TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/12/20

Melon Kinanti Kulit Kuning Berdaging Oranye Dari Tunas Agro

melon kinanti, melon kuning, budidaya melon, buah melon, manfaat melon, jual benih melon, toko pertanian, toko online, lmga agro
Melon Kinanti
Tunas Agro

Melon Kinanti Kulit Kuning Berdaging Oranye Dari Tunas Agro. HP 082141747141 ( telepon/konsultasi ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam. Produk tersedia lengkap, berkualitas dan harga bersaing. 

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan keperluan menanam seperti benih buah dan sayur berkualitas. Benih hibrida dan unggul bersertifikat produk Pabrik Benih terkemuka. Menyediakan pula pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami siap kirim pesan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dijamin barang aman dan sampai tujuan. Dibantu oleh jasa ekspedisi JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami juga mengajak kerjasama online sebagai dropship dan reseller LMGA Agro. 

Melon Kinanti Hibrida F1 produk Tunas Agro begitu menggiurkan baik rasa maupun keuntungannya. Kesegaran melon Kinanti tidak perlu diragukan lagi karena melon Kinanti jenis melon Golden. 

Melon Kinanti F1 dari Tunas Agro buah menyegarkan dan sangat manis rasanya. Sangat cocok sebagai buah pembuka menu takjil. Sangat laris dan harga buahnya cukup mahal. Banyak petani tertarik budidaya melon Kinanti. 

Kesegaran melon golden sudah bukan rahasia umum. Karena sejatinya buah melon merupakan buah menyegarkan dan rasa buah sangat manis. Buah melon cocok dinikmati saat cuaca panas dan musim kemarau. 

Buah melon juga banyak dicari orang saat bulan Puasa karena cocok sebagai menu takjil.  Peluang usaha budidaya melon Kinanti cukup menjanjikan. Selain rasa manisnya yang berlebihan, melon Kinanti cukup mahal di pasaran. 



Peluang Usaha Budidaya Melon Kinanti


Melon Kinanti merupakan salah satu jenis melon yang cukup menjanjikan untuk dibudidayakan. Melon Kinanti berasa sangat manis dan harga melon Kinanti di pasaran cukup tinggi. Hal inilah yang menjadikan Petani melon tertarik untuk budidaya melon Kinanti. 

Panen melon Kinanti cukup tinggi. Omzetnya sekali panen bisa mencapai puluhan juta. Buah melon memang merupakan salah satu buah tropis di Indonesia. Melon tumbuh baik di Indonesia karena sinar matahari tersedia cukup untuk pertumbuhan tanaman melon. 

Melon Kinanti termasuk salah satu jenis melon golden. Melon golden dipasaran memiliki harga jual yang relatif tinggi yaitu kurang lebih Rp. 15.000 per kilogram. Melon Kinanti rasanya lebih manis dan renyah dibandingkan jenis melon lainnya. 

Melon Kinanti jenis melon berkulit kuning, kulit mulus tidak berjaring dan berdaging kuning agak oranye. Buah melon umumnya memiliki jala dan berwarna hijau. Itulah penampilan melon Kinanti berbeda dibandingkan melon lainnya. 

Petani melon Kinanti menyebutkan bahwa budidaya melon Kinanti tidak mengecewakan. Dalam waktu 2 bulan setelah penanaman, melon Kinanti sudah berbuah dan kualitasnya memuaskan. Harga jual dari Petani ke tengkulak kurang lebih Rp. 5000 per kilogram. Berat rata-rata 1 buah melon Kinanti adalah sampai 2 kg. 

Lahan luas 1 hektar dapat menghasilkan hingga 6 ton untuk sekali panen. Dan omzet yang didapat mencapai lebih Rp. 30 juta. Jenis melon Kinanti jarang ada di pasar tradisional dan kebanyakan baru dijumpai di swalayan.

