TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

25/05/22

Harga Benih Kubis Grand 11 Hibrida Murah dan Terbaru - LMGA Agro

harga benih, jual benih, harga murah, kubis, kol, grand 11, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Grand 11 F1
Kubis


Harga Benih Kubis Grand 11 Hibrida Murah dan Terbaru - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko Pertanian LMGA Agro jual benih kubis kol Grand 11 F1 harga murah terbaik. 

Harga benih kubis Grand 11 terbaik dan harga murah segera beli di Toko Pertanian LMGA Agro. Kami menyediakan produk pertanian lengkap berkualitas terbaik. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam antara lain benih hibrida dan unggulan, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis. 

Dapatkan promo menarik dan harga diskon selama persediaan masih ada. Jual kebutuhan bercocok tanam lengkap produk perusahaan pertanian ternama pilihan Petani. 

Belanja online dengan harga benih kubis Grand 11 terbaru harga diskon untuk usaha agribisnis kol. Jaminan harga murah dan kualitas terbaik. 

Belanja aman di kios pertanian LMGA Agro bekerja sama dengan ekspedisi terbaik jaminan barang pasti datang. 

Harga benih kubis Grand 11 terbaik produk pabrik benih PT BISI International. Kubis bulat berwarna hijau dengan krop padat. Tahan pengangkutan jarak jauh dan tidak mudah rusak. Bobot krop mencapai 2,5 kg. 

Harga benih kubis Grand 11 cap Kapal terbang terbaik berhasil menembus pasar ekspor karena keunggulannya. Sayur kubis terbaik Grand 11 memilki daya adaptasi yang bagus. 

Pertumbuhan kubis kol Grand 11 mampu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat sehingga mampu tumbuh optimal. Pertumbuhan baik baik musim hujan maupun kemarau. 

Harga benih kubis Grand 11 terbaik tahan penyakit dan panen umur 70 hari setelah tanam. Kubis kol dengan bentuk bulat dan sangat padat sehingga memiliki bobot yang tinggi. 


Kubis Grand F1 Benih Kol Hibrida Cap Kapal Terbang


Kubis Grand 11 hibrida direkomendasikan untuk penanaman pada daerah dengan ketinggian tempat 500 - 1500 m dpl. Ketinggian tersebut dipercaya dapat menghasilkan panen optimal. 

Harga benih kubis Grand 11 terbaik cocok ditanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi. Benih tahan penyakit busuk hitam dan bercak daun. 

Umur panen kubis Grand 11 F1 yaitu 70 HST. Kubis Grand 11 F1 bentuk bulat pipih dan sangat padat. Warna daun hijau tua dengan berat 1,5 - 2,5 kg per kropnya. 

Pertumbuhan krop sangat seragam dan tidak mudah pecah. Krop kokoh sehingga tidak mudah pecah, cocok untuk pengiriman jarak jauh. 

Kubis, kol, kobis atau kubis bulat merupakan tanaman dua tahunan. Warna hijau atau ungu berdaun. Budidaya kubis sebagai tanaman tahunan. Sayuran kubis dengan kepala padat akan daunnya. 

Kol kubis memiliki keterkaitan dengan tanaman brokoli, kembang kol ( bunga kol ) dan kubis brussel. 

Kol kubis sayuran yang mengadung vitamin C tinggi. Tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan  gizi harian saja namun bermanfaat sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas. 

Radikal bebas di udara ini merupakan molekul tidak stabil dan bersifat merusak sel tubuh serta memicu banyak penyakit. Salah satunya adalah penyakit kanker. 

Mengkonsumsi apapun secara berlebihan hasilnya tidak baik begitu pula dengan kobis yang dapat mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan. 

Sayuran kol kubis disarankan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi kubis terlalu banyak membuat perut penuh gas sehingga perut menjadi kembung. 


Baca Juga : Bayfolan Pupuk Daun Untuk Meningkatkan Produksi Buah dari Bayer


Kol Benih Grand 11 Hibrida Terbaik


harga benih, jual benih, harga murah, kubis, kol, grand 11, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Kubis 

Kol berwarna hijau adalah bernama kubis. Sayur kol atau kubis ini sangat menyehatkan bagi tubuh karena mempunyai kandungan nutrisi lengkap. 

Antara lain kandungan nutrisi folat, mangan, vitamin B6, C, Kalium, Kalsium, Magnesium dan tentunya serat. Sayur kol berwarna hijau ini juga kaya akan antioksidan. 

