TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

25/11/20

Fungsi EM4 Bagi Kesuburan Tanah dan Meningkatkan Hasil Panen

fungsi em4, pupuk cair, pupuk organik, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Fungsi EM4 Pertanian

Fungsi EM4 Bagi Kesuburan Tanah dan Meningkatkan Hasil Panen. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam baik lahan luas maupun di pekarangan rumah. Tersedia benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida dan lain-lain.

Kami melayani konsultasi gratis pertanian termasuk tentang fungsi EM4 dalam bercocok tanam. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Dibantu oleh jasa pengiriman barang cepat dan pasti sampai tujuan. Yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya. 

Fungsi EM4 untuk bercocok tanam dapat meningkatkan kesuburan tanah. Bila kesuburan meningkat maka tanaman tumbuh baik dan hasil panen akan meningkat. Fungsi EM4 sebagai zat pengatur tumbuh ( ZPT ) tanaman agar hasil panen bisa maksimal. 

Larutan EM4 memiliki banyak manfaat dan kegunaan dalam bercocok tanam. Fungsi EM4 dapat meningkatkan kesuburan tanah sehingga hasil panen menjadi maksimal. EM4 biasa ditambahkan untuk pembuatan pupuk organik.

Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan petani seperti pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Fungsi EM4 baik untuk memperbaiki sifat tanah sekaligus menyehatkan tanaman. Larutan Zat pengatur tumbuh EM4 sangat cocok untuk tanaman perkebunan , hortikultura, pangan dan palawija. 

Toko pertanian online LMGA Agro telah berpengalaman sebagai distributor pertanian. Bertahun-tahun dipercaya petani dan toko pertanian. Produk lengkap dan berkualitas terbaik. Kami juga mengajak kerjasama online sebagai dropship atau reseller pertanian. 


Fungsi EM4 Bagi Pertanian   


EM4 berbentuk larutan dari hasil fermentasi dalam tanah dan dari hasil seleksi alam mikroorganise. Fungsi EM4 adalah sebagai zat pengatur tumbuh ( ZPT ) produk dari PT Songgolangit Persada. 

Fungsi EM4 di dalamnya mengandung bakteri fermentasi Genus Lactobaccilus. Selain itu mengandung jamur fermentasi Actinomycetes, bakteri Fotosintetik dan bakteri pelarut Fosfat. EM4 mengandung ragi untuk memfermentasi bahan organik menjadi unsur hara bagi tanah. 

Fungsi EM4 dapat meningkatkan kesuburan tanah dan produktivitas tanah. Fungsi EM4 juga dapat memperbaiki sifisik dan biologi tanah sehingga dapat menyehatkan tanaman. EM4 cocok diberikan untuk semua jenis tanaman karena tidak beracun dan tidak mencemari lingkungan. 

EM4 berupa bentuk cairan berisi campuran beberapa mikroorganisme hidup. Fungsi EM4 berguna untuk proses penguraian dalam tanah dan mendukung ketersediaan unsur hara tanah. 

Bentuk EM4 cairan berwarna kecoklatan dan beraroma segar. Fungsi EM4 dapat dipakai pada tanaman cabe, padi, pepaya, sayuran bawang merah hingga tanaman karet, jahe dan tanaman hias. 

Fungsi EM4 bukanlah sebagai pupuk tanaman. Namun Fungsi EM4 merupakan bahan untuk mempercepat proses pembuatan pupuk organik. Fungsi EM4 untuk meningkatkan kualitas dari pupuk organik itu sendiri. 

Di bidang pertanian, fungsi EM4 biasanya diaplikasikan dalam pembuatan pupuk organik, seperti kompos, bokashi dan pembuatan pupuk organik cair ( POC ). Bokashi adalah pupuk organik seperti kompos. Pembuatan bokashi sebaiknya ditambahkan cairan EM4 karena manfaatnya banyak sekali.

EM4 ditambahkan pada pembuatan bokashi adalah untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Meskipun bahan organik dalam pupuk bokashi belum terurai namun bila ditambahkan larutan EM4 dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. 

Saat bokashi diberikan pada tanah, bahan organik dalam bokashi digunakan sebagai substrat mikroorganisme. Kerja mikroorganisme dapat berkembang biak dalam tanah sekaligus menambahkan unsur hara dalam tanah dan baik bagi tanaman.  


Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Organik Bokashi Anti Layu


Fungsi EM4 Dimanfaatkan Untuk Usaha Pertanian


fungsi em4, pupuk organik cair, pupuk kompos, jual pupuk berkualitas, toko pertanian, toko online, lmga agro
EM4 Meningkatkan
 Hasil Panen

Banyak petani mulai mencoba membuat pupuk organik berkualitas dengan ditambahkan larutan EM4. Bila pupuk berhasil dibuat dan disukai banyak orang, maka tidak mungkin pesanan untuk dibuatkan pupuk menjadi meningkat. 

Toko pertanian online LMGA Agro jual larutan EM4 berkualitas. Larutan EM4 dapat dipakai langsung atau dikocorkan pada media yang akan difermentasi. Namun bila dipakai untuk skala besar atau banyak, fungsi EM4 perlu perkembangbiakan kembali. Tujuannya agar EM4 berjumlah banyak dan lebih hemat biaya.  

Perkembangbiakan bakteri EM4 menggunakan bahan-bahan berharga murah dan mudah mendapatkannya. Bahan dan alat yang dipakai antara lain :

- 200 ml bakteri EM4 ( 1 gelas mineral )

- 1/2 kg dedak halus

- 50 gr gula merah

- 50 gr terasi

- 1 liter air

- Alat : Panci, botol air mineral 1500 ml, corong, saringan teh, gayung dan ember plastik dan tutupnya.

Proses pembiakan larutan EM4, pertama rebus air dalam panci ( 1 liter ) sampai mendidih. Masukkan EM4, terasi, dedak halus dan gula merah diiris dalam air dan diaduk-aduk. Setelah semua larut, panci diangkat dan didinginkan. 

Setelah larutan dingin, masukkan ke ember plastik dan aduk kembali lalu tutup selama 2 hari. Setelah 2 hari, buka ember agar udara masuk dan larutan diaduk. Tutup kembali selama 2 hari dan setelah 4 hari larutan sudah jadi dan dapat digunakan. 

Sebelum digunakan, disaring dulu dan tampung dalan botol air mineral 1500 ml. Ampasnya dapat dipakai untuk membiakkan EM4 berikutnya. Caranya ditambahkan air natang yang dingin, beri gula merah ( 1 liter air + 50 gram gula merah ).


Baca Juga : Pupuk Organik, Komponen Pertanian dari Bahan Alami


Fungsi EM4 Membuat Pupuk Organik dari Kotoran Ternak


Fungsi EM4 juga dapat dimanfaatkan membuat pupuk organik dengan bahan dasar kotoran ternak. Menggunakan fungsi EM4, limbah kandang berupa kotoran ternak kambing, sisa pakan difermentasi menjadi kompos/bokashi. 

Limbah kandang berupa kotoran kambing ditambah sisa pakan ternak dan urine kambing dikumpulkan dan diolah menjadi bokashi. Kotoran kambing lalu menggunakan fungsi EM4 dan diolah menjadi bokashi. 

Setelah menjadi bokashi, bila ingin dipasarkan dapat dikemas lalu diberi label. Cara ini berhasil dan disukai banyak hobiis tanaman, petani dan pengusaha tanaman. Bokashi dari bahan kotoran kambing dan menggunakan teknologi fungsi EM4 menjadi produk yang berkualitas. 

Pupuk organik menggunakan teknologi fungsi EM4 memiliki berbagai kelebihan. Antara lain unsur hara lengkap, kaya bahan organik dan mampu meningkatkan kesuburan tanah. Pupuk organik ditambahkan larutan EM4 memiliki aroma wangi khas fermentasi, tidak berbau busuk meski bahan dari kotoran ternak. 

Kotoran kambing diolah menjadi kompos organik menggunakan fungsi EM4 yang aman bagi pemakai dan lingkungan. Bahannya menggunakan 80% kotoran kambing, ditambah merang, dedak, arang sekam dan bahan lainnya. 

Bahan lalu difermentasi menggunakan cairan EM4 menjadi larutan kaya kandungan unsur hara makro dan mikro. Selain itu terdapat senyawa organik, Asam Humat dan berfungsi pemacu pertumbuhan sekaligus meningkatkan kualitas dan kesehatan tanah.



Fungsi EM4 Bagi Tanah dan Tanaman


fungsi em4, pupuk organik, kompos, bokashi, jual pupuk berkualitas, toko pertanian, toko online, lmga agro
EM4 Menyuburkan Tanah

EM4
berisi bakteri fermentasi bahan organik tanah berfungsi menyuburkan tanaman dan menyehatkan tanah. Fungsi EM4 dalam pertanian, adalah : 

- Memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.
- Meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksinya. 
- Dapat melakukan fermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat.
- Membantu menyediakan unsur hara kebutuhan tanaman.
- Memperbanyak keragaman mikroba tanah mengutungkan dalam tanah.