Namun seiring waktu banyak masyarakat mengenal melon Kinanti dan menyukainya. Maka budidaya melon Kinanti terus meningkat. Dalam 3 tahun terakhir, lahan budidaya melon Kinanti naik 25 - 30%.  


Baca Juga : Semangka Non Biji Elena Bentuk Lonjong Hasil Super



Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan


melon kinanti, melon kuning, manfaat buah melon, cara menanam melon, jual benih melon hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Buah Melon 

Buah melon terdiri dari banyak varian namun kesemuanya mengandung nutrisi yang sama dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah melon mengandung vitamin C tinggi dan antioksidannya. Keduanya bersatu meningkatkan imunitas tubuh kita. 

Melon Kinanti sangat kaya vitamin C. Fungsi vitamin C meningkatkan sistem kekbalan tubuh dalam melawan penyakit seperti infeksi. Mengkonsumsi 1 mangkok buah melon setiap hari dapat memnuhi kebutuhan harian vitamin C tubuh kita. 

Melon Kinanti mengandung Kalium tinggi. Manfaat kalium adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan membnatu detak jantung lebih teratur dan melancarkan aliran darah. Buah melon memang baik dikonsumsi penderita hipertensi agar tekanan darah dalam keadaan normal. 

Melon Kinanti mengandung serat. Manfaat serat dalam buah melon untuk mengatur pencernaan sekaligus menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Bila sistem pencernaan baik maka buang air kecil akan lebih mudah dan teratur. 

Melon Kinanti mengandung kalori rendah dan cocok bagi yang sedang program diet. Asam folat buah melon tinggi. Manfaat asam folat mencegah kerusakan pada pembentukan syaraf yaitu terutama pada para ibu hamil. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi 100 gram melon per hari. Tujuannya adalah mendapatkan bayi yang sehat. 



Melon Kinanti Melon Kuning Tunas Agro


Melon Kinanti produk Tunas Agro berkulit kuning kaya vitamin C. Manfaat vitamin C membantu pembentukan kolagen. Melon kuning mengandung protein penting berguna untuk pembentukan jaringan kulit, tendon, ligamen dan pembuluh darah. 

Melon kuning mengandung antioksidan sangat kuat berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Melon kuning mengandung beta-karoten berfungsi untuk kesehatan mata. Saat beta-karoten masuk ke tubuh maka akan diubanh menjadi vitamin A. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan mencegah katarak. 

Buah melon mengandung 90% air dan kandungan nutrisi tinggi dalam air tersebut. Selain itu buah melon mengandung zat besi, kalsium dan kandungan triptofan yang baik bagi ibu hamil.

Di Indonesia, masyarakat mengenal ada 2 jenis melon yaitu melon hijau dan melon kuning. Melon hijau umumnya dagingnya bertekstur lembek dan berair. Sedangkan melon kuning, daging buahnya bertekstur kering. 

Ada yang menyukai mengkonsumsi melon langsung atau sebagai buah segar. Ada yang dalam bentuk minuman jus. Melon kuning cocok dimakan langsung. Sedangkan melon hijau lebih cocok untuk jus karena lebih berair namun juga segar dimakan langsung. 

Melon hijau lebih mudah ditemui di pasaran namun memiliki kelemahan yaitu cepat basi. Melon Kinanti jenis melon kuning berdaging oranye lebih eksklusif karena belum banyak Petani menanam melon kuning. Perawatan melon kuning juga lebih ekstra teliti. 

Melon ( Cucumis melo L. ) tanaman buah yang termasuk famili Cucurbitaceae. Buah melon disebut-sebut berasal dari lembah panas Persia atau daerah Mediterania. Berasal dari perbatasan antara Asia Barat dan Eropa serta Afrika. 

Tanaman melon akhirnya tersebar luas ke Timur Tengah dan Eropa. Abad ke-14, tiba di Amerika dan disebarluaskan oleh Colombus. Colombus menanam melon secara luas di Amerika. Dan akhirnya tanaman melon dikenal di seluruh penjuru dunia. Baik daerah tropis maupun non-tropis termasuk Indonesia.  





