TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

27/07/22

Waktu yang Tepat Menanam Pepaya California Harga Benih Murah Terbaik

jual beni murah, pepaya, pepaya california, manfaat pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Lovena F1

Waktu yang Tepat Menanam Pepaya California Harga Benih Murah Terbaik. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih harga murah dan terbaik. 

Jual benih berkualitas hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Toko pertanian LMGA Agro juga menyediakan lengkap pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat sarana prasarana. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis. Belanja online cepat dan praktis terdekat di kos pertanian terpercaya. Harga promo menarik produk pertanian terbaik. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia.

Beli sekarang produk pertanian harga murah dan grosir berkualitas di Toko pertanian LMGA Agro. Tersedia benih hibrida menanam pepaya California produk terbaik. 

Menanam pepaya California merupakan peluang usaha menguntungkan. Banyak petani cocok menanam jenis pepaya California karena mudah menanamnya dan menguntungkan penjualannya.

Waktu yang tepat menanam pepaya California umur genjah cepat panen saat umur 7 - 8 bulan. Pepaya California banyak disuka dan cara budidayanya mudah. Berat buah tidak besar dan dalam satu pohon dalam tumbuh buah cukup banyak. 

Waktu yang tepat menanam pepaya California guna mendapatkan hasil panen buah pepaya yang optimal.  

Waktu yang tepat menanam pepaya california dengan perwatan yang tidak sulit bahkan buah cepat berbuah. Pepaya California salah satu buah yang paling dicari pembeli. 

Waktu yang tepat menanam pepaya California akan panen setelah 7 - 8 bulan penanaman. Sekali panen dapat memetik sejumlah 45 - 50 buah per tanaman. Berat buah rata-rata 1,2 - 2 kg per buah. 

Pepaya Tanaman Buah Tropis 

Waktu yang Tepat menanam Pepaya California Benih Murah
Benih Orange Lady 

Pepaya memiliki nama latin Carica p Pepaya memiliki nama latin Carica papaya L. asli tanaman dari negara Meksiko bagian Selatan dan dari negara Nicaragua. 

Budidaya pepaya semakin meluas hingga seluruh belahan negara terutama negara daerah tropis termasuk Indonesia. 

Pepaya tanaman yang mudah tumbuh dengan berbagai jenis tanah berhumus sedikit mengandung pasir. Tanaman pepaya harus cukup sinar matahari dan pada lahan dengan drainase yang baik. 

Pepaya varietas California kini banyak penggemarnya di Indonesia. Sehingga karena cukup laris maka banyak Petani ingin mencoba membudidayakan pepaya California. 

Waktu yang tepat menanam pepaya California agar mendapatkan keuntungan tinggi. Karena saat ini menanam pepaya California menjanjikan keuntungan. 

Sifat dan keunggulan pepaya California berbeda dengan pepaya Thailand atau bangkok. Buah pepaya California tidak terlalu besar. 

Bobot pepaya California 1 - 1,5 kg tergantung varietasnya, kulit buah tebal dan mulus sehingga tidak gampang rusak. Bentuk buah lonjong. 

Saat matang, warna kulitnya kuning, rasa sangat manis, tekstur buah kenyal dan tebal. Jenis pepaya California adalah buah unggulan dan cepat panen atau berumur genjah. 

Batang pohon pepaya California termasuk pendek atau kerdil dibandingkan dengan jenis pepaya lokal lainnya. Hingga sampai umur 4 tahun, pohon pepaya masih berbuah. 

Satu bulan, panen pepaya hingga empat kali dan sekali panen menghasilkan 2 - 3 buah pepaya setiap minggu. Produktivitas tinggi sehingga Petani sangat menyukai menanam pepaya California.   

