TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/07/22

Jual Benih Bibit Pakcoy yang Bagus Harga Murah dan Grosir - LMGA Agro

jual benih, sawi pakcoy, pak coy, tanaman pakcoy, bibit pakcoy yang bagus, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Pak choy 
White


Jual Benih Bibit Pakcoy yang Bagus Harga Murah dan Grosir - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih bibit pakcoy yang bagus. 

Jual benih berkualitas harga murah bibit pakcoy yang bagus produk perusahaan benih terkemuka dan andalan petani. Beli sekarang harga murah dan grosir promo menarik.

Toko pertanian LMGA Agro terdekat melayani belanja online cepat dan praktis produk pertanian lengkap. Menyediakan benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan POS Indonesia. 

Bibit pakcoy yang bagus beli sekarang harga murah dan grosir benih berkualitas terbaik. Pak coy salah satu tanaman satu famili dengan tanaman sawi. 

Pak coy disebut juga dengan sawi sendok karena bentuk daunnya menyerupai sendok. Benih berkualitas pak coy rekomendasi untuk dataran rendah sampai dataran tinggi. 

Bibit pakcoy yang bagus dari benih berkualitas produk pabrik benih andalan Petani. Benih vigor kokoh dan kuat, tahan penyakit dan lambat berbunga. Umur panen mulai 30 HST denga potensi hasil panen 30 ton/hektar. 

Sayur pakcoy cocok untuk makanan kuliner Indonesia terutama pengolahannya sebagai sayuran pendamping untuk nasi goreng, mie, sop dan masih banyak lagi. 

Sayur pakcoy kaya serat dan antioksidan dapat dibudidayakan pada media tanah maupun sebagai sayuran hidroponik. 

Perawatannya yang mudah dan cepat panen, pak coy juga banyak ditanam di pekarangan rumah atau lahan sempit dalam polybag. Sawi pakcoy juga cocok sebagai tanaman sayuran organik. 

Bibit Pakcoy yang Bagus | LMGA Agro

Bibit Pakcoy Nauli F1

Benih Nauli F1 rekomendasi untuk dataran rendah sampai dataran tinggi. Umur panen sawi Nauli F1  yaitu 45 - 48 HST. Potensi hasil panen mencapai 37 - 40 ton/hektar. 

Tinggi tanaman pak coy Nauli F1 22 - 25 cm, batangnya besar dan warna daun hijau tua mengkilap. 

Bibit Pak Coy Flamingo F1

Benih pak coy terbaik dari Benih Pertiwi. Penampilan tanaman pendek dan kompak dengan tinggi 17,2 - 20 cm. Bentuk daun pak coy Flamingo F1 oval dan berwarna hijau. 

Tulang daun berwarna putih kehijauan. Umur panennya mulai 25 - 28 HST. Produktivitas sawi Flamingo tinggi dengan potensi panen sekitar 20 - 29 ton/hektar. 

Bibit Pakcoy White Takii Seed

Benih pak coy berkualitas terbaik produk Takii Seed. Vigor tanaman kokoh, tanaman tumbuh seragam dan lama muncul bunga. Adaptasi baik pada dataran rendah sampai tinggi. 

Pak coy White juga tumbuh baik pada musim kemarau dan musim hujan. Benih tahan penyakit busuk hitam dan busuk lunak dimana merupakan penyakit utama tanaman sawi. 

Sawi pak coy White Takii Seed berbatang putih tegak. Daun berbentuk mirip sendok. Tekstur daun lembut. Cara menanam pak coy mudah dan tanaman tahan tunda panen. 

Tanaman pak coy White F1 tidak cepat berbunga. Tekstur sayuran kuat dan tahan pengangkutan jarak jauh dengan kemasan yang aman. Pak coy White sayur pilihan untuk pengiriman pasar induk.

Hasil panen pak coy White Takii Seed tinggi. Penjualan hasil sayuran pak coy White mudah dan cepat terjual habis karena pedagang pengepul sayur mudah mengenali pak coy White F1. 

Umur panen mulai 27 HST dan potensi hasil panen sebesar 45 ton/hektar. Sayuran pak coy White Takii Seed favorit pedagang sayur, pengecer dan penjual sayuran kaki lima. 

Sayur Pakcoy Si Hijau Favorit


jual benih, sawi pakcoy, pak coy, tanaman pakcoy, bibit pakcoy yang bagus, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sayur Pakcoy Usaha Menjanjikan

Manfaat sawi pakcoy sebagai sayuran daun berwarna hijau sangat banyak untuk kesehatan. Karena meyakini manfaatnya tersebut, sayur pakcoy cukup laris dan permintaan meningkat. 

