BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

17/05/2024

Read

Benih Cabe Rawit Kaliber Kualitas Unggulan Untuk Petani

Benih Cabe Rawit Kaliber,benih,cabe,cabe rawit,kaliber,lmga agro
Benih Cabe Rawit
Kaliber

Benih Cabe Rawit Kaliber Kualitas Unggulan Untuk Petani Budidayakan. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro.

Lmga Agro adalah toko pertanian online yang menjual beraneka kebutuhan pertanian terlengkap dengan harga tetap terjangkau.

Toko pertanian Lmga Agro merupakan toko pertanian unggul yang berlokasi di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami telah lama bergelud di sektor pertanian Nasional dan sudah mempunyai berbagai konsumen di semua penjuru Indonesia.

Lmga Agro merupakan reseller, dropshipper, agen, serta distributor produk pertanian unggulan dengan jaminan harga relatif terjangkau.

Kami berani memberikan jaminan apabila seluruh pesanan konsumen akan kami kirim ke alamat tujuan konsumen pasti akan sampai hingga ke konsumen.

Produk benih cabe rawit Kaliber sekarang sudah tersedia di Lmga Agro. Lmga Agro jual benih cabe rawit Kaliber berkualitas unggul dengan jaminan original. 

Segera dapatkan benih cabe rawit Kaliber harga murah hanya lewat toko online Lmga Agro.

Kebutuhan masyarakat Indonesia yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari – hari, dan salah satunya adalah cabai. Hal tersebut bisa digambarkan dengan begitu besarnya tingkat permintaan masyarakat terhadap komoditas hortikultura satu ini.

Besarnya permintaan masyarakat tersebut berbanding lurus dengan jumlah masyarakat penggemar makanan bercita rasa pedas.

Masyarakat Indonesia sendiri memang sudah terkenal sangat menggemari makanan dengan cita rasa pedas. Maka tidaklah salah apabila di berbagai daerah di Indonesia banyak olahan makanan bercita rasa pedas.

Di Indonesia ada beraneka ragam makanan bercita rasa pedas yang memanfaatkan cabai untuk menambahkan cita rasa pedasnya. Sebut saja makanan itu seperti oseng mercon, seblak, ayam penyet, ayam betutu, dan sebagainya.

Selain lezat dan juga nikmat, mengkonsumsi cabai juga dapat memberikan beraneka manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Tetapi, dengan catatan bahwa Anda mengkonsumsinya secara tidak berlebihan atau secukupnya saja.

Contoh beberapa manfaat tersebut yaitu seperti :

  • Meredakan rasa sakit

Tubuh akan menghasilkan hormon endorfin ketika mengkonsumsi cabai. Hormon ini terbukti bisa meredakan rasa sakit, sehingga rasa sakit pada tubuh pun dapat segera mereda.

  • Membunuh sel kanker dalam tubuh

Zat capsaicin dalam cabai telah terbukti memberikan berbagai manfaat. Salah satunya ialah zat ini dapat menekan tumbuhnya tumor kanker prostat. Dengan fakta tersebut, maka cabe akan sangat cocok dalam mencegah kemunculan kanker dalam tubuh.

  • Membunuh sel kanker dalam tubuh

Zat capsaicin dalam cabai telah teruji mampu memberikan berbagai manfaat. Salah satunya ialah zat ini dapat menekan tumbuhnya tumor kanker prostat. Dengan fakta tersebut, maka cabe akan sangat cocok dalam mencegah munculnya kanker pada tubuh.

Cabe Rawit Pilihan Paling Tepat Bagi Petani

Cabe Rawit Pilihan Paling Tepat Bagi Petani

Salah satu tipe cabai yang cukup banyak petani budidayakan adalah cabe rawit. Nama lain dari tanaman asli dari benua Amerika ini yaitu Capsicum frutescens.

