BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

20/05/2022

Read

Jual Harga Benih Kacang Panjang Kanton Tavi 500 gram Murah Lengkap

jual benih, harga murah, kacang panjang, kanton tavi, manfaat kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kanton Tavi
Kaleng

Jual Harga Benih Kacang Panjang Kanton Tavi 500 gram Murah Lengkap. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram. 

Harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram murah terbaik benih berkualitas yang tahan virus. Harga benih Kacang panjang 500 gram terbaik cap Panah Merah produk benih PT East West Seed. 

Beli produk pertanian berkualitas di Toko Pertanian LMGA Agro dapatkan promo menarik harga diskon selama penawaran masih ada. 

Toko pertanian LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam lengkap mulai dari benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis seputar pertanian dan permasalahannya. Kami siap untuk kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Belanja online kebutuhan pertanian cepat dan efektif terdekat harga murah di Toko pertanian LMGA Agro. Produk pertanian lengkap berkualitas terbaik. 

Harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram murah dan terbaik tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro. Benih kacang panjang tahan virus dan penyakit merk dagang terpercaya andalan petani. 

Harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram murah benih terbaik cap Panah Merah. Kacang panjang tahan virus dengan bentuk polong silindris. Panjang 67 cm dan umur panen cepat dengan panen berkali-kali. 

Benih Kanton Tavi 500 gram untuk penanaman lahan Anda cocok untuk dataran rendah hingga menengah. Benih kacang panjang yang terbukti sangat tahan virus. 

Benih Kanton Tavi F1 tahan penyakit layu Fusarium dan layu bekteri. Panjang mencapai 67 cm dengan bentuk polong silindris. 

Umur panen mulai 44 hari setelah semai dan berpotensi menghasilkan kacang panjang hingga 1 kg per tanaman. Potensi hasil per hektarnya mencapai 25 - 30 hektar. 


Kacang Panjang Kanton Tavi Cap Panah Merah

 

Beli benih Kanton Tavi F1 harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram terbaik murah di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Benih kacang panjang produk PT East West Seed Indonesia ( EWINDO ) terbaik terpercaya dengan merk dagang cap Panah Merah. 

Rekomendasi benih untuk dataran rendah hingga menegah saja dan benih diyakini telah sangat tahan virus. Selain tahan virus, benih Kanton Tavi F1 tahan layu fusarium dan layu bakteri. 

Polong kacang panjang Kanton Tavi F1 silindris dan berwarna hijau cerah dan ujungnya berwarna ungu. Panjang polong mencapai 67 cm. 

Polong kacang panjang Kanton Tavi sangat toleran ujung mecut. Harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram terbaik dapat Anda panen mulai umur 44 hari setelah semai. 

Harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram terbaik ini mampu menghasilkan panen sebanyak 1 kg per tanaman. 

Harga Benih Kacang Panjang Kanton Tavi 500 gram dengan potensi hasil per ton hektar adalah sebesar 25 - 30 ton. 

Sayuran kacang panjang berbentuk polong ini cocok untuk diusahakan pada lahan sempit. Meski Anda tanam pada lahan tidak luas atau pada pekarangan rumah namun cara pemeliharaannya tetap harus baik. 

Kacang panjang sayuran hortikultura yang banyak ditanam di lahan sempit seperti menanam timun, labu, gambas dan tanaman sayuran daun seperti pakchoy, kangkung dan sawi. 

Pemeliharaan kacang panjang mudah bahkan bisa ditanam secara organik non pestisida. Sehingga dapat diterapkan sebagai hobi berkebun dan bisa berkembang menjadi usaha kecil sampingan. 


Baca Juga : Cara Belanja di Toko Pertanian LMGA Agro


Tanaman Kacang Panjang Sayuran Favorit


jual benih, harga murah, kacang panjang, kanton tavi, manfaat kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sayuran Kacang Panjang

Tanaman kacang panjang merupakan sayuran favorit sebagai pemenuhan zat gizi protein nabati setiap hari. Baik disajikan untuk keluarga karena olahan kacang panjang sangat beragam. 

Harga kacang panjang stabil dan perubahan harganya tidak signifikan dan masih dapat ditoleransi. Budidaya kacang panjang sendiri di rumah dapat menghemat belanja sayuran dan sangat membanggakan. 

Budidaya kacang panjang sendiri untuk konsumsi keluarga akan lebih menyehatkan karena tanaman tidak perlu penyemprotan pestisida. 

Syarat hidup tanaman kacang panjang yaitu pda dataran rendah dan ketinggian tempat kurang dari 800 m dpl. Menyukai jenis tanah Aluvial dengan pH tanah antara 5,5 - 6,5. 

Harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram terbaik membutuhkan curah hujan antara 700 - 1200 m dpl dan suhu udara ideal yaitu 20 - 30 derajat Celcius. 

Benih kacang panjang Kanton Tavi mudah dibudidayakan juga pada lahan sempit pekarangan rumah atau penanaman pada wadah polybag/pot. 

Kacang panjang ( Vigna unguiculata Kelompok Sesquipedalis ) merupakan salah satu sayuran populer untuk olahan kuliner Asia Tenggara dan Asia Timur. Tumis kacang panjang olahan paling favorit. 

Buah polong kacang panjang diolah matang atau bisa dikonsumsi mentah sebagai lalapan. Tanaman kacang panjang tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. 

Sebagai sayuran lalapan, petiklah polong kacang panjang yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak. Daun kacang panjang terkenal dan bernama daun lembayung serta dapat diolah menjadi sayuran. 


Baca Juga : Pemeliharaan Tanaman Kacang Panjang Persada 35 Kapal Terbang


Budidaya Kacang Panjang Benih Berkualitas


jual benih, harga murah, kacang panjang, kanton tavi, manfaat kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kanton Tavi F1
Sachet

Budidaya kacang panjang menghasilkan sayuran dengan kandungan gizi lengkap vitamin dan mineral. Kacang panjang mengandung vitamin A, vitamin C, Thiamin, Riboflavin, besi, fosfor, kalium, Folat, Magnesium dan Mangan. 

Kacang panjang banyak ditemui pada negara-negara dengan iklim tropis di Asia. Tipe pertumbuhannya merambat dan budidayanya dengan menanam 2 - 3 benih dalam lubang sedalam 1 - 2 cm. 

Tutup lubang menanam benih tadi menggunakan pupuk kandang atau tanah. Budidaya kacang panjang akan mulai muncul bunga setelah umur 30 hari dan biasanya mulai panen setelah umur 50 hari. 

Waktu panen budidaya kacang panjang pendek namun hasil panennya berlangsung berkali-kali hingga panen 15 kali. Sehingga budidaya kacang panjang tidak mengenal musim. 

Harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram terbaik mudah tumbuh dan tidak mengenal musim. Asalkan saat musim kemarau, perhatikan kebutuhan airnya. 

Harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram terbaik tumbuh maksimal dengan kebutuhan akan pupuk kandang/organik sebanyak 10 - 15 ton/ha. Pupuk organik sangat baik untuk pertumbuhannya. 

Pemberian pupuk organik bersamaan proses pengolahan tanah. Berikan pupuk kandang sebanyak 10 - 15 ton/ha. Bolak balik tanah bersama pupuk kandang hingga tercampur rata. 

Harga bibit kacang panjang Kanton Tavi 500 gram terbaik sangat menyukai air yang cukup. Tanpa air, tanaman tidak bisa tumbuh optimal. Lakukan penyiraman sebanyak dua kali setiap hari. 

Budidaya kacang panjang perlu pemasangan ajir untuk menopang tegaknya tanaman. Pemasangan ajir/lanjaran setelah tanaman umur 3 minggu setelah tanam. Tancapkan ajir dari bambu. 


Baca Juga : Budidaya Sawi Putih dan Perawatannya, Hasil Panen Memuaskan


Cara Menanam Kacang Panjang Lengkap Untuk Pemula


Persiapan Lahan

Cara menanam kacang panjang terdapat dua teknis cara persiapan lahannya, yaitu : 

- Menggunakan lahan bekas rotasi ketiga untuk memanfaatkan mulsa. 

- Menggunakan lahan rotasi pertama dan menerapkan sistem konvensional. Bersihkan lahan dari gulma menggunakan herbisida kontak. 

Biarkan satu minggu selanjutnya bakar atau babat sisa penanaman. Buatlah lubang yaitu jarak antar lubang dalam barisan 25 cm dan jarak antar barisan 70 cm. 

Masukkan setiap lubang tanam dengan pupuk kandang sebanyak satu genggam tangan. Lebar bedengan 60 - 80 cm dan tinggi 20 - 30 cm. Jarak antar bedengan 40 - 50 cm. 

Media tanam untuk polybag gunakan campuran tanah, pasir, pupuk kandang perbandingan sama. Diamkan selama satu minggu baru lakukan penanaman. 

Persiapan Benih

jual benih, harga murah, kacang panjang, kanton tavi, manfaat kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih Kacang Panjang

Harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram terbaik dan berkualitas siap intuk disemai. Untuk penyemaian benih, gunakan polybag atau tray semai. 