Karakteristik Melon Kinanti Tunas Agro


Melon Kinanti memiliki kulit buah kuning muda. Daging buahnya berwarna merah dan teksturnya renyah. Melon Kinanti mudah ditanam dan cepat berbuah. Bentuk buah melon Kinanti sedikit lonjong dan kedua ujungnya tidak begitu lancip. 

Berat melon Kinanti 2 - 2,5 kg saat matang dan siap panen. Kadar gula sebesar 15 - 17% Brix sangat manis. Produktivitas melon Kinanti sangat tinggi. Umur panen 65 HST dan kualitas buah stabil. Buah tahan penyimpanan dan pengangkutanjarak jauh. 

Harga jual melon Kinanti sangat kompetitif dan tidak bisa dipermainkan tengkulak. Hal inilah menjadikan budidaya melon Kinanti menggiurkan bagi Petani. Budidaya melon Kinanti juga cukup mudah. 

Budidaya buah melon optimum pada ketinggian 250 - 800 meter di atas permukaan laut. Curah hujan ideal antara 1500 - 2500 mm/tahun dan kelembaban udara berkisar antara 50 - 70%. 

Tanaman melon pada dataran rendah dan ketinggian tempat kurang dari 250 m dpl menyebabkan buah muncul berukuran kecil. Selain itu juga daging buahnya kering dan kandungan airnya sedikit. 

Bila curah hujan terlalu tinggi mengakibatkan banyak calon buah/bunga berguguran. Lingkungan menjadi lebih lembab sehingga meningkatkan jumlah patogen penggangu tanaman. Tanah yang lembab menyebabkan perkembangan akar terhambat.  

Jenis tanah yang sesuai untuk budidaya melon adalah tanah Andosol, yaitu liat berpasir. Namun harus mengandung bahan organik tinggi. Jenis liat berpasir memudahkan akar tanaman berkembang baik dan menghasilkan tanaman berkualitas. 

Saat awal penanaman dibutuhkan banyak air untuk pertumbuhan tanaman melon. Tanaman melon menyukai suhu udara yang sejuk. Siang hari bersuhu sekitar 25 - 30 derajat Celcius dan sinar matahari tidak terlalu terik. 

Suhu udara malam hari yang disukai yaitu antara 18 - 20 derajat Celcius. Suhu dibawah 18 derajat Celcius kurang cocok untuk budidaya melon. Begitu juga bila suhu terlalu tinggi, pertumbuhan tanaman kurang optimal. 



Budidaya Melon Kinanti Tunas Agro


Cara menanam melon di Indonesia umumnya dilakukan di lahan terbuka. Begitu juga dengan menanam melon Kinanti dapat ditanam di area persawahan atau ladang. Budidaya melon Kinanti menggunakan sistem bedengan. 

Sistem drainase budidaya melon Kinanti harus baik karena tanaman melon tidak menyukai tanah tergenang dalam waktu lama. Air menggenang bagi melon dapat menyebabkan kematian karena penyakit mudah datang.   

Budidaya melon Kinanti tidak sulit asalkan semua dilakukan secara baik dan benar juga perlu ketekunan dan keuletan. Pupuk yang sering diaplikasikan untuk melon Kinanti adalah ZA, Urea, Phonska, TSP, KNO3 dan KCl. 

Hari ke-7 setelah pemindahan tanaman, tanaman melon diberi pupuk susulan. Tambahkan juga pupuk mikro untuk memenuhi kebutuhan akan unsur mikro seperti Ca, Mg, MN dan Boron. 

Bila tanaman melon Kinanti kekurangan salah satu unsur mikro, seperti unsur Mg maka pertumbuhan tanaman akan terganggu. Kekurangan Mg dapat mengganggu proses penyusunan klorofil. Daun akan menguning dan warna diantara tulang-tulang daun menua. 

