SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Kamis, 23 Maret 2017

BLEWAH ARUNA, BUAH MANIS DAN KRISPY

benih blewah aruna, aruna, blewah aruna, tunas agro seed, benih blewah unggulan
BLEWAH ARUNA
LMGAAGRO.WEB.ID - Blewah tergolong tanaman yang memiliki keluarga dekat dengan melon bahkan nama latinnya pun sama Cucumis melo. Bentuk fisiknya bulat lonjong dengan terdapat garis-garis buah serta berkulit orange dengan berbintik hijau namun ini lebih cenderung mirip dengan labu sih. Tapi jika dilihat dari tekstur dagingnya, lebih menyerupai melon yang renyah, krispy dan berair. Rasa buahnya menyegarkan cocok menjadi penghilang dahaga di tengah cuaca panas seperti ini.

Antara melon dan blewah sekilas hampir sama namun ada yang membedakan diantara kedua buah ini yaitu kulit buah dan tingkat kemanisan buahnya. Kulit buah blewah tipis dan halus sedangkan kulit melon sedikit lebih tebal dan bernet. Untuk tingkat kemanisan melon lebih tinggi dibandingkan blewah yaitu sekitar 8-15% brix sedangkan blewah tingkat kemanisannya sangat rendah sekitar 3-5% brix. Maka dari itu, blewah cenderung cocok digunakan sebagai campuran es buah dengan sirup dibandingkan dimakan secara langsung.

Buah blewah mengandung banyak gizi dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya blewah memiliki banyak kandungan air, 68 mg vitamin C, 13 mg karbohidrat, 494 mg potasium, 14 mg  sodium, 3,1 mg beta  karoten, dan 1,3 mg serat. Selain itu, juga terdapat kandungan kalsium, kalium, seng, fosfor, protein, niasin dan zat besi. Kandungan gizi pada blewah ini cukup bermanfaat jika dikonsumsi seperti untuk menjaga kesehatan kulit, gusi, mata, mengatasi maag, mencegah kanker, mengatasi insomnia, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan memperlancar pencernaan.

Blewah cukup potensial dibudidayakan di Indonesia. Potensi pasarnya luas dan mudah ditemui di berbagai pasar buah baik tradisional maupun modern. Beberapa daerah seperti Malang, Pasuruan, dan Banyuwangi Jawa Timur sudah mulai menekuni budidaya blewah ini secara intensif dan hasilnya pun cukup memuaskan. Peluang keuntungannya sangat besar. Terutama jika sudah memasuki musim kemarau dan mendekati hari-hari besar keagamaan seperti bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan konsumsi blewah akan meningkat pesat mengingat blewah sering dijadikan menu berbuka/takjil berupa es buah atau es garbis (campuran blewah dengan sirup dan es).

Mendekati bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari seperti ini menjadi saat yang tepat untuk memulai melakukan persiapan tanam blewah, agar nantinya di bulan Ramadhan bertepatan pada waktu panennya. Persiapan budidaya blewah, selain persiapan lahan, persiapan benih juga menjadi hal yang wajib dilakukan oleh petani. Benih yang digunakan akan sangat menentukan hasil yang akan didapatkan saat panen. Benih blewah unggulan saat ini telah banyak beredar di pasaran seperti benih blewah Bisma dari cap Kapal Terbang, blewah Salvo dari Tunas Seed, dan blewah Aruna dari Tunas Agro Seed.

Benih blewah Aruna menjadi salah satu benih blewah unggulan yang sering diburu petani. Adapun karakteristik yang dimiliki oleh blewah Aruna ini sebagai berikut:
  1. Blewah Aruna cocok untuk ditanam di dataran rendah dengan penyinaran matahari yang cukup
  2. Pertumbuhan tanaman cepat dan kuat
  3. Bentuk buah blewah Aruna bulat lonjong
  4. Kulit buah berwarna hijau saat muda dan kuning saat tua
  5. Daging buah berwarna orange, harum, dan rasa manis
  6. Tanaman bisa dipanen pada umur 55-65 HST
  7. Potensi hasil 14 ton/ha
Blewah Aruna bisa menjadi pilihan untuk dibudidayakan karena rasa dagingnya yang manis serta tekstur daging buah yang krispy. Buah tidak mudah lunak sehingga cocok untuk pengangkutan jarak jauh. Karakteristik blewah Aruna tersebut, bisa menjadi pilihan tepat bagi petani blewah untuk menambah pendapatannya.

Blewah Aruna, buah manis dan krispy sangat disukai konsumen. Apabila berminat, benih blewah Aruna bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga menyediakan layanan konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian Online LMGA AGRO di CP Bpk Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...