BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/05/2024

Read

Tanaman Tomat Servo Produk Unggul Kualitas Terjamin

Tanaman Tomat Servo,tanaman,tomat,servo,lmga agro
Tanaman
Tomat Servo

Tanaman Tomat Servo Produk Unggul Kualitas Terjamin. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro.

Lmga Agro adalah toko pertanian online yang menjual berbagai macam kebutuhan pertanian paling lengkap dengan harga murah.

Lmga Agro ialah toko pertanian dengan basis online yang berlokasi fisik di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami merupakan rekan petani dalam mendapatkan berbagai macam kebutuhan tani paling lengkap.

Berbagai macam kebutuhan pertanian seperti alat pertanian & spare part, pestisida, benih, pupuk, zpt, dan sebagainya bisa Anda beli melalui Lmga Agro. Jadi, calon konsumen kami tak perlu ragu jika ingin membeli produk pertanian melalui Lmga Agro.

Tanaman tomat Servo sangat cocok dibudidayakan oleh petani. Kualitas dari bibit tanaman tomat Servo Cap Panah Merah sudah terjamin, sehingga petani tak perlu ragu memilih produk ini.

Beli segera benih tanaman tomat Servo berkualitas unggulan harga murah hanya di toko online Lmga Agro.

Tanaman tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tanaman asli yang berasal dari Benua Amerika, yaitu Amerika Tengah serta Amerika Selatan.

Tanaman ini tergolong ke dalam golongan family Solanaceae. Budidaya tomat pertama kali diinisiasi oleh suku Inca serta Aztec sejak tahun ± 700 SM.

Di Benua Eropa, Christopher Columbus lah yang pertama kali mengenalkan tomat. Bersama dengan anak – anak buahnya, dia membawa berbagai macam biji – bijian (termasuk tomat).

Di Asia, tanaman tomat diperkenalkan pertama kali oleh pedagang Portugis & Spanyol. Hal tersebut terjadi saat abad ke 16. Di Indonesia sendiri, penyebaran tanaman ini dilakukan oleh pedagang Portugis hingga abad ke 18.

Ukuran buah tomat tergolong relatif kecil pada awalnya. Tetapi, seiring berkembangnya zaman ukuran buah tomat menjadi lebih besar dengan varietas yang ikut pula berkembang.

Umumnya buah tomat banyak dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan makanan ataupun dikonsumsi secara langsung.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya tentu akan makin membuat banyak orang tertarik dengan tanaman ini. Beberapa contoh manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah dari tanaman tomat yaitu seperti :

  • Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang melakukan program diet, Anda akan sangat cocok untuk mengkonsumsi buah tomat. Tingginya kandungan serat di dalamnya mampu menurunkan berat badan, sehingga program diet yang Anda jalankan nantinya bisa semakin sukses.

  • Mencegah peradangan pada wajah

Kandungan likopen, vitamin E, vitamin C, lutein, serta beta karoten memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengantisipasi peradangan pada kulit wajah, sehingga peradangan pada wajah pada akhirnya bisa dihindari.

Dari berbagai manfaat yang disebutkan sebelumnya, tak terlalu mengherankan jika banyak petani mulai banyak membudidayakan tanaman tomat sebagai sumber utama mata pencahariannya.

Dari data Direktorat Jenderal Hortikultura serta Badan Pusat Statistik (BPS), setiap tahunnya produksi tomat di Indonesia terus berkembang.

Hal tersebut tentunya menjadi angin segar untuk petani karena memiliki prospek yang termasuk menjanjikan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman tomat ??

Tanaman Tomat Servo Produk Terbaik Untuk Petani

Tanaman Tomat Servo Produk Terbaik Untuk Petani

Di Indonesia, ada cukup banyak produk benih tanaman tomat yang bisa petani manfaatkan untuk budidaya tanaman tomat. Namun, kualitas dari produk – produk tersebut berbeda – beda, sehingga petani harus benar – benar jeli dalam memilih varietas benih tanaman tomat berkualitas unggul.

Supaya lebih mudah, Lmga Agro akan memberikan rekomendasi produk varietas benih tanaman tomat berkualitas terbaik untuk dibudidayakan.

Produk rekomendasi Lmga Agro tersebut ialah Servo F1. Mengapa perlu memakai Servo F1 ? Karena kualitas dari Servo F1 sudah terbukti serta reputasi dari sang produsen sangat terpercaya.

