TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

27/10/22

Benih Cabe Merah Imperial Ijo F1 Cap Kapal Terbang Berkualitas - LMGA Agro

jual benih, cabe besar, cabe merah, imperial ijo, cabai, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Imperial Ijo 
Cabe Besar
Benih Cabe Merah Imperial Ijo F1 Cap Kapal Terbang Berkualitas - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih cabe merah Imperial Ijo F1. 

Harga murah produk benih cabe merah Imperial Ijo hibrida cap Kapal Terbang. Benih berkualitas produk PT BISI International terbaik untuk cabe merah besar. 

Beli sekarang benih berkualitas harga murah di Toko Pertanian terdekat online LMGA Agro. Belanja online murah produk pertanian lengkap harga murah dan grosir. 

Menyediakan beragam varietas benih hibrida tanaman sayur, buah dan pangan. Menyediakan juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian sebagai sarana prasaran budidaya tanaman.  

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis seputar pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda barang terjamin aman. Pengiriman hingga seluruh wilayah Indonesia. 

Cabe merah Imperial Ijo F1 benih hibrida cap Kapal Terbang produk terbaik dari PT BISI International. Cabe merah panjang 17 cm, warna merah mengkilap dan saat muda berwarna hijau sudah menjadi favorit pedagang/pengepul cabe. 

Benih cabe merah Imperial Ijo hibrida berkualitas. Benih cabe merah besar ini tumbuh baik pada dataran rendah dan tetap berproduksi saat musim hujan. 

Tanaman cabe merah Imperial Ijo F1 tumbuh secara kompak, seragam dengan batang yang kuat. Benih cabe merah Imperial Ijo tahan virus Kuning Begomovirus dan penyakit layu bakteri. 

Cabe merah Imperial Ijo tumbuh memanjang sampai panjangnya 17 cm lebih dan berdiameter sekitar 1 cm lebih. Rasa cabe merah pedas meski tidak sepedas cabe rawit. 

Keunggulan Cabe Merah Imperial Ijo F1

jual benih, cabe besar, cabe merah, imperial ijo, cabai, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Merah 
Imperial Ijo F1

Cabe merah Imperial ijo F1 benih hibrida cap Kapal Terbang. Pertumbuhannya kompak dan seragam serta mampu berbuah cukup banyak per tanaman. 

Hasil buah tinggi per tanaman dan tanaman tumbuh kuat tidak mudah rebah. Wilayah adaptasi dari cabe merah Imperial Ijo ini adalah dataran rendah dengan ketinggian tempat 150 - 300 m dpl. 

Tanaman mampu tumbuh baik saat musim hujan maupun kemarau. Tanaman cabe merah Imperial Ijo F1 bebas virus dan tahan penyakit layu. 

Panjang buah kurang lebih 17 cm dan umur panen mulai 75 HST. Potensi hasil panen tinggi yaitu 18,21 - 26,63 ton/hektar. 

Penanaman luasan satu hektar membutuhkan benih sebanyak 127,93 - 128,94 gram/hektar. Cabe merah merupakan salah satu sayur kebutuhan pokok di Indonesia. 

Cara pengolahan cabe merah besar ini kebanyakan dengan cara mengulek atau menghaluskannya. Cara lain dengan diblender juga sudah biasa dalam masyarakat. 

Kuliner bahan dasar cabai merah ini yaitu sebagai campuran bumbu sambal goreng dan aneka sambal serta masakan pedas. 

Cabe merah berguna sebagai pewarna merah alami sedangkan pedasnya masih kalah pedas dengan cabe rawit. Karena tidak begitu pedas, maka cabe merah besar cocok sebagai bahan tumisan. 

Saat muda cabe merah ini masih berwarna hijau dan selanjutnya semakin matang kulitnya berubah warna menjadi merah. 

Perubahan warna hijau menjadi merah tersebut karena cabe memiliki zat pektin yaitu pengatur perubahan warna kulit cabai. 

Zat pektin ini membuat cabe menjadi tua dan mengalami perubahan warna.  

