TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/02/21

Penyakit Tanaman Sukses Diberantas Fungisida Starmyl 25 WP Tanindo


penyakit tanaman, fungisida starmyl, hama penyakit tanaman, jual fungisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Fungisida Starmyl 
25 WP
Penyakit Tanaman Sukses Diberantas Fungisida Starmyl 25 WP Tanindo. HP 082141747141 ( khusus telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual fungisida Starmyl 25 WP pemberantas jamur penyakit tanaman.  

Toko pertanian online LMGA Agro sedia kebutuhan bercocok tanam lengkap. Tersedia benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Kami juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.   

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami dibantu oleh jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia dijamin barang aman dan sampai tujuan. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Toko pertanian online LMGA Agro sedia fungisida Starmyl 25 WP. Fungisida produk PT Multi Sarana Indotani dan mengandung bahan aktif Metalaksil 25%. Fungisida Starmyl 25 WP jenis fungisida sistemik dan terbukti sukses mengendalikan penyakit tanaman. 

Penyakit tanaman menjadi tantangan bagi Petani untuk dapat mengendalikannya. Fungisida Starmyl 25 WP mampu mengendalikan penyakit tanaman kentang, yaitu busuk daun. Pengendalian penyakit tanaman harus secara bijak dan hati-hati. 

Penyakit tanaman dapat menyebabkan berkurangnya hasil panen atau bisa menggagalkan panen. Penyakit tanaman menjadi tantangan petani dalam budidaya tanaman. Petani melakukan berbagai usaha pencegahan dan pengendalian penyakit tanaman. 

Fungisida Starmyl 25 WP berhasil sukses mengendalikan penyakit tanaman kentang yaitu busuk daun yang disebabkan jamur Phytopthora. Selain tanaman kentang, fungisida Starmyl 25 WP mengendalikan penyakit tanaman kina, kopi, timun, melon, tomat dan masih banyak lagi. 


Fungisida Starmyl 25 WP Pemberantas Penyakit Tanaman 


Fungisida Starmyl 25 WP termasuk kategori fungisida sistemik berdasarkan cara kerja fungisida. Fungisida Starmyl 25 WP berbentuk tepung berwarna putih kekuningan. Fungisida Starmyl 25 WP dapat disuspensikan bersama air. Mampu mengendalikan penyakit tanaman kentang yaitu penyakit busuk daun. 

Penyakit tanaman busuk daun disebabkan cendawan Phytopyhora infestans dan menjadi penyakit tanaman utama. Fungisida Starmyl  25 WP digunakan untuk mengendalikan penyakit tanaman akibat infeksi jamur. Fungisida Starmyl adalah fungisida sistemik untuk penyakit tanaman kentang, kina, kopi, panili, padi, timun, melon dan lain-lain. 

Fungisida Starmyl 25 WP mampu mengendalikan banyak penyakit tanaman antara lain busuk daun, busuk buah, busuk kaki, kresek dan bercak pada daun tanaman. Berbentuk tepung yang mudah larut dalam air. Bentuknya partikel kecil sehingga tidak menyumbat pada alat penyemprotan. 

Dalam keadaan tertutup, fungisida Starmyl 25 WP aman disimpan lama. Cukup efektif mengendalikan penyakit kresek tanaman semangka, timun dan melon. Cocok diaplikasikan mengendalikan penyakit tanaman berbagai jenis tanaman. 

Aroma fungisida Starmyl 25 WP tidak berbau tajam sehingga tidak mengganggu pengguna saat pengaplikasian. Efektif mengendalikan penyakit tanaman bercak daun pada timun, semangka, melon, kacang tanah, kako dan tomat. Kekurangan fungisida Starmyl 25 WP yaitu harga yang relatif lebih mahal dibandingkan fungisida sejenis. 

Aplikasi fungisida Starmyl 25 WP juga bisa digunakan bersama jenis insektisida pengendali hama. Sehingga secara teknis akan lebih praktis saat penyemprotan. 




Pengertian Fungisida


penyakit tanaman, fungisida starmyl, cara pengendalian, jual fungisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sedia Pestisda Lengkap | LMGA Agro
Istilah Fungisida merupakan jenis pestisida dan dibuat khusus hanya mengendalikan ( membunuh, mencegah, memberantas ) cendawan/jamur penyebab bakteri. Jenis fungisida dibuat dalam bentuk bermacam-macam, antara lain : tepung, cair, gas dan butiran. 

Jenis fungisida berbentuk cair dan tepung paling banyak dipilih Petani. Fungisida selama ini dalam budidaya tanaman digunakan untuk mengendalikan cendawan. Cendawan di lahan pertanian di temui pada benih, bibit, daun, akar, batang dan bunga. 