Baca Juga : Bibit Cabe Keriting OR 42 Buat Petani Untung

Servo F1 merupakan varietas benih tanaman tomat hibrida hasil keluaran PT East West Seed Indonesia (Cap Panah Merah). Produk ini telah lama beredar di Indonesia sampai sekarang serta masih menjadi pilihan utama petani sampai hari ini.

Petani banyak memanfaatkan Servo F1 karena memiliki berbagai macam keunggulan serta karakteristik yang terjamin menjanjikan.

Contoh beberapa kelebihan serta karakteristik yang dimiliki oleh varietas tanaman Servo F1 yairu seperti :

  1. Proses pembudidayaan tanaman tomat menggunakan benih Servo cocok untuk dilakukan di daerah dataran rendah sampai menengah.
  2. Varietas tanaman tomat Servo mempunyai vigor kokoh, bertipe determinate, dan cocok dibudidayakan saat musim kemarau maupun musim hujan.
  3. Bibit tanaman tomat Servo telah mempunyai ketahanan terhadap serangan penyakit bercak daun serta penyakit layu ketika musim hujan.
  4. Benih tanaman tomat Servo telah memiliki toleransi terhadap iklim panas.
  5. Buah tomat Servo F1 sudah toleran penyakit busuk ujung buah dan tahan cracking.
  6. Proses budidaya tomat Servo Cap Panah Merah tetap aman serta mudah karena sudah tahan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman.
  7. Tanaman tomat Servo sudah bisa dipanen ketika berumur ± 70 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen berkisar ± 60 ton per ha.
  8. Proses pembentukan buah tomat Servo dalam kondisi buruk tergolong tetap mudah, sehingga banyak menjadi pilihan petani.
  9. Hasil panen buah tanaman tomat Servo F1 sebanyak 3 kg per batang dengan berat masing – masing buah berkisar ± 70 gram.
  10. Tekstur buah tomat Servo cenderung keras serta padat.
  11. Hasil panen buah tomat Servo tergolong mudah terjual kepada pedagang.
  12. Tanaman tomat Servo bisa dibudidayakan menggunakan sistem tanam secara hidroponik.
  13. Bibit tomat Servo tersedia di Lmga Agro dalam kemasan sachet berisi 1750 butir.
  14. Produk benih tomat Servo Cap Panah Merah sudah terdaftar secara legal & resmi lewat Kepmentan No. 093/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2013.

Dengan berbagai macam keunggulan – keunggulan diatas, maka tidaklah salah jika banyak petani masih memilih dan memanfaatkan bibit tomat Servo F1. So, tertarik ingin membudidayakan tanaman tomat Servo ?

Budidaya Tanaman Tomat Servo Secara Tepat

budidaya,budidaya tanaman,budidaya tomat,,lmga agro
Tanaman Tomat Servo Produk Unggul Kualitas Terjamin

Dengan berbagai karakteristik serta keunggulan diatas, maka tentu saja banyak orang yang mulai banyak tertarik membudidayakan bibit tanaman tomat Servo.

Oleh karena itu, supaya lebih mudah maka Lmga Agro akan memberikan cara budidaya tanaman tomat Servo Cap Panah Merah mulai awal sampai masa panen.

Cara budidaya tomat Servo Cap Panah Merah secara baik dan benar yakni :

  • Pengolahan Lahan Tanam

Saat mengolah lahan tanam, Anda harus mencangkul lebih dahulu lahan tanam milik Anda. Cangkul sedalam ± 30 – 40 cm, kemudian ratakan.

Setelah rata, buatlah bedengan diatas lahan tanam dengan panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam, lebar berkisar ± 100 – 120 cm, serta tinggi ± 30 cm.

Jika pembuatan bedengan telah selesai, jangan lupa juga untuk membuatkan lubang tanam pada bedengan berdiameter ± 5 sampai 7 centimeter. Buatlah sebanyak 2 lajur lubang tanam dalam satu bedengan.

Jangan lupa juga untuk lajur diberikan jarak berkisar ± 70 – 70 centimeter serta jarak antar lubang tanam dalam satu jalur antara ± 40 sampai 50 centimeter. Setelah itu, biarkan atau diamkan bedengan selama ± 1 minggu.

Sesudah seminggu, bedengan bisa diberikan pupuk dasar. Pemupukan dasar ini direkomendasikan menggunakan pupuk organik (entah pupuk kandang / pupuk kompos) supaya lebih mudah terserap. Dosis pengaplikasiannya yaitu secukupnya saja.

