TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/10/18

CARA MENANAM TOMAT BERBUAH LEBAT BEBAS VIRUS

CARA MENANAM TOMAT, BERBUAH LEBAT, BUDIDAYA TOMAT, LMGA AGRO
CARA MENANAM TOMAT |
 BENIH TOMAT
Cara menanam tomat berbuah lebat. Toko pertanian Online LMGA Agro, jual benih tomat berbagai varietas produk pabrik benih terkemuka di seluruh wilayah Indonesia. Hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) dan 08125222117 (SMS/WA).


Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul sayur buah dan daun seperti cabe, tomat, terong, sawi, bawang daun, mentimun dan masih banyak lagi. Benih buah seperti melon, semangka, waluh, pepaya dan lain-lain. Menerima layanan konsultasi secara gratis cara menanam tomat dan tanaman yang lain. Juga tersedia alat-alat pertanian, berbagai macam jenis pupuk dan pestisida.

Cara menanam tomat merupakan sayuran dari famili Solanaceae dan dapat ditanam di dataran tinggi, dataran sedang maupun dataran rendah. Tanaman tomat termasuk tanaman semusim yang umurnya sampai 4 bulan saja. Buah tomat yang segar memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan kita.

MANFAAT TOMAT SAYURAN PENTING DI INDONESIA


Tomat merupakan sayuran berbentuk buah dan bagian dari kebutuhan kuliner kita. Tomat dapat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan apalagi tomat dapat meningkatkan rasa pada masakan.

Tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan dapat membantu menghilangkan keluhan-keluhan yang ada pada tubuh kita seperti obesitas misalnya. Tomat mengandung lycopene yaitu pigmen karotenoid yang mengandung antioksidan tinggi.

Manfaat dari buah tomat antara lain :
  • Untuk mencegah kanker, karena tomat mengandung antioksidan dan vitamin C dapat melawan radikal bebas melawan kanker. Kandungan lycopen dan membantu mencegah kanker.
  • Melindungi jantung, karena tomat mengandung kolin, pottasium, serat dan vitamin C dapat membantu meningkatkan funsi jantung. Kandungan Kaliumnya tinggi dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardivaskular.
  • Membantu menurunkan resiko diabetes, karena tomat mengandung serat yang tinggi. Serat dalam tomat membantu mengelola kadar insulin.
  • Tomat mengandung vitamin C yang penting untuk sintesis kolagen. Sehingga kulit dapat kencang, meningkatkan elastisitas dan dapat menyembuhkan luka bakar.
  • Tomat juga dapat mebantu mengatasi depresi dan stress. Kandungan Folatnya membantu mengatasi depresi dengan mencegah penumpukan homosistein ( asam amino di plasma darah ) yang berlebihan.
  • Tomat mengandung betakaroten dan vitamin A yang penting menjaga penglihatan dan mendukung kerja retina mata.
  • Buah tomat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan mencegah sembelit dan diare. Juga dapat membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.
  • Mengkonsumsi buah tomat dapat menghindari peradangan. Dengan minum segelas jus tomat setiap hari efektif mengobati peradangan dan nyeri sendi.
  • Tomat sangat tinggi kandungan airnya sehingga dapat mengurangi kemungkinan tertularnya infeksi saluran kemih.


CARA MENANAM TOMAT DENGAN BENIH UNGGUL DAN HIBRIDA


Di Indonesia, tomat merupakan salah satu sayuran penting dan banyak dibudidayakan masyarakat indonesia. Hal ini karena tanaman tomat memiliki banyak manfaat selain bagi kesehatan juga sebagai pelengkap masakan Indonesia. Tomat juga komoditas penting bagi industri makanan terutama pabrik pembuatan saos tomat.

Banyak petani tomat yang sukses menjadi juragan tomat dan merasakan keuntungan nyata bila melakukan budidaya tomat terutama cara menanam tomat yang baik dan benar. Banyak jenis varietas benih tomat hibrida yang ditawarkan kepada petani tomat. Masing-masing varietas benih memiliki keunggulan disesuaikan dengan lokasi penanamannya.

Tanaman tomat dapat tumbuh di segala media tanah, mulai di lahan sawah, laham tegal, pekarangan bahkan lahan yang sempit atau terbatas. Cara menanam tomat juga dapat dilakukan dalam pot atau dengan menggunakan sistem hidroponik. Pilihlah benih tomat yang baik dan bersifat hibrida dan tahan penyakit. Di Toko Pertanian Online LMGA Agro jual bibit tanaman tomat seperti yang diuraikan di bawah ini.

