BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/05/2024

Read

Benih Melon Amanda Produk Bisi Unggul Untuk Petani Tanam

Benih Melon Amanda,benih,melon,amanda,lmga agro
Benih Melon
Amanda

Benih Melon Amanda Produk Bisi Unggul Untuk Petani Tanam. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro.

Lmga Agro merupakan toko pertanian online yang menjual beraneka macam kebutuhan tani paling lengkap dengan harga pasti murah.

Toko pertanian Lmga Agro adalah toko pertanian unggulan yang berlokasi fisik di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami sudah lama berkecimpung di sektor pertanian Nasional serta telah memiliki banyak konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

Lmga Agro adalah agen, dropshipper, supplier, serta distributor produk pertanian terbaik dengan jaminan harga relatif murah.

Kami berani memberikan jaminan jika semua pesanan milik konsumen pasti akan sampai ke tangan konsumen.

Benih melon Amanda kini bisa konsumen beli di Lmga Agro. Lmga Agro jual benih melon Amanda original produksi Bisi.

Segera dapatkan benih melon Amanda Cap Kapal Terbang harga murah hanya di Lmga Agro !!

Melon masuk ke dalam golongan tanaman buah dan masih tergolong ke dalam famili suku labu – labuan (Cucurbitacae). Biasanya buah melon disajikan dalam keadaan segar ataupun diolah terlebih dulu sebelum disantap.

Tekstur buahnya lunak dengan daging buah berwarna beragam. Tanaman buah ini tumbuh secara merambat dan tergolong ke dalam kategori tanaman semusim.

Melon mulai memasuki Indonesia di awal – awal tahun 1970-an. Dahulu, konsumennya relatif terbatas untuk kalangan atas saja karena nilai jualnya saat itu tergolong relatif mahal. Namun, untungnya sekarang buah melon harganya relatif terjangkau serta bisa dibeli oleh seluruh kalangan.

Seiring waktu berjalan, teknik menanam melon ikut berkembang seiring juga berkembangnya benih melon tahan virus. Dan di masa sekarang pun sudah terdapat banyak benih melon yang sudah beredar di pasaran.

Perkembangan agribisnis buah – buahan terus terjadi seiring waktu berjalan. Salah satu yang cukup banyak dimanfaatkan tersebut adalah tanaman melon.

Agrobisnis melon menjadi salah satu yang cocok dimanfaatkan saat menggarap peluang bisnis menjanjikan ini. Hal ini karena tanaman ini tergolong cukup mudah dibudidayakan, sehingga menjadi salah satu favorit untuk petani.

Terlebih lagi, nilai jualnya pun tergolong cukup tinggi. Ditambah pula dengan kebutuhan pasar yang tinggi menjadikan prospek agrobisnis melon sangatlah menguntungkan.

Peningkatan tingkat konsumsi buah melon baik dalam skala lokal maupun internasional menjadi salah satu faktor pendukung berkembangnya budidaya melon.

Usaha agrobisnis melon perlu dilakukan secara aman juga hati – hati. Semua proses dalam budidaya tersebut perlu diperhatikan supaya benih melon dapat tumbuh dan berkembang secara sempurna.

Benih Melon Amanda Berkualitas Terbaik Hasil Menguntungkan

bibit,amanda tavi,f1,bisi,cap kapal terbang,lmga agro
Benih Melon Amanda Berkualitas Terbaik Hasil Menguntungkan

Di pasaran telah banyak beredar produk benih melon dengan kualitas unggulan. Apabila Anda ingin membudidayakan menggunakan salah satu benih tersebut, Lmga Agro memiliki rekomendasi produk benih melon terbaik.

Produk benih melon terbaik rekomendasi Lmga Agro adalah benih Amanda Tavi F1. Amanda Tavi F1 adalah benih melon hibrida unggulan hasil keluaran PT Bisi International, Tbk.

Benih melon Amanda adalah salah satu benih melon hibrida berkualitas unggul di pasaran bermerek dagang Cap Kapal Terbang. Benih melon Amanda sangat cocok dibudidayakan karena memiliki berbagai keunggulan ketimbang benih varietas lainnya.

