TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/12/21

Jual Benih Bibit Semangka Non Biji Terbaik Amara F1 - LMGA Agro

jual benih semangka, bibit semangka non biji, terbaik, amara f1, cap panah merah, cara menanam semangka, buah semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Amara F1
Semangka Non Biji

Jual Benih Bibit Semangka Non Biji Terbaik Amara F1 - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih Amara F1 bibit semangka non biji terbaik cap Panah Merah. Harga bibit semangka non biji terbaik promo. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap. Tersedia antara lain benih hibrida dan unggul, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan akat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang bercocok tanam dan permasalahannya di lapangan. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak juga untuk menjadi dropship dan reseller pertanian. 

Bibit semangka non biji terbaik benih Amara F1 harga terbaik dan dapatkan diskon dari Toko Pertanian LMGA Agro. Benih Amara F1 bibit semangka non biji terbaik cap Panah Merah produk East West Seed Indonesia. 

Benih Amara F1 semangka hibrida berdaging merah dan tidak mempunyai biji. Bentuk buahnya bulat agak lonjong dengan warna kulitnya hijau tua dan lurik hijau tua. Bibit semangka non biji terbaik Amara F1 untuk ditanam di dataran rendah. 

Bibit semangka non biji terbaik benih Amara F1 cap Panah Merah tanaman tahan penyakit layu dan virus Gemini. Bobot buah mencapai 8 kg per buah, daging buah merah dan rasa segar dan manis. 

Tanaman semangka Amara F1 tanaman vigor dan buah mudah muncul. Bobot buah mencapai 7 - 8 kg/buah. Daging buah dari bibit semangka non biji terbaik Amara F1 berwarna merah, manis dan sangat renyah.

Semangka Amara F1 non biji panen umur 58 - 65 hari setelah tanam. Potensi hasil panennya mencapai 33 - 38 ton/ha. Tanaman semangka merupakan buah sangat popular di Indonesia. Semangka sangat bermanfaat untuk kesehatan karena banyak mengandung air dan serat. 


Pohon Semangka Benih Terbaik Amara F1


jual benih semangka, bibit semangka non biji, terbaik, amara f1, cap panah merah, cara menanam semangka, buah semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Dilihat dari Bawah
Ada Lubang Aliran Air

Pohon semangka benih Amara F1 dimulai dari persiapam lahan. Tanah lahan penanaman diolah lalu dibuat bedengan lebar 5 - 6 meter. Bagian samping bedengan digemburkan dipakai sebagai saluran air dengan kebar 1 meter. 

Anda cek pH tanah, bila <6 lakukan pengapuran menggunakan Dolomit dosis 2 ton/ha. Biarkan 1 minggu agar Dolomit menyatu pada tanah dan menetralkan pH tanah. 

Setelah pH dinetralkan, berikan pupuk kandang pada bedengan yang akan ditanami bibit semangkanon biji terbaik. Pupuk kandang dosis 1 - 2 kg/tanaman. Selanjutnya setelah diberi pupuk kandang, berikan juga 7 hari sebelum tanam yaitu Urea 15 gram/tanaman dan ZA 30 gram/tanaman. 

Ditambah SP-36 sebanyak 45 gram/tanaman dan KCl 40 gram/tanaman. Total pupuk sebanyak 130 gram/tanaman. 

Persemaian benih bibit semangka non biji terbaik Amara F1 yaitu benih direndam dulu dengan air hangat sekitar selama 6 jam. Setelah itu, benih ditiriskan lalu letakkan pada kain atau kertas koran basah. Kain atau koran basah digunakan untuk mengecambahkan bibit semangka non biji terbaik Amara F1. 

Setelah muncul kecambah, bibit semangka non biji terbaik dipindah tanam ke polybag. Persiapan polybag telah dilakukan seminggu sebelumnya. Media tanam polybag dari tanah dan pupuk kandang yang sudah diayak halus lalu dimasukkan ke dalam polybag. 

Bibit semangka non biji terbaik lalu dipindahkan ke polybag dan diletakkan di tempat persemaian yang sudah diberi naungan. Fungsi naungan untuk melindungi bibit semangka non biji terbaik dari air hujan dan sinar matahari langsung. 

Naungan atau sungkup dibuka tutup, buka pagi hari pukul 10 pagi dan siang ditutup kembali. Buka tutup naungan sampai umur bibit semangka non biji terbaik ini siap dipindahkan ke lahan tetap. 

