TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/02/22

Jual Benih Laba F1 Murah Harga Bibit Cabe Keriting Cap Panah Merah

jual benih cabe, cabai keriting, laba f1, cap panah merah, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Laba F1
Cabe Keriting

Jual Benih Laba F1 Murah Harga Bibit Cabe Keriting Cap Panah Merah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih Laba F1 harga murah. 

Dapatkan harga bibit cabe keriting cap Panah Merah murah dan terbaik. Benih Laba F1 cabai keriting terbaik. Harga promo dan diskon menarik produk di Toko pertanian LMGA Agro.

Kami menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap mulai benih berkualitas dan tahan penyakit. Juga ada pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana budidaya tanaman.

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman barang sampai ke tujuan bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Harga bibit cabe keriting cap Panah Merah benih Laba F1 murah dan terbaik. Cabe Laba F1 bobot buah besar dan bebas dari penyakit kuning di ujung buah. 

Harga bibit cabe keriting cap Panah Merah terbaik benih Laba F1 tahan virus. Hasil panen tinggi, penampilan cabe keriting menarik dengan panjang sampai 17 cm. Daya simpan cabe keriting tahan lama. 

Laba F1 harga bibit cabe keriting cap Panah Merah murah benih rekomendasi untuk dataran rendah hingga menengah. Cocok untuk budidaya cabe keriting pada ketinggian tempat 0 - 500 m dpl. 

Harga bibit cabe Cap Panah Merah terbaik Laba F1 tahan penyakit layu bakteri dan ujung buah kuning. Umur panennya 80 - 90 hari setelah tanam. 

Ukuran buah cabe keriting benih Laba F1 cap Panah Merah panjang 16 - 17 cm dan diameter 1 cm. Potensi hasil panennya tinggi mencapai 20 - 30 ton/ha. 


Cabe Keriting Benih Laba F1


Benih Laba F1 cabe keriting cap Panah Merah terbaik buah besar. Bibit cabe keriting Laba F1 buah bebas ujung kuning. 

Cabe keriting Laba F1 cocok untuk budidaya pada ketinggian tempat dataran rendah hingga menengah. Harga bibit cabe keriting cap Panah Merah Laba F1 tahan cuaca panas yang biasa di dataran rendah. 

Bibit cabe keriting cap Panah Merah Laba F1 tahan penyakit Phytopthora capsici dan layu bakteri Ralstonia solanacearum. Buah cabe keriting benih Labe F1 tahan ujung buah kuning. 

Budidaya cabe keriting Laba F1 panen umur 80 - 90 hari setelah tanam. Ukuran cabe keriting panjang 16 - 17 cm dan diameter 1 cm. 

Harga bibit cabe keriting cap Panah Merah benih Laba F1 berpotensi menghasilkan panen sampai 20 - 30 ton/ha. Budidaya cabe keriting kebutuhan benih per hektar sebanyak 120 - 150 gram. 

Cabe keriting Laba F1 cabe untuk dataran rendah sampai 500 m dpl. Ketinggian tempat terlalu tinggi. produktivitas tanaman akan berkurang. 

Jenis tanah yang paling cocok untuk budidaya cabe yaitu tanah dengan kandungan liat cukup tinggi. Untuk tanah dengan liat tinggi banyak terdapat pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m dpl. 

Tanaman cabe menyukai daerah dengan curah hujan antara 800 - 2500 mm per tahun. Harga bibit cabe keriting cap Panah Merah murah menyukai media untuk pembibitan yaitu sekam, kompos dan tanah. 

Tidak dianjurkan untuk memberikan pupuk setiap harinya. Tanaman cabe termasuk tanaman semusim dari golongan famili Solanaceae. Cabe merupakan sayuran  yang kaya kandungan gizi dan vitamin. 

Cabe mengandung kalori, protein, lemak,karbohidrat dan kalsium. Cabe mengandung vitamin A, B1 dan C. Manfaat cabe baik untuk kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah dan baik untuk kesuburan. 


Baca Juga : Semangka Jumbo Nani F1, Penampilan Baru Varietas Nina


Budidaya Tanaman Cabe 


jual benih cabe, cabai keriting, laba f1, cap panah merah, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Tanaman Cabe

Tanaman cabe umumnya dapat tumbuh pada ketinggian tempat 100 - 1000 m dpl. Tanah idealnya memiliki nilai pH berkisar antara 5,5 - 5,6 dan pH optimum 6,0 - 6,5. 

Tanaman cabe menghendaki pengairan yang cukup. Suhu optimum pertumbuhannya berkisar antara 21 - 28 derajat Celcius. Suhu malam kurang dari 15 derajat Celcius menyebabkan bunga berguguran. 