Sehingga permintaan benih bibit pakcoy yang bagus terus meningkat untuk tingkat petani. 

Untuk menanam sayur pakcoy 1 hektar membutuhkan benih bibit pakcoy yang bagus sebanyak 500 gram/hektar. Jarak tanam yaitu 25 x 25 cm. 

Sayur pakcoy memiliki nama latin Brassica sinensis L. adalah sayuran hijau berumur pendek yaitu kurang lebih 45 HST. Sayur pakcoy termasuk famili Brassicaceae. 

Meski bisa dimakan mentah namun sayuran pakcoy jarang dimakan mentah. Umumnya sayur pakcoy dimasak sebagai sup, direbus atau sebagai pelengkap atau granish. 

Bibit pakcoy yang bagus cocok untuk penanaman di dataran rendah dan dataran tinggi. Hasil paling baik adalah di dataran tinggi. 

Lokasi lahan meski dataran tinggi namun harus cukup sinar matahari, aerasinya berjalan lancar, air tidak mudang menggenang dan pH tanah 5,5 - 6. 

Budidaya yang baik dan benar akan mendapatkan keuntungan maksimal. Persemaian untuk bibit pakcoy yang bagus berupa bedengan semai setebal 7 cm. 

Media semai bibit pakcoy yang bagus menggunakan pupuk organik dicampur tanah halus setelah pengayakan. Perbadingan tanah dan pupuk 1 : 1. 

Rendam benih dan berikan larutan Previkur N konsentrasi 0,1% selama sekitar 2 jam. Kemudian keringkan angin. 

Sebar benih merata pada permukaan bedeng semai. Ukuran bedeng 1 meter x 10 meter, tutup menggunakan alang-alang kering atau jerami padi kering. Tutup selama 2 - 3 hari. 

Baca Juga : Kemana Petani Beli Kebutuhan Pertanian

Penanaman Sawi Pakcoy Mudah 

jual benih, sawi pakcoy, pak coy, tanaman pakcoy, bibit pakcoy yang bagus, toko pertanian, toko online, lmga agro
Panen Sawi Pakcoy

Setelah proses membuat bibit pakcoy yang bagus menggunakan benih terbaik, selanjutnya adalah persiapan lahan. 

Lahan menanam bibit pakcoy yang bagus menggunakan cangkul sampai sedalam 20 - 30 cm hingga tanah gembur. Pembuatan bedengan membujur arah barat ke timur agar mendapat sinar matahari penuh. 

Lebar bedengan 100 - 120 cm, tinggi 30 cm dan panjang tidak lebih dari 15 meter. Jarak antar bedengan 30 cm sebagai saluran air. 

Lakukan cek pH menggunakan alat pH meter. Bila tanah terlalu asam atau pH kecil maka berikan kapur Dolomit atau kalsit dosis 1,5 ton/ha sampai pH normal. 

Proses pengapuran ini 2 - 4 minggu sebelum penanaman. Tepat 3 hari sebelum tanam bibit sawi pakcoy, berikan pupuk kandang ayam yang telah matang sebanyak 2 - 4 kg/m2. 

Selanjutnya lakukan penanaman bibit pakcoy yang bagus. Pilih bibit yang sehat, segar dan kokoh. Umur bibit 21 Hari sudah siap pindah tanam. Jumlah daun 3  4 helai daun. 

Jarak tanam gunakan 25 x 25 cm atau 25 x 30 cm atau 30 x 30 cm. Satu minggu setelah penanaman bibit, amati perkembangan pertumbuhan pak coy. 

Lakukan rutin penyiraman sejak awal tanam. Lakukan penyulaman paling lambat umur 1 minggu setelah tanam. Penyiangan gulma sesuai kondisi lahan atau paling cepat 2 minggu setelah tanam. 

Pemupukan susulan setelah umur 2 minggu setelah tanam. Berikan pupuk Urea 10 gram/m2 atau pupuk NPK Mutiara 0,5 gram/m2. 

Agar pemberian merata, campur dengan pupuk organik lalu aduk rata. Berikan pupuk pada larikan samping barisan tanaman. Umur 10  dan 20 HST berikan pupuk cair sebanyak 0,3 ml/m2. 

Baca Juga : Cara Budidaya Kubis Takada F1 Hasil Maksimal

Hama dan Penyakit Utama Tanaman Pakcoy

1. Ulat Daun ( Plutella xylostella )

Hama ini sering menyerang daun pakcoy terutama bagian pucuk daun. Ulat berwarna hijau muda, memakan daun hingga berlubang. 

Bila serangan sampai ke tunas maka pertumbuhan daun akan berhenti sehingga menurunkan jumlah daun panen. Serangan parah hingga membuat tanaman mati. 

