TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

03/10/22

Jual Benih Melon Amanda Tavi F1 Murah dan Terbaik - LMGA Agro

jual benih, harga murah, benih melon, tanaman melon, Amanda tavi, cara menanam melon, toko pertanian, online, lmga agro
Melon Amanda Tavi F1

Jual Benih Melon Amanda Tavi F1 Murah dan Terbaik - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko Pertanian LMGA Agro jual bibit melon Amanda Tavi terbaru produk Cap Kapal Terbang. 

Jual benih hibrida melon Amanda Tavi harga murah. Benih melon terbaik Amanda Tavi F1 cap Kapal Terbang. Benih berkualitas produk PT BISI International. 

Beli sekarang benih melon hibrida Amanda Tavi F1. Benih tahan virus dan buah rasa sangat manis. Tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. 

Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan produk pertanian lengkap dan berkualitas. Produk pertanian lengkap beragam varietas benih, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Benih melon Amanda Tavi cap Kapal Terbang produk terbaru dan terbaik dari PT BISI International. Melon Amanda Tavi F1 benih hibrida tahan virus dengan berat rata-rata 2 kg/buah. 

Tekstur buah renyah dengan warna kulit melon warna hijau. Net buah tebal dan keras. Tanaman melon Amanda Tavi F1 tahan Begomo Virus. 

Jual benih hibrida melon Amanda Tavi F1 murah dan terbaik. Benih melon terbaik rekomendasi untuk dataran rendah. Tanaman melon tahan virus dan buah sangat manis dengan kadar gula 13% Brix. Buah melon net tebal dan bentuk bulat. 

Buah berbentuk bulat dan net mudah terbentuk serta tebal. Melon Amanda Tavi F1 memiliki rasa manis tinggi dengan tingkat kadar gula 12 - 13% Brix. 

Rasa manis melon Amanda Tavi daging buah berwarna hijau kekuningan dan tebal. Umur panen melon Amanda Tavi F1 mulai 63 - 64 HST. 

Peluang usaha menanam melon Amanda Tavi F1 menguntungkan karena potensi hasil panen tinggi. Yaitu mencapai 20 - 30 ton/hektar. 

Melon Amanda Tavi F1 Benih Berkualitas PT Bisi

jual benih, harga murah, benih melon, tanaman melon, Amanda tavi, cara menanam melon, toko pertanian, online, lmga agro
Benih Amanda Tavi F1
Melon Amanda Tavi F1 berkualitas benih produksi dari PT BISI International dengan merk dagang cap Kapal Terbang. Keunggulan melon Amanda Tavi F1 tahan virus. 

Tanaman tahan virus dan cocok untuk dataran rendah. Melon Amanda Tavi F1 bentuk buah bulat dan berat rata-rata 2 kilogram per buah. 

Permukaan buah melon mudah terbentuk net dan tebal. Daging buah tebal berwarna hijau kekuningan. Daging buah sangat manis dengan kadar gula 12 - 13% Brix. 

Buah melon banyak yang menyukainya karena rasa sangat manis dan menyegarkan. Cocok sebagai buah penghilang rasa haus. 

Buah melon cocok sebagai buah meja dan potongan buah kotak-kotak. Buah melon juga kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat melon adalah sebagai berikut : 

1. Manfaat Buah Melon Mencegah Kanker

Melon mengandung karotenoid mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Karotenoid merupakan zat wana alami dalam buah dan sayuran. 

Karotenoid memiliki sifat antioksidan dan bermanfaat mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu juga dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh. 

2. Mencegah Serangan Jantung

Buah melon mengandung zat adenosin berperan selain mencegah sel kanker juga dapat mencegah terjadinya pengendapan darah. Darah mengendap dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. 

Adenosine dapat membantu melancarkan darah dan terhindar dari serangan jantung dan stroke. 