Tanaman ini tumbuh baik di daerah tropis, salah satunya ialah Indonesia. Cabe rawit paling pas petani budidayakan di daerah dataran rendah. Ketinggiannya yaitu antara 0 sampai 500 mdpl.

Sebenarnya, di daerah dataran tinggi pun tanaman ini bisa saja tumbuh dan menghasilkan buah. Tetapi, tingkat produktivitasnya pun akan mengalami penurunan. Periode produksi biji dan panen pun nantinya juga akan menjadi lebih sedikit ketimbang seharusnya.

Di Indonesia sendiri telah banyak jenis cabe rawit yang bisa petani budidayakan. Tetapi, yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis cabe rawit hijau da cabe rawit putih.

Budidaya cabe memanfaatkan jenis cabe rawit resikonya jauh lebih kecil ketimbang menggunakan jenis cabai lain. Tipe cabai rawit tergolong lebih tahan serangan organisme pengganggu, sehingga petani cukup banyak menggunakannya untuk dibudidayakan.

Baca Juga : Bibit Semangka Madrid Produk Terbaik Untuk Petani Buah

Benih Cabe Rawit Kaliber Produk Baru Kualitas Terjamin

Benih Cabe Rawit Kaliber Produk Baru Kualitas Terjamin

Untuk bisa mendapatkan hasil panen cabe rawit menjadi lebih maksimal, tentunya petani membutuhkan benih cabe rawit berkualitas unggul.

Di kalangan petani sendiri telah banyak beredar produk benih cabe rawit yang dapat dijadikan pilihan untuk dibudidayakan. Nah, apabila Anda bingung ingin memilih produk benih manakah yang akan Anda tanam, Lmga Agro siap untuk membantu Anda.

Kami memiliki rekomendasi produk benih yang bisa menjadi pilihan petani. Salah satu produk benih rawit paling baru yang dapat menjadi pilihan petani adalah Kaliber.

Kaliber adalah benih cabe rawit non hibrida berkualitas unggul hasil keluaran CV Jogja Agro Lestari (Wijitani). Benih cabai Kaliber bisa menjadi pilihan terbaik untuk petani maupun konsumen dari kalangan umum.

Walaupun produk ini termasuk relatif baru, namun kualitas produk Kaliber sudah tak perlu Anda ragukan kualitasnya. Selain itu, beraneka kelebihan yang ada dalam produk benih cabai rawit Kaliber membuat petani akan semakin mudah ketika membudidayakannya.

Contoh beberapa karakteristik dan juga kelebihan dari benih cabe Kaliber yaitu seperti :

  1. Fisik cabe Kaliber Wijitani tergolong kokoh, ruasnya pendek, tegak, dengan percabangan yang tergolong produktif.
  2. Benih cabe rawit Kaliber mempunyai kemampuan adaptasi yang bagus di daerah dataran rendah sampai tinggi saat musim hujan serta kemarau.
  3. Daya tumbuh benih Kaliber tergolong relatif tinggi, yaitu mencapai ± 85 %.
  4. Tingkat kemurnian benih Kaliber pun juga cukup besar, yakni berkisar ± 95 %.
  5. Benih cabe rawit Kaliber sudah toleran terhadap serangan penyakit patek, hama thrips, serta hama Aphid.
  6. Penanaman cabe rawit memanfaatkan benih Kaliber lebih aman dan mudah karena telah tahan terhadap serangan organisme pengganggu.
  7. Kaliber benih cabe rawit unggulan tahan Gemini virus serta mudah dirawat.
  8. Pembentukan buah cabe rawit dari benih Kaliber tergolong tetap mudah walaupun kondisi cuaca buruk.
  9. Buah cabe rawit Kaliber berdiameter ± 10 – 15 mm serta panjangnya mencapai ± 4 hingga 5 cm.
  10. Buah cabe rawit dari benih Kaliber mempunyai kulit buah berwarna hijau kekuningan saat muda dan saat tua berwarna merah kekuningan dengan rasa pedas.
  11. Cabe rawit Kaliber sudah tahan simpan dan juga tahan pengangkutan jarak jauh.
  12. Cabe rawit Kaliber sudah bisa dipanen ketika telah berumur ± 95 sampai 100 hari setelah pindah tanam.
  13. Potensi hasil panen benih cabe rawit Kaliber tergolong cukup besar, yaitu mencapai ± 750 buah per tanaman (± 10 ton per ha).
  14. Produk benih cabe rawit Kaliber telah terdaftar secara resmi & legal dalam data Kementan RI melalui SKKB : 213/BPSBP DIY/PRD/SLM/I/2012.