Tanaman kekurangan unsur Ca mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan pucuk ( titik tumbuh ). Lama kelamaan tanaman akan menjadi kerdil lalu mati. 

Budidaya melon Kinanti rentan serangan hama, jamur dan penyakit layu fusarium. Serangannya dapat mengurangi hasil panen karena tidak sesuai harapan kita. Pencegahan dari serangan layu fusarium sebaiknya menggunakan bibit anti bakteri. 

Melon Kinanti Tunas Agro merupakan benih semangka hibrida F1 tahan penyakit. Penyakit pada tanaman melon disebabkan serangan cendawan dan bakteri. Virus juga membahayakan bagi tanaman melon karena mengakibatkan gagal panen. 




Langkah Pembibitan Benih Melon Kinanti


- Bila benih telah siap, benih bisa direndam dalam air hangat selama 24 jam. Pilihlah benih tenggelam untuk dijadikan bibit. 

- Persiapkan media untuk persemaian terbuat dari campuran kompos dan arang sekam. Atau campuran tanah dan kompos/pupuk kandang. Sebelumnya ayak sampai halus bahan media semai.

- Letakkan pada polybag dan letakkan di tempat terlindung atau buatlah rumah semai lengkap beserta atap naungan dari plastik. 

- Bibit berusia 10 hari dan telah muncul 2 helai daun perlu diaklimatisasi. Yaitu pindahkan polybag semai ke arean terkena sinar matahari langsung selama 3 - 4 hari. 

Penanaman melon dalam polybag menggunakan media tanah + pupuk kandang/kompos + TSP lalu campu rata. Masukkan dalm polybag 3/4 tinggi polybag dan ratakan. 

Polybag yang telah diisi tanah dibiarkan selama 3 - 4 hari sebelum penanaman. Penanaman dilakukan bila bibit sudah berdaun 4 lembar ( umur 14 HST ). Kondisi bibit juga cukup kuat untuk dipindahkan ke lahan tetap. 

Penanaman bibit sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari saat kondisi lingkungan tidak terlalu panas. Bila cuaca sangat panas, bibit dipindahkan menyebabkan bibit akan stres dan terjadi penguapan berlebihan. 


Pengolahan Tanah Budidaya Melon Kinanti


melon kinanti, melon kuning, manfaat buah melon, budidaya tanaman melon, jual benih melon hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak 

Sambil menunggu bibit besar dan siap dipindahkan ke kebun tetap, selanjutnya melakukan pengolahan tanah. Pengolahan tanah hingga tanah gembur, menghilangkan gulma, bebatuan  hingga akar sisa tanaman sebelumnya. 

Cara pengolahan tanah dapat dilakukan dengan cara dibajak atau dicangkul. Tanah dicangkul dengan cara dibalik bila tanah masih berbongkah. Tanah dicangkul bisa dilakukan berulang-ulang hingga tidak berupa bongkahan. Tanah hasil pencangkulan pertama dihaluskan atau dihancurkan sampai kedalaman 30 - 50 cm. Jadi bisa dua kali cangkulan. 

Lahan dibiarkan 7 hari setelah dicangkul. Selanjutnya beri pupuk dasar tanaman melon saat pengolahan tanah. Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang/kompos sebanyak 10 - 20 ton/ha. Tambahkan juga pupuk Urea 440 kg/ha, TSP 1200 kg/ha dan KCl 330 - 440 kg/ha. 

Tanah dibalik-balik lagi agar pupuk tercampur merata. Bedengan dibentuk setelah 5 - 7 hari tanah dibiarkan kering setelah dibajak/dicangkul. Buat bedengan panjang 10 meter, lebar 1 meter dan tinggi 20 - 30 cm. Jarak antar bedengan 40 - 50 cm. 