BACA JUGA : TIPS MENGATASI LAYU PADA TANAMAN TOMAT

CARA MENANAM TOMAT BENIH F1 EWINDO ( PANAH MERAH )

  1. Tomat F1 SAKURA untuk dataran rendah - tinggi, tahan penyakit layu bakteri dan mosaik ( ToMV ). Umur panen 80 - 95 hst. Potensi hasil 60 - 80 ton/ha.
  2. Tomat F1 LUMINA untuk dataran rendah - menengah, vigor, tanaman kuat dan produktif. Tahan virus Gemini, layu bakteri dan cracking ( pecah buah ). Tahan iklim panas, umur panen 75 hst, hasil 50 - 60 ton/ha.
  3. Tomat F1 TYMOTI tahan virus Gemini dengan potensi hasil 60 ton/ha. Umur panen 70 hst, buah mudah jadi dan tidak mudah pecah, Berat buah 75 g/buah.
  4. Tomat F1 TANTYNA tahan serangan virus dan tetap dapat panen ditanam di daerah endemik virus. Potensi hasil 65 ton/ha, berat buah rata-rata 75 g/buah, buah kuat dan tahan jarak jauh.
  5. Tomat F1 PERMATA tahan layu bakteri dan layu fusarium. Potensi hasil 60 ton/ha, berat buah rata-rata 70 g/buah. Buah kuat dan tahan pengangkutan.
  6. Tomat F1 LENTANA tahan layu, ukuran buah besar dan untuk dataran rendah - menengah. Potensi hasil 75 ton/ha dan berat buah rata-rata 80 g/buah. Buah keras dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  7. Tomat F1 BETAVILA tahan virus Kuning dan keriting daun, ukuran buah besar dan untuk dataran menengah. Potensi hasil 75 ton/ha dan berat buah rata-rata 85 g/buah. Tahan pengangkutan jarak jauh.
  8. Tomat F1 TOMBATU untuk dataran rendah - menengah dan mudah perawatannya. Potensi hasil 70 ton/ha dan berat buah rata-rata 80 g/buah. Buah kuat untuk pengangkutan jarak jauh.
  9. Tomat F1 SERVO tahan virus Kuning dan Keriting daun. Untuk dataran rendah dan ukuran buah besar. Potensi hasil 70 ton/ha dan berat rata-rata 80 g/buah. Buah lebat dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  10. Tomat F1 WARANI tipe determinate untuk dataran tinggi. Tanaman kokoh, banyak percabangan dan buah seragam. potensi hasil 90 ton/ha dan berat rata-rata 115 g/buah. Buah tahan pengangkutan jarak jauh.
  11. Tomat F1 MARTA 9 tipe indeterminate untuk dataran tinggi. Potensi hasil 90 ton/ha dan berat rata-rata 120 g/buah. Tanaman kokoh dan buah tahan pengangkutan jarak jauh.


CARA MENANAM TOMAT BENIH F1 DIAMOND SEED

  1. Tomat F1 NEW IDAMAN tahan serangan virus dan tahan ditanam di daerah endemik virus. Potensi hasil 65 ton/ha dan berat rata-rata 80 g/buah.
  2. Tomat F1 DIAMONA tahan serangan virus dan layu bakteri, dapat panen di daerah endemik virus. Potensi hasil 65 ton/ha dan berat rata-rata 90 g/buah. Buah keras dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  3. Tomat F1 JOSTEN tahan virus dan keriting daun dan dapat panen di daerah endemik virus. Potensi hasil 67 ton/ha dan berat rata-rata 70 g/buah. Buah keras dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  4. Tomat F1 BONA tahan serangan virus dan dapat panen di daerah endemik virus. Potensi hasil 65 ton/ha dan berat rata-rata 70 g/buah. Buah keras dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  5. Tomat F1 IDAMAN potensi hasil 65 ton/ha dan berat rata-rata 80 g/buah. Buah keras dan tahan pengangkutan jarak jauh.

BACA JUGA : JUAL BENIH TOMAT SAKURA F1 PANAH MERAH

CARA MENANAM TOMAT BENIH F1 KNOWN-YOU SEED

  1. Tomat F1 ADELLA tahan serangan virus, keriting daun dan bercak daun. Ukuran buah besar dan untuk di dataran rendah - menengah. Potensi hasil 80 ton/ha dan berat rata-rata 100 g/buah. Buah tahan jarak jauh.
  2. Tomat Cherry F1 GOLDEN GEM tahan serangan virus dan keriting daun. Tipe indeterminate , buah lebat dan berat rata-rata 16 g/buah. Cocok di dataran menengah - tinggi.
  3. Tomat Cherry ROJITA tahan serangan virus Kuning dan keriting. Buah keras, tipe indeterminate dan berat rata-rata 20 g/buah. Buah harum dan manis, cocok di dataran menengah - tinggi.
  4. Tomat F1 FALCON tipe indeterminate, untuk di dataran menengah - tinggi. Tanaman kokoh dan tahan serangan virus. Produksi tinggi dan berat rata-rata 110 g/buah. Tahan pengangkutan jarak jauh.


