TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/10/22

Benih Cabe Keriting IGGO Tavi Terbaik Cap Kapal Terbang - LMGA Agro

jual benih, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, cap kapal terbang, toko pertanian, online, lmga agro
Benih IGGO Tavi
Cabe Keriting

Benih Cabe Keriting IGGO Tavi Terbaik Cap Kapal Terbang - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih cabe IGGO Tavi terbaik. 

Benih cabe IGGO Tavi hibrida cabe keriting bibit terbaik harga murah. Toko pertanian LMGA Agro jual benih bibit cabe keriting IGGO Tavi cap kapal Terbang. 

Cabe keriting IGGO Tavi hibrida produk PT BISI International. Produk pertanian lengkap dan harga murah di Toko pertanian online LMGA Agro. 

Distributor produk pertanian andalan Petani menyediakan juga benih beragam tanaman sayur dan buah, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian sebagai sarana prasarana. 

Beli sekarang produk pertanian berkualitas dan lengkap di toko pertanian terdekat LMGA Agro. Kami siap kirim pesanan Anda dan barang terjamin. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. 

Cabe keriting IGGO Tavi benih terbaik dan berkualitas cap Kapal Terbang andalan petani. Hasil panen tinggi dan benih tahan virus. 

Benih cabe keriting IGGO Tavi terbaik cap Kapal Terbang. Produk berkualitas benih hibrida tahan virus PT BISI International. tekstur cabe lentur sehingga tidak mudah patah dan rusak terutama saat distribusi jarak jauh. 

Benih cabe keriting IGGO Tavi toleran penyakit layu dan hama Thrips. Benih cabe keriting IGGO Tavi rekomendasi terbaik untuk dataran rendah sampai menengah. 

Tanaman cabe IGGO Tavi berbuah lebat sehingga menghasilkan produksi cabai yang tinggi per tanaman. Panjang cabai IGGO stabil mulai bagian bawah hingga atas tanaman. 

Umur panen kurang lebih 70 hari setelah pindah tanam. Panen cabai terjadi berulang kali sampai produksi menurun. Pemeliharaan tepat dapat menghasilkan cabai maksimal setiap kali panen. 

Karakteristik Cabe IGGO Tavi 

jual benih, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, cap kapal terbang, toko pertanian, online, lmga agro
Tanaman Cabai Keriting

Cabe IGGO Tavi merupakan jenis cabe keriting tahan virus. Benih berkualitas cap Kapal Terbang produk pabrik benih PT BISI International. 

Tanaman cabe keriting IGGO Tavi tegak dengan banyak percabangan. Buahnya juga tumbuh lebat. Bibit benih cabai IGGO toleran penyakit layu bakteri.

Benih cabe keriting IGGO Tavi juga tahan virus keriting daun, hama thrips dan Aphid. Benih cabe keriting IGGO cocok untuk dataran rendah sampai menengah. 

Tanaman cabe IGGO berbuah lebat dan produksi tinggi sebesar 1 kg per tanaman. Ukuran cabai IGGO memiliki panjang yang stabil mulai dari bawah sampai atas ujung tanaman. 

Cabai saat muda berwarna hijau tua dan berubah menjadi warna merah mengkilat saat matang. Panen cabai IGGO sekitar 70 hari setelah pindah tanam. 

Jarak tanam benih cabe keriting IGGO Tavi adalah 60 x 60 cm. Tanaman memiliki potensi hasil panen kurang lebih 19,8 ton/hektar. 

Tanaman cabe merah keriting memiliki daya adaptasi yang luas. Tanaman cabai dapat tumbuh baik mulai dataran rendah hingga dataran tinggi. Yaitu sampai ketinggian 1400 m dpl. 

Namun cabe merah pada dataran tinggi lebih lambat pertumbuhannya daripada tumbuh pada dataran tinggi. 

Suhu udara ideal tanaman cabe merah keriting adalah 25 - 27 derajat Celcius ( siang hari ) dan suhu 18 - 20 derajat Celcius ( malam hari ). 

