BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

30/12/2023

Read

Benih Cabai Keriting Musim Hujan Berkualitas Unggulan

Benih Cabai Keriting Musim Hujan,benih,cabai keriting,cabai,musim hujan,lmga agro
Benih Cabai Keriting
Musim Hujan

Benih Cabai Keriting Musim Hujan Berkualitas Unggulan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO ialah toko pertanian terbaik yang menjual kebutuhan tani terlengkap jaminan harga terjangkau.

Toko pertanian berbasis online LMGA AGRO mempunyai lokasi fisik yang bertempat di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami merupakan supplier, agen, distributor, serta reseller kebutuhan pertanian paling lengkap dan bereputasi terpercaya.

Reputasi LMGA AGRO sebagai toko online pilihan konsumen yang terpercaya pun telah terbukti sedari lama.

Konsumen yang ingin memperoleh produk pertanian dari LMGA AGRO pun tak perlu merasa ragu. Dapatkan segera berbagai macam produk tani dari LMGA AGRO sekarang juga sebelum Anda kehabisan !!

LMGA AGRO jual benih cabai keriting musim hujan harga terjangkau. Kami jual berbagai macam produk benih cabai keriting musim hujan terlengkap dan original. Dapatkan benih cabai keriting musim hujan harga murah dari kami sekarang juga !!

Indonesia merupakan negara agraris yang kaya dengan berbagai hasil pertaniannya. Hasil – hasil komoditi pertanian tersebut contohnya seperti sawi, pare, tomat, cabe, pare, semangka, dan sebagainya.

Sebagai salah satu komoditi hortikultura, cabai menjadi salah satu yang menyumbang nilai ekonomi cukup besar. Tidaklah salah apabila Kementan RI selalu memperhatikan komoditi cabai.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, tahun 2020 produksi cabai mencapai 2,77 ton juta ton. Angka itu mengalami kenaikan dari tahun 2019 dengan tingkat produksi sebesar 2,58 juta ton. Kenaikan tersebut berada dalam kisaran 183,96 ribu ton (atau sebanyak 7,11 %).

Di sepanjang tahun 2020, tingkat produksi tertingginya terjadi pada bulan Agustus dengan jumlah produksi mencapai ± 280,78 ribu ton. Jumlah produksi tersebut dari lahan tanam seluas 73,77 ribu hektar.

Jawa Timur menjadi provinsi produsen cabai terbesar di Indonesia dengan jumlah produksi berkisar ± 784,05 ribu ton. Jumlah tersebut mencakup sekitar ± 28,28 persen produksi cabe dalam skala Nasional.

Jawa Barat menjadi provinsi kedua dengan jumlah produksi mencapai ± 396,91 ribu ton. Jumlah tersebut mencakup sekitar ± 11,73 persen produksi cabai dalam skala Nasional.

Tahun 2020, jumlah nilai ekspor cabai RI berjumlah US 25,18 juta dollar. Jumlah tersebut mengelami peningkatan berkisar 10,36 juta dollar dari tahun sebelumnya.

Cabai sendiri ada beberapa tipe yang ditanam di Indonesia. Salah satu tipenya ialah cabe keriting. Apa itu cabai keriting ? Lalu, bagaimana proses budidayanya ?? Simak selengkapnya artikel kali ini dari awal hingga akhir !!

Prospek Menjanjikan Budidaya Cabai Keriting

Cabai keriting merupakan komoditi hortikultura yang mempunyai prospek budidaya dengan hasil menjanjikan. Tanaman semusim dari benua Amerika ini telah populer di berbagai Negara karena banyak dimanfaatkan dalam kebutuhan sehari – hari.

Umumnya, cabai keriting banyak dimanfaatkan menjadi bahan utama bumbu dapur atau penyedap makanan. Namun, pemanfaatan untuk kesehatan juga cukup banyak.

Contohnya saja seperti peningkat daya tahan tubuh, penambah nafsu makan, dan menjaga kesehatan makan. Hal tersebut terjadi karena cabai keriting mempunyai berbagai nutrisi, contohnya vitamin C, vitamin A, capsaicin, dan lainnya.

Yang menarik, cabe ini bisa membuat sakit kepala menjadi reda. Meskipun masyarakat dunia sangat menggemarinya, mengkonsumsi cabe keriting dalam jumlah berlebihan sangatlah tak disarankan.

Hal tersebut karena mengkonsumsinya secara berlebihan mampu mengganggu sistem pencernaan tubuh.

Seperti penjelasan sebelumnya, prospek budidaya cabai keriting sangatlah menguntungkan. Tingkat permintaannya yang selalu tinggi menjadi salah satu alasan kenapa prospeknya cukup menjanjikan. Terlebih lagi, harga cabai juga sering melambung sampai berkali – kali lipat.

