TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/10/18

CARA MENANAM CABE JACKO 99 TUNAS AGRO

CARA MENANAM CABE JACKO 99, CABE JACKO 99, TANAMAN CABE, CABE KERITING, LMGA AGRO
CARA MENANAM CABE
JACKO 99
Cara menanam cabe Jacko 99 Tunas Agro. Jual benih cabe Jacko 99 di Toko pertanian Online LMGA Agro. Hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) 08125222117 ( SMS/WA ). LMGA Agro menyediakan layanan konsultasi cara menanam cabe Jacko 99 Tunas Agro secara Gratis.


Toko pertanian LMGA AGRO menyediakan beragam jenis benih sayur dan buah produksi pabrik benih terkemuka di Indonesia, juga jenis pupuk, pestisida, alat-alat pertanian seperti mulsa plastik, tray semai, alat pelubang mulsa, alat kocor dan masih banyak lagi.

Toko pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi gratis mengenai cara menanam cabe di seluruh wilayah Indonesia. Toko pertanian kami melayani konsultasi budidaya jenis sayur dan buah yang lain.

Membantu mencari solusi dalam permasalahan yang Anda temui selama budidaya tanaman mulai dari pembenihan, pembibitan, pengolahan tanah, perawatan tanaman hingga saat panen.

LMGA Agro siap mengirim pesanan Anda dengan menggunakan jasa ekspedisi mitra kami bertahun-tahun, yaitu JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain. Dimanapun alamat anda meliputi seluruh wilayah Indonesia dengan transaksi secara online, barang dijamin pasti datang.

Cara menanam cabe Jacko 99 merupakan jenis cabe keriting dari Tunas Agro Seed dan benih cabe yang berkualitas. Benih memiliki banyak keunggulan yang dapat membantu petani cabe untuk menghasilkan produksi lebih tinggi. Benih juga memiliki adaptasi yang luas dapat ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi.

BENIH CABE KERITING TERBAIK JACKO 99 TUNAS AGRO SEED


Cara menanam cabe Jacko 99 menggunakan benih cabe keriting terbaik Tunas Agro, pertumbuhan tanaman yang cepat dan kuat.  Memiliki ketahanan penyakit tanaman cabe dan berproduksi tinggi. Cara menanam cabe Jacko 99 menghasilkan berat buah ± 6 gram dan panjang ± 14 cm.

Benih cabe memiliki daya adaptasi yang luas sehingga cara menanam cabe Jacko 99 dapat ditanam mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Buah cabe Jacko 99 yang dipanen dapat tahan penyimpanan dan pengangkutan. Kemasan produk benih 10 gram isi 2100 benih.

Cara menanam cabe Jacko 99 tidak begitu sulit, hanya dengan menaburkan benihnya ke tanah yang sudah disiapkan sebelumnya. Pemberian pupuk 1 bulan sekali dapat membantu petani cabe mendapatkan hasil cabai dengan kualitas terbaik.

Di wilayah Indonesia, cabe merupakan bahan dasar masakan Nusantara dan cabe keriting memiki penggemar yang tidak sedikit juga.

Cabe keriting banyak ditemui di pasar tradisional maupun modern/swalayan. menghasilkan rasa pedas adalah keunikannya dan menjadi keunggulan tersendiri.

Permintaan pasar akan cabe keriting kian meningkat disebabkan selera konsumen yang setia kepada rasa unik dari cabe keriting.

Harga cabe keriting juga lebih murah dari cabe merah besar dan menghasilkan warna merah yang relatif sama. Warna merah yang dihasilkan dari cabe merah dimanfaatkan sebagai pewarna merah alami masakan.

Cara menanam cabe Jacko 99 mudah karena cabe keriting sejenis perdu, bentuk buah keriting, kurus dan panjang dengan ujung yang meruncing.

Tinggi tanaman cabe keriting rata-rata tinggi sekitar 1 meter memiliki daun berwarna hijau tua. Buah cabe berwarna hijau saat muda, berubah menjadi kecoklatan dan saat tua berubah menjadi warna merah.

Cara menanam cabe Jacko 99 menghasilkan banyak manfaat. Selain dikenal sebagai bumbu masakan penghasil rasa pedas, cabe keriting bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin A dalam cabe keriting bermanfaat untuk kesehatan mata, sedangkan vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

PUPUK ORGANIK CARA MENANAM CABE JACKO 99


Dalam cara menanam cabe Jacko 99 menggunakan pupuk organik lebih baik dan sangat dianjurkan untuk menambah dosis pemberian pupuk organik.

Pupuk organik merupakan pupuk yang terdiri dari bahan-bahan alam seperti pelapukan sisa-sisa dari tanaman, hewan dan manusia. Dapat berupa bentuk padat atau cair dan digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi dari tanah.

Dengan bahan yang berasal dari alam, pupuk organik mengandung banyak bahan organik namun kadar haranya rendah. Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang dan sisa panen ( jerami, tongkol jagung, sabut kelapa ), dari limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE BESAR F1 IMPERIAL 10

1. Pupuk Kandang Cara Menanam Cabe Jacko 99


Cara menanam cabe Jacko 99 dengan pupuk kandang berasal dari kotoran hewan yang biasa dipelihara oleh masyrakat seperti kotoran kambing, sapi, domba dan ayam.