2. Kutu Aphis ( Aphis craccivora )

Keberadaan kutu ini berkoloni ada pada permukaan bawah daun, sela-sela daun atau pada titik tumbuh daun. Menyebabkan tanaman menjadi kerdil, daun mengeriting dan menggulung. 

Bila populasi kutu terlalu banyak makan menyebabkan gagal panen. 

3. Penyakit Busuk Daun ( Phytoptora sp.  ) 

Penyebab penyakit yaitu cendawan dan selalu muncul saat musim hujan dan kondisi kelembaban tinggi. Suhu udara rendah juga menyebabkan jamur mudah tumbuh. 

Petani sering menghindari menanam pakcoy saat musim hujan. Bila ingin menanam karena biasanya harga naik maka sebaiknya jarak tanam diperlebar agar sirkulasi udara lancar. 

Gejala serangan busuk daun yaitu adanya bercak basah berwarna coklat kehitaman pada permukaan daun.  

4. Penyakit Akar Gada ( Plasmodiophora brassicae ) 

Penyakit ini biasanya terjadi pada akar pak coy. Gejalanya, tanaman layu pada siang hari padahal pagi hari tampak segar. Cabutlah tanaman akan tampak banyak benjolan pada akar. 

Bila tidak segera ditangani maka tanaman akan berhenti tumbuh karena akar terganggu. Kemudian tanaman akan mati karena nutrisi lewat akar terganggu. 

Cara Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman Pakcoy

jual benih, sawi pakcoy, pak coy, tanaman pakcoy, bibit pakcoy yang bagus, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Flamingo

Lakukan sanitasi atau kebersihan tanaman dapat menekan sampai tidak ada sama sekali organisme pengganggu tanaman. Bersihkan sisa-sisa tanaman hasil panen sebelumnya. 

Bersihkan selalu gulma di kebun. Untuk sistem hidroponik, bersihkan permukaan media tanam atau bersihkan tempat airnya. Ganti air secara rutin dengan yang baru dan keringkan terlebih dahulu. 

Gunakan jarak tanam tidak terlalu sempit untuk mencegah timbulnya penyakit busuk daun saat musim hujan. 

Pengendalian cara fisik dan mekanik dengan mencegah hama masuk menggunakan paranet. Secara mekanik yaitu mematikan langsung hama ulat daun. 

Pengendalian hayati dengan memanfaatkan musuh alami hama dapat menurunkan populasi hama. Penyakit busuk daun dapat dikendalikan dengan biofungisida mengandung jamur Trichoderma.  

Pengendalian kimia yaitu menyemprotkan insektisida dan fungisida sesuai jenis hamanya. Gunakan prinsip 3T yaitu tepat dosis, tepat waktu dan tepat sasaran. 

Pengendalian kimia menggunakan insektisida membunuh hama ulat. Berikan sesuai dosis anjuran pada kemasan produk. Toko Pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis tentang pengendalian hama. 

Baca Juga : Jual Benih Seledri Untuk Hasil Panen Tinggi

Manfaat Sawi Sendok Sayuran Kaya Gizi

jual benih, sawi pakcoy, pak coy, tanaman pakcoy, bibit pakcoy yang bagus, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sawi sendok atau Pakcoy

Pak coy atau sawi sendok mengandung folat, kalium, vitamin C dan vitamin B6. Kandungan gizi dalam sawi sendok bermanfaat menjaga kesehatan jantung. 

Riset membuktikan bahwa vitamin B-6 dan folat mampu mencegah munculnya homosistein. Bentuk daun pak coy mirip sendok sehingga sayuran jenis sawi ini juga disebut sawi sendok. 

Tekstur daunnya mirip sawi hijau hanya saja batang pak coy lebih keras. Bentuk sayuran sawi sendok ada dalam bentuk mini yaitu "baby pakcoy".

Sawi sendok pak coy juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan gigi karena pak coy kaya kandungan zat besi, kalsium, fosfor, magnesium dan vitamin K. Sawi sendok sumber kalsium nabati. 

Sebagai sawi daging, pak coy memiliki daun menyerupai sendok dengan bagian pangkalnya menggelembung. 

Sama dengan jenis sayuran hijau lainnya, pak coy banyak dibudidayakan petani karena mudah dan konsumen pembeli sayur pak coy jiga cukup tinggi. 

Ciri morfologis pak coy mirip tanaman kol kubis. Pertumbuhan tanaman tegak dan kompak. Tangkai daun berwarna putih dan warna daun hijau segar. 

Tangkai daun lebar dan kokoh. Enak saat dikonsumsi karena tekstur sayuran renyak mulai dari tangkainya. Cita rasa sawi pakcoy segar meski sedikit pahit. 