Tingkat produktivitas tanaman cabai keriting yang memakai bibit berkualitas unggulan sangatlah tinggi. Selama 1 musim tanam, tingkat produktivitasnya rata – rata bisa mencapai ± 20 ton per hektar. Dari hal tersebut, nampak bahwa prospek budidaya cabai keriting memiliki prospek yang sangat bagus.

Budidaya cabe keriting mempunyai tingkat kesulitan yang termasuk tidak mudah. Dalam kurun waktu tertentu seperti saat musim hujan, umumnya muncul hama dan penyakit. Akibatnya, tingkat produktivitas tanaman menurun secara signifikan.

Namun, asalkan Anda tau cara pencegahan dan penanganannya hal tersebut dapat teratasi. Proses pemilihan benih serta pupuk, dan pemeliharaan pun sangatlah harus dilakukan secara cermat dan teliti.

Baca Juga : Katalog Bibit Timun Terlengkap Kualitas Unggulan

Ancaman OPT Cabai Keriting Musim Hujan

ancaman,opt,organisme pengganggu,cabe keriting,lmga agro
Ancaman OPT Cabai Keriting Musim Hujan

Dari penjelasan sebelumnya, musim hujan menjadi momok untuk petani saat membudidayakan cabe keriting. Hal tersebut dapat terjadi karena cabe keriting sangatlah sensitif terhadap tingkat kelembaban yang tinggi, terutama ketika musim hujan.

Apabila serangan opt terus dibiarkan saja, maka kerusakan serta kerugian akan makin bertambah. Oleh karena itu, mengenali opt yang dapat menyerang saat musim hujan mempunyai peranan vital untuk petani.

Contoh beberapa jenis opt yang dapat mengganggu budidaya cabe keriting saat musim hujan yaitu :

  • Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura F.) termasuk ke dalam famili Noctuidae. Di luar negeri, hewan ini mempunyai berbagai nama, contohnya seperti armyworm, cotton bowlworm, dan sebagainya.

Hama ulat grayak mempunyai sifat polifag. Di Indonesia sendiri, ulat grayak mampu ditemukan di ± 22 provinsi. Luas serangannya rata – rata berkisar ± 11.163 ha per tahun.

Sebagai salah satu anggota ordo Lepidoptera, Spodoptera litura mempunyai tipe metamorfosis sempurna dari fase telur hingga menjadi imago.

Biasanya telur diletakkan pada bagian bawah daun secara berkelompok sekitar 4 hingga 8 kelompok. Jumlah telur per kelompok berkisar ± 30 hingga 100 butir telur.

Diameter telur berkisar ± 0,3 mm serta telur ditutupi oleh semacam bulu – bulu berwarna coklat keemasan. Setelah beberapa hari, dari dalam telur larva akan menetas.

Larva Spodoptera litura memiliki tubuh sepanjang ± 2 mm berciri khas berupa 2 buah bintik berwarna hitam berbentuk bulat sabit pada setiap abdomen, yaitu pada ruas ke 10 serta keempat.

Fase larva umumnya berlangsung selama 18 sampai 33 hari. Fase larva ini terdiri atas 6 instar yang mana berlangsung sekitar 13 sampai 17 hari.

Menjelang fase pupa, larva akan membentuk lapisan benang yang berguna untuk melindungi diri saat telah memasuki fase pupa.

Pupa Spodoptera litura berwarna merah gelap sepanjang ± 15 sampai 20 mm. Bentuknya runcing ke ujung serta pada bagian kepala tumpul.

Di dalam rongga – rongga tanah di dekat permukaan tanah nantinya akan terbentuk pupa. Fase pupa ini berlangsung selama 12 hingga 16 hari.

Munculnya imago biasanya terjadi ketika sore dan malam hari. Di waktu pagi hari, serangga betina lebih memilih berdiam diri sambil melepaskan feromon.

Sementara itu, serangga jantan terbang di atas tanaman. Dari fase telur hingga menjadi imago berlangsung selama ± 35 hari.

Defoliasi (kerusakan daun) akibat serangan hama ulat grayak membuat terganggunya proses asimilasi. Pada akhirnya, hal itu juga membuat hasil panen hilang mencapai ± 85 %. Bahkan, mampu menyebabkan kegagalan panen.

  • Antraknosa

Antraknosa atau patek seringkali menginfeksi cabe ketika musim hujan. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh infeksi jamur Colletotrichum capsici.

Patek atau antraknosa menjadi salah satu penyakit utama yang mampu menyebabkan kerugian ekonomi cukup besar. Tidaklah mengherankan apabila penyakit antraknosa sangatlah merepotkan petani.