Baca Juga : Benih Pertanian dan Distribusinya oleh LMGA Agro

Tanaman Cabai Merah

jual benih, cabe besar, cabe merah, imperial ijo, cabai, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabai Merah 

Tanaman cabai tumbuh tergantung dari musim saat itu. Sehingga Petani biasanya mempertimbangkan waktu penanaman cabai. 

Waktu penanaman tepat akan memperoleh hasil panen maksimal, buah berkualitas dan jumlah yang banyak. Apalagi bila bertepatan bila harga jual cabe tinggi. 

Cabai merupakan salah satu sayuran yang selalu dicari baik pasar tradisonal, swalayan maupun warung khusus menjual sayuran. Sehingga Petani selalu ingin melakukan budidaya cabe. 

Bahkan Petani berkeinginan menanam cabai sepanjang tahun. Waktu tepat budidaya cabai yaitu awal musim hujan dan menjelang musim kemarau. 

Sebenarnya mengusahakan budidaya cabai pada luar musim bisa saja namun sangat beresiko. Tanaman cabai saat musim hujan rentan serangan penyakit namun harga cabe biasanya tinggi saat musim hujan. 

Pertumbuhan tanaman cabai saat musim hujan, Petani menghadapi banyak kendala antara lain pada teknik budidaya cabai. 

Kendala utama sering muncul menanam cabai musim hujan yaitu serangan organisme pengganggu tanaman hingga menurunkan hasil panen. Bahkan sampai terjadi gagal panen. 

Jika Petani mampu melewati kendala tersebut maka pasti mendapatkan keuntungan tinggi. Karena saat cabai musim hujan relatif terbatas ketersediannya. 

Peluang mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan cukup tinggi dengan menanam cabai luar musim. Dengan menggunakan benih cabe merah Imeprial Ijo yang tumbuh baik saat musim hujan. 

Peluang pasar menanam cabe luar musim mendapatkan keuntungan tinggi sangat besar. Tipsnya dengan menanam secara hati-hati dan lebih keras. 

Baca Juga : Jual Benih Baru Cabai Baja MC F1 - Panah Merah

Budidaya Cabe Musim Hujan

jual benih, cabe besar, cabe merah, imperial ijo, cabai, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Siram Swan

Budidaya cabe musim hujan termasuk penanaman luar musim untuk tanaman cabai. Berikut trik menanam cabe saat musim hujan untuk memaksimalkan hasil panen. 

Yaitu pertama dengan menggunakan mulsa plastik hitam perak dan memasang naungan saat proses penyemaian benih. Cara tersebut berguna untuk melindungi tanaman dari jatuhnya air hujan. 

Mulsa plastik dapat menahan jatuhnya air hujan tidak langsung mengenai tanaman. Sehingga tanaman aman dari serangan cendawan atau bakteri penyebab penyakit. 

Naungan budidaya cabe melindungi bibit dari air hujan langsung. Naungan juga melindungi dari panas matahari dan serangan hama. 

Kedua yaitu menanam dalam wadah pot atau polybag sehingga pertumbuhan tanaman dapat lebih terkontrol. Wadah pot/polybag lebih aman daripada menanam langsung pada lahan kebun. 

Saat cuaca tidak dapat terkontrol karena curah hujan tinggi, Petani dapat memindahkan tanaman ke tempat lebih aman. Begitu juga dapat memasang naungan untuk melindungi tanaman. 

Resiko menanam cabe dalam pot/polybag lebih kecil resiko kegagalannya. Petani dapat mengatur media tanamnya dan pemberian pupuknya. 

Pemberian pupuk dalam bentuk larutan menggunakan pupuk NPK lebih mudah dalam wadah pot/polybag. Sebagai tambahan pupuk yaitu menggunakan pupuk pelengkap cair. 

Cabe merah memiliki nama latin Capsicum annum sangat cocok tumbuh pada iklim tropis seperti Indonesia. Cabai tumbuh baik pada daerah dataran rendah. 