Suhu malam hari < 16 derajat Celcius dan suhu siang hari > 32 derajat Celcius maka tanaman akan mengalami kegagalan saat pembuahan. 

Suhu tinggi dan kelembaban udara rendah menyebabkan tanaman mengalami transpirasi berlebihan. Tanaman akan mengalami kekurangan air dan bunga serta buah gugur saat masih muda. 

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Cabai pada Musim Peralihan

Cabe Merah Keriting IGGO Tahan Virus

jual benih, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, cap kapal terbang, toko pertanian, online, lmga agro
Sehat Bebas Virus

Cabe merah keriting IGGO tumbuh baik pada daerah sentra cabai keriting Indonesia. Antara lain yaitu kawasan pesisir selatan Yogyakarta tepatnya Kabupaten Kulonprogo. 

Daerah tersebut menjadi daerah utama penghasil cabe merah keriting. Petani sangat antusias dan tertarik membudidayakan cabe merah keriting ini. 

Pedagang pengepul cabai sangat menyukai juga penampilan dari cabe keriting IGGO. Karakter buah cabai yang bagus dan berkualitas. Pedagang lokal juga banyak yang menyukai cabe IGGO. 

Banyak pedagang eceran dan lokal sayuran langsung membeli pada petaninya. Sehingga pedagang besar dengan distribusi jarak jauh hingga Jakarta kehabisan produk cabe keriting IGGO. 

Karakter cabe keriting IGGO Tavi menarik karena berwarna merah cerah, buah berukuran agak besar dan tekstur buah yang lentur. 

Cabai dengan kulit lentur pasti bagus kualitasnya, buah juga kuat selama penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh. Tekstur yang lentur membuat cabai tidak mudah patah atau rusak. 

Memudahkan juga dalam pengemasan, mudah juga dalam pemetikan saat panen dan bila buah tidak mudah jatuh meski tersenggol. 

Petani sangat menyukai menanam cabe keriting IGGO Tavi karena hasil panen mmemuaskan. Panen melimpah dengan harga jual cukup bagus. 

Setiap selesai panen, berikan pupuk kembali karena dapat merangsang tumbuhnya tunas dan bunga baru kembali. Sehingga panen akan melimpah juga. 

Pelihara terus tanaman meski setelah panen agar hasil tetap optimal. Tanaman tetap dapat berproduksi baik sampai umur 1 tahun. 

Periode panen tanaman cabe keriting IGGO Tavi cukup lama sehingga produktivitas dapat mencapai lebih dari 2 kg per tanaman. 

Baca Juga : Toko Pertanian LMGA Agro Dipercaya Petani Indonesia

Tanaman Cabe IGGO Tavi Tahan Virus dan Layu 

Tanaman cabe IGGO Tavi cap Kapal Terbang terbukti menghasilkan buah berkualitas. Petani juga menyukai menanam cabe keriting IGGO Tavi ini karena ketahanannya dari virus. 

Tanaman cabe IGGO Tavi tahan juga dari serangan penyakit layu serta tahan virus gemini atau virus kuning. Terbukti tanaman tahan dari layu dan virus ini sangat baik. 

Meski tanaman menguning akibat serangan virus namun tanaman tetap berbuah dengan normal. Beberapa dari barisan tanaman yang terserang virus Kuning juga hanya beberapa tanaman. 

Petani mengakui bahwa budidaya cabe keriting IGGO Tavi ini mendapatkan bahwa serangan virus Kuning masih terbilang aman dan terkendali. 

Bila tanaman secara genetik tahan virus namun tanaman masih memerlukan perlndungan tambahan. Yaitu dengan penyemprotan pestisida sebelum terjadi serangan sebagai pencegahan dini. 

Gunakan fungisida saat umur tanaman 20 HST sampai tanaman berbuah. Lakukan antisipasi untuk mencegah serangan busuk batang ( Phytophtora investans ) dan penyakit Patek ( Antraknose ). 