Patogen jamur Colletotrichum capsici bisa menginfeksi berbagai bagian tanaman cabe, seperti bagian cabang, ranting, daun, dan buah.

Tingkat kelembaban yang tinggi akan makin mendukung infeksi cendawan ini pada tanaman. Umumnya, serangan patek di Indonesia pada tanaman cabai bisa menyebabkan kehilangan hasil panen berkisar ± 14 hingga 30 persen.

Serangan penyakit antraknosa bermula dari fase perkecambahan, vegetatif, generatif, hingga pasca panen.

Infeksi pada bagian buah umumnya terjadi pada buah yang akan tua serta sudah tua. Gejala berawal dari permukaan buah memunculkan bintik – bintik berukuran kecil berwarna hitam serta sedikit melekuk.

Gejala berikutnya, buah akan berkerut, membusuk, kemudian jatuh ke tanah. Bercak berbentuk cekung ataupun bundar dan berkembang pada buah yang sudah matang dari berbagai ukuran.

Biasanya bentuk bercak seragam pada buah cabai yang terinfeksi. Apabila gejala penyakit semakin parah, maka bercak – bercak tersebut akan menyatu serta menjadi berukuran lebih besar.

Baca Juga : Toko Obat Tani Terdekat Solusi Terbaik Bagi Petani

Benih Cabai Keriting Musim Hujan Solusi Untuk Petani

bibit,bibit cabe keriting,musim penghujan,petani,budidaya cabe,lmga agro
Benih Cabai Keriting Musim Hujan Solusi Untuk Petani

Agar terhindar dari ancaman hama serta penyakit saat musim hujan, LMGA AGRO mempunyai jalan keluarnya. Jalan keluar tersebut ialah dengan menggunakan benih cabai keriting musim hujan berkualitas unggul.

Dengan menggunakan benih cabai keriting musim hujan, maka ancaman hama dan penyakit dapat diminimalisir. Hal tersebut tentu saja dapat membuat petani semakin mudah membudidayakan cabai keriting di musim hujan.

Contoh beberapa benih cabai keriting yang cocok dibudidayakan di musim hujan rekomendasi LMGA AGRO yakni seperti :

  • Iggo F1

Iggo F1 merupakan produk benih cabai keriting hasil produksi PT Bisi International, Tbk (Bisi / Cap Kapal Terbang). Benih Iggo F1 memiliki banyak kelebihan, contohnya tekstur buahnya tergolong lentur, sehingga jumlah buah rusak dapat berkurang.

Benih cabai Iggo cocok menjadi pilihan terbaik petani ketika musim hujan. Walaupun di musim hujan, proses pembentukan buah tetap mudah sehingga sangat mempermudah petani saat budidaya.

Apabila Anda tengah mencari produk benih cabai keriting di musim hujan, Anda berada pada tempat yang sesuai. LMGA AGRO jual benih cabai keriting musim hujan Iggo F1 berkualitas original.

Iggo F1 Cap Kapal Terbang yang LMGA AGRO jual terjamin asli produksi Bisi dan dikemas dalam kemasan sachet berisi bersih 10 gram. Apabila pembaca merasa tertarik membeli benih Iggo F1, hubungi segera LMGA AGRO untuk membelinya.

  • TM Thunder 99 F1

TM Thunder 99 F1 merupakan produk benih cabai keriting hasil produksi PT Tani Murni Indonesia (TM Seeds). Benih TM Thunder 99 F1 memiliki banyak kelebihan, contohnya tekstur buahnya tergolong lentur, sehingga jumlah buah rusak dapat berkurang.

Benih cabai TM Thunder cocok menjadi pilihan terbaik petani ketika musim hujan. Walaupun di musim hujan, proses pembentukan buah tetap mudah sehingga sangat mempermudah petani saat budidaya.

Apabila Anda tengah mencari produk benih cabai keriting di musim hujan, Anda berada pada tempat yang sesuai. LMGA AGRO jual benih cabai keriting musim hujan TM Thunder 99 F1 berkualitas original.

TM Thunder 99 F1 TM Seeds yang LMGA AGRO jual terjamin asli produksi Tani Murni dan dikemas dalam kemasan sachet berisi bersih 10 gram. Apabila pembaca merasa tertarik membeli benih TM Thunder 99 F1, hubungi segera LMGA AGRO untuk membelinya.

  • Djitu F1

Djitu F1 merupakan produk benih cabai keriting hasil produksi Matahari Seed (Cap Bunga Matahari). Benih Djitu F1 memiliki banyak kelebihan, contohnya tekstur buahnya tergolong lentur, sehingga jumlah buah rusak dapat berkurang.