Dalam proses pengolahan tanah, bokashi menggunakan fungsi EM4 diberikan pada lahan sebanyak 3 - 5 ton/ha. Lalu tanah diaduk-aduk hingga merata. Sebagai persiapan benih, fungsi EM4 dapat digunakan untuk merendam benih. 

Larutan EM4 sebanyak 5 - 10 cc per 1 liter air. Direndam selama 30 -60 menit, lalu tiriskan/keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan sampai terkena sinar matahari langsung. 

Untuk stek tanaman juga dapat direndam dalam larutan EM4 sebanyak 5 - 10 cc per 1 liter air. Celupkan batang bagian bawah selama 4 - 8 jam dalam larutan EM4. Setelah direndam, batang stek ditanam pada tanah atau pot tanaman. 

Fungsi EM4 saat penanaman adalah saat benih ditanam dalam lubang. Benih ditutup tanah lalu disiram fungsi EM4 sebanyak 5 - 10 cc per liter air. 

Larutan EM4 biasanya disemprotkan 1 minggu setelah tanam. Dosis 1 - 2 liter/ha larutkan dalam 100 - 200 liter air. Penyemprotan dilakukan 1 - 2 minggu sekali pada tanah dan tanaman. 

Larutan EM4 sebaiknya tidak dicampur dengan bahan lain seperti Urea atau pestisida. Antara penyemprotan larutan EM4 berjarak waktu 1 mingguan dengan penyemprotan pupuk atau pestisida kimia. 

Penyemprotan sebaiknya menggunakan alat semprot sprayer. Alat sprayer yang dipakai bebas unsur lain seperti pupuk kimia dan pestisida kimia. Air untuk melarutkan EM4 adalah air sumur, jangan air ledeng. Gunakan pestisida organik untuk menekan hama dan penyakit tanaman.   


Baca Juga : Kubis CR ACE Si Tahan Akar Gada dari Sakata Seed


Fungsi EM4 Membuat Pupuk Organik Cair        


Pupuk organik cair dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman terutama di fase vegetatif. Pupuk organik cair biasanya diberikan pada batang, daun dan akar tanaman. Pupuk organik cair dapat dibuat sendiri dari sampah dapur. 

Pengolahan sampah dapur menjadi pupuk cair merupakan bentuk pengelolaan sampah di rumah. Jadi pupuk cair ini dapat kita manfaatkan untuk penanaman di pekarangan rumah. Atau bila mempunyai usaha pembibitan sebagai usaha sampingan di rumah. 

Dengan membuat pupuk organik cair sendiri di rumah, tidak perlu lagi bolak balik membeli pupuk tambahan keluar rumah. Selain dapat menghemat biaya, kita dapat memberi nilai manfaat untuk sampah dapur kita.       

Fungsi EM4 biasa digunakan sebagai larutan yang ditambahkan dalam membuat pupuk organik cair sendiri. Fungsi EM4 dapat membantu dalam membuat pupuk pertanian yang bersifat organik dan ramah lingkungan. 

Larutan EM4 memiliki kandungan mikroorganisme baik yang mampu mempercepat proses pembuatan pupuk. Terdapat banyak jenis cairan EM4 dan saat Anda ingin membeli EM4 sampaikan jenis EM4 apa yang Anda butuhkan. 

EM4 untuk membuat pupuk cair terdapat dalam botol berwarna kuning dan biasa dipilih petani digunakan sebagai pupuk organik cair. Larutan EM4 ini berfungsi mempercepat fermentasi pembuatan pupuk. 

Fungsi EM4 biasa dicampurkan membuat pupuk pertanian karena diyakini dapat menghasilkan komposisi pupuk kandang yang bagus. Mikroorganisme dalam larutan EM4 dapat memenuhi kebutuhan tanaman. 


Baca Juga : Jagung Manis Talenta Disukai Petani Dan Pedagang


Cara Membuat Pupuk Organik Cair


fungsi em4, pupuk cair, pupuk organik, kompos, jual pupuk berkualitas, toko pertanian, toko online, lmga agro
EM4 Meningkatkan 
Hasil panen

Larutan EM4
dapat ditambahkan untuk mempercepat membuat pupuk organik cair. Fungsi EM4 mengandung unsur makro dan mikro sehingga ideal bagi tanaman sebagai penambah nutrisi. Dibawah ini cara membuat pupuk cair dengan larutan EM4. 

Keberhasilan membuat pupuk cair tergantung dari dosis larutan EM4 yang digunakan. Dan tentunya menggunakan larutan EM4 pertanian khusus untuk pertumbuhan tanaman. 