Pupuk kandang biasanya berbentuk padat namun dapat juga berupa cair yang berasal dari air kencing ( urin ) hewan. Di dalam pupuk kandang terkandung unsur hara makro dan mikro.

Pupuk kandang padat mengandung banyak unsur hara makro yaitu Phospor, Nitrogen, Kalium. Unsur hara mikro dalam pupuk kandang antara lain kalsium, magnesium, belerang, natrium, besi, tembaga dan molibdenum.

Dalam urin hewan, kandungan N tiga kali lebih besar dibanding kandungan N dalam pupuk kandang padat.

Cara menanam cabe Jacko 99 menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk dasar, dapat memperbaiki struktur tanah sehingga pertumbuhan tanaman dapat optimal.

Cara menanam cabe Jacko 99 menggunakan pupuk kandang yang sudah masak dan siap pakai. Ciri-ciri pupuk kandang yang siap dimanfaatkan adalah bersuhu dingin, wujud aslinya tidak tampak dan baunya telah berkurang. Pupuk kandang yang belum matang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

2. Pupuk Hijau Cara Menanam Cabe Jacko 99


Merupakan pupuk organik yang berasal dari tanaman atau berupa sisa panen dan dibenamkan pada tanah saat masih hijau atau setelah dikomposkan.

Sumber pupuk hijau berasal dari sisa-sisa tanaman/panen atau berasal dari tanaman yang sengaja dimanfaatkan sebagai pupuk hijau seperti kacang-kacangan dan tanaman paku air ( Azolla ).

Tanaman kacang-kacangan sebagai pupuk hijau karena mengandung unsur N yang relatif tinggi dibandingkan jenis tanaman lain.

Manfaat pupuk hijau dapat meningkatkan bahan organik dan unsur hara dalam tanah dan dapat memperbaiki sifat fisika, kimia dan biologi tanah sehingga produktivitas tanah meningkat dan tanah menjadi tahan erosi.

BACA JUGA : BENIH CABE LADO F1 TAHAN LAYU BAKTERI

3. Kompos Cara Menanam Cabe Jacko 99


Merupakan pupuk yang berasal dari sisa bahan organik tanaman, hewan, limbah organik yang telah mengalami proses dekomposisi atau fermentasi. Cara menanam cabe Jacko 99 dengan kompos akan menghasilkan tanamann lebih baik.

Bahan yang biasanya dijadikan kompos adalah jerami, sekam padi, tanaman pisang, gulma, sayuran yang busuk, sisa tanaman jagung dan sabut kelapa.

Sedangkan yang berasal dari hewan dapat berupa kotoran ternak, urine hewan, pakan ternak yang terbuang dan cairan biogas. Tanaman air yang dipakai sebagai kompos adalah ganggang, gulma air, eceng gondok dan Azolla.

Manfaat kompos cara menanam cabe Jacko 99 adalah untuk memperbaiki struktur tanah, untuk memperkuat daya ikat terhadap zat hara, meningkatkan daya tahan dan daya serap tanah terhadap air, memperbaiki drainase dan pori-pori tanah dan dapat menambah keaktifan unsur hara.

Pemberian kompos di cara menanam cabe Jacko 99 dilakukan dengan cara menyebarkan di sekeliling tanaman. Kompos yang layak dipakai adalah ditandai dengan menurunnya suhu kompos dibawah 40 °C.

4. Humus Cara Menanam Cabe Jacko 99


Merupakan bahan organik berasal dari degradasi dan pelapukan daun-daunan/ranting tanaman yang membusuk ( dekomposisi ) hingga akhirnya menjadi humus dan berangsur-angsur menjadi tanah.

Humus berasal dari daun dan ranting-ranting pohon yang gugur, limbah pertanian dan peternakan, industri makanan, kulit kayu, serbuk gergaji, sampah rumah tangga dan limbah padat perkotaan.

Bagi tanaman, humus merupakan makanan sekaligus dapat membentuk dan menjaga struktur tanah. Cara menanam cabe Jacko 99 dengan menggunakan Humus akan lebih optimal hasilnya.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE COLUMBUS DI MUSIM HUJAN

Peranan humus bagi tanah yaitu dapat meningkatkan kapasitas kandungan air tanah, membantu menahan pupuk anorganik yang larut air, mencegah menggerusnya tanah dan menaikkan aerasi tanah.

Pupuk organik juga diproduksi pabrik menggunakan alat dan mesin modern. Manfaat dari pupuk organik buatan pabrik antara lain untuk meningkatkan kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman, meningkatkan produktivitas tanaman, merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun serta untuk menggemburkan dan menyuburkan tanah.

PEMBIBITAN CARA MENANAM CABE JACKO 99


CARA MENANAM CABE JACKO 99, TANAMAN CABE, CABE KERITING, LMGA AGRO
BENIH CABE JACKO 99
Tanaman cabai masuk dalam famili Solanaceae. Tanaman lain yang satu famili dengan cabai adalah kentang ( Solanum tuberosum L. ), terong ( Solanum melongena L. ), Leunca ( Solanum nigrum L. ), akokak ( Solanum torvum Swartz ) dan tomat ( Solanum lycopersicum ).

