannya bisa mencapai 50 %
     
    6. Serangan Jamur dan Bakteri

Secara umum tidak ada akibat langsung serangan jamur dan bakteri yang menyebabkan langsung kerontokan bunga dan buah. 

Namun demikian serangan jamur dan bakteri pada tanaman tomat dan cabai yang menyerang bagian daun dan akar akan menyebabkan terganggunya proses pembentukan bunga dan buah.

Setelah kita ketahui beberapa penyebab bunga dan buah cabai dan tomat rontok tentu kita akan bisa menentukan tindakan yang dapat mencegah kerontokan bunga dan buah cabai

Cara Mencegah Kerontokan Bunga Dan Buah Cabe Tomat


Cabe, cabai, Bungai Cabai, Bunga Cabe, Rontok, Tanaman Cabe, Lmga Agro
Bunga Cabai Rontok


Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah kerontokan bunga dan buah tanaman cabai adalah :
  1. Usahakan mencari lahan untuk menanam cabai yang mudah pengairannya, hal ini bertujuan agar kita mudah menjaga kelembaban udara dan tanahnya. Tapi perlu anda ingat bahwa cabai tidak suka diairi berlebihan, bisa layu. Bebaskan tanaman cabai dari naungan bangunan maupun tanaman lain yang lebih besar.
  2. Dalam pemupukan tanaman cabai harus mendapat perhatian saat pemberian unsur nitrogen, pemberian terlalu banyak bisa sangat membahayakan kehidupan tanaman cabai. Bukan hanya dari kerontokan bunga dan buah tetapi juga menjadi rentan dari serangan hama dan penyakit. Kekurangan unsur N juga kurang bagus karena tanaman cabai menjadi kurang subur.
  3. Hati-hati terhadap serangan virus, cegah dengan mengendalikan vektor penyebarnya diantaranya kutu kebul dan aphids. Selain itu sebelum menanam kita harus memastikan bahwa lahan kita bebas dari bebagai virus (bukan bekas tanaman yang terserang virus) atau hindari menanam cabai dan tomat pada areal yang berdekatan dengan tanaman lain yang terkena virus.
  4. Cegah sedini mungkin serangan hama-hama penghisap (kutu-kutuan) dengan manipulasi lingkungan maupun menggunakan insektisida, terutama saat musim kemarau.
  5. Monitoring dan kendalikan serangan penyakit tanaman cabai. Terutama penyakit patek. Pada awal penanaman usahakan pemberian kalsium ((kapur), bisa juga dengan pemberian kalsium dengan cara penyemprotan.
  6. Jika syarat-syarat diatas telah dipenuhi tapi ternyata masih terjadi kerontokan bunga dan buah besar kemungkinan tanaman cabai anda kekurangan salah satu unsur mikro. Pemberian unsur mikro bisa dilakukan dengan menyemprotkan pupuk daun yang mengandung unsur mikro lengkap melalui daun.
Jika anda saat ini jalankan usaha mandiri bisnis berkebun tanaman cabe serta tomat maka anda harus menguasai materi yang saya jelaskan diatas. Hal ini bertujuan agar kejadian kerontokan bunga dan buah bisa kita cegah.

Pastikan anda bisa mencegah apa yang menjadi faktor penyebab kerontokan bunga dan buah tersebut. Kemudian lakukan apa yang bisa menyebabkan bunga hingga buah cabe dan tomat anda meningkat persen bunga jadi buah.

Jika semua tahapan tersebut sudah benar dan anda lalui serta pembaca semua mau konsultasi secara GRATIS tentang Cara mencegah rontok bunga dan buah pada tanaman cabai dan tomat.

Jika ingin lebih lebih jelas dan detail bisa menghubungi Toko Pertanian Online bersarana lengkap LMGA AGRO lewat CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.