TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/02/14

Arashi Mengatasi Busuk Buah Dan Layu Tanaman Melon

Arashi kini menjadi favorit petani melon. Hal ini tidak lepas dari fungsi serta manfaat Arashi yang terbukti nyata dalam mengatasi busuk busuk serta layu pada tanaman melon. Segera beli! Arashi untuk busuk buah dan layu tanaman melon anda di toko obat pertanian Lmga Agro. Rev. 16/11/21.

Jika anda anda pembaca dan petani yang baru saja tanam melon dalam usaha mandiri bisnis anda. Maka ini bisa jadi info yang sangat berharga bagi anda. 

Bagaimana tidak berharga, tanaman melon milik petani selama ini bisa gagal panen atau mengalami kerusakan hingga 75 % saat penyakit busuk buah dan layu ini menyerang tanaman. 

Apalagi pohon melon yang terserang penyakit ini sudah mendekati panen. Menjadi faktor yang sangat penting petani paham serta mengetahui dengan jelas apa serta bagaimana kedua penyakit tanaman melon ini muncul serta cara mengatasinya. 

Cara menanam melon yang baik dan benar menjadi salah satu kunci serta syarat bagaimana petani bisa meraih sukses dari peluang bisnis buah melon ini. 

Mengatasi busuk buah serta layu tanaman melon jadi kunci sukses petani terutama saat berkebun pada musim hujan. Saat hujan cuaca serta suhu lingkungan sangat susah untuk kita prediksi. 

Bahkan BMKG sebagai lembaga yang berwenang serta kompeten dengan urusan cuaca juga mengalami kesulitan saat prediksi cuaca ekstrim

Pada saat musim hujan kita tidak bisa secara pasti mengetahui  bagaimana cuaca sekarang, cuaca hari ini terlebih cuaca besok. Apakah besok akan hujan? Prakiraan cuaca dari BMKG hanya memberi informasi terhadap ciri - ciri bagaimana hujan akan terjadi.  

Mengapa petani saat ini harus mengetahui prakiraan cuaca hari ini? Tentu hal ini sangat berkaitan dengan bagaimana kita bisa menerapkan cara menanam melon dengan benar sesuai lingkungan. 

Cuaca sekarang yang lagi hujan serta suhu saat ini yang tidak menentu menyebabkan spora jamur penyebab busuk buah dan layu tanaman melon berkembang lebih cepat

Hal tidak lepas karena adanya perubahan suhu hangat kemudian berubah dingin akan memicu spora jamur berlipat - lipat juga dalam menyebar.

Busuk Buah Dan Layu Tanaman Melon Saat Berkebun


Melon adalah salah satu komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Pada budidaya tanaman melon, busuk buah dan layu tanaman adalah penyakit yang paling banyak dijumpai saat musim penghujan. 

Penyakit ini sangat mempengaruhi keberhasilan pada budidaya melon. Serangan penyakit yang tidak dikendalikan mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas hasil panen, bahkan bisa mengakibatkan gagal panen

Jika petani tidak memiliki bekal keterampilan tentang tata cara mencegah, mengendalikan serta mengobati tanaman melon yang kita tanam maka kegagalan bisa sewaktu - waktu terjadi. 

Berbekal pengalaman ini kami toko pertanian Lmga Agro berbagi informasi agar saat budidaya melon bisa terhindar kedua masalah yang bahaya ini. 

Ikuti terus ya ulasan kami tentang bagaimana kita bisa mengatasi gangguan busuk buah dan layu saat kita menjalankan usah mandiri bisnis berkebun melon. 

Untuk bisa mencegah, mengatasi serta mengobati penyakit pada tanaman melon ini petani harus tahu secara benar apa itu penyebab busuk buah dan layu pada tanaman melon. 

Ciri - ciri serta penyebab penyakit busuk buah dan layu ini akan menentukan bagaimana kita bisa menerapkan cara menanam melon yang baik dan benar. 

Cara menanam melon di sawah, cara hidroponik hingga menanam melon di polybag butuh teknik yang berbeda - beda. Cara merawat melon ini juga akan berpengaruh dengan tingkat serangan busuj buah dan layu tanaman.

Arashi, Anti Layu, Anti Busuk Buah, Tanaman Melon
Buah Melon yang sehat

1. Penyakit Busuk Buah Pada Tanaman Melon


Penyakit busuk buah pada tanaman melon disebabkan oleh serangan Phytophtora

Penyakit busuk ini tidak hanya menyerang buah saja, tetapi juga menyerang batang dan daun. 

Serangan ditandai dengan bercak coklat pada buah, apabila dibiarkan akan meluas dan mengakibatkan buah busuk. 

Serangan pada batang ditandai dengan bercak coklat basah yang memanjang. 

Sedangkan pada daun gejalanya daun seperti tersiram air panas dan meluas. Apabila tidak dikendalikan, penyakit ini dapat menggagalkan produksi.

Adapun cara pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara penyemprotan bakterisida dan fungisida Arashi  pada umur 20 hari setelah tanam.

2. Penyakit Layu Pada Tanaman Melon


Penyakit layu pada tanaman melon bisa diakibatkan oleh bakteri Erwinia, yang disebut layu bakteri dan yang disebabkan oleh jamur Fusarium yang disebut layu Fusarium.

Layu bakteri memiliki gejala daun dan cabang layu dan terjadi pengkerutan pada daun. Warna daun menguning, mengering dan akhirnya mati. 

