TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

25/10/22

Jual benih Cabai IGGO Tavi Cabe Keriting Cap Kapal Terbang Terbaik

jual benih, cap kapal terbang, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih IGGO Tavi 
Cabe Keriting
Jual benih Cabai IGGO Tavi Cabe Keriting Cap Kapal Terbang Terbaik. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih cabai IGGO Tavi cap Kapal Terbang. 

Jual benih cabai IGGO Tavi jenis cabe keriting berkualitas dari PT BISI International. Benih hibrida cabai IGGO Tavi harga murah. 

Beli sekarang benih cabai IGGO Tavi harga murah secara online cepat dan praktis di Toko Pertanian terdekat LMGA Agro. Menyediakan beragam produk pertanian berkualitas dan harga murah. 

Toko pertanian LMGA Agro melayani konsultasi gratis. Menyediakan produk pertanian lengkap antara lain benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. 

Benih cabai IGGO Tavi harga murah cap Kapal Terbang. Benih hibrida cabai keriting berkualitas dan cocok untuk dataran rendah sampai menengah. 

Benih cabai IGGO Tavi selain tahan virus Gemini juga tahan penyakit layu bakteri. Tekstur buah lentur dan tidak mudah patah.

Cabai IGGO Tavi cap Kapal Terbang benih cabe keriting berkualitas. Benih cabai terbaik produk PT BISI karenag keunggulan tekstur cabai lentur, panjang sekitar 16 cm dan potensi hasil tinggi. Benih tahan penyakit layu dan virus Gemini. 

Tekstur kuat cabai IGGO F1 cocok untuk pengangkutan jarak jauh dan cabai keriting kesukaan para pedagang pengepul cabai. 

Hasil panen per tanaman tinggi sehingga menjadi peluang untuk usaha budidaya cabai yang menguntungkan. Rasa cukup pedas dan favorit sebagai bumbu masakan pedas Nusantara. 

Cabai IGGO Tavi vigor tanaman kuat dengan panjang cabai sampai 16 cm. Umur panen mulai 70 HST setelah pindah tanam dan dapat panen berkali-kali.  

Keunggulan Cabai IGGO Tavi 

jual benih, cap kapal terbang, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabai 
Keunggulan cabai IGGO Tavi cap Kapal Terbang merupakan tanaman cabai keriting yang memiliki vigor kokoh dan tegak. 

Tanaman bercabang banyak dan buah tumbuh lebat. Cabai IGGO Tavi cap Kapal Terbang tahan virus Gemini, yahan penyakit layu bakteri dan tahan hama Thrips serta aphid. 

Benih cabai IGGO Tavi cocok untuk daerah dataran rendah sampai menengah. Cabai IGGO Tavi bentuk buahnya keriting bergelombang. 

Panjang cabai kurang lebih 16 cm dan berdiameter sekitar 1 cm. Cabai IGGO Tavi berkulit hijau saat muda dan berunah warna merah mengkilat saat matang. 

Panen umur kurang lebih 70 hari setelah pindah tanam dan memiliki potensi hasil panen sekitar 19,8 ton/hektar. Buah lentur sehingga tidak mudah patah bila distribusi jarak jauh. 

Kebutuhan benih budidaya cabe satu hektar sebanyak 100 - 150 gram dan jarak tanam 60 x 60 cm. Cabai merupakan tanaman musiman dengan daun berwarna hijau tua. 

Tinggi tanaman cabai keriting mencapai satu meter dengan bunga berwarna putih dan soliter. Cabai keriting mampu tumbuh dan berbuah pada dataran rendah sampai dataran tinggi. 

Syarat tumbuh cabai keriting sama dengan jenis cabe merah biasa. Tanaman menyukai tumbuh pada tanah gembur, subur dan kaya humus. 

Tanah memiliki drainase baik dan kisaran pH antara 6 - 7. Cabai dapat tumbuh pada kisaran ketinggian tempat mulai 0 - 1300 m dpl. 

Curah hujan mulai awal sampai akhir penanaman yaitu berkisar 600 - 1250 mm/tahun. Suhu optimal tanaman yaitu 20 - 25 derajat Celcius. 

Kelembaban udara ideal cabai merah antara 50 - 60 % dan menyukai tumbuh pada tempat terbuka tanpa naungan. Cabe merah menyukai sinar matahari langsung sepanjang hari sekitar 8 jam.     

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Rawit di Sawah, Buah Lebat Hasil Melimpah

Cabe Merah Keriting 

jual benih, cap kapal terbang, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabai Keriting Siap Panen

Cabe merah keriting tidak mengenal musim dalam berbuah. Karenanya tanaman cabe disebut tanaman musiman dan dapat tumbuh baik hingga berbuah optimal kapan pun. 