Dengan mengetahui tanaman-tanaman yang satu famili maka cara menanam cabe Jacko 99 sebaiknya tidak berdekatan dengan tanaman yang satu famili juga pergiliran tanaman atau rotasi tanaman.

Teknik budidaya tanaman cabai seperti demikian juga merupakan aspek yang menentukan keberhasilan cara menanam cabe Jacko 99.



Aspek teknik cara menanam cabe Jacko 99 yang lain antara lain :
  • Pemakaian benih cabe yang tepat, unggul dan tahan penyakit atau virus.
  • Air harus selalu tersedia sepanjang periode tanam atau sepanjang tahun.
  • Cara menanam cabe Jacko 99 dengan melakukan pola tanam yang tepat dan baik sesuai dengan iklim setempat sangat di anjurkan.
  • Pengolahan tanah yang disesuaikan dengan kemiringan lereng dan arah lereng.
  • Secara rutin dan kontinue melakukan pengamatan dan pengendalian terhadap hama dan penyakit yang menyerang.
  • Cara panen dan pasca panen yang baik dan benar.

Kualitas benih mempengaruhi keberhasilan produksi cara menanam cabe Jacko 99.  Benih Jacko 99 dari Tunas Agro merupakan benih cabe berkualitas. Ketahanan terhadap hama dan penyakit serta tingkat adaptasi yang tinggi terhadap perubahan iklim.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE TM 999 TANI MURNI INDONESIA

Cara Pembibitan Tanaman Cabe


CARA MENANAM CABE JACKO 99, TANAMAN CABE, TUNAS AGRO, LMGA AGRO
BIBIT CABE JACKO 99
Pembibitan cara menanam cabe Jacko 99 bertujuan mendapatkan bibit yang baik dan siap bertahan hidup di kondisi tanah yang sesungguhnya.

Media pembibitan cara menanam cabe Jacko 99 harus dikondisikan sebaik mungkin dan bibit dirawat hingga tiba saatnya bibit cukup umur dipindah ke lahan tetap. Bibit dipelihara dan dibiarkan tumbuh dalam jangka waktu tertentu di media yang diatur.

Pembibitan cara menanam cabe Jacko 99 menggunakan wadah polybag plastik ukuran sedang. Media menggunakan campuran tanah dan kompos/pupuk kandang.

Bila terdapat arang sekam maka dapat dicampurkan. Semua bahan tadi sebelumnya harus diayak hingga halus terlebih dahulu.

Perbandingan bahan tanah dan kompos/pupuk kandang adalah 1 : 1 sedangkan bila tanah, kompos, arang sekam perbandingannya adalah 2 : 1 : 1. Faktor lokasi juga penting diperhatikan.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE KERITING TM 999 TAHAN LAYU

Pembibitan cara menanam cabe Jacko 99 yang baik adalah berada di tempat yang terlindungi dari paparan sinar matahari langsung, air hujan dan serangan hama seperti lalat buah, kutu dan tungau.

Setelah benih dibenamkan dalam polybag maka perawatan selanjutnya adalah menyiram bibit setiap pagi dan sore hari secara rutin.

Pengamatan cara menanam cabe Jacko 99 harus mulai dilakukan juga dengan rutin untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Bila ada bibit yang mati dapat segera dimusnahkan agar tidak menularkan kepada bibit yang lain.

Cara menanam cabe Jacko 99 dalam menyediakan bibit harus dilebihkan sebanyak 10% untuk ketersediaan saat melakukan penyulaman.

PENGOLAHAN TANAH CARA MENANAM CABE JACKO 99


Prinsip dasar dalam pengolahan tanah cara menanam cabe Jacko 99 adalah membuat tanah menjadi kaya akan unsur hara dan menyiapkan tanah menjadi media tanam yang sempurna.

Tanaman cabai menyukai tanah yang gembur, tidak liat juga tidak terlalu porous, remah dan kaya akan bahan organik. Pengolahan tanah dapat dilakukan dengan cara mencangkul tanah ataupun dibajak.

Bila saat menanam cabe di area persawahan, sebaiknya tidak dilakukan di musim hujan. Sebaliknya juga bila menanam cabe di daerah tegalan yang kering, sebaiknya tidak di musim kemarau.

Saat musim panas, struktur tanah semakin tampak kering. Sehingga perlu adanya sistem irigasi yang baik.

Cara menanam cabe Jacko 99 di lahan sawah biasanya setelah musim panen padi usai atau di saat musim kemarau. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah :
  • Bakar dan babatlah hingga habis jerami sisa panen padi di lahan sawah tersebut. 
  • Cangkullah lahan sawah atau dengan menggunakan bajak agar tanah sawah menjadi gembur setelah jerami habis terbakar dan telah menjadi abu. 
  • Segera buat bedengan dan beri pupuk dasar.