Baca Juga : Menciptakan dan Merebut Pangsa Pasar Benih Melon di Indonesia

3. Buah Melon Menjaga Kesehatan Mata

Melon mengandung dua jenis antioksidan penting untuk tubuh yaitu lutein dan zeaxanthin. Keduanya berperan dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan dini. 

Peran zat tersebut sama dengan dalam sayur wortel dan telah terbukti menurunkan resiko katarak sampai 15%. betakaroten dalam melon masuk tubuh berubah menjadi vitamin A baik untuk mata. 

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

jual benih, harga murah, benih melon, tanaman melon, Amanda tavi, cara menanam melon, toko pertanian, online, lmga agro
Buah Melon 

Satu porsi buah melon dengan berat 177 gram terdapat kandungan serat sebanyak 1,4 gram. Berfungsi membantu mengatur pencernaan dan menekan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Serat dalam tubuh membantu memperlambat respon gula darah dan meningkatkan kerja usus secara teratur dan ideal untuk pertumbuhan bakteri baik. 

Studi menyebutkan pencernaan yang baik dapat mengurangi racun dalam tubuh. Pencernaan yang baik dapat mengontrol kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh. 

Buah melon mengandung serat larut dan tidak larut sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. 

Sekaligus dapat memberi massa pada tinja sehingga melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Melon terbukti menjadi salah satu terbaik buah mengandung serat. 

5. Baik Untuk Kulit Tubuh

Melon kaya akan vitamin C sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C sangat penting dalam produksi kolagen kulit. 

Kolagen yaitu zat yang membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan pengelupasan sel-sel mati. Vitamin C kaya antioksidan sehingga mampu melindungi kulit dari kerusakan sunar matahari. 

Selain itu juga mampu menyembuhkan luka, menjaga elastisitas kulit dan perbaikan kulit keseluruhan. Rutin mengkonsumsi buah melon mampu memnuhi kebutuhan vitamin C harian. Kulit semakin sehat.  

Baca Juga : Melon Tahan Virus STR 11 Sejahtera Seed

6. Mencegah Radikal Bebas Masuk ke Tubuh

Buah melon kaya antioksidan dan lengkap antara lain betakaroten, lutein, zeaxanthin dan crytoxanthin. Peran antioksidan ini pelindung tubuh dari radikal bebas udara. 

Radikal bebas bila masuk tubuh menyebabkan penyakit diabetes melitus, hipertensi, asama, katarak hingga penyakit kronis seperti jantung dan kanker. 

7. Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Buah melon mengandung zat diuretik dan berfungsi melancarkan buang air kecil. Juga berperan membantu kerja ginjal saat melepaskan sisa air dalam tubuh. 

8. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Seacara umum, dengan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah mampu menurunkan resiko darah tinggi dan penyakit jantung. 

Diet rendah natrium dan buah kaya Kalium seperti buah melon mampu membantu menjaga tekanan darah. Buah melon juga mengandung potassium baik untuk tubuh. 

9. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi baik untu kesehatan tulang juga terdapat dapam buah melon. Seperti folat, vitamin K dan magnesium membuat tulang semakin kuat. 

Folat menjaga kadar homosistein atau kepadatan mineral dalam tulang untuk jangka panjang. Vitamin K membantu penyerapan kalsium dalam tubuh dan mendukung kesehatan tulang. 

Satu porsi buah melon ( 177 gram ) mampu memenuhi 4% kebutuhan Kalsium harian. Unsur lain yang mendukung kesehatan tulang dan terkandung dalam melon adalah magnesium, fosfor dan seng. 

10. Berfungsi untuk Mengontrol Gula Darah 

Mengkonsumsi teratur buah melon mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi buah memiliki kecil resiko mengalami diabetes. 

Baca Juga : Benih Pertanian dan Distribusinya oleh LMGA Agro

Cara Menanam Melon 

jual benih, harga murah, benih melon, tanaman melon, Amanda tavi, cara menanam melon, toko pertanian, online, lmga agro
Cara Menanam Melon

Kebutuhan bibit melon luasan satu hektar sebanyak 16.000 - 20.000 pohon setara dengan sebanyak 500 - 700 gram benih melon. Nama ilmiah melon Cucumis melo dari famili timun-timunan. 

