BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

02/12/2023

Read

Bibit Timun Legenda Produk Terbaik Berkualitas Unggul

Bibit Timun Legenda,bibit,timun,legenda,lmga agro
Bibit Timun
Legenda

Bibit Timun Legenda Produk Terbaik Berkualitas Unggul. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai macam kebutuhan pertanian terlengkap dengan harga terjangkau.

Toko pertanian online LMGA AGRO berlokasi di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami menjual berbagai kebutuhan bercocok tanam, contohnya seperti benih – benih hibrida.

Tersedia pula alat pertanian & spare part, pestisida, pupuk, zpt, dan lainnya. Kami pun juga memberikan layanan konsultasi seputar pertanian kepada konsumen.

LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan konsumen ke semua wilayah Indonesia. Kami bekerjasama dengan jasa pengiriman terbaik di Indonesia untuk memastikan pesanan konsumen sampai ke alamat tujuan.

Bibit timun Legenda produk Royal Agro Seed sekarang sudah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO menjual bibit timun Legenda berkualitas unggul. Segera dapatkan bibit timun Legenda di LMGA AGRO harga murah.

Timun merupakan salah satu tanaman sayur yang banyak ada di Indonesia. Tumbuhan ini sendiri masih berkerabat dengan semangka serta melon karena tergolong ke dalam suku labu – labuan (Cucurbitaceae).

Bentuk buahnya cukup memanjang, mirip seperti sebuah torpedo. Ketika muda buahnya berwarna hijau dengan larik – larik berwarna putih kekuningan. Apabila buah semakin matang, warna luar buah akan menjadi lebih berwarna pucat sampai putih.

Daging buah mentimun berkembang dari bagian mesokarp berwarna kuning pucat sampai hingga jingga terang. Buah ketimun umumnya dipanen ketika masih setengah matang serta bijinya belum matang secara fisiologi.

Beraneka ragam nutrisi yang baik untuk tubuh terkandung di dalam timun. Selain itu, sayuran ini juga banyak dimanfaatkan sebagai olahan acar, es, acar, jus, bahan baku produk kecantikan, dan lainnya.

Sayur timun mengandung berbagai nutrisi bermanfaat bagi tubuh. Contoh beberapa manfaat sayur timun untuk tubuh kita diantaranya seperti :

  • Membantu menurunkan berat badan

Jumlah kandungan kalori di dalam mentimun tergolong relatif rendah. Dengan begitu, Anda dapat mengkonsumsinya tanpa harus merasa khawatir berat badan Anda akan meningkat.

  • Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Mentimun memiliki sifat diuretik (bisa memicu produksi air seni). Dengan begitu, maka tubuh akan semakin mendorong racun – racun, bakteri, serta zat hasil metabolisme supaya keluar dari tubuh melalui urin.

  • Mengatasi nyeri sendi

Ketimun merupakan sumber silika yang terkenal bisa memperkuat jaringan persendian. Mengkonsumsi mentimun secara rutin terbukti bisa mengurangi encok, nyeri sendi, serta menurunkan kadar asam urat.

  • Mencegah dehidrasi

Sekitar 96 % bahan penyusun timun adalah air. Dengan mengkonsumsinya, maka tubuh pun tidak akan mengalami kekurangan cairan / mengalami dehidrasi.

Baca Juga : Benih Labu Blewah Terlengkap Harga Terjamin Murah

Bibit Timun Legenda Berkualitas Terbaik Untuk Petani

mentimun,ketimun,benih,f1,legenda f1,benih timun legenda,lmga agro
Bibit Timun Legenda Berkualitas Terbaik Untuk Petani

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan timun, maka LMGA AGRO akan senang hati membantu. LMGA AGRO akan membantu Anda agar pembudidayaan yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik.

Di pasaran sendiri sudah banyak benih atau bibit yang bisa petani manfaatkan. Namun, LMGA AGRO punya 1 rekomendasi produk, yaitu Legenda F1

Bibit timun Legenda F1 ialah bibit timun hibrida hasil produksi produsen PT Royal Agro Persada. Timun Legenda ialah nama rebranding dari Liberty F1.

Produk ini tergolong sebagai salah satu produk unggulan Royal Agro Seed serta terjamin memiliki kualitas terbaik dengan beraneka keunggulan.