Baca Juga : Toko Online LMGA Agro Buat Petani Lebih Mudah dan Cepat

Pepaya California Komoditas Buah Menguntungkan 

Waktu yang Tepat menanam Pepaya California Benih Murah
Pohon pepaya

Budidaya pepaya California kini semakin banyak diusahakan petani. Bahkan telah menjadi salah satu komoditas pertanian prospek untuk wilayah tropis seperti Indonesia. 

Menanam pepaya California berpeluang besar untuk berkembang di Indonesia sebagai usaha pertanian menjanjikan. Daerah sentra penanaman pepaya cukup besar dan telah merambah hingga luar Jawa. 

Waktu yang tepat menanam pepaya California untuk pengembangan lahan gambut di Kalimantan sebagai upaya mengoptimalkan lahan. 

Usaha menanam pepaya California juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat asap pembakaran lahan gambut. 

Waktu yang tepat menanam pepaya California juga merupakan salah satu upaya penting meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani atau masyarakat setempat. 

Produktivitas buah pepaya jenis California cukup tinggi. Masa panen mulai umur 7 bulan setelah tanam dengan umur produktivitasnya hingga 4 tahun. Panen sebanyak empat kali setiap bulan. 

Hasil panen untuk lahan satu hektar, sekali panen dapat menghasilkan sebanyak 2 ton pepaya California. Tinggi pohon pepaya jenis California pendek hanya sampai sekitar 2 meter. 

Batang beruas pendek dan berpelepah. Bunga pepaya terdiri dari dua jenis yaitu bunga tidak berbuah dan bunga dapat berbuah. Bunga yang berbuah banyak muncul pada tangkai setelah umur 3 bulan. 

Kemampuan berbuah pepaya California cukup tinggi sebanyak 25 - 30 buah. Warna kulit luar buah pepaya hijau cerah menjelang matang. Pada kulit akan muncul warna kekuningan dekat tangkai. 

Warna daging buahnya merah cerah dan berlubang seperti bintang. Tidak banyak biji pada bagian dalam, rasa buah manis. Karena kulitnya tebal maka tahan penyimpanan sampai 5 hari tanpa pengawet. 

Baca Juga : Toko Pertanian LMGA Agro Melayani dan Menjangkau Seluruh Indonesia

Benih Murah Pepaya California di LMGA Agro 

1. Pepaya California Orange Lady Known You Seed

Buah lonjong dan besar. Bagian ujung buah berwarna jingga, bagian tengah berwarna merah dan pangkal berwarna jingga kekuningan.

Rasa buah manis dengan tingkat kemanisan 10,3 - 13,13% Brix bagian ujung dan pangkal buah. Bagian tengah paling manis. Buah tahan lama dan tahan pengangkutan jarak jauh. 

2. Pepaya California Raja Seed

Waktu yang Tepat menanam Pepaya California Benih Murah
Pepaya California
Raja Seed

Pepaya memiliki masa panen mulai 7 - 9 bulan setelah tanam. Buah muncul dari jarak 30 cm dari permukaan tanah. Buah sangat pendek dan mudah dijangkau. 

Bentuk buah silindris, diameter buah 9,2 - 9,5 cm, panjang 23 - 24 cm. Pepaya California dari Raja Seed tebal daging buah yaitu 1,9 - 3,4 cm dan berat buah 1,2 - 1,3 kg. 

Selama 4 bulan panen potensi hasil mencapai 63 - 79 ton/hektar. Waktu yang tepat menanam pepaya California menggunakan jarak tanam 2,5 x 2,5 meter. 

Penanaman cocok pada dataran rendah hingga menengah. Sebaiknya gunakan lebih banyak pupuk kandang atau kompos serta buatlah drainase yang baik. 

3. Pepaya California Benih Inti

Pepaya cap Benih Inti merupakan pepaya dengan banyak keunggulan dan cocok untuk dataran rendah hingga menengah. tanaman memiliki batang kokoh. 

Buah tumbuh lebat dan berpotensi menghasilkan panen berlimpah yaitu mencapai sekitar 65 - 80 ton/hektar dalam empat bulan. 