Cara menanam cabe Jacko 99 di tegalan atau areal kering yaitu pada  bagian atas ( top soil ) yang kaya akan nutrisi, dibalik sehingga tanah bagian bawah (sub soil) naik keatas.

Proses pembalikan tanaha di cara menanam cabe Jacko 99 ini dengan cara tanah dibajak. Proses pembalikan tanah ini juga menyebabkan seresah dan sisa tanaman yang ada di bagian atas tanah menjadi bagian bawah tanah dan seiring waktu akan mengurai.

Dengan pengolahan tanah, tanah bagian atas dan bawah akan menyatu dan bercampur.

Setelah tanah hancur, tidak berbongkah lagi dan gembur, maka ratakan tanah dengan menggunakan garu. Setelah itu, buat guludan atau petakan sekaligus membuat parit juga.

Parit digunakan untuk menampung air, tempat masuknya air dan pembuangan air. Pencangkulan yang efektif yaitu sedalam 30 - 50 cm.

Persiapan Bedengan Cara Menanam Cabe Jacko 99


Dengan membuat bedengan, air hujan akan dibuang melalui parit dan dapat memudahkan air hujan masuk.  Air juga dapat meresap dalam tanah saat pengolahan lahan cara menanam cabe Jacko 99.

Adanya air hujan dapat membantu dalam perawatan tanaman, namun bila tidak dialirkan dengan baik maka dapat menyebabkan genangan air dan akar tanaman menjadi busuk.

Bedengan pada tanaman cabe biasanya lebar 100 cm, tinggi bedengan 30 cm dan panjang disesuaikan kondisi lahan. Jarak antar bedengan adalah 60 cm.

Setelah pengolahan tanah dan membuat bedengan selesai maka tahap selanjutnya cara menanam cabe Jacko 99 adalah pemupukan awal atau dasar. Perlakuan ini dapat menyuburkan tanah dan bermanfaat untuk meningkatkan hasil panen.

Lakukan pemupukan secara merata, menggunakan campuran pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos. Cara menanam cabe Jacko 99 membutuhkan pupuk dasar 20 ton/ha pupuk organik. Tambahkan juga pupuk Za sebanyak 300 kg per hektar.

Untuk memaksimalkan hasil produksi cara menanam cabe Jacko 99 sebaiknya dilakukan pemasangan mulsa plastik.

Mulsa plastik hitam perak dapat mempertahankan kelembaban, menjaga kebersihan lahan, pengendalian pertumbuhan gulma juga adanya mulsa erosi tanah dapat ditahan.

Setelah mulsa plastik terpasang, buatlah lubang tanam sebanyak 2 baris tiap bedengan. Jarak baris lubang tanam tiap bedengan adalah 70 cm dan jarak antar lubang tanam dalam satu barisan adalah 60 cm.

Lubang tanam dibuat zig-zag karena ini dapat menyebabkan lancarnya sirkulasi udara dan sampainya sinar matahari ke tanaman.

Alat pelubang mulsa untuk membuat lubang tanam dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro.

BACA JUGA : CABE HAI-LUX, BENIH TAHAN VIRUS DARI ESTON SEED

PERAWATAN CARA MENANAM CABE JACKO 99


LANJARAN/AJIR cara menanam cabe Jacko 99 ditancapkan paling lama 1 minggu setelah pemindahan bibit ke lahan tetap. Hal ini untuk mencegah rusaknya akar tanaman karena terkena ajir/lanjaran.

Menggunakan sebilah bambu yang panjangnya ± 2 meter dan setelah tanaman cukup tinggi, diikatkan pada lanjaran menggunakan tali salaran yang dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro.

PENYIRAMAN cara menanam cabe Jacko 99 dilakukan agar tanaman cepat berbuah. Penyiraman tanaman cabe dilakukan setiap hari terutama bila penanaman di musim kemarau.

Penyiraman juga tergantung dari cuaca dan kondisi kelembaban tanah bedengan. Jika cara menanam cabe Jacko 99 pada pot atau di pekarangan rumah, air bekas cucian beras dapat digunakan untuk menyiram tanaman.

Pastikan bahwa air tidak menggenang di sekitar tanaman terutama setelah turun hujan. Air yang melewati parit harus lancar mengalir.

Pengamatan terus dilakukan untuk melihat kelembaban tanahnya. Begitu juga tanah tampak kering maka segera lakukan penyiraman.

PENYIANGAN cara menanam cabe Jacko 99 bertujuan  untuk menjaga kebersihan kebun dan mencegah serangan hama dan penyakit tanaman.

Penyiangan dapat dengan tangan kosong atau menggunkan alat seperti sarung tangan, sekop dan gunting.

Bersihkan area sekitar lahan dan sekitar tanaman dari gulma. Juga sampah plastik atau bebatuan yang dapat menggangu pertumbuhan tanaman.

Penyiangan di cara menanam cabe Jacko 99 juga dilakukan pada daun-daun yang menguning juga tanaman yang sakit atau layu agar tidak menularkan ke tanaman didekatnya.