Peran antioksidan bagi tubuh yaitu membantu menangkal radikal bebas dimana radikal bebas ini penyebab penyakit seperti kanker. 

Kol kubis memiliki nama ilmiah Brassica oleracea var. capitata yang hampir mirip selada. Kol muncul dalam berbagai bentuk dan warna, antara lain merah, ungu, putih dan hijau. 

Daun kubis atau kol berkerut dan halus. Sayuran kol diduga telah ada dan ditanam di seluruh dunia ribuan tahun. 

Manfaat sayur kol berasal dari sifat antikanker yang dikandungnya. Kandungan vitamin C dan antioksidan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

Memiliki tekstur renyah dan rasa yang ringan ini oleh masyarakat Indonesia sering diolah menjadi beragam hidangan lezat seperti sup, bakwan hingga siomay. 

Kol tergolong mengandung vitamin C tinggi juga mengandung zat gizi makronutrien yaitu karbohidrat dan protein. Nutrisi lain dalam sayuran kol yaitu besi, folat, vitamin K dan antioksidan dalam bentuk polifenol. 

Tanaman kunis kol ini mempunyai buah yang mengandung banyak biji yang digunakan sebagai benih. Buahnya berbentuk polong dan berukuran sangat kecil serta ramping. 

Biji kubis berwarna coklat cenderung hitam. Batang tanama kol tegak dan pendek, berwarna hijau, tebal dan lunak namun cukup kuat. Batangnya tidak bercabang, halus dan tidak berambut. 

Sistem perakarannya tunggang dan serabut. Akar tunggang tumbuh ke arah dalam sedangkan akar serabutnya tumbuh ke arah samping, menyebar dan dangkal. 


Baca Juga : Sayur Sawi Putih Bergizi Tinggi, Budidanya Bisa Untung Besar


Manfaat Kol Sayur Kubis Kaya Antioksidan


Kandungan nutrisi kubis sudah diutarakan di atas. Karena kaya nutrisi maka manfaat kubis kol bagi kesehatan juga cukup banyak dan penting. 

1. Manfaat Kol Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dan airnya bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Diyakini mampu melancarkan buang air besar dan mencegah gangguan sembelit. 

2. Manfaat Kol Untuk Mengurangi Peradangan

Kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid dalam sayur kol diyakini mampu mengurangi peradangan disebabkan oleh radang usus dan arthritis. 

3. Manfaat Kol Untuk Kesehatan Jantung

Mengandung antioksidan tinggi, manfaat kol mampu mengurangi tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). Manfaat ini mampu menjaga kesehatan jantung menjadi lebih sehat. 

Kandungan lainnya yang ikut mendukung kesehatan jantung yaitu serat, kalium, vitamin B3 dan folat dipercaya menurunkan resiko stroke. 

4. Manfaat Kol Untuk Kesehatan Mata

Antioksidan dalam manfaat kol juga berperan dalam menjaga kesehatan mata. Tingginya kandungan antioksidan diyakini mampu mencegah gangguan penglihatan akibat degenerasi makula. 

Antioksidan lutein dan zeaxanthin bersama vitamin A dama kol mampu mencegah kerusakan retina mata. 

5. Manfaat Kol Mencegah Penyakit Kanker

Pebelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi sayuran brokoli, kubis dan kol mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Vitamin C dan antioksidannya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. 


Daun Kubis Tumbuh Sehat


harga benih, jual benih, harga murah, kubis, kol, grand 11, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Daun Kubis Menyehatkan

Daun kubis berwarna hijau sehingga orang menyebut kol hijau nama lain dari kubis. Kol hijau ini jenis kol paling sering diolah. 

Cara pengolahan kol hijau atau daun kubis ini banyak metodenya yaitu ditumis, direbus bahkan digoreng. Daun kubis pun dapat dihidangkan mentah atau menggunakan metode fermentasi. 

Daun kubis banyak disukai karena cita rasanya manis, renyah dan ringan meski dikonsumsi mentah. Tekstur daun kubis renyah dan lembut. 

Harga benih kubis Grand 11 terbaik dapat tumbuh pada dataran rendah sampai dataran tinggi. 

Umumnya benih kubis Grand 11 ditanam pada daerah berhawa sejuk yaitu dataran tinggi dengan ketinggian 800 - 1000 m dpl dan tipe iklim basah. 

Beberapa varietas juga dapat ditanam pada dataran rendah sekitar 0 - 200 m dpl. Tanaman kubis merupakan tanaman semusim atau dua musim. 