Perawatan selama penyemaian bibit semangka non biji terbaik adalah mengusahakan tanah tetap lembab yaitu dengan cara rutin melakukan penyiraman. Bila ditemui ada hama ulat dapat langsung dimatikan ( dipithes ) atau melakukan penyemprotan pestisida sebagai langkah pencegahan.


Baca Juga : Budidaya Semangka Riendow Panah Merah 


Penanaman Bibit Semangka Non Biji Terbaik


Penanaman bibit semangka non biji terbaik setelah umur 8 - 12 hari setelah semai dan telah muncul 3 daun sejati. Bibit semangka non biji terbaik dipindah tanam dengan jarak tanam 60 - 70 cm dalam baris dan jarak 5- 6 meter antar baris. 

Penanaman bibit semangka non biji terbaik Amara F1 sebaiknya pada sore hari untuk mencegah bibit semangka non biji terbaik mengalami stres. Usahakan penanaman bibit semangka non biji terbaik selesai pada satu hari. Sebelum penanaman, lahan dileb dulu dan lubang tanam diberi fungisida.  

Pemeliharaan pada tanaman bibit semangka non biji terbaik yaitu penyulaman sampai hari ke-7 setelah pindah tanam. Bibit sakit atau layu harus segera dicabut dan dimusnahkan. Ganti segera dengan bibit semangka non biji terbaik sehat dan lakukan prosedur penanaman yang sama.

Selanjutnya tanaman bibit semangka non biji terbaik dipupuk. Pemupukan susulan setelah tanam dimulai umur 7 hari setelah tanam. 

Pemupukan susulan I umur 7 hari setelah tanam menggunakan pupuk NPK sebanyak 4,5 g/tanaman dan KNO3 sebanyak 2,5 g/tanaman. 

Pemupukan Susulan II umur 14 hari setelah tanam menggunakan pupuk NPK dosis 8,5 g/tanaman dan KNO3 dosis 2,5 g/tanaman. 

Pemupukan susulan III umur 21 hari setelah tanam menggunakan pupuk KCl dosis 15 g/tanaman dan NPK dosis 12,5 g/tanaman. 

Pemupukan susulan IV umur 35 hari setelah tanam menggunakan pupuk ZA dosis 8,5 g/tanaman dan NPK 12,5 g/tanaman. 

Pemupukan susulan V umur 45 - 50 hari setelah tanam diberikan pupuk KCl sebanyak 10 g/tanaman. 

Perempelan atau pemangkasan pada cabang yaitu tepatnya pada cabang utama dipangkas setelah 5 - 18 ruas. Buah yang dipelihara adalah buah kedua atau letak buah pada ruas di atas ruas ke-14 atau kurang lebih 1 meter dari pangkal batang. 

Pembesaran buah sebanyak 1 buah tiap pohon semangka. Tujuannya adalah mendapatkan buah yang optimal. 


Baca Juga : Untung Besar dari Budidaya Semangka Non Biji Quality


Pemasangan Jerami

Pemasangan jerami gunanya untuk melindungi buah, batang dan ranting tanaman bibit semangka non biji terbaik Amara F1. Pemasangan jerami saat panjang tanaman mencapai sekitar 50 cm. Bila buah semangka sudah terbentuk, rutinlah untuk membolak-balikkan buah. 

Tujuan pembalikkan buah semangka adalah agar warna buah merata dan bagus. Bila ditemui di pasar ada buah semangka dengan warna kuning atau putih sebagian itu karena pembalikkan buah kurang rutin. 

Pengairan atau penyiraman bibit semangka non biji terbaik penting khususnya pada awal pertumbuhan. Selanjutnya pengairan berhenti begitu memasuki awal pembentukan bunga betina. Pengairan dilanjutkan kembali saat buah mulai besar. 

Setelah ukuran buah sudah mulai besar dan hampir matang, hentikan pemberian air atau dikurangi. Terlalu banyak air akan membuat kualitas buah berkurang rasa manisnya. Pengairan berkurang dapat meningkatan kadar gula buah semangka. 


Baca Juga : Semangka Inul F1 Torpedo Buah Besar


Nama Penyakit Utama Tanaman Semangka


Virus Gemini

Gejala serangan virus Gemini menyebabkan daun menguning, mengeriting dan ukuran daun mengecil. Tanaman menjadi kerdil dan ruas-ruas pada percabangan memendek. Bila menyerang pada fase generatif, menyebabkan banyak bunga rontok. 