Contoh beberapa karakteristik dan kelebihan dari bibit timun Legenda yaitu seperti :

  1. Bibit Legenda F1 terbaru menghasilkan tanaman mentimun yang tumbuh kokoh dan kuat.
  2. Bibit Legenda cukup tahan terhadap virus Gemini serta penyakit kresek (Downy mildew).
  3. Budidaya ketimun Legenda bisa serta sesuai untuk daerah dataran rendah sampai menengah, terutama ketika musim kemarau.
  4. Buah ketimun dari bibit Legenda kulit buahnya berwarna hijau gelap.
  5. Berat buah timun Legenda berkisar sekitar ± 280 gram dengan kisaran panjang ± 26 cm, berdiameter ± 5 cm, dengan cita rasa manis mulai pangkal sampai ujung.
  6. Daya tumbuh bibit timun Legenda tergolong cukup tinggi, yaitu mencapai ± 90 %.
  7. Tingkat kemurnian bibit timun Legenda tergolong sangat tinggi, yaitu mencapai ± 99,8 %.
  8. Cara menanam timun memanfaatkan bibit Legenda tergolong mudah karena sudah tahan serangan virus.
  9. Ukuran buah timun Legenda tergolong besar serta lurus, rata mulai dari awal sampai akhir.
  10. Pembudidayaan menggunakan bibit timun Legenda telah bisa panen ketika sudah berumur ± 32 hari sesudah pindah tanam.
  11. Potensi hasil panen memakai bibit timun Legenda cukup menjanjikan, yaitu mencapai ± 65 ton per ha.
  12. Produk bibit Legenda produk Royal Agro Seed ini buahnya lebih tahan simpan dengan daging buah berwarna hijau keputihan.
  13. Produk bibit timun Legenda telah terdaftar resmi lewat peraturan Kepmentan No. 062/Kpts/SR.120/D.2.7/07/2014.

Potensi Agribisnis Budidaya Timun Legenda

Budidaya timun menggunakan bibit Legenda dapat menjadi peluang agrobisnis dengan prospek menjanjikan. Tampilan buahnya berbentuk lonjong berwarna kehijauan dengan getah berwarna hijau.

Masa tanam yang tergolong singkat serta pembudidayaannya yang tergolong mudah menjadi daya tarik untuk banyak orang untuk memanfaatkan peluang agribisnis budidaya sayuran ini.

Untuk dapat berhasil menjalankan budidaya tanaman sayur ini sebenarnya relatif mudah. Tetapi, dengan catatan bahwa Anda perlu memiliki niat serta kemauan besar untuk dapat berhasil melakukan pembudidayaan timun.

Jumlah modal untuk memulai usaha bisnis budidaya mentimun sendiri tidaklah terlalu besar. Jika Anda hanya mempunyai jumlah modal terbatas, maka Anda bisa memanfaatkan lahan tanam berukuran kecil lebih dulu.

Saat melakukan usaha budidaya tanaman timun, tentunya Anda harus memanfaatkan beraneka peralatan pertanian pendukung. Contoh beberapa peralatan pendukung tersebut contohnya seperti timbangan, sprayer, pompa air, sabit, keranjang panen, dan lain sebagainya.

Apabila telah sampai masa panen, maka Anda perlu melakukan pemanenan secara tepat. Sesudah selesai melakukan pemanenan, maka hasil panen telah siap untuk Anda pasarkan.

Untuk pemasarannya sendiri dapat menyasar ke banyak tujuan. Tujuan pemasaran tersebut dapat menyasar ke restoran, rumah makan, minimarket, supermarket, rumah makan, pasar, hotel berbintang, dan lainnya.

Baca Juga : Jual Benih Semangka Arsenal F1 Harga Murah

Budidaya Timun Legenda Royal Agro Seed

budidaya,timun,budidaya timun,royal agro,royal agro seed,lmga agro
Budidaya Timun Legenda Royal Agro Seed

Budidaya timun Legenda bisa menjadi sebuah peluang usaha menjanjikan dalam bidang pertanian. Hal ini bisa menjadi sumber potensi dalam meraih penghasilan dari agrobisnis hortikultura.

Untuk itulah cara menanam timun Legenda harus dilakukan secara baik dan benar. Tahapan – tahapan dari proses budidaya timun menggunakan bibit Legenda secara baik dan benar yaitu :

  • Persiapan Lahan Tanam

Pertama, lakukan pengolahan lahan tanam. Lalu, campurkan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan dosis sebanyak ± 10 hingga 20 ton per ha.

Berikutnya, buatlah bedengan dengan ukuran lebar ± 100 cm, tinggi ± 30 cm (musim hujan) atau 20 cm (musim kemarau), serta panjang menyesuaikan lahan tanam.

  • Penanaman

Apabila bibit telah berumur ± 20 – 23 hari atau sudah mempunyai 2 hingga 3 helai daun, maka bibit sudah siap Anda pindahkan ke lahan tanam. Masukkan bibit ke dalam lubang tanam, kemudian tutupi menggunakan tanah di sekitarnya. Jangan lupa pula untuk menyirami bibit dengan air secukupnya.

  • Perawatan / Pemeliharaan

Proses pemeliharaan atau perawatan perlu dilakukan secara rutin dan teratur supaya timun dapat tumbuh secara baik. Dalam tahapan ini peranannya sangatlah penting karena keberhasilan budidaya ketimun menjadi taruhannya.