Tanaman cabe keriting IGGO Tavi memiliki karakter tahan serangan virus Kuning/Gemini dan penyakit layu. Sehingga membuat tanaman mampu memulihkan diri lebih baik dan cepat saat serangan virus. 

Meski ada serangan virus dan atau cendawan, tanaman masih mampu bertahan dan berbuah dengan optimal. Tetap lakukan cara pengendalian hama dan penyakit untuk menekan kerusakan tanaman. 

Antara lain juga melakukan pemeliharaan optimal seperti pemupukan. Sebaiknya kurangi pemberian pupuk Nitrogen seperti Urea dan ZA. 

Saran untuk memberikan pupuk Kalium, pupuk fosfat dan pemberian unsur mikro seperti tembaga, besi, seng dan Kalsium. 

Baca Juga : Pupuk Organik, Komponen Pertanian dari Bahan Alami

Budidaya Cabe Merah 

jual benih, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, cap kapal terbang, toko pertanian, online, lmga agro
Cabe Siap Panen

Budidaya cabe merah menghendaki beberapa syarat tumbuh seperti cuaca, suhu udara dan jenis tanah. Budidaya cabe merah juga dapat Anda usahakan dengan mengatur pola tanamnya. 

Antara lain yaitu rotasi atau pergiliran tanaman terbukti mampu menekan serangan hama dan penyakit. Pengaturan pola tanam mampu memutus siklus hidup hama dan penyakit. 

Pola tanam budidaya cabe merah yaitu melakukan pergiliran tanaman dengan tanaman bukan dari satu famili. Dengan pergiliran tersebut, organisme pengganggu tanaman tidak lagi punya tanaman inang. 

Sehingga makin lama siklus hidup organosme pengganggu tersebut akan terputus. Pola tanam di lahan sawah setelah menanam padi. 

Yaitu menanam cabe merah, lalu bawang merah selanjutnya kacang panjang. Atau setelah padi, lalu bawang merah - mentimun - paria. 

Sistem tanam tumpang sari dapat menekan serangan organisme pengganggu tanaman. Sistem lain yaitu tumpang gilir, menanam tanaman perangkap, tanaman penghadang atau menanam dalam rumah kasa. 

Budidaya cabe merah juga penting menerapkan jarak tanam yang tepat terutama dalam pola tanam tumpang sari. Jarak tanam tanaman cabai, tomat dan timun berpengaruh terhadap populasi tanaman. 

Jarak tanam cabe merah juga berkautan dengan efektivitas penggunaan cahaya matahari dan persaingan antar tanaman.

Jarak tanam cabe merah terlalu rapat menyebabkan persaingan antar tanaman dalam hal pemakaian air, unsir hara dan ruang tumbuh. 

Jarak tanam lebih rapat menyebabkan tanaman menerima cahaya matahari lebih sedikit. Persaingan tanaman juga semakin meningkat dan ketat dalam hal menyerap air, insur hara dan sinar matahari. 

Hal tersebut pasti akan mempengaruhi hasil buah yang lebih rendah dibandingkan bila menanam dengan jarak tanam lebar.  

Baca Juga : Helix Cabe Hibrida Andalan Petani Pesisir Pantai 

Cara Menanam Cabe 

jual benih, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, cap kapal terbang, toko pertanian, online, lmga agro
Pupuk NPK 
Cara menanam cabe tergantung dari tekstur tanah karena tanaman akan tumbuh baik pada tanah gembur dan kaya bahan organik. 

Tanah ideal memiliki 3 komponen yaitu padatan, air dan udara dengan takaran seimbang yaitu masing-masing sebesar sepertiga. 

Kondisi tanah yang baik menjamin aerasi, daya tahan air dan drainasenya baik. Selain itu juga dalam tanah terdapat aktivitas biologi tanah yang cukup baik. 

Pengolahan tanah yang masih padat dapat merubah sifat fisik tanah hingga tanah gembur. Berikan juga bahan organik untuk menambah kesuburan tanah. 

Pengolahan tanah dalam cara menanam cabe yaitu menggunakan cangkul, bajak atau traktor. Pengolahan tanah bertujuan membuat lapisan tanah makin gembur. 