Cara aplikasi fungisida yaitu penyemprotan langsung ke tanaman, lewat injeksi batang dan cara kocor pada akar. Fungisida juga sering digunakan untuk merendam benih sebelum disemaikan dan cara pengasapan ( fumigan ).  

Klasifikasi jenis fungisida bermacam-macam jenis dan golongan. Berdasar dari bahan yang digunakan, fungisida dibagi dalam 2 golongan. Yaitu fungisida sintetis/kimia dan fungisida alami/organik. Pembagian juga berdasarkan bentuk, sifat, cara kerja dan fungsi kerja fungisida. 

Fungisida Starmyl 25 WP berdasarkan bentuknya adalah berbentuk tepung dan merupakan jenis fungisida kimia. Bedasarkan cara kerjanya, jenis fungisida dibagi menjadi 4 golongan, yaitu : 

Fungisida Kontak yaitu fungisida hanya bekerja pada bagian yang terkena semprotan saja. Atau pada bagian yang terkena kontak langsung dengan larutan fungisida. Jenis fungisida kontak tidak menembus jaringan tanaman dan tidak dapat didistribusikan ke jaringan tanaman. 

- Fungisida Translaminar ini menembus jaringan tanaman namun tidak didistribusikan dalam jaringan tanaman. 

- Fungisida Sistemik ini bila larutan fungisida di semprotkan ke tanaman maka akan diserap lalu didistribusikan ke seluruh bagian tanaman lewat jaringan tanaman.

- Fungisida Kontak dan Sistemik bekerja ganda yaitu secara kontak sekaligus secara sistemik. 




Fungisida Starmyl 25 WP Berbentuk Tepung


Fungisida Starmyl 25 WP atau Wearable Powder yaitu formulasi jenis fungisida berbentuk tepung berukuran partikel sangat kecil ( dalam satuan mikron ). Bentuk powder diaplikasikan dengan cara disemprotkan.

Larutan fungisida berbentuk tepung ini bila dicampur dengan air akan membentuk suspensi. Perlu diaduk-aduk lebih lama supaya larutan fungisida tercampur dalam air. 

Fungsida bentuk tepung harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke tanaman. Fungisida membentuk sediaan pestisida berupa suspensi. Harus diaduk-aduk terus menerus karena sifat dari suspensi dapat mengendap. 

Perlu diaduk-aduk terus agar bisa menyatu dengan air. Bila tidak diaduk-aduk, suspensi dapat merusak alat aplikasi dan menyebabkan terjadinya penyumbatan di nossel alat semprot. 

Dalam pemilihan jenis fungisida yang tepat yaitu harus tepat mutu. Artinya bahwa memilih jenis fungisida harus bermutu baik. Pilihlah fungisida yang terdaftar dan diijinkan oleh Komisi Pestisida. Jangan gunakan pestisida yang tidak terdaftar, sudah kadaluarsa, rusak atau diduga palsu. 

Menggunakan fungisida yang tepat jenis. Satu jenis pestisida belum tentu dianjurkan untuk mengendalikan semua jenis penyakit tanaman untuk tanaman tertentu. Jenis fungisida diketahui dari kemasan produk fungisida. Baca dari label dan atau kemasan fungisida yang akan dipilih. 

Tepat waktu penggunaan yaitu waktu penyemprotan fungisida saat mencapai ambang serangan penyakit tanaman. Pengendaliannya dan penyemprotan harus dilakukan sore hari ( 4 - 5 sore ). Suhu udara < 30 C dan kelembaban 50 - 80%. 

Tepat Dosis atau konsentrasi formulasi. Dosis atau konsentrasi formulasi harus tepat dan sesuai rekomendasi anjuran. Dosis dan konsentrasi formulasi tidak tepat akan mempengaruhi efikasi fungisida hingga meninggalkan residu pada hasil panen. Residu pestisida bisa membahayakan konsumen. 

Informasi dosis atau konsentrasi anjuran untuk jenis penyakit tanaman tertentu pada tanaman tertentu dapat dilihat di label atau kemasan pestisida. 


Cara Aplikasi Fungisida Untuk Mengendalikan Penyakit Tanaman


penyakit tanaman, fungisida starmyl, pestisida, jual fungisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanki Elektrik 
Penyemprotan

Cara aplikasi fungisida
yang dijual di toko-toko pertanian umumnya paling banyak dengan cara  disemprotkan. Sekitar 75% seluruh pestisida di dunia diaplikasikan dengan cara disemprotkan. 