Contoh beberapa proses pemeliharaan ketika membudidayakan timun yaitu :

1. Pemasangan Lanjaran / Ajir

Lanjaran atau ajir berfungsi untuk membuat mentimun tetap tegak. Ajir / lanjaran bisa memanfaatkan bilah kayu atau bambu sebagai bahannya.

2. Penyiraman / Pengairan

Jangan lupa untuk melakukan pengairan / penyiraman secara rutin dan berkelanjutan. Hal ini bertujuan supaya kebutuhan air mentimun Legenda dapat tercukupi.

Paling tidak, lakukan proses pengairan / penyiraman sekali seminggu dan pastikan tersirami air sampai merata. Dengan begitu, maka tanaman tidak akan mengalami stres dan rasa buahnya tidak akan pahit.

3. Penyiangan Gulma

Gulma termasuk sebagai salah satu ancaman yang menyebabkan gangguan. Oleh karena itulah, proses penyiangan gulma sangatlah dibutuhkan.

Lakukanlah penyiangan secara rutin dan berkelanjutan supaya gulma pengganggu pertumbuhan tanaman menjadi terbasmi.

4. Pemupukan susulan

Lakukan pemupukan susulan supaya bisa memberikan nutrisi yang diperlukan oleh bibit timun Legenda

Waktu pengaplikasikan dan jenis pupuk yang digunakan dalam pemupukan susulan yaitu pertama ketika berumur 14 hst.

Di waktu ini, aplikasikan pupuk KCL dengan dosis sebanyak 10 gram per tanaman dan NPK berdosis sebanyak ± 20 gram per tanaman.

Kedua, lakukan pengaplikasian pupuk susulan ketika berumur 28 hst. Di waktu ini, aplikasikan pupuk KCL dengan dosis sebanyak 10 gram per tanaman, NPK berdosis sebanyak ± 20 gram per tanaman, serta SP-36 sebanyak 10 gram per tanaman.

Ketiga, lakukan pengaplikasian pupuk susulan ketika berumur 35 hst. Di waktu ini, aplikasikan pupuk KCL dengan dosis sebanyak 10 gram per tanaman, NPK berdosis sebanyak ± 10 gram per tanaman, serta SP-36 sebanyak 10 gram per tanaman.

Keempat, lakukan pengaplikasian pupuk susulan ketika berumur 40 hst. Di waktu ini, aplikasikan pupuk KCL dengan dosis sebanyak 10 gram per tanaman, NPK berdosis sebanyak ± 10 gram per tanaman, serta SP-36 sebanyak 10 gram per tanaman.

Kelima, lakukan pengaplikasian pupuk susulan ketika berumur 60 hst. Di waktu ini, aplikasikan pupuk KCL dengan dosis sebanyak 10 gram per tanaman serta SP-36 berdosis sebanyak ± 30 gram per tanaman.

  • Pengendalian OPT

Meskipun bibit timun Legenda telah memiliki ketahanan terhadap opt, namun petani tetap perlu mewaspadainya. Serangan opt (organisme pengganggu tanaman) seringkali menyebabkan kerusakan yang berujung petani mengalami kerugian.

Kerusakannya sendiri dapat kecil ataupun besar, tetapi petani tetap akan merugi. Hal itu tentu saja tidak petani harapkan. Oleh karena itu petani harus benar – benar waspada terhadap serangan opt.

Selain itu, petani harus melakukan tindakan pengendalian atau penanganan untuk membasmi serangan opt. Cara tersebut contohnya seperti melakukan rotasi tanaman, membuang tanaman terinfeksi, mengaplikasikan pestisida, dan sebagainya.

Contoh beberapa opt yang perlu diwaspadai ketika melakukan budidaya timun yaitu seperti :

1. Kutu Kebul

Kutu kebul ialah salah satu hama yang selalu mengakibatkan kerugian dimanapun tempatnya. Anggapan tersebut tidak salah mengingat hewan ini ialah hama yang hampir selalu menyerang tanaman yang petani budidayakan.

Hewan serangga ini memiliki ukuran tubuh tergolong sangat kecil, yaitu hanya sekitar ± 0,8 sampai 1 mm. Selain itu, kutu kebul juga mempunyai 2 pasang sayap dengan lilin berwarna putih sampai kekuningan, mirip seperti tepung.

Mereka seringkali terlihat pada sisi bawah daun. Ketika merasa terganggu, kutu kebul akan terbang serta muncul layaknya membentuk awan.

Kondisi kering dan hangat menjadi kondisi ideal untuk kutu kebul untuk berkembang biak. Saat berkembang biak, kutu kebul betina meletakkan telur – telurnya pada bagian bawah daun.

Nimfanya berbentuk oval dengan warna beragam, seperti kuning, hijau pucat, serta putih. Kutu kebul dewasa tidak bisa hidup tanpa memakan tumbuhan inang selama beberapa hari.