Mencangkul tanah juga sebagai upaya menghilangkan gulma atau sisa-sisa tanaman, menghilangkan racun dan menghilangkan organisme pengganggu dalam tanah. 

Biasanya petani akan mengolah tanah secara bertahap dan memkan waktu sekitar 5  - 7 hari. Hal tersebut bermaksud agar tanah dapat berjemur dari teriknya sinar matahari. 

Sehingga gas-gas beracun dan merugikan tanaman dalam tanah akan hilang dan organisme pengganggu dalam tanah juga musnah. 

Baca Juga : Harga Cabe Mahal Hati-Hati Serangan Lalat Buah

Penyemaian Benih Cabe Keriting IGGO Tavi

jual benih, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, cap kapal terbang, toko pertanian, online, lmga agro
Alat pH Meter

Tanaman cabe merah selama ini cara perbanyakan dengan menanam biji/benih cabai. Cara menanam cabe bisa Anda langsung tanam benihnya atau persemaian dulu. 

Namun menanam langsung benih pada media luas cukup beresiko kematian tanaman saat masih muda/kecil. Meski pun menggunakan benih lokal, sebaiknya lakukan persemaian benih dahulu. 

Apalagi bila menanam dengan benih hibrida yang harganya cukup mahal maka untuk mengurangi kegagalan maka lakukan penyemaian benih terlebih dahulu. 

Penyemaian benih akan lebih menghemat benih, pertumbuhan benih menjadi bibit relatif seragam. Pembibitan benih cabe merah akan menghasilkan tanaman sehat dan kuat.

Proses seleksi bibit saat akan pindah tanam dan pemilihan hanya bibit sehat untuk proses pindah tanam. Bibit dengan daun agak layu dan tampak sakit tidak akan terpilih. Media semai cabe harus steril.

Penyemaian benih cabe merah keiting IGGO Tavi menggunakan wadah baki atau tray semai. Atau juga Anda bisa gunakan plastik es, polybag dan lain-lain. 

Setelah bibit siap pindah tanam, sebaiknya lakukan penanaman pada sore hari. Bila penanaman pagi hari, tanaman masih muda ini kemungkinan kesulitan beradaptasi dengan teriknya matahari. 

Tanaman muda masih belum kuat dan kokoh menghadapi teriiknya matahari siang hari sehingga akan layu dan bisa terjadi kematian. 

Pada daerah dataran rendah, penanaman cara tumpang sari dengan tanaman bawang merah dapat melindungi bibit cabe yang baru pindah tanam dari panasnya sinar matahari. 

Pemupukan Cabe 

Budidaya tanaman sayuran termasuk cabe merah keriting menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos menjadi kebutuhan pokok. 

Meski pun tetap juga menggunakan pupuk anorganik atau kimia. Karena dalam pupuk organik terdapat unsur hara alami untuk menyuplai hara bagi tanaman. 

Pupuk organik juga terdapat kandungan unsur hara mikro berguna untuk memperbaiki struktur tanah, menjaga kelembaban tanah, mengurangi pencucian hara dan meningkatkan aktivitas biologi tanah. 

Pemupukan cabe menyediakan unsur hara makro dan mikro dalam tanah menjadi tersedia dan cukup bagi tanaman. Ketersedian unsur hara dalam tanah meningkatkan hasil tanaman dan kualitasnya. 

Kekurangan atau kelebihan unsur hara dapat mengganggu petumbuhan tanaman dan penurunan hasil panen. Pemberian pupuk menyesuaikan kebutuhan tiap jenis tanaman. 

Begitu juga dengan waktu dan cara pemupukan harus tepat agar unsur hara selalu tersedia bagi tanaman. 

Pemeliharaan tanaman cabe meliputi penyiraman, penyiangan, pemangkasan dan pemasangan lanjaran/ajir. 

Tanaman cabai adalah tanaman dengan kebutuhan air cukup tinggi namun tidak menyukai air berlebihan sampai menggenangi tanaman. 

