TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/08/21

Fungsi Fungisida dalam Produk Terbaik Cabrio Gold 183SE BASF

fungsi fungisida, cabrio gold, pestisida, fungisida basf, penyakit tanaman, jual pestisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Fungisida Cabrio Gold
183SE

Fungsi Fungisida dalam Produk Terbaik Cabrio Gold 183SE BASF. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual fungisida produk BASF terbaik Cabrio Gold 183SE. Fungsi fungisida penting diketahui sebagai usaha pengendalian organisme pengganggu tanaman. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan lengkap keperluan untuk bercocok tanam mulai benih hibrida dan unggul berkualitas. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami melayani untuk konsultasi gratis permasalahan pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang mitra terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak serta untuk menjadi dropship dan reseller pertanian. 

Cabrio Gold 183SE merupakan fungisida produk BASF. Fungsi fungisida Cabrio Gold bekerja secara sistemik mengendalikan penyakit tanaman jagung. 

Fungsi fungisida Cabrio Gold dari BASF bersifat preventif, protektif dan kuratif. Bentuknya emulsi dan mudah disuspensikan. Fungsi fungisida sekaligus dapat menjadi zat perangsang tumbuh.

Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE mengendalikan penyakit tanaman jagung. Berfungsi juga sebagai zat pengatur tanaman karena dapat membuat daun lebih hijau, hasil tingkol besar dan panjang. 

Keuntungan memakai Cabrio Gold 183SE yaitu membuat batang lebih besar dan tahan rebah. Tongkol jagung besar, panjang dan padat. Meningkatkan pertumbuhan vegetatif yaitu membuat daun lebih segar. 

Sebagai fungsi fungisida mampu menguasai hawar daun, karat daun dan jamur penyebab penyakit busuk. Pemberian fungisida harus sesuai dosis dan konsentrasi pada anjuran kemasannya secara tepat waktu, tepat cara dan tepat dosis.    


Fungisida Cabrio Gold 183SE


Fungisida Cabrio Gold BASF mengandung dua bahan aktif yaitu epoksikonazol 50 gram/liter dan piraklostrobin 133 gram/liter. Fungsi fungisida bersifat preventif, protektif dan kuratif dengan bentuk emulsi yang dapat disuspensikan. 

Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE untuk mengendalikan penyakit tanaman jagung dan kopi. Cabrio Gold 183SE dibuat juga sekaligus sebagai ZPT yaitu mampu meningkatkan kualitas silase. Silase adalah tingkat kehijauan daun tanaman jagung dimana digunakan untuk pakan ternak. 

Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE mampu membuat batang lebih besar sehigga tanaman jagung tahan rebah. Tongkol jagung menjadi lebih besar dan panjang. Tanaman tumbuh normal dan membuat daun menjadi lebih hijau. 

Sebagai fungsi fungisida, Cabrio Gold 183SE mengendalikan penyakit bercak daun, hawar daun, karat daum dan cendawan penyebab busuk tanaman. Pemberian Cabrio Gold 183Se diyakini membuat akar menjadi lebih banyak. 

Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE mengendalikan penyakit hawar pelepah Jagung ( Rhizoctonia solani ). Penyemprotan volume tinggi dosis 500 - 750 ml/ha pada umur 40 HST. 

Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE mengendalikan penyakit karat daun tanaman Kopi ( Hemileia vastatrix ). Penyemprotan menggunakan volume tinggi dosis 1000 - 1250 ml/ha. 

Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE diformulasikan khusus dan mengandung bahan aktif yang ampuh mengendalikan penyakit tanaman jagung Anda. Fungsi fungisida ini juga untuk mencegah daun busuk penyebab cepatnya tanaman rusak. 

Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE dibuat berbentuk emulsi sehingga mudah larut dalam air dan mudah diaplikasikan ke tanaman. Pemakaian fungsi fungisida harus tepat waktu dan penggunaannya. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis cara penyemprotan fungsi fungisida dan waktu aplikasi yang tepat. 


Fungisida Adalah Salah Satu jenis Pestisida



fungsi fungisida, cabrio gold, pestisida, fungisida sistemik, jual pestisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Jagung
Berkualitas

Pestisida merupakan zat kimia yang digunakan untuk mematikan atau membasmi organisme pengganggu tanaman. Pestisida berasal dari kata pest artinya hama dan cida artinya pembunuh. Organisme pengganggu tanaman sangat luas cakupannya dan masyarakat menyebutnya dengan "hama". 