Proses sebelum cara menanam melon, sebelumnya lakukan proses penyemaian benih. Benih melon rendam dalam air hangat selama 6 - 8 jam. Melon berkerabat dengan semangka, blewah dan timun suri. 

Bila benih belum mengandung fungisida maka tambahkan fungisida dalam air rendaman sesuai dosis pada kemasan.  

Persiapan persemaian benih melon Amanda Tavi F1. Persiapkan polybag kecil atau menggunakan baki persemaian ( tray semai ). 

Gunakan media untuk menyemai benih yaitu campuran tanah dengan kompos atau pupuk kandang perbandingan 2 : 1. Isi dalam polybag sampai 2/3 tinggi polybag. 

Benamkan benih melon dalam polybag 1 - 2 cm lakukan pada semua polybag sesuai kebutuhan. Atur polybag pada tempat persemaian khusu menggunakan atap plastik bening dan dan dapat buka-tutup. 

Persemaian benih harus terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Bibit persemaian harus selalu terkontrol dan rutin pengamatannya.

Kelembaban harus selalu terjaga dengan rutin penyiraman. Jaga agar penyiraman tidak terlalu basah. Proses penyemaian benih melon berlangsung 10 - 14 hari. Akan muncul daun sebanyak 2 - 3 helai. 

Pada fase tersebutm siap pemindahan bibit ke lahan tetap. Selama menunggu bibit tumbuh, lakukan persiapan lahan dengan menggemburkan tanah. 

Baca Juga : Budidaya Melon Pertiwi Anvi Potensi Panen 54 ton

Pengolahan Tanah Cara Menanam Melon 

Bajak atau cangkul tanah hingga tanah gembur. Haluskan bongkahan tanah besar hingga menjadi kecil-kecil. Buat bedengan cara menanam melon lebar 100 - 120 cm dan tinggi 30 - 50 cm. 

Panjang 10 - 15 meter tergantung luas lahan. Jarak antar bedengan 50 - 60 cm. Sebelum pemupukan dasar, cek pH tanah bila <5 maka berikan kapur Dolomit sebanyak 2 ton/hektar. 

Setelah pengapuran, biarkan tanah bedengan 2 - 3 hari selanjutnya lakukan pemupukan dasar. Berikan pupuk dasar dari pupuk kompos atau pupuk kandang sebanyak 15 - 20 ton/hektar. 

Tambahkan pupuk kimia sebagai pupuk dasar yaitu 375 kg/ha ZA, 375 kg/ha KCl dan 250 kg/ha SP-36. Campur hingga rata semua pupuk lalu taburkan pada permukaan bedengan dan aduk hingga merata. 

Lalu biarkan lahan 2 - 4 hari. Lanjutkan dengan menutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak. Warna hitam menghadap ke tanah dan perak bagian luarnya. 

Buat lubang tanam pada permukaan mulsa menggunakan alat pelubang mulsa. Alat pelubang mulsa tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Setiap bedengan terdiri dari 2 baris lubang tanam. Jarak tanam budidaya melon yaitu jarak antar baris 60 cm dan jarak antar lubang dalam baris 50 - 60 cm. 

Tutup mulsa dan biarkan selama 2 hari sebelum penanaman. Selanjutnya persiapan bibit pindah tanam. Satu lubang tanam satu bibit. 

Penanaman bibit melon yaitu siram dahulu polybag bibit dan lubang tanam di lahan untuk memudahkan pemindahan bibit dan mencegah bibit mengalami stres. 

Penanaman bibit melon sore saat matahari tidak terlalu terik. Sekitar pukul 16.00 WIB. Keluarkan bibit dari polybag beserta tanahnya dengan hati-hati. Jaga agar tanah tidak pecah dan akar tidak putus. 