Beberapa karakteristik dari benih melon Amanda yakni seperti :

  1. Benih Amanda Cap Kapal Terbang bisa tumbuh secara kuat dan kokoh.
  2. Budidaya melon Amanda F1 direkomendasikan untuk daerah dataran rendah, terlebih saat musim kemarau.
  3. Penanaman melon Amanda Bisi menjadi usaha dengan prospek menguntungkan untuk petani karena lebih aman dan tahan terhadap serangan hama penyakit.
  4. Tahan terhadap penyakit kresek dan juga Begomovirus.
  5. Pohon melon Amanda Tavi Bisi hasil terbaik untuk pembudidayaan secara telasah saat musim kemarau dengan jaminan hasil tinggi.
  6. Buah melon Amanda Tavi berbentuk bulat dengan net yang mudah terbentuk, kulit buahnya berwarna hijau, serta daging buah dengan warna hijau kekuningan.
  7. Berat buah melon Amanda berkisar sekitar ± 1,2 hingga 2,5 kg dengan rasa manis dengan kadar gula ± 13 % (Brix). 
  8. Daya tumbuh benih melon Amanda tergolong cukup tinggi, yaitu mencapai ± 95 %.
  9. Tingkat kemurnian benih melon Amanda tergolong sangat besar, yakni mencapai ± 99,8 %.
  10. Cara budidaya melon Amanda terbaru tergolong relatif mudah serta mampu menghasilkan 2 sampai 3 buah per tanaman dengan ukuran sama besar.
  11. Melon Amanda sudah bisa dipanen ketika telah berumur ± 63 sampai 64 hari setelah pindah tanam.
  12. Potensi hasil panen Amanda Cap Kapal Terbang tergolong relatif tinggi, yaitu mencapai ± 27 ton per ha.
  13. Hasil panen buah melon Amanda Cap Kapal Terbang tergolong mudah terjual ke pedagang kaki lima maupun ke pedagang besar di pasar induk.
  14. Benih melon Amanda Cap Kapal Terbang sudah terdaftar melalui peraturan Kepmentan No. 79/Kpts/PV/240/D/12/2021.
Baca Juga : Sarana Pertanian Terlengkap Untuk Konsumen

Budidaya Melon Amanda Sebagai Peluang Agrobisnis

budidaya,budidaya melon,melon amanda tavi,amanda tavi cap kapal terbang,lmga agro
Budidaya Melon Amanda Sebagai Peluang Agrobisnis

Keuntungan dari budidaya memanfaatkan benih melon Amanda tergolong relatif menguntungkan. Oleh karena itu, tidaklah salah apabila banyak petani buah merasa tergoda dalam membudidayakan benih Amanda Cap Kapal Terbang.

Tetapi, hasil keuntungan tersebut hanya dapat diperoleh apabila benih Amanda Cap Kapal Terbang dibudidayakan secara baik dan benar. Untuk itulah Lmga Agro akan memberikan penjelasan tentang cara budidaya melon Amanda sedari awal hingga akhir.

Cara budidaya melon memanfaatkan benih Amanda Tavi Cap Kapal Terbang sejak awal hingga akhir yakni :

  • Pengolahan Lahan Tanam

Pertama, pastikan Anda melakukan pengolahan lahan tanam lebih dulu. Caranya yakni dengan membersihkan lahan tanam dari kotoran seperti gulma, batu, kerikil, dan sebagainya.

Berikutnya, apabila lahan tanam telah benar – benar bersih, maka Anda harus mengolah lahan tanam dengan menggunakan cangkul ataupun memanfaatkan traktor milik Anda. Pastikan agar lahan tanam benar – benar terolah hingga benar – benar gembur.

Apabila kondisinya telah benar – benar gembur, buatlah bedengan di lahan tanam. Buatlah bedengan dengan panjang 10 hingga 15 meter serta lebar 1 hingga 1,2 meter. Jangan lupa pula untuk memberikan jarak antar bedengan berkisar ± 50 sampai 60 cm.

Bedengan juga harus Anda berikan pupuk dasar dengan dosis yang sesuai. Pertama, aplikasikan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Berikutnya, aplikasikan pupuk KCl, ZA, serta SP-36. Masing – masing dosisnya yakni sebanyak 375 kg, 375 kg, serta 250 kg. Campurkan 3 pupuk tersebut hingga merata, kemudian aplikasikan pada bedengan hingga benar – benar rata.

Agar nutrisi yang ada dalam pupuk bisa meresap secara sempurna pada bedengan, maka Anda perlu mendiamkannya selama beberapa hari. Berikutnya, periksa pH tanah bedengan terlebih dulu lalu perhatikan.

Jika kondisinya terlalu asam, netralkan pH tanah dengan cara mengaplikasikan kapur pertanian atau dolomit. Apabila sudah, tutupilah kembali bedengan dengan memanfaatkan mulsa plastik.