CARA MENANAM TOMAT BENIH F1 TOLERAN VIRUS GEMINI

  1. Tomat F1 FORTUNA 23 cap Kapal Terbang tahan virus dan dapat panen di daerah endemik virus. Potensi hasil panen 75 ton/ha dan berat rata-rata 75 - 80 g/buah. Buah keras dan tahan pengangkutan jaraj jauh.
  2. Tomat F1 AYUNI dari Mutiara Bumi cocok di dataran menengah dan ukuran buah besar. Potensi hasil 65 ton/ha dan berat rata-rata 80 g/buah. Buah keras dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  3. Tomat F1 SYNTA dari SG Seed cocok di dataran menengah - tinggi dan ukuran buah besar. Potensi hasil panen 70 ton/ha dan berat rata-rata 90 g/buah. Buah keras dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  4. Tomat F1 ROYAL 58 cap Kapal Terbang  cocok di dataran menengah - tinggi. Potensi hasil 70 ton/ha dan berat rata-rata 85 g/buah. Buah keras dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  5. Tomat F1 SAVIRO produk SG Seed cocok di dataran menengah - tinggi. Ukuran buah besar, potensi hasil 65 ton/ha dan berat rata-rata 85 g/buah. Buah keras, tahan pecah dan pengangkutan jarak jauh.
  6. Tomat F1 ROMEO 922 produk Sakata Seed Jepang. Ukuran buah besar 110 - 120 g/buah dan cocok di dataran menengah - tinggi. Potensi hasil 70 ton/ha dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  7. Tomat F1 SIMPATI produk Sakata Seed Jepang untuk didataran rendah - menengah, berat rata-rata 70 g/buah. potensi hasil 60 ton/ha dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  8. Tomat F1 TOTI dari Aura Seed. Tipe indeterminate untuk dataran tinggi, potensi hasil 90 ton/ha dan berat rata-rata 120 g/buah. Buah lonjong dan keras sehingga tahan jarak jauh.
  9. Tomat F1 LEVANA tomat hibrida dari Takii Seed. Tipe indeterminate, tanaman kokoh dan potensi tinggi 6 kg/batang. umur panen 75 hst dan berat rata-rata 80 - 115 g/buah. Buah padat tahan jarak jauh.


CARA MENANAM TOMAT BENIH F1 BINTANG CITRA ASIA

  1. Tomat F1 TOPAN tipe determinate, cocok di dataran tinggi, bobot buah 110 - 130 g/buah. Umur panen 80 - 85 hst dan potensi hasil 60 - 80 ton/ha. Buah tahan jarak jauh.
  2. Tomat F1 VITALIA cocok di dataran rendah, ukuran buah besar, berat rata-rata 70 g/buah. Potensi hasil 70 ton/ha dan tahan pengangkutan jarak jauh.
  3. Tomat F1 NIKI tipe tanaman semi-determinate, cocok di dataran rendah - tinggi. Potensi panen 5 kg/tanaman dan berat rata-rata 110 g/buah. Buah lonjong dan keras.
  4. Tomat F1 FIESTA toleran serangan virus Kuning dan keriting. Ukuran buah besar dan cocok di dataran rendah. Potensi hasil 80 ton/ha dan berat rata-rata 80 g/buah. Buah lebat dan tahan jarak jauh.
  5. Tomat F1 NATAMA SUPER tipe indeterminate untuk dataran tinggi. Percabangan banyak, produktif dan tahan virus dan kresek. Potensi hasil 90 ton/ha dan berat rata-rata 150 g/buah. Buah tahan jarak jauh.

BACA JUGA : JUAL BENIH TOMAT HIBRIDA HARGA MURAH TERPERCAYA

CARA MENANAM TOMAT BENIH F1 TANI MURNI DAN AGROSID

  1. Tomat F1 TM VISTA produk Tani Murni tipe indeterminate untuk dataran menengah - tinggi. Umur panen 80 hst dan berat rata-rata 90 - 100 g/buah. Tahan virus, buah bulat oval, keras dan tahan jarak jauh.
  2. Tomat F1 TM MARVEL produk Tani Murni. Tipe indeterminate untuk dataran menengah - tinggi. Buah oval, berat 90 - 120 g/buah. Potensi hasil 4 - 6 kg/batang. Tahan penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh.
  3. Tomat F1 ROMANO 477 produk Agrosid. Cocok di dataran rendah - menengah, berat rata-rata 70 g/buah. Potensi hasil 60 ton/ha dan buah keras tahan pengangkutan jarak jauh.
  4. Tomat F1 AMALA produk Agrosid tipe indeterminate dan untuk dataran tinggi. Kokoh, percabangan banyak dan tahan kekurangan Kalsium. Potensi hasil 85 ton/ha dan berat 110 g/buah. Tahan jarak jauh.

BUDIDAYA TOMAT BUAH ATAU SAYUR


Artikel-artikel tentang tomat, seringkali disebut bersamaan dengan kata " buah ". Tidak pernah dengan kata " sayur ". Penulis artikel tentang cara menanam tomat menyebutnya adalah buah tomat. Perdebatan tentang apakah tomat kategori sayur atau buah, berlangsung lama dan akhirnya harus diselesaikan hingga pengadilan tingkat dunia.

Semula perdebatan tersebut tidak terlalu menjadi masalah, apakah tomat termasuk sayur atau buah. Hingga akhirnya terjadi masalah dari pajak terhadap tomat, karena buah tidak dikenai pajak namun sayur terkena pajak impor 10%.

Dari arti harfiah buah dan sayur, bahwa buah dikategorikan produk tanaman yang mengandung biji dan yang dapat dimakan. Sehingga dari definisi tersebut bahwa apapun yang tumbuh dari tanaman dan mengandung biji disebut buah. Sebutlah buah apel, semangka, kemudian masuk mentimun cabai, labu termasuk tomat.

Sedangkan Sayuran tidak harus berupa daun, karena batang yang masih muda seperti bonggol umbi, rebung, lobak dan wortel juga masuk kategori sayuran. Ada juga sayuran bunga seperti kecombrang dan turi.  Secara botani, tomat termasuk buah karena mengacu pada struktur benih tanaman berbunga.