Atur penempatan polybag dengan rapi dan ltakkan di lokasi terlindungi dari hujan langsung. Gunakan naungan pada tempat penyemaian benih sebagai pelindung pembibitan benih. 

Lakukan perawatan berupa rutin penyiraman dan pengamatan untuk mencegah serangan hama dan penyakit. 

Anda juga bisa langsung menanam benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram langsung tanpa pembibitan. Tanam 2 benih per lubang tanaman. 

Amati selama satu minggu dan lakukan penyulaman selama rentang waktu tersebut bila ada tanaman yang mati atau layu. Selanjutnya lakukan pemeliharaan dengan baik dan rutin. 

Ajir/Lanjaran

Cara menanam kacang panjang membutuhkan adanya lanjaran untuk menopang tegaknya tanaman. Pasanglah ajir setiap tanaman setelah tinggi tanaman 25 cm dan ajir akan menjadi media rambatannya. 

Dengan merambat pada ajir, tanaman tidak merambat pada tanah dan ini memudahkan dalam pemeliharaan dan panen. Bila merambat tanah, tanaman akan mudah busuk karena kena air hujan. 

Tancapkan ajir pada tanah dalam posisi miring lalu bertemu di tengah. Sebanyak empat ajir bertemu dan membentuk atap. 

Gunakan ajir dari bambu dengan panjang 2 meter. Pada bagian ujung atas ajir pasanglah bambu melintang agar kedudukan ajir menjadi lebih kuat. 

Untuk penanaman dalam polybag, tetap tancapkan ajir untuk menahan tegaknya tanaman.

Pengairan dan Penyiangan

Saat awal penanaman, tanaman kacang panjang membutuhkan banyak air. Bila tidak turun hujan maka siramlah tanaman pagi dan sore hari. 

Penyiangan dengan membersihkan rerumputan sekitar tanaman. Gulma/rumput dapat menjadi tempat inang hama berlindung, tumbuh dan berkembang biak. 

Gulma juga menyebabkan persaingan menyerap unsur hara dalam tanah sehingga tanaman kurang maksimal dalam mendapatkan makanannya. 

Bersihkan gulma tanpa menunggu gulma banyak dan lebat/tinggi. Lakukan penyiangan bersamaan penyiraman dan pemupukan sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.  

Baca Juga : Jual Benih Buah Semangka Inul Redin 09 

Pemupukan 

jual benih, harga murah, kacang panjang, kanton tavi, manfaat kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Mutiara

Pemupukan cara menanam kacang panjang yaitu : 

- Pemupuan susulan ke-1 mulai umur 15 HST. Gunakan pupuk Urea dengan dosis 1 sendok makan atau 5 gram per lubang tanam. 

- Pemupukan ke-2 setelah umur 40 HST menggunakan pupuk NPK sebanyak 2 sendok makan atau 10 gram per lubang tanam.

- Pemupukan ke-3 lakukan saat panen ke-5 kacang panjang. Gunakan pupuk NPK sebanyak 2 sendok makan per tanaman. 

Perlakuan pemangkasan juga penting pada budidaya kacang panjang. Tanaman yang terlalu subur dan terlalu banyak cabang yang kurang produktif. 

Bila tanaman tumbuh normal maka pemangkasan tidak perlu lagi. Tuuan pemangkasan pada dasarnya yaitu untuk merangsang pembentukan cabang baru yang produktif. 

Cabang produktif akan selalu muncul bunga dan bunga secara maksimal. Pemangkasan tanaman kacang panjang yaitu pada pucuk cabang sebanyak sekali sebelum tanaman berbunga yaitu umur 4 minggu. 

Pemangkasan dua kali hingga lebih justru membuat tanaman semakin rimbun dan hasil polong kacang panjang menjadi sedikit. 

Pengendalian Hama dan Penyakit

Inilah hama utama tanaman kacang panjang : 

- Thrips membuat daun ada garis kecil warna perak, daun menjadi keriting dan menggulung. 

- Agrotis ipsilon  menyebabkan tanaman roboh atau terpotong. Hal ini karena larva hama menyerang batang atau pucuk tanaman muda khususnya. 

- Penggerek polong ( Maruca testulalis ) membuat polong berlubang dan ada ulat dalam polong. 

Biasanya petani melakukan pengendalian hama dengan penyemprotan insektisida yang sesuai pada pagi hari. Interval penyemprotan 5 - 7 hari sekali. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis tentang cara pengendalian hama kacang panjang secara gratis. Hubungi kontak kami segera. 