Bagian mulsa berwarna hitam mengarah ke arah bawah, sedangkan bagian berwarna perak mengarah ke arah atas. Sesudah itu, diamkan selama kurun waktu 2 hari.

Sesudah 2 hari, buatlah segera lubang tanam pada bedengan. Untuk membuat lubang tanam, pergunakan alat pelubang mulsa.

Setiap bedengan dibuat lubang tanam sebanyak 2 baris. Berikan pula jarak antar lubang tanam antar baris sekitar ± 60 cm dan jarak antar lubang tanam berkisar ± 60 cm.

  • Penyemaian Benih

Supaya bisa memperoleh benih berkualitas terbaik, rendamlah benih lebih dulu dalam air hangat sekitar 2 hingga 3 jam. Sesudah perendaman benih, jangan lupa pula untuk melakukan pemeriksaan kondisi benih.

Apabila ada benih yang mengapung, buang benih mengapung tersebut segera karena kualitasnya tergolong jelek. Jika sudah, maka angkat kemudian tiriskan benih yang tidak mengapung.

Diamkan benih yang diletakkan diatas kain basah atau koran selama 1 hingga 2 hari hingga benih mulai berkecambah.

Jangan lupa pula untuk selalu menjaga tingkat kelembaban koran atau kain basah. Apabila memang kondisinya terlihat kering, ciprati air secukupnya hingga nampak basah.

Apabila sudah nampak lembab, pindahkan benih yang sudah tumbuh pada tray semai. Caranya yakni dengan memasukkan ke dalam tray semai.

Masukkan ke dalam tray semai sampai sedalam 1 hingga 2 centimeter. Apabila bibit telah memiliki 2 hingga 3 helai daun, maka proses pembibitan supaya segera Anda akhiri.

Baca Juga : Benih Cabe Rawit Kaliber Berkualitas Unggul Untuk Petani

  • Penanaman

Apabila bibit telah mempunyai 2 hingga 3 helai daun, maka Anda dapat segera memindahkan bibit ke lahan tanam. Proses ini sebaiknya dilakukan saat pagi hari supaya terhindar dari terik cahaya matahari berlebih, terlebih ketika siang hari.

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam yang sudah dipersiapkan secara hati – hati. Selanjutnya, tutupilah lubang tanam memanfaatkan tanah di sekitarnya. Sesudah tertutupi, siramilah memakai air secukupnya.

  • Perawatan

Melakukan proses pemeliharaan atau perawatan menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan oleh petani saat membudidayakan melon Amanda.

Dengan melakukan proses perawatan, maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman melon Amanda dapat tetap terjaga.

Contoh beberapa pemeliharaan dalam melakukan budidaya melon Amanda Cap Kapal Terbang yaitu :

1. Pemasangan Ajir

Supaya tanaman melon Amanda menjadi lebih kuat, buat lalu pasangkan ajir / lenjeran pada lahan tanam. Proses pemasangan lenjeran sebaiknya dilakukan ketika bibit masih berumur muda, yaitu berumur 3 hari sesudah pindah tanam.

Buatlah ajir atau lenjeran dari bambu atau kayu dengan panjang ± 1,5 meter. Kemudian, tancapkan ajir secara menyerong pada lahan tanam dengan bagian ujung atasnya lebih condong mengarah ke bedengan. Lenjeran pun nantinya akan membentuk persilangan serta membentuk huruf X.

Berikutnya, persiapkan pula bambu atau kayu dengan ukuran lebih panjang. Letakkan pada persilangan lanjaran secara horizontal, kemudian ikat memanfaatkan tali rafia.

2. Penyulaman Bibit

Apabila terdapat bibit yang tumbuh tidak sempurna ataupun mati, lakukan segera proses penyulaman bibit. Sulamilah bibit yang rusak menggunakan bibit berkualitas bagus. Proses ini sebaiknya dilakukan sesudah bibit berumur ± 7 hari sesudah tanam.

3. Penyiraman / Pengairan

Lengkapi kebutuhan nutrisi air pada tanaman dengan cara melakukan penyiraman / pengairan. Dengan tercukupinya kebutuhan air pada tanaman, maka pertumbuhan serta perkembangan tanaman pun bisa menjadi sempurna.

Lakukan proses penyiraman / pengairan secara teratur setiap pagi hingga sore hari, terutama saat musim kemarau. Tetapi, apabila pada musim hujan tak perlu melakukan penyiraman karena tanaman telah memperoleh air hujan.