Dari pengadilan dunia, diputuskan bahwa tomat bukanlah buah melainkan sayur. Karena secara umum mengacu pada penggunaan tomat yang sering digunakan sebagai salad, sup dan sandwich. Sebaliknya tomat tidak pernah digunakan untuk pembuatan kue seperti kue kering, kue bolu, makanan pencuci mulut dan makanan lain yang umumnya menggunakan buah.

BACA JUGA : TOMAT SERVO MENGUASAI SEEDLIMG FARM JAWA TIMUR

CARA MENANAM TOMAT BERDASARKAN SYARAT TUMBUH


CARA MENANAM TOMAT, BEBAS VIRUS, LMGA AGRO, BERBUAH LEBAT,JURAGAN TOMAT, JUAL BENIH TOMAT
CARA MENANAM TOMAT |
TOMAT BERBUAH LEBAT
Tomat juga masuk kategori buah sekaligus juga sayuran. Karena tomat sering dijadikan campuran sayur sup. Tanaman tomat dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga dataran tinggi, mulai dari 0 - 1500 m dpl, tergantung dari varietasnya. Tanaman tomat menghendaki tanah yang subur dan gembur dengan pH 5 - 5,7.

Tanaman tomat merupakan tanaman perdu yang ketinggiannya bisa mencapai hingga 3 meter bila ditanam bebas. Namun begitu dibudidayakan, tanaman tomat tingginya tak lebih dari 2 meter dan berdirinya ditopang oleh ajir atau tali agar tidak mudah roboh.

Tanaman tomat dapat tumbuh baik di lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur maupun media wadah pot atau polybag. Berdasarkan bentuk buahnya, tomat terbagi 4 golongan yang banyak beredar di pasaran.
  • Tomat buah atau tomat granola, berbentuk bulat dengan pangkal mendatar.
  • Tomat gondol berbentuk lonjong dan dijadikan bahan pembuatan saos.
  • Tomat sayur, bertekstur keras dan rasanya agak kecut.
  • Tomat cherry, berbentuk kecil rasanya manis kecut.
Cara menanam tomat sebaiknya disesuaikan dengan lokasi tempat budidaya terutama kondisi iklim daerah setempat dan ketinggian tanahnya. Agar hasil lebih maksimal, gunakan benih unggul dari produk yang dapat dipercaya. Produk benih terpercaya dapat Anda peroleh di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

PENYEMAIAN BENIH CARA MENANAM TOMAT


CARA MENANAM TOMAT, BEBAS VIRUS, LMGA AGRO, BERBUAH LEBAT
PENYEMAIAN CARA MENANAM TOMAT
Penanaman bibit tomat di lahan luas sebaiknya terlebih dahulu disemaikan sampai bibit tomat memiliki daun dan batang yang cukup kuat. Pembibitan tomat dilakukan pada media yang tidak sama dengan lahan sebenarnya. Cara menanam tomat, persemaian tomat menggunakan polybag.

Penggunaan polybag cara menanam tomat dapat meminimalisir terjadinya stress pada tanaman saat dipindahkan. Namun demikian persemaian di polybag memakan biaya yang relatif mahal. Bila persemaian dilakukan di petakan semai, hendaknya hati-hati nanti pada saat memindahkan bibit dengan cara dicabut. Lama bibit tomat disemaikan adalah sekitar 35 - 40 hari.

Bila ingin membuat persemaian cara menanam tomat di petakan bedeng, Anda buat larikan garis di atas tanah semai. Jarak antar larikan 5 cm dan dalam larikan 1 cm. Kemudian taburkan benih dalam larikan dan usahakan jangan saling bertumpuk atau beri jarak antar benih yaitu 2 - 3 cm. Tutup larikan dengan tanah dan siram secukupnya.

Cara pemindahan bibit tomat ke lahan tetap menggunakan 2 cara. Yang pertama yaitu cara pencabutan, dimana caranya sebelum benih dicabut, tanah disiram dulu dengan air agar tanah menjadi lunak. Sehingga bila akar dicabut/ditarik, tidak putus. Kedua, yaitu cara diputar, dimana mengambil bibit dengan cara diputar sambil ditarik dan disertakan tanah disekitarnya.

Cara persemaian polybag/pot cara menanam tomat yaitu membuat lubang semai di tengah media sedalam 1 cm. Benamkan benih tomat satu butir setiap polybag dan tutup kembali dengan tanah. Cara memindahkan bibit yaitu merobek polybag dan masukkan tanaman beserta tanahnya ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan di lahan.

PENGOLAHAN TANAH CARA MENANAM TOMAT


Keasaman tanah cara menanam tomat yang ideal adalah 5,5 - 7, bila saat dicek pH meter kurang dari 5,5 ( tanah terlalu asam ), maka tambahkan kapur Dolomit atau kapur pertanian. Disini manfaat pengapuran selain dapat menaikkan pH tanah juga untuk memperbaiki struktur tanah. Dosis pemberian disesuaikan dengan tingkat pH tanah.

Setelah dilakukan pengapuran, bajak atau cangkullah tanah hingga menjadi gembur. Bentuklah tanah menjadi bedengan yang tingginya 30 cm, lebar 1 meter dan panjang lahan sesuai luas lahan. Jarak antar bedengan dibuat antara 30 - 40 cm. Setelah selesai membuat bedengan, diamkan tanah selama ± 1 minggu.