Alat dan Bahan : 

Pupuk kandang 100 kg
Larutan EM4 1 - 2 cc/liter air
Molases 1 - 2 cc/liter air
Air sumur
Sampah daun busuk sebanyak 10 kg

Cara Pembuatannnya : Campurkan EM4 dan molases dalam air ( campuran 1 ). Campurkan pupuk kandang dan daun-daun ( campuran 2 ). Gabungkan campuran 1 dan 2 lalu aduk-aduk hingga merata. 

Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai lembab sekitar 50% sambil terus diaduk. Simpan campuran tadi di tempat terlindungi dari hujan dan panas. Pastikan Anda rutin membolak balik pupuk hingga pupuk matang dan berbentuk seperti tanah. 


Fungsi EM4 Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Rumah

Sampah di setiap rumah atau dikenal dengan sebutan sampah rumah tangga ternyata sangat berguna asalkan diolah dengan tepat. Salah satunya sampah basah dari sisa makanan dapat diubah menjadi pupuk kompos. 

Pupuk kompos adalah pupuk organik yang sangat dibutuhkan tanaman dan baik untuk lingkungan. Pupuk kompos juga dapat mengembalikan kesuburan tanah, cocok bagi para hobiis berkebun di rumah. 

Membuat pupuk kompos sendiri dapat menghemat biaya membeli pupuk. Selain bisa berhemat, Kita juga ikut melindungi kesuburan tanah. Juga ikut melestarikan lingkungan. 

Fungsi EM4 dapat diikutsertakan dalam pembuatan pupuk kompos bahan sampah rumah tangga. Fungsi EM4 dapat mempercepat fermentasi pembuatan pupuk kompos. Bahan membuat pupuk kompos dari bahan sampah rumah yaitu : 

- Sampah organik yang menumpuk di rumah.
- Pupuk kandang
-Tanah, air, gula merah dan EM4.

Alatnya menggunakan ember besar dan penutup serta sarung tangan. Selanjutnya kumpulkan sampah yang akan diolah menjadi pupuk. Masukkan ke dalam ember. Berikan larutan gula, pupuk kandang dan EM4 dalam ember. 

Sesuaikan ukuran ember dengan banyaknya sampah dan bahan lainnya agar cukup dalam ember. Tambahkan tanah untuk menutupi sampah organik. Siramkan air pada tanah lalu ember ditutup rapat. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Diamkan selama 3 bulan utuk hasil sempurna. 

Tidak semua jenis sampah rumah tangga dapat dijadikan bahan membuat pupuk kompos. Jenis sampah rumah tangga tersebut tidak mudah membusuk seperti sisa makanan. Sampah kering tidak bisa diurai seperti botol plastik, bungkus makanan tidak bisa diolah menjadi pupuk.

Bahan untuk kompos biasanya sampah bahan sisa sayur diolah, daun-daun kering, kulit telur, bungkus daun pisang. 


Fungsi EM4 Memperkaya Pupuk Organik


Fungsi EM4 menambahkan kandungan unsur mikro pupuk organik semakin lengkap. Pupuk organik dengan ditambahkan larutan EM4 membuat kesuburan tanah semakin baik. Saat pengolahan tanah, membuat tanah cepat gembur. 

Fungsi EM4 larutan yang dicampurkan pada pembuatan pupuk organik. Fungsi EM4 menambahkan unsur mikro lebih lengkap pada pupuk organik dibanding pupuk kimia. Pupuk organik menguntungkan bagi kelangsungan hidup mikrorganisme tanah. 

Pemberian pupuk organik dapat menjaga kelembaban tanah, menjaga dan merawat kesuburan tanah. Pemberian pupuk organik dapat membantu mencegah erosi lapisan atas tanah. 

Fungsi EM4 ikut membantu dan berkontribusi melestarikan lingkungan. Pemanfaatan sampah rumah tangga dijadikan pupuk membuat sampah tidak banyak menumpuk. 

Demikian artikel Kami judul : Fungsi EM4 Bagi Kesuburan Tanah dan Meningkatkan Hasil Panen. Hubungi nomer kontak Kami untuk konsultasi di 082141747141. Kontak untuk pembelian via SMS/WA di 08125222117. Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam. 

Toko pertanian online LMGA Agro juga melayani untuk konsultasi gratis mengenai permasalahan di lapangan. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa ekspedisi JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan mengenai fungsi EM4 bagi kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman semakin baik maka dapat meningkatkan hasil panen. Larutan EM4 dapat Anda tambahkan dalam pembuatan pupuk organik seperti bokashi dan kompos. Salam sukses....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.