Penyiangan juga terhadap daun-daun yang tampak layu dilakukan 2 - 3 minggu sekali. Biasanya bersamaan dengan kegiatan penyiangan, juga melakukan pendangiran ( penggemburan ) lahan terutama di sekitar tanaman.

PEMANGKASAN cara menanam cabe Jacko 99 sangat mudah dan sederhana dilakukan. Alat yang digunakan adalah gunting tanaman.

Yang pertama diperhatikan adalah pucuk tanaman cabe, kemudian pangkas pucuknya menggunakan gunting secara perlahan agar tidak merusak struktur tanaman.

Pemangkasan dilakukan satu bulan sekali untuk meregenerasi tanaman agar lebih cepat menghasilkan buah dan dalam jumlah yang banyak.

PEMUPUKAN CARA MENANAM CABE JACKO 99


Pemupukan lanjutan atau susulan cara menanam cabe Jacko 99 dilakukan setelah 2 minggu setelah bibit dipindahkan di lahan tetap.

Selanjutnya dilakukan pemupukan rutin setiap 1 - 2 minggu sekali. Pupuk susulan sebaiknya menggunakan pupuk kandang atau kompos karena pemakaian pupuk kimia dapat merusak tekstur tanah dan tidak baik bagi perkembangan tanaman selanjutnya.

Tanaman cabe hingga berumur 30 hari sangat rentan dan sensitif juga memiliki daya hidup yang masih sangat kurang. Cara menanam cabe Jacko 99 di usia ini petani harus jeli serta hati - hati.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE RAWIT YANG BAIK DAN BENAR

Pemberian pupuk kimia justru dapat mengganggu pertumbuhan karena tidak sesuai dengan nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk yang sesuai hingga tanmaan berumur 30 hari adalah pupuk organik.

Pemupukan cara menanam cabe Jacko 99 umur 1 sampai 3 bulan sudah siap menerima pupuk anorganik/kimia agar tanaman cepat berbuah dan buah berukuran besar.

Pupuk kimia yang digunakan adalah Za, larutan Phonska cair, NPK dan TSP. Namun pemberian pupuk organik cara menanam cabe Jacko 99 harus terus dilakukan agar kondisi tanah tetap baik dan dapat mendukung pertumbuhan tanaman.

Pemupukan cara menanam cabe Jacko 99 menjelang masa panen harus dihentikan terutama masa berbunga dan penyerbukan.

Pupuk yang dapat digunakan pada masa ini adalah Pupuk Organik Cair dan menggunakan pupuk Phonska cair. Pupuk kandang kotoran ayam dapat diberikan dengan cara menggali tanah di areal tanaman.

Tanaman cabe yang kekurangan unsur Nitrogen, daunnya akan berwarna kuning karena tanaman kekurangan klorofil, pertumbuhan tanaman sangat lambat, tanaman menjadi kurang subur dan produksi menurun.

Bila kelebihan Nirogen, tanaman tumbuh rimbun dan banyak tumbuh daun saja, daun berwarna hijau muda namun daun mudah terserang hama dan penyakit serta tanaman menjadi mudah rebah karena hanya mengandung air saja yang berlebihan.

Memasuki masa generatif cara menanam cabe Jacko 99, tanaman produksi buah seperti tanaman cabe banyak membutuhkan unsur hara seprti Phospor, Kalium, Calsium untuk pembentukan bunga, buah dan agar buah dapat besar maksimal.

Berikut juga Kami jabarkan dosis pemupukan sistem kocor yang dapat diterapkan pada cara menanam cabe Jacko 99.

1. Pemupukan Sistem Kocor Cara Menanam Cabe Jacko 99 Umur 7 hari


Pemupukan susulan pertama cara menanam cabe Jacko 99 diberikan pada umur 7 hari. Pupuk yang digunakan adalah campuran NPK Mutiara/Phonska dan HNO4 Nitrogen 36%. Unsur Nitrogen pada masa vegetatif tanaman harus lebih banyak karena untuk pertumbuhan tanaman cabe.

Dosis pemupukan cabe sistem kocor cara menanam cabe Jacko 99  yaitu dengan cara mencampurkan 6 kg NPK Mutiara dan satu bungkus pupuk HNO4, per 2 kg campuran pupuk untuk 2000 tanaman.

Setelah pupuk tercampur rata, ambil 1 gelas aqua kemudian larutkan dengan 12 liter air dan kocorkan disekitar batang tanaman sebanyak 200 cc ( gelas minuman teh gelas ).

2. Pemupukan Cabe Umur 14 Hari


Jarak pengocoran pertama dan kedua cara menanam cabe Jacko 99 adalah 7 hari agar tanaman cepat subur.

Pemupukan susulan kedua cara menanam cabe Jacko 99 adalah campuran NPK Mutiara dan KNO3 Merah. Pupuk KNO3 Merah selain mengandung unsur N juga mengandung Kalium, Natrium dan Boron.

Campuran NPK dan KNO3 membuat tanaman lebih subur dan batang tanaman menjadi kokoh dan cepat berbunga. Dosis pupuk yang kedua cara menanam cabe Jacko 99 ini adalah 6 kg NPK Mutiara dan satu bungkus KNO3 Merah per 2 kg untuk 2000 tanaman.