Meskipun warna daun tetap hijau, daun akan layu satu persatu kemudian secara keseluruhan tanaman menjadi layu. 

Batang tanaman bila dipotong melintang akan mengeluarkan lendir putih yang lengket dan dapat ditarik seperti benang.

Cara Pengendalian Layu Bakteri Tanaman Melon :

  • Pengaturan drainase pada musim hujan agar air tidak menggenang diantara bedengan, sehingga tidak terlalu lembab
  • Disekitar tanaman melon sebaiknya bersih dari gulma yang bisa menjadi tempat tinggal inang 
  • Pengolahan tanah dengan sempurna sehingga dapat mematikan telur maupun pupa hama inang
  • Sterilisasi lahan
  • Menyemprot tanaman pada umur 20 hari setelah tanam dengan bakterisida Arashi
Pada layu fusarium, gejalanya daun yang terserang menjadi busuk dan kering. Pada musim penghujan, pada daun yang busuk muncul massa spora yang berwarna kemerahan. 

Kemudian tanaman akan layu, mengering dan mati. Patogen ini menyerang tanaman sejak persemaian hingga panen. 

Hal ini dikarenakan patogen ini bisa bertahan lama didalam tanah dan bisa menginfeksi melalui luka yg bisa terjadi saat pemindahan bibit, pembumbunan atau luka karena serangga. 

Tanah yang terinfeksi sukar dibebaskan dari jamur ini. Jika tanaman yang terlalu muda terserang, maka akan mati dalam waktu 1-2 hari. Sedangkan tanaman tua bisa bertahan hingga 4-5 hari.

Tanaman menjelang panen, jika terserang akan mempengaruhi kualitas buahnya. Kualitas buah berkurang baik aroma maupun rasanya.

Cara Pengendalian Penyakit Layu Fusarium Tanaman Melon  :

  •  Memotong daun yang terdekat dengan tanah yang terserang jamur
  •  Tidak menanam pada tanah yang pernah terinfeksi 
  • Melakukan pergiliran varietas tanaman
  •  Pengapuran lahan dengan dosis 2-4 ton/ha untuk meningkatkan pH tanah, karena jamur berkembang biak pada kondisi tanah masam yaitu kisaran pH 4,5-5,8
  • Hindari pemupukan nitrogen (Urea dan ZA) berlebihan karena dapat mengasamkan tanah
  • Sejak tanaman mulai berbunga, setiap 14 hari sekali tanaman disiram dengan larutan fungisida Arashi.
Arashi, Obat Anti Layu Arashi, Fungisida Arashi, Bakterisida Arashi, Obat Jamur Arashi, Anti Layu Arashi, Jual Arashi Murah, Cara Aplikasi Arashi, Penggunaan Arashi, Lmga Agro, Bumi Jaya Makmur
Selain cara di atas menggunakan jenis melon yang sudah terbukti tahan terhadap busuk buah dan layu adalah salah satu cara mencegah secara dini.

Benih melon yang sudah terbukti antara lain : Action 88, Action 434, Action Orange, Pertiwi Anvi, Alina, Alisha, Melone. Sedangkan melon yang sudah terbukti tahan serangan virus gemini dan keriting adalah : Melon Pertiwi Anvi, Action 88, Alina, Alisha serta Melone.     

Saat petani melon mengatasi buah busuk dan layu dapat menggunakan bakterisida dan fungisida Arashi. Aplikasi dilakukan sebelum tanam ( Saat Pindah Tanam ),  atau saat tanaman melon berumur 20 HST, 40 HST, 55 HST. 

Cara Aplikasi Arashi Pada Tanaman Melon Yang Benar 


Kita sudah tahu bagaimana ciri- ciri penyakit, penyebab serangan, faktor penyebab serangan meningkat hingga cara pencegahan penyakit busuk buah dan layu tanaman melon. 

Maka menjadi kurang lengkap serta ideal jika petani tidak mengetahui cara yang benar aplikasi ( dosis, waktu dan cara ) dalam aplikasi obat anti layu Arashi.

Pada awal pindah tanam tanaman ( polibag semai ) rendam dahulu dengan larutan bakterisida dan fungisida Arashi dengan konsentrasi 2 CC / Liter selama 2 menit sampai gelembung udara dalam polibag hilang. 

Selanjutnya aplikasi bakterisida dan fungisida Arashi pada umur 20 HST, 40 HST, 55 HST dengan cara melarutkan Arashi 0.5 Gram / Liter air kemudian kocor dalam pangkal tanaman melon sebanyak 200 CC air ( 1 Gelas Aqua ) atau semprotkan ke pangkal tanaman. 

Obat jamur serta bakteri Arashi kini bisa anda beli lewat toko pertanian Lmga Agro dengan harga murah. Team mandiri bisnis kami siap kirim ke seluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang atau uang anda kembali 100 %

Obat jamur Arashi kini menjadi produk andalan petani dalam mengatasi serangan buah busk dan layu tanaman melon.  Toko pertanian terdekat Lmga Agro hanya menjual Arashi original pabrik.

Demikian tadi tips dan trik bagaimana petani bisa mencegah, mengatasi serta mengobati tanaman melon anda dengan menggunakan Arashi untuk mengatasi busuk buah dan layu tanaman melon.

Apabila ada yang kurang jelas dan mau konsultasi pertanian tentang budidaya tanaman melon silakan menghubungi toko online LMGA AGRO : Sms / Wa : 081 25222 117, konsultasi Gratis bagi siapa saja. 

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.