Setelah semua bibit sudah berpindah ke lahan tetap. Siramkan air agar tanaman tidak stres dan terjaga kelembabannya. 

Baca Juga : Online Shopping Cara Belanja Baru Masyarakat Indonesia

Perawatan Budidaya Melon

jual benih, harga murah, benih melon, tanaman melon, Amanda tavi, cara menanam melon, toko pertanian, online, lmga agro
Budidaya Melon 

Perawatan budidaya melon awal yaitu pemasangan ajir saat tanaman masih kecil sekitar umur 7 HST. Pemasangan ajir berfungsi agar buah melon nanti tidak menyentuh tanah. 

Ajir untuk membuat tegak tanaman dan sebagai tempat merambatnya tanaman. Penetrasi sinar matahari juga akan lebih lancar karena dapat menyentuh hingga bagian bawah tanaman. 

Paling baik bila pemasangan ajir umur 3 hari setelah pindah tanam. Karena saat tersebut, akar tanaman masih pendek dan tidak kena ajir saat ditancapkan. 

Panjang ajir yaitu 1,5 meter dan tancapkan secara menyerong sampaing tanaman dan ujung masuk ke dalam bedengan. Ajir-ajir akan saling bersilangan embentuk huruf X. 

Siapkan bambu panjang dan letakkan horisontal pada silangan ajir lalu ikat dengan tali rafia. Perawatan selanjutnya yaitu penyiraman yaitu setiap hari pada sore hari sampai tanaman umur 7 hari. 

Setekah umur tersebut, penyiraman menjadi 2 hari sekali. Buat drainase dengan baik agar saat hujan turun, air mengalir lancar dan berfungsi baik. Usahakan kahan tidak tergenang air dalam waktu lama. 

Tanaman melon tidak menyukai tanah terlalu basah. Lakukan pendangiran bersamaan dengan penyiangan gulma. Cabut rumput sekitar tanaman menggunakan tangan. 

Baca Juga : Belanja Online Trend Baru Petani Indonesia

Pupuk Kocor Untuk Melon

jual benih, harga murah, benih melon, tanaman melon, Amanda tavi, cara menanam melon, toko pertanian, online, lmga agro
Pupuk NPK

Pupuk susulan tanaman melon mulai tanaman umur 1 minggu. Berikan pupuk kocor untuk melon sebagai pupuk susulan. 

Pupuk kocor untuk melon berasal dari pupuk padat kemudian larutkan dengan air. Bisa juga pupuk organik dalam bentuk cair. 

Pupuk susulan menggunakan pupuk anorganik pemberian sebanyak 6 kali. Larutkan pupuk dalam air lalu kocorkan ke tanaman sebanyak 200 - 250 ml tiap tanaman. 

Pemupukan dasar pohon melon sebelum tanam yaitu pupuk NPK 15-15-15 + ZA + KC; perbandingan 1 : 1 : 1 sebanyak 20 kg. Tambahkan pupuk kotoran sapi 120 kg/ha dan Dolomit 30 kg/ha. 

Pupuk susulan ke-1 bentuk cairan yaitu mulai umur 7 HST dan ulangi setiap 5 hari sekali. Ambil pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 1/2 kg dan larutkan dalam 20 liter air. 

Kocorkan ke tanaman sebanyak 200 ml per tanaman. Pupuk susulan umur 30 dan seterusnya setiap 5 hari sekali sampai umur 50 HST. Menggunakan pupuk NPK 1,5 kg dan larutkan ke 20 liter air. 

Dosis lain pupuk kocor untuk melon interval 7 hari sekali dan campurkan dengan 4000 liter air dan kocorkan sebanyak 200 ml per tanaman, adalah : 

Umur 7 HST menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 100 kg/hektar. 

Umur 14 menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 30 kg/ha dan Boron 5 kg/ha.