Nah, itulah dia deretan karakteristik dan keunggulan dari produk benih cabe rawit Kaliber. Berbagai macam keunggulan – keunggulan tersebut telah membuktikan sendiri kualitas dari benih Kaliber. So, tertarik untuk merasakan sendiri kualitas dari benih Kaliber Wijitani ?

Potensi Peluang Usaha Agrobisnis Cabe Rawit Kaliber

Berbagai macam keunggulan dari cabe rawit Kaliber menjadikannya sangat menarik untuk banyak konsumen. Terlebih utamanya untuk petani yang ingin memanfaatkan produk benih cabe rawit Kaliber menjadi sebuah peluang usaha agrobisnis berprospek menjanjikan. 

Permintaan pasar yang tinggi membuat potensi hasil panen cabe Kaliber menjadi sangat menjanjikan. Maka jangan terlalu heran jika banyak petani sangat tertarik dengan produk benih cabe Kaliber Wijitani.

Budidaya cabe menggunakan benih Kaliber bisa dilakukan di banyak tempat. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah berukuran kecil jika tidak memiliki lahan berukuran besar.

Asalkan semua syarat tumbuhnya telah terpenuhi pada lahan tanam, maka hasil panen pun nantinya akan terjamin bagus. Dengan begitu, hal tersebut dapat memaksimalkan jumlah potensi hasil panen cabai keluaran Jogja Agro Lestari ini.

Pemanfaatan pekarangan rumah sebagai tempat penanaman bisa menjadi cara alternatif dalam memecahkan masalah keterbatasan lahan tanam.

Untuk metode tanam yang dapat dilakukan di pekarangan rumah bisa memanfaatkan metode penanaman secara hidroponik.

Pemanfaatan metode tanam secara hidroponik bisa menjadi solusi paling bagus karena memiliki berbagai kelebihan. Sebut saja kelebihan itu salah satunya adalah dapat terbebas dari ancaman serangan organisme pengganggu yang asalnya dari dalam tanah.

Terlebih lagi, selama kurun waktu 3 tahun belakangan masa pandemi Corona budidaya tanaman menggunakan metode tanam hidroponik menjadi lebih terkenal.

Hal itu sangatlah wajar karena saat awal masa pandemi Corona Pemerintah menerapkan larangan keluar rumah (jika tak ada urusan penting). Larangan tersebut tentu saja menyebabkan banyak orang merasa bosan karena tidak bisa keluar rumah.

Nah, budidaya tanaman menggunakan metode tanam secara hidroponik menjadi salah satu cara dalam mengatasi rasa bosan.

Selain mampu mengatasi rasa bosan, hasil panen cabe rawit dari benih Kaliber juga dapat diperjualbelikan untuk menambah pendapatan.

Baca Juga : Fungisida Folicur Untuk Cabai Terbaik Bagi Petani

Ketahanan Benih Cabe Rawit Kaliber Terhadap Organisme Pengganggu

Salah satu keunggulan utama dari benih cabe rawit Kaliber Wijitani adalah mempunyai ketahanan terhadap organisme pengganggu tanaman.

Organisme pengganggu tanaman (opt) seperti hama dan penyakit tentunya perlu petani waspadai, sehingga perlu dikendalikan dengan tepat.