Organisme pengganggu tanaman atau OPT yang dikendalikan menggunakan pestisida antara lain hama tungau, kutu, ulat, thrips, gulma, cendawan, bakteri dan masih banyak lagi. Pestisida mengandung bahan kimia, bahan lain serta jasad renik, virus untuk memberantas organisme perusak tanaman. 

Pestisida juga digunakan untuk memberantas hama dan penyakit yang merusak hasil-hasil pertanian dan memberantas rumput liar. Fungisida termasuk dalam pestisida digunakan untuk mematikan cendawan dan bakteri penyebab penyakit tanaman budidaya. 

Fungisida secara spesifik membunuh juga menghambat dan mencegah cendawan/jamur. Bentuknya dapat berupa cairan, gas, butiran dan serbuk. 

Penyemprotan fungisida sebaiknya dilakukan sejak dini yaitu sejak sebelum tanaman terinfeksi. Penyebaran penyakit sangat cepat bila iklim dan lingkungan mendukung. Sehingga serangan penyakit bila sudah terlanjur parah, akan sulit dikendalikan. 

Cendawan, fungi atau jamur di dunia pertanian merupakan sesuatu hal yangsangat merugikan dan ditakuti. Keberadaan jamur merusak kualitas hasil tanaman kita dan berkurangnya hasil pertanian. Cendawan ada di akar, daun, batang hingga pucuk tanaman. 

Serangan jamur dimulai sejak benih ditanam dalam persemaian sehingga Anda harus memperhatikan perawatan sejak benih ditanam. Kelembaban berlebihan paling sering menyebabkan tumbuhnya jamur tanaman. Sehingga meski di persemaian, penyiraman juga diperhatikan karena tanaman juga masih sangat kecil.   


Baca Juga : Benih Tomat Servo Andalan Petani dan Pedagang Sayur


Fungsi Fungisida Sistemik Cabrio Gold 183SE


Fungsi fungisida di dunia pertanian adalah digunakan untuk mengendalikan cendawan yang terdapat pada benih, bibit, batang, akar, daun, bunga dan buah. Fungsi fungisida diaplikasikan dengan banyak cara sesuai bentuk bahan aktifnya. 

Biasanya lebih banyak dengan disemprotkan langsung ke tanaman menggunakan alat semprot sprayer karena butiran air yang keluar dari nozel yang kecil. Fungsi fungisida juga diberikan dengan cara pengocoran ke akar, untuk merendam benih sampai penyemprotan gas ( fumigan ). 

Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE berdasar cara kerjanya yaitu fungisida sistemik. Fungsi fungisida sistemik apabila disemprotkan ke tanaman akan diserap lalu didistribusikan ke seluruh bagian tanaman lewat jaringan tanaman. 

Fungsi fungisida sistemik diabsorbsi oleh organ-organ tanaman lalu ditranslokasikan ke bagian tanaman lainnya. Cairan fungsi fungisida akan bergerak melalui pembuluh angkut dan lewat jalur simplas ( dalam sel ). 

Fungsi fungisida sistemik ditranslokasikan ke bagian atas tanaman ( sistem akropetal ), yaitu dari akar menuju daun. Namun beberapa jenis fungsi fungisida juga dapat bergerak ke bawah ( sistem basipetal ) yakni dari daun ke akar. 

Aplikasi fungsi fungisida sistemik disemprotkan langsung ke daun, pengocoran ke tanah, ke akar atau cara injeksi ke batang. Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE bekerja secara sistemik dengan masuk ke jaringan. 

Fungsi fungisida sistemik bersifat racun begitu masuk ke tanaman inang lalu mengganggu tanaman inang. Cabrio Gold tidak mengurangi kualitas dan kuantitas tanaman. Bekerja dengan cara mengimbas ketahanan fisik dan kimia dari patogen. 

Fungsi fungisida dapat diabsorbsi baik dan ditranslokasikan ke badan patogen serta stabil dalam tanaman inang. 


Baca Juga : Semangka Inul Kuning Sun Bao Idaman Baru Petani dan Pedagang


Fungsi Fungsida Kontak dan Sistemik


fungsi fungisida, cabrio gold, pestisida, fungisida sistemik, jual pestisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor Tanaman

Seperti halnya insektisida dimana pembagian berdasar cara kerjanya, fungsi fungisida ada yang kontak dan sistemik. Fungsi fungisida jenis kontak bekerja melalui paparan langsung ke cendawan sasaran. 

Sedangkan cara sistemik masuk ke dalam sistem pembuluh tanaman hingga menyebabkan seluruh bagian tanaman beracun bagi cendawan. 

Keuntungan fungsi fungisida sistemik adalah efek residu dapat bertahan lama dalam tanaman 1 - 4 minggu tergantung jenis bahan aktifnya. Cabrio Gold lebih toleran terhadap pengaruh hujan yang mencuci residu bahan kimia pestisida. 