Meski dapat tumbuh pada ketinggian lebih dari 500 m dpl namun produksi buahnya kurang maksimal baik kualitas maupun kuantitas. 

Sebelum menanam cabe merah besar, Petani perlu mengetahui karakter cabe merah sehingga mengetahui cara merawat tanaman yang tepat. 

Baca Juga : Kunci Sukses Budidaya Tanaman Hasilkan Banyak Keuntungan

Pemupukan Cabe

jual benih, cabe besar, cabe merah, imperial ijo, cabai, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 

Pemupukan menjadi perhatian penting dalam perawatan tanaman cabe. Banyak hal perlu menjadi perhatian dalam melakukan pemupukan cabe. 

Pemupukan cabe berfungsi memberikan nutrisi makanan bagi tanaman sesuai kebutuhannya untuk tumbuh subur dan sehat. 

Pemupukan menjadi salah satu faktor penting berpengaruh pada pertumbuhan cabai. Namun perlu juga untuk memperhatikan jenis dan dosis pupuk serta cara pemberian pupuk. 

Jenis dan dosis pupuk tidak tepat dapat nerdampak buruk pada tanaman. Terdapat dua jenis pupuk membuat tanaman cabai tumbuh subur dan berbuah lebat. 

Dua pupuk tersebut adalah Urea dan MPK. Khususnya Petani menggunakan MPK Mutiara 16-16-16 terbukti mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. 

Pemakaian pupuk Urea untuk pemupukan cabe pada umur 10 - 30 hari karena Urea mampu merangsang pertumbuhan tunas baru tanaman cabai. 

Berikan pupuk Urea pada tanaman dalam bentuk larutan yaitu satu sendok makan Urea untuk air sebanyak satu liter. Siramkan ke tanaman secukupnya. 

Pastikan saat menyiram pupuk tidak kena batang tanaman. Satu liter larutan pupuk tadi aplikasi untuk 7 tanaman juga cocok untuk cabai dalam polybag. Berikan pupuk Urea 2 minggu sekali. 

Pemberian pupuk NPK saat tanaman sudah mulai berbunga. Pupuk NPK 16-16-16 untuk tanaman cabai umur 30 - 50 hari karena pupuk NPK mampu merangsang pertumbuhan bunga.

Pupuk NPK terbukti mampu merangsang pertumbuhan buah atau calon buah tanaman cabai. Cara pemberian pupuk NPK Mutiara yaitu sama dengan pupuk Urea. 

Campurkan satu sendok makan NPK Mutiara 16-16-16 dalam satu liter air lalu aduk hingga pupuk larut dalam air. Satu liter larutan pupuk NPK dapat memupuk 6 tanaman. 

Siramkan ke tanah dekat pangkal batang tanaman dan jangan langsung ke tanaman. Karena dapat mengakibatkan tanaman menjadi stres, layu bahkan mati.  

Baca Juga : Jual Cabe Elegance Murah Tetap Eksis dan Bertahan di Daerah Virus

Manfaat Cabe

jual benih, cabe besar, cabe merah, imperial ijo, cabai, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Merah Besar 

Cabe masih satu famili dengan paprika dan tomat dan dalam satu genus yang sama yaitu Capsicum

Cabai dan tanaman lain dalam genus Capsicum masuk kategori buah dan bukan sayuram sama dengan cabae rawit dan cabe keriting. 

Cabe meski rasanya pedas namun kaya berbagai vitamin dan mineral. Selain itu juga terdapat kandungan karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Manfaat cabe umtuk tubuh antara lain : 

1. Meringankan Rasa Sakit

Saat cabai masuk dalam tubuh akan melepaskan hormon endorfin dan berperan sebagai pereda rasa sakit alami. 

Zat capsaicin sebagai hormon endorfin tersebut akan bekerja sama dengan reseptor rasa sakit. 

Selanjutnya akan muncul sensasi panas dari cabai dan membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit. 