Pemberian dengan cara dikocor dilarutkan dalam 12 liter air ( sama dengan pemupukan pertama ) dan dkocorkan 200 cc per tanaman.

3. Pemupukan Susulan Ketiga Cara Menanam Cabe Jacko 99


Jarak waktu pemupukan kedua dan ketiga cara menanam cabe Jacko 99 adalah 10 hari juga untuk pemupukan selanjutnya. karena tanaman sudah subur dan kokoh dan biasanya sudah mulai berbunga saat pemupukan ketiga ini.

Pupuk yang digunakan pada pengocoran ketiga ini adalah 6 kg NPK Mutiara + 2 kg KNO3 Merah + 2 bungkus Calsium dan dilarutkan dalam 12 liter air. Dikocorkan sebanyak 200 cc per tanaman.

4. Pemupukan Susulan Keempat Cara Menanam Cabe Jacko 99


Saat ini buah sudah mulai berbuah. Dosis pupuk yang diberikan 6 kg NPK Mutiara + 1 bungkus KNO Putih per 2 kg campuran.

KNO3 Putih juga dapat diganti pupuk KCl namun kandungan Cl yang tinggi dapat meracuni tanaman.

Pupuk Calsium dapat ditambahkan sebanyak 2 sendok karena jenis cabe keriting dan cabe besar sangat rakus terhadap unsur Calsium.

Kekurangan unsur Calsium pada tanaman cabe menyebabkan daun pucuk menguning dan ujung buah membusuk.

Jika sampai pada pengocoran keempat, tanaman tampak belum/kurang subur maka pada pengocoran yang kelima dosis yang diberikan sama, namun pemberian Calsium lebih banyak.

Pengocoran pupuk cara menanam cabe Jacko 99 sampai pada keempat dan kelima sudah dapat menyebabkan tanaman kokoh dan sudah mampu menyerap pupuk dsar yang awal diberikan.

Sehingga kadangkala tidak perlu dilakukan pengocoran lagi karena kebutuhan unsur hara sudah tercukupi dari pupuk dasar.

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN CABE


Tanaman cabe tidak dapat tumbuh subur dan berbuah lebat juga maksimal hanya dengan pemberian pupuk semata. Hal ini karena tanaman cabe sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit dan memiliki banyak jenis hama yang menyerangnya.

Untuk itu perlu adanya pencegahan dan pengendalian dari hama dan penyakit utama yang menyerang tanaman cabe.

Mulai dari tanaman masih muda/kecil hingga panen agar kita dapat memperoleh hasil sesuai yang diharapkan. Tak sedikit petani cabe yang gagal total akibat dari serangan hama dan penyakit.

a. Hama Ulat


Hama ulat yang menyerang tanaman cabe adalah Ulat Grayak ( Spodoptera litura ). Ulat grayak memakan daun hingga berlubang dan habis sehingga mengganggu proses fotosintesis tanaman. Jika serangan berat dapat menghabiskan seluruh daun dan tersisa tulang-tulang daun.

Jenis ulat lain yang menyerang tanaman cabe adalah Helicoverpa sp. dan Spodoptera exigua. Ulat ini membuat lubang pada buah cabe baik yang masih hijau maupun yang sudah merah.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE JACKO 99 TUNAS AGRO

Hama ulat biasanya menyerang pada malam hari atau saat matahari teduh. Sedangkan pada siang hari yang terik, ulat bersembunyi di pangkal tanaman atau berlindung dibalik mulsa sehingga bila ada penyemprotan, hama ulat akan lolos.

Pengendalian teknik yaitu ulat diambil saat malam hari ketika mulai berkeliaran. Pengambilan ulat dilakukan secara serempak dan meyeluruh. Cara lain yaitu dengan memasang perangkap imago hama. Pencegah yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kebun, penyiangan terhadap gulma pada pinggir-pinggir bedengan, parit atau lubang mulsa.

Pengendalian kimiawi dengan cara penyemprotan apabila serangan sudah parah dan menggunakan insektisida. Penyemprotan dilakukan pada malam hari.

b. Hama Tungau


Cara menanam cabe Jacko 99 pasti ada serangan hama tungau. Hama tungau yang biasa menyerang tanaman cabe adalah tungau kuning dan tungau merah. Hama tungau juga dijumpai pada tanaman singkong, sehingga bila menanam cabe jangan berdekatan dengan kebun singkong.

Serangan hama tungau menyebabkan daun mengeriting, menggulung ke bagian bawah seperti sendok terbalik. Daun menjadi tebal dan kaku menyebabkan pembentukan pucuk terhambat. Dan lama lama daun menjadi coklat dan mati.

Pengendalian teknis dengan cara mencabut tanaman yang terserang parah. Sedangkan yang belum parah, pada pucuk-pucuknya cukup dipotong. Sisa tanaman yang sudah terserang dibakar agar tidak menularkan ke tanaman lain. Pencegahan yang dapat dilakukan dengan cara menanam cabe Jacko 99 tidak menanam berdekatan dengan kebun singkong dan menjaga kebersihan kebun.