Daun kubis berbentuk bulat telur hingga lonjong dan lebar mirip kipas. Sistem perakarannya agak dangkal. Akar tunggang bercabang dan banyak memiliki akar serabut. 

Menanam kubis di dataran rendah berpeluang menjadi usaha yang besar dan berkembang karena potensi pasar menjual kubis cukup besar. 

Harga benih kubis Grand 11 terbaik  meyukai tanah dengan kandungan humus tinggi. Tanah juga harus gembur, porous dan pH antara 6 - 7. 

Harga benih kubis Grand 11 hibrida terbaik ini dapat Anda tanam sepanjang tahun dengan pemeliharaannya yang intensif. Waktu tanam terbaik yaitu awal musim hujan atau awal musim kemarau. 


Baca Juga : Sayur Kembang Kol Segar Menyehatkan dan Mudah Cara Menanamnya


Persiapan Benih Kubis Grand 11


Harga benih kubis Grand 11 terbaik dan berkualitas akan menghasilkan kubis berkualitas juga. Kebutuhan menanam luasan 1 hektar adalah sebanyak 200 - 250 gram. 

Sebelum ditanam, sterilkan dahulu benih menggunakan air hangat. Yaitu perendaman dalam air hangat dan berikan juga fungisida selama 30 menit. 

Buang benih yang mengapung karena kualitasnya tidak baik. Untuk benih yang baik, lakukan perendaman selama 12 jam ( semalaman ) agar benih cepat berkecambah. 

Benih kubis Grand 11 harus melewati proses penyemaian terlebih dahulu. Tanam benih kubis pada bedeng tempat sampai benih berkecambah. 

Media persemaian yaitu campuran tanah dan pupuk kandang/kompos ( 1 : 1 ). Tutup media menggunakan daun pisang selama 2 - 3 hari. 

Buatlah naungan atau atap pada tempat persemaian dari kasa atau plastik tranparan. Gunanya untuk melindungi persemaian benih dari air hujan langsung dan teriknya sinar matahari. 

Benih kubis Grand 11 akan tumbuh dalam waktu 7 - 8 hari berkecambah kemudian pindahkan ke polybag semai. Media sama tanah dan pupuk kandang ( 1 : 1 ). 

Benih kubis Grand 11 umur 3 - 4 minggu dan memiliki 4 - 6 helai daun baru boleh pindah tanam ke lahan tetap. 

Pemeliharaaan selama penyemaian yaitu penyiraman rutin setiap hari sesuaikan kondisi iklim. Usahakan agar media tidak kering karena dapat menghambat pertumbuhan benih kubis Grand 11. 

Penyiangan juga penting saat penyemaian bibit kubis. Bersihkan gulma atau tanaman pengganggu sekitar bibit kubis agar tidak mengganggu pertumbuhannya. 

Pemupukan berikan pupuk NPK yang sudah dilarutkan dengan air. Lalu kocorkan dengan hati-hati ke bibit. Pupuk saat persemaian cukup sekali saja. 


Cara Budidaya Tanaman Kubis Mulai Persiapan Lahan


Persiapan Lahan

harga benih, jual benih, harga murah, kubis, kol, grand 11, cap kapal terbang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH meter

Yaitu pengolahan tanah dengan membersihkan lahan dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Gemburkan tanah dengan cara mencangkul/membajak tanah. 

Kedalaman mencangkul/membajak tanah sekitar 20 - 30 cm lalu biarkan selama 1 minggu agar mendapat paparan sinar matahari. 

Selanjutnya buat bedengan berukuran lebar 1 meter dan tinggi sekitar 20- 30 cm. Jarak antar bedengan 30 - 40 cm dan panjang bedengan sesuaikan dengan lahan. 

Cek ph tanah menggunakan alat pH meter. Bila pH kurang dari 5,5, lakukan pengapuran. Taburkan kapur Dolomit sebanyak 1,5 ton.ha. 

Buat lubang tanam 60 x 40 cm atau 50 x 50 cm. Bila bibit kunis dan lahan siap maka lakukan penanaman ke lahan tetap. Waktu yang tepat yaitu pagi dan lanjutkan sore harinya. 

Cara penanaman yaitu keluarkan bibit dari polybag, sobek plastik polybag. Tanam bibit beserta tanahnya, masukkan ke lubang tanam yang sudah siap. 