Bentuk buah pepaya Benih Inti silindris, dagingnya tebal dan padatberwarna oranye. Tekstur daging lembut dan rasa sangat manis. Pepaya California tidak banyak biji. 

Buah matang nikmat makan langsung atau untuk minuman jus. Untuk buah agak matang atau mengkal, nikmat untuk kuliner rujak buah. 

Pepaya California Benih Inti buah berukuran 23 - 25 cm dengan diameter 9,2 - 9,5 cm. Tebal daging buah sekitar 2 - 5 cm. 

4. Pepaya California Lovena Cap Panah Merah

Benih pepaya Lovena F1 rekomendasi penanaman untuk dataran rendah, menengah dan tinggi. Bentuk pepaya Lovena F1 bulat dan agak lonjong. 

Daging buahnya tebal dan padat dengan warna merah. Berat buahnya mencapai 1 - 1,5 kg dengan tingkat kemanisan 12 - 14%. 

Tanaman pepaya Lovena F1 tahan virus bercak cincin ( Papaya Ring Spot Virus/PRSV ). Umur panen mulai 7 bulan setelah tanam. 

Baca Juga : Budidaya Pepaya dengan Benih Unggul Bangkok

Budidaya Pepaya California Buah Lebat

Waktu yang Tepat menanam Pepaya California Benih Murah
Budidaya Pepaya Menguntungkan

Budidaya pepaya California dapat panen setelah 7 bulan setelah tanam. Tiap tanaman pepaya menghasilkan buah total 45 - 50 buah per tanaman dan matang bergantian. 

Berat buah saat matang yaitu 1,2 - 2 kg per buah. Budidaya pepaya California luasan satu hektar menghasilkan populasi tenaman sekitar 1200 tanaman. 

Waktu yang tepat menanam pepaya California menggunakan jarak tanam 2,5 x 2,5 meter. Menanam pepaya juga dapat Anda tanam sebagai tabulampot yaitu tanam buah dalam pot. 

Tanam pohon pepaya sebagai proses awal yaitu mengolah lahan terlebih dahulu agar kondisi lahan sesuai untuk tanaman pepaya. 

Pengolahan tanam pepaya yaitu membersihkan lahan dari tanaman gulma dan sisa tanaman sebelumnya. Buatlah drainase untuk saluran air saat hujan turun. 

Cangkul tanah menanam pepaya California, ratakan tanah dan berikan abu bakar kayu sawmill. Cek pH tanah bila kurang dari 6, berikan kapur Dolomit. 

Selanjutnya buat bedengan menanam pepaya California. Lebar 1,5 - 2 meter. Tinggi dan panjang sesuaikan kondisi lahan. Jarak antar bedeng yaitu 80 - 100 cm. 

Persiapkan waktu yang tepat menanam pepaya California dengan membuat lubang tanam berukuran 60 x 60 x 50 cm. Tanah galian atas letakkan pada sisi kanan. 

Tanah bagian bawah letakkan pada sisi kiri lubang tanam. Biarkan lubang tanam tadi saat waktu yang tepat menanam pepaya California selama 1 - 2 minggu agar pH stabil. . 

Dua Cara Menanam Pohon Pepaya 

Cara menanam pohon pepaya ada dua cara yaitu langsung tanam benih pepaya atau lewat pembibitan. Waktu yang tepat menanam pepaya California yaitu dengan menanam langsung benih pada lubang tanam. 

Tanam benih sebanyak 2 - 3 benih terbaik dengan jarak tanam 2,5 x 2,5 meter atau 2,75 meter tergantung luas lahan. Tinggi bedengan 30 - 40 cm dan jarak antar bedengan 1 meter.  

Waktu yang tepat menanam pepaya California lewat pembibitan yaitu dengan menyemaikan benih dalam polybag. Waktu yang tepat menanam pepaya California memindahkan bibit yaitu sore hari. 