Sehingga cabai akan mudah Anda temui setiap saat baik musim hujan maupun kemarau di pasar atau swalayan berjualan sayuran. Perbedaannya hanya pada harga cabe yang selalu naik turun. 

Level pedas dari cabe keriting lebi tinggi dari cabe merah besar. Bentuk cabe keriting lebih ramping, melengkung dan bergelombang atau keriting. 

Sama seperti cabe merah, cabe keriting juga panjang namun lebih ramping daripada cabe merah besar. Namun cabe keriting selain lebih pedas juga berpotensi tinggi sebagai pewarna merah alami masakan. 

Namun memang warna merah cabe keriting tidak secantik cabe merah besar. Rasa pedas cabe keriting tidak sepedas cabe kecil atau rawlt. 

Tanaman cabai secara umum berkayu dan tumbuh ideal pada iklim tropis. Hampir semua jenis tanah cocok untuk tanaman cabe. 

Agar kualitas buah tinggi dan jumlah panen banyak maka cabe merah keriting cocok tumbuh pada tanah subur, gembur, kaya bahan organik dan tanah tidak mudah becek. 

Tanah tidak mudah menggenang, bebas cacing/nematoda dan penyakit tular tanah. Cabai merah keriting memiliki nama latin Capsicum annum L. masuk golongan keluarga tanaman Solanaceae. 

Cabai mengandung senyawa kimia bernama Capsaicin juga berbagai senyawa mirip capsaicin bernama capsaicinoids. Cabai memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin. 

Baca Juga : Bhaskara Cabai Kecil Cepat Panen Hasil Tinggi

Cabe Hijau Keriting IGGO Tavi

Cabe hijau merupakan jenis cabe yang panen dini dan saat masih berwarna hijau. Cabe hijau keriting juga laris di pasaran dan banyak masyarakat menyukainya. 

Petani juga terkadang panen cabe dini dan berwarna hijau. Panen cabe hijau ini karena beberapa faktor salah satunya yaitu kondisi ciaca buruk pada lokasi tanamnya. 

Panen cabe hijau juga dengan dikarenakan lokasi pengiriman buah cabe yang terlalu jauh. Alasan lain panen cabe hijau karena terjadi kenaikan harga cabe pada pasar induk sayuran. 

Cabe hijau keriting memiliki permukaan kulit yang tipis, tidak mulus, bergelombang atau keriting. Buahnya panjang dan berdiameter lebih kecil dari cabe merah besar. 

Syarat tumbuh cabe hijau sama dengan cabe merah. Faktor keberhasilan budidaya cabe yaitu kualitas dari benih cabe. Pilih benih cabe hibrida bersertifikat dan bebas virus. 

Baca Juga : Membangun Usaha Pertanian Tanpa Modal

Cara Pengolahan Lahan Budidaya Cabe

jual benih, cap kapal terbang, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih Cabe

Persiapan lahan budidaya cabe secara manual yaitu dengan cara mencangkul atau menggunakan alat bajak. Cangkul/bajak tanah sampai kedalaman sekitar 30 cm. 

Untuk lahan tegalan sampai kedalaman 40 cm, tanah menjadi gembur, ratakan dan bersihkan dari sisa-sisa tanaman dan rumput yang kering. 

Buat bedengan lebar 1 - 1,2 meter, tinggu 30 cm dan jarak antar bedengan sebagai saluran air yaitu lebar 30 - 50 cm. Untuk tanah sawah bekas tanam padi, buat bedengan lebar 1,5 meter. 

Cek pH tanah bila pH asam berikan kapur Dolomit 2 - 3 ton/hektar. Aplikasi pemupukan dasar menggunakan pupuk kandang/kompos sebanyak 20 - 30 ton/hektar. 

Sebarkan pupuk merata pada semua bedengan. Ratakan dan bolak balik dengan tanah. Selanjutnya tutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak dan lakukan pada siang hari. 

Selanjutnya biarkan bedengan terkena hujan dan panas selama 3 - 4 minggu. Proses berikutnya yaitu persiapan bibit tanaman cabe. Yaitu menyemaikan benih cabai IGGO Tavi. 

Rendam dahulu benih dalam air hangat untuk mempercepat perkecambahan atau dapat menggunakan larutan fungisida selama satu jam. 

Wadah untuk menyemaikan benih cabai IGGO Tavi menggunakan polybag kecil, plastik es, tray semai dan lainnya. Media untuk menyemai benih menggunakan campuran tanah dan pupuk organik ( 1 : 1 ). 