Baik nimfa maupun kutu kebul dewasa akan mengisap getah tanaman. Lalu, mereka akan menghasilkan kotoran berupa embun madu.

Embun madu tersebut banyak terdapat pada bagian daun, batang, serta juga bagian buah. Pada jaringan yang telah terinfeksi, nantinya akan mulai terbentuk bercak klorotik hingga jamur hitam.

Saat serangan parah, bercak tersebut akan menyatu lalu membesar ke semua area daun, kecuali di area sekitar pembuluh daun. Daun lalu akan mengalami perubahan bentuk, mengeriting, sampai bentuknya menyerupai mangkok.

2. Kresek

Penyakit kresek (Downy mildew) menjadi salah satu ancaman yang harus diwaspadai. Betapa tidak, penyakit ini bersifat sangat merusak bahkan bisa mengakibatkan matinya tanaman.

Penyakit kresek dapat terjadi akibat infeksi cendawan, yakni cendawan Pseudoperonospora cubensis. Daerah teduh berkondisi basah, dingin, lembab, dan suhu berkisar ± 15 hingga 23 °C menjadi tempat kesukaannya untuk tumbuh.

Udara, angin, dan percikan air menjadi media penyebaran spora cendawan P. cubensis. Begitu jamur ini hinggap pada tumbuhan yang rentan terinfeksi, spora akan berkecambah.

Selain itu, mereka akan menghasilkan struktur yang memasuki tanaman melalui pori – pori alami di bawah daun.  Dari sana, spora yang diproduksi nantinya dapat menyebarkan penyakit kresek lebih jauh.

Kresek pada tumbuhan labu – labuan umumnya memunculkan gejala yang sedikit berbeda. Gejalanya ditandai dengan berkembangnya bercak kuning kaku pada sisi atas daun serta tidak melebar keluar pembuluh daun utama.

Klorosis interveinal ini secara bertahap akan membentuk pola mosaik kuning hingga coklat. Pada sisi daun bagian bawah, luka berair yang muncul tepat pada bagian bawah bercak ini lama – kelamaan ditumbuhi beludru berwarna abu – abu muda.

Ketika cendawan P. cubensis menghisap unsur hara dari tanaman, jamur akan mulai memperlihatkan dampak serangannya.

Cendawan bisa mengakibatkan tanaman kerdil, matinya bibit muda, pertumbuhan menjadi terganggu, dan juga hasil panen memburuk. Lapisan jamur hanya muncul pada bagian bawah daun dan pertumbuhannya dibatasi pembuluh utama.

  • Pemanenan & Pasca Panen

Proses panen dapat dilakukan pada saat timun Legenda mencapai ± 32 hari setelah pindah tanam. Pemanenannya dapat dilakukan setiap hari secara berkala sampai buah habis.

Ciri – ciri buah mentimun siap panen contohnya seperti warnanya relatif seragam. Buah yang telah dipetik dapat disimpan pada tempat teduh yang terlindung dari cahaya matahari langsung. Jika buah ketimun dikemas, sebaiknya pakai lubang sirkulasi udara dan ditempatkan pada tempat sejuk.

Baca Juga : Cabe Laju F1 Produk Unggul Produksi Panah Merah

Jual Bibit Timun Legenda Harga Terjamin Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Timun Legenda Harga Terjamin Murah

Belanja online serta jual bibit timun Legenda dapat Anda beli dan dapatkan di toko pertanian LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan agen, distributor, reseller dan supplier resmi  yang jual kebutuhan tani lengkap harga murah.

Beraneka produk pertanian yang LMGA AGRO jual contohnya seperti zpt, pupuk, pestisida, alat pertanian & spare part, benih, dan lainnya. Produk – produk yang LMGA AGRO jual tersebut tersedia di LMGA AGRO serta terjamin original dari produsen.

LMGA AGRO juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa mitra pengiriman bereputasi terpercaya. Perusahaan jasa pengiriman logistik rekanan LMGA AGRO diantaranya seperti KI8, JNE, Pos Indonesia, serta J&T. Semua produk siap kami kirim dan terjamin akan sampai hingga ke alamat tujuan.

Konsultasi masalah seputar pertanian juga LMGA AGRO berikan kepada Anda. So, untuk Anda yang ingin membeli produk pertanian dari LMGA AGRO ataupun ingin berkonsultasi dapat langsung menghubungi kami.

Ingin membeli produk bibit timun Legenda dengan harga terjamin terjangkau ? Segera dapatkan bibit timun Legenda harga murah hanya di toko LMGA AGRO.

Nah, itulah dia artikel bertema bibit timun Legenda ini kami tulis & sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Timun Legenda Produk Terbaik Berkualitas Unggul ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai berjumpa lagi.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.