Umur bibit untuk waktu yang tepat menanam pepaya California adalah umur 1 - 1,5 bulan. Sebaiknya lebihkan sejumlah 10% dari total kebutuhan menanam pepaya.  

Kecambahkan benih menggunakan kertas koran, kain basah atau tisu. basahi tisu lalu peram benih selama seminggu. Percikkan air secukupnya untuk menjaga kelembaban benih. 

Setelah seminggu, tanam benih setelah berkecambah dalam polybag. Media untuk polybag menggunakan tanah setelah diayak dan kompos/pupuk organik. Perbandingan 2 : 1. 

Pembibitan benih waktu yang tepat menanam pepaya California berlangsung selama 1 - 1,5 bulan. Lubang tanam pepaya sudah siap sebelumnya dan diberi pupuk kandang. 

Syarat bibit layak tanam yaitu : tanaman sehat bebas hama penyakit dan berumur sekitar 2 bulan. Pilih bibit dengan tinggi 15 – 20 cm. Bibit tidak etiolasi dan berdaun hijau minimal 8 tangkai. 

Sebelum menanam, alirkan air. Keluarkan bibit dari polybag dan masukkan dalam lubang tanam. Waktu yang tepat menanam pepaya California adalah sore hari mendekati matahari terbenam. 

Setelah menanam bibit, berikan air kembali untuk menjaga kelembaban tanaman. Lakukan kontrol tanaman rutin setiap hari. Lakukan penyulaman bila Anda temui ada tanaman mati atau layu. 

Baca Juga : Tomat Optima Buah Besar dan Tahan Virus di Dataran Tinggi

Pemupukan Tanaman Buah Pepaya 

Waktu yang Tepat menanam Pepaya California Benih Murah
Pepaya California
Benih Inti

Pemeliharaan pertama biasanya penyulaman setelah waktu tanam pepaya. Penyulaman berlangsung hingga umur 3 minggu sampai 1 bulan setelah tanam. 

Pemupukan tanaman pepaya yaitu pemupukan dasar dan susulan. Pupuk dasar yaitu gunakan abu bekas bakaran kayu sebanyak 20 kg per lubang tanam. Lakukan bersamaan pengolhan tanah. 

Pupuk susulan menggunakan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 100 kh/hektar sekali musim tanam. Berikan kembali abu bekas bakaran kayu 3 bulan sekali dengan takaran sama. 

Bisa juga Anda berikan sebagai pupuk dasar yaitu pupukkandang/kompos sebanyak 40 kg/tanaman. Pemupukan susulan pupuk NPK setelah umur 2 minggu setelah tanam. 

Takaran pupuk NPK 200 gram/pohon. Berikan lembal pupuk kandang dan pupuk NPK 3 bulan sekali. Takaran pupuk kandang 40 kg/pohon dan pupuk NPK 500 gram/pohon. 

Khusus setelah muncul buah, tambahkan pupuk KCl karena dapat meningkatkan ketahanan tanaman dan menambah manis buah. 

Waktu yang tepat menanam pepaya California yaitu berikan pupuk kandang matang atau sudah lama dengan tekstur mirip tanah. Taburkan pupuk merata mengelilingi tanaman.

Jarak pupuk yaitu 50 cm dari pangkal batang. Pemupukan susulan waktu yang tepat menanam pepaya California setelah selesai penyiangan gulma. 

Dosis dan jenis pupuk menyesuaikan kebutuhan tanaman dan kondisi kesuburan tanah. Lakukan penyiangan gulma secara manual karena menggunakan herbisida beresiko tinggi merusak akar pepaya. 

Penyiraman rutin bila saat musim kemarau dan kondisi tanah sedang kering. Penyiraman biasanya menggunakan sistem leb ( penggenangan ) atau menggunakan sprinkler. 

Lakukan pembumbunan sekeliling tanaman bertujuan menutup akar yang muncul ke permukaan tanah dan merangasang munculnya akar baru. Pembumbunan membuat batang tidak mudah roboh. 