Perlu diketahui bahwa peralatan penyemprotan harus selalu diperhatikan. Khususnya bagian pompa semprotnya dan nossel. Peralatan semprot seperti tangki semprot dan peralatannya dipastikan harus dalam kondisi baik dan tidak bocor. 

Cara pembuatan larutan semprot untuk pompa gendong adalah sebagai berikut : ( 1 ) Larutkan fungisida pada ember berisi air sesuai kapasitas pompa semprot. ( 2 ) Aduk pestisida secara merata. ( 3 ) Tuangkan larutan pestisida ke dalam pompa semprot secara hati-hati. 

Cara nenbuat larutan semprot untuk pompa mesin adalah : ( 1 ) Fungisida dilarutkan pada ember kecil berisi air. ( 2 ) Aduk pestisida sampai merata. ( 3 ) Tuangkan larutan pestisida dari ember kecil ke dalam drum yang telah berisi air sesuai kebutuhan. ( 4 ) Aduk fungisida dalam drum secara merata. Larutan pestisida siap digunakan. 

Dalam penyemprotan pestisida dikenal istilah volume semprot. Volume semprot dalam penyemprotan fungsida adalah banyaknya air yang diperlukan pestisida. Lalu digunakan untuk memberantas penyakit tanaman pada area tertentu. 

Volume semprot disesuaikan dengan kemampuan tanaman menampung larutan semprot. Volume semprot berbeda menurut umur tanaman. Saat tanaman masih muda 0 - 15 hari, volume semprot yaitu sekitar 50 - 75 liter/ha. Bertambah umur 15 - 30 HST, volume semprot bertambah menjadi 100 - 150 liter/ha begitu seterusnya. 

Tentang pencampuran pestisida yaitu fungisida, insektisida dan perekat perata. Namun disarankan ketiganya harus diproduksi oleh satu produsen atau pabrik yang sama. Tidak boleh melakukan pencampuran dalam bentuk formulasi. Bahwa tidak boleh melakukan pencampuran formulasi pestisida yang berbentuk WP dengan EC. 




Pengendalian Penyakit Tanaman Baik dan Benar


Pengendalian penyakit tanaman menggunakan fungisida untuk memberantas jamur/cendawan. Dalam aplikasi fungisida atau pestisida lainnya tidak boleh dicampurkan dengan pupuk daun. 

Alasannya ada 3 yaitu sifat kimia pestisida asam sedangkan pupuk daun basa. Waktu penyemprotan pestisida disarankan sore hari sedangkan pupuk daun efektifnya diberikan siang hari. Ukuran droplet dari pestisida adalah 150 - 200 mikron sedangkan pupuk daun 450 mikron.

Faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap penyemprotan fungisida untuk mengendalikan penyakit tanaman. Lingkungan udara pagi hari dengan kelembaban > 80%. Yaitu dimana udara masih banyak mengandung uap air. Sehingga berakibat butiran semprot menjadi tercampur dengan uap air. 

Akibatnya efektivitas konsentrasi formulasi pestisida menurun dan daya bunuh fungisida menjadi menurun. Kelembaban udara tinggi juga menghambat lajunya butiran semprot mencapai target sasaran. 

Suhu di siang hari dimana suhu di atas permukaan tanah lebih rendah dibandingkan di angkasa. Sehingga akan terjadi pergerakan udara dari bawah ke atas ( turbulensi ) dan akan menerbangkan butiran semprot. Suhu tinggi di siang hari dapat mempercepat laju penguapan butiran semprot.


Kelembaban Udara


penyakit tanaman, fungisida starmyl. pestisida pertanian, jual fungisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tangki Alat Semprot
Penyakit Tanaman
Siang hari bila kelembaban udara rendah yaitu < 50%. Maka penguapan butiran semprot akan berjalan cepat walaupun sudah menempel pada bidang sasaran. Kondisi tersebut dapat menghilangkan efektivitas kerja pestisida. Butiran semprot mudah tertiup angin di siang jari. 

Waktu penyemprotan fungisida yang tepat untuk mengendalikan penyakit tanaman adalah suhu < 25 C dan kelembaban < 80%. Waktu penyemprotan jam 5 pagi kemudian 2 jam setelah penyemprotan yaitu pukul 7 pagi, suhu udara harus turun atau stabil. 

Kecepatan angin pengendalian penyakit tanaman idealnya antara 3 - 6 km/jam. Tanda-tandanya adalah hembusan angin terasa berjalan pelan mengenai wajah kita. Daun-daun juga bergoyang perlahan.

Kecepatan angin > 6 km/jam menyebabkan butiran semprot tertiup angin sebelum menyentuh daun atau bidang sasarannnya. Artinya butiran semprot tidak sampai sasaran. 