Pengendaliannya yaitu melakukan monitoring perkembangan hama vektornya yaitu kutu kebul sejak awal tanam. Pembasmian terhadap hama kutu kebul dan memusnahkan tanaman yang telah terinfeksi. 

Bersihkan selalu kebun dari gulma karena menjadi tempat sembunyi hama dan menjadi tanaman inang hama. Aplikasi pestisida sebagai alternatif terakhir yaitu berbahan aktif Abamectin, Tiametoksam, Metidation dan Diafenturion. 

Layu Fusarium ( Fusarium wilt )


jual benih semangka, bibit semangka non biji, terbaik, amara f1, cap panah merah, cara menanam semangka, buah semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Fungisida Acrobat
Gejala serangan sebagian tanaman menguning dan juga sebagian di helai daun. Tanaman layu, kering lalu mati. Bila batangnya dibelah melintang maka tampak jaringan pembuluhnya berwarna kecoklatan. 

Pengendaliannya yaitu pemakaian pupuk Nitrogen tidak berlebihan untuk mencegah tanaman terlalu sukulen. Perbaiki drainase yang rusak tergerus oleh air hujan sehingga air tidak menggenang di lahan. Musnahkan tanaman yang rusak karena terinfeksi. Pestisida fungisida yang digunakan berbahan aktif Benomil. 

Busuk Batang Berlendir ( Gummy Stem Blight )

Gejalanya tampak pada daun ada bercak tidak beraturan tapi pada bercak terdapat lingkaran konsentris berwarna abu-abu kecoklatan. Batang terinfeksi akan mengeluarkan cairan mirip getah berwarna coklat kehitaman dan keras. 

Pengendaliannya yaitu melakukan sanitasi dan bersihkan gulma serta pemangkasan untuk mengurangi kelembaban. Perbaiki drainase air agar tidak terjadi genangan saat hujan deras. Cabut segera tanaman rusak lalu dibakar. Aplikasi fungisida berbahan aktif Heksakonazol, Tridemorf, Tebukonazol, Difenokonazol dan Metil Tiofanat.  

Embun Bulu ( Downy mildew )

Gejalanya daun terdapat bercak coklat kehitaman tidak beraturan. Pengendaliannya yaitu sanitasi lahan dari gulma, perbaikan drainase agar air mengalir lancar dan rotasi tanaman bukan tanaman famili timun-timunan. Aplikasi fungisida berbahan aktif Heksakonazol, Simoksanil, Propineb, Mankozeb. 


Peluang Usaha Budidaya Semangka Non Biji Terbaik


jual benih semangka, bibit semangka non biji, terbaik, amara f1, cap panah merah, cara menanam semangka, buah semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Semangka Prospek Cerah

Peluang usaha budidaya bibit semangka non biji terbaik cukup prospek cerah karena merupakan buah yang disukai masyarakat. Semangka non biji terbaik cukup laris di pasaran. Dari segi ekonomi, budidaya semangka non biji terbaik menguntungkan bagi petani.dibandingkan jenis semangka berbiji. 

Bibit semangka non biji terbaik menghasilkan buah dengan tipe bulat agak lonjong. Bibit semangka non biji terbaik sangat cocok ditanam di dataran rendah. Warna kulit semangka non biji terbaik hijau tua dengan lurik warna sama. 

Bobot buah semangka non biji terbaik mencapai 7 - 8 kg. Warna daging buah merah, rasa manis dan renyah. Umur panen rata-rata 58 - 65 hari setelah tanam dan potensi hasil 33 - 38 ton per hektar. 

Cara menanam bibit semangka non biji terbaik sedikit agak rumit bila dibandingkan cara menanam bibit semangka berbiji. Cara menanam bibit semangka non biji terbaik membutuhkan teknik khusus mulai persemaian, penyerbukan bunganya dan pemupukan. 

Bibit semangka non biji terbaik menyukai curah hujan berkisar antara 40 - 50 mm/bulan. Bibit semangka non biji terbaik memang cocok di tanam di dataran rendah maksimal ketinggian 600 m dpl. 

Lahan budidaya bibit semangka non biji terbaik menyukai penyinaran matahari penuh sejak pagi hingga sore hari. Suhu optimal bibit semangka non biji terbaik adalah 25 derajat Celcius. 

Peluang usaha bibit semangka non biji terbaik berprospek cerah karena buah diseleksi dulu agar bernilai jual tinggi. Seleksi buah dengan memilih buah berukuran besar, bentuknya bagus dan tidak cacat. Letak buah antara 1 - 1,5 meter dari perakaran tanaman. 