Suhu sampai kurang dari 13 derajat Celcius, pertumbuhan tanaman terhenti. Tanaman membeku dan berhenti tumbuh. 

Teknik budidaya cabe keriting harus melewati persemaian benih dahulu. Benihnya tidak dapat langsung ditanam di lahan kebun. Terutama bila benih cabe hibrida dan bersertifikat yang harga benihnya cukup mahal. 

Penyemaian benih cabe keriting menggunakan wadah polybag. Tujuannya agar benih cabe mudah penataannya dan tidak saling berhimpit. Bila saling menempel, pasti benih tidak dapat tumbuh. 

Media untuk menyemai benih yaitu tanah dan kompos/pupuk kandang perbandingan 1 : 1. Bila menggunakan arang sekam, Anda harus menambahkan takaran tanahnya 2 kali lipat. 

Jadi tanah : pupuk : arang sekam = 2 : 1 : 1. Semua bahan harus diayak hingga halus sebelum dicampur menjadi satu. 

Proses pengolahan tanah untuk mempersiapkan lahan tanam cabe keriting. Cangkul tanah sampai sedalam 20 - 40 cm. Bersihkan tanah dari gulma, batusampai sisa tanaman. 

Buat bedengan dengan tinggi 50 cm dan lebar 1 m. Jarak antar bedengan 60 cm sebagai tempat saluran air. Perhatikan selalu saluran air dalam kondisi baik karena tanaman cabe tidak tahan genangan air. 


Baca Juga : Cabai F1 Lentur, Tahan Cacar dan Pengangkutan Jarak Jauh 


Penanaman dan Pemeliharaan Cabe


jual benih cabe, cabai keriting, laba f1, cap panah merah, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanam Cabe dan Pemakaian Mulsa
Proses persemaian benih cabe keriting memakan waktu 21 - 24 hari dan ditandai dengan munculnya 3 - 4 helai daun. Sobeklah plastik polybag dan keluarkan bibit beserta tanahnya.

Jangan sampai tanahnya pecah dan segera masukkan pada lubang tanam di lahan. Iklim dan jenis tanah penting dalam penanaman cabe keriting. 

Karakteristik tanaman cabe khusus karena hanya tumbuh pada iklim tropis. Setelah penanaman, cabe membutuhkan siraman air intens dan kadarnya sama. 

Budidaya cabe juga bisa menggenangkan air lewat drainasenya dan lakukan 2 kali seminggu. Penggenangan air untuk memanfaatkan saluran air antara 2 bedengan. 

Rajinlah memeriksa dan mengontrol pertumbuhan tanaman. Cara tersebut Anda dapat mengetahui lebih dini bila ada tanaman yang sakit atau rusak. 

Bila ada tanaman rusak/sakit segera canut dan lakukan penyulaman. Ganti dengan bibit cabe baru dari tempat pembibitan. Bersihkan dulu tempat tanaman yang sakit tadi, hilangkan tanahnya dan beri fungisida. 

Lakukan penanaman kembali dengan bibit baru yang sehat. Pada hari ke-7, pasanglah lanjaran untuk menopang tanaman nanti bila semakin tinggi. Bila sudah tumbuh tinggi, ikatkan batang ke lanjaran. 

Pengikatan menggunakan tali salaran khusus untuk mengikat batang tanaman. Lakukan penyiangan gulma bila tampak gulma di sekitar tanaman. jangan biarkan gulma tumbuh tinggi. 

Bersihkan selalu kebun dari gulma karena hama dan penyakit sering memanfaatkan gulma sebagai tempat hidup dan sembunyinya. Gulma juga menimbulkan persaingan merebut unsur hara di tanah. 


Baca Juga : Ciri Kol Sehat dan Segar, Kaya Manfaat dan Mudah Menanamnya


Pemupukan Cabe 


Pemupukan cabe dimulai sejak sebelum penanaman bibit cabe keriting cap Panah Merah atau saat pengolahan tanah. Berikan pupuk organik baik kompos atau pupuk kandang. 

Umumnya petani menaburkan pupuk kandang dari kotoran ayam karena di desa biasanya lebih banyak memelihara ayam di rumah. Jadi kotorannya dapat diolah sebagai pupuk kandang. 

Bila mempunyai ternak kambing, sapi atau kerbau juga bermanfaat sebagai pupuk kandang. Asalkan pupuk sudah terfermentasi dengan baik dan teksturnya sudah mirip tanah. 