4. Penyiangan Gulma

Apabila mulai muncul gulma pengganggu, maka segera lakukan tindakan penyiangan gulma. Lakukan secara teratur supaya gulma tak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

5. Pemupukan Susulan

Lakukan proses pemupukan susulan agar memenuhi kebutuhan nutrisi melon Amanda Tavi F1 Bisi. Berikan pupuk susulan pertama ketika bibit sudah berumur ± 7 hari sesudah tanam. Aplikasikan pupuk NPK dengan dosis konsentrasi sebanyak ± 20 g/l air.

Untuk proses pemupukan susulan kedua, aplikasikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak ± 40 g/l air. Aplikasikan ketika tanaman berusia ± 14 hari sesudah tanam.

Sementara, untuk waktu pemupukan susulan ketiga diaplikasikan ketika bibit sudah berusia ± 21 hst. Untuk waktu pengaplikasian pupuk susulan keempat dilakukan setelah bibit berumur ± 28 hari sesudah tanam.

  • Pengendalian Hama Dan Penyakit

Walaupun benih melon Amanda tahan terhadap serangan hama serta penyakit, tetapi selalu waspada terhadap ancaman ini.

Ancaman hama dan juga penyakit menjadi salah satu ancaman cukup serius dalam membudidayakan tanaman. Apabila serangan hama serta penyakit terus dibiarkan saja, petani dapat terus mengalami kerugian.

Oleh karena itu, Lmga Agro akan memberikan beberapa contoh hama serta penyakit yang harus diwaspadai serangannya.

Contoh beberapa hama dan penyakit tersebut yaitu seperti :

1. Layu Fusarium

Jamur Fusarium oxysporum merupakan penyebab utama terjadinya penyakit layu fusarium. Jaringan transportasi tanaman menjadi tempat utama jamur ini untuk terus berkembang. Akibatnya, proses penyaluran air serta unsur hara ke semua bagian tanaman menjadi terhambat.

Bagian ujung akar maupun luka pada akar dapat menjadi jalan masuk cendawan Fusarium saat menginfeksi. Sesudah berhasil masuk, patogen cendawan ini dapat terus aktif hingga beberapa tahun.

Cendawan Fusarium oxysporum menunjukkan pola kerusakan spesifik pada tanaman yang terinfeksi. Pada beberapa kasus, tanaman memperlihatkan tanda – tanda layu bahkan saat tahap remaja, dengan daun yang terlihat menguning.

Pada tanaman dewasa, terlihat sedikit tanda – tanda kelayuan sering muncul di beberapa bagian tanaman.

2. Thrips

Thrips termasuk sebagai salah satu hama serangga yang bisa mengganggu pertumbuhan untuk banyak tanaman. Warna tubuhnya cukup beragam (kuning, hitam, dan sebagainya) dengan ukuran tubuh sangat kecil (1 hingga 2 mm saja).

Varietas thrps sendiri terbagi menjadi 2, yakni tipe bersayap dan tipe tidak bersayap. Mereka pun juga bisa menjadi vektor penyebar virus penyakit pada tanaman.

Kondisi cuaca kering serta hangat akan sangat mendukung bertambahnya jumlah populasi hama thrips. Larva serta thrips dewasa memakan jaringan tanaman dan menyebabkan efek berupa bercak – bercak berwarna perak kecil pada sisi atas daun (silvering).

Bercak yang sama juga bisa muncul pada kelopak yang pigmennya telah hilang. Pada bagian bawah daun di samping bintik hitam kotorannya, thrips akan hidup beserta larvanya hidup bersama kelompoknya.

Daun tanaman yang sudah terinfeksi akan layu, cacat, berwarna kuning, dan berkerut. Makan selama perkembangan tunas ataupun bunga bisa menghasilkan bunga ataupun buah yang cacat, rusak, serta hasil panen berkurang.

3. Bercak Buah Bakteri

Patogen bakteri Acidovorax citrulli menjadi penyebab utama mengapa penyakit bercak buah bakteri terjadi. Bakteri ini bisa bertahan di dalam serta pada biji – bijian dari buah yang terinfeksi serta sisa – sisa tanaman di tanah.

Biji yang terinfeksi menjadi faktor utama dalam tersebarnya penyakit bercak buah bakteri. Infeksi sekunder dari tanaman ke tanaman lainnya bisa terjadi lewat banyak media. Semisal saja seperti baju, tangan, peralatan kerja, serta percikan air.