Pengendalian kimiawi dengan memberantas hama tungau menggunakan akarisida bukan insektisida. Karena secara fisik, tungau memiliki kaki 8 berbeda dengan serangga yang berkaki 4.

c. Hama Kutu Daun


Hama kutu daun yang biasa menyerang tanaman cabe yaitu dari jenis Myzus persicae. Kutu daun menyerang dengan cara menghisap cairan daun hingga daun menjadi kering dan permukaannya keriting.

Kutu daun juga dapat mendatangkan penyakit dan pembawa virus. Menghasilkan cairan berwarna kuning kehijauan dan dapat mengundang datangnya semut dan cendawan. Cendawan yang menempel menimbulkan jelaga hitam di permukaan daun.

Pengendalian teknis dengan cara memetik daun-daun yang terserang lalu dibakar. Cara menanam cabe Jacko 99 tidak berdekatan dengan tanaman semangka, melon dan kacang panjang. Selalu menjaga kebersihan kebun dan menggunakan mulsa plastik untuk menekan jumlah hama yang menyerang.

Pengendalian kimiawi dengen menyemprotkan insektisida yang mengandung fipronil atau diafenthiuron. Penyemprotan yang efektif dilakukan pada sore hari.

d. Hama Lalat Buah


Serangan lalat buah dapat menyebabkan rontoknya buah. Buah cabe yang belum sempat dipanen tiba-tiba saja rontok berjatuhan. Buah cabe yang terserang apabila dibelah, di dalamnya terdapat larva lalat.

Bila buah-buah yang rontok tidak segera disingkirkan maka larva di dalamnya akan menjadi pupa di dalam tanah dan dapat bertahan hidup bertahun-tahun. Artinya siklus hama akan terus berulang-ulang.

Pengendalian teknis dengan cara memungut, mengumpulkan buah cabe yang rontok, dikumpulkan di tempat yang jauh lalu dibakar. sehingga lalat buah tidak menjadi pupa yang masuk ke dalam tanah.

Hama lalat buah juga menyerang tanaman buah seperti belimbing, pisang, jeruk dan lain-lain. Jadi hindari menanam berdekatan dengan kebun buah.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE KERITING YANG BAIK DAN BENAR

Pengendalian kimiawi dengan cara membuat perangkap lalat buah yang menggunakan atraktan mengandung methyl eugenol. Obat diteteskan pada kapas dan dimasukkan pada botol bekas air mineral.

Perangkap dipasang setelah tanaman berumur 1 bulan. Bila serangan sudah parah, semprotkan insektisida pada pagi hari saat daun masih berembun dan lalat belum berkeliaran.

e. Hama Thrips


Serangan hama ini menyebabkan daun terlihat garis keperakan, terdapat bercak kuning hingga kecoklatan dan pertumbuhan yang kerdil. Bila dibiarkan, daun akan kering dan mati. Serangan menghebat saat musim kemarau. Hama thrips juga berperan sebagai pembawa virus dan mudah sekali menyebar.

Pengendalaian teknis dengan memanfaatkan predator alami hama thrips, yaitu kumbang dan kepik. Selain itu juga dengan menutup bedengan dengan mulsa dan selalu menjaga kebersihan kebun dapat menekan perkembanagn hama thrips. Melakukan rotasi tanaman juga dapat menekan hama thrips.

Pengendalian kimiawi dilakukan dengan menyemprotkan insektisida bila serangan sudah meluas. Menggunakan insektisida berbahan aktif fipronil dan disemprotkan pada sore hari.

f. Bercak Daun


Bercak daun disebabkan oleh cendawan Cercospora capsici. Tampak bercak-bercak bundar berwarna abu-abu dengan pinggiran coklat pada daun. Serangan yang hebat menyebabkan daun berwarna kuning dan akhirnya gugur. Penyakit ini biasanya terjadi pada musim hujan dan kelembaban yang tinggi.

Penyakit ini menyebar saat cendawan berbentuk spora dan terbawa angin, air hujan, hama vektor dan alat pertanian. Spora jamur ini juga dapat terbawa pada biji cabe. Pencegahan penyakit ini dengan menggunakan benih yang sehat bebas patogen.

Cara menanam cabe Jacko 99 dengan menjaga jarak tanam untuk tidak terlalu rapat efektif dapat mengurangi serangan penyakit. Pengendalian teknis dengan memusnahkan tanaman yang terinfeksi dengan cara dibakar. serangan hebat, semprotkan fungisida.

g. Patek/Antraknosa


Penyebabnya adalah cendawan dan bila menyerang di fase pembibitan menyebabkan kecambah layu saat disemaikan. Sedangkan pada fase dewasa dapat menyebabkan mati pucuk, serangan pada daun dan batang dapat menyebabkan busuk kering. Pada buah cabe yang terserang akan menjadi busuk seperti terbakar.