Setelah 1 minggu lewat, berikan bedengan pupuk dasar tanaman tomat. Pupuk dasar cara menanam tomat yang digunakan adalah pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 20 ton/ha. Berikan merata di semua bedengan pada  permukaan bedengan.

Agar tanah kaya unsur Phospor, tambahkan pupuk TSP kira-kira 5 g/tanaman. Bila Anda menginginkan menanam tomat organik, maka jangan ditambahkan pupuk TSP. Tetapi dosis pupuk organiknya yang lebih banyak yaitu kira-kira 30 - 40 ton/ha. Selanjutnya bedengan dapat dibiarkan selama 1 minggu agar pupuk menyatu dengan tanah dibantu oleh air hujan atau air penyiraman.

Selanjutnya gunakan mulsa plastik hitam perak untuk menutup bedengan. Bedengan yang tertutup mulsa sangat berguna terutama saat musim kemarau. Mulsa plastik dapat mempertahankan kelembaban tanah, menekan pertumbuhan gulma dan agar buah tomat tetap bersih tidak menyentuh tanah. Biarkan kembali tanah selama 1 minggu sebelum ditanami.

PEMINDAHAN BIBIT CARA MENANAM TOMAT


Satu hari sebelum pemindahan bibit ke lahan tetap, buatlah lubang tanam di permukaan mulsa plastik. Lubang tanam dibuat menggunakan alat pelubang mulsa yang dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Alat lubang mulsa terdapat dua jenis dengan diameter yang berbeda, bila untuk lubang tanam diameter lebih besar. Diameter yang lebih kecil digunakan untuk lubang pupuk.

Lubang tanam cara menanam tomat dibuat dengan 2 lajur tiap bedengan. Jarak antar lajur 70 - 80 cm dan jarak antar lubang dalam satu lajur adalah 40 - 50 cm. Kedalaman lubang tanam 5 - 7 cm. Sebelum bibit tomat dipindahkan, siram lubang tanam hingga basah.

Pilih bibit tomat yang baik dan sehat dan sebelum bibit dipindahkan, siram polybag hingga cukup basah untuk memudahkan dalam pemindahan nanti. Sobek plastik polybag dan keluarkan bibit tomat beserta tanahnya dengan hati-hati. Masukkan bibit pada lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya lalu ratakan dengan tanah sekitar.

Begitu juga untuk bibit yang disemaikan di petakan, masukkan tanaman dan timbun dengan tanah bekas galian lubang. Setelah bibit dipindahkan, siram dengan air untuk menjaga kelembabannya.

PERAWATAN DALAM CARA MENANAM TOMAT


Tanaman tomat merupakan tanaman yang sensitif dan perlu perawatan yang intensif. Teknik budidya tanaman tomat harus dilakukan dengan baik dan benar karena tanaman tomat sangat rentan terhadap hama dan penyakit terutama di dataran rendah.
  1. Penyulaman cara menanam tomat berfungsi untuk mengganti tanaman yang gagal tumbuh, mati atau tumbuh abnormal. Kadangkala bibit tiba-tiba rebah setelah dipindahkan bisa karena cuaca atau penyakit. Tindakan penyulaman dilakukan setelah 1 minggu tomat dipindahkan. Caranya dengan mencabut tanaman yang tampak tidak sehat karena kuning/layu serta yang mati. Ganti dengan bibit yang masih segar. Sediaan bibit harus sebanyak 10% dari kebutuhan bibit tomat.
  2. Penyiangan cara menanam tomat dilakukan 3 - 4 kali selama musim tanam. Bila areal tanam yang tertutup mulsa plastik, penyiangan lebih jarang lagi dilakukan. Penyiangan bertujuan untuk menghilangkan gulma yang tumbuh karena gulma dapat mengganggu tanaman utama. Terjadi persaingan merebutkan nutrisi tanah antara gulma dengan tanaman utama. Gulma juga dapat menjadi tanaman inang hama vektor pembawa penyakit.
  3. Pengairan pada cara menanam tomat tidak terlalu banyak membutuhkan air tetapi jangan sampai kekurangan. Pengairan yang berlebihan menyebabkan pertumbuhan vegetatif yang subur tetapi menghambat pertumbuhan generatif tanaman tomat. Sebaliknya pengairan yang kurang menyebabkan pecah pada buahnya. Pengairan yang kurang juga menyebabkan rontoknya bunga. Yang diperhatikan adalah saluran drainase yang tidak membuat air menggenang di sekitar areal tanaman. Dan usahakan jangan sampai tanah retak karena kekeringan.
  4. Ajir cara menanam tomat dipasangkan 3 - 4 hari setelah pemindahan bibit. Pemasangan ajir bertujuan untuk mengikat tanaman agar tidak mudah roboh. Ajir dibuat dari bambu yang panjangnya 1,5 - 2 meter dan ditancapkan pada jarak 10 - 20 cm dari tanaman. Ajir ditancapkan tegak atau miring yang ujungnya diikatkan dengan ajir lain yang berdekatan. Pengikatan ujungnya agar ajir kokoh tidak mudah roboh.