Sawi sendok mengandung antioksidan pencegah penyakit kanker. Antioksidan melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan zat pemicu sel kanker. 

Pakcoy mengandung tinggi kalsium dan kalium bermanfaat mencegah hipertensi atau darah tinggi. 

Selain itu mengandung vitamin B6 dan folat yang mampu menurunkan senyawa berbahaya perusak pembuluh darah dan otot jantung. 

Pak coy mengandung rendah kalori dan kolesterol sehingga mampu mencegah penyakit jantung. Kandungan vitamin dan mieralnya berguna untuk memelihara kesehatan jantung. 

Kandungan vitamin A dan betakaroten berfungsi untuk menjaga kesehatan mata hingga mencegah katarak. Kandungan serat tinggi berguna untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan. 

Baca Juga : Budidaya Cabe Rawit Solusi Memanfaatkan Pekarangan

Bibit Pakcoy yang Bagus Produktivitas Tinggi

jual benih, sawi pakcoy, pak coy, tanaman pakcoy, bibit pakcoy yang bagus, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pakcoy Nauli F1

Produktivitas hasil panen bibit pakcoy yang bagus mencapai 10 - 20 ton/hektar untuk jenis pak coy kecil dan tergantung varietasnya. Untuk jenis besar mencapai sampai 30 ton/hektar. 

Sayuran dari bibit pakcoy yang bagus ini tidak tahan lama dalam penyimpanan dan pengankutan jarak jauh. Cara pengemasan penting dalam pemasaran hasil pak coy. 

Penyimpanan suhu 0 derajat Celcius penyimpanan sampai 10 hari. Untuk mempertahankan kualitas, sebaiknya sayur pakcoy masukkan dalam wadah terbuka.

Setelah pemanenan, sebaiknya sayur pakcoy segera pasarkan ke pasar induk sayur terdekat. Bila untuk pemesanan pasar modern, biasanya dikemas dalam plastik dan tidak akan rusak. 

Tanaman pakcoy memiliki akar kategori akar tunggang dengan bentuk cabang akar menyebar ke seluruh arah. Akar dalam tanah hingga sedalam 30 - 40 cm. 

Fungsi akar pak coy yaitu menyerap air dan hara dalam tanah. Selain itu juga untuk memperkuat tegaknya tanaman berdiri. 

Batang sawi pakcoy berukuran pendek dan beruas. Batang merupakan jenis batang semu berwarna hijau muda. Fungsi batang sebagai pembentuk dan penopang daun. 

Daun pakcoy menjadi bagian utama hasil panen tanaman pakcoy yang dikonsumsi. Daun pakcoy berbentuk oval berwarna hijau tua. 

Daun tanaman melekat pada batang dengan tangkai daun berwarna putih hingga hijau muda. 

Tangkai daun gemuk dan berdaging karenanya pak coy juga disebut sawi daging. Rasa tangkai pak coy renyah dan berair. 

Panen Bibit Pakcoy yang Bagus Benih Berkualitas

Waktu panen pak coy singkat dan dapat segera dipasarkan atau Anda nikmati bila menanam sendiri di pekarangan rumah. 

Panen pak coy umur 30 - 45 hari tergantung varietasnya. Menanam pakcoy tidak harus luas lahannya karena Anda dapat menanamnya dalam polybag atau sitem hidroponik di lahan rumah. 

Anda dapat gunakan wadah pot atau polybag berukuran kecil. Sistem hidroponik pakcoy juga tidak terlalu sulit dan tanaman mudah tumbuh. 

Menanam sayuran pakcoy dapat tumbuh pada area dengan cahaya matahari penuh. Namun lebih ideal lagi bila pada tempat teduh. 

Pastikan tanaman pakcoy mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak terlalu panas. Pak coy membutuhkan cahaya matahari 3 - 5 jam saja setiap hari.  

Sawi pakcoy mengandung hingga 93% air, 3% karbohidrat, 1,7% protein, 0,7% serat dan 0,8% abu. 

Di Asia Tenggara, bibit pakcoy yang bagus dapat tumbuh sepanjang tahun dengan suhu optimum 20 - 25 derajat Celcius. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Bibit Pakcoy yang Bagus Harga Murah dan Grosir - LMGA Agro. Toko pertanian LMGA Agro jual benih bibit pakcoy yang bagus dan berkualitas.

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Menyediakan berbagai kebutuhan bercocok tanam lengkap dan berkualitas. 

Harga murah produk pertanian mulai dari benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian sarana prasarana memelihara tanaman. 

Beli sekarang belanja online harga murah dan grosir produk pertanian andalan Petani lengkap. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan gunakan bibit pakcoy yang bagus untuk budidaya sayuran sawi pakcoy. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.