Berikan pupuk kandang sebanyak 20 ton/ha sebagai pupuk dasar. Lalu biarkan selama 1 minggu agar pupuk meresap dalam tanah. 

Pupuk an-organik Urea untuk tanaman cabe diberikan sebanyak 150 kg/ha. Pemberiannya yaitu pada umur 3, 6 dan 9 minggu setelah tanam. Jumlah takarannya yaitu 1/3-nya setiap aplikasi. 

Selanjutnya yaitu pupuk ZA 100 kg/ha waktu dan jumlah takarannya sama dengan pupuk Urea di atas. Pupuk TSP sebagai sumber unsur Fosfor sebanyak 150 kg/ha dan aplikasinya 1 minggu setelah tanam. 

Pupuk KCl sebagai sumber hara Kalium pemberiannya sebanyak 100 kg/ha. Waktu pemberiannya dan jumlah aplikasi sama dengan pupuk Urea. 

Pemupukan cabe mulai umur 1 - 30 hari setelah tanam sebaiknya berikan pupuk organik. Karena saat tersebut umur tanaman sangat muda dan rentan terserang penyakit. 

Pemberian pupuk organik membuat akar tanaman yang masih muda dan belum banyak lebih mudah menyerap unsur hara organik. Pemberian unsur kimia dapat mengganggu pertumbuhan tanaman muda. 

Setelah tanaman sudah tumbuh dan beradaptasi baik dengan lingkungan hidupnya, tanaman sudah siap mendapatkan unsur hara dari pupuk kimia atau an-organik. Namun tetap berikan pupuk organik ke tanaman. 


Pupuk Untuk Cabe Agar Berbuah Lebat


jual benih cabe, cabai keriting, laba f1, cap panah merah, tanaman cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Pupuk Berkualitas
Pupuk untuk cabe pertama dan harus diberikan yaitu pupuk organik. Paling sering petani menggunakan pupuk kandang. Pupuk kandang dari kotoran ayam sudah kering. 

Kotoran ayam sudah dijemur dan berkurang kadar kelembabannya. Perbandingan paling baik yaitu tanah : kotoran ayam = 3 : 1. Campurkan pupuk kandang pada tanah menanam cabai bagian atas. 

Perbandingan harus 3 : 1 karena kotoran ayam mengandung tinggi amoniak yang sifatnya asam. Kadarnya tinggi dapat membuat busuk akar tanaman dan sifatnya panas bagi akar. 

Umur tanaman kurang dari 30 hari jangan berikan pupuk kimia. Umur tersebut masih dalam proses pembibitan dan sangat rentan mati. Pupuk kimia mempunyai pH yang tidak cocok bagi tanaman muda. 

Pupuk kimia cocok pemberiannya pada tanaman umur 1 bulan lebih. Akar tanaman juga sudah mampu menghadapi kondisi ekstrim seperti perubahan suhu dan pH tanah. 

Pupuk untuk cabe saat tanaman memasuki waktu berbuah sebaiknya hentikan pemberian pupuk kimia. Tanaman cabe memasuki masa berbunga dan penyerbukan, jangan berikan pupuk kimia. 

Tetap berikan pupuk namun menggunakan pupuk organik cair dan pupuk Phonska cair. Pupuk kandang berikan di area sekitar tanaman dengan menggali tanahnya. 

Pemupukan bertujuan memberikan unsur hara bagi tanaman dan melancarkan sirkulasi udara dalam tanah. Pupuk organik dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan memperbaiki kondisi tanah. 

Pupuk kandang dapat meningkatkan kekebalan tanaman dari serangan hama dan penyakit. Pemberian pupuk kandang mulai diberikan sejak pengolahan tanah.  

Pemberian pupuk kandang paling baik saat persemaian benih baik di tanah maupun menggunakan polybag. Pupuk kandang bagus untuk tanaman cabe pada masa pembibitan yaitu umur 5 - 26 hari. 


Pemupukan Cara Menanam Cabe


Cara menanam cabe juga menggunakan pupuk Phonska cair dan dikocorkan ke tanaman. Manfaat pupuk Phonska yaitu merangsang pertumbuhan tunas pada ketiak daun. 

Phonska cair dapat merangsang pembentukan bunga dan buah agar tanaman cabai berbuah lebat. Phonska cair juga dapat menyembuhkan tanaman cabe yang sakit terserang hama dan penyakit. 

Aplikasi pupuk Phonska cair cocok penanaman di musim hujan. Caranya tingga kocokan ke tanaman juga ke tanaman yang terserang hama penyakit. Phonska cair juga berguna saat pemindahan bibit ke lahan. 