Seleksi buah menyisakan 1 - 2 buah saja dan buah lainnya dipangkas. Jika bobot buah cukup besar yaitu sekitar hampir 2 kg, lakukan pembalikan buah dan diulang-ulang. Tujuannya agar cahaya matahari menyinari merata sehingga warna buah juga rata. 


Tentang Semangka Non Biji


Semangka non biji atau disebut seedless merupakan hasil rekayasa manusia di bidang pertanian hortikultura terhadap buah semangka. Secara genetis, semangka non biji mempunyai susunan kromosom triploid ( 3N ).  Semangka non biji susunan kromosomnya diploid ( 2N ). 

Penelitian semangka non biji terbaik dimulai dari peneliti asal Jepang tahun 1938, tepatnya oleh ahli pemulia tanaman, Prof. Hithosi Kihara dan Dr. Norio Kondo. Dan tahun 1950, petani di Jepang sudah mulai menerapkan semangka non biji terbaik. Sedangkan di Amerika baru mulai meneliti.

Namun akhir-akhir ini bidang pembenihan hibrida unggulan dikuasai oleh peneliti dari negara Taiwan termasuk meneliti bibit semangka non biji terbaik. Dan tak heran bila di Indonesia banyak ditemui benih-benih hibrida dari negara Taiwan. 

Lalu bagaimana cara menghasilkan benih semangka non biji terbaik sedangkan semangka non biji tidak menghasilkan biji untuk dijadikan benih. 

Kromosom semangka non biji adalah 3N dan merupakan jenis bibit semangka non biji terbaik jenis hibrida ( F hybrid ). Kromosom 3N merupakan hasil persilangan antara semangka jantan diploid (2N ) dan semangka tetraploid ( 4N ).   

Semangka 2N diploid berasal dari benih semangka berbiji yang biasa kita makan. Untuk semangka 4N tetraploid berasal dari semangka 2N yang diberi perlakuan kimiawi yaitu meneteskan zat colchicine

Semangka 2N diploid memiliki 2 set dari 11 kromosom. Semangka tanpa biji triploid memiliki 3 set kromosom dan steril. Untuk menghasilkan semangka 3N non biji, semangka 2 N diserbuki semangka 4N tetraploid.

Dan dalam proses reproduksinya, semangka non biji mendapat satu kromosom dari diploid dan 2 set dari tetraploid sehingga terbentuklah triploid ( 3N ). Karena triploid ada 3 set maka telur dalam semangka tidak terbentuk dan biji tidak tumbuh. 


Baca Juga : Cara Menanam Semangka dari benih yang Baik 


Budidaya Semangka


Petani Indonesia umumnya budidaya semangka di lahan-lahan sawah pada musim kemarau. Pengairan berasal dari pompa sedot mengambil air dari sungai terdekat. Teknik budidaya semangka ada yang berupa hamparan, tanpa mulsa plastik hitam perak, tanpa ajir dan seleksi buah. 

Ada juga budidaya semangka bentuk bedengan, ditutup mulsa plastik hitam perak, dipasang ajir dan seleksi buah. Petani hanya membuahkan satu buah tiap tanaman. Hasilnya buah bobot besar namun jumlahnya lebih kecil. 

Petani lebih menyukai budidaya bibit semangka non biji terbaik namun masih cukup banyak petani menanam semangka berbiji. Bila hasil panen bagus, keuntungan bruto panen 2 - 3 lipat biaya produksi per musim tanam. 

Semangka non biji lebih digemari karena menikmati kesegaran buah semangka menjadi lebih mudah karena tidak direpotkan okeh biji semangka. Mengkonsumsi semangka tanpa biji bisa langsung dimakan tanpa halangan. 

Biji semangka non biji pun tetap ada namun kosong dan berwarna putih juga jumlahnya sedikit. Meski berbiji pada semangka non biji namun tidak sulit ditelan karena lunak.  

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Bibit Semangka Non Biji Terbaik Amara F1 - LMGA Agro. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Kami menerima konsultasi gratis seputar cara menanam semangka dan tanaman lainnya. 

Toko pertanian LMGA Agro jual online kebutuhan bercocok tanam mulai benih hibrida dan unggul, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan tentang bibit semangka non biji terbaik. Benih Amara F1 semangka non biji cap Panah Merah dan buah kualitas terbaik. Dapatkan harga promo pada produk di Toko Pertanian LMGA Agro terdekat cukup beli secara online. Salam sukses...


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.