Karena manfaat cabe tersebut, industri obat menjadikan cabai sebagai bahan pembuat obat oles atau balsem penghilang rasa nyeri otot dan sendi akibat cedera atau pegal dan lain-lain. 

2. Manfaat Cabe Menurunkan Berat Badan

Hal ini karena diyakini bahwa zat Capsaicin dapat membakar lemak dan energi tubuh lebih cepat. 

3. Manfaat Cabe Memelihara Kesehatan Pencernaan

Selama dalam mengkonsumsi cabai tidak berlebihan dapat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. 

Saat Capsaicin masuk ke organ pencernaan, saraf-saraf dalam saluran pencernaan akan menghasilkan anandamide.

Anandamide yaitu senyawa kimia berguna membantu mengurangi inflamasi atau peradangan. Termasuk ini sering terjadi yaitu sakit tukak lambung. 

4. Manfaat Cabe Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat cabe mampu menstabilkan dan menjaga kadar gula dalam kondisi normal. Peran Capsaicin sekali lagi sebagai zat penurun kadar gula darah ke kondisi normal. 

Capsaicin bersifat antidiabetik dan memberikan efek positif bagi pasien diabetes tipe 1. 

5. Manfaat Cabe Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Cabe mengandung vitamin B6, asam folat, kalium dan beta-karoten bertugas mencegah serangan jantung. 

Vitamin B mampu mengurangi kadar homosistein. Kadar homosistein tinggi dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan resiko stroke sekaligus serangan jantung. 

6. Manfaat Cabe Menurunkan Resiko Kanker

Cabai mengandung antioksidan tinggi, diantaranya adalah vitamin C, lutein dan beta-karoten. Peran antioksidan terbukti mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Pemicu kenker salah satunya adalah karena serangan radikal bebas berlebihan masuk ke tubuh. 

7. Manfaat Cabe Melancarkan Pernapasan

Cabai membantu melebarkan saluran napas pada paru-paru sehingga berguna bagi penderita asma.

Vitamin A pada cabai mampu menurunkan resiko radang paru-paru akibat asap rokok. Asap rokok mengandung benzopyrene perusak vitamin A dalam tubuh. 

8. Manfaat Cabe untuk Kesehatan Mata

Kandungan lutein dalam cabai terutama cabai hijau bermanfaat mencegah kerusakan mata akibat usia senja seperti sakit katarak dan degenerasi makula.  

Baca Juga : Bercocok Tanam Buah dan Sayuran Jadi Hobi Menguntungkan

Cara Menanam Cabe Besar

Tanaman cabe besar dapat tumbuh baik bila mendapatkan sinar matahari kurang lebih selama 8 - 10 jam per hari. 

Suhu udara ideal untuk menanam cabe besar yaitu kurang lebih 24 - 28 derajat Celcius. Tanaman menyukai kelemban sekitar 80% dan pH antara 6 - 7. 

Sebaiknya waktu memanen cabe untuk dijual tepat saat harga cabe tinggi di pasaran. Perkirakan saat memulai menanam, perkirakan saat panen nanti harga cabe cukup tinggi. 

Persiapan benih untuk lahan satu hektar membutuhkan sekitar 500 gram benih cabe. Sebaiknya tempat persemaian terpasang naungan dari jaring. 

Fungsi naungan untuk menghindari bibit kena sinar matahari langsung, kena air hujam  dan angin. Naungan juga dapat menjaga kestabilan suhu dan untuk menjaga kelembaban. 

Kelembaban dan kestabilan suhu sangat penting dalam proses persemaian benih cabe besar. Arah persemaian yang bagus adalah menghadap ke arah timur. 

Persemaian benih cabe menggunakan polybag berukuran 5 x 10 cm. Media persemaian benih menggunakan campuran tanah, sekam dan pupuk kompos/kandang perbandingan 1 : 1 : 1. 

Masukkan 3/4 media semai dalam polybag. Media semai harus bertekstur halus sehingga harus diayak dulu sebelumnya. Media halus dan gembur, perakaran akan aktif tumbuh. 