PEMUPUKAN CARA MENANAM TOMAT AGAR BUAH LEBAT


CARA MENANAM TOMAT, PUPUK NPK, BERBUAH LEBAT, JUAL BENIH TOMAT, LMGA AGRO
PUPUK NPK |
CARA MENANAM TOMAT
Pemupukan cara menanam tomat diberikan dengan sistem kocor atau ditabur. Pupuk susulan adalah pupuk yang diberikan setelah pemindahan bibit sampai tanaman berproduksi. Pemupukan pertama diberikan pada umur 10 - 15 hst dan dilakukan setiap 7 - 30 hari sekali.

Untuk bedengan tanaman tomat yang tidak menggunakan mulsa, pupuk diberikan dengan cara ditabur dengan jarak 10 cm dari pangkal batang. Semakin bertambah umur tanaman, tentang pemberian pupuk semakin jarang. Hal ini untuk mencegah terjadinya keracunan pada tanaman dan akar tanaman yang membusuk. Meskipun tidak sampai menyebabkan tanaman mati namun dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Jika tidak menggunakan mulsa, setelah penaburan pupuk dilakukan pendangiran. Pendangiran adalah menutup pupuk dengan tanah supaya tidak terhanyut oleh air hujan dan menguapnya pupuk ke udara. Pendangiran juga sekaligus dapat menghambat pertumbuhan gulma.

Pemupukan cara menanam tomat menggunakan sistem kocor sebaiknya dilakukan pada sore hari. Pemupukan pertama sebanyak 3 - 5 kg NPK per 1000 tanaman. Pupuk NPK dilarutkan air sebanyak 500 liter dan setiap pohon dikocorkan 500 ml larutan. Pemupukan selanjutnya diberikan 1 minggu sekali dengan penambahan dosis secara berkala.

Terdapat 2 jenis cara pemupukan yaitu pemupukan susulan/tambahan untuk tomat organik dan pemupukan untuk tomat anorganik.

Cara menanam tomat Organik, semprotkan pupuk Organik Cair kandungan Kalium tinggi. Diberikan saat tanaman akan berbunga dan berbuah ( fase generatif ). Penyemprotan dilakukan setiap minggu.

Yang menjadi catatan adalah bahwa pemberian pupuk organik cair harus diencerkan terlebih dahulu, yaitu 1 liter pupuk cair dengan 100 liter air. Juga konsentrasi pupuk cair tidak dianjurkan melebihi 2%. Selain menggunakan pupuk organik cair, juga menambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos setelah tanaman berumur 2 - 3 minggu sebanyak  satu genggam tangan per tanaman.

Cara menanam tomat anorganik, pemberian pupuk pada umur 1 minggu. Berikan campuran Urea dan KCl dengan perbandingan sama 1 : 1 sebanyak 1 - 2 g/tanaman. Setelah umur 2 - 3 minggu berikan kembali ZA dan KCL sebanyak 5 g per tanaman.

Bila pada umur 4 minggu tanaman tampak kurang gizi, berikan ZA dan KCl sebanyak 7 g/tanaman. Pemberian pupuk Urea dan KCl usahakan jangan mengenai tanaman.

PEMUPUKAN NPK MUTIARA CARA MENANAM TOMAT


CARA MENANAM TOMAT, PUPUK NPK, PUPUK MUTIARA, NPK MUTIARA, LMGA AGRO
PUPUK MUTIARA |
CARA MENANAM TOMAT
Pemberian pupuk NPK Mutiara dapat dipilih untuk diberikan pada cara menanam tomat. Pemberian dengan jarak 8 - 10 cm. Pemberian 1 bulan sekali. Pendangiran dilakukan setiap kali selesai pemupukan. Aplikasi pemupukan dengan cara ditabur sebaiknya dilakukan setelah penyiraman atau setelah turun hujan. Pemupukan NPK Mutiara dengan cara ditabur di lahan persis di dekat akar tanaman. Satu tanaman diberikan 1 sendok pupuk.

Pupuk NPK Mutiara cara menanam tomat sistem kocor pada pemupukan pertama dengan melarutkan 1 kg pupuk NPK Mutiara dengan 100 liter air. Kemudian dikocorkan sebanyak 250 ml per batang tanaman. Dosis pupuk yang diaplikasikan sistem kocor dinaikkan sedikit demi sedikit sesuai pertumbuhan dan umur tanaman.

Pupuk NPK Mutiara sistem kocor dilakukan setiap 7 - 10 hari sekali karena pemberian pupuk dengan cara dikocor mudah sekali habis karena akar tanaman segera menyerap. Sehingga aplikasi pemberian perlu dilakukan lebih sering.

Pemberian pupuk NPK Mutiara cara menanam tomat juga bisa diselang seling dikombinasi dengan jenis pupuk lain. Sebagai contoh, pada 4 minggu pertama sejak pemindahan bibit, beri pupuk NPK Mutiara. Pada minggu ke-6 dan ke-7 bisa diberikan pupuk ZA, TSP, KCl atau Phonska.

BACA JUGA : TOMAT SERVO ANDALAN PETANI DAN PEDAGANG SAYUR

PEMANGKASAN CARA MENANAM TOMAT


Sebelum melakukan pemangkasan cara menanam tomat, ketahui dulu jenis tomat yang Kita tanam apakah tipe determinate atau indeterminate. Tipe semi-determinate masuk pada golongan determinate.