Cendawan penyebab penyakit Patek terbawa dalam biji cabe. Pencegahan dilakukan dengan memilih benih yang sehat dan bebas patoge. selain itu dapat juga dengan memusnahkan tanaman yang terserang dan melakukan penyemprotan.

h. Penyakit Busuk


Penyakit busuk  yang menyerang tanaman cabe ada 2 macam yaitu busuk cabang dan busuk kuncup. Busuk cabang disebabkan oleh Phytophtora capsici dan menyerang saat musim hujan dan menyebar sangat cepat.

Busuk kuncup disebabkan oleh cendawan Choanasearum sp. dan jarang ditemui di Indonesia. Gejalanya adanya kuncup tanaman yang berwarna hitam kemudian mati.

Penyakit busuk dapat dikendalikan dengan mengurangi dosis unsur N seperti ZA dan Urea. atur jarak tanam tidak terlalu rapat agar sirkulasi udara berjalan lancar.

Cara menanam cabe jacko 99 dengan mencabut dan membakar tanaman yang terinfeksi. melakukan penyemprotan menggunakan fungisida. Di musim hujan semprot menggunakan fungisida yang berperekat.

i. Penyakit Layu


Penyakit layu merupakan penyakit yang sulit dikendalikan baik teknis dan kimiawi. Disebabkan beragam jasad dari jenis cendawan dan bakteri. Penyakit layu yang disebabkan cendawan Fusarium sp. disebut layu fusarium. Cendawan ini hidup di lingkungan masam.

Penyakit layu juga dapat disebabkan oleh bakteri Pseudomonas solanacearum dan hidup pada jaringan batang. Penanganan penyakit layu melalui pengamatan yang rutin sehingga tanaman yang sakit dapat segera ditangani.

j. Penyakit Bule/Bulai


Penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebut Gemini atau kuning, kenapa disebut virus kuning karena menyebabkan daun dan batang tanaman berwarna kuning. Virus gemini terbawa dalam biji dan ditularkan oleh hama vektornya yaitu kutu kebul.

Penyakit karena virus tidak dapat diberantas melalui penyemprotan pestisida. Pengendalian harus dilakukan sejak dini dengan memilih benih hibrida dan unggul yang tahan serangan virus. Selain itu juga membasmi hama vektornya.

Usaha dalam cara menanam cabe Jacko 99 yang dapat dilakukan juga untuk menaikkan daya tahan tanaman cabe, yaitu dengan mengintensifkan pemupukan cabe. Penggunaan pupuk organik cair yang mengandung unsur makro dan mikro lengkap. Tujuannya agar tanaman tumbuh subur dan lebih tahan terhadap patogen.

k. Penyakit Keriting Daun


Penyebabnya adalah Cucumber Mosaic Virus ( CMV ). Gejalanya adalah tumbuh kerdil, warna daun belang-belang berwarna hijau tua dan muda, ukuran daun lebih kecil dan tulang daun berubah menguning. Penyakit ini dapar menyebar oleh ulah serangga. Sehingga penyemprotan dilakukan terhadap serangga bukan penyakitnya.

Menekan serangan penyakit dengan cara memusnahkan tanaman yang sakit. Cara menanam cabe Jacko 99  merupakan pemilihan benih hibrida yang bebas virus.

PANEN CARA MENANAM CABE JACKO 99


CARA MENANAM CABE JACKO 99, CABE KERITING, TUNAS AGRO, HARGA MURAH, LMGA AGRO
CABE JACKO 99 SIAP PANEN
Panen cara menanam cabe Jacko 99 mulai dilakukan pada umur 65 - 100 hari. Kriteria buah cabe keriting yang sudah matang adalah kematangan buah berkisar 80 - 90%. Warna buah merah menyala.

Buah cabe yang dipanen disertakan tangkainya agar cabe dapat bertahan lama. Setelah cabe dipanen, letakkan di tempat yang terhindar paparan sinar matahari langsung dan turunnya air hujan.

Panen cara menanam cabe Jacko 99 dilakukan berulang-ulang dengan interval 2 - 5 hari sekali dari panen pertama. Dan hingga tanaman cabe tidak berproduksi lagi, biasanya sekitar 30 - 40 kali panen dilakukan tergantung kondisi tanaman. Setiap selesai panen, tanaman cabe keriting Jacko 99 tetap diberi pupuk supaya hasil panen dapat optimal.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE BHASKARA F1 HASIL 15 TON

Jangan lupa setelah panen, semprotkan fungisida untuk mengendalikan tumbuhnya jamur pada tangkai cabe yang baru dipetik. Hal ini karena tangkai yang baru dipetik terdapat luka atau sisi terbuka dan masih basah dan rentan tumbuhnya jamur.

Demikian artikel Kami mengenai cara menanam cabe Jacko 99 dari Tunas Agro. Benih dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ).

Tersedia juga berbagai benih hibrida buah dan sayur potensial di wilayah Indonesia, jenis-jenis pupuk, pestisida, alat pertanian seperti alat kocor, mulsa dan lain-lain.

Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi gratis cara menanam cabe Jacko 99 dan tanaman buah dan sayur yang lain. Mencari solusi permasalahan bercocok tanam yang Anda temui di lapangan. Bersama jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain, kami siap mengirim pesanan Anda dengan cepat dan Kami jamin barang pasti sampai di alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...