TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/01/14

6 Cara Budidaya Gambas Esenza Hibrida Cap Kapal Terbang

Oyong, Gambas, Sayuran Oyong, Olahan Oyong, Lmga Agro, Toko Pertanian
Budidaya Gambas Ezenza Hibrida Cap Kapal Terbang. Raih sukses dari peluang usaha agribisnis berkebun sayuran oyong terbaru ini.

Gambas Esenza adalah produk PT Bisi Inernational. Oyong Ezensa adalah salah satu produk terbaik dari PT Bisi International Tbk Kediri. 

Tanaman gambas ini sudah toleran virus gemini yang kini jadi masalah utama petani. 

Gambas hibrida Esenza ini cocok untuk dataran rendah sampai menengah. 

Oyong gambas ini punya warna hijau gelap hingga jadi favorit pedagang pasar induk sayur. Apakah anda berminat meraih pelung usaha budidaya gambas Esenza??

Pahami dengan benar cara menanam gambas mulai dari awal, perawatan hingga panen sehingga produksi anda akan tinggi. 

Ikuti ulasan dari team toko pertanian Lmga Agro tentang 6 Cara Budidaya Gambas Ezensa Hibrida Cap Kapal Terbang hingga akhir materi sehingga anda akan paham semua.

Sayuran oyong kini permintaan terus naik dari berbagai lini pasar. Mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern seperti hypermarket hingga hotel. 

Makanya tidak salah kalau petani dalam usaha berkebun sayuran gambas ini terus bertambah secara luasan. 

Berbagai olahan makanan bisa kita peroleh dari sayur oyong ini. Mulai dari  sayur bening oyong, sayur asem hingga hanya rebus saja. 

Kini resep oyong untuk berbagai olahan bisa anda lihat secara visual lewat You Tube. Bahkan dengan berbagai olahan bisa anda dapatkan lewat website olahan makanan seperti Cookpad.

Manfaat oyong juga sangat baik bagi kesehatan dalam jaga kebugaran tubuh kita. Hal ini tidak lepas karena kandungan vitamin hingga mineral yang cukup banyak serta lengkap.

Saat ini banyak petani yang tertarik untuk menam gambas, karena nilai ekonomisnya yang tinggi serta mudahnya perawatan tanaman gambas. 

Tanaman gambas Esenza kini sudah bisa kita temukan pada berbagai daerah penanaman hortikultura. Harga bibit gambas Esenza yang murah dengan kualitas terbaik kini jadi favorit berkebun petani.

Berkebun hingga budidaya gambas Esenza Cap Kapal Terbang terbukti memiliki hasil yang tinggi dengan tanaman sudah tahan hama penyakit. Rev. 25/09/22.

6 Cara Budidaya Gambas Esenza Terbaru


1. Pengolahan tanah


Pengolahan tanah pada budidaya gambas Esenza dapt dilakukan dengan cara :

A. Sistem lubang tanam; yaitu dengan membuat lubang tanam. Ukuran 200 cm x 60 cm atau 200 x 100 cm.

B. Sistem guludan; yaitu dengan mencangkul tanah sampai gembur. Lalu kita gulud dengan ukuran lebar 60 cm, tinggi 30 cm. Panjang sesuai panjang lahan dan dengan jarak antar gulud 140 cm.

C. Sistem bedengan; yaitu tanah kita cangkul hingga gembur kemudian. Bedengan kita buat dengan ukuran lebar 260 cm. Panjang sesuai lahan dengan jarak lubang tanam 200 x 60 cm atau 200 x 100 cm.

Siapkan lahan untuk budidaya gambas Esenza dengan benar sehingga anda akan panen dengan hasil yang memuaskan.

2. Penanaman


Benih gambas hibrida Esenza dapat kita tanam langsung atau melalui persemaian. Persemaian menggunakan kantung plastik diameter 5 cm yang diisi 1 - 2 benih/kantung. 

Media untuk persemaian adalah pupuk kandang campur tanah dengan perbandingan 1:1. Bibit dapat kita pindah ke lapang pada umur 15 hingga 21 haru atau setelah berdaun 2 hingga 3 helai. 

Jika benih kita tanam secara langsung, benih kita masukkan ke lubang tanam 2 hingga 3 benih/lubang tanam kemudian tutup dengan tanah setebal 1 - 2 cm.