Tipe tomat indeterminate merupakan tipe tomat yang menjalar sehingga pemangkasan ditujukan untuk menghilangkan tunas dan daun yang tidak diinginkan agar aliran nutrisi menuju ke pembentukan buah tomat. Tipe tomat determinate, pemangkasan yang berlebihan justru baik bagi produksi tanaman nantinya.

Jadi yang perlu dilakukan pemangkasan adalah tomat indeterminate karena tipe merambat dan harus diberi ajir agar dapat berdiri tegak. Pemangkasan cara menanam tomat juga perlu dilakukan agar tanaman dapat berproduksi maksimal.

Tipe tomat determinate mampu menopang dirinya sebelum menjadi semak. Secara alami, tanaman tipe ini memfokuskan nutrisi yang diserap untuk pembentukan buah dan tanpa terlalu banyak dilakukan pemangkasan.

Pemangkasan pada tomat indeterminate dilakukan pada cabang kecil yang baru tumbuh diantara cabang dan batang. Cabang kecil ini berbentuk tunas batang yang harus dihilangkan, karena bila dibiarkan maka nutrisi akan mengalir ke pertumbuhan tunas tersebut sehingga buah yang muncul akan sedikit. Sehingga akan diperoleh buah tomat yang berukuran besar.

Pemangkasan sederhana cara menanam tomat dilakukan dengan memangkas tunas cabang yang masih muda dan lentur. Menggunakan jari tangan dan ibu jari lalu tunas diputar hingga terpotong. Luka yang ditimbulkan sangat kecil sehingga dalam waktu singkat akan segera menutup.

Pemangkasan buah tomat indeterminate, dimana cabang yang tumbuh pada batang utama di atas tandan bunga pertama. Sisakan 4 - 5 tandan buah saja agar didapatkan buah yang besar dan sehat. Pertahankan 4 - 5 buah yang sehat dan pangkaslah semua tunas samping, biarkan tunas terminal atau tunas bagian atas tanaman.

PENYEMPROTAN PESTISIDA CARA MENANAM TOMAT


CARA MENANAM TOMAT, PESTISIDA, FUNGSIDA, JUAL BENIH TOMAT, LMGA AGRO
FUNGISIDA |
CARA MENANAM TOMAT
Penyemprotan pestisida selalu menjadi cara yang cepat dilakukan petani begitu melihat ada gejala tanamannya yang sakit atau menemukan ada hama di areal kebun mereka. Pengendalian menggunakan pestisida harus bijak, sesuaikan dengan petani-petani disekitar kita, riwayat penyemprotan dan sesuai petunjuk pada kemasan produk. Apalagi bila cara menanam tomat yang sengaja untuk sayuran organik.

Pemberantasan hama dan penyakit cara menanam tomat tidak hanya mengandalkan pemakaian pestisida saja. Pestisida bersifat hanya sementara dan bersifat jangka pendek. Setelah penyemprotan, beberapa hari saja hama dan penyakit tetap menyerang bahkan lebih resisten terhadap pestisida.

Dosis pestisida yang ditingkatkan dapat efektif tapi tidak berlangsung lama. Pengaruhnya bagi kesuburan tanah juga kurang baik juga dapat menaikkan biaya produksi. Cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan pestisida secara bijak. Dengan memilih bahan aktif yang ringan dulu kemudian berganti bahan aktif yang gradenya lebih tinggi sesuai kondisi tanaman.

Dalam mengendalikan hama dan penyakit cara menanam tomat tetap menggunakan prinsip Pengendalian Hama terpadu. Pengendalian Hama Terpadu terdiri dari dimulai pemilihan bibit unggul dan varietas yang sesuai, benih yang tahan penyakit, pemakaian pupuk yang tepat dan berimbang, melakukan rotasi tanaman dan memanfaatkan predator alami hama. Memanfaatkan tanaman pengusir hama dan melakukan penyemprotan secara kimia sintetis atau  alami.

BACA JUGA : TIPS MENGATASI LAYU PADA TANAM TOMAT

JENIS HAMA CARA MENANAM TOMAT DAN PENGENDALIANNYA

  1. Ulat buah ( Heliothis armigera ) menyerang buah hingga busuk dan berlubang. Pengendalian menggunakan insektisida bahan aktif karbosulfan, deltametrin atau betasiflutrin.
  2. Thrips menyerang daun muda hingga daun keriting. Pengendalian menggunkan insektisida bahan aktif abamektin.
  3. Kutu kebul merupakan hama vektor pembawa virus Kuning, penyebab penyakit Bulai. Pengendalian terhadap kutunya menggunakan insektisida bahan aktif abamectin. Atau menggunakan benih tahan virus Gemini.
  4. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon ), menyerang dan merusak tanaman muda dengan menghabiskan batang dan tangkai daun. Pengendalian menggunakan insektisida bahan aktif dazomet.
  5. Lalat Buah ( Bactrocera sp. ) menyerang dengan cara menyuntikkan telurnya ke buah tomat dan telur akan menetas mengeluarkan larva. Larva inilah penyebab busuknya buah. Pengendalian menggunakan perangkap lalat buah.
  6. Kutu Daun ( Aphids ) adalah hama kutu penghisap berwarna hijau. Merupakan hama vektor pembawa virus. Pengendalian dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan kebun dari gulma. Pengendalian dengan penyemprotan akarisida bahan aktif abamectin.