Biasanya pembumbunan setelah penyiangan dan pemupukan susulan. Selanjutnya lakukan penyiraman. 

Waktu Panen Tanaman Pepaya

Pepaya California waktu panen pertama kali umur 7 - 9 bulan setelah tanam. Buah pepaya matang memiliki semburat warna kuning kemerahan sebanyak 25% pada kulit buah bagian ujung. 

Cara panen buah pepaya California yaitu potong bagian tangkai buah. periode panen waktu yang tepat menanam pepaya California yaitu setiap 10 hari sekali. 

Waktu panen dengan kematang tidak lebih dari 25% untuk menghindari kerusakan saat pengangkutan jarak jauh. Kulit buah saat tersebut masih tebal dan kuat. Buah tidak mudah rusak. 

Setelah panen pertama, buah pepaya dapat Anda panen sebanyak empat kali selama satu bulan. Artinya Anda dapat panen seminggu sekali sebanyak 3 - 4 buah. 

Bila kondisi tanaman tetap sehat maka pohon pepaya California dapat terus berproduksi hingga umur 5 tahun. Lakukan pemupukan dan pemeliharaan lain setelah panen. 

Tanaman pepaya cocok tumbuh pada ketinggian tempat 0 - 700 m dpl. Kondisi tanah karus subur dan sedikit berpasir. Suhu ideal tanaman pepaya yaitu antara 25 - 30 derajat Celcius. 

Curah hujan ideal antara 1000 - 2000 mm/tahun. Kelembaban udara berkisar pada 40%. Tingkat keasaman tanah ( pH ) yaitu 6 - 7. 

Waktu yang Tepat menanam Pepaya California

Waktu yang tepat menanam pepaya California adalah sore hari. Langkah perawatan pepaya California sama dengan jenis pepaya lainnya yaitu penyiraman, pemupukan dan penyulaman bibit mati atau sakit.

Waktu yang tepat menanam pepaya California tidak mengenal musim. Buah pepaya muncul setiap saat. Buah pepaya matang karena bantuan sinar matahari akan menghasilkan rasa manis alami. 

Buah pepaya ada setiap saat biasanya memasuki penghujung tahun yaitu bulan November sampai Desember. 

Terutama mendekati bulan Ramadhan banyak ditemui buah-buah segar yang kaya kandungan air. Yaitu seperti semangka, melon, timun suri hingga pepaya. 

Waktu yang tepat menanam pepaya California yaitu pilih bulan Juni. Yaitu saat akhir musim kemarau karena memudahkan proses persiapan lahan dan pembibitan. 

Waktu yang tepat menanam pepaya California bulan Juni tepat mulai menanam bibit. Bulan Juni masih musim kemarau sehingga jarang sekali turun hujan. 

Bibit baru tanam sangat rentan air hujan. Kondisi tanah juga basah karena banyak kandungan airnya. Jamur dan bakteri juga banyak tumbuh pada tanah lembab. 

Pohon pepaya tidak tahan perkembangan jamur dan bakteri. Kebutuhan air tercukupi dengan penyiraman 10 liter air sekitar batang tanaman. 

Panas matahari cukup bagi tanaman saat bulan Juni guna merangsang tumbuhnya akar. 

Demikian artikel Kami tentang waktu yang tepat menanam pepaya California. Budidaya pepaya peluang menjanjikan karena buah kaya nutrisi dan menyegarkan. 

Hubungi kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Beli sekarang produk pertanian lengkap untuk usaha pertanian Anda dan hobi berkebun di rumah. 

Toko pertanian LMGA Agro jual produk pertanian terbaik berkualitas. 

Harga murah dan grosir mulai dari benih terbaik, pupuk, pestisida, ZPT sampai alat sarana prasarana. Semoga artikel Kami bermanfaat, salam sukses....

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.