Sebagian besar bahan aktif fungisida sistemik dilengkapi bahan aktif fungisida kontak. Fungsi fungisida kontak membunuh cendawan yang terpapar bahan aktif. Sedangkan untuk cendawan yang terhindar paparan akan teracuni oleh bahan aktif sistemik. 

Bahan aktif sistemik diserap tanaman inang dan diserap kembali oleh cendawan. Kemampuan secara sistemik dan kontak inilah membuat harga jenis fungsi fungsida sistemik cukup mahal di pasaran. 

Petani biasanya mengaplikasikan fungsi fungisida sistemik sebagai senjata terakhir saat serangan cendawan sudah cukup parah. Sebenarnya cara ini tidak tepat karena cendawan sudah menjadi dewasa dan memiliki daya tahan hidup lebih kuat. 

Cendawan dewasa tidak mati oleh paparan bahan aktif kontak dan bila dosis bahan aktif sistemik kurang. Kemudian cendawan dewasa akan resisten terhadap bahan aktif  fungisida. 

Sebaiknya aplikasi fungsi fungisida sistemik saat cendawan baru tumbuh dimana kondisinya masih lemah. Kecil kemungkinan juga cendawan bisa bertahan menyerap bahan aktif sistemik.  


Cendawan Penyebab Penyakit Tanaman


Penyakit tanaman dapat berkembang bila cendawan patogen ganas ( virulen ), tanaman inangnya rentan ditambah kondisi lingkungan mendukung. Namun bila tiga faktor tersebut salah satu tidak ada maka penyakit tanaman tidak berkembang. 

Penyakit tanaman ada bila terdapat 3 faktor yaitu tanaman, cendawan dan lingkungan. Tanaman terserang penyakit bisa dilihat dari gejala yang tampak. Gejala tersebut harus dilihat secara teliti baik tanda-tanda umum maupun spesifik. 

Gejala akan memberitahukan Anda penyakit apa yang menyerang tanaman. Gejala penyakit biasanya dijumpai pada daun, akar, batang hingga buahnya. Dari mengetahui jenis penyakitnya segera dapat diupayakan pengendaliannya. 

Pengendalian penyakit tanaman dilakukan untuk mengurangi tingkat kerusakan sehingga produksi tanaman dapat meningkat. Satu terjadi serangan penyakit, tanaman akan mengalami perubahan sangat jelas. 

Perubahan akibat penyakit tersebut seperti daun menguning, daun layu, pertumbuhan lambat, tanaman kerdil, buah kecil dan tanaman mudah rebah karena akar tidak berkembang. Penyakit akan semakin serius bila tidak segera ditangani. 

Tanaman akan mati serempak atau tumbuh namun tidak normal ( abnormal ). Pertumbuhan tanaman dikatakan normal apabila tanaman dapat tubuh sehat dan tumbuh sesuai umurnya. 


Baca Juga : Jagung Manis Secada Bebaskan Petani dari Serangan Bulai 


Fungsi Fungisida Cabrio Gold Mengendalikan Hawar Daun 


Penyakit hawar daun atau kresek disebabkan bakteri Xanthomonas oryzae. Serangan terjadi pada awal pertumbuhan dan menyebabkan tanaman menjadi layu dan mati. Daun menjadi kering dan bila diremukkan bersuara "kresek". Serangan pada tanaman dewasa menimbulkan gejala hawar/blight. 

Kehilangan hasil akibat penyakit hawar daun mencapai 20,6 - 35,8% pada musim hujan. Bila di musim kemarau mencapai 17,5 - 28%. Penyakit hawar daun merupakan penyakit utama tanaman padi dan jagung. 

Musim hujan memang menyediakan ketersediaan air yang melimpah. Namun kondisi lingkungan yang basah dan lembab menjadi pemicu berkembangnya sejumlah penyakit perusak tanaman.  

Tanaman jagung di musim hujan banyak diserang penyakit hawar daun. Pengaruhnya mulai kerusakan berat hingga gagal panen. Penyakit hawar dau jagung disebabkan oleh jamur. 

Gejala awal penyakit hawar daun jagung adalah timbulnya gejala berupa bercak kecil berbentuk oval. Bercak kemudian akan memanjang berbentuk elips dan berkembang disebut hawar. 

Warna daun hijau agak keabu-abuan atau agak coklat. Panjang hawar 2,5 - 15 cm, bercak hawar mulai dari daun terbawah lalu berkembang menuju daun atas. Serangan hawar daun dapat membuat tanaman jagung cepat mati atau mengering. 