Masukkan benih, siram air sedikit perlahan saja lalu tutup dengan daun pisang untuk menjaga kelembabannya selama 2 - 3 hari. Benih nanti akan berkecambah. Buka penutup daun pisangnya.

Kumpulkan semua bibit pada tempat persemaian beratap naungan dari plastik bening untuk melindungi dari hujan dan panas matahari langsung. Lakukan penyiraman rutin setiap hari. 

Plastik naungan harus buka pada pagi dan sore hari, tutup lagi siang hari dan malam untuk kelancaran aliran udara dan setiap hari dapar berganti. 

Pembibitan cabai untuk pindah tanam pada lahan tegalan sampai umur 4 -5 minggu. Bersamaan dengan lahan siap untuk ditanami.  

Penanaman Bibit Cabai IGGO Tavi

jual benih, cap kapal terbang, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Pelubang Mulsa
Lubang Tanam

Sebelum penanaman buat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa karena lebih praktis dan mudah. Beli alat pelubang mulsa membuat lubang tanam dan lubang pupuk di Toko LMGA Agro

Lubang tanam setiap bedengan berjarak 60 x 60 cm. Dan model lubang tanamnya secara zig zag atau berselang seling. 

Setelah umur 4 - 5 minggu, bibit akan muncul 4 - 5 helai daun. Pilih bibit segar dan kuat, siram air dahulu agar mudah saat pemindahan tanamnya. 

Keluarkan bibit dengan hati-hati dari wadah semainya, masukkan beserta tanahnya ke lubang tanam. Berikan tanah dan pupuk kandang/kompos lagi dan tekan agar bibit berdiri kokoh. Berikan air. 

Lakukan semua penanaman bibit cabe merah keriting IGGO Tavi dan semua bibit harus selesai ditanam dalam waktu sama. 

Penanaman bibit sebaiknya pada waktu sore hari untuk mencegah terjadinya stres tanaman.   

Setelah penanaman semua bibit, lakukan penyiraman rutin setiap hari. Kontrol pertumbuhan tanaman dan ada tidaknya bibit yang layu. 

Baca Juga : Membuat Media Semai yang Baik dan Benar

Pemeliharaan Tanaman Cabai

Pemeliharaan tanaman cabai antara lain : penyulaman paling lambat 1 - 2 minggu setelah penanaman bibit. Ganti tanaman mati atau sakit/layu dengan bibit baru sehat dan segar. 

Pengairan tanaman cabai cara di-leb atau penggenangan 2 minggu sekali. Penyiraman ke tanaman langsung setiap hari pagi atau sore hari tergantung cuaca. 

Lakukan penggemburan tanah biasanya bersamaan dengan waktu pemupukan susulan. Pendangiran atau pembumbunan dengan menaikkan tanah ke pangkal batang sehingga tanaman berdiri lebih kokoh. 

Pemasangan ajir atau lanjaran untuk menopang tanaman agar berdiri tegak. Karena batang tanaman cabai termasuk kecil dan untuk percabangan yang banyak, perlu ajir agar tanaman tidah rebah. 

Tancapkan ajir jarak minimal 4 cm dari pangkal batang mulai satu minggu setelah pindah tanam. Panjang ajir sekitar 2 meter dan sepanjang 25 cm ditancapkan ke tanah. 

Pemangkasan salah satu proses penting dalam pemeliharaan tanaman cabai. Pemangkasan pada tunas air bawah cabang utama. 

Fungsi pemangkasan yaitu mengoptimalkan pertumbuhan cabang agar berproduksi maksimal. Potong tunas yang tubuh pada ketiak daun juga. 

Pada tunas bunga pertama atau pada bunga kedua. Pemangkasan umur 17 - 21 HST untuk tanaman cabai dataran rendah sampai menengah. 

Pemangkasan tanaman pada dataran tinggi lebih lama lagi mulainya yaitu setelah umur 25 - 65 HST. Hal ini karena cabai dataran tinggi lebih lama panen yaitu mulai 75 HST. 

Baca Juga : Cabai Pelita 8 Lebih Tahan Hama Penyakit

Pemupukan Cabe

jual benih, cap kapal terbang, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Cap Tawon

Pemupukan cabe setelah pindah tanam atau pupuk susulan. Antara lain Urea 100 - 150 kg/hektar, ZA 300 - 400 kg/hektar dan KCl 150 - 200 kg/hektar. 

Berikan pupuk-pupuk tersebut sebanyak 3 kali yaitu pada umur 3, 6 dan 9 minggu setelah tanam. Pemupukan susulan tanaman cabai menggunakan pupuk NPK. 