Infeksi serta penyakit berkembang secara baik dalam suhu tinggi (> 32° C) serta kelembaban relatif tinggi (> 70 %). Buah dapat terinfeksi melalui proses penyerbukan bunga serta berlangsung sampai 2 hingga 3 minggu sesudah pembungaan.

Gejala pada bibit bisa mulai teramati 5 sampai 8 hari sesudah tanam. Gejala – gejala ini termasuk bercak berair pada sisi bawah kotiledon, serta kadang nampak berupa rebah kecambah.

Pada tanaman yang lebih tua, luka kaku berwarna coklat tua atau coklat kemerahan terbentuk di sepanjang pembuluh daun.

Gejala pada buah umumnya berkembang sesaat sebelum matang. Pertama, gejala muncul dengan adanya luka kecil tak beraturan berwarna zaitun pada permukaan buah.

Luka ini bisa menyebar secara luas serta tumbuh bersama – sama, lalu menyatu menjadi bercak berukuran besar dengan warna hijau tua.

Ketika penyakit berkembang, pada area luka tersebut terbentuk retakan serta cairan berwarna kekuningan keluar dari jaringan. Patogen oportunistik menyerang jaringan rusak serta mengakibatkan pembusukan buah yang asalnya dari dalam.

  • Pemanenan

Potensi hasil panen melon Amanda Tavi yaitu sebesar ± 27 ton per ha. Proses pemanenannya bisa Anda lakukan sesudah melon Amanda berumur ± 63 hingga 64 hari sesudah pindah tanam.

Waktu pemanenan direkomendasikan dilakukan ketika pagi hari. Cara pemanenannya yakni dengan memotong tangkai buah memakai pisau ataupun gunting tajam. Namun, pastikan Anda menyisakannya sepanjang ± 2 cm.

Saat memotong tangkai, pastikan supaya membentuk huruf T. Hal itu bertujuan agar tangkai buah dan 2 sisi bagian atas tetap bisa utuh.

Apabila proses pemanenan sudah selesai dilakukan, kumpulkanlah buah yang sudah dipetik menjadi satu, lalu lakukan proses penyortiran. Buah pun telah siap untuk petani pasarkan ke berbagai tujuan pemasaran.

Baca Juga : Bibit Gambas Unggul Untuk Petani Budidayakan

Jual Benih Melon Amanda F1 Cap Kapal Terbang

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Melon Amanda F1 Cap Kapal Terbang

Jika pembaca sedang mencari produk benih Amanda Cap Kapal Terbang, Lmga Agro adalah jawabannya. Toko online Lmga Agro jual benih melon Amanda Tavi harga terjangkau berkualitas unggulan.

Selain itu, Lmga Agro juga mempunyai beraneka macam solusi dalam usaha mengoptimalkan budidaya menggunakan benih Amanda Tavi F1.

Toko online Lmga Agro jual benih Amanda Tavi F1 berkualitas unggul dan asli produksi dari PT Bisi International, Tbk. Benih Amanda F1 produk Bisi yang Lmga Agro jual dipacking dalam kemasan sachet berisi bersih 13 gram.

Harga jual benih melon Amanda yang Lmga Agro jual terjamin murah di kantong konsumen. Dengan begitu, produk Amanda F1 bisa lebih terjangkau untuk semua kalangan konsumen.

Untuk menjamin pesanan benih Amanda sampai ke alamat tujuan, Lmga Agro memanfaatkan jasa mitra pengiriman terbaik. Dengan memanfaatkan jasa mitra pengiriman terbaik, maka Lmga Agro berani memberikan jaminan pesanan benih melon Amanda pastinya akan sampai.

Contoh beberapa mitra pengiriman terbaik rekanan Lmga Agro yaitu seperti Pos Indonesia, JNE, KI8, serta JNT. Anda pun hanya harus menunggu saja pesanan benih melon Amanda akan sampai ke alamat konsumen.

Ingin membeli benih melon Amanda berkualitas unggulan ? Dapatkan segera benih melon Amanda Cap Kapal Terbang harga murah hanya di toko online Lmga Agro !!

Nah, itulah dia artikel dengan tema bahasan benih melon Amanda ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa memberikan banyak manfaat untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Benih Melon Amanda Produk Bisi Unggul Untuk Petani Tanam ini, segera hubungi Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai jumpa lagi dalam artikel terbaru kami selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.