- Hama ulat juga penting dan menyerang saat tidak tampak matahari, tepatnya pagi jam 6 dan jam 6 sore. Saat matahari bersinar, ulat bersembunyi di rerumputan. 

Pemakaian mulsa dapat mengurangi serangan ulat. Bila tampak ulat bisa langsung dimatikan atau lakukan penyemprotan insektisida yang sesuai. 

Kerusakan akibat ulat yaitu polong berlubang sehingga tidak laku dijual. Daun menjadi berlubang dan dapat mengganggu proses fotosintesis tanaman. 

- Hama kutu daun Aphis craccivora jenis serangga kecil pemakan getah makanan dan hidup dengan cara berkelompok. Kutu berwarna hitam, coklat atau hijau, panjang 1 - 2 mm dan juga sebagai hama vektor. 

Penting Kacang Panjang 

- Bercak daun bernama Cercospora vigna menimbulkan bercak-bercak daun hingga daun menjadi rusak dan rontok. 

- Karat daun atau busuk pada polong disebabkan oleh Collelototrichum sp. Menimbulkan gejala bercak daun berwarna coklat hingga buah menjadi busuk. 

Karat daun ( Bean Rust ) menimbulkan bintik coklat dan warna kuning pada sekeliling bintik. Bintik tampak cembung atau menonjol. Itu adalah jamur telah matang dan memproduksi spora. 

Spora akan menyebar dan menginfeksi tanaman dengan bantuan angin, air, alat pertanian dan manusia. Penyakit cepat berkembang saat kondisi lembab, buanglah daun yang terinfeksi. 

Penyiraman tidak berlebihan dan penyemprotan menggunakan fungisida berbahan aktif  Difekonazol, Tebukonazol, Trifloksistrobin. 

- Bercak daun atau Cercospora Leaf Spot menimbulkan bercak pada daun berwarna coklat dan mengikuti tulang daun. Bagian bawah bercak ada koloni jamur berwarna abu-abu kehitaman. 

Penyebaran penyakit terbantu oleh angin dan air. Penyakit berkembang cepat pada kondisi sangat lembab karena lahan tergenang. Buang daun-daun terinfeksi dan aplikasikan Fungisida. 

- Layu fusarium ( FW, Fusarium Wilt ) membuat daun layu secara bertahap. Daun bawang menguning, layu mulai tepi daun. Hinga lama kelamaan tanaman layu total dan mengering. 

Jamur menyukai pH rendah dan penyebaran oleh angin, air dan organisme. Lakukan aplikasi fungisida. 

- Penyakit bulai oleh virus Kuning atau Mungbean Yellow Mosaic India Virus ( MYMIV ) mengakibatkan daun menguning perlahan dalam beberapa minggu. 

Pertumbuhan terhambat, ruas batang memendek, tidak lurus, melintir dan berwarna kekuningan. Polong ada garis putih. Daun tampak kutu putih/kebul Bemisia tabaci ( white fly ). 

Musim kemarau populasi kutu berkembang cepat. Gunakan perangkap kuning ( yellow trap ) untuk menangkap kutu kebul. 

Lakukan rutin pengamatan, musnahkan tanaman terinfeksi dan aplikasi fungisida. 


Harga Benih Kacang Panjang Kanton Tavi 500 gram

Benih terbaik dari cap Panah Merah dan andalan pilihan petani untuk cara menanam kacang panjang yang bebas virus. Panen mendapatkan hasil maksimal harapan bersama. 

Panen polong kacang panjang saat muda, polong padat dan berwarna hijau segar. Petik polong saat polong sudah optimal dan tidak terlalu menonjol. Warna hijau, mudah ditekuk dan tidak lentur. 

Petik kacang panjang pada pangkalnya menggunakan tangan lalu ikat polong kacang panjang menjadi satu. Masukkan pada keranjang dan letakkan di tempat teduh. 

Waktu panen terbaik pagi dan sore hari saat cuaca tidak panas. Agar kacang panjang selesai pemetikan dapat segar lebih lama. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Harga Benih Kacang Panjang Kanton Tavi 500 gram Murah Lengkap. Hubungi kontak kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Dapatkan harga murah terjangkau dan grosir produk pertanian lengkap di Toko Pertanian LMGA Agro. Tersedia berbagai varietas benih tanaman, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian sarana prasarana. 

Beli bibit harga benih kacang panjang Kanton Tavi 500 gram murah dan grosir terbaik. Semoga artikel Kami memberikan manfaat dan menambah wawasan tentank kacang panjang. Salam sukses.... 

 

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.