Contoh beberapa opt yang benih cabe rawit Kaliber tahan terhadap serangannya yakni seperti :

  • Aphid

Aphid (kutu daun) adalah hewan serangga yang sangat membuat petani resah. Walaupun ukuran tubuhnya tergolong cukup kecil, mewaspadai hewan ini tetap harus petani lakukan.

Tubuh Aphid bertekstur lunak dengan kaki – kaki dan antena panjang. Warnanya pun tergolong cukup beragam. Mulai dari berwarna coklat, merah, kuning, dan hitam, tergantung dengan spesiesnya.

Wujudnya pun sangat beragam, mulai dari varietas tanpa sayap sampai varietas bersayap. Biasanya Aphid makan dan hidup secara berkelompok pada pucuk tunas. Selain itu, hama ini juga akan melakukannya di bagian bawah daun muda yang gemuk.

Aphid memakai ovipositornya untuk dapat menembus jaringan tanaman bertekstur lunak dan mengisap cairan. Beberapa spesies Aphid juga dapat membawa virus yang dapat menyebabkan berkembangnya penyakit lain.

Gerombolan Aphid dalam jumlah besar dapat menyebabkan berbagai gejala. Gejala itu contohnya saja seperti daun serta pucuk berkerut, layu, maupun penguningan serta terhambatnya pertumbuhan tanaman.

Saat menyerang tanaman, Aphid bisa menghasilkan kotoran berbentuk seperti madu. Madu hasil sekresi Aphid ini akan memikat semut – semut. Iklim hangat serta kering akan semakin mengoptimalkan pertumbuhan hama Aphid.

  • Antraknosa

Patogen jamur dari genus Colletotrichum menjadi penyebab utama terjadinya penyakit antraknosa pada tanaman. Jamur Colletotrichum capsici serta Colletotrichum gloeosporioides merupakan patogen cendawan umum yang cukup sering mengakibatkan penyakit tersebut.

Cendawan ini dapat menginfeksi tanaman dalam seluruh fase pertumbuhan tanaman (mulai dari fase perkecambahan hingga pasca panen).

Mereka bisa bertahan hidup di berbagai tempat. Contohnya seperti di dalam serta sekitar biji, sisa – sisa tanaman, maupun pada inang alternatif.

Cendawan Colletotrichum tumbuh subur dalam periode hangat maupun basah, dan bisa menyebar lewat perantara media air irigasi atau air hujan.

Infeksi pada bagian buah dapat terjadi pada suhu 10° sampai suhu 30° C. Tetapi, suhu optimal untuk berkembangnya jamur Colletotrichum yakni dari suhu 23 sampai 27° C. Permukaan buah yang basah akan semakin memperparah penyakit antraknosa.

Gejala penyakit antraknosa terlihat dengan munculnya luka berbentuk melingkar ataupun bersudut pada buah. Setelah itu, luka tersebut menjadi lunak dan sedikit cekung.

Bagian tengah luka berwarna oranye atau coklat, kemudian berubah warna menjadi hitam. Sementara itu, jaringan di sekitarnya berwarna lebih terang.

Luka bisa menutupi sebagian besar permukaan buah. Pada bintik – bintik buah pun cukup sering dijumpai cincin berbentuk konsentris.

Buah hijau bisa mengalami infeksi secara tersembunyi dan tak menunjukkan gejala apa – apa – apa sampai buah telah matang.

Gejala pada bagian batang serta daun nampak dengan kemunculan bintik berukuran kecil berwarna abu – abu kecoklatan dengan bagian tepi yang berwarna coklat tua.

Saat akhir musim, buah yang telah matang dapat mengalami pembusukan serta bagian cabangnya pun mengalami mati pucuk.

  • Thrips

Thrips (Scirtothrops dorsalis) dewasa mempunyai warna kekuningan. Seekor serangga thrips betina sendiri bisa menghasilkan telur hingga mencapai ± 50 butir.