Rendam benih dalam air hangat, setelah selesai keringkan sampai benar-benar kering supaya proses perkecambahannya cepat. Tanam benih dalam polybag sedalam 1,5 cm. 

Tutup benih dengan tanah semai. Lakukan penyiraman secara teratur dua kali sehari pagi dan sore. Untuk mengurangi guyuran air dari alat siram, tutup benih menggunakan kertas koran. 

Siramkan air atas koran dan air akan perlahan jatuh mengenai benih dan tidak akan merusak benih. Bibit akan tumbuh dan siap pindah tanam sampai umur 1 - 1,5 bulan dan daun berjumlah 4 - 6 daun. 

Baca Juga : Budidaya Cabe Merah Mudah dan Cocok sebagai Usaha Kecil-kecilan

Persiapan Lahan Menanam Cabe

Persiapan lahan dengan membajak/mencangkul sampai sedalam 40 cm. Beri pupuk kandang sebanyak sampai 1 ton per 1000 m2. Campurkan merata pada tanah menggunakan garu. 

Biarkan selama 1 minggu sambil menyiapkan persemaian. Selanjutnya menetralkan pH dengan menyebarkan kapur Dolomite sebanyak 0,25 ton/hektar. 

Buat bedengan lebar 100 cm dan parit lebar 80 cm. Tinggi bedengan 30 cm. Berikan pupuk NPK secukupnya pada permukaan tanah. Tutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak. 

Lubangi mulsa plastik dengan jarak tanam 60 x 60 cm. Buat pola lubang tanam cara zig-zag. Biarkan bedengan 1 - 2 minggu sampai bibit siap pindah tanam. 

Penanaman bibit dengan merobek polybag dan tanam bibit beserta tanahnya dengan hati-hati. Masukkan pada lubang tanam dan berikan air secukupnya. 

Penanaman bibit sebaiknya pada sore hari dan lakukan serentak selesai dalam satu hari. Selanjutnya amati setiap hari perkembangan tanaman. Lakukan penyulaman ganti bibit baru bila ada bibit mati. 

Penyiraman setiap hari tergantung cuaca dan lakukan penyiangan terutama gulma sekitar tanaman dan sisi bedengan. Gulma dapat menjadi tempat inang cendawan dan bakteri pengganggu tanaman. 

Pemupukan susulan mulai umur 7 hari setelah pindah tanam dan berikan pupuk NPK setiap 2 minggu sekali dosis berkala sesuai umur tanaman. Berikan juga pupuk kandang agar tanah lebih subur. 

Jagalah kebersihan agar tidak menjadi tempat berkembangbiaknya cendawan. Buanglah daun kering dan bersihkan kebun dari daun-daun yang rontok. Lakukan penyemprotan pestisida sesuai anjuran. 

Cabe Merah Imperial Ijo Cap Kapal Terbang

Cabe merah Imperial Ijo cap  Kapal Terbang panen umur mulai 75 HST. Perawatan tepat tanaman cabe maka tanaman akan berbuah lebat dan waktu panen lebih cepat. 

Cabe merah Imperial Ijo cap Kapal Terbang panjang buah 17 cm cocok sebagai bahan masakan pedas karena warna kulit merah mengkilat. Potong cabe saat panen pada tangkainya menggunakan gunting. 

Hindari cara panen dengan mencabut atau menarik buah karena dapat merusak tanaman dan akan sulit panen kembali. Tanaman cabe dapat panen hingga 20 kali bahkan lebih. 

Budidaya cabe merah Imperial Ijo cap Kapal Terbang peluang menguntungkan budidaya tanaman sayuran karena potensi hasil tinggi dan kualitas buahnya juga bagus. 

Beli sekarang benih cabe merah Imperial Ijo cap Kapal Terbang harga murah dan terbaru di Toko Pertanian Online terdekat LMGA Agro. 

Belanja online lengkap produk pertanian berkualitas harga murah disini hubungi kontak Kami : 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis pertanian. Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan tentang benih terbaik cabe merah Imperial Ijo F1 Kapal Terbang. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.