Jangan lupa untuk mengecek tingkat keasaman tanah. Apabila Anda masih merasa terlalu asam, Anda bisa memanfaatkan dolomit atau kapur pertanian untuk menetralkannya. Selanjutnya, diamkan selama kurun waktu selama seminggu sebelum proses penanaman Anda mulai.

  • Penyemaian Benih

Pertama, persiapkan wadah semainya lebih dahulu (tray semai, nampan, dan sebagainya). Selanjutnya, lubangi bagian bawah wadah semai dalam jumlah secukupnya sebagai tempat air bersirkulasi.

Sehari sebelum penyemaian dimulai, isilah media semai sebanyak ¾ bagian wadah semai. Komposisi media semai yang digunakan yaitu arang sekam / pasir, tanah, dan pupuk kompos menggunakan perbandingan 1 : 1 : 1.

Selanjutnya, taburkan juga biji Servo diatas media semai secara merata. Tutupilah menggunakan media tanam, lalu semprotkan air halus memakai spray.

Kemudian, tutupi wadah semai menggunakan plastik bening dan lubang sebanyak 3 sampai 5 lubang. Pastikan Anda meletakkannya di bawah tempat yang tersinari cahaya matahari secara langsung.

Apabila media semai terlihat kering, bukalah plastinya lalu semprot menggunakan spray lalu tutuplah kembali. Jika kecambah sudah mulai tumbuh, maka tutup plastik sudah bisa Anda buka. Pastikan Anda selalu menjaga kondisi medianya tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering.

Dalam kurun waktu 5 hari, maka tunas pun akan mulai tumbuh dari benih. Jika bibit sudah memiliki daun sebanyak 3 sampai 5 helai daun, maka proses penyemaian pun sudah bisa Anda akhiri.

  • Penanaman

Ambillah bibit yang sudah siap tanam, lalu masukkan ke dalam lubang tanam dan tutupi menggunakan tanah di sekelilingnya secara hati – hati. Ratakan dan sirami air secukupnya supaya tingkat kelembabannya dapat selalu terjaga.

Baca Juga : Katalog Produk Utama Lmga Agro Berkualitas Terbaik

  • Pemeliharaan

Proses perawatan atau pemeliharaan berperan sangat vital dalam menjaga keberlangsungan hidup tomat Servo Cap Panah Merah. Dengan begitu, maka tanaman bisa lebih berkembang dan tumbuh maksimal sampai waktu panen tiba.

Beberapa proses perawatan atau pemeliharaan dalam melakukan budidaya tomat Servo yaitu seperti :

1. Penyulaman bibit

Tentunya bibit yang tumbuh secara tak sempurna dan mati menjadi sebuah masalah untuk petani. Oleh karena itu, jika ada bibit yang tak sempurna atau mati maka Anda perlu segera melakukan penyulaman bibit.

2. Pemasangan Ajir

Apabila tomat sudah tumbuh setinggi 15 hingga 21 centimeter, maka Anda telah bisa melakukan pemasangan lenjeran atau ajir. Ajir atau lenjeran bisa memanfaatkan bahan berupa bambu atau kayu sepanjang ± 100 hingga 175 cm.

Selanjutnya, pasangkan lenjeran pada bedengan dengan diletakkan dekat tanaman tomat Servo Cap Panah Merah. Letakkan ajir dengan jarak sekitar ± 5 sampai 11 centimeter dari tanaman. Tancapkan ajir dengan hati – hati, lalu ikatkan pada tanaman tomat menggunakan tali rafia.

3. Penyiangan Gulma

Gulma selalu menimbulkan gangguan untuk perkembangan / pertumbuhan tanaman budidaya. Oleh karena itu, penyiangan gulma sangat penting untuk dilakukan.

Penyiangan gulma secara rutin akan mengakibatkan nutrisi yang dibutuhkan bisa terserap secara sempurna serta tanaman pun bisa tumbuh dengan bagus.

4. Pengairan / penyiraman

Apabila kondisi lahan tanam sedang kering, maka sirami atau airi sebanyak 2 kali sehari, yakni ketika pagi serta sore hari. Namun, apabila kondisinya lembab siramilah sebanyak sekali saja dalam sehari (saat pagi atau sore hari saja).

5. Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan bertujuan supaya tanaman bisa mendapatkan nutrisi tambahan yang dibutuhkan. Pupuk yang digunakan dalam pemupukan susulan ini dapat berupa pupuk TSP, KCl, serta ZA.

Dosisnya yaitu pada lahan tanam tanaman tomat Servo seluas 1 ha, maka perbandingannya yaitu pupuk KCl sebesar 250 kg, ZA sebesar 200 kg, serta TSP sebesar 200 kg.

  • Pengendalian OPT

Meskipun sudah mempunyai ketahanan terhadap beberapa jenis organisme pengganggu tanaman (opt), namun ancaman ini tetap terus mengintai jika Anda melakukan proses budidaya tanaman secara asal – asalan. Oleh karena itu, mewaspadai ancaman opt tentu harus menjadi sebuah kewajiban.

Beberapa contoh opt yang harus diwaspadai serangannya yaitu seperti :

1. Busuk Bakteri

Infeksi bakteri bernama Clavibacter michiganensis adalah penyebab utama terjadinya penyakit busuk bakteri pada berbagai tanaman. Patogen bakteri ini mampu bertahan hidup di dalam biji, dalam tanah, ataupun pada sisa – sisa tanaman.

Bakteri Clavibacter michiganensis berkembang biak pada pembuluh daun, sehingga menyebabkan terganggunya proses penyaluran air serta nutrisi tanaman.

Akibatnya, tanaman pun menjadi layu juga mengering. Suhu lingkungan berkisar ± 24° sampai 32° C serta tingkat kelembaban tanah yang tinggi akan makin membuat penyakit busuk bakteri makin berkembang.

2. Kutu Kebul

Kutu kebul adalah seekor hama serangga musuh utama petani. Hama ini memiliki tubuh berukuran ± 0,8 hingga 1 milimeter serta sayapnya ditutupi oleh lapisan lilin berwarna putih sampai kekuningan (seperti sebuah tepung).

Serangan kutu kebul ini dilakukan dengan cara menghisap getah tanaman serta menghasilkan embun madu di beberapa bagian tanaman.

Bagian tanaman yang seringkali terserang yaitu seperti bagian buah, batang, dan juga daun. Selain itu, gejala lain berupa klorotik dan cendawan hitam terbentuk pada jaringan yang sebelumnya telah terinfeksi.

  • Pemanenan

Ketika proses pemanenan pertama, seringkali hasil yang didapatkan masih tak seragam. Tetapi, biasanya waktu pemanenan pertama sudah bisa dijalankan saat sudah berumur ± 65 sampai 70 hst.

Waktu pemanenan sendiri sebaiknya dilakukan ketika pagi atau sore hari. Pemanenan dilakukan dengan cara memuntir buah sampai tangkai buahnya terlepas, sesudah itu masukkan ke dalam keranjang.

Simpanlah buah hasil panen pada tempat kering yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Proses ini dapat Anda lakukan setiap kurun waktu 2 sampai 3 hari sekali.

Baca Juga : Nutrisi Hidroponik Dalam Pembudidayaan Tumbuhan

Jual Bibit Tanaman Tomat Servo Cap Panah Merah Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Tanaman Tomat Servo Cap Panah Merah Harga Terjangkau

Apabila Anda tengah mencari produk benih tanaman tomat Servo, maka jawabannya sudah pasti yaitu Lmga Agro. Lmga Agro jual bibit tanaman tomat Servo original produksi Panah Merah.

Kami menjual benih tanaman tomat Servo berkualitas terbaik serta unggul. Bibit tanaman tomat Servo yang Lmga Agro jual dikemas dalam kemasan sachet berisi 1.750 butir.

Bagaimana cara membelinya? Cukup hubungi segera Lmga Agro lalu order benih tanaman tomat Servo Cap Panah Merah.

Lmga Agro pun akan segera mengirim pesanan tersebut melalui mitra pengiriman yang bereputasi terpercaya. Pesanan bibit tanaman tomat Servo pun akan segera meluncur ke alamat tujuan Anda. Sangat mudah, kan ??

So, hubungi segera Lmga Agro lalu beli benih tanaman tomat Servo sekarang juga sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertopik bahasan tanaman tomat Servo ini kami tulis juga sampaikan kepada Anda semua. Semoga semua pembaca bisa mengambil manfaat dari artikel kali ini.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Tanaman Tomat Servo Produk Unggul Kualitas Terjamin ini, segera hubungi Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dalam artikel terbaru berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.