Penyiraman cara menanam cabe yaitu saat tanaman berumur kurang dari 21 HST lakukan penyiraman setiap hari. Begitu tanaman memasuki umur lebih 21 HST maka penyiraman menjadi 2 - 3 hari sekali.

Penyiangan Tanaman Cabe

Penyiangan yaitu membersihkan lahan dari gulma atau rumput-rumput liar dan biasanya Petani melakukannya sebelum melakukan pemupukan susulan. 

Bila kebun bersih dari rumput, tentunya pemberian pupuk akan lebih optimum terserap tanaman. Tanaman tidak bersaing dengan gulma menyerap unsur hara pupuk. 

Penyiangan juga dalam rangka melindungi tanaman yaitu menekan serangan organisme pengganggu tanaman. Karena gulma menjadi tanaman inang hama dan penyakit tanaman. 

Pemangkasan Daun Cabe

jual benih, cabai, cabe keriting, IGGO Tavi, cap kapal terbang, toko pertanian, online, lmga agro
Pupuk NPK Cap Tawon

Pemangkasan tanaman cabe mulai saat tampak rimbun atau sekitar umur 2 bulan. Pangkaslah tunas-tunas air pada ketinggian 15 - 25 cm tergantung varietas tanaman dari permukaan tanah. 

Pemangkasan tanaman bertujuan menghindari percikan air kena tanaman bila tanaman terlalu rimbun. Percikan air tersebut membawa tanah mengandung penyakit. 

Pasangkan lanjaran atau ajir untuk menopang pertumbuhan tanaman agar dapat tumbuh tegak. Pemasangan ajir tanaman cabai mulai umur 4 minggu setelah tanam. 

Ajir terbuat dari bilah bambu panjang sekitar 2 meter dan tancapkan dekat perakaran dan ikat batang tanaman ke ajir dengan hati-hati. 

Pembungaan tanaman cabai tidak bergantung pada panjang hari. Curah hujan tinggi dan iklim basah mengganggu pertumbuhan tanaman cabai. Tanaman menjadi mudah terserang penyakit akibat jamur. 

Cendawan menyebabkan bunga mudah gugur dan buah membusuk. Curah hujan ideal untuk tanaman cabai adalah sekitar 600 - 1200 mm/tahun. 

Tanaman cabai dapat tumbuh pada semua jenis tanah asalkan drainase dan aerasi tanah cukup baik. Ketersediaan air cukup tersedia selama pertumbuhan tanaman. 

Benih Cabe IGGO Tahan Virus 

Pengendalian hama dan penyakit cabai berdasarkan prinsip Pengendalian Hama Terpadu ( PHT ) yaitu secara preventif kuratif. 

Secara preventif yaitu pengendalian hama dan penyakit sebelum terjadi serangan. Antara lain usaha pencegahan dengan melakukan rotasi atau pergiliran tanaman. 

Juga dengan melakukan pengaturan jarak tanam, pemakaian varietas tahan virus dan hama, sanitasi lahan dan lain-lain. 

Pengendalian secara kuratif yaitu setelah terjadi serangan hama dan penyakit. Yaitu jumlah populasi atau intensitas serangan telah mencapai ambang pengendalian. 

Panen benih cabe keriting IGGO Tavi umur mulai 60 - 75 HST dan panen setiap 3 - 7 hari. Untuk pengiriman jarak jauh, panen cabai saat matang hijau. Cabe keriting cocok sebagai cabe kering. 

Demikian artikel Kami judul : Benih Cabe Keriting IGGO Tavi Terbaik Cap Kapal Terbang - LMGA Agro. Beli sekarang harga murah dan grosir di Toko Pertanian online terdekat LMGA Agro. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Jual produk pertanian berkualitas dan lengkap. 

Menyediakan berbagai varietas benih terbaik tanaman sayur dan buah, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan beragam alat pertania sebagai sarana prasarana bercocok tanam. 

Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan tentang benih cabe keriting IGGO Tavi Cap Kapal Terbang. Cara menanam cabe keriting juga tidak sulit, selamat mencoba salam sukses....

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.