Kecepatan jalan ideal dalam melakukan penyemprotan adalah 6 km/jam. Kurang dari 6 km/jam menyebabkan pemborosan penggunaan volume semprot. Dan lebih dari 6 km/jam penyemprotan menjadi tidak merata.

Arah semprotan yang benar adalah dari bawah dan nossel mengarah ke atas. Jadi larutan pestisida diarahkan bagian bawah helai daun. Umumnya jamur/cendawan penyakit tanaman ada di bagian bawah helai daun. 

Jarak spuyer/nossel untuk semprot adalah 30 cm di bawah tanaman dan sudut dengan bidang semprot adalah 45 C. Tujuannya agar larutan pestisida kena penyakit tanaman sasaran. 

Selain itu untuk menghindari terjadinya tetesan air dari daun sisa penyemprotan. Jarak dan sudut demikian menghasilkan butiran semprot optimun 150 - 200 mikron. 




Fungisida Starmyl 25 WP Pengendali Penyakit Busuk Daun Tanaman Kentang


Patogen penyakit tanaman kentang berasal dari tanah cukup banyak. Yaitu : Phytopthora infestans, Alternaria solani, Fusarium solani, Streptomyces scabies, Pseudomonas solanacearum, Fusarium oxysporum dan masih banyak lagi. 

Penyakit tanaman busuk daun salah satu penyakit utama menyerang kentang. Penyakit tanaman ini biasa juga disebut hawar daun atau late blight. Penyebabnya adalah cendawan patogen Phytopthora infestans ( Mont. ). Family Pythiaceae

Tanaman inang P. infestans selain kentang adalah menyerang tanaman tomat, paprika, terong, cabai dan tanaman family Solanaceae lainnya. Tahapan siklus hidup P. infestans kebanyakan hanya terlihat di bawah mikroskop, sangat kecil berukuran mikron. 

Sejarah munculnya penyakit tanaman busuk daun diduga berasal dari pegunungan Andes lalu masuk wilayah Amerika Serikat dan Eropa. Tahun 1845 - 1860, penyakit tanaman busuk daun kentang menjadi penyebab kelaparan di Irlandia. Karena kentang merupakan makanan pokok di Irlandia saat itu. 

Penyakit tanaman busuk daun kentang diduga penyebab kalahnya Jerman di Perang Dunia I. Tahun 1971, penyakit tanaman ini membinasakan sekitar 1/3 kebun kentang di wilayah negara tersebut. Tahun 1935 - 1936, mulai ditemukan gejala serangan penyakit tanaman busuk daun kentang di Pulau Jawa. Diduga terbawa bibit yang diimpor dari Belanda. 


Penyebaran Penyakit Tanaman Busuk Daun Kentang


Perkembangan hidup cendawan patogen P. infestans sangat dipengaruhi suhu, kelembaban dan curah hujan. Penyebaran spora atau patogen jamur melalui angin, air dan serangga. Jika spora P. infestans di daun kentang yang basah maka spora akan berkembang menjadi zoospora

Setelah itu membentuk tabung kecambah dan masuk ke bagian tanaman. Dari sinilah akan terjadi pembusukan pada daun tanaman kentang. Spora jatuh ke tanah lalu menginfeksi bagian umbi kentang. Pembusukan terjadi dalam tanah atau tempat penyimpanan kentang. 

Penyakit tanaman busuk daun kentang biasanya sering terjadi di daerah sentra dataran tinggi. Penyakit tanaman busuk daun kentang menyukai daerah bersuhu rendah dan kelembabannya tinggi. Serangan patogen penyebabnya cepat berkembang pada kondisi lingkungan yang mendukung. 

Yaitu kondisi lingkungan dengan suhu 18 - 21 C dan kelembaban udara diatas 80%. Dari pengalaman Petani bahwa penyakit tanaman busuk daun kentang terjadi pada umur 5 - 6 minggu setelah tanam. 

Penyakit tanaman busuk daun kentang dapat diberantas menggunakan fungisida Starmyl 25 WP. Fungisida Starmyl 25 WP bahan aktif Metalaksil 25%.  

Demikian artikel Kami judul : Penyakit Tanaman Sukses Diberantas Fungisida Starmyl 25 WP Tanindo. Hubungi nomer kontak kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Juga ada pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian.

Kami melayani untuk konsultasi pertanian secara gratis. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel bermanfaat dan membantu serta menambah pengetahuan tentang penyakit tanaman yang sukses diberantas oleh fungisida Starmyl 25 WP.  Salah satunya mampu mengendalikan penyakit tanaman busuk daun kentang yang disebabkan patogen pengganggu tanaman. Salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.