Agar lebih pertumbuhan tanaman, bedengan dipasang mulsa plastik. Meski mahal mulsa plastik hitam perak terbukti sangat bermanfaat terutama menekan serangan hama dan penyakit. Mulsa dapat mengurangi hilangnya pupuk akibat penguapan dan manfaat lainnya. 

Setelah bedengan tertutup mulsa, buatlah lubang tanam. Lebih cepat dan praktis membuat lubang tanam pada mulsa menggunakan Alat Pelubang Mulsa. Alat dapat dibeli di Toko Pertanian online LMGA Agro. 

Lubang tanam dibuat 2 baris untuk setiap bedengan jarak 50 cm antar baris dan 60 cm dalam baris. Model lubang tanam dapat berupa 2 baris berhadap-hadapan membentuk segi empat atau 2 baris berhadap-hadapan membentuk segitiga. 


Penanaman Bibit Melon Kinanti


Pemindahan bibit dilakukan saat bibit umur 13 - 15 hari setelah semai. Letakkan 1 lubang tanam satu bibit. Penaman bibit dilakukan sore hari. Taburkan pestisida berbahan aktif karbofuran untuk setiap lubang tanam. 

Bibit yang telah disemai selama 3 minggu dapat dipindahkan ke lahan tetap. Pemindahan dilakukan hati-hati agar akar bibit tidak rusak saat menyobek poplybag. Usahakan tanah media semai tidak pecah dan langsung letakkan pada lubang tanam yang telah disiapkan. 

Bila media semai hancur atau pecah maka perakaran akan rusak dan tanaman akan layu bila cuaca panas. Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati atau sakit sampai tanaman umur 7 hari setelah tanam. 




Pemeliharaan Tanaman Melon


Pemasangan mulsa plastik hitam perak tidak banyak gulma tumbuh sehingga meringankan pekerjaan. Gulma biasanya hanya tumbuh pada lubang tanam dan parit antar bedengan. Gulma harus dibersihkan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan menyebarkan penyakit. 

Penyiraman dilakukan setiap hari bila tidak turun hujan. Kondisi lingkungan tanaman melon harus selalu lembab namun tidak berlebihan. Usahakan saat memberi air, tidak membasahi daun dan air tanah tidak kena daun dan buah. 


Pemasangan Ajir

Ajir berfungsi untuk menopang tegaknya tanaman melon. Pemasangan ajir dilakukan setelah 1 minggu penanaman bibit. Panjang ajir 150 cm dari kayu bambu. 

Ajir ditancapkan pada lubang tanam dan posisi miring masuk dalam bedengan. Setiap tanaman 2 ajir dan ujung ajir satu dengan yang lain diikat menggunakan bambu sepanjang bedengan. Lalu ikat menggunakan tali rafia. 


Pemangkasan

Pemangkasan Melon Kinanti bertujuan mengatur cabang tanaman sesuai yang dikehendaki. Pemangkasan dilakukan saat cuaca cerah dan kering supaya bekas luka tidak diserang cendawan. Waktu pemangkasan dilakukan 10 hari sekali dan lebih dulu cabang dekat tanah yang dipangkas. 

Pemangkasan pertama sisakan 2 helai daun. Dilanjutkan cabang-cabang baru tumbuh dan sisakan 2 helai daun. Begitu seterusnya dan baru berhenti dipangkas jika sudah mencapai cabang ke-20 atau 25. 

Daun melon juga perlu dipangkas dan dilakukan setelah muncul daun ke-8. Caranya yaitu memangkas daun ke-1 sampai ke-4. Pemangkasan atau pewiwilan buah mulai dilakukan saat sudah muncul 2 - 3 buah dan diameter 5 cm. Pilih buah terbaik, sisakan 1 buah setiap tanaman. 