Benih cabai Djitu cocok menjadi pilihan terbaik petani ketika musim hujan. Walaupun di musim hujan, proses pembentukan buah tetap mudah sehingga sangat mempermudah petani saat budidaya.

Apabila Anda tengah mencari produk benih cabai keriting di musim hujan, Anda berada pada tempat yang sesuai. LMGA AGRO jual benih cabai keriting musim hujan Djitu F1 berkualitas original.

Djitu F1 Cap Bunga Matahari yang LMGA AGRO jual terjamin asli produksi Matahari Seed dan dikemas dalam kemasan sachet berisi bersih 10 gram. Apabila pembaca merasa tertarik membeli benih Djitu F1, hubungi segera LMGA AGRO untuk membelinya.

  • Very Well F1

Very Well F1 merupakan produk benih cabai keriting hasil produksi PT Tunas Agro Persada (Tunas Agro Seed). Benih Very Well F1 memiliki banyak kelebihan, contohnya tekstur buahnya tergolong lentur, sehingga jumlah buah rusak dapat berkurang.

Benih cabai Very Well cocok menjadi pilihan terbaik petani ketika musim hujan. Walaupun di musim hujan, proses pembentukan buah tetap mudah sehingga sangat mempermudah petani saat budidaya.

Apabila Anda tengah mencari produk benih cabai keriting di musim hujan, Anda berada pada tempat yang sesuai. LMGA AGRO jual benih cabai keriting musim hujan Very Well F1 berkualitas original.

Very Well F1 Tunas Agro Seed yang LMGA AGRO jual terjamin asli produksi Tunas Agro dan dikemas dalam kemasan sachet berisi bersih 10 gram. Apabila pembaca merasa tertarik membeli benih Very Well F1, hubungi segera LMGA AGRO untuk membelinya.

  • Red Kriss F1

Red Kriss F1 merupakan produk benih cabai keriting hasil produksi PT Takii Seed Indonesia (Takii Seed). Benih Red Kriss F1 memiliki banyak kelebihan, contohnya tekstur buahnya tergolong lentur, sehingga jumlah buah rusak dapat berkurang.

Benih cabai Red Kriss cocok menjadi pilihan terbaik petani ketika musim hujan. Walaupun di musim hujan, proses pembentukan buah tetap mudah sehingga sangat mempermudah petani saat budidaya.

Apabila Anda tengah mencari produk benih cabai keriting di musim hujan, Anda berada pada tempat yang sesuai. LMGA AGRO jual benih cabai keriting musim hujan Red Kriss F1 berkualitas original.

Red Kriss F1 Takii Seed yang LMGA AGRO jual terjamin asli produksi Takii Seed dan dikemas dalam kemasan sachet berisi bersih 10 gram. Apabila pembaca merasa tertarik membeli benih Red Kriss F1, hubungi segera LMGA AGRO untuk membelinya.

Baca Juga : Pupuk MKP Pak Tani Untuk Pertumbuhan Tumbuhan

Jual Benih Cabai Keriting Musim Hujan Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabai Keriting Musim Hujan Harga Terjangkau

Apabila pembaca tengah mencari produk benih cabe keriting musim hujan, maka tempatnya ialah LMGA AGRO. LMGA AGRO jual beraneka macam benih cabe keriting musim hujan berkualitas terbaik.

Selain itu, toko online LMGA AGRO juga memiliki tips dan trik untuk petani cabe keriting ketika musim hujan. Dengan tips dan trik dari kami, petani bisa memperoleh hasil maksimal dari budidaya cabe keriting menggunakan benih yang cocok di musim hujan.

Toko online LMGA AGRO menjamin produk yang kami jual terjamin original. Benih cabe keriting musim hujan dari LMGA AGRO terjamin asli dari produsen pembuatnya.

Untuk menjamin pesanan produk benih cabai keriting musim hujan milik konsumen sampai ke tujuan, LMGA AGRO bekerja sama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya.

Mitra pengiriman tersebut contohnya seperti JNE, KI8, J&T, serta Pos Indonesia. Nama – nama tersebut sudah mempunyai reputasi terpercaya di Indonesia, sehingga pesanan konsumen terjamin pasti sampai hingga ke alamat tujuan.

So, segera order benih cabai keriting musim hujan dan buktikan sendiri kualitas benih cabai keriting musim hujan pilihan Anda !!

Nah, itulah dia artikel bertema benih cabai keriting musim hujan ini kami tuliskan untuk Anda semua. Semoga artikel ini dapat memberikan berbagai manfaat serta mempunyai dampak positif untuk semua pembaca.

Apabila terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Benih Cabai Keriting Musim Hujan Berkualitas Unggulan ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses selalu dan sampai bertemu lagi dalam artikel – artikel baru LMGA AGRO berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.