Pastikan anda pindah tanam saat budidaya gambas Ezenza pada pagi mulai jam 06.00 hingga 09.30 jika belum selesai teruskan jam 15.00 - 17.00.

3. Pemupukan


Pupuk yang kita gunakan selain pupuk kandang 1 - 2 kg/lubang tanam. Untuk NPK 300 kg/ha dan Urea 100 kg/ha untuk satu musim tanam. 

Pemupukan kita lakukan pada saat tanam dan pada umur 2, 4, 6 dan 8 minggu setelah tanam dengan dosis seperlima takaran dari dosis yang dianjurkan.

Gunakan pupuk terbaik dengan nutrisi seimbang agar tanaman gambas Ezensa memberi hasil yang terbaik. 

Jika anda ada kesulitan cara budidaya gambas Esenza hibrida Cap Kapal Terbang silakan hubungi team kami.

4. Pemeliharaan


Tanaman gambas Hibrida Esenza membutuhkan para - para untuk rambatan. Para - para kita pasang saat tanaman berumur 10 - 15 hari setelah tanam. 

Pemeliharaan dilakukan dengan pemangkasan, penyiangan dan penyiraman. Aktivitas pemangkasan kita lakukan terhadap tunas samping yang tidak produktif 1 hingga 5. Serta ruas utama setelah 30 ruas.

Lakukan penyiangan pada sekitar tanaman oyong yang kita tanam. Jaga jangan sampai dan rumput liar yang tumbuh. 

Gulma yang tidak kita kendalikan akan jadi pengganggu hingga menyebarkan penyakit bagi tanaman. Juga membuat kebutuhan pupuk hingga pestisida akan meningkat ( bengkak ).

Jaga selalu kebutuhan air tanaman agar selalu dalam kondisi cukup. Tanaman oyong termasuk membutuhkan air dalam jumlah banyak. Hal ini tidak lepas dari ukuran dan yang lebar. 

Jika saat budidaya oyong kita kekurangan air maka tanaman akan kerdil, persen bunga jadi buah rendah. Bahkan akan muncul buah yang pendek serta bengkok.

Pengairan bisa kita lakuan seminggu 2 kali jikadalam keadaan panas. Namun jikan kondisi kita tanam saat musim penhujan sesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada.

Pastikan lingkungan tempat budidaya gambas Ezensa F1 anda sesuai dengan standart kebutuhan tanaman. Sehingga akan bisa mendukung produktivitas benih.

5. Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)


OPT yang banyak menyerang gambas diantaranya lalat buah, antraknose, layu bakteri dan virus.  Kenali setiap gejala yang ada sehingga akan tepat dalam setiap tindakan pencegahan hingga pengobatan.

Untuk mencegah serangan lalat buah bisa menggunakan petrogenol atau dengan membungkus buah gambas dengan plastik. 

Sedangkan untuk OPT yang lain, bila kita perlukan penggunaan pestisida hendaknya tepat dalam pemilihan jenis, dosis, cara hingga volume semprotnya.

Jika anda mengalami kesulitan silakan hubungi team toko pertanian Lmga Agro. Kami siap memberi solusi terbaik bagi anda.

6. Panen


Gambas hibrida Esenza dapat kita panen mulai umur 40 hari setelah pindah tanam. Warna buahnya hijau dengan rasa agak manis, Gambas Ezensa memiliki potensi hasil 40 ton/ha.

Gunakan  karung net untuk kemas hasil panen, sehingga bisa menekan kerusakan. Isi dengan berat maksimal 50 Kg agar tetap aman.

Pastikan anda melakukan sortasi terhadap buah gambas yang kita panen. Pisahkan kualitas barang sesuai ukuran hingga grade yang ada. Sehingga kita bisa jual dengan harga yang berbeda pula.

Demikian tulisan sekilas tentang 6 cara budidaya gambas Esenza hibrida Cap Kapal Terbang ini. Semoga bermanfaat hingga bisa menambah rendemen hasil saat anda berkebun tanaman oyong.

Jika anda membutuhkan benih oyong / gambas esenza terbaru dengan kualitas terbaik segera hubungi toko pertanian Lmga Agro.

Team mandiri online Lmga Agro siap kirim ke seluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang hingga uang anda kembali 100 %.

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.