Pemupukan Susulan Tanaman Melon


melon kinanti, manfaat buah melon, melon kuning, budidaya tanaman melon, jual benih melon hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Mutiara

Pupuk susulan tanaman melon diberikan sebanyak 3 kali, yaitu umur 20, 40 dan 60 HST. Umur 40 HST bersamaan saat penjarangan buah. Umur 60 HST saat melon mulai matang. 

1. Pupuk susulan I umur 20 HST menggunakan Urea sebanyak 330 kg/ha, TSP 220 kg/ha dan KCl 440 kg/ha. Fase vegetatif ini tanaman perlu juga diberi pupuk daun. Penyemprotan pupuk daun dapat bersamaan dengan pemberian insektisida dan fungisida. Disemprotkan bersamaan secara rutin sesuai anjuran pada kemasan produk. 

2. Pemupukan susulan II umur 40 HST menggunakan pupuk Urea sebanyak 220 kg/ha, TSP 550 kg/ha dan KCl 160 kg/ha. 

3. Pemupukan susulan III umur 60 HST menggunakan Urea sebanyak 440 kg/ha. 

Bila bedengan menanam melon tidak tertutup mulsa maka pemupukan susulan bersamaan penyiangan, pembumbunan, penggemburan dan pengguludan. Pupuk diberikan mengelilingi batang tanaman berjarak 3 cm. Lalu tutup pupuk menggunakan tanah dan lakukan penyiraman air. Jika pada minggu berikutnya tanaman kurang subur maka berikan pupuk.  

Urea dan KCl masing-masing 15 gram ditaburkan di sekeliling tanaman dan berjarak 7 cm dari pangkal batang. Bila bedengan tertutupi mulsa, maka pupuk diberikan dalam lubang pupuk disamping lubang tanaman. 

Apabila tersedia biaya cukup maka berikan pupuk pelengkap cair ( PPC ) umur 1 minggu setelah tanam. Berikan juga pupuk Boron ( unsur mikro ) saat berumur 14, 21 dan 28 HST. Umur 14 dan 21 HST dosis pupuk Boron 16 gram/14 liter air ( untuk 1 tangki Handsprayer ). Tambahkan pula Atonic 10 ml/14 liter air. 

Pupuk Boron pada umur 28 HST dosis 16 gram/14 liter air ditambahkan pupuk Kalsium dan Magnesium. Semprotkan secara merata pada tanaman. 


Mengenal Hama Tanaman Melon


1. Thrips 

Bagian tanaman melon yang diserang thrips antara lain : daun tua, daun muda, bunga dan buah. Gejala serangan : daun muda dan tunas mengeriting dan daun tua mengering. Bunga rontok, buah menjadi abnormal dan tanaman tumbuh kerdil. 

Cara pengendalian meliputi selalu mejaga kebersihan lingkungan, pemangkasan bagian tanaman yang sakit dan dimusnahkan. 


2. Hama kutu daun ( Aphis gossypii )

Hama suka menyerang bagian pucuk tanaman dan daun. Akibatnya daun menggulung, pucuk tanaman keriting karena hama menghisap seluruh cairan daun. Pembentukan bunga menjadi terhambat. Pengendaliannya dengan memangkas bagian terserang Aphis dan dibakar. 


3. Lalat buah ( Dacus sp )

Lalat buah sering menyerang buah saat menjelang matang. Buah dari penampilan luar tampak sehat namun daging buah sudah busuk dan terdapat larva. Serangan berat mengakibatkan buah menjadi busuk lalu rontok. 

Pengendalian serangan lalat buah yaitu memetik buah terinfeksi lalu dibakar agar tidak menular ke  buah lainnya. Menanam tanaman selasih di sekeliling kebun sebagai tanaman perangkap. Buah muda dibungkus kertas atau kantong plastik. Bisa juga kita pasang perangkap atraktan. 