Umur 21 menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 36 kg/ha dan Superphos sebanyak 20 kg/ha. 

Umur 28 HST menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 36 kg/ha.

Umur 42 HST menggunakan pupuk NPK 16-16-16 + Superphos 100 kg/ha + KNO3 sebanyak 20 kg. 

Umur 50 HST menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 36 kg/ha + KNO3 sebanyak 30 kg/ha. 

Budidaya Melon Amanda Tavi F1 

jual benih, harga murah, benih melon, tanaman melon, Amanda tavi, cara menanam melon, toko pertanian, online, lmga agro
Buah Melon Siap Panen

Budidaya melon akan tumbuh merambat tidak bisa memanjat. Pemasangan ajir membuat tanaman naik ke atas dan memudahkan dalam pemeliharaan. 

Tempat ideal budidaya melon yaitu ketinggian tempat 250 - 700 m dpl. Ketinggian tempat < 250 m dpl, buah cenderung berukuran kecil. Tumbuh pada suhu > 18 derajat Celcius, tanaman sulit berkembang.  

Budidaya melon menghendaki kelembaban 50 - 70% dengan suhu rata-rata ideal yaitu 25 - 30 derajat Celcius. Curah hujan ideal adalah 1500 - 2500 mm/tahun. 

Kualitas buah melon semakin bagus bila suhu siang dan malam cukup signifikan. Budidaya melon juga membutuhkan penyerbukan. 

Bila musim kemarau, penyerbukan terjadi secara alami yaitu oleh serangga penyerbuk. Namun musim hujan, inetnsitas serangga berkurang tetapi penyerbukan harus terjadi agar muncul buah. 

Sehingga penyerbukan terjadi dengan cara buatan yaitu oleh manusia. Penyerbukan mulai pukul 10 pagi dan pada bunga betina cabang ke-9 sampai ke-12. Lakukan seleksi buah setelah buah jadi. 

Pertama sisakan 3 - 4 buah dan piih lagi buah terbaik sampai cukup 1 - 2 buah saja yang dibesarkan. Buah melon cukup rentan serangan hama dan penyakit. 

Hama utama melon biasanya yaitu kutu daun, lalat buah, ulat daun, thrips dan tungau. Penyakit utama melon yaitu antraknosa, busuk buah, busuk batang dan mozaik. 

Mencegah hama dan penyakit lakukan rotasi tanaman, pemupukan berimbang dan jaga kebersihan lahan seperti membersihkan gulma, daun-daun rontok dan lain-lain. 

Semprotkan pestisida yang sesuai dengan waktu yang tepat. Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis tantang pengendalian hama dan penyakit melon. 

Buah Melon Manis Panen Tepat Waktu 

Buah melon siap panen setelah umur 3 bulan setelah tanaman. Melon Amanda Tavi siap panen saat net jala sudah kelas dan tebal pada permukaan buah. Tangkai buah kering dan kulit retak-retak. 

Kulit buah hijau kekuningan dan keluar aroma buah melon yang khas. Sebaiknya petik buah melom pada tingkat kematangan 90% atau sekitar 3 - 7 hari akan matang penuh. 

Pemetikan buah melon Amanda Tavi F1 dengan memotong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting buah. Potong tangkai seperti huruf T jadi pemotongan mengarah pada daun bukan buah. 

Panen buah sebaiknya pagi hari pukul 8 - 11 dan lakukan bertahap dengan memilih buah matang dan sehat lebih dulu.  

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Melon Amanda Tavi F1 Murah dan Terbaik - LMGA Agro. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Jual produk pertanian lengkap dan harga murah mulai benih, pupuk, pestisida, ZPT sampai alat pertanian berkualitas terbaik. 

Beli sekarang di toko pertanian terdekat LMGA Agro cukup dengan nomor kontak diatas. Semoga artikel kami bermanfaat dan selamat mencoba menanam melon Amanda Tavi F1. Salam...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.