Cendawan tidak menginfeksi tongkol atau klobot jagung. Cendawan dapat bertahan hidup pada daun dan sisa tanaman di lahan. Pengendalian pencegahan yaitu menggunakan benih tahan penyakit. 

Pengendalian secara teknis yaitu mencabut tanaman yang kering karena hawar daun hingga ke akarnya. Fungsi fungisida Cabrio Gold digunakan sebagai pengendalian kimia. Yaitu dilakukan saat muncul gejala serangan sampai tanaman jagung memasuki fase generatif. 


Karat Daun Jagung


Karat daun jagung merupakan penyakit utama dan disebabkan oleh cendawan Puccinia polysora. Serangannnya merupakan penyebab utama rendahnya hasil jagung. Sehingga benih jagung hibrida kini ketahan dari penyakit karat daun menjadi salah satu syaratnya. 

Penyakit karat daun bersifat endemis dan banyak menjadi penyebab rendahnya hasil jagung di beberapa sentra tanaman jagung. Gejala awal yaitu adanya bisul ( pustules ) pada permukaan atas dan bawah daun jagung. 

Bisul berwarna coklat kemerahan tersebar di permukaan daun lalu berubah warna menjadi hitam kecoklatan. Bila serangan semakin berat, daun menjadi kering dan tanaman mati. 

Karat daun jagung menginfeksi pada fase generatif hingga memasuki panen. Serangan berat pada daun jagung dan semakin berat terjadi pada seludang daun dan tongkol jagung. 

Fungsi fungisida Cabrio Gold mengendalikan karat daun kopi. Gejala awal pada daun kopi yaitu bercak warna kuning pada permukaan bawah daun. Daun kopi lalu berubah menjadi kuning tua. 

Bercak mulanya berbentuk bulatan kecil diameter 0,5 cm. Selanjutnya bercak-bercak akan saling berdekatan, menyatu dan membesar. Bentuk tidak teratur dan diameter mencapai 5 cm. 

Pada bercak terbentuk tepung yang awalnya berwarna kuning lalu berubah menjadi putih. Kemudian daun akan jatuh gugur sebelum waktunya. Rentannya daun dari infeksi penyakit tergantung dari umur daun. 

Daun muda belum terbuka sangat tahan terhadap serangan infeksi. Sedangkan daun tua lebih rentan dan daun terbuka penuh adalah yang paling rentan terserang infeksi. 

Pohon dimana cabangnya lebat akan buah juga lebih rentan infeksi. Tingkat serangan infeksi paling berat di bagian pohon yang kena sinar matahari penuh. Bila pemupukan kurang dan banyak gulma, membuat tanaman jga rentan dari infeksi penyakit. 


Cabrio Gold 183SE Mengendalikan Penyakit Jagung


Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE untuk mengendalikan penyakit tanaman jagung. Fungsi fungisida cabrio Gold 183SE bersifat preventif, protektif dan kuratif. Jenis fungisida berbentuk emulsi dan mudah disuspensikan. 

Cabrio Gold 183SE berfungsi juga sebagai zat pengatur tumbuh yaitu meningkatkan hijauan ( silase ) daun jagung sehingga bisa digunakan sebagai pakan ternak. Selain itu membuat batang lebih besar dan tahan rebah. 

Tongkol menjadi lebih besar dan panjang serta tanaman tumbuh normal dan daun lebih hijau. Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE mengendalikan bercak daun, hawar daun dan karat daun. Mampu mengendalikan jamur penyebab penyakit busuk/hawar pelepah/jamur upas. 

Secara umum fungsi fungisida adalah salah satu jenis dari pestisida yang diracik untuk mencegah, menghambat, membunuh dan mengendalikan jamur dan faktor-faktor pembawa penyakit tanaman. 

Fungsi fungisida Cabrio Gold 183SE bekerja secara sistemik yaitu cairan dari Cabrio Gold akan bekerja setelah disemprotkan ke tanaman. Setelah kena tanaman, larutan fungisida akan diserap dan didistribusikan ke seluruh bagian tanaman melalui semua jaringan tanaman. 

Demikian artikel Kami judul : Fungsi Fungisida dalam Produk Terbaik Cabrio Gold 183SE BASF. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). 

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami dibantu jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami menerima juga konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan lengkap keperluan bercocok tanam mulai dari benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang fungsi fungisida secara umum. 

Fungsi fungisida diberikan dibarengi pemeliharaan tanaman yang baik dan benar. Semua komponen pertanian turut serta mendukung keberhasilan dalam budidaya tanaman dan hasil panen sesuai harapan. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.