Pupuk kimia atau an-organik mengandung satu atau lebih unsur kimia. Pupuk tunggal uaitu Urea, TSP, SP-36 dan KCl. Pupuk majemuk ada NPK, KP dan lain-lain. 

Pemupukan cara menanam cabe bisa menggunakan Urea, TSP, SP-36, KCl dan pupuk Mutiara ( NPK ). Pupuk kimia juga bermanfaat untuk memenuhi unsur utama yang krusial untuk pertumbuhan maksimal. 

Pupuk untuk pemupukan cara menanam cabe mengandung unsur makro ( N, P dan K ), unsur makro sekunder ( Ca, Mg dan S ) dan hara mikro ( Fe, Mn, Zn, Cu, B dan Mo ). 

Nitrogen terkandung dalam pupuk Urea, ZA dan NPK berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan bagian tanaman ( daun, batang dan akar ). Nitrogen penting untuk proses fotosintesis. 

Phosfor penting untuk merangsang pertumbuhan akar, pengangkut karbohidrat dan pengatur tegangan sel agar tanaman tahan terhadap hama dan penyakit.  

Kalium bermanfaat sebagai penguat dinding sel tanaman. Tanaman menjadi tahan serangan organisme pengganggu tanaman. Juga membuat akar tumbuh panjang. 

Pupuk kimia diberikan setelah 7 - 10 hari setelah penanaman bibit ke lahan tetap. Pupuk kima juga tidak diberikan saat penyemaian benih karena bibit baru disemai tidak kuat dengan unsur kimia. 


Baca Juga : Green Nova Raja Nubis Dataran Tinggi


Harga Bibit Cabe Keriting Cap Panah Merah Terbaik Tahan Virus


Cabe keriting benih Laba F1 umur panen 80 - 80 hari setelah tanam. Waktu panen cabe keriting berbeda-beda sesuai varietas bibit, kondid tanah dan iklim. 

Saat waktu panen pastikan kematangan cabe pada kisaran 80 - 90%. Waktu memetik cabai sebaiknya pada pagi hari. Pemetikan beserta tangkainya agar kesegaran tanaman bertahan lama saat penyimpanan. 

Setelah panen, letakkan cabe pada tempat teduh dan terlindung dari paparan sinar matahari langsung dan air hujan. Setelah panen pertama, panen berikutnya setiap 2 - 5 hari sekali. 

Panen cabe bisa berkali-kali sampai sekitar 30 - 40 kali tergantung kondisi tanaman. Harga bibit cabe keriting cap Panah Merah benih Laba F1 tahan virus. 

Kualitas mutu cabai dipengaruhi oleh adanya serangan organisme pengganggu tumbuhan. Serangan virus menyebabkan tanaman tumbuh kerdil, berdaun kuning hingga tidak muncul buah. 

Penyakit akibat virus pada tanaman cabe disebabkan oleh penularan kutu kebul ( Bemisia tabaci ) dan nama virusnya yaitu virus kuning ( Gemini ). Nama penyakitnya adalah kuning keriting. 

Virus Kuning muncul mulai dataran rendah ( 100 m dpl ) sampai dataran tinggi ( > 1000 m dpl ). Virus kuning menyerang semua umur tanaman dan menimbulkan kerugian 20 - 90% hasil panen. 

Gejala serangan virus pada cabe ini awalnya daun muda atau pucuk daun mencekung dan mengkerut. Semakin lama seluruh daun berwarna kuning cerah, daun cekung dan mengkerut lebih kecil dan tebal. 

Benih berkualitas Laba F1 merupakan salah satu cara mengendalikan penyakit akibat virus. Lakukan cara penyemaian benih yang benar, pengolahan tanah dan pemupukan berimbang sesuai umur tanaman. 


Jual Benih Laba F1 Toko Pertanian LMGA Agro


Pemakaian mulsa plastik hitam perak, penanaman tanaman penghadang, sanitasi hingga pencabutan tanaman sakit dapat menekan jumlah serangan penyakit. 

Populasi kutu kebul hama vektor virus dapat dikendalikan dengan melakukan tumpang sari berbagai jenis tanman, memasang perangkap dan memanfaatkan musuh alaminya. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Laba F1 Murah Harga Bibit Cabe Keriting Cap Panah Merah. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Toko pertanian LMGA Agro jual benih Laba F1. Beli harga bibit cabe keriting Cap Panah Merah murah terbaik. Dapatkan promo menarik dan harga diskon produk pertanian. 

Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan tentang harga bibit cabe keriting Cap Panah Merah Terbaik. Benih Laba F1 tahan virus dan hasil panen menguntungkan. Selamat mencoba, salam sukses...


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.