Masukkan hingga leher akar tertanam dalam tanah. Sehingga saat pembentukan krop nanti, tanaman dapat tumbuh tinggi dan tidak mudah rebah. 

Baca Juga : Pestisida Salusi Budidaya Tanaman 

Perawatan Tanaman Kubis

Perawatan tanaman kubis meliputi, pertama yaitu penyulaman. Lakukan penyulaman bibit saat ada tanaman mati atau lambat pertumbuhannya. Hentikan penyulaman sampai umur 15 HST. 

Ambil bibit baru yang sehat dan segar dari bibit cadangan pada persemaian yang berumur sama. Lakukan penanaman bibi sama seperti penanaman pertaman. 

Penyiraman mulai sejak persemaian benih kubis Grand 11 hingga penanaman ke lahan tetap. Lakukan penyiraman rutin pagi dan sore hari. Bila turun hujan, tidak perlu melakukan penyiraman. 

Saat memasuki umur 30 HST, lakukan pengeleban pada bedengan tanaman kubis. Cara di-leb ini lakukan setiap 3 hari sekali atau sesuaikan dengan kondisi lahan. 

Penyiangan yaitu membersihkan atau memberantas gulma/rumput dan tanaman pengganggu lainnya. Selama masa menanam kubis, penyiangan cukup Anda lakukan 2 - 3 kali saja, 

Lakukan penyiangan bersama pemupukan dan pendangiran/pembumbunan. 

Lakukan pemupukan kubis yaitu pemupukan dasar dan susulan. Pemupukan dasar saat pengolahan tanah menggunakan pupuk kandang dan NPK. 

Pemupukan susulan mulai umur 25 HST setelah membersihkan lahan dari gulma. Berikan pupuk NPK sebanyak 300 kg/ha dan berikan 10 gram per tanaman. 

Berikan pupuk pada alur yang dibuat melingkari tanaman. Jarak alur dari pangkal batang yaitu 5 - 7 cm. Berikan pupuk tambahan berupa pupuk cair. 

Konsultasikan cara memupuk dan jenis pupuk yang baik ke Toko Pertanian LMGA Agro. Kami siap memberikan jawaban secara gratis. 

Pemberian pupuk cara kocor atau dilarutkan dalam air terbukti lebih efektif karena dua kegiatan penting berlangsung bersamaan yaitu menyiram dan memupuk. 

Pengendalian Hama dan Penyakit Kubis

Pengendalian hama dan penyakit kubis dapat Anda lakukan secara manual atau menggunakan bahan kimia pestisida. 

Pengendalian organisme pengganggu kubis tergantung jenis hama dan penyakit yang menyerang. Hama utama kubis antara lain ulat daun, ulat krop, bengkak akar, busuk hitam, busuk lunak dan lain-lain. 

Bila Anda temukan serangan bengkak akar pada tanaman muda maka segera cabut tanaman dan musnahkan dengan cara dibakar. 

Manfaatkan musuh alami tanaman dalam menghadapi hama penyakit. Lakukan tumpang sari antara kubis dan tomat untuk menekan serangan organisme pengganggu. 

Bila harus menggunakan pestisida, berikan secara bijak dan sesuai prosedur pengendalian terpadu. Lakukan konsultasi cara mengendalikan hama/penyakit kubis. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis. Penggunaan pestisida harus sesuai petunjuk kemasan produk mengenai dosis, cara aplikasi dan waktu aplikasi pestisida. 

Panen dan Pasca Panen Kubis 

Ciri krop kubis siap panen yaitu daun krop besar maksimal, penuh dan padat. Coba jentikkan jari akan terasa bunyi nyaring. 

Daun berwarna hijau mengkilap dan daun paling luar tampak layu. Umur panen kubis biasanya mulai umur 75 - 90 HST tergantung varietas dan daerah menanam kubis. 

Potong krop kubis saat memanennya bersama sebagian batngnya. Sertakan 4 - 5 lembar daunnya agar kubis tahan tidak rusak. Bila Abda terlambat melakukan panen kubis maka daun akan pecah atau busuk. 

Demikian cara budidaya kubis hingga panennya. Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan Anda tentang kubis. Harga benih kubis Grand 11 murah dan hibrida terbaik dari PT BISI

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro siap jual kebutuhan bercocok tanam lengkap harga murah dan grosir. 

Dapatkan promo menarik beli produk pertanian lengkap dan berkualitas terbaik. Kami menerima konsultasi gratis. Siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Salam sukses....

 


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.