Mengenal Penyakit Tanaman Melon


1. Embun tepung ( Cendawan Oidium sp atau Erysiphe cichoracearum )

Bagian tanaman yang diserang adalah daun dan batang muda. Cirinya : daun dan batang muda dilapisi semacam tepung putih. Buah tidak besar dan rasa tidak manis. Pencegahan yaitu menggunakan jarak tanam lebar dan pemangkasan agar tanaman tidak rimbun. Sehingga sirkulasi udara lancar dan kelembaban berkurang. 


2. Layu fusarium ( Cendawan Fusarium oxysporum )

Bagian tanaman terserang adalah akar atau batang. Sulur tanaman melon akan menguning dan layu. Kemudian menjalar ke seluruh bagian tanaman menjadi layu dan lama kelamaan tanaman mati. Pencegahan yaitu rotasi tanaman dengan selain melon. 

Pengendalian yaitu melakukan pengapuran bila pH tanah rendah dilakukan saat pengolahan tanah. Jangan memberikan Urea dan ZA berlebihan. Mencegah layu fusarium dengan merendam benih dalam fungisida.


3. Layu bakteri ( Bakteri Erwinia tracheiphila )

Disebabkan bakteri menyerang pada akar tanaman. Akibatnya daun menjadi layu satu per satu. Meski warna masih tetap hijau tapi daun layu secara keseluruhan. Bila pangkal batang dipotong melintang, akan keluar lendir putih, kental dan lengket. 

Pengendalian yaitu benih direndam fungisida, pengaturan drainase dan jangan biarkan air menggenang saat turun hujan. 


4. Busuk Buah ( Cendawan Phytophtora nicotianae, P. capsici, Pythium sp )

Cendawan menyerang batang, daun dan buah melon. Timbul bercak coklat basah dan memanjang. Daun kering seperti tersiram air panas. Buah berubah warna menjadi coklat kehitaman dan busuk. Pengendalian dengan mengurangi kelembaban dan pemangkasan.      


5. Penyakit akibat Virus   


Antara lain penyakit Cucumber Mosaic Virus ( CMV ), Cucumber Green Mottle Mosaic Virus ( CGMMV ) dan Watermelon Mosaic Virus ( WMV ). Menyerang batang, daun dan buah hingga pertumbuhan tanaman menjadi kerdil. Daun menjadi keriting dan bergelombang, ada bercak kuning tidak teratur.       



Pemanenan Buah Melon   


Buah melon dipanen harus benar-benar sudah tua karena melon tidak akan matang bila diperam. Melon Kinanti dipanen umur 65 HST atau 40 hari setelah pembungaan. Penyemprotan pestisida dihentikan sekitar 2 minggu sebelum panen.    

Tanda-tanda melon matang ditandai muncul retakan di pangkal buah, kulit buah terasa halus dan aroma buah sangat khas. Tangkai buah berwarna kekuningan. 

Sebaiknya panen dilakukan pagi hari. Pelaksanaan panen dilakukan bertahap dan maksimal 2 kali seminggu dengan selang waktu 2 - 3 hari. Cara panen dengan memotong tangkai buah menggunakan pisau tajam. sisakan tangkai minimal 2 cm agar daya tahan simpan lebih lama.   

Waktu panen dilakukan bertahap dan dahulukan yang benar-benar siap penen. Buah melon yang sudah dipetik dikumpulkan pada tempat kering dan sejuk serta beralaskan jerami.    

Demikian artikel Kami judul :  Melon Kinanti Kulit Kuning Berdaging Oranye Dari Tunas Agro. Hubungi nomer kontak Kami 082141747141 ( telepon dan konsultasi ) dan 08125222117 ( SMS dan WA ). Toko pertanian online LMGA Agro sedia benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah bersama mitra jasa ekspedisi. Yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dam reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan tentang melon Kinanti dari Tunas Agro. Melon kuning sangat disukai masyarakat karena rasanya sangat manis dan manfaatnya tinggi bagi kesehatan. Budidaya melon Kinanti menggiurkan. Selamat mencoba salam sukses....                                                                                                                                                         

 





RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.