Telur – telur tersebut berbentuk kacang putih berwarna kelabu serta diletakkan dalam daun muda serta kuncupnya.

Seiring dengan jumlah populasi thrips yang bertambah, thrips juga nantinya akan memilih permukaan daun dewasa. Masa inkubasi telur umumnya berlangsung selama kurun waktu ± 3 hingga 8 hari.

Nimfa yang baru saja menetas ukuran tubuhnya relatif kecil berwarna kemerahan. Kemudian, warna tubuhnya akan berubah menjadi coklat kekuningan.

Nimfa yang masuk ke proses metamorfosis akan turun dari tanaman, kemudian menyelesaikan perkembangannya pada tanah gembur atau sisa – sisa daun.

Masa pupa hama thrips umumnya berlangsung sekitar 2 hingga 5 hari. Nimfa serta juga thrips dewasa biasanya senang untuk memakan bagian bawah daun yang tergolong masih muda.

Mereka umumnya akan menyerang dengan cara memarut lalu menembus jaringan, kemudian menghisap cairan yang keluar dari jaringan tanaman.

Daun yang telah terserang akan memunculkan bercak berwarna coklat muda hingga perak, dan juga menunjukkan tanda – tanda berupa deformasi (pengeritingan).

Dalam kasus parah, pengeritingan parah terjadi pada daun serta daun akan mengalami kerontokan sebelum waktunya dari tanaman.

Bekas gigitan thrips pada bagian bunga terlihat dengan goresan kelopak serta mampu menyebabkan bunga mengering serta rontok. Bercak, keropeng, serta berubahnya bentuk buah dapat membuat nilai jual buah di pasaran menjadi lebih kecil.

Baca Juga : Katalog Sarana Pertanian Paling Lengkap Kualitas Terjamin

Jual Benih Cabe Rawit Kaliber Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Cabe Rawit Kaliber Harga Terjangkau

Apabila pembaca tengah mencari produk benih cabe rawit Kaliber, maka Lmga Agro adalah jawaban bagi Anda. Lmga Agro menjual benih cabai rawit Kaliber berkualitas unggul.

Toko online Lmga Agro jual benih cabe rawit Kaliber Wijitani original dari produsen Jogja Agro Lestari. Selain itu, kami pun juga memiliki beraneka tips serta trik dalam memaksimalkan beraneka tips serta trik dalam memaksimalkan potensi hasil panen cabai rawit Kaliber.

Sehingga, petani tidak perlu lagi merasa bingung dalam memaksimalkan budidaya cabai rawit Kaliber.

Lmga Agro juga menjual beraneka macam kebutuhan pertanian lain selain benih cabe rawit Kaliber. Kami berani memberikan jaminan semua produk yang Lmga Agro jual terjamin original dari produsen namun harganya tetap terjangkau.

Untuk memastikan pesanan produk terjamin sampai hingga ke alamat tujuan, Lmga Agro bekerja sama dengan mitra pengiriman bereputasi unggul.

Contoh beberapa mitra pengiriman rekanan Lmga Agro yakni seperti JNE, KI8, Pos Indonesia, serta JNT. Semua nama mitra pengiriman kami telah teruji kualitasnya, sehingga calon konsumen tak perlu merasa ragu untuk menggunakan jasanya.

Pesanan benih cabe rawit Kaliber produksi Wijitani pun pastinya terjamin pasti akan sampai hingga mencapai alamat tujuan.

So, tunggu apalagi ? Segera dapatkan produk benih cabe rawit Kaliber maupun produk lainnya dari Lmga Agro sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel dengan topik bahasan benih cabe rawit Kaliber ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel Lmga Agro kali ini bisa memberikan banyak manfaat untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Benih Cabe Rawit Kaliber Kualitas Unggulan Untuk Petani ini, segera hubungi Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai jumpa lagi dalam artikel terbaru Lmga Agro berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.