JENIS PENYAKIT CARA MENANAM TOMAT DAN PENGENDALIANNYA

  1. Busuk Daun penyebabnya adalah Phytopthora infestans. Gejala : bercak hitam dan akhirnya menjadi kering dan busuk. Pengendalian menggunakan fungisida bahan aktif mankozeb.
  2. Layu Fusarium disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporium. Gejala : tulang daun berwarna pucat, tangkai terkulai, tanaman menjadi layu lalu mati. Pencegahan Layu Fusarium yaitu pemberian Trichoderma saat pengolahan tanah dan penggunaan benih tahan layu.
  3. Layu bakteri ( Pseudomonas solanacearum ). Gejala : layu pada pucuk tanaman atau daun tua menguning. Jika batang dipotong akan tampak lendir berwarna putih. Pengendalian mekanis dengan melakukan pergiliran tanaman yang bukan dari satu famili dan menggunakan benih yang tahan bakteri.
  4. Mosaik ditandai adanya mosaik pada daun. Pengendalian dengan cara mencabut dan membakar tanaman yang terkena mosaik agar tidak menularkan ke tanaman lain.
  5. Busuk buah disebabkan oleh cendawan. Pengendalian dengan cara melakukan pergantian tanaman, selalu menjaga kebersihan kebun dan mencabut lalu membakar tanaman yang terserang. Bila serangan parah, lakukan penyemprotan fungisida bahan aktif mankozeb atau kaptafol.
  6. Bercak Daun disebabkan oleh cendawan Cercospora capsici. Daun yang terserang cendawan ini tampak bintik-bintik bulat dan berwarna hitam kecoklatan. Selanjutnya daun akan menguning dan akhirnya rontok. Pengendalian yang dilakukan secara mekanis yaitu membuang dan memusnahkan bagian yang yerserang.
  7. Tomato Yellow Leaf Curl Virus ( TYLCV ) atau virus kuning dan keriting pada daun seperti penyakit bulai pada tanaman cabe. Gejala daun yang terinfeksi akan mengkerut atau keriting dan berwarna kuning. Penyakit ini ditularkan kutu kebul sehingga pengendalian dilakukan pada hama kutu kebul.


WAKTU PEMANENAN CARA MENANAM TOMAT


CARA MENANAM TOMAT, PANEN TOMAT, BUDIDAYA TOMAT, JURAGAN TOMAT, LMGA AGRO
BUAH TOMAT |
CARA MENANAM TOMAT
Waktu pemanenan cara menanam tomat pada umur 60 - 100 hst tergantung dari varietasnya. Buah tomat yang dipanen adalah yang sudah matang atau saat masih berwarna hijau. Penentuan waktu panen berdasarkan umur kadangkala kurang efektif, sebaiknya gunakan pengamatan fisik untuk menentukan waktu panen.

Panen buah tomat dilakukan setiap 2 - 3 hari dalam satu musim dan pemanenan dilakukan hingga 10 - 15 kali tergantung dari kondisi tanaman. Buah tomat yang siap dipanen apabila kulit buah sudah berubah dari hijau menjadi kekuning-kuningan. Bagian tepi daun menguning dan bagian batang mengering.

Pemetikan waktu pemanenan cara menanam tomat hendaknya dilakukan pagi atau sore hari karena pada siang hari tanaman masih melakukan fotosintesis. Saat siang hari, penguapan pada tanaman sedang sangat tinggi-tingginya sehingga buah tomat yang dipetik akan cepat layu.

Budidaya tanaman tomat di Indonesia rata-rata produktivitasnya mencapai 15,84 ton/ha. Namun demikian beberapa varietas dapat mencapai sampai 25 - 30 ton/ha.

Panen tomat sekarang bisa di jual dengan mudah di pasar Induk sayur. Juragan tomat bisa di temui di pasar induk. Juragan tomat bisa menampung hasil panen budidaya tomat dalam jumlah besar. Bahkan juragan tomat yang besar bisa menjual buah tomat puluhan ton dalam sehari untuk di jual di berbagai wilayah.

Juragan tomat di beberapa sentra budidaya tomat juga membelikan benih yang berbuah lebat serta tahan kutu kebul ( gemini virus ).  Hal ini bertujuan agar juragan tomat mempunyai pasokan buah tomat saat panen dari petani.

Demikian artikel tentang Cara Menanam Tomat Buah Lebat Bebas Virus. Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih tomat, hubungi Pak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Juga tersedia benih-benih sayuran dan buah hibrida lain, juga jenis-jenis pupuk dan pestisida dan alat-alat pertanian pendukung bercocok tanam Anda.

BACA JUGA : JUAL BENIH TOMAT SERVO MURAH BARANG TERJAMIN

Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani juga konsultasi gratis mengenai cara menanam tomat dan budidaya sayur dan buah lain. Silakan menghubungi kami melalui kontak person di atas, kami siap mengantar pesanan  Anda dengan cepat dan tepat waktu sampai pada alamat Anda bersama jasa ekspedisi seperti JNE, POS dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...