Konsentrasi sebanyak 5 gram pupuk larutkan dalam satu liter air. Aplikasi dengan mengocorkan ke tanah sekitar tanaman sebanyak 200 ml. 

Pemupukan kocor menggunakan pupuk NPK mulai 7 hari setelah pindah tanam. Pemberian pupuk setiap minggu sekali. Pemupukan kocor lebih cepat tanaman menyerap pupuk. 

Tanaman pada fase vegetatif : encerkan pupuk 1,5 - 3 kg dalam 100 liter air. Memasuki fase generatif, berikan selain pupuk N, P dan K juga tambahkan unsur Kalsium dan Magnesium. 

Saat tanaman cabai mulai berbunga agar cepat berbuah maka konsentrasi pupuk dengan sedikit unsur N dan perbanyak unsur P, K, Ca dam Mg. 

Perbandingan pupuk N, P dan K untuk tanaman cabai telah berbunga dan berbuah yaitu 6% N : 35% P : 55% K. Berikan pupuk Kalsium karena dalam pupuk biasanya terdapat unsur mikro lain. 

Yaitu seperti Magnesium, Boron, Mo, Fe dan banyak lagi. Berikan pupuk kalsium saat tanaman mulai membentuk buah. Dosis pupuk Kalsium 2 kg untuk 1000 pohon cabai. 

Berikan secara kocor unsur hara cepat terserap tanaman. Larutkan 2 kg pupuk Kalsium dalam 200 liter dan kocorkan ke tanah dekat tanaman sebanyak 200 ml per tanaman. 

Berikan juga pupuk daun karena tanaman cabai juga membutuhkan unsur hara mikro meski dalam jumlah sangat sedikit. Caranya dengan menyemprotkan ke daun dan seluruh bagian tanaman. 

Gunakan alat sprayer untuk menyemprotkan pupuk daun ke tanaman. 

Baca Juga : Pengaturan Jarak Tanam Bagi Pertumbuhan

Pengendalian Hama dan Penyakit Cabe

jual benih, cap kapal terbang, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Perangkap Lalat Buah

Beberapa hal ini adalah cara sebelum melakukan pengendalian secara kimiawi. Antara lain yaitu : 

- Memanfaatkan tanaman perangkap antara lain : kenikir kuning.

- Pemakaian mulsa plastik hitam perak.

-Sanitasi lingkungan dan pemotongan bagian tanaman dan musnahkan buah terserang hama/penyakit. 

- Rotasi tanaman dengan tanaman bukan keluarga Solanaceae. 

- Tumpang sari dengan tanaman tagetes, menanam jagung sekitar tanaman sebagai tanaman perangkap. 

Penggunaan pestisida apabila populasi hama atau kerusakan tanamn telah mencapai ambang pengendalian. Yaitu serangan mencapai lebih atau sama dengan 15% per tanaman contoh. 

Pengendalian kimiawi apabila cara-cara pengendalian lain tidak dapat menekan populasi hama. Gunakan pestisida harus efektif, terdaftar dan sesuai anjuran. 

Panen dan Pasca Panen

Cabai IGGO Tavi panen umur 70 hari setelah pindah tanam. Interval panen setiap 3 - 7 hari sekali. Buah rusak karena penyakit Antraknosa harus segera dimusnahkan. 

Buah cabai jual segar sebaiknya panen saat matng. Sedangkan cabai pengiriman jarak jauh, panen saat masih muda atau hijau. Cabe kering panen saat cabe telah matang penuh. 

Sortasi buah cabai setelah panen yaitu dengan memisahkan cabai merah sehat, tekstur buah bagus dengan cabai rusak dan kena penyakit. 

Pengemasan cabai untuk pemgiriman jarak jauh yaitu kemasan memiliki lubang angin atau menggunakan karung jala. 

Bila harus proses penyimpanan, maka letakkan pada tempat kering dan sejuk. Tempat penyimpanan cabai memiliki cukup sirkulasi udara. 

Waktu panen sebaiknya pagi hari karena bobot buah masih kondisi optimal akibat penimbunan zat pada malam harinya. Pagi hari juga cabe belum mengalami penguapan dan penyusutan. 

Demikian artikel Kami judul : Jual benih Cabai IGGO Tavi Cabe Keriting Cap Kapal Terbang Terbaik. Hubungi kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Toko pertanian LMGA Agro belanja online produk pertanian lengkap dan berkualitas. Menyediakan benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis dan siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Beli sekarang produk pertanian harga murah dan grosir di toko pertanian LMGA Agro. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang menanam cabai IGGO Tavi cap Kapal Terbang. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.